Seputar peredam mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Seputar peredam mobil

Post by XMTdeluxe »

leogalih wrote: Thu Jun 02, 2022 8:31 Dua kali percobaan masang peredam di dua mobil berbeda hasilnya ga ngefek. Sampai saya videoin before afternya.
Mobil pertama Honda BRV 2016, pasang peredam berbahan rockwool (bahan peredam yang sama dipakai mobil standar) di lantai dan dibalik door trim kelima pintu, plus masih ditambah upgrade karet pintu standar BRV (yang karet pintunya kayak mobil niaga) menjadi karet balon. Hasilnya ga ngefek, tetep bising, hehehe..



Lalu mobil kedua Suzuki XL7, secara standar kekedapannya lebih baik daripada Honda brv lalu, tapi suara bising ban dan juga suara motor lewat masih terdengar. Nah berhubung mau sekalian ganti speaker midbass, ya udah sekalian aja pasang peredam di keempat pintu dan juga deadening foam di ring speaker. Pasang peredam almunium rubber (buttyl rubber yang ada lapisan almuniumnya), sebanyak 2 layer per pintu. Korban tangan penuh dengan lecet kayak abis berantem sama kucing garong.

Hasilnya uji coba pakai App dB meter di HP, cuma turun 1-2 dB aja pada saat jalan 60kpj... Ga ngaruh kan?
Suara gemuruh ban tetep masuk, suara motor masih juga masuk :big_dunno:
Tapi memang, ketika bassnya lagi nendang dari speaker, suaranya jadi lebih enak dan juga ga bikin body ataupun doortrim getar


Memang, ga ada yang lebih efektif untuk peredaman selain ganti mobil yang memang sudah terkenal dengan kekedapannya
Feeling saya nggak salah dong yah. Pengalaman pasang peredam Autofun di S*nd* Motor, sekaligus nambah speaker utk mobil AN Terios X, di pintu 2 layer (bodi+doortrim), sama di lantai dan di firewall tapi nanggung (nggak buka dashboard). Suara luar teredam sih, tapi menurut saya nggak signifikan. Suara motor cempreng, tetep kedengeran cemprengnya, dengan desibel lebih kecil mgkn(?) Memang waktu itu tujuannya lebih ke audio sih, supaya kalau digeber bass nya nggak sember dan jadi lebih bulat. Penilaian pasang peredaman samping: utk audio puas, utk peredaman suara luar masih di bwh ekspektasi.
Tapi kalau yg bagian bawah ini, sarua keneh sami mawon. Dengung gardan malah lebih kedengeran, suara mesin lebih "jernih" terdengar. Road noise rasanya gak beda jauh. Ganti ban dari ena2 ke T005 lebih ngefek mengurangi road noise.

ANT X belum ada peredam kap mesin, saya beli yg original daihasut pasang sendiri. Tetep msh kedengeran, gak gitu ngaruh. Lebih ke peredam panas aja sptnya. Dan kalau dibandingkan mesin ANE 2018, sptnya emang karakter mesinnya bikin gak ada obat. Ibarat penyanyi, mesin NR ini suaranya halus tdk terdengar kalau lagi idle. Tapi begitu digas apalagi RPM 2500 ke atas, suaranya "fals" dan "pitchy". Beda dgn K15B, RPM tinggi aja masih halus suaranya. Ibarat kata, ANE dgn mesin K15B cukup butuh wool 2-3 cm aja supaya teredam, kalau mobil bermesin NR harus pasang springbed tebal 25 cm baru gak kedengeran.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seputar peredam mobil

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Jun 04, 2022 15:38
Acelz wrote: Sat Jun 04, 2022 15:20 Ane akhirnya td cobain dulu pasang karet noisekill nk00 di 4 pintu. Pengaruh sih suara motor ngebut sedikit berkurang, tp bukan hilang.






kalau suara motor hilang berarti anda tuli pak...

saya pernah naik 230e w124 suara motor masih terdengar walau sayup.
pun saat naik s280 w140, suara motor juga terdengar walau sangat sayup.
jaguar s-type '00, masih juga terdengar kok....

ketiga kendaraan tsb saya coba waktu tnkb masih putih.
Skrg akirnya kita orang ngerti knapa ngana mendadak beli tools2 aneh

Ternjata diem2 ud akuisisi motuba2 sgitu banyak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seputar peredam mobil

Post by DOHC »

Btw numpang coret2 sikit pwngalaman nubi soal peredam

Kl di inofa ribon nubie, ini mobil bawaan paling senyap dr fabriekan, road noise dan suara motor masi amat sangat di tolerir, akirnya cuman nubie tambahin peredam yg butyl rubber (beli d toped, yg murah2 aj dl), pasang d panel pintu masing2 selembar, ga ngerubah banyak suara dr luar, tp suara speaker jd ngangkat banget bass nya


Ad lg d hrv, kl ini cuman pasang peredam butyl d pintu, suara luar tetep masuk tp suara speaker yg jd mantep

Ad lg di agya kita orang, nah ini mobil paling brizik dr fabriekan, saking kopong nya d lamer kayanya sayup2 bsa kedengeran ocehan pemotor2 d sebelah.. nahh ini ta pasang peredam aspal d lantai, lalu peredam butyl rubber d sluruh panel pintu, plus peredam glasswool d doortrim.. hasilnya, tetep aj brizik, cuman ud mirip brizik nya tipikal honda taon 90an dr yg tadinya brizik angkot carry, worth the money and effort ? Ga tralu sehh

Jd kl mnurut kita orang seh, yg ngaruh plg besar tetep base mobilnya sperti apa, peredam aftermarket cuman bsa memperbaiki suara dr luar sikit doank, tp suara spiker biasanya jd mending jauh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Seputar peredam mobil

Post by XMTdeluxe »

DOHC wrote: Sun Jun 05, 2022 1:56 Btw numpang coret2 sikit pwngalaman nubi soal peredam

Kl di inofa ribon nubie, ini mobil bawaan paling senyap dr fabriekan, road noise dan suara motor masi amat sangat di tolerir, akirnya cuman nubie tambahin peredam yg butyl rubber (beli d toped, yg murah2 aj dl), pasang d panel pintu masing2 selembar, ga ngerubah banyak suara dr luar, tp suara speaker jd ngangkat banget bass nya

Ad lg d hrv, kl ini cuman pasang peredam butyl d pintu, suara luar tetep masuk tp suara speaker yg jd mantep

Ad lg di agya kita orang, nah ini mobil paling brizik dr fabriekan, saking kopong nya d lamer kayanya sayup2 bsa kedengeran ocehan pemotor2 d sebelah.. nahh ini ta pasang peredam aspal d lantai, lalu peredam butyl rubber d sluruh panel pintu, plus peredam glasswool d doortrim.. hasilnya, tetep aj brizik, cuman ud mirip brizik nya tipikal honda taon 90an dr yg tadinya brizik angkot carry, worth the money and effort ? Ga tralu sehh

Jd kl mnurut kita orang seh, yg ngaruh plg besar tetep base mobilnya sperti apa, peredam aftermarket cuman bsa memperbaiki suara dr luar sikit doank, tp suara spiker biasanya jd mending jauh
Haloo mbah... artinya, harga nggak bohong ya? Dan solusi paling joss, ganti BPKB :mky_02:
Tapi mbah, di ribon bensin suara gardan senyap, tapi suara knalpotnya ngimbangin suara gardan LSUV saya dl :big_bored: kebalikan LSUVnya
Ada obatnya nggak itu mbah? Yang diesel kok suara knalpotnya malah gak ada... Suara angin di samping jg mbah, bersiul2 merdu sekali. LSUV papan bawah saya dulu saja kecil sekali suara anginnya. Apa di Mbah begitu juga?
Kalau AgAy, yang penting jangan sampai kita ngobrol di dalem mobil kedengeran sama org yg diluar mbah, sdh cukupan lah :upss:
Yang di-bold, bikin saya skeptis soal redam meredam ini. Mending ditabung, buat beliin audio jedag jedug, nggak kedengeran deh suara di luar. Karena yg di dalem jadi budeg :big_chicken:
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Seputar peredam mobil

Post by KSG88 »

Mobil harga 2M saja masih ada suara masuk kog, namanya juga gelombang suara, ibarat air pasti nemu jalan masuk lewat celah2 kecil.


Memang mobil gk boleh beneran kedap, malah berbahaya kalo sedang mengemudi.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seputar peredam mobil

Post by DOHC »

XMTdeluxe wrote: Sun Jun 05, 2022 4:12
DOHC wrote: Sun Jun 05, 2022 1:56 Btw numpang coret2 sikit pwngalaman nubi soal peredam

Kl di inofa ribon nubie, ini mobil bawaan paling senyap dr fabriekan, road noise dan suara motor masi amat sangat di tolerir, akirnya cuman nubie tambahin peredam yg butyl rubber (beli d toped, yg murah2 aj dl), pasang d panel pintu masing2 selembar, ga ngerubah banyak suara dr luar, tp suara speaker jd ngangkat banget bass nya

Ad lg d hrv, kl ini cuman pasang peredam butyl d pintu, suara luar tetep masuk tp suara speaker yg jd mantep

Ad lg di agya kita orang, nah ini mobil paling brizik dr fabriekan, saking kopong nya d lamer kayanya sayup2 bsa kedengeran ocehan pemotor2 d sebelah.. nahh ini ta pasang peredam aspal d lantai, lalu peredam butyl rubber d sluruh panel pintu, plus peredam glasswool d doortrim.. hasilnya, tetep aj brizik, cuman ud mirip brizik nya tipikal honda taon 90an dr yg tadinya brizik angkot carry, worth the money and effort ? Ga tralu sehh

Jd kl mnurut kita orang seh, yg ngaruh plg besar tetep base mobilnya sperti apa, peredam aftermarket cuman bsa memperbaiki suara dr luar sikit doank, tp suara spiker biasanya jd mending jauh
Haloo mbah... artinya, harga nggak bohong ya? Dan solusi paling joss, ganti BPKB :mky_02:
Tapi mbah, di ribon bensin suara gardan senyap, tapi suara knalpotnya ngimbangin suara gardan LSUV saya dl :big_bored: kebalikan LSUVnya
Ada obatnya nggak itu mbah? Yang diesel kok suara knalpotnya malah gak ada... Suara angin di samping jg mbah, bersiul2 merdu sekali. LSUV papan bawah saya dulu saja kecil sekali suara anginnya. Apa di Mbah begitu juga?
Kalau AgAy, yang penting jangan sampai kita ngobrol di dalem mobil kedengeran sama org yg diluar mbah, sdh cukupan lah :upss:
Yang di-bold, bikin saya skeptis soal redam meredam ini. Mending ditabung, buat beliin audio jedag jedug, nggak kedengeran deh suara di luar. Karena yg di dalem jadi budeg :big_chicken:
Kl d inofa saya, malah suara motor fan ac yg rada ganggu, kadang suka ad cit cit cit.. sisanya seh anteng banget

Yg saya bold maksut nya nyesel agak overkill masang peredam nya, tau gini pasang glasswool ama butyl rubber aj, ga usa aspal sgala, mana mahal dan berat lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11010
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Seputar peredam mobil

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Jun 05, 2022 5:48

Kl d inofa saya, malah suara motor fan ac yg rada ganggu, kadang suka ad cit cit cit.. sisanya seh anteng banget




beneran motor fan ac apa tikus lagi nganu?

btw ngana musti coba mazda 6 mbah, ngana bisa denger suara napas ngana sendiri saat mobil lagi idle.
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Seputar peredam mobil

Post by paidjho »

marmut wrote:
Acelz wrote: Sat Jun 04, 2022 15:20 Ane akhirnya td cobain dulu pasang karet noisekill nk00 di 4 pintu. Pengaruh sih suara motor ngebut sedikit berkurang, tp bukan hilang.






kalau suara motor hilang berarti anda tuli pak...

saya pernah naik 230e w124 suara motor masih terdengar walau sayup.
pun saat naik s280 w140, suara motor juga terdengar walau sangat sayup.
jaguar s-type '00, masih juga terdengar kok....

ketiga kendaraan tsb saya coba waktu tnkb masih putih.
Ojo galak2 mbah...

[emoji125][emoji100][emoji100][emoji100][emoji100][emoji100]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seputar peredam mobil

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Jun 05, 2022 6:17
DOHC wrote: Sun Jun 05, 2022 5:48

Kl d inofa saya, malah suara motor fan ac yg rada ganggu, kadang suka ad cit cit cit.. sisanya seh anteng banget




beneran motor fan ac apa tikus lagi nganu?

btw ngana musti coba mazda 6 mbah, ngana bisa denger suara napas ngana sendiri saat mobil lagi idle.
Beneran motor fan mbah, krn bunyi cit2 nya seirama ama speed fan

Tiap kl kita orang semprot silikon spray lgs sembuh, tp brapa ari kambuh lg

Kita orang mah orang udik mbah, mobil tralu kedap malah gelisah sendiri, klamaan d dalem kaya lgs sesek napas ga tau napa, itu dapet sekedap inofa aj ud seneng :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Chr1z
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: VW_Polo

Re: Seputar peredam mobil

Post by Chr1z »

Pengalaman pasang peredam full body n arc wheel, ngga terlalu signifikan utk suara luar, tapi utk audio jd lebih solid suaranya. Suasana kabin kesan nya lebih hening dibanding sebelumnya, tapi krn lebih hening, suara luar malah jd mudah kedengaran, mengganggu keheningan :)) , seperti nya bisa lebih baik kalau kaca pintunya double wall seperti pada mobil2 mevvah
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Seputar peredam mobil

Post by McLaren »

Chr1z wrote: Thu Jun 09, 2022 16:52 Pengalaman pasang peredam full body n arc wheel, ngga terlalu signifikan utk suara luar, tapi utk audio jd lebih solid suaranya. Suasana kabin kesan nya lebih hening dibanding sebelumnya, tapi krn lebih hening, suara luar malah jd mudah kedengaran, mengganggu keheningan :)) , seperti nya bisa lebih baik kalau kaca pintunya double wall seperti pada mobil2 mevvah
Klo mobil kacanya masih single glass, kayanya pasangperedam mahal juga sama saama saja yaa om kynya?
Paling pasang yg murah2 aja 😁
Chr1z
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
Location: Jakarta
Daily Vehicle: VW_Polo

Re: Seputar peredam mobil

Post by Chr1z »

McLaren wrote: Fri Jun 10, 2022 1:12
Chr1z wrote: Thu Jun 09, 2022 16:52 Pengalaman pasang peredam full body n arc wheel, ngga terlalu signifikan utk suara luar, tapi utk audio jd lebih solid suaranya. Suasana kabin kesan nya lebih hening dibanding sebelumnya, tapi krn lebih hening, suara luar malah jd mudah kedengaran, mengganggu keheningan :)) , seperti nya bisa lebih baik kalau kaca pintunya double wall seperti pada mobil2 mevvah
Klo mobil kacanya masih single glass, kayanya pasangperedam mahal juga sama saama saja yaa om kynya?
Paling pasang yg murah2 aja 😁
Betul om, kalo masih single glass, tetap bocor suara dari luar, malah kesan nya jd itu sumber bocor nya, Body sih udh solid, tp suara motor knalpot resing tetap berasa ganggu banget, ya karena suasana kabin lebih hening juga sih, jdnya lebih sensitif ama suara berisik dari luar, plus suara rattle interior jd lbh annoying dr sebelumnya :upss:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Seputar peredam mobil

Post by krniawnhdr »

leogalih wrote: Thu Jun 02, 2022 8:31 Dua kali percobaan masang peredam di dua mobil berbeda hasilnya ga ngefek. Sampai saya videoin before afternya.
Mobil pertama Honda BRV 2016, pasang peredam berbahan rockwool (bahan peredam yang sama dipakai mobil standar) di lantai dan dibalik door trim kelima pintu, plus masih ditambah upgrade karet pintu standar BRV (yang karet pintunya kayak mobil niaga) menjadi karet balon. Hasilnya ga ngefek, tetep bising, hehehe..



Lalu mobil kedua Suzuki XL7, secara standar kekedapannya lebih baik daripada Honda brv lalu, tapi suara bising ban dan juga suara motor lewat masih terdengar. Nah berhubung mau sekalian ganti speaker midbass, ya udah sekalian aja pasang peredam di keempat pintu dan juga deadening foam di ring speaker. Pasang peredam almunium rubber (buttyl rubber yang ada lapisan almuniumnya), sebanyak 2 layer per pintu. Korban tangan penuh dengan lecet kayak abis berantem sama kucing garong.

Hasilnya uji coba pakai App dB meter di HP, cuma turun 1-2 dB aja pada saat jalan 60kpj... Ga ngaruh kan?
Suara gemuruh ban tetep masuk, suara motor masih juga masuk :big_dunno:
Tapi memang, ketika bassnya lagi nendang dari speaker, suaranya jadi lebih enak dan juga ga bikin body ataupun doortrim getar


Memang, ga ada yang lebih efektif untuk peredaman selain ganti mobil yang memang sudah terkenal dengan kekedapannya
wah aturan kalau XL7 untuk peredaman yang harus diganti pertama kali itu justru ban nya om.
minimal LM705, atau bridge turanza T005. dijamin updgrade.
sukur2 kalo bisa dapet continental UC4/CC4 ya...
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Seputar peredam mobil

Post by sapifr22 »

Dulu di Panther LS sangat terganggu dengan suara mesin, jadi dari dalam pasang peredam dari bawah jok depan sampai belakang dashboard yg terjangkau tangan.
Peredam aspal 2 lapis, tambah karpet 2 lapis.
Suara mesin turun dikit, dan pas lewat genangan air, tdk ada suara air yg terdengar dari spakbor depan.

Di Brio, masalah dengan road noise. Pasang peredam aspal utk lantai, tdk ada pengaruh :big_dunno:
Ganti ban jadi LM 705, baru terasa jauh bedanya. :big_smile]
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Seputar peredam mobil

Post by daimler »

Baca2 soal efek peredam mobil liat review user2 SM kok banyak yg ga ngaruh ya, meminimalisir suara dr luar. Pakai yg bahannya aspal ataupun butyl rubber. Cari2 review lain ada yg bilang ngaruh, jd bingung. Kebetulan NVH mazdut 2 biasa aja, agay ya apa yg diharepin utk kevel elcege. Sempet rencana pengen pasang peredam, cm klo emg beneran ga ngaruh ya harganya bisa dibilang ga murah, rugi di waktu dan cm nambah2in bobot kendaraan doang jdnya.

Kalo model peredam kaya gitu jenisnya apa ya? Bentuknya mirip2 peredam yg biasa dipakai di studio rekaman
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
miracleofanfield
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jun 11, 2022 11:33

Re: Seputar peredam mobil

Post by miracleofanfield »

krniawnhdr wrote: Mon Oct 24, 2022 2:11
leogalih wrote: Thu Jun 02, 2022 8:31 Dua kali percobaan masang peredam di dua mobil berbeda hasilnya ga ngefek. Sampai saya videoin before afternya.
Mobil pertama Honda BRV 2016, pasang peredam berbahan rockwool (bahan peredam yang sama dipakai mobil standar) di lantai dan dibalik door trim kelima pintu, plus masih ditambah upgrade karet pintu standar BRV (yang karet pintunya kayak mobil niaga) menjadi karet balon. Hasilnya ga ngefek, tetep bising, hehehe..



Lalu mobil kedua Suzuki XL7, secara standar kekedapannya lebih baik daripada Honda brv lalu, tapi suara bising ban dan juga suara motor lewat masih terdengar. Nah berhubung mau sekalian ganti speaker midbass, ya udah sekalian aja pasang peredam di keempat pintu dan juga deadening foam di ring speaker. Pasang peredam almunium rubber (buttyl rubber yang ada lapisan almuniumnya), sebanyak 2 layer per pintu. Korban tangan penuh dengan lecet kayak abis berantem sama kucing garong.

Hasilnya uji coba pakai App dB meter di HP, cuma turun 1-2 dB aja pada saat jalan 60kpj... Ga ngaruh kan?
Suara gemuruh ban tetep masuk, suara motor masih juga masuk :big_dunno:
Tapi memang, ketika bassnya lagi nendang dari speaker, suaranya jadi lebih enak dan juga ga bikin body ataupun doortrim getar


Memang, ga ada yang lebih efektif untuk peredaman selain ganti mobil yang memang sudah terkenal dengan kekedapannya
wah aturan kalau XL7 untuk peredaman yang harus diganti pertama kali itu justru ban nya om.
minimal LM705, atau bridge turanza T005. dijamin updgrade.
sukur2 kalo bisa dapet continental UC4/CC4 ya...
Gantinya tetep 195/60 atau harus naik profil om biar lebih senyap? Iya road noise dari ban XL7 ganggu bener, maklum ban eco sih, pengen ganti ban tapi sayang mobil baru jalan 3000 km.
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Seputar peredam mobil

Post by krniawnhdr »

miracleofanfield wrote: Tue Oct 25, 2022 18:14
krniawnhdr wrote: Mon Oct 24, 2022 2:11
leogalih wrote: Thu Jun 02, 2022 8:31 Dua kali percobaan masang peredam di dua mobil berbeda hasilnya ga ngefek. Sampai saya videoin before afternya.
Mobil pertama Honda BRV 2016, pasang peredam berbahan rockwool (bahan peredam yang sama dipakai mobil standar) di lantai dan dibalik door trim kelima pintu, plus masih ditambah upgrade karet pintu standar BRV (yang karet pintunya kayak mobil niaga) menjadi karet balon. Hasilnya ga ngefek, tetep bising, hehehe..



Lalu mobil kedua Suzuki XL7, secara standar kekedapannya lebih baik daripada Honda brv lalu, tapi suara bising ban dan juga suara motor lewat masih terdengar. Nah berhubung mau sekalian ganti speaker midbass, ya udah sekalian aja pasang peredam di keempat pintu dan juga deadening foam di ring speaker. Pasang peredam almunium rubber (buttyl rubber yang ada lapisan almuniumnya), sebanyak 2 layer per pintu. Korban tangan penuh dengan lecet kayak abis berantem sama kucing garong.

Hasilnya uji coba pakai App dB meter di HP, cuma turun 1-2 dB aja pada saat jalan 60kpj... Ga ngaruh kan?
Suara gemuruh ban tetep masuk, suara motor masih juga masuk :big_dunno:
Tapi memang, ketika bassnya lagi nendang dari speaker, suaranya jadi lebih enak dan juga ga bikin body ataupun doortrim getar


Memang, ga ada yang lebih efektif untuk peredaman selain ganti mobil yang memang sudah terkenal dengan kekedapannya
wah aturan kalau XL7 untuk peredaman yang harus diganti pertama kali itu justru ban nya om.
minimal LM705, atau bridge turanza T005. dijamin updgrade.
sukur2 kalo bisa dapet continental UC4/CC4 ya...
Gantinya tetep 195/60 atau harus naik profil om biar lebih senyap? Iya road noise dari ban XL7 ganggu bener, maklum ban eco sih, pengen ganti ban tapi sayang mobil baru jalan 3000 km.

saya kurang tau om kalau naik jadi 195/65 bisa apa engga di XL7.
itu bannya masih bawaan india kan..not good quality. rasanya dibanding ecopia aja masih lebih mending ecopia om hehe
dijamin drastis om kerasanya.
kalo mau dijual murah aja om bannya..siapa tau ada yang perlu buat ban serep.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9628
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Seputar peredam mobil

Post by Suryaputra »

miracleofanfield wrote: Tue Oct 25, 2022 18:14
krniawnhdr wrote: Mon Oct 24, 2022 2:11
leogalih wrote: Thu Jun 02, 2022 8:31 Dua kali percobaan masang peredam di dua mobil berbeda hasilnya ga ngefek. Sampai saya videoin before afternya.
Mobil pertama Honda BRV 2016, pasang peredam berbahan rockwool (bahan peredam yang sama dipakai mobil standar) di lantai dan dibalik door trim kelima pintu, plus masih ditambah upgrade karet pintu standar BRV (yang karet pintunya kayak mobil niaga) menjadi karet balon. Hasilnya ga ngefek, tetep bising, hehehe..



Lalu mobil kedua Suzuki XL7, secara standar kekedapannya lebih baik daripada Honda brv lalu, tapi suara bising ban dan juga suara motor lewat masih terdengar. Nah berhubung mau sekalian ganti speaker midbass, ya udah sekalian aja pasang peredam di keempat pintu dan juga deadening foam di ring speaker. Pasang peredam almunium rubber (buttyl rubber yang ada lapisan almuniumnya), sebanyak 2 layer per pintu. Korban tangan penuh dengan lecet kayak abis berantem sama kucing garong.

Hasilnya uji coba pakai App dB meter di HP, cuma turun 1-2 dB aja pada saat jalan 60kpj... Ga ngaruh kan?
Suara gemuruh ban tetep masuk, suara motor masih juga masuk :big_dunno:
Tapi memang, ketika bassnya lagi nendang dari speaker, suaranya jadi lebih enak dan juga ga bikin body ataupun doortrim getar


Memang, ga ada yang lebih efektif untuk peredaman selain ganti mobil yang memang sudah terkenal dengan kekedapannya
wah aturan kalau XL7 untuk peredaman yang harus diganti pertama kali itu justru ban nya om.
minimal LM705, atau bridge turanza T005. dijamin updgrade.
sukur2 kalo bisa dapet continental UC4/CC4 ya...
Gantinya tetep 195/60 atau harus naik profil om biar lebih senyap? Iya road noise dari ban XL7 ganggu bener, maklum ban eco sih, pengen ganti ban tapi sayang mobil baru jalan 3000 km.
195/60 ya

Goodyear triplemax 2 best value, dpt garansi 1thn

Atau budget naik lagi, Micin Primacy 4 :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Seputar peredam mobil

Post by 3mul »

leogalih wrote: Thu Jun 02, 2022 8:31 Dua kali percobaan masang peredam di dua mobil berbeda hasilnya ga ngefek. Sampai saya videoin before afternya.
Mobil pertama Honda BRV 2016, pasang peredam berbahan rockwool (bahan peredam yang sama dipakai mobil standar) di lantai dan dibalik door trim kelima pintu, plus masih ditambah upgrade karet pintu standar BRV (yang karet pintunya kayak mobil niaga) menjadi karet balon. Hasilnya ga ngefek, tetep bising, hehehe..
platform lama ahond memang jelek NVH nya, percuma pasang peredam. pernah pasang peredam hampir full bodi (kecuali atap) di HRV RU1 ane sampe ke apron & liner fender, road noise tetap aja masuk.
leogalih wrote: Thu Jun 02, 2022 8:31 Tapi memang, ketika bassnya lagi nendang dari speaker, suaranya jadi lebih enak dan juga ga bikin body ataupun doortrim getar
betul, syaratnya pasang peredam di plat bagian dalam pintu & rangka pintu tempat door trim nempel. dgn begitu kita ubah kondisi finite baffle jadi infinite/enclosure yg bagus utk frekuensi rendah.
leogalih wrote: Thu Jun 02, 2022 8:31 Memang, ga ada yang lebih efektif untuk peredaman selain ganti mobil yang memang sudah terkenal dengan kekedapannya
setuju banget
makanya anki ane dituker dgn anki lagi :big_peace: :big_peace:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9628
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Seputar peredam mobil

Post by Suryaputra »

3mul wrote: Wed Oct 26, 2022 8:37
leogalih wrote: Thu Jun 02, 2022 8:31 Dua kali percobaan masang peredam di dua mobil berbeda hasilnya ga ngefek. Sampai saya videoin before afternya.
Mobil pertama Honda BRV 2016, pasang peredam berbahan rockwool (bahan peredam yang sama dipakai mobil standar) di lantai dan dibalik door trim kelima pintu, plus masih ditambah upgrade karet pintu standar BRV (yang karet pintunya kayak mobil niaga) menjadi karet balon. Hasilnya ga ngefek, tetep bising, hehehe..
platform lama ahond memang jelek NVH nya, percuma pasang peredam. pernah pasang peredam hampir full bodi (kecuali atap) di HRV RU1 ane sampe ke apron & liner fender, road noise tetap aja masuk.
leogalih wrote: Thu Jun 02, 2022 8:31 Tapi memang, ketika bassnya lagi nendang dari speaker, suaranya jadi lebih enak dan juga ga bikin body ataupun doortrim getar
betul, syaratnya pasang peredam di plat bagian dalam pintu & rangka pintu tempat door trim nempel. dgn begitu kita ubah kondisi finite baffle jadi infinite/enclosure yg bagus utk frekuensi rendah.
leogalih wrote: Thu Jun 02, 2022 8:31 Memang, ga ada yang lebih efektif untuk peredaman selain ganti mobil yang memang sudah terkenal dengan kekedapannya
setuju banget
makanya anki ane dituker dgn anki lagi :big_peace: :big_peace:
Platform:
- monokok + subframe suspensi terpisah (ini bisa dijumpai di mbl
Eropa Sekelas E-class atau 5 series)
- ladder frame

Top banget lah buat redam NVH
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seputar peredam mobil

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed Oct 26, 2022 8:54
Platform:
- monokok + subframe suspensi terpisah (ini bisa dijumpai di mbl
Eropa Sekelas E-class atau 5 series)


Top banget lah buat redam NVH
Racikan tsb jg dpake oleh batu makam sjak era mr bean

Cuman beda nya, kl di mersi biem pake karet bagus tebel

Kl d batu makam pake karet sendal swallow :mky_03:

Makanya biarpun scara teori sama, hasil akiir beda jauh :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9628
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Seputar peredam mobil

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Oct 26, 2022 9:00
Suryaputra wrote: Wed Oct 26, 2022 8:54
Platform:
- monokok + subframe suspensi terpisah (ini bisa dijumpai di mbl
Eropa Sekelas E-class atau 5 series)


Top banget lah buat redam NVH
Racikan tsb jg dpake oleh batu makam sjak era mr bean

Cuman beda nya, kl di mersi biem pake karet bagus tebel

Kl d batu makam pake karet sendal swallow :mky_03:

Makanya biarpun scara teori sama, hasil akiir beda jauh :mky_03:
wkwkwkw
karet sendal better, drpd gak dikaretin sama sekali :weekk:

tapi senyapnya ok mbah
buktinya livina tersenyap di kelas nya loh, padahal body pintunya ya ala" mbl LPMV lah
body tetep enteng dgn peredam std, tp bisa redam NVH juga dr racikan tsb

emang sih suara dug dug nya msh kedenger, tp setidaknya redaman NVH gesek aspal rada kasar, udah di atas rata" di kelas nya
tapi please lahh jgn dibandingin sm duo german :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seputar peredam mobil

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed Oct 26, 2022 9:03
DOHC wrote: Wed Oct 26, 2022 9:00
Suryaputra wrote: Wed Oct 26, 2022 8:54
Platform:
- monokok + subframe suspensi terpisah (ini bisa dijumpai di mbl
Eropa Sekelas E-class atau 5 series)


Top banget lah buat redam NVH
Racikan tsb jg dpake oleh batu makam sjak era mr bean

Cuman beda nya, kl di mersi biem pake karet bagus tebel

Kl d batu makam pake karet sendal swallow :mky_03:

Makanya biarpun scara teori sama, hasil akiir beda jauh :mky_03:
wkwkwkw
karet sendal better, drpd gak dikaretin sama sekali :weekk:

tapi senyapnya ok mbah
buktinya livina tersenyap di kelas nya loh, padahal body pintunya ya ala" mbl LPMV lah
body tetep enteng dgn peredam std, tp bisa redam NVH juga dr racikan tsb

emang sih suara dug dug nya msh kedenger, tp setidaknya redaman NVH gesek aspal rada kasar, udah di atas rata" di kelas nya
tapi please lahh jgn dibandingin sm duo german :big_biglaugh:
emg bener lebi senyap mbah, tp itu cuman beberapa taon awal doank, selanjutnya zooonkkkkk

btw, lipindut pintu nya ada dikasi peredam tempel (kecil) di beberapa tempat, makanya terasa "solid" dan lebi "kedap"
pas beganti baju pake si espander, peredam2 tempel kecil tsb ud ga ada lagi :ungg: :ungg:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Seputar peredam mobil

Post by whitehorse4 »

nubi numpang tanya om…
1) kenapa nvh ladderframe lebih bagus dibanding monokok untuk kelas yg sama
2) setelah baca diatas, berarti pasang peredam kolong ga gitu ngefek untuk minimalisir gemuruh ban masuk ke kabin (ex:hrv)?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Seputar peredam mobil

Post by DOHC »

whitehorse4 wrote: Wed Oct 26, 2022 13:43 nubi numpang tanya om…
1) kenapa nvh ladderframe lebih bagus dibanding monokok untuk kelas yg sama
2) setelah baca diatas, berarti pasang peredam kolong ga gitu ngefek untuk minimalisir gemuruh ban masuk ke kabin (ex:hrv)?
nubi numpang jawap om

1. karena kl d ladderframe, geteran dari jalan kereduksi di sasis laderframe nya, dan biasanya antara body ke sasis laderframe, dibaut pake karet tebel, jadi total ada 2 insulator utk NVH, beda ama sasis monokok, dari onderstel lgs disekrup ke sasis (yg dmana jg jadi body tu mobil), makanya geteran dr jalanan lgs di rambatkan ke body

2. ngaruh tp ga signfikan kl di mobil2 yg bawaan nya ud dikasi peredam aspal, tp kl utk elcegece sperti agya ayla datsun brio wagonR dkk, wajip hukumnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: