berangkat dari kemarin gw liat ada yang posting NJKB Stargazer dan ada user yang nebak harganya di 349 jt untuk trim teratas, gw penasaran sama komponen pajak apa yang disematkan di harga mobil dari NJKB
TKP: viewtopic.php?t=30815&hilit=stargazer&start=25
Logika gw adalah:
- NJKB: nilai harga jual mobil yang dipatok oleh ATPM.. asumsi gw, NJKB adalah uang yang diterima oleh toyota ketika dia jual mobilnya dan ini sudah mencakup harga pokok penjualan serta margin keuntungan
- Harga price list: adalah harga yang dibayarkan oleh konsumen dimana NJKB telah di top up dengan segala tetek bengek pajak yang dipungut pemerintah
- Selisih price list dan NJKB adalah segala pajak yang diaplikasikan oleh pemerintah terhadap mobil tersebut
lalu gw mencoba sampling beberapa mobil disini, membandingkan % perbedaan harga setelah pajak vs NJKB nya:
kalo ga muncul: https://ibb.co/DttprPX
gambar diatas gw selang selingin pake warna karena tiap group yg gw bikin diatas harusnya lumayan comparable satu sama lain, contoh: city HB gw pasangin sama 2; cx3 gw pasangin sama HRV; city sedan gw pasangin sama vios; Camry, accord dan mzd 6 gw jadiin satu kategori, etc
tambahan: NJKB Outlander PHEV di 737 juta sementara harga jualnya turun dari 1.x miliar waktu direview Fitra Eri ke 898 juta di website.. ini bikin ngiler jg sih karena bisa semacem V2L meskipun cuma 1500 watt.. Di amrik sana, outlander PHEV dan IONIQ 5 itu harganya mirip2 tapi disini sempet jomplang.. NJKB outlander PHEV 700 juta vs 540 juta ioniq 5 signature long range terlihat beda banget ya tapi mungkin ini purely keputusan bisnis masing masing ATPM.. yg gw penasaran adalah harga price list outlander PHEV yg jadi turun banget
gw penasaran pengen tau komponen2 pajak2 apa aja sih yg terlibat dari NJKB sampe dapet harga price list dan apa penyebab dari perbedaan % pajak atas NJKB meskipun kategorinya sama.. mohon petunjuknya suhu2 dan koreksi kalo ada salah2 hehehe