Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by ongisnade »

Teman-teman SM,
Berikut ini saya mau sharing pengalaman pribadi pemakain ANPS FL Dakar 2021 selama 1 tahun (41 ribu KM). Seperti yang pernah saya sampaikan direview sebelumnya bahwa awalnya sebetulnya mobil ini bukan yang saya inginkan untuk dibeli. Awalnya tahun lalu saya indent ANF namun sudah beberapa bulan gak ada kejelasan untuk ketersediaan unitnya. Akhirnya terpaksa ganti ke ANPS karena kebetulan unit ready dalam 2 minggu. Dan benar dalam 2 minggu saya sudah terima unitnya. Semoga bisa menjadi bacaan pengisi waktu luang daripada bengong nggak ngapa-ngapain. Tapi ya gitu bahasanya dan kata-katanya asal aja, gak bisa seperti reviewer SM yang lain yang keren-keren dengan gaya bahasa yang indah-indah, mohon dimaklumi wong ndeso pendidikan/sekolahe kurang he..he..

Alasan kenapa mobil ini awalnya bukan yang saya inginkan untuk dibeli sebagai berikut:
1.Belum pernah punya unit brand Mitsubishi, kurang yakin dengan kehandalanya
2.Sebelumnya puas dengan Fortuner VNT selama hampir 7 tahun, ingin ganti generasi penerusnya juga Toyota Fortuner
3.Katanya mobil ini kurang tahan biosolar, boros oli, limbung, shock mudah bocor
4.Tidak suka/kurang yakin dengan kehandalan Electronic Parking Brake untuk SUV Ladder
5.Katanya boros bahan bakar

Dari hal-hal tersebut diatas sempat membuat rasa khawatir saat awal pemakaian. Nah berikut ini jawaban dari kekhawatiran saya setelah pemakaian unit selama satu tahun atau 41 ribu KM.

Pertama: Kehandalan unit
Mobil ini dalam setahun kami gunakan sebagai kuda harian rute-rute pendek hingga jarak jauh mondar-mandir Jakarta-Bandung-Yogya-Blitar-Malang-Surabaya. Dan juga rute-rute pegunungan dan pantai utara dan selatan Jawa, dan juga kadang-kadang juga buat angkut barang hasil pertanian gabah, pakan ternak dan yang lain hingga bahan bangunan (maklum tinggal di desa). Untuk beban selama setahun ini 99% fully loaded (400-500 kg) orang+barang. Hingga saat ini di KM 41 ribu belum ada satupun anomally ataupun part yang rusak. Jadwal maintenance dari beres interval 10 ribu KM. Penggantian olie mesin, filter oli dan filter solar tiap 10 rb KM. Filter solar dapat free dari beres tiap 20 rb km. Olie gardan ganti tiap 20 rb km dan oli transmisi ganti tiap 30 rb km. Oli mesin bawa sendiri Q8 FE-8800, Oli Gardan FK Pulse, oli transmisi dari beres. Untuk ruang bakar saya purging tiap 15 ribu km dg cairan liquimoly diesel purge. Kalau saya bandingkan dengan Fortuner VNT saya sebelumnya dengan pemakaian kilometer yang sama sudah terdapat kerusakan kopel join remuk, ganti sepatu rem belakang, ganti piston cakram depan dan terakhir harus dibubut. Untuk kedua unit ini sama-sama sudah upgrade performance, Fortuner VNT 230 HP 520 NM (Piggyback), dan ANPS: 230 HP 550 NM (Remap). Untuk remap ANPS ini saya minta ko Ronny HAO 507 untuk mengoptimalkan RPM bawah, atasnya dibikin biasa saja karena standardnya sudah enak. Hasilnya rpm bawahnya jadi lebih enak sudah setara dengan rpm bawahnya 2 GD, lunjak-lunjak/nyodok-nyodok enak buat nyalip dijalan non tol/kecepatan dibawah 80 km/jam maupun stop n go.
Selama pemakaian sampai dengan 41 ribu kilometer ini saya dapati:
Availability : 100 % (selalu ready saat akan kami gunakan unitnya)
Reliability : 100 % (tidak pernah breakdown/break in) diluar planned maintenance tiap 10 rb km.
Nah dari fakta-fakta diatas saya anggap/simpulkan (secara pribadi) unit ini sangat handal dan telah menghilangkan keraguan saya sebelumnya

Kedua: Issue unit ini boros oli mesin, kurang tahan terhadap biosolar B-30, limbung, dan shock mudah bocor.
Untuk oli mesin dan filter oli saya selalu ganti tiap service berkala 10 ribu KM bawa sendiri Q8 FE 8800 5W-30 sebanyak 8 liter. Selama rentang pemakaian hingga 10 ribu KM berikutnya level oli masih normal, dan tidak pernah ada penambaha, saya anggap konsumsi lube oil (secara pribadi) normal/tidak boros seperti yang sering saya baca di forum. Untuk limbung ya memang ANPS lebih limbung dari ANF namun lebih empuk ANPS. Untuk suspensi yang limbung sudah solved dengan penggantian spacer link stabilizer yang ukuranya lebih panjang dari yang ORI sehingga traveling time lebih pendek. Harganya sangat murah hanya 450 ribu rupiah. Hasilnya limbung sangat jauh berkurang dan secara kenyamanan lebih nyaman dari ANF maupun Innova Reborn. Lebih stabil/stiff namun empuknya masih dapat.
Untuk kondisi shock breaker dari hasil inspection saat service 40 ribu KM belum ada tanda-tanda kebocoran, saya anggap (secara pribadi) shock ANPS juga kuat.
Untuk fuel BIOSOLAR B-30: Dari keluar diler hingga saat ini 41 ribu kilometer selalu minum biosolar, belum pernah sekalipun merasakan lezatnya Pertamina Dex. Dengan campuran Biotreat-141 tiap 2 kali isi solar, penggantian filter solar tiap 10 rb kilometer, dan purging injector tiap 15 ribu km sampai saat ini kondisi mesin masih normal

Ketiga: Electronic Parking Brake.
EPB juga menjadi salah satu pertimbangan diawal tidak ingin membeli mobil ini meskipun sudah terbiasa EPB di mobil lain yang biasa saya gunakan (CX-5 dan Grand Santafe) gak pernah ada masalah, tetapi untuk SUV Ladder entah kenapa saya ragu. Nah selama pemakaian hingga 41 ribu KM, belum pernah saya temukan ada malfunction untuk EPB. Memang saya sudah siapkan mitigasinya apabila ada failure EPB, saya langsung praktek diajari teknisi di beres untuk me release EPB dari kolong dibelakang pengemudi dan ternyata cukup mudah. Hal ini menghilangkan keraguan saya (secara pribadi) ditambah kasus failure ini adalah FAIL SAFE, bukan FAIL TO DANGER. Justru EPB ini menjadikan suatu kelebihan dibanding yang masih menggunakan manual parking brake. EPB di ANPS ini berbeda dengan EPB CX-5 maupun Santafe dan Captiva. EPB ANPS bisa diset Auto Park dan Auto Release, saat kita geser tuas ke posisi P maka EPB langsung aktif mengunci tanpa harus menekan tombol EPB. Demikian juga saat kita geser dari posisi P ke posisi D maka EPB langsung Auto Release. Untuk Auto Brake Hold ANPS ini juga paling smooth saat releasenya dan juga untuk aktifasinya harus injak pedal rem mentok sampai dasar baru aktif, hal ini juga menjadi kelebihan karena bisa mengurangi frekuensi ON-OFF pada kondisi-kondisi tertentu dimana sebetulnya kita tidak perlukan untuk aktif. Di CX-5 maupun Santafe belum sampai mentok pedal rem sudah langsung aktif mengunci. Pada kondisi apapun, macet, jalan jarak dekat maupun jauh, pegunungan dan pantai apabila kita set Auto maka kita dari keluar garasi hingga masuk dan parkir di garasi lagi kita tidak pernah dan tidak perlu menyentuh tombol EPB sekalipun baik untuk lock maupun release.
Jadi kesimpulanya secara pribadi EPB merupakan suatu kelebihan, bukan kekurangan yang mencemaskan dibanding manual Parking Brake.

Keempat: Boros Fuel
Setelah remap di 1000 km pertama dibengkel Nitrospeed (507) Surabaya, sudah saya tes berulang kali jarak dekat dan jauh mobil ini dengan menggunakan full biosolar sangat irit. Test perjalanan jauh Blitar-Kediri-Nganjuk-Jakarta (berangkat jam 1 pagi) sampai Senayan jam 12:30 tercatat 16.8 km/liter. Gaya mengemudi campuran mengikuti kondisi jalan, kalau kosong digeber hingga 160 kph dengan beban 5 orang dewasa+barang sekitar total 450 kg. Jadi sudah saya buktikan sendiri mobil ini irit bahkan bisa dibilang sangat irit.

Demikian pengalaman/pembuktian secara pribadi yang akhirnya menghilangkan semua keraguan dan kekhawatiran saya untuk unit ANPS dakar FL ini. Kekurangan dari mobil ini yang saya rasakan adalah pintu yang terlalu ringan sehingga untuk menutup perlu hentakan yang kuat.

Modif yang sudah saya lakukan:
1.Remap ECU bengkel Nitrospeed RonnyHAO 507 Surabaya
2.Ganti filter udara dengan Sprint Filter
3.Ganti Down Pipe Kansai dan Front Pipe Rspeed Malang
4.Ganti spacer Link Stabilizer dengan yang lebih panjang
5.Tutup EGR
6.Reroute Gas Blowby ke belakang dekat exhaust tip
7.Ganti metal piping intercooler
8.Ganti Head Unit dengan HU sejuta umat Nakamichi (fitur lumayan lengkap) sudah ada DSP, kualitas suara OK tapi sering error dan bisa sembuh
sendiri
9.Pasang PA Monoblock Intersys + Capacitor Bank+15 “ Subwoofer Cello+tweeter Cello

Sekian terima kasih
Attachments
Purging Injector tiap 15 ribu kilometer
Purging Injector tiap 15 ribu kilometer
Head Unit Sejuta Umat Nakamichi
Head Unit Sejuta Umat Nakamichi
Test Konsumsi fuel Blitar-Jakarta
Test Konsumsi fuel Blitar-Jakarta
Penggantian Spacer Link Stabilizer dengan yang lebih panjang atasi limbung
Penggantian Spacer Link Stabilizer dengan yang lebih panjang atasi limbung
Service 40 ribu kilometer
Service 40 ribu kilometer
Tampak Belakang
Tampak Belakang
Tampak Depan Gagah
Tampak Depan Gagah
Odometer saat ini
Odometer saat ini
Isi BBM selalu Biosolar sampai sekarang
Isi BBM selalu Biosolar sampai sekarang
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: 07 Sep 2014, 08:35

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by A7Corsair »

Tertarik dgn spacer link stabilizer-nya ...
Beli dimana Om ?

:thanks:
rmpm
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 19 Sep 2016, 14:02
Daily Vehicle: 2011 CRV K24 2021 Innova Diesel At

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by rmpm »

Wuih kenceng ya jalannya om hehe , saya reborn 21 aja baru jalan 30rb km hehe sama full b30 dari baru hehe , robust om mobilnya tq reviewnya lagi sempet cari2 referensi anps yg pake bisol sih hehe mau liat2 unit juga rencana hehe modnya lumayan juga ya btw hehe
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3757
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by kunaskun »

ongisnade wrote: 01 Nov 2022, 05:23 Modif yang sudah saya lakukan:
1.Remap ECU bengkel Nitrospeed RonnyHAO 507 Surabaya
2.Ganti filter udara dengan Sprint Filter
3.Ganti Down Pipe Kansai dan Front Pipe Rspeed Malang
4.Ganti spacer Link Stabilizer dengan yang lebih panjang
5.Tutup EGR
6.Reroute Gas Blowby ke belakang dekat exhaust tip
7.Ganti metal piping intercooler
8.Ganti Head Unit dengan HU sejuta umat Nakamichi (fitur lumayan lengkap) sudah ada DSP, kualitas suara OK tapi sering error dan bisa sembuh
sendiri
9.Pasang PA Monoblock Intersys + Capacitor Bank+15 “ Subwoofer Cello+tweeter Cello

Sekian terima kasih
1, 5 & 6 = perpanjang umur mesin :big_exellent: bisa jadi ini bikin issue boros oli dll ilang semua :big_exellent: :big_exellent:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6104
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: 01 Nov 2022, 13:23
ongisnade wrote: 01 Nov 2022, 05:23 Modif yang sudah saya lakukan:
1.Remap ECU bengkel Nitrospeed RonnyHAO 507 Surabaya
2.Ganti filter udara dengan Sprint Filter
3.Ganti Down Pipe Kansai dan Front Pipe Rspeed Malang
4.Ganti spacer Link Stabilizer dengan yang lebih panjang
5.Tutup EGR
6.Reroute Gas Blowby ke belakang dekat exhaust tip
7.Ganti metal piping intercooler
8.Ganti Head Unit dengan HU sejuta umat Nakamichi (fitur lumayan lengkap) sudah ada DSP, kualitas suara OK tapi sering error dan bisa sembuh
sendiri
9.Pasang PA Monoblock Intersys + Capacitor Bank+15 “ Subwoofer Cello+tweeter Cello

Sekian terima kasih
1, 5 & 6 = perpanjang umur mesin :big_exellent: bisa jadi ini bikin issue boros oli dll ilang semua :big_exellent: :big_exellent:
Klo nutup EGR bukannya berefek samping? combustion chamber malah makin panas mbah.

Krn fungsi EGR kan juga mengurangi panas, dgn campur sedikitt CO2 ke dalam ruang bakar, jadi suhu pembakaran berkurang sikit
Last edited by Suryaputra on 01 Nov 2022, 13:40, edited 3 times in total.
*Colek me if I'm wrong
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3757
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: 01 Nov 2022, 13:33 Klo nutup EGR bukannya berefek samping? combustion chamber malah makin panas mbah.

Krn fungsi EGR kan juga mengurangi panas, dgn campur sedikitt CO2 ke dalam ruang bakar, jadi suhu pembakaran berkurang sikit
pengalaman di innova 2KD si menang di umur oli dan ga perlu sering2 purging mbah, semuanya ketahuan dari air intake dan throttle body bersih. nah logika sama harusnya berlaku di mesin diesel yang lebih modern.

soal suhu saya rasa ga terlalu signifikan dan bukannya diesel (sedikit) lebih panas lebih bagus? dan EGR itu lebih kearah emisi kan mbah, sisa pembakaran yang gagal dimasukin lagi ke mesin untuk bantu pre-ignition.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6104
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: 01 Nov 2022, 13:38
Suryaputra wrote: 01 Nov 2022, 13:33 Klo nutup EGR bukannya berefek samping? combustion chamber malah makin panas mbah.

Krn fungsi EGR kan juga mengurangi panas, dgn campur sedikitt CO2 ke dalam ruang bakar, jadi suhu pembakaran berkurang sikit
pengalaman di innova 2KD si menang di umur oli dan ga perlu sering2 purging mbah, semuanya ketahuan dari air intake dan throttle body bersih. nah logika sama harusnya berlaku di mesin diesel yang lebih modern.

soal suhu saya rasa ga terlalu signifikan dan bukannya diesel (sedikit) lebih panas lebih bagus? dan EGR itu lebih kearah emisi kan mbah, sisa pembakaran yang gagal dimasukin lagi ke mesin untuk bantu pre-ignition.
I see klo prakteknya kyk gtu yaa.

Lalu engineer bikin egr buat apa yaa
Selain minimize emisi (bhs klasik)
Just curious? :upss:

Soal penguapan minim, itu sih emg olinya aja keraton class
Klo dari beres kan beda kelas oli nya
Apalagi udah remap :mky_03:
Last edited by Suryaputra on 01 Nov 2022, 13:47, edited 1 time in total.
*Colek me if I'm wrong
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3757
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: 01 Nov 2022, 13:41 Lalu engineer bikin egr buat apa yaa
Just curious? :upss:
biar katanya lolos uji emisi :big_childish: :big_childish: :big_childish:
Soal penguapan minim, itu sih emg olinya aja keraton class
Klo dari beres kan beda kelas oli nya
Apalagi udah remap :mky_03:
selain oli kelas keraton juga kelihatan mbah, berasa degradasi oli lebih lamban :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6104
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: 01 Nov 2022, 13:43
Suryaputra wrote: 01 Nov 2022, 13:41 Lalu engineer bikin egr buat apa yaa
Just curious? :upss:
biar katanya lolos uji emisi :big_childish: :big_childish: :big_childish:
Soal penguapan minim, itu sih emg olinya aja keraton class
Klo dari beres kan beda kelas oli nya
Apalagi udah remap :mky_03:
selain oli kelas keraton juga kelihatan mbah, berasa degradasi oli lebih lamban :big_biglaugh:
Ya itu bhs klasiknya neken emisi, :big_biglaugh:
Dgn cara masukin balik Co2 yg dah dibakar, ke dlm ruang bakar

Tp bnyk mudhorotnya klo gtu, malah nimbulin efek lain ke internal mesin :upss:
*Colek me if I'm wrong
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2849
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by b0ku »

kunaskun wrote: 01 Nov 2022, 13:38

pengalaman di innova 2KD si menang di umur oli dan ga perlu sering2 purging mbah, semuanya ketahuan dari air intake dan throttle body bersih. nah logika sama harusnya berlaku di mesin diesel yang lebih modern.

soal suhu saya rasa ga terlalu signifikan dan bukannya diesel (sedikit) lebih panas lebih bagus? dan EGR itu lebih kearah emisi kan mbah, sisa pembakaran yang gagal dimasukin lagi ke mesin untuk bantu pre-ignition.
kalo saya lebih ke takut bau makanya egrnya gak ditutup ini aja sejak cabut catalic kalo ada yang nongkrong belakang mobil saya pas saya lagi nyalain mesin saya usir alus suruh duduk di depan mobil takut kena asep mobil saya soalnya :mky_01:

terakhir saya cuci ud kayak goa kelelawar ya terang aja ud isi solar 70rb gak pernah diapa2xin :big_bored:
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: 17 Oct 2017, 19:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang
Contact:

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by antonyaulia »

Masalah EPB, saya dah lima tahun pake ANPS selalu aman dan dapat dihandalkan kok.
Selama lima tahun pake ANPS (CKD 2017) kilometer udah 84.000, yang pernah saya alami adalah.
1. AC kadang dingin kadang tidak setelah tahun ke 4, tekanan freon bagus, kata dealer harus ganti evaporator, dulu pernah ganti thermister tapi
garansi.
2. Ganti Shockbreaker belakang karene rembes, pake monroe jadi lumayan enak.
3. DRL lampu alis jadi redup menguning.
Kalo masalah ganti parts fast moving ya biasalah, rutin. Ga ada masalah2 lain.
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by MSU »

antonyaulia wrote: 01 Nov 2022, 14:50 Masalah EPB, saya dah lima tahun pake ANPS selalu aman dan dapat dihandalkan kok.
Selama lima tahun pake ANPS (CKD 2017) kilometer udah 84.000, yang pernah saya alami adalah.
1. AC kadang dingin kadang tidak setelah tahun ke 4, tekanan freon bagus, kata dealer harus ganti evaporator, dulu pernah ganti thermister tapi
garansi.
2. Ganti Shockbreaker belakang karene rembes, pake monroe jadi lumayan enak.
3. DRL lampu alis jadi redup menguning.
Kalo masalah ganti parts fast moving ya biasalah, rutin. Ga ada masalah2 lain.
koq ganti evap ya...setau sy kl evap paling problem bocor....itupun jadinya permanen ga dingin
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1962
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by kendibocor »

Saya kirain saya pake mobil setahun bisa odo 15rb an uda termasuk yg banyak. Ini setahun 40rb, mantep om. Worth every penny ya jadi mobilnya biar mahal tp kepake trus :big_exellent:
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by FR6 »

Bahasanya keren Om! Anak Teknik banget :big_exellent:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3971
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018 + Brio Satya E CVT 2022

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by Pboyz97 »

nice review om . ANPS ini memang termasuk cukup enak disetir & tarikannya lumayan enak buat ukuran SUV ladderframe + desain stoplamp yg fl ini memang cakep menurut saya hehehe
Past:
'15,'17,'18,'21 Avanza G MT
'15 Veloz MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'19 Avanza G MT
'22 brio
satriakarisma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 513
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by satriakarisma »

Om singoedan nih hobi banget ngukur jalan..haha
santafe ne aman Om?
bahasane jg bahasa insinyur S3.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 673
Joined: 18 Jan 2016, 21:54

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by doge »

awal baca liat 40rb km dibilang reliable mikirnya 'bukannya wajar ya?'

eh trnyt 40rbnya dlm setaun :big_slap:

nyaingin travel mah ini pakenya
:ngacir:
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by ongisnade »

A7Corsair wrote: 01 Nov 2022, 08:54 Tertarik dgn spacer link stabilizer-nya ...
Beli dimana Om ?

:thanks:
Ini mas bro linknya toped
https://tokopedia.link/96cigWcdxqb
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5986
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by BADAK »

Dulu saya yg posting untuk masalah EPB di ANPS, ya memang itu terjadi kemungkinan karena unit jarang saya pakai. Bisa jadi motor EPB nya jamuran atau berdebu sehingga tidak contact.
Unit saya ANPS keluaran awal 2016, odo msh 28rb. Selama pakai 6th lebih tidak ada penggantian part slow moving sama sekali. Bahkan ban dan aki msh awet dr bawaan. Ya iyalah mobil gak pernah dipakai. Wkwkwkwk.
Masalah oli yg berkurang saya jg tidak pernah mengalami (oli masih menggunakan std Mitsubishi).
Cuman kendalanya putaran bawah sangat lelet, sehingga terasa capek dibawa keluar kota, apalagi kalau kondisinya macet.
Target nya ntar taon ke 8 odo msh belum tembus 30rb ini mobil. Wkwkwkwk
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by ongisnade »

rmpm wrote: 01 Nov 2022, 12:57 Wuih kenceng ya jalannya om hehe , saya reborn 21 aja baru jalan 30rb km hehe sama full b30 dari baru hehe , robust om mobilnya tq reviewnya lagi sempet cari2 referensi anps yg pake bisol sih hehe mau liat2 unit juga rencana hehe modnya lumayan juga ya btw hehe
Ya masbro jadi kuda beban harian he..he
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by ongisnade »

Suryaputra wrote: 01 Nov 2022, 13:33
kunaskun wrote: 01 Nov 2022, 13:23
ongisnade wrote: 01 Nov 2022, 05:23 Modif yang sudah saya lakukan:
1.Remap ECU bengkel Nitrospeed RonnyHAO 507 Surabaya
2.Ganti filter udara dengan Sprint Filter
3.Ganti Down Pipe Kansai dan Front Pipe Rspeed Malang
4.Ganti spacer Link Stabilizer dengan yang lebih panjang
5.Tutup EGR
6.Reroute Gas Blowby ke belakang dekat exhaust tip
7.Ganti metal piping intercooler
8.Ganti Head Unit dengan HU sejuta umat Nakamichi (fitur lumayan lengkap) sudah ada DSP, kualitas suara OK tapi sering error dan bisa sembuh
sendiri
9.Pasang PA Monoblock Intersys + Capacitor Bank+15 “ Subwoofer Cello+tweeter Cello

Sekian terima kasih
1, 5 & 6 = perpanjang umur mesin :big_exellent: bisa jadi ini bikin issue boros oli dll ilang semua :big_exellent: :big_exellent:
Klo nutup EGR bukannya berefek samping? combustion chamber malah makin panas mbah.

Krn fungsi EGR kan juga mengurangi panas, dgn campur sedikitt CO2 ke dalam ruang bakar, jadi suhu pembakaran berkurang sikit
Efek tutup EGR yang paling terasa karena flue gas totally melewati turbo putaranya lebih kenceng dan juga sepertinya VGT nya juga lebih kerja berat pada rpm tertentu (terasa sebelum dan sesudah tutup EGR). Untuk temperature ya pasti ada kenaikan sedikit tetapi CO2 itu kan inert gas yang gak bisa dibakar, jadi kalau dimasukkan lagi kedalam ruang bakar malah akan menjadi beban, performancenya harusnya juga turun tergantung seberapa banyak CO2 yang masuk ruang bakar.
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by ongisnade »

kendibocor wrote: 01 Nov 2022, 21:33 Saya kirain saya pake mobil setahun bisa odo 15rb an uda termasuk yg banyak. Ini setahun 40rb, mantep om. Worth every penny ya jadi mobilnya biar mahal tp kepake trus :big_exellent:
Ha..ha ya mas bro jadi kuda beban harian soalnya
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by ongisnade »

FR6 wrote: 01 Nov 2022, 22:08 Bahasanya keren Om! Anak Teknik banget :big_exellent:
Teknik opo mas bro wong ora kuliah he..he..
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by ongisnade »

Pboyz97 wrote: 01 Nov 2022, 22:27 nice review om . ANPS ini memang termasuk cukup enak disetir & tarikannya lumayan enak buat ukuran SUV ladderframe + desain stoplamp yg fl ini memang cakep menurut saya hehehe
Ya masbro, ini mobil enak setelah diremap atas bawah jadi enak
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Pengalaman 1 Tahun (41 Ribu KM) ANPS Dakar FL 2021

Post by ongisnade »

satriakarisma wrote: 02 Nov 2022, 08:25 Om singoedan nih hobi banget ngukur jalan..haha
santafe ne aman Om?
bahasane jg bahasa insinyur S3.
Yo bener Sam insinyur S3, SD-SMP-SMA he...hee..
Post Reply