Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Mon Oct 24, 2022 0:33
DOHC wrote: Sun Oct 23, 2022 11:07
Herman7103 wrote: Sat Oct 22, 2022 23:46 Untuk bushing crossmember sudah di Check oleh mekanik Nissan dan tidak ada kerusakkan cuma ball joint dan Bushing tie rod yg kanan cuma saya minta mereka ganti bukan yg kanan saja tapi yg kirinya juga karena menurut saya wajar parts tersebut rusak setelah pemakaian mobil selama 8 tahun lebih.
:big_think: :big_think:

berarti kecurigaan saya bener ini, utk ANGL kayanya bushing crossmember nya dibedakan ama yg OGL dan disempurnakan, sama sperti link stabilizer yg diem2 di upgrade
Sama aja Mbah :big_biglaugh:
Itu cuma kondisi jalan Om Herman aja mulus lus...dan minim lobang..coba aja masuk grup Lipindut.
Itu L11 jg banyak yg ganti shock, bushing cross member, link stabil ama ball joint.
Yg jarang justru ganti busi mereka ama koil lumayan awet..
Padahal infonya Shock depan L11 itu upgrade dari L10 yg lbh bagus meredam bantingan ama ngga mudah bocor :big_grin:
ternjata L11 jg masi sama yah problem nya, padahal ta kira ud improvement loh

busi ama coil lebi awet soalnya pengapian dan (konon kompresi ) ada d turunin sikit sejak gen dual cvtc dual injektor
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
WilliamSA
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Nov 03, 2022 2:35
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina MT 2013 Grand Livina AT 2014 Outlander Sport PX 2014 CRV Prestige 2018

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by WilliamSA »

Halo suhu suhu livina sekalian.

Saya pakai ANGL 2014 AT udah dari baru sampai sekarang, jalan 80k an, full normal, selalu pertamax, pertamax plus, turbo terus,
Nah terakhir mobdin saya diganti jadi ANGL 2013 MT nih, udh perbaikan banyak sih, wajar 170k km udahan, busi ganti 4 biji, coil aman, oli ganti eneos 5w-30, soalnya yg pribadi jg 5w-30 dan gw rasa enak.

Nah, masalah yang blm gw ketemu jalan keluarnya itu ban belakang gw camber negatif parah yg sblh kanan, jadinya makan dalem parah bannya.
Gw keliling bengkel ban, mereka blg ga bs di spooring, juga banyak banget livina yang kaya gini (?), mereka juga ngga ada jalan keluarnya, malah bilang biasanya dijual. Dianjurkan ke bengkel kaki kaki, mereka solusinya dikasi buffer di deket velg nya, tapi resiko drat nya jadi sedikit yang ngebaut, gw jadi takut.

Benernya sih gw masa bodo soalnya toh ya mobil perusahaan, ganti ban claim juga, tapi ya sbg user daily rada was2 gitukan pake nya.

Apa om om disini ada yg ngalamin hal serupa? Penyelesaiannya gimana yah? Thankyou bangettt :big_weee: :big_weee: :big_weee:
WilliamSA
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Nov 03, 2022 2:35
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina MT 2013 Grand Livina AT 2014 Outlander Sport PX 2014 CRV Prestige 2018

Re: Grand Livina Users..! - PART 05

Post by WilliamSA »

P47hos wrote: Mon Mar 12, 2018 1:03 No offense, cuma curhat ttg Livina.. Saya lihat yang bilang ini mobil reliable dll rata2 user dibawah 5tahun.. ya saya setuju ygmobil ini nyaman, memang nyaman TAPI setelah 6 tahun keatas mulai rewelnya aneh2, contoh
-mobil ini ga bisa cuci steam mesin, klo berani coba tunggu aja 2-3 x cuci ntar tiba2 mesin brebet, coil kemasukan air dan minta ganti @800rb. Jd klo mesinnya kotor, harus cuci di BERES, biaya 175.000
- ngelitik, ini sudah penyakit umum meski sudah pake Pertamax, solusi gampangnya carbon clean, tp setelah 60-70k carbon clean sudah ga bisa dijadikan solusi karena setelah 10-15k kembali ngelitik. Solusi dari BERES : TOP OH. Baru 80k sdh top OH? Simpulkan sendiri
- Kaki-kaki, sudah rahasia umum juga, paling cepat 3 tahun, paling lama 6 tahun sudah keluar bunyi2nya. Klo mau pake spare part ORI semua? Diatas 6jt bro biayanya
-Oli rekomendasi BERES 10W-30 boleh diganti sampai 10k km, kenyataannya banyak yg laporan sludge waktu 60-70k, kayanya berkaitan dengan ngelitik diatas soalnya ruang bakar kotor karena oli menguap.
- pergantian oli transmisi di rekomendasi 100k km, kenyataannya banyak yg jebol transmisi di 60-70k km karena oli sdh tidak mampu melumasi. Klo Servis di BERES? 10jt++
- harga spareparts yg malah lebih mahal dari innova. Sebagai pengingat GL series waktu dilaunching di 2007 digadang2 sebagai lawan Innova versi ekonomis, bukan LMPV seperti sekarang.
- dll, macam kopling yg klo belum terbiasa pasti merasa susah banget bawa mobil ini, spiral klakson yg bisa tiba2 putus, blower AC yg nanggung, headlamp yg cepet banget menguning.
Conclusion: Klo Ada yg bilang mobil ini reliable, bagi saya masih banyak mobil yg lebih reliable dan dengan biaya maintenance yg lebih rendah tanpa problem2 yg ngga umum macam diatas,FYI dirumah Ada innova 2007, Jazz GE8 2011 sama GL 2008, yg paling banyak keluar biaya maintenance-nya ini GL.
Disclaimer: mobil saya GL 1.5xv 2008, Dan masih berjalan sampai sekarang kilometer 100k ++, kalo ditanya knp ga dijual? Simple Aja alasannya, karena tahun lalu baru reparasi besar2an semua habis 20 jt jd dipake dulu sampe puas baru mau dijual. Dijual skrg juga harga jualnya jatuh :D.
Benernya personally yah om, grand livina, atau mainly barangnya nissan itu tergantung pemakainya. Emang bukan merk yang bisa diajak perang kaya Toyota, Daihatsu dkk. Gw dr dulu pecinta nissan karena nyamannya, dulu c24 punya lama banget sblm dijual, punya T31 2010 sampai sekarang, T32 2015 sampai sekarang, ANGL 2014 sampai sekarang juga, gak ada sama sekali yang rewel. Yah mobil dirawat gak dibuat perang sih, T31 aja baru jalan 90k an, T32 43k, ANGL 80k an. Sebaliknya temen2 gua yang dibuat perang, meskipun beres terus servisnya, jadi rewel aja gitu di taun ke 4 5. Dia biasa pake Toyota Honda, perlakuannya ke nissan disamain, alias cara ngegas nya, bensin, service dll.

Gak tau yah, gw sih sll perlakuin as if mobil punya feeling gitu, jadi disayang bener2. Pengalaman gw kalau kita begitu ke mobil pasti gaakan rewel :mky_02: :mky_02:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

WilliamSA wrote: Sat Nov 05, 2022 4:54 Halo suhu suhu livina sekalian.

Saya pakai ANGL 2014 AT udah dari baru sampai sekarang, jalan 80k an, full normal, selalu pertamax, pertamax plus, turbo terus,
Nah terakhir mobdin saya diganti jadi ANGL 2013 MT nih, udh perbaikan banyak sih, wajar 170k km udahan, busi ganti 4 biji, coil aman, oli ganti eneos 5w-30, soalnya yg pribadi jg 5w-30 dan gw rasa enak.

Nah, masalah yang blm gw ketemu jalan keluarnya itu ban belakang gw camber negatif parah yg sblh kanan, jadinya makan dalem parah bannya.
Gw keliling bengkel ban, mereka blg ga bs di spooring, juga banyak banget livina yang kaya gini (?), mereka juga ngga ada jalan keluarnya, malah bilang biasanya dijual. Dianjurkan ke bengkel kaki kaki, mereka solusinya dikasi buffer di deket velg nya, tapi resiko drat nya jadi sedikit yang ngebaut, gw jadi takut.

Benernya sih gw masa bodo soalnya toh ya mobil perusahaan, ganti ban claim juga, tapi ya sbg user daily rada was2 gitukan pake nya.

Apa om om disini ada yg ngalamin hal serupa? Penyelesaiannya gimana yah? Thankyou bangettt :big_weee: :big_weee: :big_weee:
lah kok dongrade Om?
Btw, sdh coba cek karet bushing di member belakang om?
atau kl mobil kantor coba aja minta ganti member belakang baru.
seinget saya emang ban belakang ngga bisa disetting kl Lipindut.
Jadi kl miringnya parah banget antara ada 2 kemungkinan : shock atau kaki belakang di are member belakang perlu diremajakan.
nubie in all things - still need to learn
WilliamSA
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Nov 03, 2022 2:35
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina MT 2013 Grand Livina AT 2014 Outlander Sport PX 2014 CRV Prestige 2018

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by WilliamSA »

blloewy wrote: Mon Nov 07, 2022 2:38
WilliamSA wrote: Sat Nov 05, 2022 4:54 Halo suhu suhu livina sekalian.

Saya pakai ANGL 2014 AT udah dari baru sampai sekarang, jalan 80k an, full normal, selalu pertamax, pertamax plus, turbo terus,
Nah terakhir mobdin saya diganti jadi ANGL 2013 MT nih, udh perbaikan banyak sih, wajar 170k km udahan, busi ganti 4 biji, coil aman, oli ganti eneos 5w-30, soalnya yg pribadi jg 5w-30 dan gw rasa enak.

Nah, masalah yang blm gw ketemu jalan keluarnya itu ban belakang gw camber negatif parah yg sblh kanan, jadinya makan dalem parah bannya.
Gw keliling bengkel ban, mereka blg ga bs di spooring, juga banyak banget livina yang kaya gini (?), mereka juga ngga ada jalan keluarnya, malah bilang biasanya dijual. Dianjurkan ke bengkel kaki kaki, mereka solusinya dikasi buffer di deket velg nya, tapi resiko drat nya jadi sedikit yang ngebaut, gw jadi takut.

Benernya sih gw masa bodo soalnya toh ya mobil perusahaan, ganti ban claim juga, tapi ya sbg user daily rada was2 gitukan pake nya.

Apa om om disini ada yg ngalamin hal serupa? Penyelesaiannya gimana yah? Thankyou bangettt :big_weee: :big_weee: :big_weee:
lah kok dongrade Om?
Btw, sdh coba cek karet bushing di member belakang om?
atau kl mobil kantor coba aja minta ganti member belakang baru.
seinget saya emang ban belakang ngga bisa disetting kl Lipindut.
Jadi kl miringnya parah banget antara ada 2 kemungkinan : shock atau kaki belakang di are member belakang perlu diremajakan.
Enggak om, yang 2014 metik pribadi. Mobdin sblumnya avanza trs diganti angl wkwkwk.

Oke om coba dicek yah, lucunya tuh camber nya bisa beda, yang kiri gak se miring yang kanan sih.
paseksuana
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sat Mar 12, 2016 0:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by paseksuana »

Selamat sore suhu2 semua. Salam kenal sebelumnya.

Saya pemakai NGL 2010 AT. Sudah lumayan lama. Dari 2014 akhir kalau tdk salah ingat.

Seiring berjalannya waktu, satu persatu masalah muncul dan bisa diperbaiki dengan baik di bengkel kenalan saya.

Mobil lebih banyak dipakai oleh istri utk kerja. Dan masih seputaran dalam kota. Jarang sekali dipakai keluar kota.

Nah bbrpa bulan belakangan ini ada masalah yg bikin lumayan greget.

- air radiator berkurang terus. Sy pikir ada kebocoran awalnya. Setelah di cek ternyata tidak. Sudah ganti thermostat dan ganti tutup radiator jg ternyata masih sama. Kipas jg normal. Adakah dari suhu disini pernah mengalami masalah serupa? Jadi bbrpa waktu ini sy selalu tambah airnya pakai radiator colant sebelum mobilnya dipakai.

- mobil jika dihidupkan dalam keadaan panas pasti akan susah hidupnya dan mrebet. Tapi setelah hidup bisa dipakai dengan normal. Padahal koil dan busi dalam keadaan baik. Sudah ganti busi ternyata masih sama.

Sekian dan terimakasih suhu semua. Selamat tahun baru 2023
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1124
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by t105erd »

paseksuana wrote: Thu Jan 05, 2023 10:09 Selamat sore suhu2 semua. Salam kenal sebelumnya.

Saya pemakai NGL 2010 AT. Sudah lumayan lama. Dari 2014 akhir kalau tdk salah ingat.

Seiring berjalannya waktu, satu persatu masalah muncul dan bisa diperbaiki dengan baik di bengkel kenalan saya.

Mobil lebih banyak dipakai oleh istri utk kerja. Dan masih seputaran dalam kota. Jarang sekali dipakai keluar kota.

Nah bbrpa bulan belakangan ini ada masalah yg bikin lumayan greget.

- air radiator berkurang terus. Sy pikir ada kebocoran awalnya. Setelah di cek ternyata tidak. Sudah ganti thermostat dan ganti tutup radiator jg ternyata masih sama. Kipas jg normal. Adakah dari suhu disini pernah mengalami masalah serupa? Jadi bbrpa waktu ini sy selalu tambah airnya pakai radiator colant sebelum mobilnya dipakai.

- mobil jika dihidupkan dalam keadaan panas pasti akan susah hidupnya dan mrebet. Tapi setelah hidup bisa dipakai dengan normal. Padahal koil dan busi dalam keadaan baik. Sudah ganti busi ternyata masih sama.

Sekian dan terimakasih suhu semua. Selamat tahun baru 2023
Kalo di gas keluar asap putih ga? Kondisi oli gimana? Apakah ada kontaminasi sama coolant? Cek juga kompresi ke 4 silinder mesin, mudah2an bukan head gasketnya yg jebol.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

paseksuana wrote: Thu Jan 05, 2023 10:09 Selamat sore suhu2 semua. Salam kenal sebelumnya.

Saya pemakai NGL 2010 AT. Sudah lumayan lama. Dari 2014 akhir kalau tdk salah ingat.

Seiring berjalannya waktu, satu persatu masalah muncul dan bisa diperbaiki dengan baik di bengkel kenalan saya.

Mobil lebih banyak dipakai oleh istri utk kerja. Dan masih seputaran dalam kota. Jarang sekali dipakai keluar kota.

Nah bbrpa bulan belakangan ini ada masalah yg bikin lumayan greget.

- air radiator berkurang terus. Sy pikir ada kebocoran awalnya. Setelah di cek ternyata tidak. Sudah ganti thermostat dan ganti tutup radiator jg ternyata masih sama. Kipas jg normal. Adakah dari suhu disini pernah mengalami masalah serupa? Jadi bbrpa waktu ini sy selalu tambah airnya pakai radiator colant sebelum mobilnya dipakai.

- mobil jika dihidupkan dalam keadaan panas pasti akan susah hidupnya dan mrebet. Tapi setelah hidup bisa dipakai dengan normal. Padahal koil dan busi dalam keadaan baik. Sudah ganti busi ternyata masih sama.

Sekian dan terimakasih suhu semua. Selamat tahun baru 2023
Nambahnya seberapa banyak dan seberapa sering?
Nomor 2 coba cek fuel pump nya....
Bersihkan dulu fuel pumpnya....
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

paseksuana wrote: Thu Jan 05, 2023 10:09 Selamat sore suhu2 semua. Salam kenal sebelumnya.

Saya pemakai NGL 2010 AT. Sudah lumayan lama. Dari 2014 akhir kalau tdk salah ingat.

Seiring berjalannya waktu, satu persatu masalah muncul dan bisa diperbaiki dengan baik di bengkel kenalan saya.

Mobil lebih banyak dipakai oleh istri utk kerja. Dan masih seputaran dalam kota. Jarang sekali dipakai keluar kota.

Nah bbrpa bulan belakangan ini ada masalah yg bikin lumayan greget.

- air radiator berkurang terus. Sy pikir ada kebocoran awalnya. Setelah di cek ternyata tidak. Sudah ganti thermostat dan ganti tutup radiator jg ternyata masih sama. Kipas jg normal. Adakah dari suhu disini pernah mengalami masalah serupa? Jadi bbrpa waktu ini sy selalu tambah airnya pakai radiator colant sebelum mobilnya dipakai.

- mobil jika dihidupkan dalam keadaan panas pasti akan susah hidupnya dan mrebet. Tapi setelah hidup bisa dipakai dengan normal. Padahal koil dan busi dalam keadaan baik. Sudah ganti busi ternyata masih sama.

Sekian dan terimakasih suhu semua. Selamat tahun baru 2023
kl dr critanya, coba cek kompresi

atauuuu

kl versi pelit medit pait nya, coba buka busi , liat busi nya kotor atau malah bersih banget, trus intip kpala piston, bersih banget atau malah kotor

nanti d report dmarih buat dikasi tau jawapan nya knapa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
paseksuana
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sat Mar 12, 2016 0:49

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by paseksuana »

DOHC wrote: Thu Jan 05, 2023 11:48
paseksuana wrote: Thu Jan 05, 2023 10:09 Selamat sore suhu2 semua. Salam kenal sebelumnya.

Saya pemakai NGL 2010 AT. Sudah lumayan lama. Dari 2014 akhir kalau tdk salah ingat.

Seiring berjalannya waktu, satu persatu masalah muncul dan bisa diperbaiki dengan baik di bengkel kenalan saya.

Mobil lebih banyak dipakai oleh istri utk kerja. Dan masih seputaran dalam kota. Jarang sekali dipakai keluar kota.

Nah bbrpa bulan belakangan ini ada masalah yg bikin lumayan greget.

- air radiator berkurang terus. Sy pikir ada kebocoran awalnya. Setelah di cek ternyata tidak. Sudah ganti thermostat dan ganti tutup radiator jg ternyata masih sama. Kipas jg normal. Adakah dari suhu disini pernah mengalami masalah serupa? Jadi bbrpa waktu ini sy selalu tambah airnya pakai radiator colant sebelum mobilnya dipakai.

- mobil jika dihidupkan dalam keadaan panas pasti akan susah hidupnya dan mrebet. Tapi setelah hidup bisa dipakai dengan normal. Padahal koil dan busi dalam keadaan baik. Sudah ganti busi ternyata masih sama.

Sekian dan terimakasih suhu semua. Selamat tahun baru 2023
kl dr critanya, coba cek kompresi

atauuuu

kl versi pelit medit pait nya, coba buka busi , liat busi nya kotor atau malah bersih banget, trus intip kpala piston, bersih banget atau malah kotor

nanti d report dmarih buat dikasi tau jawapan nya knapa
Oke siap om. Terimakasih responnya.

Utk busi saya baru saja ganti. Karena awalnya mikir businya ada yg sudah mati. Memang ada 1 biji. Tapi setelah ganti ttep sama saja. Bengkel kenalan jg nyuruhnya cek kompresi.

Sekali lagi terimakasih kasih responnya om. Mungkin lagi bbrpa hari mau meluncur ke beres :big_slap: :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

paseksuana wrote: Thu Jan 05, 2023 12:26
DOHC wrote: Thu Jan 05, 2023 11:48
paseksuana wrote: Thu Jan 05, 2023 10:09 Selamat sore suhu2 semua. Salam kenal sebelumnya.

Saya pemakai NGL 2010 AT. Sudah lumayan lama. Dari 2014 akhir kalau tdk salah ingat.

Seiring berjalannya waktu, satu persatu masalah muncul dan bisa diperbaiki dengan baik di bengkel kenalan saya.

Mobil lebih banyak dipakai oleh istri utk kerja. Dan masih seputaran dalam kota. Jarang sekali dipakai keluar kota.

Nah bbrpa bulan belakangan ini ada masalah yg bikin lumayan greget.

- air radiator berkurang terus. Sy pikir ada kebocoran awalnya. Setelah di cek ternyata tidak. Sudah ganti thermostat dan ganti tutup radiator jg ternyata masih sama. Kipas jg normal. Adakah dari suhu disini pernah mengalami masalah serupa? Jadi bbrpa waktu ini sy selalu tambah airnya pakai radiator colant sebelum mobilnya dipakai.

- mobil jika dihidupkan dalam keadaan panas pasti akan susah hidupnya dan mrebet. Tapi setelah hidup bisa dipakai dengan normal. Padahal koil dan busi dalam keadaan baik. Sudah ganti busi ternyata masih sama.

Sekian dan terimakasih suhu semua. Selamat tahun baru 2023
kl dr critanya, coba cek kompresi

atauuuu

kl versi pelit medit pait nya, coba buka busi , liat busi nya kotor atau malah bersih banget, trus intip kpala piston, bersih banget atau malah kotor

nanti d report dmarih buat dikasi tau jawapan nya knapa
Oke siap om. Terimakasih responnya.

Utk busi saya baru saja ganti. Karena awalnya mikir businya ada yg sudah mati. Memang ada 1 biji. Tapi setelah ganti ttep sama saja. Bengkel kenalan jg nyuruhnya cek kompresi.

Sekali lagi terimakasih kasih responnya om. Mungkin lagi bbrpa hari mau meluncur ke beres :big_slap: :big_peace:
ahh ampir klupaan

coba cek kolong mobil, ada tetesan coolant ga, terutama radiator bawah, ama posisi rada tengah mesin percis dbawah perbatasan antara firewall ama bonggol knalpot, kl ga ada, bener itu, coba ke beres suru minta scan.. lebi bagus lg cek kompresi

warna coolant jg ad brubah ga, trus pas buka tutup radiator atau tabung reservoir coolant, ada bau2 menyengat yg tajem ga ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Mau update ah, hari ini Mobil saya all new grand livina 1.5 SV CVT tahun 2014 akhirnya saya ganti lower arm nya yang kode
part no 54500-3WL0A Link Assy Transv RH  dan part no 54501-3WL0A Link Assy Transv LH  
seharga 390 ribu rupiah beli di tokopedia serta ganti Rack End Long Tie Rod part no 48521-3U025 juga saya beli secara online di tokopedia dengan harga 170 ribu ruoiah saja. Diganti di bengkel non beres di jalan Basuki Rahmat Palembang dengan biaya 300 ribu rupiah saja. Habis ganti lower arm saya langsung melakukan spooring agar ada alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik aja. Kena biaya spooring 130 ribu rupiah.Dan sorenya saya mampir ke shop and drive dekat rumah saya untuk ganti oli CVT mobil saya dengan biaya cuma 100 ribu saja dimana olinya saya beli di tokopedia 4 botol oli CVT NS-3 seharga 480 ribu rupiah.
Setelah semua proses dari tadi pagi sampai sore hari tadi hasilnya sangat memuaskan. Kondisi mobil sangat prima dan memuaskan. Untuk oli CVT berarti hari ini yang ketiga kali saya telah ganti oli CVT nya.
IMG_20230218_163301.jpg
IMG-20230213-WA0003.jpg
IMG-20230213-WA0002.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Setelah mobil Nissan All New Grand. Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 kemarin sore ganti oli.CVT NS-3 di Shop and Drive yg menghabiskan 4 liter oli NS-3, kami sekeluarga terdiri 5 orang lalu jam 19.43 WIB berangkat dari Palembang menuju kompleks PT. Tanjung Enim Lestari Pulp and Paper yang berjarak 135 Km dari palembang. Dan kami sampai di komplek perumahan PT TELPP jam 23:05 WIB. Dan pagi ini saya cek berapa fuel consumption mobil ini setelah 118 bulan kami beli dari barunya di bulan Mei 2014. BBM mobil yang kami gunakan Pertalite.
Untuk Sound System Head Unit yang kami gunakan sekarang adalah Head Unit Alpine serta sudah menggunakan Remote Steer juga.
IMG_20230219_070922.jpg
IMG_20230219_070912.jpg
IMG_20230219_071034.jpg
IMG_20230219_071041.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1388
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by AbdulHakim »

Herman7103 wrote: Sat Feb 18, 2023 11:45 Mau update ah, hari ini Mobil saya all new grand livina 1.5 SV CVT tahun 2014 akhirnya saya ganti lower arm nya yang kode
part no 54500-3WL0A Link Assy Transv RH  dan part no 54501-3WL0A Link Assy Transv LH  
seharga 390 ribu rupiah beli di tokopedia serta ganti Rack End Long Tie Rod part no 48521-3U025 juga saya beli secara online di tokopedia dengan harga 170 ribu ruoiah saja. Diganti di bengkel non beres di jalan Basuki Rahmat Palembang dengan biaya 300 ribu rupiah saja. Habis ganti lower arm saya langsung melakukan spooring agar ada alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik aja. Kena biaya spooring 130 ribu rupiah.Dan sorenya saya mampir ke shop and drive dekat rumah saya untuk ganti oli CVT mobil saya dengan biaya cuma 100 ribu saja dimana olinya saya beli di tokopedia 4 botol oli CVT NS-3 seharga 480 ribu rupiah.
Setelah semua proses dari tadi pagi sampai sore hari tadi hasilnya sangat memuaskan. Kondisi mobil sangat prima dan memuaskan. Untuk oli CVT berarti hari ini yang ketiga kali saya telah ganti oli CVT nya.IMG_20230218_163301.jpgIMG-20230213-WA0003.jpgIMG-20230213-WA0002.jpg
Salut om Herman, dedikasi dan kecintaannya pada mobil kesayangannya, ini betul-betul definisi mobil yang dirawat dengan baik oleh pemiliknya.
Terutama istilahnya "gak makan olokan" oleh stigma-stigma negatif sebagian orang yang menilai miring terhadap brand satu ini :big_okay:
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

Tumben om herman pakai part kw buat lower arm
Biasa pakai part genuine?
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

trebla88 wrote:Tumben om herman pakai part kw buat lower arm
Biasa pakai part genuine?
Unruk.Lower Arm yang original Nissan minimal kita harus siapkan uang 2 juta, tapi kalau kita pesan part dari tokopedia cukup 450 ribu aja jadi saya putuskan beli secara online di tokopedia aja karena barusan 2 minggu lalu saya berinvestasi untuk beli SBR 012 yg cukup menguras cash flow saya wkwkwk jadi
beli spare part di tokopedia lebih murah toh mobil juga sudah berusia hampir 9 thn jadi bagi saya as long as mobilnya masih senyap dan nyaman serta irit masih akan dipelihara untuk jangka yg lebih panjang.
:glodak:
HR15DE 2014
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by ariswp »

Herman7103 wrote: Sat Feb 18, 2023 11:45 Mau update ah, hari ini Mobil saya all new grand livina 1.5 SV CVT tahun 2014 akhirnya saya ganti lower arm nya yang kode
part no 54500-3WL0A Link Assy Transv RH  dan part no 54501-3WL0A Link Assy Transv LH  
seharga 390 ribu rupiah beli di tokopedia serta ganti Rack End Long Tie Rod part no 48521-3U025 juga saya beli secara online di tokopedia dengan harga 170 ribu ruoiah saja. Diganti di bengkel non beres di jalan Basuki Rahmat Palembang dengan biaya 300 ribu rupiah saja. Habis ganti lower arm saya langsung melakukan spooring agar ada alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik aja. Kena biaya spooring 130 ribu rupiah.Dan sorenya saya mampir ke shop and drive dekat rumah saya untuk ganti oli CVT mobil saya dengan biaya cuma 100 ribu saja dimana olinya saya beli di tokopedia 4 botol oli CVT NS-3 seharga 480 ribu rupiah.
Setelah semua proses dari tadi pagi sampai sore hari tadi hasilnya sangat memuaskan. Kondisi mobil sangat prima dan memuaskan. Untuk oli CVT berarti hari ini yang ketiga kali saya telah ganti oli CVT nya.IMG_20230218_163301.jpgIMG-20230213-WA0003.jpgIMG-20230213-WA0002.jpg
Di kota saya, shop and drive tidak menerima jasa ganti oli diluar produk yg mereka jual :big_cry:
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1965
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by alvin23 »

Herman7103 wrote: Sun Feb 19, 2023 0:56 Setelah mobil Nissan All New Grand. Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 kemarin sore ganti oli.CVT NS-3 di Shop and Drive yg menghabiskan 4 liter oli NS-3, kami sekeluarga terdiri 5 orang lalu jam 19.43 WIB berangkat dari Palembang menuju kompleks PT. Tanjung Enim Lestari Pulp and Paper yang berjarak 135 Km dari palembang. Dan kami sampai di komplek perumahan PT TELPP jam 23:05 WIB. Dan pagi ini saya cek berapa fuel consumption mobil ini setelah 118 bulan kami beli dari barunya di bulan Mei 2014. BBM mobil yang kami gunakan Pertalite.
Untuk Sound System Head Unit yang kami gunakan sekarang adalah Head Unit Alpine serta sudah menggunakan Remote Steer juga.IMG_20230219_070922.jpgIMG_20230219_070912.jpgIMG_20230219_071034.jpgIMG_20230219_071041.jpg
Nah ini baru ni khas SM, mobil tua tangan pertama, modifnya silent tp mahal dan fungsional. HU Alpine sama setir dengan audio switch :big_exellent:
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

ariswp wrote:
Herman7103 wrote: Sat Feb 18, 2023 11:45 Mau update ah, hari ini Mobil saya all new grand livina 1.5 SV CVT tahun 2014 akhirnya saya ganti lower arm nya yang kode
part no 54500-3WL0A Link Assy Transv RH  dan part no 54501-3WL0A Link Assy Transv LH  
seharga 390 ribu rupiah beli di tokopedia serta ganti Rack End Long Tie Rod part no 48521-3U025 juga saya beli secara online di tokopedia dengan harga 170 ribu ruoiah saja. Diganti di bengkel non beres di jalan Basuki Rahmat Palembang dengan biaya 300 ribu rupiah saja. Habis ganti lower arm saya langsung melakukan spooring agar ada alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik aja. Kena biaya spooring 130 ribu rupiah.Dan sorenya saya mampir ke shop and drive dekat rumah saya untuk ganti oli CVT mobil saya dengan biaya cuma 100 ribu saja dimana olinya saya beli di tokopedia 4 botol oli CVT NS-3 seharga 480 ribu rupiah.
Setelah semua proses dari tadi pagi sampai sore hari tadi hasilnya sangat memuaskan. Kondisi mobil sangat prima dan memuaskan. Untuk oli CVT berarti hari ini yang ketiga kali saya telah ganti oli CVT nya.IMG_20230218_163301.jpgIMG-20230213-WA0003.jpgIMG-20230213-WA0002.jpg
Di kota saya, shop and drive tidak menerima jasa ganti oli diluar produk yg mereka jual :big_cry:
Sebenarnya Mekanik Shop and Drive awalnya tidak mau melakukannya tapi karena shop and drive ini dekat rumah saya di Palembang dan selalu jadi langganan untuk mengganti oli mesin mobil saya setelah lewat masa warrantynya selalu saya. minta untuk menggantikan oli mesin dan filter olinya serta dengan
melakukan metode persuasif untuk membujuk dan meyakinkannya bahwa saya sebagai pemilik mobil akan bertanggung jawab penuh untuk pekerjaan yg saya minta mereka lakukan untuk mengganti oli CVT mobil saya serta saya sertakan video youtube untuk cara mengganti oli CVT mobil tsb akhirnya dia bersedia melakukannya.
:glodak:
HR15DE 2014
Cikaboom
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Apr 15, 2020 10:39
Location: Cilacap, also in Cibubur East Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina L11 2013 + Chery Qq 2007

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Cikaboom »

Mau tanya, kalo mesin sering dipake manteng hi rpm gtu (4rb-5rb rpm an) aman ngga ya kira2 om ?

Kira2 udh 6 bulan terakir gl ane dipake terus utk bolak balik jkt-smg /minggu nya. Mobilnya gl xv l11 manual 2013 pgang dri baru, memang sih oli nya boros bgt.. interval gnti oli terakir (oli dr dl gprnh gnti merk slalu idemitsu 5-30 full syn) udh jalan 6rb km udh abis top up 1 liter, selalu ane top aja tiap kli dicek turun wlau dkit wk takut kering soalnya.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: Sat Feb 18, 2023 11:45 Mau update ah, hari ini Mobil saya all new grand livina 1.5 SV CVT tahun 2014 akhirnya saya ganti lower arm nya yang kode
part no 54500-3WL0A Link Assy Transv RH  dan part no 54501-3WL0A Link Assy Transv LH  
seharga 390 ribu rupiah beli di tokopedia serta ganti Rack End Long Tie Rod part no 48521-3U025 juga saya beli secara online di tokopedia dengan harga 170 ribu ruoiah saja. Diganti di bengkel non beres di jalan Basuki Rahmat Palembang dengan biaya 300 ribu rupiah saja. Habis ganti lower arm saya langsung melakukan spooring agar ada alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik aja. Kena biaya spooring 130 ribu rupiah.Dan sorenya saya mampir ke shop and drive dekat rumah saya untuk ganti oli CVT mobil saya dengan biaya cuma 100 ribu saja dimana olinya saya beli di tokopedia 4 botol oli CVT NS-3 seharga 480 ribu rupiah.
Setelah semua proses dari tadi pagi sampai sore hari tadi hasilnya sangat memuaskan. Kondisi mobil sangat prima dan memuaskan. Untuk oli CVT berarti hari ini yang ketiga kali saya telah ganti oli CVT nya.IMG_20230218_163301.jpgIMG-20230213-WA0003.jpgIMG-20230213-WA0002.jpg
Hmmm...lower arm set itu sebijinya skrg 800 rb ori dari awalnya 450an.
Minusnya yg KW itu sich yg pasti bushing ngga akan sekuat yg ori. Terus besi lower armnya pasti akan cepet karatan. Kl yg ori besinya ngga akan karat meskipun dipake 5 tahun. Yg KW dipake setahun aja sdh karat jd mesti waspada kl liwat jalan jelek khawatir besi lower armnya jadi keropos.
Long tie rod KW selama jalan yg dilalui bagus ya lumayan lah karet nya bisa bertahan 2 tahun..

:big_grin:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Cikaboom wrote: Sun Feb 19, 2023 20:59 Mau tanya, kalo mesin sering dipake manteng hi rpm gtu (4rb-5rb rpm an) aman ngga ya kira2 om ?

Kira2 udh 6 bulan terakir gl ane dipake terus utk bolak balik jkt-smg /minggu nya. Mobilnya gl xv l11 manual 2013 pgang dri baru, memang sih oli nya boros bgt.. interval gnti oli terakir (oli dr dl gprnh gnti merk slalu idemitsu 5-30 full syn) udh jalan 6rb km udh abis top up 1 liter, selalu ane top aja tiap kli dicek turun wlau dkit wk takut kering soalnya.
Pastikan sistem pendingin mesin masih OK.
Cek coolant dan rutin ganti coolant aja 2 tahun sekali.
Dan cek kipas fan nya masih oke apa ngga.
Kl oli lbh baik diganti aja per 5000 km kl makenya high rpm kecuali pake oli kelas bagus ya ga terlalu parah penguapan di high rpm.
Ajaibnya lipindut ini kl dibejek speed tinggi bakalan makin irit sama kipas fan jd jarang muter krn dpt angin dari depan.
:big_grin:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

ariswp wrote: Sun Feb 19, 2023 11:01

Di kota saya, shop and drive tidak menerima jasa ganti oli diluar produk yg mereka jual :big_cry:
Belajar ganti sendiri aja Om.
Modal rachet 3/8, kunci shock 12-14
Sama kunci u buka filter oli.
Jangan lupa tiap ganti oli ganti juga filternya, dan ganti juga washer di baut drain oli nya spy ngga perlu make selotip :big_biglaugh:
Ngencengin baut drain olinya jg jgn terlalu kenceng.
Kl mau aman beli kunci torsi yg murmer aja spy yakin ngencengin baut drain olinya pas... :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
Cikaboom
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Apr 15, 2020 10:39
Location: Cilacap, also in Cibubur East Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Grand Livina L11 2013 + Chery Qq 2007

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Cikaboom »

blloewy wrote: Mon Feb 20, 2023 0:40
Cikaboom wrote: Sun Feb 19, 2023 20:59 Mau tanya, kalo mesin sering dipake manteng hi rpm gtu (4rb-5rb rpm an) aman ngga ya kira2 om ?

Kira2 udh 6 bulan terakir gl ane dipake terus utk bolak balik jkt-smg /minggu nya. Mobilnya gl xv l11 manual 2013 pgang dri baru, memang sih oli nya boros bgt.. interval gnti oli terakir (oli dr dl gprnh gnti merk slalu idemitsu 5-30 full syn) udh jalan 6rb km udh abis top up 1 liter, selalu ane top aja tiap kli dicek turun wlau dkit wk takut kering soalnya.
Pastikan sistem pendingin mesin masih OK.
Cek coolant dan rutin ganti coolant aja 2 tahun sekali.
Dan cek kipas fan nya masih oke apa ngga.
Kl oli lbh baik diganti aja per 5000 km kl makenya high rpm kecuali pake oli kelas bagus ya ga terlalu parah penguapan di high rpm.
Ajaibnya lipindut ini kl dibejek speed tinggi bakalan makin irit sama kipas fan jd jarang muter krn dpt angin dari depan.
:big_grin:
Oke om noted, nnti deh 500km lgi bru ane gnti lgi oli nya. Kadang suka kasian aja gtu ngedengerin mesin nya dpke rpm tinggi terus haha, mau gmn lgi soalnya klo dbwa pelan lama nyampe nya mlh kdg klo toll nya lgi lowong bisa manteng di 150-160 kpj.

Selama ampir 10 thn ini udh peremajaan:
- seal cover timing chain, usia mobil masuk thn ke 5 udh mulai rembes oli dri sini. Dbnrin sndri lumayan ngirit 1,5jt klo dbnrin di beres, jdi modal seal aja beli di beres 150rb.
- selongsong koil dh gnti semua 44 nya (gnti di beres 1jt) usia mbl masuk thn ke 9. Wktu itu brebet nya ps lgi perjalanan jkt-jatim akirnya mlipir dlu ke jogja buat gnti wkw.
- oli mtf, gnti di km 80rb, di beres.
- v belt, gnti di km 80rb, di beres.
- coolant kuras di km 80rb, skrg pke prestone biru wadah kuning, kuras gnti sndiri.
- mahnet clutch ac, gnti di km 100rb, awalnya selip dkit, lama2 selip parah, gnti merk calsonic 400rb, gnti sndiri soalnya gmau buang freon wk.
- filter kabin ac, bru gnti 1 x, di km 90rb sblmnya cm dibershin aja.
- filter udara mesin, gnti 1 x, selama ini cma di keprok2 in doang kotorannya wk.
- kanpas rem depan ka-ki di km 90rb, ori nissan 700rb, gnti sndri.
- bohlam stoplamp 1, atret 1.
- aki dah 3x gnti.
- ban 3x *depan.
- wiper dpn 2x, pke yg standaran aja ngikut bawaan wiper besi nwb aqua.

Sisa nya msh full ori, plg utk panel2 interior up ke wooden set pnya hws ori berikut hu kepunyaan hws nya & cup holder dpn dgn lid. Sm utk exterior nambah spion yg ada lampu sen ori nissan+spion lipet otomatis. Odo skrg 106rb.
Last edited by Cikaboom on Mon Feb 20, 2023 2:56, edited 2 times in total.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Cikaboom wrote: Mon Feb 20, 2023 2:49
blloewy wrote: Mon Feb 20, 2023 0:40
Cikaboom wrote: Sun Feb 19, 2023 20:59 Mau tanya, kalo mesin sering dipake manteng hi rpm gtu (4rb-5rb rpm an) aman ngga ya kira2 om ?

Kira2 udh 6 bulan terakir gl ane dipake terus utk bolak balik jkt-smg /minggu nya. Mobilnya gl xv l11 manual 2013 pgang dri baru, memang sih oli nya boros bgt.. interval gnti oli terakir (oli dr dl gprnh gnti merk slalu idemitsu 5-30 full syn) udh jalan 6rb km udh abis top up 1 liter, selalu ane top aja tiap kli dicek turun wlau dkit wk takut kering soalnya.
Pastikan sistem pendingin mesin masih OK.
Cek coolant dan rutin ganti coolant aja 2 tahun sekali.
Dan cek kipas fan nya masih oke apa ngga.
Kl oli lbh baik diganti aja per 5000 km kl makenya high rpm kecuali pake oli kelas bagus ya ga terlalu parah penguapan di high rpm.
Ajaibnya lipindut ini kl dibejek speed tinggi bakalan makin irit sama kipas fan jd jarang muter krn dpt angin dari depan.
:big_grin:
Oke om noted, nnti deh 500km lgi bru ane gnti lgi oli nya. Kadang suka kasian aja gtu ngedengerin mesin nya dpke rpm tinggi terus haha, mau gmn lgi soalnya klo dbwa pelan lama nyampe nya mlh kdg klo toll nya lgi lowong bisa manteng di 150-160 kpj.

Selama ampir 10 thn ini udh peremajaan:
- seal cover timing chain, usia mobil masuk thn ke 5 udh mulai rembes oli dri sini. Dbnrin sndri lumayan ngirit 1,5jt klo dbnrin di beres, jdi modal seal aja beli di beres 150rb.
- selongsong koil dh gnti semua 44 nya (gnti di beres 1jt) usia mbl masuk thn ke 9. Wktu itu brebet nya ps lgi perjalanan jkt-jatim akirnya mlipir dlu ke jogja buat gnti wkw.
- oli mtf, gnti di km 80rb, di beres.
- v belt, gnti di km 80rb, di beres.
- coolant kuras di km 80rb, skrg pke prestone biru wadah kuning, kuras gnti sndiri.
- mahnet clutch ac, gnti di km 100rb, awalnya selip dkit, lama2 selip parah, gnti merk calsonic 400rb, gnti sndiri soalnya gmau buang freon wk.
- filter kabin ac, bru gnti 1 x, di km 90rb sblmnya cm dibershin aja.
- filter udara mesin, gnti 1 x, selama ini cma di keprok2 in doang kotorannya wk.
- kanpas rem depan ka-ki di km 90rb, ori nissan 700rb, gnti sndri.
- bohlam stoplamp 1, atret 1.
- aki dah 3x gnti.
- ban 3x *depan.
- wiper dpn 2x, pke yg standaran aja ngikut bawaan wiper besi nwb aqua.

Sisa nya msh full ori, plg utk panel2 interior up ke wooden set pnya hws ori berikut hu kepunyaan hws nya & cup holder dpn dgn lid. Sm utk exterior nambah spion yg ada lampu sen ori nissan+spion lipet otomatis. Odo skrg 106rb.
kayanya kaki2 nya msh awet ini krn jalan yg dilalui relatif bagus>
sama kaya om herman kenapa CVT nya awet krn jalanan nya realtif lancar jadi ngga sering2 stop and go.
kl diliat historynya ini mah sdh level OKE BANGETS dalam memakai Nissan Livina dan mematahkan mitos LIPINA yg gampang rusakan :D
cm yg agak ajaib seal cover timing krn pny saya dulua jual di Juli 2022 si L10-2012 km 98 rb msh awet seal ama koilnya :big_grin:
nubie in all things - still need to learn