Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by ginting »

the-mantal wrote: Thu Oct 13, 2022 10:16
prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
kayanya sih aman aja ya, dlu ada sepupu pake mobil kijang kapsul auto th 1997 punya, dia sering banget tuh coasting pake N, trus masuk lagi ke D buat gas, lalu N lagi buat coasting. sampe mobilnya dijual th 2008 n kilometer 100ribu lebih, ga denger dia ngeluh... dijual karena emg pengen ganti boil. tp ya memang baru pemakaian 11 tahun dan 100 ribu kilo, ngga representatif sih pengalaman nya.

kalo saya, kebiasaan dr jaman bokap itu parkir selalu di N (ga pernah P, karena jaman dlu mobil ga ada shift lock jd bebas aja parkir di N tinggal cabut kunci). n mobil2 yg dipake aman sentosa sampe dijual. mobil2 jaman skrg susahnya klo parkir di N ga bisa cabut kunci, jadi mau ga mau harus ke P.
saya sih perhatikan ada yg pake model shiftlock model tombol kecil nonjol dari bawah (contoh di Ayla) , tapi ada juga yg model lobang kunci untuk dicolok (spt di reborn saya)
sy lbh prefer yg ada tombol kecil untuk shift lock.

tapi kalau harus parkir paralel, ya mau gak mau sy harus ikuti ritual.
masuk P, cabut kunci.
Colok lobang, geser tuas dari P ke N
lalu keluar mobil
kuncil dari remote
User avatar
prabowow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 13, 2017 16:20
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Pajero

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by prabowow »

Suryaputra wrote: Thu Oct 13, 2022 6:51
prabowow wrote: Thu Oct 13, 2022 6:45 btw sekalian bahas lagi, kalau menurut om2 sekalian kan ada perbedaan di tuas transmisi mobil matic konvensional kebanyakan yg di indonesia

contoh nih ada yg model lurus PRND kebanyakan mobil honda, dan ada yg model gate shifter yang berkelok2 di kebanyakan mobil Toyota, nah om dimari lebih suka yang mana ?

kebetulan saya ada mobil dinas itu pakai new rush dan mobil pribadi itu xpander, tapi entah kenapa malah saya lebih suka pake model gate shifter kaya lebih enak mindahinnya :mky_01:

kira2 dasarnya apa ya pabrikan bikin model yang berbeda gitu ?? :mky_04:
Ya itu safety lock aja
Klo model lurus; ada pencetan nya / tombol tuas transmisi,
Jd dr posisi D, gak bisa lgs ke R klo gak sengaja kepindah.

Klo gate type gakda pencetannya, lgs pindah" aja
Tapi pengamannya ya belok"nya itu, jd sama aja, gak bs lgs kepindah dr D ke R (krn harus belok dulu)
iya om jadi memang pengamannya dari gate itu tadi ya karena langsung ga ada tombol lock sedangkan yg lurus harus ada lock nya, kalau menurut om sendiri enakan mana ?
User avatar
prabowow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 13, 2017 16:20
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Pajero

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by prabowow »

the-mantal wrote: Thu Oct 13, 2022 10:16
prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
kayanya sih aman aja ya, dlu ada sepupu pake mobil kijang kapsul auto th 1997 punya, dia sering banget tuh coasting pake N, trus masuk lagi ke D buat gas, lalu N lagi buat coasting. sampe mobilnya dijual th 2008 n kilometer 100ribu lebih, ga denger dia ngeluh... dijual karena emg pengen ganti boil. tp ya memang baru pemakaian 11 tahun dan 100 ribu kilo, ngga representatif sih pengalaman nya.

kalo saya, kebiasaan dr jaman bokap itu parkir selalu di N (ga pernah P, karena jaman dlu mobil ga ada shift lock jd bebas aja parkir di N tinggal cabut kunci). n mobil2 yg dipake aman sentosa sampe dijual. mobil2 jaman skrg susahnya klo parkir di N ga bisa cabut kunci, jadi mau ga mau harus ke P.
iya bener om kalau sekarang harus di P dulu baru bisa bener2 off sistemnya, mungkin juga menghindari posisi di N tapi handrem bekerja kurang baik ya :big_blushing:

saya dulu pernah punya panther matic om, awet juga sih transmisinya cuman boros mesinnya jauh ama yg manual, karena lemot jadi musti sering bejek2 :ungg:
User avatar
prabowow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 13, 2017 16:20
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Pajero

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by prabowow »

ginting wrote: Mon Oct 17, 2022 11:19
the-mantal wrote: Thu Oct 13, 2022 10:16
prabowow wrote: Mon Oct 10, 2022 1:37 om senior semua mumpung lagi pada bahas transmisi metic

mau tanya kemarin kejadian bawa si kecil posisi lagi jalan ga sengaja transmisi posisi D ke tendang anak ke posisi N, gitu baiknya saya harus rem berhenti dulu atau bisa dari N langsung ke D ???

karena kalau pas posisi di dekat bahu jalan enak bisa nepi tapi kalau pas di badan jalan agak susah juga :ungg: :big_dunno:
kayanya sih aman aja ya, dlu ada sepupu pake mobil kijang kapsul auto th 1997 punya, dia sering banget tuh coasting pake N, trus masuk lagi ke D buat gas, lalu N lagi buat coasting. sampe mobilnya dijual th 2008 n kilometer 100ribu lebih, ga denger dia ngeluh... dijual karena emg pengen ganti boil. tp ya memang baru pemakaian 11 tahun dan 100 ribu kilo, ngga representatif sih pengalaman nya.

kalo saya, kebiasaan dr jaman bokap itu parkir selalu di N (ga pernah P, karena jaman dlu mobil ga ada shift lock jd bebas aja parkir di N tinggal cabut kunci). n mobil2 yg dipake aman sentosa sampe dijual. mobil2 jaman skrg susahnya klo parkir di N ga bisa cabut kunci, jadi mau ga mau harus ke P.
saya sih perhatikan ada yg pake model shiftlock model tombol kecil nonjol dari bawah (contoh di Ayla) , tapi ada juga yg model lobang kunci untuk dicolok (spt di reborn saya)
sy lbh prefer yg ada tombol kecil untuk shift lock.

tapi kalau harus parkir paralel, ya mau gak mau sy harus ikuti ritual.
masuk P, cabut kunci.
Colok lobang, geser tuas dari P ke N
lalu keluar mobil
kuncil dari remote
iya om kalau menurut saya pribadi sih lebih aman yg colok pakai kunci kayanya, karena itu tadi kalau suka bawa bocil sembarang dipencetin :big_biglaugh: :big_chicken:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

prabowow wrote: Tue Oct 18, 2022 2:02
Suryaputra wrote: Thu Oct 13, 2022 6:51
prabowow wrote: Thu Oct 13, 2022 6:45 btw sekalian bahas lagi, kalau menurut om2 sekalian kan ada perbedaan di tuas transmisi mobil matic konvensional kebanyakan yg di indonesia

contoh nih ada yg model lurus PRND kebanyakan mobil honda, dan ada yg model gate shifter yang berkelok2 di kebanyakan mobil Toyota, nah om dimari lebih suka yang mana ?

kebetulan saya ada mobil dinas itu pakai new rush dan mobil pribadi itu xpander, tapi entah kenapa malah saya lebih suka pake model gate shifter kaya lebih enak mindahinnya :mky_01:

kira2 dasarnya apa ya pabrikan bikin model yang berbeda gitu ?? :mky_04:
Ya itu safety lock aja
Klo model lurus; ada pencetan nya / tombol tuas transmisi,
Jd dr posisi D, gak bisa lgs ke R klo gak sengaja kepindah.

Klo gate type gakda pencetannya, lgs pindah" aja
Tapi pengamannya ya belok"nya itu, jd sama aja, gak bs lgs kepindah dr D ke R (krn harus belok dulu)
iya om jadi memang pengamannya dari gate itu tadi ya karena langsung ga ada tombol lock sedangkan yg lurus harus ada lock nya, kalau menurut om sendiri enakan mana ?
Dua2nya enak2 aja
Klo sy concern nya lbh ke mekanikal Girboks nya

Klo dalkot sy suka CVT
Tp klo di tol atau agresif, suka yg geared AT 6 speed (minimal) :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
prabowow
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 13, 2017 16:20
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Pajero

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by prabowow »

Suryaputra wrote: Tue Oct 18, 2022 2:13
prabowow wrote: Tue Oct 18, 2022 2:02
Suryaputra wrote: Thu Oct 13, 2022 6:51

Dua2nya enak2 aja
Klo sy concern nya lbh ke mekanikal Girboks nya

Klo dalkot sy suka CVT
Tp klo di tol atau agresif, suka yg geared AT 6 speed (minimal) :big_biglaugh:
hehe iya om, kalau pake cvt emang alus banget tapi kudu rajin ganti oli yaa :big_blushing:

kalau AT 6speed emang yahut sih innova reborn, camry pada pake ya kalau ga salah :ungg:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

prabowow wrote: Wed Oct 19, 2022 2:00 hehe iya om, kalau pake cvt emang alus banget tapi kudu rajin ganti oli yaa :big_blushing:

kalau AT 6speed emang yahut sih innova reborn, camry pada pake ya kalau ga salah :ungg:
tapi ipah berikutnya bakal pakai CVT jg :mky_03:

tinggal camry, forti sama LC aja yg pakai matic 6 speed atau ke atas :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by bimzbim »

Mobil perang ane udah jalan 156.000, AT TC. Selalu reflek pindah ke N kalo di lampu merah atau berenti agak lama.
Transmisi masih sangat halus sampe sekarang. Oli ATF selalu ganti per 40000 k m atau per 2 tahun (flush).Gas ga pernah nyentuh RPM merah.
Kesimpulan ane, penggantian oli ATF rutin sesuai jadwal udah paling ngefek buat keawetan. Posisi N atau D, ane lebih mandangnya dari sisi safety.

Hal ini berlaku juga buat mesin. Ane ganti oli rutin per 5000 km (meskipun sarannya per 10.000) atau per 6 bulan. Sampe skrg mesin masih sangat halus, top speed mobil memang turun tapi ga terlalu jauh (top speed skrg di 170 km)
Last edited by bimzbim on Wed Oct 19, 2022 2:51, edited 1 time in total.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

bimzbim wrote: Wed Oct 19, 2022 2:48 Mobil perang ane udah jalan 156.000, AT TC. Selalu reflek pindah ke N kalo di lampu merah atau berenti agak lama.
Transmisi masih sangat halus sampe sekarang. Oli ATF selalu ganti per 40000 k m atau per 2 tahun (flush).Gas ga pernah nyentuh RPM merah.
Kesimpulan ane, penggantian oli ATF rutin sesuai jadwal udah paling ngefek buat keawetan. Posisi N atau D, ane lebih mandangnya dari sisi safety.
terbaik ini mbah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by josomba »

bimzbim wrote: Wed Oct 19, 2022 2:48 Mobil perang ane udah jalan 156.000, AT TC. Selalu reflek pindah ke N kalo di lampu merah atau berenti agak lama.
Transmisi masih sangat halus sampe sekarang. Oli ATF selalu ganti per 40000 k m atau per 2 tahun (flush).Gas ga pernah nyentuh RPM merah.
Kesimpulan ane, penggantian oli ATF rutin sesuai jadwal udah paling ngefek buat keawetan. Posisi N atau D, ane lebih mandangnya dari sisi safety.

Hal ini berlaku juga buat mesin. Ane ganti oli rutin per 5000 km (meskipun sarannya per 10.000) atau per 6 bulan. Sampe skrg mesin masih sangat halus, top speed mobil memang turun tapi ga terlalu jauh (top speed skrg di 170 km)
Bagus ini, manual book masih nyuruh per 40k KM ya om?

Di tengah banyak mobil minta ganti atf di 100k++ KM atau bahkan ada yg berani lifetime

:big_chicken:
Image
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by bimzbim »

josomba wrote: Wed Oct 19, 2022 2:55
bimzbim wrote: Wed Oct 19, 2022 2:48 Mobil perang ane udah jalan 156.000, AT TC. Selalu reflek pindah ke N kalo di lampu merah atau berenti agak lama.
Transmisi masih sangat halus sampe sekarang. Oli ATF selalu ganti per 40000 k m atau per 2 tahun (flush).Gas ga pernah nyentuh RPM merah.
Kesimpulan ane, penggantian oli ATF rutin sesuai jadwal udah paling ngefek buat keawetan. Posisi N atau D, ane lebih mandangnya dari sisi safety.

Hal ini berlaku juga buat mesin. Ane ganti oli rutin per 5000 km (meskipun sarannya per 10.000) atau per 6 bulan. Sampe skrg mesin masih sangat halus, top speed mobil memang turun tapi ga terlalu jauh (top speed skrg di 170 km)
Bagus ini, manual book masih nyuruh per 40k KM ya om?

Di tengah banyak mobil minta ganti atf di 100k++ KM atau bahkan ada yg berani lifetime

:big_chicken:
malah ga tau ane manual booknya :big_childish:, ane refer ke info di forum. Disana yang ane ingat, kalo expect transmisi ama mesin bisa dipake sampe 200.000 mil, dua hal yang penting. Ganti oli mesin per 5000 km / 6 bulan, sama ganti oli ATF per 40.000 km atau per 2 tahun.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by ilhami »

Agak bingung dengan kopling di matic.
Matic juga punya gearbox dan punya gear 1-6. Memangnya ketika pindah gigi, kopling nya tidak bekerja putus-nyambung ? Kenapa yang dipikirkan hanya ketika mulai jalan saja ?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Thu Oct 27, 2022 8:02 Agak bingung dengan kopling di matic.
Matic juga punya gearbox dan punya gear 1-6. Memangnya ketika pindah gigi, kopling nya tidak bekerja putus-nyambung ? Kenapa yang dipikirkan hanya ketika mulai jalan saja ?
Karena friksi terbesar adalah ketika stop and go.
Apalagi klo stop and go nya di tanjakan :big_biglaugh:

Klo mobil dah jalan, pindah gigi ke atas atau ke bawah, udah sinkron RPM mesin sama daleman girboks.
Jadi kopling juga cepet ngelock, karena putaran mesin dan gear nya dah sesuai.

Sama spt memulai suatu hubungan, friksi awalnya besar, walaupun kelihatannya sudah cocok... tapi klo sudah dijalani bersama ya udh lancar :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by pengendiesel »

Suryaputra wrote: Thu Oct 27, 2022 8:06
ilhami wrote: Thu Oct 27, 2022 8:02 Agak bingung dengan kopling di matic.
Matic juga punya gearbox dan punya gear 1-6. Memangnya ketika pindah gigi, kopling nya tidak bekerja putus-nyambung ? Kenapa yang dipikirkan hanya ketika mulai jalan saja ?
Karena friksi terbesar adalah ketika stop and go.
Apalagi klo stop and go nya di tanjakan :big_biglaugh:

Klo mobil dah jalan, pindah gigi ke atas atau ke bawah, udah sinkron RPM mesin sama daleman girboks.
Jadi kopling juga cepet ngelock, karena putaran mesin dan gear nya dah sesuai.

Sama spt memulai suatu hubungan, friksi awalnya besar, walaupun kelihatannya sudah cocok... tapi klo sudah dijalani bersama ya udh lancar :mky_03:
Banyak banget tuh yang friksinya malah tambah gede saat sudah jalan,yangsatu mau upshift,yang satu minta downshift. Pecah deh geraboxnya :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

pengendiesel wrote: Thu Oct 27, 2022 9:11
Suryaputra wrote: Thu Oct 27, 2022 8:06
ilhami wrote: Thu Oct 27, 2022 8:02 Agak bingung dengan kopling di matic.
Matic juga punya gearbox dan punya gear 1-6. Memangnya ketika pindah gigi, kopling nya tidak bekerja putus-nyambung ? Kenapa yang dipikirkan hanya ketika mulai jalan saja ?
Karena friksi terbesar adalah ketika stop and go.
Apalagi klo stop and go nya di tanjakan :big_biglaugh:

Klo mobil dah jalan, pindah gigi ke atas atau ke bawah, udah sinkron RPM mesin sama daleman girboks.
Jadi kopling juga cepet ngelock, karena putaran mesin dan gear nya dah sesuai.

Sama spt memulai suatu hubungan, friksi awalnya besar, walaupun kelihatannya sudah cocok... tapi klo sudah dijalani bersama ya udh lancar :mky_03:
Banyak banget tuh yang friksinya malah tambah gede saat sudah jalan,yangsatu mau upshift,yang satu minta downshift. Pecah deh geraboxnya :big_biglaugh:
wah... kurang riset mendalam tuh mbah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by DOHC »

ilhami wrote: Thu Oct 27, 2022 8:02 Agak bingung dengan kopling di matic.
Matic juga punya gearbox dan punya gear 1-6. Memangnya ketika pindah gigi, kopling nya tidak bekerja putus-nyambung ? Kenapa yang dipikirkan hanya ketika mulai jalan saja ?
betul , tiap upshift downshift pasti kopling nya engage ama dis-engage, cuman beda nya adalah, pas mobil lg jalan, itu driven gear (poros nya) jg muter, jd swaktu upshift / downshift, friksi nya lebi kecil drpd waktu mobil masi diem (driven gear/ poros as nya posisi berenti)

ibaratnya, ngedorong sesuatu yg sembari jalan, ama yg lagi berenti total, beda kan effort nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Suryaputra »

Asik yah,
Kaya bukan CVT :upss:

Gak kebayang itu apa kabar bentuk puli + belt nya :mky_01:



Mang jawara di kelasnya nya :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Video penjelasan Matik sebaiknya di N saat di Lampu Merah

Post by Cloud »

Yang masih bingung, mau N atau D, ada opsi menarik. Ketika ada pengamen/manusia silver/doraemon, tetap di D, pelan2 dari jauh, jangan langsung mepet mobil depan. jaga supaya ketika pas mepet mobil depan sudah hijau. Ketika bebas dari gangguan, boleh di N. Ini berlaku di daerah yang sepi/satu lajur saja biar tidak dimasuki kendaraan lain, dan antrian pendek sehingga tidak kena lampu merah lagi. Pengalaman pakai mobil baru cat hitam, sama 2 manusia silver disiram sabun kaca depan, samping, belakang, malah jadinya belang2. Heran, itu sabun pakai sabun apa? mana cat silvernya pada nempel di body. padahal sudah kasih isyarat sampai teriak2 agar jangan disiram sabun, mau dikasih uang saja, eh tetep ngeyel.
setelah sehari kering kena panas, baru sadar body bercak2 cat gk karuan, hanya bisa hilang pakai bensin/solar/thinner. dan bercak sabun di kaca/body ternyata tidak bisa pakai pelarut. harus pakai abrasive/dipoles.