Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Bibieight
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Bibieight »

Bingung antara taruh road trip atau review, sementara saya parkir disini dulu ya. Ceritanya ini saya bikin review Jakarta-Borobudur pp dalam rangka BoMar kemarin, cuma kali ini beda dengan review yang lain, ini fotonya sedikit grafiknya banyak.

Karena dibilang EV itu mahal di batere, untuk trip kali ini saya akan cerita tentang batere-nya, berapa suhunya, berapa powernya, manajemen suhunya seperti apa. Untuk proxy suhu batere saya pakai artikel ini : https://www.evcreate.nl/ideal-battery-temperature/ . Dimana range optimum itu antara 25C sd. 35C. Lewat itu degradasi batere cepet, dan kalo diatas 50C siap2 kabur karena mobil bakal mbledug…..

Beda dengan mobil ICE, kalau EV itu harus planning, jadi saya bikin planning seperti ini :
Plan.jpg
Pakai OBD+aplikasi Carscanner saya dapat setidak2nya 400 data point, seluruh data diolah lebih lanjut offline ya, jadi saya tdk pakai screenshoot scannernya.

Satu dan lain hal saya nyaris ndak berangkat, akhirnya jalan juga tapi dengan start batere di 91.5%. Kesiangan jadi macet di MBZ-Cikampek Utama, sisanya Cikampek Utama – km 207A lumayan lancar.
Ini adalah bacaan parameter terkait batere dari rumah s/d. km 207,
Summary OBD.jpg
Rata2 kecepatan 59 km/h, pernah mentok di 137 km/h di stretch Cikamput-km 207. Baterenya ternyata punya std. deviasi yg kecil sekali, cuma 1C, dengan rata2 32C. Jadi meskipun sempat ketemu 36C akan cepat dibawa ke 32C-33C. Kenapa saya tambah parameter compressor AC disini, karena pendinginan batere-nya dapat dari compressor AC.

Nah berikut adalah time series dari data tsb. Sama ceritanya :
Graph Total.jpg
Data speed dan kompresor baru masuk di 08:43, tapi sisanya sudah masuk sejak jalan. Nah garis oranye itu adalah kW yang keluar dari batere, kalo + berarti lagi jalan, kalo – berarti lagi regen. Untuk speed (hijau), dari 08:43 – 09:10 itu jalan di MBZ, naaaah dari 09:10 sampai 10:50 itu perjoangan berat di Cikampek. Average, kompresor AC itu stabil di 1000 rpm. Lepas Cikamput keliatan kalo kenceng, jadi garis ijo naik tinggi diiringi garis orange yang band-nya lebih lebar.

Naah, kalo diplot per 2 parameter (biar lebih jelas), antara power keluar masuk sama speed ndak ada hubungan, kalo power lebih ke arah driving style :
Graph 4.jpg
Jadi stop-go, karena ada regen daya-nya balik lagi ke batere mobil, bahkan pas saat dipake kenceng, kalo modelnya speed-glide-brake energi regennya juga masuk ke baterenya mobil. Nah, efek power keluar masuk kayak gitu ke suhu batere seperti apa ?
Graph 3.jpg
Bisa dilihat, power memang ada ngaruhnya ke suhu, disini jalan dari MBZ sd. Cikampek Utama batere naik dari 30C ke 33C, tapi naiknya gradual. Naaah di kotak merah, lepas Cikampek Utama kaki capek (nahan rem-pindah gas) slalom gas rem, itu bikin suhu baterai naik, cepet, dari 33C di 10:30 sampai ke 36 di 10:40an, tapi kalo diperhatikan detil suhunya juga cepet turunnya, jadi rahasianya :
Graph 2.jpg
Begitu suhu ketemu 33C dan konstan 10 menit, AC langsung naik RPM-nya, dan akan mati2an di RPM 4000 untuk membawa suhu turun ke 33C. Kayaknya, algoritma I5 itu akan menjaga suhu di 33C, antisipasi begitu 33C kejadian waktu lama, follow the curve sampai 36, begitu 36 langsung habis2an bawa suhu balik ke 32C.
Sampai di Cipali, ketemu sodara item, saya yang silver ya, itu foto sama anak, jadi menjelaskan toh kenapa saya sudah ndak ada stamina buat spirited driving dan akhirnya G20-nya relatif agak nganggur, wong anak dah segitu.
WhatsApp Image 2022-11-18 at 9.58.34 AM.jpeg
Naaah, cas 207A ini 50 kW dibagi dua, pas ngecas dah keduluan sodara item, saya yang silver ya (itu foto sama anak, jadi menjelaskan toh kenapa saya sudah ndak ada stamina buat spirited driving dan akhirnya G20-nya relatif agak nganggur, wong anak dah segitu), jadi akhirnya abis 72 menit.
Total abis ngecas :
WhatsApp Image 2022-11-18 at 10.10.46 AM.jpeg
72 menit ngapain aja ?, antri toilet, makan siang (empal gentongnya kurang, jauh lebih maknyus sate marangginya), pesen Starbuck, chit-chat sama driver I5 item, terus capcus ke Semarang.....
Nah itu OBD+Car Scanner kenapa berenti sebelum ngecas, ya karena saya bawa makan, jadi ndak ada reading chargingnya....

Selesai cas jalan lagi, dari 207A ke Semarang tol lancar, ini overall grafiknya :
Graph 1.jpg
Nah highlight kali ini di dua kotak item itu, kotak pertama, selesai cas suhu masih di 37C tapi dalam waktu 15 menit dengan daya upaya kompresor AC suhu dibawa ke 33C lagi, dan uneventful sampai Jatingaleh. Nah kotak kedua itu cerita saya cas di Jatingaleh. Saya zoom sedikit menjelang cas dan setelah cas :
Graph 3(1).jpg
Masuk Jatingaleh suhu batere di 34C, brenti colok cas+isi di charge.in sambil mesin nyala turun ke 33C, nah, pas stroom masuk langsung ke 50 kW (garis oranye), langsam terus selama 19 menit, 3/4 jalan suhu naik ke 37C, nah disini AC mulai kick off bawa suhu ke 33C lagi.
Selesai cas jalan, AC-nya masih muter di 4000-an RPM sampai suhu balik ke 33C.

Kesimpulan sementara, I5 punya algoritma cooling battery jaga di kisaran 33C, begitu ke 37C dia akan kick off cooling mati2an sampai balik ke 33C. Kondisi driving normal (versi bawa G20) akan naik pelan2 ke 37C, tapi akan langsung digiring ke 33C dalam waktu 15 menit. Fast charging akan bikin suhu naik cepet, tapi akan ditahan di 37C oleh AC supaya tidak lebih dari itu.
Jadi urusan suhu, jalan dari jam 8 pagi sampai jam 7 malem, (11 jam), kayaknya suhu batere di 37C mayoritas (90%) cuma kejadian pas di cas DC, sisanya pas lari diatas 120 km atau tarik2an, itupun cuma max 15 menit dah ditekan kebawah oleh sistem AC.
Terakhir, nasib batere akan bergantung seberapa sehat kondisi AC kita, soalnya tugas utama AC di I5 bukan buat ngademin yang naik tapi ngademin batere-nya.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: 18 Nov 2022, 11:49 Bingung antara taruh road trip atau review, sementara saya parkir disini dulu ya. Ceritanya ini saya bikin review Jakarta-Borobudur pp dalam rangka BoMar kemarin, cuma kali ini beda dengan review yang lain, ini fotonya sedikit grafiknya banyak.

Karena dibilang EV itu mahal di batere, untuk trip kali ini saya akan cerita tentang batere-nya, berapa suhunya, berapa powernya, manajemen suhunya seperti apa. Untuk proxy suhu batere saya pakai artikel ini : https://www.evcreate.nl/ideal-battery-temperature/ . Dimana range optimum itu antara 25C sd. 35C. Lewat itu degradasi batere cepet, dan kalo diatas 50C siap2 kabur karena mobil bakal mbledug…..

Beda dengan mobil ICE, kalau EV itu harus planning, jadi saya bikin planning seperti ini :
Plan.jpg
Pakai OBD+aplikasi Carscanner saya dapat setidak2nya 400 data point, seluruh data diolah lebih lanjut offline ya, jadi saya tdk pakai screenshoot scannernya.

Satu dan lain hal saya nyaris ndak berangkat, akhirnya jalan juga tapi dengan start batere di 91.5%. Kesiangan jadi macet di MBZ-Cikampek Utama, sisanya Cikampek Utama – km 207A lumayan lancar.
Ini adalah bacaan parameter terkait batere dari rumah s/d. km 207,
Summary OBD.jpg
Rata2 kecepatan 59 km/h, pernah mentok di 137 km/h di stretch Cikamput-km 207. Baterenya ternyata punya std. deviasi yg kecil sekali, cuma 1C, dengan rata2 32C. Jadi meskipun sempat ketemu 36C akan cepat dibawa ke 32C-33C. Kenapa saya tambah parameter compressor AC disini, karena pendinginan batere-nya dapat dari compressor AC.

Nah berikut adalah time series dari data tsb. Sama ceritanya :
Graph Total.jpg

Data speed dan kompresor baru masuk di 08:43, tapi sisanya sudah masuk sejak jalan. Nah garis oranye itu adalah kW yang keluar dari batere, kalo + berarti lagi jalan, kalo – berarti lagi regen. Untuk speed (hijau), dari 08:43 – 09:10 itu jalan di MBZ, naaaah dari 09:10 sampai 10:50 itu perjoangan berat di Cikampek. Average, kompresor AC itu stabil di 1000 rpm. Lepas Cikamput keliatan kalo kenceng, jadi garis ijo naik tinggi diiringi garis orange yang band-nya lebih lebar.

Naah, kalo diplot per 2 parameter (biar lebih jelas), antara power keluar masuk sama speed ndak ada hubungan, kalo power lebih ke arah driving style :
Graph 4.jpg
Jadi stop-go, karena ada regen daya-nya balik lagi ke batere mobil, bahkan pas saat dipake kenceng, kalo modelnya speed-glide-brake energi regennya juga masuk ke baterenya mobil. Nah, efek power keluar masuk kayak gitu ke suhu batere seperti apa ?

Graph 3.jpg

Bisa dilihat, power memang ada ngaruhnya ke suhu, disini jalan dari MBZ sd. Cikampek Utama batere naik dari 30C ke 33C, tapi naiknya gradual. Naaah di kotak merah, lepas Cikampek Utama kaki capek (nahan rem-pindah gas) slalom gas rem, itu bikin suhu baterai naik, cepet, dari 33C di 10:30 sampai ke 36 di 10:40an, tapi kalo diperhatikan detil suhunya juga cepet turunnya, jadi rahasianya :

Graph 2.jpg

Begitu suhu ketemu 33C dan konstan 10 menit, AC langsung naik RPM-nya, dan akan mati2an di RPM 4000 untuk membawa suhu turun ke 33C. Kayaknya, algoritma I5 itu akan menjaga suhu di 33C, antisipasi begitu 33C kejadian waktu lama, follow the curve sampai 36, begitu 36 langsung habis2an bawa suhu balik ke 32C.
Sampai di Cipali, ketemu sodara item, saya yang silver ya, itu foto sama anak, jadi menjelaskan toh kenapa saya sudah ndak ada stamina buat spirited driving dan akhirnya G20-nya relatif agak nganggur, wong anak dah segitu.
WhatsApp Image 2022-11-18 at 9.58.34 AM.jpeg
Naaah, cas 207A ini 50 kW dibagi dua, pas ngecas dah keduluan sodara item, saya yang silver ya (itu foto sama anak, jadi menjelaskan toh kenapa saya sudah ndak ada stamina buat spirited driving dan akhirnya G20-nya relatif agak nganggur, wong anak dah segitu), jadi akhirnya abis 72 menit.
Total abis ngecas :
WhatsApp Image 2022-11-18 at 10.10.46 AM.jpeg
72 menit ngapain aja ?, antri toilet, makan siang (empal gentongnya kurang, jauh lebih maknyus sate marangginya), pesen Starbuck, chit-chat sama driver I5 item, terus capcus ke Semarang.....
Nah itu OBD+Car Scanner kenapa berenti sebelum ngecas, ya karena saya bawa makan, jadi ndak ada reading chargingnya....

Selesai cas jalan lagi, dari 207A ke Semarang tol lancar, ini overall grafiknya :
Graph 1.jpg
Nah highlight kali ini di dua kotak item itu, kotak pertama, selesai cas suhu masih di 37C tapi dalam waktu 15 menit dengan daya upaya kompresor AC suhu dibawa ke 33C lagi, dan uneventful sampai Jatingaleh. Nah kotak kedua itu cerita saya cas di Jatingaleh. Saya zoom sedikit menjelang cas dan setelah cas :
Graph 3(1).jpg
Masuk Jatingaleh suhu batere di 34C, brenti colok cas+isi di charge.in sambil mesin nyala turun ke 33C, nah, pas stroom masuk langsung ke 50 kW (garis oranye), langsam terus selama 19 menit, 3/4 jalan suhu naik ke 37C, nah disini AC mulai kick off bawa suhu ke 33C lagi.
Selesai cas jalan, AC-nya masih muter di 4000-an RPM sampai suhu balik ke 33C.

Kesimpulan sementara, I5 punya algoritma cooling battery jaga di kisaran 33C, begitu ke 37C dia akan kick off cooling mati2an sampai balik ke 33C. Kondisi driving normal (versi bawa G20) akan naik pelan2 ke 37C, tapi akan langsung digiring ke 33C dalam waktu 15 menit. Fast charging akan bikin suhu naik cepet, tapi akan ditahan di 37C oleh AC supaya tidak lebih dari itu.
Jadi urusan suhu, jalan dari jam 8 pagi sampai jam 7 malem, (11 jam), kayaknya suhu batere di 37C mayoritas (90%) cuma kejadian pas di cas DC, sisanya pas lari diatas 120 km atau tarik2an, itupun cuma max 15 menit dah ditekan kebawah oleh sistem AC.
Terakhir, nasib batere akan bergantung seberapa sehat kondisi AC kita, soalnya tugas utama AC di I5 bukan buat ngademin yang naik tapi ngademin batere-nya.
Wowh mantap sharing nya mbah.
Betul2 super user EV, si mbah... saluttt.

Available Data dimonitor betul :big_exellent:

Maintenance rutin ada di sistem AC juga berarti, gak boleh ada kebocoran, apalagi sampai kurang freon, dan dicek tekanan dan lendir freon nya scr berkala.

Btw itu ada variabel Batt Power minus, dalam kondisi ngisi / regen ya?







Image
*Colek me if I'm wrong
User avatar
darrelund
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by darrelund »

nah ini mantap ripiunya

tapi klo diliat dari perjuangan si um, oe belom pengen pke EV

charging sampe 6 kali & lama pula, tunggu ada fast charger 150-200kw di rest area gede baru deh menarik

tapi ioniq 5 tempratur lumayan stabil ya, pantes klo rangenya bisa sesuai claim

nissin leaf apakabar tuh, kan yg diimari air cooling :big_biglaugh:
AbdulHakim
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by AbdulHakim »

liat di ig nya ber.kendara, itu i5 total wholesale di bulan Oktober, untuk kategori mid SUV posisi teratas mengangkangi CR-V di posisi kedua.
Mantep ya.. kyknya yg laku itu yg Signature Long Range.
User avatar
darrelund
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by darrelund »

AbdulHakim wrote: 18 Nov 2022, 13:59 liat di ig nya ber.kendara, itu i5 total wholesale di bulan Oktober, untuk kategori mid SUV posisi teratas mengangkangi CR-V di posisi kedua.
Mantep ya.. kyknya yg laku itu yg Signature Long Range.
yah jgnkan wholesale um

oe aja ud muter" jkt baru nemu crv plat 27 ga sampe 10 biji

rata" plat 26 semua :big_biglaugh:

gimana ga kaget, tetiba naek 100jt grgr pajak baru & ppnbm hilang diskon :big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2108
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by ilhami »

suhu baterai di kisaran 32 C itu relatif dingin sekali ya
Bibieight
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Bibieight »

Suryaputra wrote: 18 Nov 2022, 12:26 Btw itu ada variabel Batt Power minus, dalam kondisi ngisi / regen ya?
Bener oom, saya set di auto, jd dia dapet masukan dari radar cruise controlnya jadi begitu lepas gas regennya bisa kira2 sendiri, kalo ndak macet banget, jadi cuma antisipasi kendaraan di depan rem amat sangat jarang kepake. Apalagi kalo adaptive cruise controlnya diidupin, bener2 enak kerjasama antara rem dan regen, makanya cakramnya I5 kan relatif kecil kl dibandingin ama dimensi & berat mobil.
darrelund wrote: 18 Nov 2022, 13:02 nah ini mantap ripiunya

tapi klo diliat dari perjuangan si um, oe belom pengen pke EV

charging sampe 6 kali & lama pula, tunggu ada fast charger 150-200kw di rest area gede baru deh menarik

tapi ioniq 5 tempratur lumayan stabil ya, pantes klo rangenya bisa sesuai claim

nissin leaf apakabar tuh, kan yg diimari air cooling :big_biglaugh:
Nah itu risiko early adopter, total waktu lawan ICE ke Magelang saya kalah sejaman lah kurleb, anggep nambah istirahat :mky_01: :mky_01: :mky_01: . Jadi titik kritisnya itu 207A/208B dah mesinnya kecil, yg 208B sering rusak. Tapi abis G20 ratusan mesin SPKLU yg di Nusa Dua mau dibawa ke Jawa, diratain di tol trans jawa sama jalur selatan Jawa. Kayak 309A/B rencana dapet yg 200 kW.
Nah kalo desain cooling sy penasaran ama BZ4X, seefisien I5 ndak, kalo batumakam daun si dipikir2 lebih kayak Wuling raksasa, karena air cooled, risiko gembung besar kayaknya :big_peace: :big_peace: :big_peace: ..
ilhami wrote: 18 Nov 2022, 18:41 suhu baterai di kisaran 32 C itu relatif dingin sekali ya
Range optimalnya batere di 25C sd 35C, jadi algoritmanya berusaha tahan disitu pakai AC. Mangkanya kalo liwat 35C ACnya muter sampe 6000-7000 RPM buat bawa balik dibawah 35C.
Jd keluar dr kompresor AC cabang dua, satu ke evap dalam kabin, satu lagi ke heat exchanger buat loop battery coolant. Jadi coolant panas masuk ke radiator battery coolant, keluar dari radiator battery coolant pendinginnya dilewatin ke heat exchanger dulu. Kalo yg motor ndak dibantu ama AC, cuma masuk keluar loop radiator motor. Di depan itu lumayan arisan, ada condenser AC, radiator batere, sama radiator motor. Tapi kalo dibilang remit ya ndak juga, Kayak mobil turbo kan ada 3 jg, condenser AC, radiator, sama intercooler, malah kadang2 ada oil cooler juga…..
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: 18 Nov 2022, 18:41 suhu baterai di kisaran 32 C itu relatif dingin sekali ya
Hyundai ni beda, dinginin batrenya.
Ketika MobLis biasanya pakai radiator untuk cooling batrenya...

Doi udh survey mendalam di Indonesia dan asia tenggara, sbg big market nya dia, ambience tempnya aja bisa capai hampir 40 C.
Jd spy batre gak cpt rusak, hrs pk jalur AC sbg cooling system nya :big_exellent:
*Colek me if I'm wrong
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 28 Jul 2010, 16:05

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by roymhs31 »

Suryaputra wrote: 18 Nov 2022, 19:20
ilhami wrote: 18 Nov 2022, 18:41 suhu baterai di kisaran 32 C itu relatif dingin sekali ya
Hyundai ni beda, dinginin batrenya.
Ketika MobLis biasanya pakai radiator untuk cooling batrenya...

Doi udh survey mendalam di Indonesia dan asia tenggara, sbg big market nya dia, ambience tempnya aja bisa capai hampir 40 C.
Jd spy batre gak cpt rusak, hrs pk jalur AC sbg cooling system nya :big_exellent:
ini brarti EV hyundai yg dijual dsini cm pake AC buat pendinginan batrenya apa pake radiator plus AC? klo ioniq biasa cooling batrenya pake apa ya om?
kanjengromo
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 11 Jan 2022, 21:35
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by kanjengromo »

Thanks hasil risetnya, pendinginan battery pake AC ini yang seharusnya diinformasikan mekanik ke customer

Dan cara ini bagus buat umur battery
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Suryaputra »

Diagram EV (battery) cooling system

https://www.laserax.com/blog/ev-battery-cooling

Klo tesla model 3, dan chev volt udh adopt serupa Yoniq5,
Sumber Cooling system nya ngambil dari Freon yg dipompa oleh Kompresor AC
Last edited by Suryaputra on 19 Nov 2022, 09:26, edited 1 time in total.
*Colek me if I'm wrong
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 03 Mar 2021, 08:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Grand Vitara 2400

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by leogalih »

wah, mantab reviewnya, scientific sekali :big_exellent: :big_exellent:

dengan acuan data seperti ini, apakah mobil-mobil listrik dapat digunakan oleh user awam yang minim teknis otomotif dengan minim resiko? takutnya asal pake tanpa memperhatikan batasan-batasan, lalu drop akhirnya disalahkan unitnya..

btw untuk traveller laju macam saya (Jakarta-Solo atau kalau lagi seger bisa sampe Nganjuk non stop), penggunaan mobil listrik masih jauh dari angan-angan.. Untuk traveling jakarta-solo, paling saya cuma mampir di rest area 379a maksimal 20 menit untuk isi bensin, beli cemilan dan ke toilet...
Bibieight
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Bibieight »

roymhs31 wrote: 18 Nov 2022, 22:35 Ini brarti EV hyundai yg dijual dsini cm pake AC buat pendinginan batrenya apa pake radiator plus AC? klo ioniq biasa cooling batrenya pake apa ya om?
Dua2nya oom, jalur normal ke radiator batere, jalur khusus airnya belok ke heat exchanger. Kalo ditafsirkan dr grafik tadi, pas <=33C AC RPM masih normal, 800-1000 RPM, begitu mulai naik 34C ACnya naik tinggi RPMnya, nah itu berarti valve coolant ke radiator off, valve ke heat exchanger on. Saat yg sama jalur freon dr kompressor ke heat exchanger jg on, jd suhu out kompresor yg 9C lsg masuk ke heat exchanger, ini menjelasken kenapa bisa turun cepet dr 37C balik ke 33C lagi.
20221119_092949.jpg
Itu fotonya heat exchanger, lumayan gede, selebar telapak kaki.
Nah air2nya ada 2 macam :
20221119_093916.jpg
Yg merah buat inverter+motor, panas, sd 45anC bisa diisi sendiri, yg biru itu khusus buat batere, non conductive coolant, harus diisi di bengkel, soalnya sebisa mungkin ndak boleh ada kontaminan.

Buat jaga2, coolantnya harus non conductive, jd kalo ada bocor2 rusak di batere ndak konslet. Ini cairan yg harus ganti 3 tahun/40rb km, per penggantiannya 3 juta (ongkos = servis ANKI 2GD di A2K :big_bored: :big_bored: :big_bored: )

PS : yg main mining, sapa tau ini bisa dipake buat ngrendem grafik card :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Bibieight
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Bibieight »

leogalih wrote: 19 Nov 2022, 08:59 wah, mantab reviewnya, scientific sekali :big_exellent: :big_exellent:

dengan acuan data seperti ini, apakah mobil-mobil listrik dapat digunakan oleh user awam yang minim teknis otomotif dengan minim resiko? takutnya asal pake tanpa memperhatikan batasan-batasan, lalu drop akhirnya disalahkan unitnya..

btw untuk traveller laju macam saya (Jakarta-Solo atau kalau lagi seger bisa sampe Nganjuk non stop), penggunaan mobil listrik masih jauh dari angan-angan.. Untuk traveling jakarta-solo, paling saya cuma mampir di rest area 379a maksimal 20 menit untuk isi bensin, beli cemilan dan ke toilet...
Teoritis Ioniq 5 ke Sby cukup sekali isi di Jatingaleh, krn kalo dibawa 100-110 km bisa dapet 1:6 sd. 1:7, jd kalo full 100%, dr jakarta bisa dapet 72kWx6=432km pas sampe Jatingaleh, di komunitas banyaaak yg nekat lsg jatingaleh, sisa ada yg 5%, ada yg keluar gambar kura2. Isi 1jam15menit dah full lagi. Kalo Jatingaleh ke surabaya kan cuman 379 km jadi aman.
Nah yg masalah kan colokan PLNnya yg cuman 1 atau 2 per SPKLU, terus godaan iman itu yg susah, torsi 350NM itu sesuatu banget, jd bejeg2an (kl grafik sy bisa liat yg lepas 207A, naik turun kW batere kan lebih extrem drpd Jakarta-207A), lari 140-170 kpj, nah ini batere drop jauh ke 1:4 sd 1:5, ndak kuatir panas wong desain coolingnya sound, kuatirnya abis stroom... :big_biglaugh: :big_peace: :big_biglaugh: :big_peace:

Pengalaman pribadi, rasa2nya bisa buat EV 7 seater sub 600 jt, syaratnya batere ndak usah gede2, cukup 40kW, tapi SPKLU kapasitas 150 kW harus ada di tiap rest area dgn jumlah cukup..... jd ke SBY brenti 4-5 kali @ 15-20 menit....
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5269
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by sintoni »

Bibieight wrote: 19 Nov 2022, 09:57
leogalih wrote: 19 Nov 2022, 08:59 wah, mantab reviewnya, scientific sekali :big_exellent: :big_exellent:

dengan acuan data seperti ini, apakah mobil-mobil listrik dapat digunakan oleh user awam yang minim teknis otomotif dengan minim resiko? takutnya asal pake tanpa memperhatikan batasan-batasan, lalu drop akhirnya disalahkan unitnya..

btw untuk traveller laju macam saya (Jakarta-Solo atau kalau lagi seger bisa sampe Nganjuk non stop), penggunaan mobil listrik masih jauh dari angan-angan.. Untuk traveling jakarta-solo, paling saya cuma mampir di rest area 379a maksimal 20 menit untuk isi bensin, beli cemilan dan ke toilet...
Teoritis Ioniq 5 ke Sby cukup sekali isi di Jatingaleh, krn kalo dibawa 100-110 km bisa dapet 1:6 sd. 1:7, jd kalo full 100%, dr jakarta bisa dapet 72kWx6=432km pas sampe Jatingaleh, di komunitas banyaaak yg nekat lsg jatingaleh, sisa ada yg 5%, ada yg keluar gambar kura2. Isi 1jam15menit dah full lagi. Kalo Jatingaleh ke surabaya kan cuman 379 km jadi aman.
Nah yg masalah kan colokan PLNnya yg cuman 1 atau 2 per SPKLU, terus godaan iman itu yg susah, torsi 350NM itu sesuatu banget, jd bejeg2an (kl grafik sy bisa liat yg lepas 207A, naik turun kW batere kan lebih extrem drpd Jakarta-207A), lari 140-170 kpj, nah ini batere drop jauh ke 1:4 sd 1:5, ndak kuatir panas wong desain coolingnya sound, kuatirnya abis stroom... :big_biglaugh: :big_peace: :big_biglaugh: :big_peace:

Pengalaman pribadi, rasa2nya bisa buat EV 7 seater sub 600 jt, syaratnya batere ndak usah gede2, cukup 40kW, tapi SPKLU kapasitas 150 kW harus ada di tiap rest area dgn jumlah cukup..... jd ke SBY brenti 4-5 kali @ 15-20 menit....
Jadi kecepatan paling irit batere itu di 100-110 km/j om?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12873
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by ChZ »

Bibieight wrote: 19 Nov 2022, 09:57 Teoritis Ioniq 5 ke Sby cukup sekali isi di Jatingaleh, krn kalo dibawa 100-110 km bisa dapet 1:6 sd. 1:7, jd kalo full 100%, dr jakarta bisa dapet 72kWx6=432km pas sampe Jatingaleh, di komunitas banyaaak yg nekat lsg jatingaleh, sisa ada yg 5%, ada yg keluar gambar kura2. Isi 1jam15menit dah full lagi. Kalo Jatingaleh ke surabaya kan cuman 379 km jadi aman.
Nah yg masalah kan colokan PLNnya yg cuman 1 atau 2 per SPKLU, terus godaan iman itu yg susah, torsi 350NM itu sesuatu banget, jd bejeg2an (kl grafik sy bisa liat yg lepas 207A, naik turun kW batere kan lebih extrem drpd Jakarta-207A), lari 140-170 kpj, nah ini batere drop jauh ke 1:4 sd 1:5, ndak kuatir panas wong desain coolingnya sound, kuatirnya abis stroom... :big_biglaugh: :big_peace: :big_biglaugh: :big_peace:

Pengalaman pribadi, rasa2nya bisa buat EV 7 seater sub 600 jt, syaratnya batere ndak usah gede2, cukup 40kW, tapi SPKLU kapasitas 150 kW harus ada di tiap rest area dgn jumlah cukup..... jd ke SBY brenti 4-5 kali @ 15-20 menit....
kepalang bete kalo udah mau sampe tiba-tiba harus ngecas another +-30 mins lagi :big_biglaugh:

di transjawabahn bawa mobil power gede godaan ngebut sehh ngeri om awal awal transjawabahn buka masih jarang pom bengsin, ketar ketir kalo ngebut takut gak nemu pom bensin :big_biglaugh:
darrelund wrote: 18 Nov 2022, 18:27 yah jgnkan wholesale um

oe aja ud muter" jkt baru nemu crv plat 27 ga sampe 10 biji

rata" plat 26 semua :big_biglaugh:

gimana ga kaget, tetiba naek 100jt grgr pajak baru & ppnbm hilang diskon :big_biglaugh:
CRV sekarang di dealer2 jg kayanya jd limited stock. jarang unit ready. batch nya dioper buat produksi HRV dulu kali makanya skrg supply HRV lancar :mky_03:

pada sibuk abisin BRV tuh :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: 19 Nov 2022, 09:44
roymhs31 wrote: 18 Nov 2022, 22:35 Ini brarti EV hyundai yg dijual dsini cm pake AC buat pendinginan batrenya apa pake radiator plus AC? klo ioniq biasa cooling batrenya pake apa ya om?
Dua2nya oom, jalur normal ke radiator batere, jalur khusus airnya belok ke heat exchanger. Kalo ditafsirkan dr grafik tadi, pas <=33C AC RPM masih normal, 800-1000 RPM, begitu mulai naik 34C ACnya naik tinggi RPMnya, nah itu berarti valve coolant ke radiator off, valve ke heat exchanger on. Saat yg sama jalur freon dr kompressor ke heat exchanger jg on, jd suhu out kompresor yg 9C lsg masuk ke heat exchanger, ini menjelasken kenapa bisa turun cepet dr 37C balik ke 33C lagi.
20221119_092949.jpg
Itu fotonya heat exchanger, lumayan gede, selebar telapak kaki.
Nah air2nya ada 2 macam :
20221119_093916.jpg
Yg merah buat inverter+motor, panas, sd 45anC bisa diisi sendiri, yg biru itu khusus buat batere, non conductive coolant, harus diisi di bengkel, soalnya sebisa mungkin ndak boleh ada kontaminan.

Buat jaga2, coolantnya harus non conductive, jd kalo ada bocor2 rusak di batere ndak konslet. Ini cairan yg harus ganti 3 tahun/40rb km, per penggantiannya 3 juta (ongkos = servis ANKI 2GD di A2K :big_bored: :big_bored: :big_bored: )

PS : yg main mining, sapa tau ini bisa dipake buat ngrendem grafik card :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Buat overclock PC/ pakai cpu kelas atas, paling mantep emg pakai liquid cooling :big_biglaugh:
*Colek me if I'm wrong
Bibieight
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Bibieight »

sintoni wrote: 19 Nov 2022, 10:29 Jadi kecepatan paling irit batere itu di 100-110 km/j om?
Betul oom, sama stabil nyetirnya, bener sih coolingnya dibantuin AC, tapi kan jauh lebih ngirit kalo AC ndak ndak perlu ikut2 :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Yg sy belum tau, ini kan AC penting bener buat kesehatan batere ya, nah di daftar servis itu ndak ada lho item spesifik AC, yg diperiksa malah item2 klasik ICE, kayak rem, cairan2, rotasi ban. Padahal rasanya tiap 10k km perlu cek freon ada berapa, oli ada berapa, tiap berapa km perlu kuras freon, perlu kuras oli. Saya si pinginnya tiap 20k atau 40k kuras freon+ganti oli, tp masalahnya kan ACnya beda (model inverter gt, motor + kompressor jd satu, terus seinget sy freonnya jg beda), ndak yakin tukang AC biasa bisa handle :mky_01: :mky_01: :mky_01: ....
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: 19 Nov 2022, 12:07
sintoni wrote: 19 Nov 2022, 10:29 Jadi kecepatan paling irit batere itu di 100-110 km/j om?
Betul oom, sama stabil nyetirnya, bener sih coolingnya dibantuin AC, tapi kan jauh lebih ngirit kalo AC ndak ndak perlu ikut2 :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Yg sy belum tau, ini kan AC penting bener buat kesehatan batere ya, nah di daftar servis itu ndak ada lho item spesifik AC, yg diperiksa malah item2 klasik ICE, kayak rem, cairan2, rotasi ban. Padahal rasanya tiap 10k km perlu cek freon ada berapa, oli ada berapa, tiap berapa km perlu kuras freon, perlu kuras oli. Saya si pinginnya tiap 20k atau 40k kuras freon+ganti oli, tp masalahnya kan ACnya beda (model inverter gt, motor + kompressor jd satu, terus seinget sy freonnya jg beda), ndak yakin tukang AC biasa bisa handle :mky_01: :mky_01: :mky_01: ....
Klo sistem AC, di bengkel resmi biasanya kan direfer ke partner.
Misal pk Denso, ya dibawa ke bengkel resmi nya Denso.

Nah skrg cb cek aja mbah, itu kompresor inverter nya pk merk apa? Dan konsul ke SA nya aja untuk pengecekan freon dll
*Colek me if I'm wrong
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5269
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by sintoni »

Bibieight wrote: 19 Nov 2022, 12:07 Betul oom, sama stabil nyetirnya, bener sih coolingnya dibantuin AC, tapi kan jauh lebih ngirit kalo AC ndak ndak perlu ikut2 :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Yg sy belum tau, ini kan AC penting bener buat kesehatan batere ya, nah di daftar servis itu ndak ada lho item spesifik AC, yg diperiksa malah item2 klasik ICE, kayak rem, cairan2, rotasi ban. Padahal rasanya tiap 10k km perlu cek freon ada berapa, oli ada berapa, tiap berapa km perlu kuras freon, perlu kuras oli. Saya si pinginnya tiap 20k atau 40k kuras freon+ganti oli, tp masalahnya kan ACnya beda (model inverter gt, motor + kompressor jd satu, terus seinget sy freonnya jg beda), ndak yakin tukang AC biasa bisa handle :mky_01: :mky_01: :mky_01: ....
AC ini ngeri2 sedap sih om.

Beberapa x dengar mobil sudah 5-6 tahun belum pernah maintenance AC kecuali ganti filter kabin, abis maintenance dll gitu malah AC jadi ga dingin. Haha.

Ane sendiri jg aliran kalau ga rusak ga osa maintenance. Haha.
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by grimjow »

Nice review Om Bibieight.
:big_exellent:
Suhu jadi hal yang sangat penting ya di EV. Makanya early adopter EV ya memang cocok negara Eropa Utara misal Norwegia yang avg temperature di bawah 20'C.
Racun EV afternarket berarti akan banyak fokus di sistem coolant baterei nya kalo gini. Jadi mirip beli pc gaming kali nanti ada macam2 opsi kipas, heatsink, watercooling, dll.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Atau malah nanti ada yang provide remap sistem pendingin existing :big_think:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3760
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by kunaskun »

Bibieight wrote: 18 Nov 2022, 11:49 Terakhir, nasib batere akan bergantung seberapa sehat kondisi AC kita, soalnya tugas utama AC di I5 bukan buat ngademin yang naik tapi ngademin batere-nya.
jadi agak mirip dengan hybrid toyota ya, yang taro battery pack di cabin, terus dikasih ventilasi sendiri dan kipas buat sedot udara kabin.
kalau di negara tropis kaya Indonesia, AC ga dingin dikit pasti langsung cek AC, jadi termasuk service reguler-lah. :ungg:
Suryaputra wrote: 19 Nov 2022, 13:29 Klo sistem AC, di bengkel resmi biasanya kan direfer ke partner.
Misal pk Denso, ya dibawa ke bengkel resmi nya Denso.

Nah skrg cb cek aja mbah, itu kompresor inverter nya pk merk apa? Dan konsul ke SA nya aja untuk pengecekan freon dll
kalau Hyundai biasanya bikin sendiri mbah. Hyundai MOBIS atau DOWOON atau Hanoon / HVCC.
grimjow wrote: 19 Nov 2022, 17:00 Nice review Om Bibieight.
:big_exellent:
Suhu jadi hal yang sangat penting ya di EV. Makanya early adopter EV ya memang cocok negara Eropa Utara misal Norwegia yang avg temperature di bawah 20'C.
Racun EV afternarket berarti akan banyak fokus di sistem coolant baterei nya kalo gini. Jadi mirip beli pc gaming kali nanti ada macam2 opsi kipas, heatsink, watercooling, dll.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Atau malah nanti ada yang provide remap sistem pendingin existing :big_think:
sebenernya justru EV itu jangan terlalu dingin, karena malah tambah boros listrik karena mesti nyalain heater terus2an dan energy density dari battery cell akan drop = lama2 rusak sendiri. kesannya lebih dingin lebih bagus tapi ngga. bahkan sangat rentan kalau suhu dibawah titik beku. kalau mobil ICE itu susah distarter karena aki ga kelewat dingin atau fuel frozen nah EV akan kepayahan lagi karena mesti nunggu batere di suhu kerja dulu. kalau ga salah pernah liat di youtube mana gitu, ada EV yang ketika detect suhu di bawah titik beku maka heater akan aktif sendiri = ngabisin batere sendiri = ada warning untuk sambil di charge. bayangin saja batere udahlah kepayahan karena kedinginan, mesti disedot buat self warming.

sedangkan kalau in hot climate, walau sama2 sedot daya untuk pendinginan tapi karena kondisi battery cell in optimal state karena suhu lingkungan itu suhu kerja jadi agak mendingan.

yang pasti di kemudian hari tukang service elektro akan makin berjaya karena AC mobil saja sudah full elektrik :big_biglaugh:
Last edited by kunaskun on 20 Nov 2022, 20:00, edited 1 time in total.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: 20 Nov 2022, 19:55
Suryaputra wrote: 19 Nov 2022, 13:29 Klo sistem AC, di bengkel resmi biasanya kan direfer ke partner.
Misal pk Denso, ya dibawa ke bengkel resmi nya Denso.

Nah skrg cb cek aja mbah, itu kompresor inverter nya pk merk apa? Dan konsul ke SA nya aja untuk pengecekan freon dll
kalau Hyundai biasanya bikin sendiri mbah. Hyundai MOBIS atau DOWOON atau Hanoon / HVCC.
grimjow wrote: 19 Nov 2022, 17:00 Nice review Om Bibieight.
:big_exellent:
Suhu jadi hal yang sangat penting ya di EV. Makanya early adopter EV ya memang cocok negara Eropa Utara misal Norwegia yang avg temperature di bawah 20'C.
Racun EV afternarket berarti akan banyak fokus di sistem coolant baterei nya kalo gini. Jadi mirip beli pc gaming kali nanti ada macam2 opsi kipas, heatsink, watercooling, dll.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Atau malah nanti ada yang provide remap sistem pendingin existing :big_think:
sebenernya justru EV itu jangan terlalu dingin, karena malah tambah boros listrik karena mesti nyalain heater terus2an. kesannya lebih dingin lebih bagus tapi ngga. bahkan sangat rentan kalau suhu dibawah titik beku. kalau mobil ICE itu susah distarter karena aki ga kelewat dingin atau fuel frozen nah EV akan kepayahan lagi karena mesti nunggu batere di suhu kerja dulu. kalau ga salah pernah liat di youtube mana gitu, ada EV yang ketika detect suhu di bawah titik beku maka heater akan aktif sendiri = ngabisin batere sendiri = ada warning untuk sambil di charge.

yang pasti di kemudian hari tukang service elektro akan makin berjaya karena AC mobil saja sudah full elektrik :big_biglaugh:
Wah emg gak bisa tempat lain
Hrs grup HMI lgs yg nanganin servis AC.

Rule of thumb suhu batre Lithium family itu di 5 - 35 C,
Itu batas bawah dan atas nya.

Too cold, gak optimal performanya.
Too hot, bisa cpt rusak dan klaim garansi.
*Colek me if I'm wrong
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3760
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: 20 Nov 2022, 19:58
Wah emg gak bisa tempat lain
Hrs grup HMI lgs yg nanganin servis AC.
kalau kata temen yang punya bengkel AC si, biasanya hyundai KIA itu akan ada persamaan part-nya dibikin oleh Denso / Cool Gear, jadi agak aman. tapi ya ini di mobil ICE, kalau di EV ini entah gimana. tapi kalau pernah baca2 di internet, bentuk kompressor AC atau Hybrid yang full elektrik itu secara prinsip sama saja kaya kompressor kulkas atau AC rumah, ga ada magnetic clutch lagi = bonus more efficient dan jangan2 kalau dibongkar isinya bisa diservice ke tukang kulkas :big_biglaugh:

Rule of thumb suhu batre Lithium family itu di 5 - 35 C,
Itu batas bawah dan atas nya.

Too cold, gak optimal performanya.
Too hot, bisa cpt rusak dan klaim garansi.
mendingan too hot mbah daripada too cold, tinggal celup air :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Review Ioniq 5 Jakarta - Magelang pp.

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: 20 Nov 2022, 20:04
Suryaputra wrote: 20 Nov 2022, 19:58
Wah emg gak bisa tempat lain
Hrs grup HMI lgs yg nanganin servis AC.
kalau kata temen yang punya bengkel AC si, biasanya hyundai KIA itu akan ada persamaan part-nya dibikin oleh Denso / Cool Gear, jadi agak aman. tapi ya ini di mobil ICE, kalau di EV ini entah gimana. tapi kalau pernah baca2 di internet, bentuk kompressor AC atau Hybrid yang full elektrik itu secara prinsip sama saja kaya kompressor kulkas atau AC rumah, ga ada magnetic clutch lagi = bonus more efficient dan jangan2 kalau dibongkar isinya bisa diservice ke tukang kulkas :big_biglaugh:

Rule of thumb suhu batre Lithium family itu di 5 - 35 C,
Itu batas bawah dan atas nya.

Too cold, gak optimal performanya.
Too hot, bisa cpt rusak dan klaim garansi.
mendingan too hot mbah daripada too cold, tinggal celup air :big_biglaugh:
Kyk demo moblis celup genangan aer :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Iya kompresor ac nya Mobil hybrid dan EV, udh kyk kompresor inverter kulkas atau ac split rumah

Tapi klo dipikir2, for peace of mind... pakai MobLis ini 5 thn, terus jual dan beli baru deh ya.

Lbh bagus lg klo ada program trade in EV di HMI group :big_exellent:
*Colek me if I'm wrong
Post Reply