Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Hydrogen car vs EV

1. EV
11
19%
2. Hydrogen car
10
17%
3. Hidup bersama seperti mobil bensin dan diesel
38
64%
 
Total votes: 59

Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Salvanost »

Udah jelas masa depan itu EV
Modal sistem solar panel tenaga surya 90juta bisa isi listrik mobil gratis selama 10 tahun

Apalagi udah ada solid state atau lithium metal
Kapasitas naik 2x lipat dari teknologi lama (dari yg cuma bisa jalan 300 -500km bisa jalan 600-1000km) sekarang dan anti kebakaran
Say goodbye EV batrenya kebakar
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Salvanost »

Cuma tetap ada masalah lingkungan lewat bahan utama lithium

Dan lithium itu rare metal, yg harganya udah naik jauh

Jadi mungkin alternatif baterai harga modal murah lagi dikembangkan walaupun secara teori belum bisa ngalahin batre lithium
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by b0ku »

Salvanost wrote: 22 Nov 2022, 02:04 Udah jelas masa depan itu EV
Modal sistem solar panel tenaga surya 90juta bisa isi listrik mobil gratis selama 10 tahun

Apalagi udah ada solid state atau lithium metal
Kapasitas naik 2x lipat dari teknologi lama (dari yg cuma bisa jalan 300 -500km bisa jalan 600-1000km) sekarang dan anti kebakaran
Say goodbye EV batrenya kebakar


banguun om katanya mark p mills loe lagi ngimpi....... :wkkk:

anti kebakaran??? ya FYI aja yang 12 volt kagak pernah denger tuh meleduk dari batre kebanyakan dari fusebox atau dari wiring :big_biglaugh:

jadi mau batrenya anti meleduk pun itu namanya fisika loe gedein listriknya jadi ratusan volt artinya cuma memperparah sumbernya aja ditambah makin murah yang ada material makin downgrade kan sudah terbukti di india sama china makin sering belom tentu semua biangnya batre bisa aja dari kabel2x atau fusebox :big_bored:

hobby banget pade ud dari nyedot minyak sekarang nyedot minyak juga eh minyak di pake buat gali yang laen buat bikin barang yang cuma bisa dipake 10-20thn buang :drinking: :drinking:

terus di labelin renewables lah itu mesin combustion apaan kalo rusak tinggal overhaul parts yang di ganti minim banget itupun banyak yang ud 30thn belom overhaul keknya lebih cocok itu yang dijulukin renewables deh racun yang keluar juga tergantung dari apa yang di bakar gak melulu harus minyak bumi :drinking:

pada mabok emang :drinking:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Salvanost »

b0ku wrote: 22 Nov 2022, 05:58
Salvanost wrote: 22 Nov 2022, 02:04 Udah jelas masa depan itu EV
Modal sistem solar panel tenaga surya 90juta bisa isi listrik mobil gratis selama 10 tahun

Apalagi udah ada solid state atau lithium metal
Kapasitas naik 2x lipat dari teknologi lama (dari yg cuma bisa jalan 300 -500km bisa jalan 600-1000km) sekarang dan anti kebakaran
Say goodbye EV batrenya kebakar


banguun om katanya mark p mills loe lagi ngimpi....... :wkkk:

anti kebakaran??? ya FYI aja yang 12 volt kagak pernah denger tuh meleduk dari batre kebanyakan dari fusebox atau dari wiring :big_biglaugh:

jadi mau batrenya anti meleduk pun itu namanya fisika loe gedein listriknya jadi ratusan volt artinya cuma memperparah sumbernya aja ditambah makin murah yang ada material makin downgrade kan sudah terbukti di india sama china makin sering belom tentu semua biangnya batre bisa aja dari kabel2x atau fusebox :big_bored:

hobby banget pade ud dari nyedot minyak sekarang nyedot minyak juga eh minyak di pake buat gali yang laen buat bikin barang yang cuma bisa dipake 10-20thn buang :drinking: :drinking:

terus di labelin renewables lah itu mesin combustion apaan kalo rusak tinggal overhaul parts yang di ganti minim banget itupun banyak yang ud 30thn belom overhaul keknya lebih cocok itu yang dijulukin renewables deh racun yang keluar juga tergantung dari apa yang di bakar gak melulu harus minyak bumi :drinking:

pada mabok emang :drinking:
Semuanya kembali lagi ke masalah harga
Termasuk motor listrik yg udah banyak kasus kebakaran di Indonesia itu gara2 masih make batre lithium ion

Kalau make life-po4 ga bakalan kebakar

20 tahun renewable kok ga berkembang? Karena harga
Tetapi harga sudah turun 90% dibanding 20 tahun lalu

Terbukti dari wuling EV yg modalnya 100an juta

Kalau harga semakin murah siapa sih yg ga ngelirik?
Kalau pas tabrakan atau kecelakaan ev tiba2 keluar api gede siapa yg mau ambil resiko? (Kecuali Wuling ya udah banyak video tabrakan di youtube :big_biglaugh: )
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by b0ku »

Salvanost wrote: 22 Nov 2022, 13:32
Semuanya kembali lagi ke masalah harga
Termasuk motor listrik yg udah banyak kasus kebakaran di Indonesia itu gara2 masih make batre lithium ion

Kalau make life-po4 ga bakalan kebakar

20 tahun renewable kok ga berkembang? Karena harga
Tetapi harga sudah turun 90% dibanding 20 tahun lalu

Terbukti dari wuling EV yg modalnya 100an juta

Kalau harga semakin murah siapa sih yg ga ngelirik?
Kalau pas tabrakan atau kecelakaan ev tiba2 keluar api gede siapa yg mau ambil resiko? (Kecuali Wuling ya udah banyak video tabrakan di youtube :big_biglaugh: )
HARGA bentaran juga naek om lah itu materialnya butuh di tambang semua malah di bikin jadi tembok beton buat di taro di mobil listrik :wkkk:

demand naek harga naek belom ngomongin harga minyak kan nambangnya pake mesin diesel :mky_03:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Salvanost »

b0ku wrote: 22 Nov 2022, 14:21
Salvanost wrote: 22 Nov 2022, 13:32
Semuanya kembali lagi ke masalah harga
Termasuk motor listrik yg udah banyak kasus kebakaran di Indonesia itu gara2 masih make batre lithium ion

Kalau make life-po4 ga bakalan kebakar

20 tahun renewable kok ga berkembang? Karena harga
Tetapi harga sudah turun 90% dibanding 20 tahun lalu

Terbukti dari wuling EV yg modalnya 100an juta

Kalau harga semakin murah siapa sih yg ga ngelirik?
Kalau pas tabrakan atau kecelakaan ev tiba2 keluar api gede siapa yg mau ambil resiko? (Kecuali Wuling ya udah banyak video tabrakan di youtube :big_biglaugh: )
HARGA bentaran juga naek om lah itu materialnya butuh di tambang semua malah di bikin jadi tembok beton buat di taro di mobil listrik :wkkk:

demand naek harga naek belom ngomongin harga minyak kan nambangnya pake mesin diesel :mky_03:
itu diaaa om... :big_bored:
aduh bensin 14.000/liter aja udah stress,
dulu pas masih 9000/liter mah gua enak tebak2 harga sama keisi berapa liter pas full tank
sekarang?
keluarin duit 500.000 eh tau2 jebol ke 700.000 :big_chicken:

isi bensin sekarang itu ga ada nikmatnya sama sekali :big_bored:
kalau BI mau keluarin 1 lembar 500.000 gua dukung deh
atau tar keluar 1juta/lembar

ga mungkin lah dompet diisi uang tunai diatas 1jutaan mulu, ketebelan pas duduk ga enak

apalagi tar pas bensin diatas 20.000/liter :big_bored: 1,2juta isi full tank? :big_cry:

makanya saya pro EV aja, isi di rumah aja, dompet kembali tipis
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by wicaksono99 »

Salvanost wrote: 22 Nov 2022, 16:36
b0ku wrote: 22 Nov 2022, 14:21
Salvanost wrote: 22 Nov 2022, 13:32
Semuanya kembali lagi ke masalah harga
Termasuk motor listrik yg udah banyak kasus kebakaran di Indonesia itu gara2 masih make batre lithium ion

Kalau make life-po4 ga bakalan kebakar

20 tahun renewable kok ga berkembang? Karena harga
Tetapi harga sudah turun 90% dibanding 20 tahun lalu

Terbukti dari wuling EV yg modalnya 100an juta

Kalau harga semakin murah siapa sih yg ga ngelirik?
Kalau pas tabrakan atau kecelakaan ev tiba2 keluar api gede siapa yg mau ambil resiko? (Kecuali Wuling ya udah banyak video tabrakan di youtube :big_biglaugh: )
HARGA bentaran juga naek om lah itu materialnya butuh di tambang semua malah di bikin jadi tembok beton buat di taro di mobil listrik :wkkk:

demand naek harga naek belom ngomongin harga minyak kan nambangnya pake mesin diesel :mky_03:
itu diaaa om... :big_bored:
aduh bensin 14.000/liter aja udah stress,
dulu pas masih 9000/liter mah gua enak tebak2 harga sama keisi berapa liter pas full tank
sekarang?
keluarin duit 500.000 eh tau2 jebol ke 700.000 :big_chicken:

isi bensin sekarang itu ga ada nikmatnya sama sekali :big_bored:
kalau BI mau keluarin 1 lembar 500.000 gua dukung deh
atau tar keluar 1juta/lembar

ga mungkin lah dompet diisi uang tunai diatas 1jutaan mulu, ketebelan pas duduk ga enak

apalagi tar pas bensin diatas 20.000/liter :big_bored: 1,2juta isi full tank? :big_cry:

makanya saya pro EV aja, isi di rumah aja, dompet kembali tipis
Wkwkwkwk... Si om risih banyak uang tunai di dompet buat bayar bensin. Lah saya tiap hari sibuk nyari tukeran duit pecahan 50rb, 20rb, 10rb, 2rb, sampe 200 rupiah buat taruh di laci mobil. Bukan buat bayar bensin tapi buat bayar bbg.. Karna isi full nominalnya sampe receh (gak bisa kaya beli bbm nominal puluhan ribu). Pas dapet nominal buntut receh seperti 67155 contohnya , ngebuletinnya keatas semua jadi 68000. Bukan masalah cuma 800 rupiah medit banget.. Lah saya ngisi bbg tiap hari.. Sebulan ngisi 25 kali x 800 dah mayan dapet mayan 3 literan bbg.. :big_think:
IMG_20221121_073838.jpg
itu baru 1 kendaraan.. Tiap hari minimal 200 kendaraan ngisi berapa kembalian didapet,
kecuali yg truk industri.. Sekali ngisi lamanya bisa 3 jam lebih nominal sampe 25jtan bisa transfer langsung B2B.. Wkwkwk...

Kalau spbu masih bisa gesek kartu kan lebih mudah dibanding bawa cash.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by b0ku »

Salvanost wrote: 22 Nov 2022, 16:36
itu diaaa om... :big_bored:
aduh bensin 14.000/liter aja udah stress,
dulu pas masih 9000/liter mah gua enak tebak2 harga sama keisi berapa liter pas full tank
sekarang?
keluarin duit 500.000 eh tau2 jebol ke 700.000 :big_chicken:

isi bensin sekarang itu ga ada nikmatnya sama sekali :big_bored:
kalau BI mau keluarin 1 lembar 500.000 gua dukung deh
atau tar keluar 1juta/lembar

ga mungkin lah dompet diisi uang tunai diatas 1jutaan mulu, ketebelan pas duduk ga enak

apalagi tar pas bensin diatas 20.000/liter :big_bored: 1,2juta isi full tank? :big_cry:

makanya saya pro EV aja, isi di rumah aja, dompet kembali tipis
minyak naek listrik juga naek om ev kan butuh 7000watt itu kalo hyundai kalo tesla 11.000 watt setaon indonesia mampu jualan 700.000 mobil ya itung kalo semua di ganti EV jakarta ada 4jt mobil 1jtnya aja ud 7.000.000.000watt jakarta sendiri kosumsi listriknya sekarang cuma 5.500.000.000watt :big_biglaugh:

bentar lagi treak2x woiii gardunya gak kuaaat pltd pltu bikin polusi akhirnya listriknya dinaekin khusus buat charging :wkkk:

solar sama wind mah kagak bakalan sanggup nyuapin EV :big_biglaugh:

kalo home solar sekarang kan rumah aja daya rata2x paling 1500-3000watt

mending jgn pro ev 2 2nya aja deh kalo salah satu ngeri om :wkkk:

saya mah nunggu pada gak jadi ban Combustion baru saya diem dah malah mau konversi mobil tua jd ev mau cobaiin ev manual coba pasang mic di motor listriknya terus gedein pake speaker jadi apa tuh mobil :big_weee:

selama bacotnya mau ngeban mah hajar terusss :wkkk:

terlalu agresive akhirnya gali lobang mulu pake mesin diesel yang ada minyak naek, polusi tambang di diamana2x belom ngomongin sampah dari solar windfarm dan batre yang cuma bisa sekali pake dan tenaga yang dihasilkan juga gak seberapa, ujung2xnya jd kayak plastik dulu katanya suruh ganti plastik karena paperbag ngegundulin hutan biar ramah lingkungan, sekarang semua dah palstik katanya sampah plastik mencemari lingkungan :big_bored:

waktu bikin wacana puluhan tahun lalu emang gak di itung apa :big_bored:

lagian saya isi dex sama turbo gesek krdit card om lumayan pointnya makan pizza hut gratis ini aja masih sisa 400rban :big_grin:
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Michaelktp »

As expected akhirnya si Akio Toyodai terpental juga dari jabatan CEO TMC Japan. Start April 2023 digantikan Koji Sato setelah menimbulkan banyak kontroversi dengan berkoar-koar terus di media tentang masa depan ICE.
Juga kengototan yang keras kepala pada masa depan line up HEV dan FCEV padahal sudah terlihat jelas secara trend EV global menuju ke BEV.
Belum lagi kesalahan fatalnya menjual semua saham TMC Japan di Tesla Inc pada tahun 2017 padahal Tesla Inc sempat nyaris bangkrut tahun 2009 dan sangat terbantu dengan saham USD 50 juta TMC Japan di Tesla Inc tahun 2010. Juga termasuk pengalihan pabrik Fremont milik NUMMI (TMC & GM) yang berlokasi sangat strategis di Silicon Valley pada Tesla Inc. Worst decision by Akio Toyodai dilihat dengan sikon saat ini
Hmmm untung keturunan founder dan Japanese masih diiberi muka sebagai Chairman kalau tidak nasibya pasti menyusul Carlos "Mr Bean " Ghosn.

Source:

https://asia.nikkei.com/Business/Compan ... -president
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Bibieight »

Michaelktp wrote: 22 Feb 2023, 19:20 As expected akhirnya si Akio Toyodai terpental juga dari jabatan CEO TMC Japan. Start April 2023 digantikan Koji Sato setelah menimbulkan banyak kontroversi dan koar-koar terus di media-media tentang masa depan ICE.
Juga kengototan yang keras kepala pada masa depan HEV dan FCEV padahal sudah terlihat jelas secara trend EV global menuju ke BEV.
Belum lagi kesalahan fatalnya menjual semua saham TMC Japan di Tesla Inc pada tahun 2017 padahal Tesla Inc sempat nyaris bangkrut tahun 2009 dan sangat terbantu dengan saham USD 50 juta TMC Japan di Tesla Inc tahun 2010. Juga termasuk pengalihan pabrik Fremont milik NUMMI (TMC & GM) yang berlokasi sangat strategis di Silicon Valley pada Tesla Inc. Worst decision by Akio dilihat dengan sikon saat ini
Hmmm untung keturunan founder dan Japanese masih diiberi muka sebagai Chairman kalau tidak nasibya pasti menyusul Carlos "Mr Bean " Ghosn.

https://www.cnbc.com/amp/2023/01/26/toy ... down-.html
Harusnya dilengsernya si dah dari dulu2 ini orang, kesalahan dia kan ndak bikin strategic partnership dengan produsen batere local macam Panasonic. gara2 dia pabrikan Jepang belun ada satupun yg pegang teknologi batere BEV in-house,minimal in-country. Akhirnya Toyota ama Honda kan terpaksa pake generik RRC, kalo ndak CATL ya BYD. Coba dia kagak ngeyel mestinya dah bisa itu kerjasama ama Panasonic. Nah sekarang kan akhirnya Panasonic ama Tesla, Hyundai ama SK-LG Chem. Lha kalo Toyota mau pake CATL atau BYD, beda dia ama Wuling,DFSK ama Cherry apa coba :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Kuatir2nya, dulu orang mana mau pake TV LG, maunya pake Sony kan, nah sekarang banyakan TV LG daripada Sony :big_bored: :big_bored: :big_bored: , kalo kejadian beneran si ini Akio bakal masuk buku pelajaran sekolah bisnis sih :big_peace: :big_peace: :big_peace:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by ilhami »

innova zenix masih pakai baterai NIMH
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Bibieight »

ilhami wrote: 23 Feb 2023, 07:12 innova zenix masih pakai baterai NIMH
Soalnya NiMh lebih cocok buat mobil hybrid yang charging cyclenya cepet dan dalam banget, kelemahannya kan energy density NiMh rendah, cuma 2.4 V (LiFePo 3.2 V, Li-Ion NMC 3.6V). Tapi ndak masalah karena di hybrid cuman buat reservoir energi doang, tenaga utamanya kan tetep dari mesin ICE-nya, jadi ndak butuh batere dengan potential energi gede2. Yang rada nekat itu kalo pake Li-Ion buat hibrid, contohnya Batumakam Kicks, dah ada kasusnya di Oom Chz kan :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Kalo BEV dipasangin NiMh, itung2an ekuivalen punya Ioniq 5 yg 72 kw dia nominal voltasenya 180 cell x 3.6 V = 648 V. Kalo dipasang NiMh cuman dapet 432 V alias cuma 67% kapasitas, atau cuma 48 kWh, dengan bobot yg sama dan harga ndak beda jauh kemampuannya sama dengan Ioniq Classic alias kalah bersaing :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: … Second best optionnya ya LiFePo, yg kapasitasnya 89%nya Li-Ion, pake spek Ioniq masih dapet 64 kWh kan….

Ndak disebut NiMh dead end yak, cuman beda peruntukan aja. Nah mbah Akio ambil jalur apapun konfigurasinya harus ada ICE-nya, akhirnya mengecilkan Toyota punya opsi. Ahond selamet,fam Honda ndak ada yg di jajaran BOD, jadi dia insyafnya bisa cepet. https://www.reuters.com/business/autos- ... 023-01-24/ Per 2023 Ahond pusat reorganisasi, BEV naik pangkat jadi divisi independen langsung dibawah board, malah ICEnya diturunkan ke level operasional di masing2 regional, tujuannya supaya yg BEV bisa lari lebih kenceng tanpa dialang2in orang2 ICE, jadi yg fanboy Ahond, 5-10 taun lagi si semua akan Ahond pada waktunya, dengan syarat : Ahond BEV :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: 23 Feb 2023, 08:31 Soalnya NiMh lebih cocok buat mobil hybrid yang charging cyclenya cepet dan dalam banget, kelemahannya kan energy density NiMh rendah, cuma 2.4 V (LiFePo 3.2 V, Li-Ion NMC 3.6V). Tapi ndak masalah karena di hybrid cuman buat reservoir energi doang, tenaga utamanya kan tetep dari mesin ICE-nya, jadi ndak butuh batere dengan potential energi gede2. Yang rada nekat itu kalo pake Li-Ion buat hibrid, contohnya Batumakam Kicks, dah ada kasusnya di Oom Chz kan :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Kalo BEV dipasangin NiMh, itung2an ekuivalen punya Ioniq 5 yg 72 kw dia nominal voltasenya 180 cell x 3.6 V = 648 V. Kalo dipasang NiMh cuman dapet 432 V alias cuma 67% kapasitas, atau cuma 48 kWh, dengan bobot yg sama dan harga ndak beda jauh kemampuannya sama dengan Ioniq Classic alias kalah bersaing :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: … Second best optionnya ya LiFePo, yg kapasitasnya 89%nya Li-Ion, pake spek Ioniq masih dapet 64 kWh kan….

Ndak disebut NiMh dead end yak, cuman beda peruntukan aja. Nah mbah Akio ambil jalur apapun konfigurasinya harus ada ICE-nya, akhirnya mengecilkan Toyota punya opsi. Ahond selamet,fam Honda ndak ada yg di jajaran BOD, jadi dia insyafnya bisa cepet. https://www.reuters.com/business/autos- ... 023-01-24/ Per 2023 Ahond pusat reorganisasi, BEV naik pangkat jadi divisi independen langsung dibawah board, malah ICEnya diturunkan ke level operasional di masing2 regional, tujuannya supaya yg BEV bisa lari lebih kenceng tanpa dialang2in orang2 ICE, jadi yg fanboy Ahond, 5-10 taun lagi si semua akan Ahond pada waktunya, dengan syarat : Ahond BEV :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
inilah yang bikin saya males sama honda belakangan fanbased dia apa dia larinya kemana akhirnya gak ketemu ya flop aja mulu :big_biglaugh:

lama2x ntar cuma jd tukang onderdil mobil classic kalo mau survive....... :big_biglaugh: :big_biglaugh:

justru dia pabrikan jepang yang getol banget sama EV lucunya malah dia pula yang ketinggalan soalnya spesialisasi dia di ENGINE build yang bagus dan chasis masuk dunia EV ya dia bingung sendiri karena gak biasa bikin mobil kayak toyota dimana dibuat sesuai selera pasar......... :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by ChZ »

Michaelktp wrote: 22 Feb 2023, 19:20 As expected akhirnya si Akio Toyodai terpental juga dari jabatan CEO TMC Japan. Start April 2023 digantikan Koji Sato setelah menimbulkan banyak kontroversi dengan berkoar-koar terus di media tentang masa depan ICE.
Juga kengototan yang keras kepala pada masa depan line up HEV dan FCEV padahal sudah terlihat jelas secara trend EV global menuju ke BEV.
Belum lagi kesalahan fatalnya menjual semua saham TMC Japan di Tesla Inc pada tahun 2017 padahal Tesla Inc sempat nyaris bangkrut tahun 2009 dan sangat terbantu dengan saham USD 50 juta TMC Japan di Tesla Inc tahun 2010. Juga termasuk pengalihan pabrik Fremont milik NUMMI (TMC & GM) yang berlokasi sangat strategis di Silicon Valley pada Tesla Inc. Worst decision by Akio Toyodai dilihat dengan sikon saat ini
Hmmm untung keturunan founder dan Japanese masih diiberi muka sebagai Chairman kalau tidak nasibya pasti menyusul Carlos "Mr Bean " Ghosn.

Source:

https://asia.nikkei.com/Business/Compan ... -president
ya gakpapa lah om dia mah ngomong gitu counter narrative juga ke bacotnya elon musk. lagi waktu masanya dia toyota malah balik diminati anak muda.

jauh si akio sama si mr bean yang jurusnya cuma phk phk sama cutting cost. akio mah itu yang terjadi kalo petrolheads punya banyak duit dan diwarisi perusahaan otomotif bakal lakuin. apalagi doi pembalap juga :mky_03:

lagi penerusnya mah gak beda jauh ama dia :mky_03: mungkin lbh fleksibel sikit tapi gak asal ikutin arus juga. jabatan dia sblm ini : chief engineer di lexus. buat dipercaya akio sebagai chief eng di brand eksklusifnya toyota sih artinya projek2 "gila" jg bakal tetep jalan :mky_03:
b0ku wrote: 23 Feb 2023, 09:40
inilah yang bikin saya males sama honda belakangan fanbased dia apa dia larinya kemana akhirnya gak ketemu ya flop aja mulu :big_biglaugh:

lama2x ntar cuma jd tukang onderdil mobil classic kalo mau survive....... :big_biglaugh: :big_biglaugh:

justru dia pabrikan jepang yang getol banget sama EV lucunya malah dia pula yang ketinggalan soalnya spesialisasi dia di ENGINE build yang bagus dan chasis masuk dunia EV ya dia bingung sendiri karena gak biasa bikin mobil kayak toyota dimana dibuat sesuai selera pasar......... :wkkk:
track record honda jg dari dulu bikin hybrid gak pernah beres. :big_bored: insight selalu cuma jadi bayang bayang prius, CRZ absolute failure.

sekarang buset kalo dy mau gak bikin engine lagi mati aja lah honda... :ungg: itu soichiro honda bisa tereak dalem kubur
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by b0ku »

ChZ wrote: 23 Feb 2023, 10:23
track record honda jg dari dulu bikin hybrid gak pernah beres. :big_bored: insight selalu cuma jadi bayang bayang prius, CRZ absolute failure.

sekarang buset kalo dy mau gak bikin engine lagi mati aja lah honda... :ungg: itu soichiro honda bisa tereak dalem kubur
dari dulu mau bangun image mobil ramah lingkungan padahal fanbasednya kagak ad yang peduli apalagi hard core nya mana peduli wong mereka aja ngerev bisa sampe 10.000RPM :wkkk:

kalo dulu mereka gampang bikin image kek gitu karena mesin mereka paling efisien dan build structurnya bagus sekarang pada ngecheat pake batre :big_biglaugh:

ud biasa jago di mekanikal dan kadang ngotot maen pure mekanikal mau buru2x lari ke electrical akhirnya bonyok sendiri dan yang di kejar juga gak di appreciate sama fanbasenya akhirnya malah ilang liat aja NSX mau sebagus apapun ujung2xnya fail wong fansnya gak mau mobil kek gitu mereka maunya tuh kek civic type r simple gak banyak electronic dan more mechanical fell :mky_03:

lagian mindset salah kalo combustion kagak green apalagi dengerin kemaren om mobi bilang "pohon2x tersenyum karena yang lewat mobil listrik"

gak salah om ?? justru pohon kecewa kalo EV yang lewat karena setiap mobil combustion lewat mereka makan CO2 dari tuh mobil :wkkk:

ujung2xnya yang senyum bukan pohon tapi manusia karena manusia sendiri butuh o2 dan penghasil co2 :mky_07:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by ChZ »

b0ku wrote: 23 Feb 2023, 11:02
dari dulu mau bangun image mobil ramah lingkungan padahal fanbasednya kagak ad yang peduli apalagi hard core nya mana peduli wong mereka aja ngerev bisa sampe 10.000RPM :wkkk:

kalo dulu mereka gampang bikin image kek gitu karena mesin mereka paling efisien dan build structurnya bagus sekarang pada ngecheat pake batre :big_biglaugh:

ud biasa jago di mekanikal dan kadang ngotot maen pure mekanikal mau buru2x lari ke electrical akhirnya bonyok sendiri dan yang di kejar juga gak di appreciate sama fanbasenya akhirnya malah ilang liat aja NSX mau sebagus apapun ujung2xnya fail wong fansnya gak mau mobil kek gitu mereka maunya tuh kek civic type r simple gak banyak electronic dan more mechanical fell :mky_03:

lagian mindset salah kalo combustion kagak green apalagi dengerin kemaren om mobi bilang "pohon2x tersenyum karena yang lewat mobil listrik"

gak salah om ?? justru pohon kecewa kalo EV yang lewat karena setiap mobil combustion lewat mereka makan CO2 dari tuh mobil :wkkk:

ujung2xnya yang senyum bukan pohon tapi manusia karena manusia sendiri butuh o2 dan penghasil co2 :mky_07:
mulai ikut ikut BMW dia, ignoring the fanbase. :mky_03: mobil yang paling dirayain sama jurnalis dan fanboys nya malah civic type R yang girboknya jaman dinosaurus :big_biglaugh:

ya gitulah kalo semua ngitungnya cuma ngisi bensinnya doank. ngaburin masalah sebenernya. pdhl mobil combustion itu enak malah sustainable udah gak jadi mobil pun bisa jadi barang lain dilebur lagi mobil tua pun partnya bisa cari copotan di junkyard :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Michaelktp »

Bibieight wrote: 22 Feb 2023, 20:56
Michaelktp wrote: 22 Feb 2023, 19:20 As expected akhirnya si Akio Toyodai terpental juga dari jabatan CEO TMC Japan. Start April 2023 digantikan Koji Sato setelah menimbulkan banyak kontroversi dan koar-koar terus di media-media tentang masa depan ICE.
Juga kengototan yang keras kepala pada masa depan HEV dan FCEV padahal sudah terlihat jelas secara trend EV global menuju ke BEV.
Belum lagi kesalahan fatalnya menjual semua saham TMC Japan di Tesla Inc pada tahun 2017 padahal Tesla Inc sempat nyaris bangkrut tahun 2009 dan sangat terbantu dengan saham USD 50 juta TMC Japan di Tesla Inc tahun 2010. Juga termasuk pengalihan pabrik Fremont milik NUMMI (TMC & GM) yang berlokasi sangat strategis di Silicon Valley pada Tesla Inc. Worst decision by Akio dilihat dengan sikon saat ini
Hmmm untung keturunan founder dan Japanese masih diiberi muka sebagai Chairman kalau tidak nasibya pasti menyusul Carlos "Mr Bean " Ghosn.

https://www.cnbc.com/amp/2023/01/26/toy ... down-.html
Harusnya dilengsernya si dah dari dulu2 ini orang, kesalahan dia kan ndak bikin strategic partnership dengan produsen batere local macam Panasonic. gara2 dia pabrikan Jepang belun ada satupun yg pegang teknologi batere BEV in-house,minimal in-country. Akhirnya Toyota ama Honda kan terpaksa pake generik RRC, kalo ndak CATL ya BYD. Coba dia kagak ngeyel mestinya dah bisa itu kerjasama ama Panasonic. Nah sekarang kan akhirnya Panasonic ama Tesla, Hyundai ama SK-LG Chem. Lha kalo Toyota mau pake CATL atau BYD, beda dia ama Wuling,DFSK ama Cherry apa coba :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Kuatir2nya, dulu orang mana mau pake TV LG, maunya pake Sony kan, nah sekarang banyakan TV LG daripada Sony :big_bored: :big_bored: :big_bored: , kalo kejadian beneran si ini Akio bakal masuk buku pelajaran sekolah bisnis sih :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Exactly Boss. Ngenes
Padahal Jepang kampiun elektronik dekade 1980-1990an sebelum declined parah setelah masuk dekade 2010 tergeser oleh Korea.
Akio masuk kotak tapi beban Koji Sato akan sangat berat dan terjal secara Akio sendiri yang "menyelamatkan" Tesla dan sekarang pasti gondok berat dengan kenyataan masa lalu itu. Keputusan TMC Japan membeli 5% saham Tesla tahun 2010 betul-betul menyelamatkan Tesla dari jurang kebangkrutan. Duit receh bagi TMC tapi sangat berarti bagi nafas kehidupan Tesla. Tesla juga mendapat keuntungan terbesar berupa kredibilitas instan untuk IPO sehingga bisa mendapat banyak dana segar lagi dari publik pasca itu. Tesla Fremont Factory dulunya adalah NUMMI Plant milik TMC yang diobral murah ke Tesla.
Karena itu tentu Elon "Iron Man" Musk sangat berterima-kasih pada Akio sehingga tahun 2011 terbang spesial ke Tokyo untuk menghadiahkan 1 unit Tesla Roadster warna favorit Akio: red burgundy. Juga membujuk rayu Toyodai agar menambah lagi saham TMC di Tesla Inc sehingga kolaborasi mereka terjalin semakin erat dan long term.
Namun Akio tak pernah melakukan hal itu malah secara bertahap mengurangi saham TMC di Tesla hingga habis tuntas di tahun 2017. Kemungkinan terbesar karena ketidakyakinan Akio pada masa depan EV dan TMC juga sudah cuan besar dari kenaikan nilai saham Tesla. Kolaborasi pun berakhir dan sekarang baru sangat disayangkan secara TMC Japan sebenarnya bisa tinggal membonceng Tesla saat ini jika terus menambah porsi saham apalagi mengakuisisi Tesla Inc seperti yang dulu dilakukan pada Daihatsu dan Subaru
Tesla pada dasarnya sudah kolaps pasca krisis finansial global 2008 dan tentu hanya mimpi berharap bail out dari US Government seperti yang didapatkan Big Three US ( GM, Ford, Cjrysler). Juga tak ada Bank dan financial service US yang
sudi mrmbantu keuangan Tesla apalagi sebagai private company yang dianggap mimpi ketinggian.
Oleh karena itu "Iron Man" pun sudah pasrah dan sebenarnya easy going juga jika Tesla kolaps. Secara founder asli Tesla adalah Martin Ebenhard dan Marc Tarpening di tahun 2003. 2 insinyur idealis yang ingin menantang sistem otomotif global yang sudah mapan hampir 1 abad. Idealisme tinggi namun kantong mereka kempes sehigga perlu investor besar agar dapur Tesla bisa ngebul.
Elon salah satu investor besar yang dibawa Ebenhard karena punya banyak duit hasil penjualan PayPal dan masuk Tesla tahun 2004. Tanpa background otomotif sedkkitpun Elon langsung mengendalikan Tesla Inc karena merasa yang punya uang dan power. 2 founder jadi bawahan dan tak berkutik sehingga tak heran akhirnya Ebenhard dan Tarpening juga terpental dari Tesla tahun 2008. Memicu perseteruan berlarut-larut keduanya dengan "Iron Man" tentang siapa pendiri Tesla yang sebenarnya. Sekarang "Iron Man" semakin ketiban pulung menjadi orang terkaya dunia plus ikon Tesla sebagai pionir BEV global. Padahal Nissan Leaf yang lebih pantas disebut pionir BEV mass product secara memang Leaf tercatat sebagai BEV terlaris dunia selama 1 dekade sebelum ditelikung oleh Tesla Model 3.
Patut dimaklumi jika pada dasarnya Jepangan bahkan trio Jerman (VW, MB dan BMW) itu susah untuk move on dari ICE karena ekosisten ICE sudah terbentuk dari awal. Dibanding Cina yang memang sudah mempersiapkan Blue print BEV sejak akhir 1990an dan tidak terbebani oleh ekosistem ICE.
R&D Platform EV diawal akan sangat menguras biaya dan hanya menghasilkan 1 line up dibanding banyak line up ICE. Yang terjadi pada "Mr Bean" karena R&D Nissan Leaf sangat menguras cash flow Nissan Japan dan banyak petinggi Nissan yang Japanese gusar akan hal itu . Secara dana sebesar itu dianggap pemborosan dan semestinya bisa digunakan untuk R&D lebih banyak platform ICE dibanding hanya untuk 1 line up BEV: LEAF
Tak heran "Mr Bean" dikudeta dan terpental dari HQ Nissan Yokohama. Tak menunggu lama produsen baterai untuk LEAF: Automotive Energy Supply Corporation (AESC) dijual ke Envision Group dari Cina. Sudah bisa diduga pasti langsung dicaplok oleh Cina hahaha.
Yang disesalkan AESC itu joint venture antara Nissan dengan NEC sejak tahun 2007 tercatat sebagai produsen baterai EV terbesar di Jepang setelah Panasonic . NEC juga produsen semikonduktor terbesar dunia dekade 1980-2000an. Sektor yang sangat penting di era sekarang sebagai backbone manufacturing BEV dan juga pendukung mutlak teknologi Artificial Intelligence (AI).
Blunder besar lagi dari Nissan setelah Akio Toyodai di atas.
Lengkap sudah tertinggalnya otomotif Jepang di trend menuju BEV. Akibatnya memang wacana FCEV lebih didukung oleh Government of Japan untuk "go green" sehingga stasiun bahan bakar Hydrogen terbanyak dunia ada di Jepang. Akan tetapi bisa dilihat bagaimana volume penjualan FCEV di global market? Volume yang sangat menyedihkan bukan. We'll see
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Michaelktp »

ChZ wrote: 23 Feb 2023, 10:23
Michaelktp wrote: 22 Feb 2023, 19:20 As expected akhirnya si Akio Toyodai terpental juga dari jabatan CEO TMC Japan. Start April 2023 digantikan Koji Sato setelah menimbulkan banyak kontroversi dengan berkoar-koar terus di media tentang masa depan ICE.
Juga kengototan yang keras kepala pada masa depan line up HEV dan FCEV padahal sudah terlihat jelas secara trend EV global menuju ke BEV.
Belum lagi kesalahan fatalnya menjual semua saham TMC Japan di Tesla Inc pada tahun 2017 padahal Tesla Inc sempat nyaris bangkrut tahun 2009 dan sangat terbantu dengan saham USD 50 juta TMC Japan di Tesla Inc tahun 2010. Juga termasuk pengalihan pabrik Fremont milik NUMMI (TMC & GM) yang berlokasi sangat strategis di Silicon Valley pada Tesla Inc. Worst decision by Akio Toyodai dilihat dengan sikon saat ini
Hmmm untung keturunan founder dan Japanese masih diiberi muka sebagai Chairman kalau tidak nasibya pasti menyusul Carlos "Mr Bean " Ghosn.

Source:

https://asia.nikkei.com/Business/Compan ... -president
ya gakpapa lah om dia mah ngomong gitu counter narrative juga ke bacotnya elon musk. lagi waktu masanya dia toyota malah balik diminati anak muda.

jauh si akio sama si mr bean yang jurusnya cuma phk phk sama cutting cost. akio mah itu yang terjadi kalo petrolheads punya banyak duit dan diwarisi perusahaan otomotif bakal lakuin. apalagi doi pembalap juga :mky_03:

lagi penerusnya mah gak beda jauh ama dia :mky_03: mungkin lbh fleksibel sikit tapi gak asal ikutin arus juga. jabatan dia sblm ini : chief engineer di lexus. buat dipercaya akio sebagai chief eng di brand eksklusifnya toyota sih artinya projek2 "gila" jg bakal tetep jalan :mky_03:
Yup, Akio tetap punya privilege sebagai putra mahkota TMC Japan. Jelas beda bumi dan langit dengan "Mr Bean" apalagi non Japanese.
Koji Sato hanya akan lip service tanpa power jika Akio hanya lengser untuk mengendalikan di belakang layar tanpa mencolok perhatian publik saat sebagai CEO TMC Japan.
We'll see hehehe
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by ilhami »

Jadi Anda benar-benar menghabiskan banyak energi untuk memisahkan hidrogen dan oksigen (dalam air). Kemudian Anda harus memberinya tekanan, ini juga membutuhkan banyak energi," ungkap Musk

"Dan jika Anda harus mencairkan hidrogen, ya Tuhan," lanjutnya.

Jadi Musk menyimpulkan diperlukan banyak energi hanya untuk mengubah air menjadi hidrogen kemudian untuk menyimpannya agar siap dipakai. Karena efisiensinya yang sangat rendah inilah ia merasa hidrogen merupakan salah satu bahan bakar paling 'konyol' untuk dikembangkan.

"Jumlah energi yang dibutuhkan untuk membuat hidrogen dan mengubahnya menjadi bentuk cair sangat mencengangkan. Ini adalah hal paling bodoh yang bisa saya bayangkan untuk penyimpanan energi," kata Musk lagi.

Baca artikel detikfinance, "Air Jadi Bahan Bakar Kendaraan Bermotor? Elon Musk Ngomong Begini Nih" selengkapnya https://finance.detik.com/energi/d-6822 ... begini-nih.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1064
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by Zaxis »

Si Elon otak ga nyampe aja
Itu nikuba teknologi alien ampe mau dibeli pelari and lambojini


Ini si Mr bean malah nyetir mobil hidrogen
https://www.drive.com.au/news/rowan-atk ... -hydrogen/
Last edited by Zaxis on 14 Jul 2023, 18:42, edited 1 time in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by b0ku »

ilhami wrote: 14 Jul 2023, 15:08 Jadi Anda benar-benar menghabiskan banyak energi untuk memisahkan hidrogen dan oksigen (dalam air). Kemudian Anda harus memberinya tekanan, ini juga membutuhkan banyak energi," ungkap Musk

"Dan jika Anda harus mencairkan hidrogen, ya Tuhan," lanjutnya.

Jadi Musk menyimpulkan diperlukan banyak energi hanya untuk mengubah air menjadi hidrogen kemudian untuk menyimpannya agar siap dipakai. Karena efisiensinya yang sangat rendah inilah ia merasa hidrogen merupakan salah satu bahan bakar paling 'konyol' untuk dikembangkan.

"Jumlah energi yang dibutuhkan untuk membuat hidrogen dan mengubahnya menjadi bentuk cair sangat mencengangkan. Ini adalah hal paling bodoh yang bisa saya bayangkan untuk penyimpanan energi," kata Musk lagi.

Baca artikel detikfinance, "Air Jadi Bahan Bakar Kendaraan Bermotor? Elon Musk Ngomong Begini Nih" selengkapnya https://finance.detik.com/energi/d-6822 ... begini-nih.



ini hidrogen om :big_biglaugh:

siapa yang mau beli mobil yang tangkinya gede malah bikin sempit :mky_07:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by darrelund »

Bibieight wrote: 22 Feb 2023, 20:56 Harusnya dilengsernya si dah dari dulu2 ini orang, kesalahan dia kan ndak bikin strategic partnership dengan produsen batere local macam Panasonic. gara2 dia pabrikan Jepang belun ada satupun yg pegang teknologi batere BEV in-house,minimal in-country. Akhirnya Toyota ama Honda kan terpaksa pake generik RRC, kalo ndak CATL ya BYD. Coba dia kagak ngeyel mestinya dah bisa itu kerjasama ama Panasonic. Nah sekarang kan akhirnya Panasonic ama Tesla, Hyundai ama SK-LG Chem. Lha kalo Toyota mau pake CATL atau BYD, beda dia ama Wuling,DFSK ama Cherry apa coba :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Kuatir2nya, dulu orang mana mau pake TV LG, maunya pake Sony kan, nah sekarang banyakan TV LG daripada Sony :big_bored: :big_bored: :big_bored: , kalo kejadian beneran si ini Akio bakal masuk buku pelajaran sekolah bisnis sih :big_peace: :big_peace: :big_peace:
lho bukannya sudah lama partner sama panasonic um? itu kan batere hibrid panasonic semua

si bezek jg utk drivetrain in house & batere panasonic

kecuali yg US AWD itu batere pake CATL :big_biglaugh:

tapi memang idealnya sejak model S keluar tuh, toyota ud ngeker pasar EV
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by darrelund »

Michaelktp wrote: 03 Mar 2023, 20:56 Yup, Akio tetap punya privilege sebagai putra mahkota TMC Japan. Jelas beda bumi dan langit dengan "Mr Bean" apalagi non Japanese.
Koji Sato hanya akan lip service tanpa power jika Akio hanya lengser untuk mengendalikan di belakang layar tanpa mencolok perhatian publik saat sebagai CEO TMC Japan.
We'll see hehehe
akio memang mundur di direksi

tapi belio skrg jadinya bisa fokus 100% ngurusin GR, yg hobinya belio jg :big_biglaugh:

emg ni toyota dijadiin playground belio skrg buat bikin yg aneh" :big_biglaugh:

kek kmrn AE86 hidrogen & EV kan project dia jg kayaknya
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by darrelund »

ChZ wrote: 23 Feb 2023, 10:23
ya gakpapa lah om dia mah ngomong gitu counter narrative juga ke bacotnya elon musk. lagi waktu masanya dia toyota malah balik diminati anak muda.

jauh si akio sama si mr bean yang jurusnya cuma phk phk sama cutting cost. akio mah itu yang terjadi kalo petrolheads punya banyak duit dan diwarisi perusahaan otomotif bakal lakuin. apalagi doi pembalap juga :mky_03:

lagi penerusnya mah gak beda jauh ama dia :mky_03: mungkin lbh fleksibel sikit tapi gak asal ikutin arus juga. jabatan dia sblm ini : chief engineer di lexus. buat dipercaya akio sebagai chief eng di brand eksklusifnya toyota sih artinya projek2 "gila" jg bakal tetep jalan :mky_03:
bener um

opa akio emg bikin toyota tuh "exciting" lagi

program balik lemans di 2014 kan hasil dia jg

supra, crown, GR Y, GR C & hampir semua lexus itu kan dia involve langsung turun tangan

saking niatnya sampe bikin test track baru kusus lexus :big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Mobil Hidrogen vs Mobil Listrik, siapa yang akan jadi pemenang ?

Post by ilhami »

b0ku wrote: 14 Jul 2023, 17:24
ini hidrogen om :big_biglaugh:

siapa yang mau beli mobil yang tangkinya gede malah bikin sempit :mky_07:
itu mobil buat proof of concept saja. Ya memang bisa dibuat tapi
- hidrogen molekulnya sangat kecil, sehingga bisa melewati pori-pori bahan apapun. Kalau mobil disimpan lama, hidrogen nya habis sendiri.
- resiko nya besar, tangki hidrogen butuh 700 bar. Kalau bocor rembes di garasi bisa meledak. Tukang balon gas aja kebakaran sampai korban tewas.
- transport hidrogen sulit, untuk mencairkan hidrogen butuh suhu dingin -250C, lebih sulit dari membuat nitrogen cair. Untuk memindahnya ke tangki SPBU rumit sekali.
- produksi hidrogen mahal. Mungkin menunggu reaktor FUSI bisa berjalan di bumi, sehingga ada energi melimpah. Tapi masih lebih praktis untuk mengecas baterai.

Apa yang bisa dibuat belum tentu efisien dan feasible untuk dijalankan. Contoh, gurun pasir kering bisa saja ditanami kalau ada air. Air bisa diambil dari desailinasi air laut, kemudian di pompa ke pegunungan, mengalir lagi sebagai sungai. Tapi, energi yang dibutuhkan akan sangat-sangat besar.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post