Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by mobilover »

Mnrt ane sih tipe yg worthed ada 2 :

1. Mau trondolan fitur yg penting harga murah dan lega, tipe G bensin. Kl mau lbh bertenaga dan irit bisa nyoba G hybrid

2. Mau full spek yg penting nyaman dan aman utk keluarga tipe Q good value juga. Safety dan equipmentnya cukup lengkap di price pointnya

Kl tipe V menurut ane tanggung yah. Memang masih 500 jt kecil tapi fiturnya juga kurang memuaskan.

Tapi memang kebangetan yah tipe G masih gak dapat electronic retract spion dan rear defogger. Itu seharusnya fitur basic utk mobil 400 jutaan haha. Tipe G benar2 spartan utk yg butuh mobil hanya utk transport pindah dr titik A ke titik B
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ZEXELGRIFONE »

Sory klo OOT..
Bagi yg kecewa akan Zenix..

https://otomotif.kompas.com/read/2022/1 ... i-otomatis

Klo menurut berita disini, Old reborn diesel dan manual masih tetep dijual, ga khusus fleet..
Hal senada juga diungkapkan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, dalam kesempatan terpisah. Menurut dia, aktivitas produksi Innova diesel dan manual masih dilakukan. Hanya saja kendaraan menggunakan model dan platform terdahulu, alias masih menggunakan nama Reborn belum Zenix sebagai generasi terbarunya. "Ini tidak hanya untuk fleet market, bagi perseorangan yang berminat bisa saja beli. Tetap kita sediakan tapi memang model lama," kata Warih.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 7:52 Platform bawaan memang beda om, tapi mengingat jenisnya MPV, kombo yang saya benci jadi satu, saya punya asumsi Zinix ini akan meninggalkan trademark tahan banting-nya ToyoDai. Ane nggak melihat perbedaan mendasar dengan kasta bawahnya (Raize, Veloz). Sistem hybrid ? No, No, No.
Torsion beam kalau di pikiran ane dipilih karena murni secara biaya paling murah... :big_bored:
Inget iklan jadul Innova, jualannya emang bukan di mesin atau desain kece tapi kaki-kaki tahan banting yang diperuntukkan di jalanan tidak mulus. Kayak berteriak, jangan bawa gw ke jalanan bagus dong, gw itu mobil keluarga yang dibuat untuk menemani waktu sedih kalian. Paham son? :big_smoking:
TBH, All New BRV tiba-tiba jadi terlihat lebih ganteng dan (di mata ane) telah menjadi pesaing se-kasta. Masih menyediakan pilihan Manual Transmission dalam platform yang sama, driving experience yang jelas bawaan Honda dari dulu, engine refinement yang selalu top, looks-nya cakep pula karena bukan selera Inspektur Vijay. Sisa H (tegak dan miring) yang beneran ngasih platform global di pasar lokal, merek lain malah maksain selera Ins.Vijay ke sini. :big_dunno:

Kalau bicara sedan, CVT+FWD+Monokok tentulah kombo top karena memang watak lahir mobil sedan yang beda ama MPV. But...but...but, this is MPV, medium size pula. Fix lah, ToyoDai sedang berbaik hati mau bagi2 kue market share ama merk lain.

Yeah, we can't go back. We can't. Nasib niche market. Mungkin pelan-pelan gw harus ganti mindset gw perkara modern standard ini. :big_cry:
Idem om, ane jg merasa dengan jadi zenix justru menghilangkan selling point sebuah kijang innova. Same case dgn avanza front wheel drive. Justru akan menjadi mobil yang ngga menonjol dibanding rivalnya dan mahal.

Kalau dulu fanboy avanza dihina sama fanboy ertiga sama xpander ya buktiin aja 5 tahun kemudian disiksa yg pake avanza masih senyum2, yg pake ertiga/xpander pusing link stabilizer shock racksteer dah kena :big_biglaugh:

Gpp om, ane kalo buat mobil hobi jg gak akan cari mobil baru :mky_03: mending main old BMW skrg rawatnya jd terdengar simple dibanding toyota baru :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re:Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ZombiEE »

Hello, ane silent reader selama ini
Cuma mau tanya apakah sudah ada yang test drive?
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by nyotsaeba »

Eh iya jg, 1 lg yg masih dipertahankan dr jaman ribon: spion retract cuma ada di v keatas, kirain tam uda tobat eh belum jg wkwkwk.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by RezPrat »

ChZ wrote: Tue Nov 22, 2022 7:02
ac235287 wrote: Tue Nov 22, 2022 6:49
Gak semua jg Om, tell that to Boeing 737MAX. Electrical/AI control buat safety sih bagus tapi fitur overwrite By Human nya mesti ttp ada harusnya. Ane waktu naksi d SG banyak sopir taxi bilang, fully autonomous car gak bakalan ada dalam selama d jalan Masi mix antara sopir manusia dan robot huehuehue, ada bener nya juga. :big_smoking:
yeap, failsafe / manual override itu wajib ada di semua benda bergerak. mau itu pesawat kereta mobil sampe mesin pabrik justru lebih safe kalau masih dibantu mechanical.

makanya ane bingung sama kendaraan sekarang ini siapa sih yang design, didesign sama millenial atau gen Z kayaknya gak ngerti fungsi e-brake / rem tangan itu apaan asal kliatan kayak scifi aja dibilang keren tinggal nyerocos di product presentation. failsafe mechanism kok bergantung sama arus listrik sistemnya ngambek di turunan ya wassalam nanti tinggal drama sue-sue an sama pabrikan.

masa selemah itu bocah sekarang narik rem tangan buat berenti lama aja gak kuat.
Khusus e-brake menurut ane mesti ada manual realease nya, ntah d tarok d kabin atau d luar Kabin. Sebab e brake kan pake motor, kalo motor nya panas/somegiw fail dan nge kunci, gak bisa d bawa tu mobil (di paksa bisa kebakar cakram sama kampas).
Jupiemx99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Jupiemx99 »

Zaxis wrote: Tue Nov 22, 2022 9:35 Beli mobil itu sesuai dgn kebutuhan dan kemampuan
Kalo butuh kaki2 kuat yah pilih Hilux
Kalo mau angkut 7 orang ya pake Fortuner
Kalo dana nya ga cukup ya pilih rush
:big_deal:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Duvebriliant0 »

ZEXELGRIFONE wrote: Tue Nov 22, 2022 9:44 Sory klo OOT..
Bagi yg kecewa akan Zenix..

https://otomotif.kompas.com/read/2022/1 ... i-otomatis

Klo menurut berita disini, Old reborn diesel dan manual masih tetep dijual, ga khusus fleet..
Hal senada juga diungkapkan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, dalam kesempatan terpisah. Menurut dia, aktivitas produksi Innova diesel dan manual masih dilakukan. Hanya saja kendaraan menggunakan model dan platform terdahulu, alias masih menggunakan nama Reborn belum Zenix sebagai generasi terbarunya. "Ini tidak hanya untuk fleet market, bagi perseorangan yang berminat bisa saja beli. Tetap kita sediakan tapi memang model lama," kata Warih.
di pricelistnya yg di website tam juga masih dicantumin tp Spot order
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Jupiemx99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Jupiemx99 »

darrelund wrote: Tue Nov 22, 2022 9:21
esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 7:52
ChZ wrote: Tue Nov 22, 2022 3:36
1. platformnya avanza dan innova itu tidak plek walau konstruksi kaki-kakinya sama. avanza pakai DNGA (sama dgn raize dan vios), innova pakai TNGA-C (corolla cross).

2. kalau soal we cannot have nice things ane setuju makanya ane sangat rewel kok suspensinya gak multilink? banyak pabrikan yang dulu sempet pake torsion akhirnya balik pake independent lagi krn overall balance independent suspension lebih baik untuk dapat nyaman sekaligus presisi. apalagi untuk level harga segini dan ngincer pasarnya CR-V. CR-V saja di gen 5 bisa nyaman dan pengendaliannya tetap presisi.

terus yang ane kesal kenapa sih suspensi canggih atau mesin kenceng selalu katanya mobil ga buat nikung-nikung spirited driving padahal there's more to intelligent engineering than just "buat ngebut" atau "buat nikung".

dan kalau ngomong gini juga, corolla altis baru malah pakai multilink.

3. ya harus diakui soal connected-ness dan direct-ness mobil lama tuh ga ad lawan. tapi we can't go back, menilainya harus pakai modern standard. dan masih ada beberapa pabrikan yang effort untuk menghadirkan such experience. walaupun tentu saja karena orang seperti om dan saya ini niche market, mobil-mobil yang purposely built untuk ini jadi mahal (civic type R, nissan Z, porsche 911, etc). sementara kalo budget economy car ya omongannya selalu bbm irit muat banyak dan asal gelinding jadi engineeringnya selalu as simple dan as cheap as possible.

makanya ane gak fancy electric or hybrid cars. zero mechanical feel in it. dulu orang mau bikin mobil efisien ya mikir, cuma dikasih jatah mesin 1500cc gasoline NA ya gimana caranya mobil biar gak berat tapi sekaligus safe. chassis dan suspension engineeringnya jalan, main material ringan kasi aluminium body atau carbon composite.

sekarang bodo amat soal berat, udah ada magical instant torque. mobil berat 2ton cuma bisa jalan lurus ya bodo amat nikungnya kacau.
Platform bawaan memang beda om, tapi mengingat jenisnya MPV, kombo yang saya benci jadi satu, saya punya asumsi Zinix ini akan meninggalkan trademark tahan banting-nya ToyoDai. Ane nggak melihat perbedaan mendasar dengan kasta bawahnya (Raize, Veloz). Sistem hybrid ? No, No, No.
Torsion beam kalau di pikiran ane dipilih karena murni secara biaya paling murah... :big_bored:
Inget iklan jadul Innova, jualannya emang bukan di mesin atau desain kece tapi kaki-kaki tahan banting yang diperuntukkan di jalanan tidak mulus. Kayak berteriak, jangan bawa gw ke jalanan bagus dong, gw itu mobil keluarga yang dibuat untuk menemani waktu sedih kalian. Paham son? :big_smoking:
TBH, All New BRV tiba-tiba jadi terlihat lebih ganteng dan (di mata ane) telah menjadi pesaing se-kasta. Masih menyediakan pilihan Manual Transmission dalam platform yang sama, driving experience yang jelas bawaan Honda dari dulu, engine refinement yang selalu top, looks-nya cakep pula karena bukan selera Inspektur Vijay. Sisa H (tegak dan miring) yang beneran ngasih platform global di pasar lokal, merek lain malah maksain selera Ins.Vijay ke sini. :big_dunno:

Kalau bicara sedan, CVT+FWD+Monokok tentulah kombo top karena memang watak lahir mobil sedan yang beda ama MPV. But...but...but, this is MPV, medium size pula. Fix lah, ToyoDai sedang berbaik hati mau bagi2 kue market share ama merk lain.

Yeah, we can't go back. We can't. Nasib niche market. Mungkin pelan-pelan gw harus ganti mindset gw perkara modern standard ini. :big_cry:
sebagus bagusnya BRV ttp aja itu mobil b-segment digedein :big_biglaugh:

zenix itu c-segment a.k.a setara CRV, ud gtu sharing platform sama lexus UX. beda kasta

MPV jg ga mesti ladder rwd, diluar sana MPV ya fwd + cvt + monokok, odisei aja begitu kan :big_biglaugh:

zenix is built to a price point, makanya ada sacrifice tertentu. dan mobil yg besar jg ofc pakai bahan lebih banyak & enjineering lebih lama krn ni mobil harus akomodasi banyak use case

skrg ladder modern ad TNGA-F, zenix bs aja pke itu. cuma klo jd mahal bgt siap bayar ga?

enjineering bukan cm soal mau pke enjin ap, mau pke suspensi ap. tapi harus mikirin cost jg um........................

klo pengen produk toyota yg hasil selfish enjinir, ya LC300 itu.........
Tapi kenapa brv tidak begitu laku ya.. dibandingkan dengan xpander atau avanza.. bahkan lebih laku hrv yg lebih mahal.. :big_think:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Re:Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

ZombiEE wrote: Tue Nov 22, 2022 10:15 Hello, ane silent reader selama ini
Cuma mau tanya apakah sudah ada yang test drive?
denger dri sdh coba di hyatt kmrn

resonate sama kyk ripiuer

enak, khas monokok c-segment bantingannya

smooth, body movement lumayan terkontrol. ev mode lumayan senyap
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

Jupiemx99 wrote: Tue Nov 22, 2022 11:08
Tapi kenapa brv tidak begitu laku ya.. dibandingkan dengan xpander atau avanza.. bahkan lebih laku hrv yg lebih mahal.. :big_think:
kalo di segmentnya brv itu tahun ini 3 besar mulu om cuma ntah berapa bulan ini melorot mulu mungkin emang lagi genjot HRV yang indennya banyak tapi hrv dah mulai ready stock juga :mky_03:

kalo bandingin jgn xpander sama avanza karena brv ud gak maen disitu dulu itu tugasnya mobilio brv sainganya xpander cross xl7 sama rushter
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by black2345 »

ChZ wrote: Tue Nov 22, 2022 10:01
esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 7:52
Idem om, ane jg merasa dengan jadi zenix justru menghilangkan selling point sebuah kijang innova. Same case dgn avanza front wheel drive. Justru akan menjadi mobil yang ngga menonjol dibanding rivalnya dan mahal.

Kalau dulu fanboy avanza dihina sama fanboy ertiga sama xpander ya buktiin aja 5 tahun kemudian disiksa yg pake avanza masih senyum2, yg pake ertiga/xpander pusing link stabilizer shock racksteer dah kena :big_biglaugh:

Gpp om, ane kalo buat mobil hobi jg gak akan cari mobil baru :mky_03: mending main old BMW skrg rawatnya jd terdengar simple dibanding toyota baru :big_biglaugh:
User old r3 2012 & ol niu hadir.. hahaha

Memang ga sebadak avanza sih kaki2 ertiga ini, tp yg ertiga old pake dari baru sampe 7th, terakhir dijual km tercatat sekitar 140rb. Sering bawa muatan jg dr sby-solo-jogja dimana waktu itu trans javabahn blm ada, jd bs dibayangkan ikut ngehajar lubang2 di daerah caruban waktu musim hujan

Selama 6th kaki2 yg rusak cm racksteer (3x klaim krn masih garansi & diganti free) setelah itu ndak rusak lagi & shock depan yg tiba2 mati di th ke 4

Kemudian ganti ol niu th 2019, mobil masih dipake smp skrg, km uda 40rb sekian dan yg bikin heran ini kaki2nya awet bener, meskipun ada harga yg harus dibayar dgn mengorbankan kenyamanan (jujur lebih nyaman old r3 dibanding yg ol niu). Kondisi ban & velg jg uda di up ke ring 16 pake bawaan merk sebelah.. hehehe
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Tue Nov 22, 2022 10:01
esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 7:52 Platform bawaan memang beda om, tapi mengingat jenisnya MPV, kombo yang saya benci jadi satu, saya punya asumsi Zinix ini akan meninggalkan trademark tahan banting-nya ToyoDai. Ane nggak melihat perbedaan mendasar dengan kasta bawahnya (Raize, Veloz). Sistem hybrid ? No, No, No.
Torsion beam kalau di pikiran ane dipilih karena murni secara biaya paling murah... :big_bored:
Inget iklan jadul Innova, jualannya emang bukan di mesin atau desain kece tapi kaki-kaki tahan banting yang diperuntukkan di jalanan tidak mulus. Kayak berteriak, jangan bawa gw ke jalanan bagus dong, gw itu mobil keluarga yang dibuat untuk menemani waktu sedih kalian. Paham son? :big_smoking:
TBH, All New BRV tiba-tiba jadi terlihat lebih ganteng dan (di mata ane) telah menjadi pesaing se-kasta. Masih menyediakan pilihan Manual Transmission dalam platform yang sama, driving experience yang jelas bawaan Honda dari dulu, engine refinement yang selalu top, looks-nya cakep pula karena bukan selera Inspektur Vijay. Sisa H (tegak dan miring) yang beneran ngasih platform global di pasar lokal, merek lain malah maksain selera Ins.Vijay ke sini. :big_dunno:

Kalau bicara sedan, CVT+FWD+Monokok tentulah kombo top karena memang watak lahir mobil sedan yang beda ama MPV. But...but...but, this is MPV, medium size pula. Fix lah, ToyoDai sedang berbaik hati mau bagi2 kue market share ama merk lain.

Yeah, we can't go back. We can't. Nasib niche market. Mungkin pelan-pelan gw harus ganti mindset gw perkara modern standard ini. :big_cry:
Idem om, ane jg merasa dengan jadi zenix justru menghilangkan selling point sebuah kijang innova. Same case dgn avanza front wheel drive. Justru akan menjadi mobil yang ngga menonjol dibanding rivalnya dan mahal.

Kalau dulu fanboy avanza dihina sama fanboy ertiga sama xpander ya buktiin aja 5 tahun kemudian disiksa yg pake avanza masih senyum2, yg pake ertiga/xpander pusing link stabilizer shock racksteer dah kena :big_biglaugh:

Gpp om, ane kalo buat mobil hobi jg gak akan cari mobil baru :mky_03: mending main old BMW skrg rawatnya jd terdengar simple dibanding toyota baru :big_biglaugh:
Klo gw nganggepnya sih platform “kijang” udah beneran disuntik mati pas kluar zenix ..

Harusnya nama Innova Reborn ya yg generasi baru launch skarang ini.. yg lama udah disuntik mati sampe platform2 dan mesinnya, terus reborn lagi jadi FWD + Monocoque + CVT + New Engine :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kendibocor »

Ottomannya fix cuman di tipe tertinggi ya (Q HV)?
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by DOHC »

ChZ wrote: Tue Nov 22, 2022 8:03
DOHC wrote: Tue Nov 22, 2022 7:58 btw, kayanya pakem kijang awet dipake ampe ke pelosok bener2 perlu dibuktikan neh

enjin 2000 cc diperes abis2an tenaga nya ampe 170an PS (honda R20 ama K20 aj kalah ini) , beda banget ama si males 1TR yg cuman 139 ps, walaupun di trade off ama awet nya yg kebangetan
ni enjin kan nyontek punya masda mbah. harusnya kuat-kuat aja :mky_03:
cuman beda perlakuan mbah

kan tipikal masda user itu kalangan beduit yg peduli mobil , makanya mo diperes abis2an jg gapapa

kl inofa kan tipikal mobil travel gelap sulawesi sana, atau jd mobil2 plaat merah yg prawatan mirip mikrolet kopami

nah makanya seru neh, tes kekuatan dan keawetan inofa baru, bsa ga seawet gen 1TR kakak2 nya dgn prawatan ala mikrolet kopami
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

"Soal fuel consumption, jadi fuel consumption mobil diesel yang lama itu kira-kira 1 liter banding 14 km. Yang baru, bahkan yang bensinnya saja sudah 1 liter banding 15 km sekian. Apalagi yang hybrid 1 liter banding 21 km. Jadi dari sisi keiritan, baik bensin maupun hybrid lebih irit dibandingkan yang diesel," kata Anton.

Lanjut Anton, Innova Zenix punya mesin baru, bobot lebih ringan dan power to weight ratio lebih baik. Akselerasi 0-100 km/jam pun diklaim lebih baik dibanding diesel.

"Jadi harapan kami, konsumen bisa mencoba langsung bagaimana keiritan dan performa mobil yang baru ini," tukasnya.

Baca artikel detikoto, "Komparasi Mesin Hybrid Innova Zenix dengan Mesin Diesel Innova Reborn" selengkapnya https://oto.detik.com/mobil/d-6420689/k ... ova-reborn.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

Udah ga bisa nenggak solar 6800 perak lagi, itu aja intinya 😁
Devidpg
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Apr 22, 2017 15:24

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Devidpg »

Apa benar yg Hybrid mesti nenggak Pertabo? Krn kompresi 1:14.
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by slowipah »

G & V ga ada foglamp & drl? Kembali ke mbl 20 taon lalu
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

apa salah lihat ya, semua nggak ada foglamp nya
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Duvebriliant0 »

foglamp cuma di tipe Q knp gitu ya? vios baru jg engga ada foglamp
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by XMTdeluxe »

KielConstantine wrote: Tue Nov 22, 2022 12:53
Klo gw nganggepnya sih platform “kijang” udah beneran disuntik mati pas kluar zenix ..

Harusnya nama Innova Reborn ya yg generasi baru launch skarang ini.. yg lama udah disuntik mati sampe platform2 dan mesinnya, terus reborn lagi jadi FWD + Monocoque + CVT + New Engine :big_biglaugh:
Hahahaha... ada juga yg sepemikiran dengan saya. Harusnya ini lebih pas disebut reborn. Yg kmrn innova gendut. Zenix seharusnya menanggalkan nama Kijang, karena melekat kesan durability dan simpel (sederhana). Zenix lebih pesolek hitech.
Zenix batch-1 kira2 akan ada "defect" apa ya Om2? GNKI non euro isu boros kalau tdk salah ya? ANKI putu jedug. Menarik sih, but wise man says: only fools rush in 😂
Wait and see dulu melihat isunya. Jangan2 ntar kayak merk pilihan org pintar: di bwh 10 ribu km kaki2 sdh gluduk2, gak sampai 1 tahun batre (aki) mati 🤣🤣, racksteer tiap tahun hrs ganti atau kudu diteplon :ngacir:
Secara mesin+transmisi sdh proven jg di voxy, harusnya gada isu di sektor itu
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

XMTdeluxe wrote: Tue Nov 22, 2022 19:36
KielConstantine wrote: Tue Nov 22, 2022 12:53
Klo gw nganggepnya sih platform “kijang” udah beneran disuntik mati pas kluar zenix ..

Harusnya nama Innova Reborn ya yg generasi baru launch skarang ini.. yg lama udah disuntik mati sampe platform2 dan mesinnya, terus reborn lagi jadi FWD + Monocoque + CVT + New Engine :big_biglaugh:
Hahahaha... ada juga yg sepemikiran dengan saya. Harusnya ini lebih pas disebut reborn. Yg kmrn innova gendut. Zenix seharusnya menanggalkan nama Kijang, karena melekat kesan durability dan simpel (sederhana). Zenix lebih pesolek hitech.
Zenix batch-1 kira2 akan ada "defect" apa ya Om2? GNKI non euro isu boros kalau tdk salah ya? ANKI putu jedug. Menarik sih, but wise man says: only fools rush in 😂
Wait and see dulu melihat isunya. Jangan2 ntar kayak merk pilihan org pintar: di bwh 10 ribu km kaki2 sdh gluduk2, gak sampai 1 tahun batre (aki) mati 🤣🤣, racksteer tiap tahun hrs ganti atau kudu diteplon :ngacir:
Secara mesin+transmisi sdh proven jg di voxy, harusnya gada isu di sektor itu


Klo dilihat isu sodaranya 1 platform salah satunya Corolla, lbh ke rack steer yaa.

Kl mesin sama Transmisi sih biasanya buat ToyoDai gak ada crucial issue.

Rack steer umurnya pendek ini jd issue krn implementasi EPS, apalagi klo ada teknologi sensing2an, ada tambahan lagi mekanikal buat gerakin steering :upss:
Last edited by Suryaputra on Tue Nov 22, 2022 23:29, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by grimjow »

Innova Zenix Q HV kalau vs Fortuner VRZ 2.8 diesel mirip2 ya harganya. Power di atas kertas menang Fortuner, walaupun motor listrik Zenix akan lebih bantu di akselerasi awal.
Running cost mungkin akan tetap lebih murah Fortuner kalau dihitung selisih harga baterei Zenix yang lumayan puluhan juta dengan versi non hybrid nya.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by walid_007 »

XMTdeluxe wrote: Tue Nov 22, 2022 19:36
KielConstantine wrote: Tue Nov 22, 2022 12:53
Klo gw nganggepnya sih platform “kijang” udah beneran disuntik mati pas kluar zenix ..

Harusnya nama Innova Reborn ya yg generasi baru launch skarang ini.. yg lama udah disuntik mati sampe platform2 dan mesinnya, terus reborn lagi jadi FWD + Monocoque + CVT + New Engine :big_biglaugh:
Hahahaha... ada juga yg sepemikiran dengan saya. Harusnya ini lebih pas disebut reborn. Yg kmrn innova gendut. Zenix seharusnya menanggalkan nama Kijang, karena melekat kesan durability dan simpel (sederhana). Zenix lebih pesolek hitech.
Zenix batch-1 kira2 akan ada "defect" apa ya Om2? GNKI non euro isu boros kalau tdk salah ya? ANKI putu jedug. Menarik sih, but wise man says: only fools rush in 😂
Wait and see dulu melihat isunya. Jangan2 ntar kayak merk pilihan org pintar: di bwh 10 ribu km kaki2 sdh gluduk2, gak sampai 1 tahun batre (aki) mati 🤣🤣, racksteer tiap tahun hrs ganti atau kudu diteplon :ngacir:
Secara mesin+transmisi sdh proven jg di voxy, harusnya gada isu di sektor itu
merk apa tuh om
engine roaring!