Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26571
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by DOHC »

gwsecretc wrote: 29 Oct 2022, 23:32
DOHC wrote: 29 Oct 2022, 18:20
benzz89 wrote: 29 Oct 2022, 14:14

Ya om kelep, ini ownernya jg keep stock original settingan fabriek, yg bawa jg sopirnya dulu, solar msh dpt 1:12 lumayan iritlah di jamannya krn manual sih yah.

Mesin 2KD sih memang di set under tune ama si boyota, biar bisa jalan 2 juta KM kek nya hahaha. Yg ane bingung itu kok injector jg msh aman jaya yah, secara ownernya kl ane liat sih awan di mobil & mesin, secara letak turbo aja beliau kurang begitu tau dimana posisinya.

Innova 2005 - 2015 sih memang mobil perang yg sesungguhnya, ribon 2GD mulai lemon kualitasnya, turbo & matic awal2 aja sdh putu & jeduk, shock breaker sampah semua rata2, ntah nanti zenix akan jd gimana ketangguhannya, mengingat kastanya sdh makin dinaikkan lg oleh boyota... hybrid + FWD + CVT

Fortuner 2KD ane beli dr baru, sdh 12 taon kaki2 & shockbreaker msh bawaan fabriek, jalan sdh 154 rebu KM gak ada kendala sama sekali di semua sektor, mobil paling badak yg pernah ane pake selama ini. Mau jual krn sdh bosen pake banget tp kok baca2 sharing pembeli mobil baru banyak banget lemonnya hahaha
sebenernya gen kijang paling badak itu kayanya gen inofa sblom reborn deh.. sasis gede kuat, enjin bebas ngebul pdhal ud bolak balik ke bulan

bahkan gen kapsul, kotak, doyok, buaya, aj ga segitu badak nya

rebon pun sebenernya jg masi ckup badak koq, d ig ama yutub ud banyak yg tembus odo ratusan rebu , cuman emg belom terbukti sperti gen inofa sblom nya

zenix ?? menarik utk ditunggu neh, body gambot, FWD, CVT, koq kaya resep mobil buat jalan2 cantik ke mall doank ya :upss: :upss:
Setuju banget sama mbah. Kalo standaran pabrik emang kijang inopa gen 1 paling kuat dah, kalo gen 2 alias reborn mesti dibenahi sedikit di shock sama disc brake ganti aftermarket yang lebih kuat, sisanya udah lumayan kok.

Btw mbah, ada ribon 2gd mt 2018 di tiktod udah jalan 500an rb, keknya dah hampir 600 rb, masalah di mesin hanya timing chain yang mulai kendor jadi berisik. Itu pun modal ownernya pake oli straight 40 ganti per 10rb km dan full biosol polos :big_slap:
Rebon seh walaupun blm terbukti kaya gen inofA awal, tp kita orang yakin seh bakal sama kuat nya koq, paling agak letoy d kaki2 aj dbanding inofa awal, wajar seh mobil lebi gede dan berat tp parts masi sama ama yg dulu nya

500 rebu baru ganti rante keteng mah emg suda layak dan spantas nya om, kbangetan pelit nya itu malah kl masi pake bawaan nya :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1850
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by KielConstantine »

Profith83 wrote: 30 Oct 2022, 08:36 Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
Wadaw kalo baru odo 90k sehh bebae mbah…. Bebae ditanyain pak haji, trus ditawar mau dilepas nggak mobilnya :mky_07:

Punya ane aj tempo hari pas pasang kaca film full set, lepas yg lama. Malah ditanyain sama owner tuh toko kf

“Mobilnya mau dilepas kg koh???” :drinking:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
XMTdeluxe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by XMTdeluxe »

DOHC wrote: 30 Oct 2022, 11:01 Lagian 2KD kan emg diciptain utk "selamanya"

Kl ampe ngebul pun, tinggal ke toyota sunter beli liner baru, ganti piston ring dkk, metal2, dan ready utk another 1 million km
Baru tahu saya kalau 2KD pakai liner. Mirip jaman VW kodok/combi dl ya Mbah?
Kalau 2GD juga pakai model liner tdk Mbah?
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1205
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by benzz89 »

Profith83 wrote:
KielConstantine wrote: 30 Oct 2022, 02:46
benzz89 wrote: 29 Oct 2022, 14:14 Mesin 2KD sih memang di set under tune ama si boyota, biar bisa jalan 2 juta KM kek nya hahaha. Yg ane bingung itu kok injector jg msh aman jaya yah, secara ownernya kl ane liat sih awan di mobil & mesin, secara letak turbo aja beliau kurang begitu tau dimana posisinya.

Innova 2005 - 2015 sih memang mobil perang yg sesungguhnya, ribon 2GD mulai lemon kualitasnya, turbo & matic awal2 aja sdh putu & jeduk, shock breaker sampah semua rata2, ntah nanti zenix akan jd gimana ketangguhannya, mengingat kastanya sdh makin dinaikkan lg oleh boyota... hybrid + FWD + CVT

Fortuner 2KD ane beli dr baru, sdh 12 taon kaki2 & shockbreaker msh bawaan fabriek, jalan sdh 154 rebu KM gak ada kendala sama sekali di semua sektor, mobil paling badak yg pernah ane pake selama ini. Mau jual krn sdh bosen pake banget tp kok baca2 sharing pembeli mobil baru banyak banget lemonnya hahaha
Tempo hari aja gw diceritain sama si mbah sat a.k.a bebonk satria_wr . Doi bilang ada 2kd (di indo tentunya) spek tuned ganti turbo sekitar 300hp. Ud jalan odo 400k kilometer masih baik2 aja :big_biglaugh:



Ini sih gw jg bakal pake terus deh 2kd, kg tau sampe kapan. Udah cucok bener. Perawatan mudah murah, solar 6800 buat full tank kurleb abis Rp 300 ribuan. Kabin muat banyak pula. Odo read skarang di 136k kilo masih geli2 lah :upss:

Yang kalah malah BBK nya tuu kampas rem ud pernah ganti soale pas maret awal taon ini. Keknya klo pake rem original toyota bisa lama abisnya kali tuh kampas, walaupun ngerem senen kemis

Oh iya shock aftermarket profender surprisingly masih awet, udah jalan 2 tahun nih
Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
Profith83 wrote:
Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
2KD ane ganti timing belt di KM 138 rebu umur 10 taon, pas di liat msh bagus itu belt nya om, gak ada retak2 sama sekali, sekalian ganti waterpump deh krn kl ganti waterpump hrs bongkar timing belt, ribet itu posisinya di belakang timing belt.

Waterpump jg msh bagus, gak ada indikasi leaking atau gimana sih, makanya ane simpen aja itu waterpump bawaan fabrieknya, sayang dibuang hahahha... ada yg inform itu waterpump katanya mulai leaking di KM 250 ribuan, jd better pake aja terus sampe ada indikasi leaking, sayang bawaan fabriek lebih robust. Thermostat jg ganti yg 76°C

Intinya pd puas yah pake 2KD baik ipah maupun fortuner, gak pernah nyusahin sama sekali, isi solar basi aja idup dia hahahah... Maticnya si aisin A3040 jg gak kalah gila kuatnya, kombinasi maut ini Image

kayanya akan menjadi legenda terakhir yg super duper robust dr boyota.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26571
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by DOHC »

XMTdeluxe wrote: 30 Oct 2022, 12:18
DOHC wrote: 30 Oct 2022, 11:01 Lagian 2KD kan emg diciptain utk "selamanya"

Kl ampe ngebul pun, tinggal ke toyota sunter beli liner baru, ganti piston ring dkk, metal2, dan ready utk another 1 million km
Baru tahu saya kalau 2KD pakai liner. Mirip jaman VW kodok/combi dl ya Mbah?
Kalau 2GD juga pakai model liner tdk Mbah?
Dl perna nanya2 ke toko sparepart mbah, mreka ad jual koq liner nya, dikasi liat malah aseli ad embos laser toyota beaerta qr code nya

Isusu panter yg 4ja1 jg masi pake liner mbah, rata2 taon sgitu kayanya enjin2 disel masi pake liner
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26571
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 29 Oct 2022, 21:47

Pengen ane saranin buat jd bahan konten yutupnya si eurohaus benz spencer hoki aja sih hahahah... doi pan baru selesai bikin konten restorasi pajero sport dgn KM "baru" 400 rebu, yg katanya sdh jalan bolak balik ke bulan.

Hmmmm,

Nick mbah benz 89, si joni2 jg benz... ngana orang yg sama kah ? :big_biglaugh:

Btw, si ben yg joni2 kl kita orang blg aga kelewatan jg tu isengin si kenny duda duda mulu buat jd bahan ceng2an konten, ntar kualat ktularan duda aj, ngakak liat nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1205
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by benzz89 »


DOHC wrote:
benzz89 wrote: 29 Oct 2022, 21:47

Pengen ane saranin buat jd bahan konten yutupnya si eurohaus benz spencer hoki aja sih hahahah... doi pan baru selesai bikin konten restorasi pajero sport dgn KM "baru" 400 rebu, yg katanya sdh jalan bolak balik ke bulan.

Hmmmm,

Nick mbah benz 89, si joni2 jg benz... ngana orang yg sama kah ? :big_biglaugh:

Btw, si ben yg joni2 kl kita orang blg aga kelewatan jg tu isengin si kenny duda duda mulu buat jd bahan ceng2an konten, ntar kualat ktularan duda aj, ngakak liat nya
Wakwkwk... kebetulan nick nya aja yg sama mbah...

Saksi idup mbah marmut tuh Image

Maksudnya mungkin buat promosiin si kenny kl mbah, mana tau yg nonton kebetulan jande bahenol, pan lumayan kl nyangkut.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26571
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 30 Oct 2022, 14:26
DOHC wrote:
benzz89 wrote: 29 Oct 2022, 21:47

Pengen ane saranin buat jd bahan konten yutupnya si eurohaus benz spencer hoki aja sih hahahah... doi pan baru selesai bikin konten restorasi pajero sport dgn KM "baru" 400 rebu, yg katanya sdh jalan bolak balik ke bulan.

Hmmmm,

Nick mbah benz 89, si joni2 jg benz... ngana orang yg sama kah ? :big_biglaugh:

Btw, si ben yg joni2 kl kita orang blg aga kelewatan jg tu isengin si kenny duda duda mulu buat jd bahan ceng2an konten, ntar kualat ktularan duda aj, ngakak liat nya
Wakwkwk... kebetulan nick nya aja yg sama mbah...

Saksi idup mbah marmut tuh Image

Maksudnya mungkin buat promosiin si kenny kl mbah, mana tau yg nonton kebetulan jande bahenol, pan lumayan kl nyangkut.
hoo beda orang

kirain sama, :upss: :upss:

kl ampe sama bearti bang angga / koh aming yg dimaksut = mbah 69 donk :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
XMTdeluxe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by XMTdeluxe »

DOHC wrote: 30 Oct 2022, 13:30
XMTdeluxe wrote: 30 Oct 2022, 12:18
DOHC wrote: 30 Oct 2022, 11:01 Lagian 2KD kan emg diciptain utk "selamanya"

Kl ampe ngebul pun, tinggal ke toyota sunter beli liner baru, ganti piston ring dkk, metal2, dan ready utk another 1 million km
Baru tahu saya kalau 2KD pakai liner. Mirip jaman VW kodok/combi dl ya Mbah?
Kalau 2GD juga pakai model liner tdk Mbah?
Dl perna nanya2 ke toko sparepart mbah, mreka ad jual koq liner nya, dikasi liat malah aseli ad embos laser toyota beaerta qr code nya

Isusu panter yg 4ja1 jg masi pake liner mbah, rata2 taon sgitu kayanya enjin2 disel masi pake liner
Saya dulu pernah bantu turun mesin mobil temen, VW yg 1303 gitu kodenya? blok mesinnya pakai model liner, bkn model casting block. Enak juga saya pikir, bisa tiap tahun perawan mesinnya asal ada duitnya, hahahaha...
Kalau 2GD juga pakai model liner, agak nyesel jg kmrn ngambil bensin.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26571
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by DOHC »

XMTdeluxe wrote: 30 Oct 2022, 15:10
DOHC wrote: 30 Oct 2022, 13:30
XMTdeluxe wrote: 30 Oct 2022, 12:18

Baru tahu saya kalau 2KD pakai liner. Mirip jaman VW kodok/combi dl ya Mbah?
Kalau 2GD juga pakai model liner tdk Mbah?
Dl perna nanya2 ke toko sparepart mbah, mreka ad jual koq liner nya, dikasi liat malah aseli ad embos laser toyota beaerta qr code nya

Isusu panter yg 4ja1 jg masi pake liner mbah, rata2 taon sgitu kayanya enjin2 disel masi pake liner
Saya dulu pernah bantu turun mesin mobil temen, VW yg 1303 gitu kodenya? blok mesinnya pakai model liner, bkn model casting block. Enak juga saya pikir, bisa tiap tahun perawan mesinnya asal ada duitnya, hahahaha...
Kalau 2GD juga pakai model liner, agak nyesel jg kmrn ngambil bensin.
beberapa enjin2 blok yg masi besi cor (palagi utk heavy duty usage) , masi pake liner mbah , bahkan aluminium jg, cuman beda nya kl di aluminium , liner besi nya d "las" ke dinding silinder nya alias ga bsa di copot pasang lg (misal : enjin nya kemri)

btw, copot pasang liner kl mo yg proper ga segampang itu mbah, stelah di pasang kadang masi musti dibawa ke tukang bubut lg buat "rapihin", cuman biasanya sehh jarang pake banget yah ampe ganti liner sgala, kcuali klep patah, piston pecah, pecahan busi, water hammer, baru deh ganti liner

lah knapa nyesel ambil 1TR, ini jg pake liner koq, malah ini selaen masalah bensin boros dan boyo nya, justru lebi badak dan less maintenance dbanding 2KD , palagi 2GD
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4413
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by Profith83 »

benzz89 wrote: 30 Oct 2022, 13:04
Profith83 wrote:
KielConstantine wrote: 30 Oct 2022, 02:46

Tempo hari aja gw diceritain sama si mbah sat a.k.a bebonk satria_wr . Doi bilang ada 2kd (di indo tentunya) spek tuned ganti turbo sekitar 300hp. Ud jalan odo 400k kilometer masih baik2 aja :big_biglaugh:



Ini sih gw jg bakal pake terus deh 2kd, kg tau sampe kapan. Udah cucok bener. Perawatan mudah murah, solar 6800 buat full tank kurleb abis Rp 300 ribuan. Kabin muat banyak pula. Odo read skarang di 136k kilo masih geli2 lah :upss:

Yang kalah malah BBK nya tuu kampas rem ud pernah ganti soale pas maret awal taon ini. Keknya klo pake rem original toyota bisa lama abisnya kali tuh kampas, walaupun ngerem senen kemis

Oh iya shock aftermarket profender surprisingly masih awet, udah jalan 2 tahun nih
Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
Profith83 wrote:
Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
2KD ane ganti timing belt di KM 138 rebu umur 10 taon, pas di liat msh bagus itu belt nya om, gak ada retak2 sama sekali, sekalian ganti waterpump deh krn kl ganti waterpump hrs bongkar timing belt, ribet itu posisinya di belakang timing belt.

Waterpump jg msh bagus, gak ada indikasi leaking atau gimana sih, makanya ane simpen aja itu waterpump bawaan fabrieknya, sayang dibuang hahahha... ada yg inform itu waterpump katanya mulai leaking di KM 250 ribuan, jd better pake aja terus sampe ada indikasi leaking, sayang bawaan fabriek lebih robust. Thermostat jg ganti yg 76°C

Intinya pd puas yah pake 2KD baik ipah maupun fortuner, gak pernah nyusahin sama sekali, isi solar basi aja idup dia hahahah... Maticnya si aisin A3040 jg gak kalah gila kuatnya, kombinasi maut ini Image

kayanya akan menjadi legenda terakhir yg super duper robust dr boyota.
gak salah 10 thn 138 rb?
Kapan hari 7 thn 70rb saya ganti, kuatir karetnya getas.
Tapi kalau sudah gantian biarpun ORI, apa berani tunggu 10 thn atau 100rb lagi mbah?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4413
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by Profith83 »

KielConstantine wrote: 30 Oct 2022, 11:39
Profith83 wrote: 30 Oct 2022, 08:36 Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
Wadaw kalo baru odo 90k sehh bebae mbah…. Bebae ditanyain pak haji, trus ditawar mau dilepas nggak mobilnya :mky_07:

Punya ane aj tempo hari pas pasang kaca film full set, lepas yg lama. Malah ditanyain sama owner tuh toko kf

“Mobilnya mau dilepas kg koh???” :drinking:
Sayang ini mobil gak akan saya jual mbah, mesinnya itu loh karakternya saya suka. RPM 2000 sd 2500 an terus ke luar kota Surabaya Bali, mesinnya gak ada penurunan performa sama sekali.
Tidak kencang tapi juga tidak turun peforma nya.

Nah 2GD itu kencang tarikannya, tapi performa gampang turun kalau sering main RPM 2000 sd 2500.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26571
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by DOHC »

Profith83 wrote: 31 Oct 2022, 13:09
KielConstantine wrote: 30 Oct 2022, 11:39
Profith83 wrote: 30 Oct 2022, 08:36 Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
Wadaw kalo baru odo 90k sehh bebae mbah…. Bebae ditanyain pak haji, trus ditawar mau dilepas nggak mobilnya :mky_07:

Punya ane aj tempo hari pas pasang kaca film full set, lepas yg lama. Malah ditanyain sama owner tuh toko kf

“Mobilnya mau dilepas kg koh???” :drinking:
Sayang ini mobil gak akan saya jual mbah, mesinnya itu loh karakternya saya suka. RPM 2000 sd 2500 an terus ke luar kota Surabaya Bali, mesinnya gak ada penurunan performa sama sekali.
Tidak kencang tapi juga tidak turun peforma nya.

Nah 2GD itu kencang tarikannya, tapi performa gampang turun kalau sering main RPM 2000 sd 2500.
yg namanya inofa jangan dijual mbah , uda ga ad lg mpv casis truk kaya gini lg

bentar lg yg kuar soalnya inofa banci, cuman buat jalan2 cantik ke mall doank , dbawa jalan jelek bsa sakit jantung btulin kaki2 nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1205
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by benzz89 »

Profith83 wrote:
benzz89 wrote: 30 Oct 2022, 13:04
Profith83 wrote: Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
Profith83 wrote:
Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
2KD ane ganti timing belt di KM 138 rebu umur 10 taon, pas di liat msh bagus itu belt nya om, gak ada retak2 sama sekali, sekalian ganti waterpump deh krn kl ganti waterpump hrs bongkar timing belt, ribet itu posisinya di belakang timing belt.

Waterpump jg msh bagus, gak ada indikasi leaking atau gimana sih, makanya ane simpen aja itu waterpump bawaan fabrieknya, sayang dibuang hahahha... ada yg inform itu waterpump katanya mulai leaking di KM 250 ribuan, jd better pake aja terus sampe ada indikasi leaking, sayang bawaan fabriek lebih robust. Thermostat jg ganti yg 76°C

Intinya pd puas yah pake 2KD baik ipah maupun fortuner, gak pernah nyusahin sama sekali, isi solar basi aja idup dia hahahah... Maticnya si aisin A3040 jg gak kalah gila kuatnya, kombinasi maut ini Image

kayanya akan menjadi legenda terakhir yg super duper robust dr boyota.
gak salah 10 thn 138 rb?
Kapan hari 7 thn 70rb saya ganti, kuatir karetnya getas.
Tapi kalau sudah gantian biarpun ORI, apa berani tunggu 10 thn atau 100rb lagi mbah?
Profith83 wrote:
benzz89 wrote: 30 Oct 2022, 13:04
Profith83 wrote: Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi

Profith83 wrote:
Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
2KD ane ganti timing belt di KM 138 rebu umur 10 taon, pas di liat msh bagus itu belt nya om, gak ada retak2 sama sekali, sekalian ganti waterpump deh krn kl ganti waterpump hrs bongkar timing belt, ribet itu posisinya di belakang timing belt.

Waterpump jg msh bagus, gak ada indikasi leaking atau gimana sih, makanya ane simpen aja itu waterpump bawaan fabrieknya, sayang dibuang hahahha... ada yg inform itu waterpump katanya mulai leaking di KM 250 ribuan, jd better pake aja terus sampe ada indikasi leaking, sayang bawaan fabriek lebih robust. Thermostat jg ganti yg 76°C

Intinya pd puas yah pake 2KD baik ipah maupun fortuner, gak pernah nyusahin sama sekali, isi solar basi aja idup dia hahahah... Maticnya si aisin A3040 jg gak kalah gila kuatnya, kombinasi maut ini Image

kayanya akan menjadi legenda terakhir yg super duper robust dr boyota.
gak salah 10 thn 138 rb?
Kapan hari 7 thn 70rb saya ganti, kuatir karetnya getas.
Tapi kalau sudah gantian biarpun ORI, apa berani tunggu 10 thn atau 100rb lagi mbah?
Sebenarnya kan di KM 150 ribu itu indikator T-belt akan nyala mbah di speedometer. Ane ganti di tempat mbah Marmut waktu itu, fotonya msh ane simpan, timing belt bawaan pabriknya pun msh ane simpan hahahah...

Habis ganti waktu itu ane belum re-setting T-belt indicatornya & beneran nyala pas odo di 150 ribu. Baca2 di sini kl gak salah ada yg putus itu T-belt di KM 250 ribu, mungkin lupa atau gimana itu ownernya, padahal kan ada indikator pengingat di speedo.

Pas nyala ane setting next ganti di 100 ribu KM/5-6 taon... yg ntah kapan nyampenya, mungkin sdh keburu dilepas mobilnya kali. Image

Btw si mbah waktu itu hanya ganti "belt"nya thok? Gak ganti ama teman2nya? Kaya bearing tensioner + tensionernya (tonjokan)? biasanya sih 1 paket itu 3 part penggantian utk timing belt, imho yah.
User avatar
romi10
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: 17 Oct 2014, 10:16
Location: Tebet

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by romi10 »

Profith83 wrote: 30 Oct 2022, 08:36
KielConstantine wrote: 30 Oct 2022, 02:46
benzz89 wrote: 29 Oct 2022, 14:14

Mesin 2KD sih memang di set under tune ama si boyota, biar bisa jalan 2 juta KM kek nya hahaha. Yg ane bingung itu kok injector jg msh aman jaya yah, secara ownernya kl ane liat sih awan di mobil & mesin, secara letak turbo aja beliau kurang begitu tau dimana posisinya.

Innova 2005 - 2015 sih memang mobil perang yg sesungguhnya, ribon 2GD mulai lemon kualitasnya, turbo & matic awal2 aja sdh putu & jeduk, shock breaker sampah semua rata2, ntah nanti zenix akan jd gimana ketangguhannya, mengingat kastanya sdh makin dinaikkan lg oleh boyota... hybrid + FWD + CVT

Fortuner 2KD ane beli dr baru, sdh 12 taon kaki2 & shockbreaker msh bawaan fabriek, jalan sdh 154 rebu KM gak ada kendala sama sekali di semua sektor, mobil paling badak yg pernah ane pake selama ini. Mau jual krn sdh bosen pake banget tp kok baca2 sharing pembeli mobil baru banyak banget lemonnya hahaha
Tempo hari aja gw diceritain sama si mbah sat a.k.a bebonk satria_wr . Doi bilang ada 2kd (di indo tentunya) spek tuned ganti turbo sekitar 300hp. Ud jalan odo 400k kilometer masih baik2 aja :big_biglaugh:



Ini sih gw jg bakal pake terus deh 2kd, kg tau sampe kapan. Udah cucok bener. Perawatan mudah murah, solar 6800 buat full tank kurleb abis Rp 300 ribuan. Kabin muat banyak pula. Odo read skarang di 136k kilo masih geli2 lah :upss:

Yang kalah malah BBK nya tuu kampas rem ud pernah ganti soale pas maret awal taon ini. Keknya klo pake rem original toyota bisa lama abisnya kali tuh kampas, walaupun ngerem senen kemis

Oh iya shock aftermarket profender surprisingly masih awet, udah jalan 2 tahun nih
Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
Ane juga uda bilang sm bini mau pake selamanya, sampe2 mau nambah 2kd satu lg antara barong atau vnt buat anter anak sekolah

Bener2 pake ini mobil rasanya ga pernah ngerepotin, dan nurut bgt di ajak ngapain aja

Meski dr luar org liatnya uda mobil jadul tp mereka ga tau ada kekuatan apa yg ada di balik kap mesin

:big_weee:
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Mohon Sharing Pengalaman Klaim Garansi Shockbreaker Bocor ANKI di Auto 2000

Post by well »

romi10 wrote: 31 Oct 2022, 15:02
Profith83 wrote: 30 Oct 2022, 08:36
KielConstantine wrote: 30 Oct 2022, 02:46

Tempo hari aja gw diceritain sama si mbah sat a.k.a bebonk satria_wr . Doi bilang ada 2kd (di indo tentunya) spek tuned ganti turbo sekitar 300hp. Ud jalan odo 400k kilometer masih baik2 aja :big_biglaugh:



Ini sih gw jg bakal pake terus deh 2kd, kg tau sampe kapan. Udah cucok bener. Perawatan mudah murah, solar 6800 buat full tank kurleb abis Rp 300 ribuan. Kabin muat banyak pula. Odo read skarang di 136k kilo masih geli2 lah :upss:

Yang kalah malah BBK nya tuu kampas rem ud pernah ganti soale pas maret awal taon ini. Keknya klo pake rem original toyota bisa lama abisnya kali tuh kampas, walaupun ngerem senen kemis

Oh iya shock aftermarket profender surprisingly masih awet, udah jalan 2 tahun nih
Saya juga mau pakai selamanya. 2012 2KD AT, Kilometer masih 90rb hahahah

Saya suka sekali karakter mesinnya, ringan gitu dan garing.
Kayak setelan dari pabriknya ke arah power seminim mungkin dan material di mesin nya juga bagus.
Sehingga oli, liner dan metal, dll semua yang beroperasi jadinya sangat minim stress, alias pakai oli mesran saja cukup.

Kalau 2GD stress oli lebih tinggi karena ada chain di dalam mesin (timing chain).
Kalau 2KD pakai belt lebih bagus karena olinya tidak melumasi chain, hanya melumasi gear.

Memang 2KD perawatan tiap 100rb atau 7 thn ganti timing belt. 800rb belt +800rb jasa. Tapi mending begitu drprd stress mesin dan oli jadi tinggi
Ane juga uda bilang sm bini mau pake selamanya, sampe2 mau nambah 2kd satu lg antara barong atau vnt buat anter anak sekolah

Bener2 pake ini mobil rasanya ga pernah ngerepotin, dan nurut bgt di ajak ngapain aja

Meski dr luar org liatnya uda mobil jadul tp mereka ga tau ada kekuatan apa yg ada di balik kap mesin

:big_weee:
menurut saya yg sayang gearboxnya 4speed, jd klo dibawa transjawa berasa hi rpm. coba klo 6 speed sprt reborn, mantab, bs lbh santai mesinnya untuk toll transjawa..
Tennoheika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: 03 Jul 2017, 17:48
Location: Tangerang
Daily Vehicle: B-6619-ges

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Tennoheika »

Kentang08 wrote: 27 Jan 2020, 01:32 Malam semua suhu2.
Saya mau curhat panjang ttg mbl saya.
1,5 thn lalu saya ada beli innova 2008. Diesel G AT. Kilometer sudah cukup tinggi. Tapi rawatan bengkel resmi. Saya cek sendiri mblnya juga cukup segar. Memang pada saat saya test drive. Pada saat start awal mau jalan. Mobil terasa lemot. Tp saya pikir paling filter2 kotor dan butuh purging sdh cukup. Akhirnya saya tebus kah mbl tsb krn sudah kadung suka. Satu minggu setelah tebus. Saya lgsg bawa jalan jkt-bandung. Agak tersiksa ternyata. Mbl terasa lemot. Bahkan pada saat di hotel di kota bdg, mau najak kelur parkir basement saja mblnya ga sanggup nanjak. Harus ancang2 agak jauh. Baru sanggup nanjak.
Pulang dari bdg, lgsg saya ganti oli mesin, filter oli, purging, filter solar. Filter udara msh sangat bagus. Ekspektasi saya hrsnya sdh kembali normal tenaganya. Krn saya pernah bawa innova diesel 2010 dan 2011 tenaganya ga separah ini lemotnya. Ternyata hanya sedikit membaik. Saya coba bersihkan egr. throttle body juga. Akhirnya egr saya tutup. Wastegate saya ganjel 3 ring. Itu tenaga sdh membaik tp belum ketahap mbl yg tenaganya normal. Alias msh kategori lemot. Akhirnya saya agak pasrah. Saya pake2 dulu saja.
Bulan 9 thn kmrn, petaka terjadi. Di tol jorr cakung saya lg speed 80km/h, saya lg akselerasi, posisi gigi 3 mau masuk lari 100km/h. Tiba2 engine ada bunyi bletak, dan lgsg stall. Jarum rpm 0. Indikator posisi spt lg check engine. Saya liat temperatur aman di bwh setengah. Sambil gliding sisaan speed td, saya minggir ke bahu jalan. Ada kira2 30 menit saya nunggu mesin spy lbh dingin, sambil cek ada rembea atau cairan apa yg keluar dr blok mesin. Jujur saya kira stang piston patah dan hajar blok mesin atau timing belt putus. Ternyata ga ada tanda2 apa pun. Saya coba angkat dipstick ternyata oli sudah tdk tersentuh oleh dipstick. Wah. Kurang oli. Saya coba beranikan diri utk starter engine. Lgsg nyala, tp langsung kasar ada bunyi tek tek tek. Saya cuma bs pasrah, saya coba cari bgkl terdekat. Setir cuma pelan2 sekali. Spy ga memperparah. Saya cari bgkl utk beli oli. Saya isi kira2 2 liter utk darurat saja. Lgsg saya bw plg mblnya.
Bsk nya sy msk bengkel, lgsg vonis turun mesin. Hrs cek seluruhnya. Mesin di bongkar. Dan akhirnya di diagnosa, dinding liner sdh kemakan. Oli msk ruang bakar. Akhirny di putus kan utk ganti boring liner. Oversize di kembalikan 0. Beli piston dan ring original. Oversize 0. Metal duduk, metal jalan, metal setengah jalan. Semua di ganti. Packing set ganti. Thermostat sekalian ganti. Selang radiator ganti atas bawah.
Nah, yg jd mslh skrg. Mbl terasa sangat lemot. Tadinya sblm turun mesin sdh lemot, skrg malah tmbh lemot. Kmrn akhir tahun saya bawa jkt sby. Utk lari 100km/jam Arah jkt-sby via tol. Itu sangat sulit. Hrs overdrive ke gigi 3. Itu jg sdh di paksa bejek habis baru sanggup lari 100km/h.
Jujur budget saya sdh habis utk bnrin mbl. Tp sampe skrg mbl kondisinya ga enak banget. Powernya drop bgt. Kira2 ada miss dimana ya. Sdh cek timing belt. Titiknya sdh bnr. Filter solar sdh saya ganti original dan kuras tangki. Msh ga efek. Mbl terasa ga ada tenaga. Kalo cuaca adem atau hujan, itu terasa enak. Tp kl cuaca panas. Sangat parah. Tenaganya kaya hilang.
Kalo posisi pagi2 baru di hidupkan. Lgsg kita bawa jalan. Di injak gas, rpm hampir ga mau reaksi utk naik. Jd kaya ngempos gitu. Kira2 mslh dimana ya suhu2. Jujur saya hopeless. Mbl satu2nya dan budget sudah habis. Krn ga sangka turun mesin dan belanja barang2nya semahal itu.
Terima kasih mimin dan suhu2.
ini case udah lama sih, tapi siapa tau bermanfaat. cek postingan bro Kentang08 juga stop saat casenya belom solved jadi saya anggap belom solved.

barusan liat video ada fortuner lama yg udah pake MAF sensor & MAP sensor. gigi 1 ok, gigi 2 mulai lemot, gigi 3 lemot parah dst. ternyata ada kebocoran di selang menuju MAP sensor yg dari manifold ke filter sebelum MAP sensor.
si mekanik cek pake scanner, nilai MAP sensornya stuck di 100 Kpa dari idle s/d revving 2000 rpm. sementara fuel pressure & nilai MAF sensornya naik sesuai kenaikan rpm.

videonya :
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: 02 Apr 2017, 13:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dieselmani4 »

Baca2 user 2KD disini pgn keep mobilnya, kyknya sy jg keep aja deh, walo tergoda sm 2gd.
Type V matic 2012. Km 163rb. Ganti tbelt di km 140rb
Bbm bios + aditip. Remap + IC. Kons bbm 1:12 kombinasi. Oli gunta ganti cari diskonan di onlen.. hehehe.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5464
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by nugroho bagor »

Dieselmani4 wrote: 17 Nov 2022, 20:07 Baca2 user 2KD disini pgn keep mobilnya, kyknya sy jg keep aja deh, walo tergoda sm 2gd.
Type V matic 2012. Km 163rb. Ganti tbelt di km 140rb
Bbm bios + aditip. Remap + IC. Kons bbm 1:12 kombinasi. Oli gunta ganti cari diskonan di onlen.. hehehe.
:big_smoking: Keep Om, jangan ganti, nambah boleh :upss:
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: 02 Apr 2017, 13:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Dieselmani4 »

nugroho bagor wrote: 18 Nov 2022, 05:12
Dieselmani4 wrote: 17 Nov 2022, 20:07 Baca2 user 2KD disini pgn keep mobilnya, kyknya sy jg keep aja deh, walo tergoda sm 2gd.
Type V matic 2012. Km 163rb. Ganti tbelt di km 140rb
Bbm bios + aditip. Remap + IC. Kons bbm 1:12 kombinasi. Oli gunta ganti cari diskonan di onlen.. hehehe.
:big_smoking: Keep Om, jangan ganti, nambah boleh :upss:
Siaap om
akio7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 13 Aug 2019, 08:05

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by akio7 »

Liat stock filter solar sakura f11112 sudah habis, untuk beli di market place online toko hijau selain di Official Store sakura yang aman di toko apa ya hu?
2015 - Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 A/T
Post Reply