Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
sendguruh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: 12 May 2008, 09:07

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by sendguruh »

bedil wrote: 14 Nov 2022, 07:53 daripada liat copy paste link terus .

ini keluhan saya alami terhadap pemakaian wuling 3 minggu ini :
- indikator sisa jarak tempuh NGAWUR .. kalo pakai jarak deket aj sih gpp .. kalo jarak jauh sih repot .. misal hitungan jarak 100km .. ternyata realnya 60km SKPLU masih 80 km yah gimana :big_chicken:
jadi hitungannya baterai x 3 km .. baterai 100% x 3 = 300km .. kalo baterai 50% berarti sisa nya 150 .. hitungannya 1% per 3 km padahal realnya ga segitu ..
kalo hitungan saya sih jarak tempuh selama saya pakai 100% mungkin sekitar 220 - 240 km mode kendara normal ..kondisi rute campur macet dan lancar ..
mungkin kalo mode eco dan bawanya <50km/jam bisa 300 km , soalnya kalo saya liat lari di atas 50km / jam .. konsumsi listrik lumayan boros..

- sudah 3x , coba matikan mesin dari tombol pintu eror , padahal semua sudah benar .. akhirnya pake remot atau buka tutup pintu lagi baru bisa ..

- istri saya pakai pas lampu merah , posisi iseng di ke P .. lalu mau ke D .. shiftingnya seperti loss padahal sudah injek rem .. dicoba berkali2 baru bisa pindah .. ini baru 1 x .. mungkin jg panik / injek remnya kurang dalam pas shifting .. setelah itu sih ga pernah lagi

- posisi tombol power window dan rem tangan elekterik berdekatan , berapa kali mau naikin jendela yang kepegang rem tangan elektrik :big_bored:

sementara itu aja dulu
makasih infonya
Bibieight
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bibieight »

kendibocor wrote: 16 Nov 2022, 11:09 Yg ane penasaran kenapa pemerintah seakan rada maksain EV ya. G20 mobil EV semua ya, IKN target semua moblis. Secara kita jg masih jd konsumen doang, blm bisa produksi EV buatan nasional. Apa gara2 banyak nikel doang disini yg bisa ditambang?
Kalo ini si jawabannya jelas, subsidi bensin IDR 500 trilyun setahun, belinya dari luar negeri, pake USD pula, kalo ilang seperempat aja, dah bisa dipake buat subsidi yang lain kan. Nah listrik kan pake batubara yang ditambang disini, bener pemerintah beli ke tambang pake USD, tapi kan bisa dikonter pake pajak export batubara. Eg : harga internasyonel USD 400, pemerintah beli USD 400, pajak export USD 300, selama export > pemakaian dalam negeri kan sama harga batubara USD 100 :big_peace: :big_peace: :big_peace: ...
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2851
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

kendibocor wrote: 16 Nov 2022, 11:09 Yg ane penasaran kenapa pemerintah seakan rada maksain EV ya. G20 mobil EV semua ya, IKN target semua moblis. Secara kita jg masih jd konsumen doang, blm bisa produksi EV buatan nasional. Apa gara2 banyak nikel doang disini yg bisa ditambang?

Apa udah ada studi tuh pemerintah kalo EV udah brp persen dsri jumlah mobil yg beredar apa infrastruktur mendukung. Yg uda keliatan jelas aja SPKLU ga nambah banyak2 banget, blm lg yg saya blg diatas kalo sampe ada antrian panjang saat public holiday gmn. Apa tetep aja kebijakannya kaya sebelum2nya, uda terjadi dlu masalahnya baru mikir penyelesaiannya gmn. Emang sih menurut ane pribadi jg EV ga bakalan jadi mayoritas dlm 10-20 thn lg. Tp kita sendiri aja bangun infrastruktur lambat banget. Apa bisa nanti infrastrukturnya support EV kalo nanti udah menjamur.

Ane ga ngerti ttg perlistrikan, tp kalo emang gitu artinya ya memang bener kalo mo alih ke EV ya ga cuman segamoang menyiapkan SPKLU doang. Infrastruktur yg harus diubah dan ditambah banyak sekali jadinya. Kayaknya sulit kalo mo established di p. Jawa. Tp mayoritas ekonomi dan duit adanya di p.jawa, penjualan EV jg mayoritas di jawa. Bingung kan :big_chicken:
nah itu dia om saya lupa sama yang kek gini padahal dulu berapa kali saya ngitung2x kek gini hasilnya gak pernah masuk diakal bahkan saya pernah sampe ngitungin mall di amerika kalo semua parkirannya pake wall charger hasilnya bisa bikin beberapa unit kapal induk gerald ford yang notabe PLTNnya bisa di pake buat ngecharge,itu baru wall charger belom supercharger dan belom itung2xan perawatan itu chargernya sayang lupa comment dimana yang pasti di fb sih :big_think:

ya lagian ini sih video pernah saya share



nah sekelas ameriki aja pejabatnya kek gini gimana pejabat kita om kek rencananya cuma ngeflow aja dulu ngomongnya cuma pokoknya bisa :big_think:

kalo menurut saya kek rencana yang emang pada tau bakalan fail tapi kalo di push akan maksa perusahan minyak dan otomotif keluar dengan solusi baru jd gak ada ruginya di coba ditambah emang katanya emang mau ngurangin greenhouses gas yang ud diambang batas jd ud desperate juga :big_think:

toh gara2x ev kita jadi tau bahwa air itu officially bisa jadi bahan bakar dengan diproses dicampur CO2 :ngacir:

padahal dari dulu kan selalu disangka hoax :big_biglaugh:

belom alternatif alternatif laen yang dalam proses pengembangan karena juga sudah desperate :big_biglaugh:
Bibieight wrote: 16 Nov 2022, 11:23
Kalo ini si jawabannya jelas, subsidi bensin IDR 500 trilyun setahun, belinya dari luar negeri, pake USD pula, kalo ilang seperempat aja, dah bisa dipake buat subsidi yang lain kan. Nah listrik kan pake batubara yang ditambang disini, bener pemerintah beli ke tambang pake USD, tapi kan bisa dikonter pake pajak export batubara. Eg : harga internasyonel USD 400, pemerintah beli USD 400, pajak export USD 300, selama export > pemakaian dalam negeri kan sama harga batubara USD 100 :big_peace: :big_peace: :big_peace: ...

keknya emang gitu om targetnya gak akan pernah semua tapi kalo 20%-40% aja pake listrik ud ngurangin beban subsidi :big_biglaugh:

menurut saya lama2x emang keliatanya kagak realistis mau ngeban combustion tapi bisa ngepush ngurangin orang pake bbm in the end keliatan emang EV ini cuma bakalan jadi opsi drivetrain kayak diesel :mky_03:

apalagi kalo motor banyak yang jadi listrik dari awal sih kalo motor listrik saya setuju karena motor harganya gak seberapa cuma kalo mobil kesian orang2x yang cuma sanggup beli mobil bekas 40-50jt abis itu disuruh beli batre puluhan sampe ratusan juta kalo rusak :big_biglaugh:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1512
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by lemonadelovers »

gimana ga tekor listriknya klo yg diitung cuma output charger DC misal 25Kw / 50Kw.. jelas2 pake charger ada perubahan arus yg menimbulkan loss.. DC 25Kw input arus AC bsa diatasnya lg tergantun efisiensinya

abis liat d YT vlog ioniq 5 #019 d timestamp 5:12 charger fast charging 50kW input AC 400v 143A 98kW output DC 50kW afau AC 43kW. klo dipikir2 efisiensi chargernya msh cukup boros ya dr rasio input vs output :big_think:
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by nyotsaeba »

lemonadelovers wrote:gimana ga tekor listriknya klo yg diitung cuma output charger DC misal 25Kw / 50Kw.. jelas2 pake charger ada perubahan arus yg menimbulkan loss.. DC 25Kw input arus AC bsa diatasnya lg tergantun efisiensinya

abis liat d YT vlog ioniq 5 #019 d timestamp 5:12 charger fast charging 50kW input AC 400v 143A 98kW output DC 50kW afau AC 43kW. klo dipikir2 efisiensi chargernya msh cukup boros ya dr rasio input vs output :big_think:
Artinya kita ngitung biaya rp/km nya meleset dong?

Kan selama ini kita itung ngecharge batere 20kwh misalnya, langsung itung biaya listrik misal rp1700/kwh x 20 = 34 ribu.

Padahal belum tentu charge 20kwh itu makan listriknya 20kwh juga, bisa jadi perlu 30 kwh.
Bibieight
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Bibieight »

Kita mbayarnya di outputnya koq, jadi kalo kita isi di charge.in 25 kW, itu keluar dari colokan ya 25 kW. Pertama kali ngecas DC sy pernah itung, kalo I5 kan per 1%=0.72 kWh, beli 21 kWh harusnya naiknya kan kurang dari 30% kan, ini naik setrumnya malah jadi 30%.

Kalo saya liat di YT itu pas dia nunjuk pelat di mesin (koreksi lho kalo ada yang punya ilmu elektro), itu mesin punya kapasitas 98kW (input 400V dengan 143A) yang bisa dibagi ke 2 nozzle @ 50 kW, satu CCS satu ChaDeMo, nah jadi kalo ada 2 mobil ngecas bersamaan dayanya ndak dibagi dua. Nah saya seneng kalo ketemu mesin ABB gini.

Soalnya mesin Delta yg di km 207A & km 208B itu kayaknya ndak gini, input 50 kW, tapi bisa colok 2 mobil sekaligus alias paroan, ini bikin masalah kalo kita bikin planning waktu pake kapasitas penuh, harusnya selesai 15 menit bisa2 selesai 30 menit, yg cilaka lagi mesin 208B kayaknya dah mulai lelah, kalo di 207A begitu tetangganya pergi outputnya naik, kalo yang di 208B outputnya tetep paroan aja :big_bored: :big_bored: :big_bored: ...

Nah yang enak kalo yang barengan Wuling, dia-nya pakenya AC jadi ndak perlu paroan konverter DC :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Jadi kayaknya kalo mau buka SPKLU itu yang perlu cari tau PLN ngitungnya dari mana, apa dari nozzle atau dari kabel masuk mesin charger, kalo dari nozzle enak, kalo dari kabel masuk perlu cari mesin yg efisiensi tinggi, kalo ndak bisa boncos bayar loss rate.
ac235287
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 249
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ac235287 »

bedil wrote: 14 Nov 2022, 07:53 daripada liat copy paste link terus .

ini keluhan saya alami terhadap pemakaian wuling 3 minggu ini :
- indikator sisa jarak tempuh NGAWUR .. kalo pakai jarak deket aj sih gpp .. kalo jarak jauh sih repot .. misal hitungan jarak 100km .. ternyata realnya 60km SKPLU masih 80 km yah gimana :big_chicken:
jadi hitungannya baterai x 3 km .. baterai 100% x 3 = 300km .. kalo baterai 50% berarti sisa nya 150 .. hitungannya 1% per 3 km padahal realnya ga segitu ..
kalo hitungan saya sih jarak tempuh selama saya pakai 100% mungkin sekitar 220 - 240 km mode kendara normal ..kondisi rute campur macet dan lancar ..
mungkin kalo mode eco dan bawanya <50km/jam bisa 300 km , soalnya kalo saya liat lari di atas 50km / jam .. konsumsi listrik lumayan boros..

- sudah 3x , coba matikan mesin dari tombol pintu eror , padahal semua sudah benar .. akhirnya pake remot atau buka tutup pintu lagi baru bisa ..

- istri saya pakai pas lampu merah , posisi iseng di ke P .. lalu mau ke D .. shiftingnya seperti loss padahal sudah injek rem .. dicoba berkali2 baru bisa pindah .. ini baru 1 x .. mungkin jg panik / injek remnya kurang dalam pas shifting .. setelah itu sih ga pernah lagi

- posisi tombol power window dan rem tangan elekterik berdekatan , berapa kali mau naikin jendela yang kepegang rem tangan elektrik :big_bored:

sementara itu aja dulu
Haha selamat datang di dunia pure EV om, di Motor Listrik ane juga gitu, range tidak sesuai Spec d atas kertas, sampe ane bikin tuh ban sekeras batu itupun masi 80% claim range pabrikan. Makanya ane buat mobil EV wait and see dulu sebab gambling sama uang ratusan JT (bahkan miliaran).
ac235287
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 249
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ac235287 »

Bibieight wrote: 16 Nov 2022, 14:36 Kita mbayarnya di outputnya koq, jadi kalo kita isi di charge.in 25 kW, itu keluar dari colokan ya 25 kW. Pertama kali ngecas DC sy pernah itung, kalo I5 kan per 1%=0.72 kWh, beli 21 kWh harusnya naiknya kan kurang dari 30% kan, ini naik setrumnya malah jadi 30%.

Kalo saya liat di YT itu pas dia nunjuk pelat di mesin (koreksi lho kalo ada yang punya ilmu elektro), itu mesin punya kapasitas 98kW (input 400V dengan 143A) yang bisa dibagi ke 2 nozzle @ 50 kW, satu CCS satu ChaDeMo, nah jadi kalo ada 2 mobil ngecas bersamaan dayanya ndak dibagi dua. Nah saya seneng kalo ketemu mesin ABB gini.

Soalnya mesin Delta yg di km 207A & km 208B itu kayaknya ndak gini, input 50 kW, tapi bisa colok 2 mobil sekaligus alias paroan, ini bikin masalah kalo kita bikin planning waktu pake kapasitas penuh, harusnya selesai 15 menit bisa2 selesai 30 menit, yg cilaka lagi mesin 208B kayaknya dah mulai lelah, kalo di 207A begitu tetangganya pergi outputnya naik, kalo yang di 208B outputnya tetep paroan aja :big_bored: :big_bored: :big_bored: ...

Nah yang enak kalo yang barengan Wuling, dia-nya pakenya AC jadi ndak perlu paroan konverter DC :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Jadi kayaknya kalo mau buka SPKLU itu yang perlu cari tau PLN ngitungnya dari mana, apa dari nozzle atau dari kabel masuk mesin charger, kalo dari nozzle enak, kalo dari kabel masuk perlu cari mesin yg efisiensi tinggi, kalo ndak bisa boncos bayar loss rate.
AC to DC converter biasanya efficiency cuma 75%, abis d capacitor sama bridge rectifier nya Om. Apalagi kalo pake alat2 murahan...ya makin ancur efficiency nya.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1850
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by KielConstantine »

b0ku wrote: 16 Nov 2022, 12:05 apalagi kalo motor banyak yang jadi listrik dari awal sih kalo motor listrik saya setuju karena motor harganya gak seberapa cuma kalo mobil kesian orang2x yang cuma sanggup beli mobil bekas 40-50jt abis itu disuruh beli batre puluhan sampe ratusan juta kalo rusak :big_biglaugh:
Kejem itu sih om… bayangin aja klo mobil Combustion beneran punah trus mau beli baru udah kg ada ATPM yg jual. Mau cari yg combustion paling lari ke unit bekas, itu juga mungkin rata2 udah jadi rongsok2 atau unit pajangan museum doank ..

Mau cari mobkas yg mudaan, dipasaran cuman ada EV & hybrid… nah drama dimulai dari situ deh :e-think:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2851
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: 17 Nov 2022, 08:17
Kejem itu sih om… bayangin aja klo mobil Combustion beneran punah trus mau beli baru udah kg ada ATPM yg jual. Mau cari yg combustion paling lari ke unit bekas, itu juga mungkin rata2 udah jadi rongsok2 atau unit pajangan museum doank ..

Mau cari mobkas yg mudaan, dipasaran cuman ada EV & hybrid… nah drama dimulai dari situ deh :e-think:
makannya concern saya dari awal disitu saya bukanya takut sama EV kalo mereka bisa kompetisi di fair market mah bodo amat lah ini ban ban ban padahal combustion itu kadang orang pake sampe gembel juga gelinding, dan itu nolong mereka pergi ke tempat kerja, soalnya ya adek saya ud ngalamin dia beli accord 2000 dollar di amrik ac koit, body ancur pokoknya ya buat dia itu mobil asal bisa gelinding dan matic dia ud seneng soalnya dia kerja di resort dan jauh aksesnya ya cuma kendaraan pribadi :big_biglaugh:

ya itu kayak video yang saya kirim yang suffer ntar middle income class ke bawah, padahal saya ud concern kek gitu dari sebelom itu video nongol...... apalagi ngeliat gembel atau hobo di amrik sono malah punya mobil di banding rumah dan mereka bisa loh idup di mobil :big_bored:
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1976
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

KielConstantine wrote: 17 Nov 2022, 08:17
b0ku wrote: 16 Nov 2022, 12:05 apalagi kalo motor banyak yang jadi listrik dari awal sih kalo motor listrik saya setuju karena motor harganya gak seberapa cuma kalo mobil kesian orang2x yang cuma sanggup beli mobil bekas 40-50jt abis itu disuruh beli batre puluhan sampe ratusan juta kalo rusak :big_biglaugh:
Kejem itu sih om… bayangin aja klo mobil Combustion beneran punah trus mau beli baru udah kg ada ATPM yg jual. Mau cari yg combustion paling lari ke unit bekas, itu juga mungkin rata2 udah jadi rongsok2 atau unit pajangan museum doank ..

Mau cari mobkas yg mudaan, dipasaran cuman ada EV & hybrid… nah drama dimulai dari situ deh :e-think:
Idealnya sih kalo "cuma" sanggup beli mobil 40-50jt ya NANTI ga layak punya mobil ya. Karena ganti baterenya pun lebih mahal dari mobil (asumsi harga batere masih mahal). Harusnya pake public transport. Tp ya itu ngomong idealnya, kenyataannya sih sampe saat ini masih jauh dari harapan, apalg public transport kita jg pembangunan ga merata :big_slap:
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1850
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by KielConstantine »

b0ku wrote: 17 Nov 2022, 08:25
KielConstantine wrote: 17 Nov 2022, 08:17
Kejem itu sih om… bayangin aja klo mobil Combustion beneran punah trus mau beli baru udah kg ada ATPM yg jual. Mau cari yg combustion paling lari ke unit bekas, itu juga mungkin rata2 udah jadi rongsok2 atau unit pajangan museum doank ..

Mau cari mobkas yg mudaan, dipasaran cuman ada EV & hybrid… nah drama dimulai dari situ deh :e-think:
makannya concern saya dari awal disitu saya bukanya takut sama EV kalo mereka bisa kompetisi di fair market mah bodo amat lah ini ban ban ban padahal combustion itu kadang orang pake sampe gembel juga gelinding, dan itu nolong mereka pergi ke tempat kerja, soalnya ya adek saya ud ngalamin dia beli accord 2000 dollar di amrik ac koit, body ancur pokoknya ya buat dia itu mobil asal bisa gelinding dan matic dia ud seneng soalnya dia kerja di resort dan jauh aksesnya ya cuma kendaraan pribadi :big_biglaugh:

ya itu kayak video yang saya kirim yang suffer ntar middle income class ke bawah, padahal saya ud concern kek gitu dari sebelom itu video nongol...... apalagi ngeliat gembel atau hobo di amrik sono malah punya mobil di banding rumah dan mereka bisa loh idup di mobil :big_bored:
Bahhahahahahaaw..


Gw jadi keinget mobil-mobil COP kantor ala negara indon. Biasanya ntar bikin thread nanya2 dapet budget sekian, mau dibeliin mobil apa dll dll sgala macem. Trus pilihannya EV smua asoy benerr

Keknya nanti karyawan2 yg dpt budget mobil COP musti minta budget extra uang buat ganti batre juga dah ke bosss nya

“Bossss minta duit bosss, harga batre 70juta boss. Masa duit gw kerja bertahun2 jadi budak korporat abis buat ngempanin batre bosss” :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2851
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

kendibocor wrote: 17 Nov 2022, 08:49
Idealnya sih kalo "cuma" sanggup beli mobil 40-50jt ya NANTI ga layak punya mobil ya. Karena ganti baterenya pun lebih mahal dari mobil (asumsi harga batere masih mahal). Harusnya pake public transport. Tp ya itu ngomong idealnya, kenyataannya sih sampe saat ini masih jauh dari harapan, apalg public transport kita jg pembangunan ga merata :big_slap:
kadang juga kan ada orang kerjanya motoran tapi di rumah ada mobil buat bawa anak istri pergi2x kalo pas libur itu mobil kan kalo kondisi kek gitu sebenernya min 5-10thn mereka jual kalo bosen kalo mereka gak ada bosen atau asal punya mobil bisa 20thn malah mereka bahkan 30thn kalo masih bagus pun mereka simpen

perawatan kek duo mobil saya aja setaon sekali soalnya setaon 5000 gak dapet itu aja setaon sekali saya hajar oli mesin, matic, tune up, service rem tagihan paling 2jtan aki paling 2-3thn baru ganti ya 1jtan sih itu, masalahnya ganti batre itu berasa banget om kalo oli, bensin itu kan macem cicilan di itung mungkin jatohnya mungkin lebih mahal tapi keluarnya dikit2x dan kalo dipake jadi gak berasa, kalo batre kan pake gak di pake ud kayak iuran contohnya aki aja dah jarang di pake paling cuma perpanjang umur aja cuma ya ujung2xnya rusak biarpun kagak di pake :mky_03:

soalnya saya kaum ud ngerasain mau beli bundle di supermarket jatuhnya lebih murah tapi uangnya keknya bisa dipake yang laen jd ya beli satuan aja nanti beli lagi :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Suryaputra »

Pada cemas sama ICE banned?
ntar jg 2024 ganti pemerintahan, bisa jadi / mungkin beda haluan dan kepentingan

Si opung kan juga bukan mahluk immortal

Anaknya presiden aja ogah implementasi EV EV an di daerahnya :weekk:
*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12873
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 17 Nov 2022, 09:09 Pada cemas sama ICE banned?
ntar jg 2024 ganti pemerintahan, bisa jadi / mungkin beda haluan dan kepentingan

Si opung kan juga bukan mahluk immortal

Anaknya presiden aja ogah implementasi EV EV an di daerahnya :weekk:
masih 2035-2040, masih kurang lebih 3 kali masa kepresidenan :big_biglaugh:

dulu jg pernah bilang bakal ban mesin bensin, eee ada dieselgate gak jadi deh :mky_03:

yg barusan gubernur california aja bilang semua harus pake EV, mendadak bilang jangan charge EV semua donk gak kuat listriknya :big_biglaugh:
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2851
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by b0ku »

ChZ wrote: 17 Nov 2022, 10:16
masih 2035-2040, masih kurang lebih 3 kali masa kepresidenan :big_biglaugh:

dulu jg pernah bilang bakal ban mesin bensin, eee ada dieselgate gak jadi deh :mky_03:

yg barusan gubernur california aja bilang semua harus pake EV, mendadak bilang jangan charge EV semua donk gak kuat listriknya :big_biglaugh:
ini saya ud itungin aja gak masuk di akal padahal baru sekitar 20-30% cabar (charging bareng) pake wall charger hyundai yang 7000watt belom maenan super super apalah itu :big_biglaugh:
b0ku wrote: 16 Nov 2022, 05:20
ya ini itung2xang ngawur plus sotoy aja sih kita coba itung
Sebagai Ibu Kota negara, kebutuhan listrik Jakarta terbilang besar mencapai 5.500 MegaWatt (MW). Kebutuhan listrik tersebut sebanyak 30 persennya diperoleh dari Pembangkit Listrik Gas Uap (PLTGU) Muara Karang.
https://www.cnbcindonesia.com/news/2019 ... nggung-dki

jakarta aja listriknya 5.500.000.000watt

itunglah jumlah mobil di jakarta 4,1jt
Selain sepeda motor, DKI Jakarta juga menampung 4,1 juta unit mobil penumpang, 785,6 ribu unit truk, dan 342,7 ribu unit bus.
https://databoks.katadata.co.id/datapub ... -pada-2021

yang ngechas bareng2x di rumah 1jt 7000watt kali 1jt mobil jadinya 7.000.000.000 watt puyeng dah saya......:big_chicken:
katanya PLN listriknya over 6.000.000.000w noh tungguin aja sekarang oversuplly kalo diterusin sampe populasinya 50% se indonesia aja gridnya mungkin ud kejang2x jd jgn kaget suatu hari lampu di rumah kedip2x ya asikin aja sambil godek :drinking:

:wkkk:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 17 Nov 2022, 10:16
Suryaputra wrote: 17 Nov 2022, 09:09 Pada cemas sama ICE banned?
ntar jg 2024 ganti pemerintahan, bisa jadi / mungkin beda haluan dan kepentingan

Si opung kan juga bukan mahluk immortal

Anaknya presiden aja ogah implementasi EV EV an di daerahnya :weekk:
masih 2035-2040, masih kurang lebih 3 kali masa kepresidenan :big_biglaugh:

dulu jg pernah bilang bakal ban mesin bensin, eee ada dieselgate gak jadi deh :mky_03:

yg barusan gubernur california aja bilang semua harus pake EV, mendadak bilang jangan charge EV semua donk gak kuat listriknya :big_biglaugh:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

itu di negara yg jauh lbh maju ya.

katanya jangan charge EV karena heat wave bikin struggle power grid nya..
lah di indonesia semi heat wave tiap hari :big_biglaugh:

Anyway, gw pribadi sih dukung apapun inovasi dan teknologi yg ada.
klo ada duit lebih, beli, nikmatin dan happy.


tapi kurang setuju klo pakai main banned2 segala :mky_03:
makanya gw netral aja, toh jg 2024 udh ganti pemerintahan.

semoga kang e*il yg naik deh,
karena doi mikirnya (smoga) holistic dan dr background teknik juga.

:ngacir:
*Colek me if I'm wrong
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1893
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Audi Q7 Diesel

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by farizfsa »

Bibieight wrote: 16 Nov 2022, 11:05
farizfsa wrote: 16 Nov 2022, 09:19 kalo infrastruktur pengisian listriknya masif sih harusnya program EV berhasil ya. cm udah berapa tahun dari kona electric keluar kayanya ya sama sekali belum masif ya pendiriannya. pernah denger SPKLU ada 2, mati 1 di rest area mana gitu, agak nangis darah sih kalo buru2 terus yg antri 2-3 mobil (berarti minimal nunggu 2-3 jam baru dapet giliran kali ya)
Menurut Detik https://oto.detik.com/berita/d-6205573/ ... ikin-spklu , yg > 150 kW kena di 1,1 M dapet fee IDR 3.387,28/kWh, kata si detik saat ini IDR 20,3 juta sebulan, dibagi fee = 6.000 kWh per bulan.
Pake mobil hipotesis saya (yg max cap 40 kWh biar murah) kalo avg isi 25 kWh berarti cas 240 mobil sebulan, atau 8 mobil sehari, kalo waktu cas 15 menit per mobil efektif rate per charger cuma dua jam sisanya nganggur, yg mana agak ndak mungkin untuk proyeksi 3-4 tahun kedepan, wong sekarang dikasih Golf Cart harga 300 jt aja rebutan apalagi dikasih body LMPV batre 40 kW harga 500 jt, tetep aja rebutan mestinya, jadi mestinya utilitas per colokan bisa jauh lebih besar dari 2 jam... :big_think: :big_think: :big_think:

Belum masifnya itu memang karena Unit EV beredar sblm Ioniq 5 kan baru 600-an, kalo rate delivery Ioniq 5 150 unit per bulan dari Mei s.d Desember sudah 1.200 unit, taruh di Desember sudah 1.800 unit beredar. Kalo ini 25% jalan semua di akhir tahun pas tanggal 23 Desember dijamin seru antre di SPKLU (atau malah sekalian anggep aja Kopdar EV ya.... :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01: ). Sama juga itu SPKLU disuruh sewa ke yg punya lahan, jd kalo mau support SPKLU harus diubah aturannya, buat setaun-dua taun pertama wajib kasih gratis, ntar kalo utility rate > 4 jam suruh bagi hasil..

Yg repot itu kan Dephub maksa provider SPKLU untuk sedia 2 macam colokan per charger, CCS2 buat mobil non Jepang, ChaDeMo buat mobil Jepang, masalahnya kan Jepang yang niat bikin EV cuma Batumakam, daripada bikin colokan nganggur sedangkan yg CCS2 antri, mestinya si ChaDeMo ndak usah disediakan dengan ratio 1:1 CCS2, bikin aja ratio 1 ChaDeMo per 10 CCS2, biar aja liat reaksi Toyodai gimana :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kunaskun wrote: 15 Nov 2022, 21:16 EV ini memang akan mengubah banyak kebiasaan. terutama dari segi isi ulang ya. biasin full charge di rumah, biasain road planning, biasain nungguin isi ulang, dsb.
Nah urusan planning, benernya kalo dah ada hub besar sama padding di tiap SPKLU tol planningnya jauh semakin mudah, wong sekarang aja saya benernya dah bisa planning SPKLU mana yg kosong, aplikasi charge.in punya PLN itu ada info real time status SPKLU-nya lagi dipake atau dut :
WhatsApp Image 2022-11-16 at 10.05.41 AM.jpeg
Disini keliatan, yg paling krusial kalo ke Jawa di 207A lagi available dua2-nya, nah ini gambar pas saya cek seminggu lalu sebelum berangkat :
WhatsApp Image 2022-11-02 at 1.25.48 PM.jpeg
Kalo lagi di jalan keluar gambar begitu berarti saatnya bikin plan B :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Nah yang kurang disitu itu tinggal kalo lagi ada tulisan in use (ijo) perlu ditambahkan remaining time-nya, jadi bisa diplanning. Kemaren itu pas jalan ke Jawa kurang 1 jam dr 207 dari dua colokan in use satu dan didepan saya ada I5 item kentjeng bener, jadi saya plan B nunggu, sapa tau yg ijo selesai, ternyata pas sampe sana udah selesai itu, jadi ada 2 I5 jejeran....
pusing juga ya dan emg harus rubah gaya hidup dan mindset jg sih ya



kemarin2 ntn ini, ya emang di UK sih, EV untuk jarak jauh+pake superfast charging ga lebih murah dari pada pake ICE bensin, kecuali isi listrik dirumah wkwk

jd kayanya kalo untuk long range trip blm feasible pake ev ya ?
Audi Q7 3.0 V6 TDI 4L 2008
BMW 520d F10 2014
Mercedes Benz A200 W176 2014
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2108
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ilhami »

ya untuk sekarang EV cocok untuk dalam kota, dan tidak kena ganjil genap.
Baterai nya bisa tahan 10 tahun.
Ya sementara mobil listrik bukan untuk kaum mendang mending sih
adrianomyman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 26 Mar 2018, 20:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by adrianomyman »

ilhami wrote: 17 Nov 2022, 17:48 ya untuk sekarang EV cocok untuk dalam kota, dan tidak kena ganjil genap.
Baterai nya bisa tahan 10 tahun.
Ya sementara mobil listrik bukan untuk kaum mendang mending sih
Imho, jgnkan ev, yg hybrid sekalipun juga ga utk kaum mendang mending.
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: 27 Dec 2013, 18:59

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by epinjose »

Update.. ban kempes.
cuma ada tyre repair kit.. dipakelah buat pulang ke rumah

besok nya supir bawa ke jln pjg, dan...
Ban belum ada stok
Mau beli cairan tyre repair kit, harus satu paket sama pump nya dengan harga 800k..

Kesimpulan,
jangan sampe kempes, kecuali mo upgrade ke r14 jadi cari replacement nya gampang.

kesimpulan umum,
kayaknya saya belum bisa hidup dengan mobil tanpa spare tyre ataupun RFT (apalagi RFT, puyeng liat harga ganti nya)
wicaksono99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by wicaksono99 »

epinjose wrote: 24 Nov 2022, 13:19 Update.. ban kempes.
cuma ada tyre repair kit.. dipakelah buat pulang ke rumah

besok nya supir bawa ke jln pjg, dan...
Ban belum ada stok
Mau beli cairan tyre repair kit, harus satu paket sama pump nya dengan harga 800k..

Kesimpulan,
jangan sampe kempes, kecuali mo upgrade ke r14 jadi cari replacement nya gampang.

kesimpulan umum,
kayaknya saya belum bisa hidup dengan mobil tanpa spare tyre ataupun RFT (apalagi RFT, puyeng liat harga ganti nya)
Saya kasih solusi om.. Walaupun lumayan biayanya.. Om bisa ke harapan indah bekasi cari toko anzen utama. Dia spesialis HSST sealing, jadi tapak ban mau kena paku, baut, pisau, atau benda tajam lain gak bakal kempes karna sudah di sealing bagian dalemnya (kalau dinding ban kena benda tajam tetap bocor karna dinding ga bisa disealing). Cek aja di IGnya anzenutama.
Ban ring terkecil yang bisa disealing itu ring 12 (ban skupi dkk).
Saya sudah pakai tapi di ban skutik ring 14 softcompound, kena baut sama ranjau besi silet aman kaga bocor pas ranjaunya dicabut juga padahal gede dan dalem.. Wkwkwkwk...
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1976
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by kendibocor »

wicaksono99 wrote: 24 Nov 2022, 14:30
epinjose wrote: 24 Nov 2022, 13:19 Update.. ban kempes.
cuma ada tyre repair kit.. dipakelah buat pulang ke rumah

besok nya supir bawa ke jln pjg, dan...
Ban belum ada stok
Mau beli cairan tyre repair kit, harus satu paket sama pump nya dengan harga 800k..

Kesimpulan,
jangan sampe kempes, kecuali mo upgrade ke r14 jadi cari replacement nya gampang.

kesimpulan umum,
kayaknya saya belum bisa hidup dengan mobil tanpa spare tyre ataupun RFT (apalagi RFT, puyeng liat harga ganti nya)
Saya kasih solusi om.. Walaupun lumayan biayanya.. Om bisa ke harapan indah bekasi cari toko anzen utama. Dia spesialis HSST sealing, jadi tapak ban mau kena paku, baut, pisau, atau benda tajam lain gak bakal kempes karna sudah di sealing bagian dalemnya (kalau dinding ban kena benda tajam tetap bocor karna dinding ga bisa disealing). Cek aja di IGnya anzenutama.
Ban ring terkecil yang bisa disealing itu ring 12 (ban skupi dkk).
Saya sudah pakai tapi di ban skutik ring 14 softcompound, kena baut sama ranjau besi silet aman kaga bocor pas ranjaunya dicabut juga padahal gede dan dalem.. Wkwkwkwk...
Wah alternatif yg bagus drpd pasang rft. Harga per ban mbl brp om? Apakah pengaruh ke bantingan mobil kalo pake ginian?
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by nyotsaeba »

wicaksono99 wrote:
epinjose wrote: 24 Nov 2022, 13:19 Update.. ban kempes.
cuma ada tyre repair kit.. dipakelah buat pulang ke rumah

besok nya supir bawa ke jln pjg, dan...
Ban belum ada stok
Mau beli cairan tyre repair kit, harus satu paket sama pump nya dengan harga 800k..

Kesimpulan,
jangan sampe kempes, kecuali mo upgrade ke r14 jadi cari replacement nya gampang.

kesimpulan umum,
kayaknya saya belum bisa hidup dengan mobil tanpa spare tyre ataupun RFT (apalagi RFT, puyeng liat harga ganti nya)
Saya kasih solusi om.. Walaupun lumayan biayanya.. Om bisa ke harapan indah bekasi cari toko anzen utama. Dia spesialis HSST sealing, jadi tapak ban mau kena paku, baut, pisau, atau benda tajam lain gak bakal kempes karna sudah di sealing bagian dalemnya (kalau dinding ban kena benda tajam tetap bocor karna dinding ga bisa disealing). Cek aja di IGnya anzenutama.
Ban ring terkecil yang bisa disealing itu ring 12 (ban skupi dkk).
Saya sudah pakai tapi di ban skutik ring 14 softcompound, kena baut sama ranjau besi silet aman kaga bocor pas ranjaunya dicabut juga padahal gede dan dalem.. Wkwkwkwk...
Nanya om, kl di seal hsst gitu nanti kalau kena paku jadi nggak ketahuan ya?
krn ga kempes, jd pakunya bisa terus nempel di ban nya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12873
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Wuling Air EV Long Range, not a Little Tikes

Post by ChZ »

tadi di GIIAS semarang, wuling bawa 3 unit airev semua laku di test drive.... salesnya waktu ane bilang iya pada test drive penasaran doank yang SPK gak sebanding sama yang nyoba :big_biglaugh:

ane gak dapat sih (gak tertarik juga)... tapi dapat TD wuling almaz hybrid walau cuma bentar bertiga sama sales dan member sini jg bro mike22. quite impressive kalo gak inget harganya mepet kijang zenix G.
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Post Reply