Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7252
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by newrubble »

(per judul) pada ahirnya bikin body doang (diatas sasis hilux) akan semakin kemahalan buat market yg annual absorbent (sejak 45 thn lalu) tetep ga bisa konstan lewatin sejuta unit

apalagi sejak 1995 local coachbuilders ga bole lg ikutan bikin setengah kebelakang krn (di mata toyota) terliat tdk lbh aman, aneh n bikin malu
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3760
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

XMTdeluxe wrote: 25 Nov 2022, 12:11 Menurut saya biang kerok perkembangan mobil2 jadi spt sekarang itu Expander. Ini juga yg bikin Kijang disuntik mati diganti Innova FWD. Avanza FWD. Soon Rush jg FWD. Tapi saya akui, Xpandir ini elevate banget utk LMPV, yang akhirnya kelas Med MPV juga ikut harus elevate.
Kalau effort si JV terkait fitur (gimmick)... mungkin sedikit menyadarkan atoyot dan astra grup secara umum, bahwa ada pangsa pasar/tipe konsumen yg tergila2 gimmick tanpa peduli (atau kurang paham) yg namanya engineering yg berkualitas, dan itu coba digaet juga. Tapi rasanya gak all out jg kesitu, thanks God atoyot dkk masih pegang pakemnya. Buktinya Jinik 416 juta aja masih blm electric retract.
Eh, tapi ada jg ding gimmick aneh yg ketularan. Itu si Jinik ngapain kasih fitur buka pintu belakang pakai ngomong ya? Kalau sampek gagal, apa malah kita nggak disangka orang gila ngomong sendiri sama mobil :big_chicken:
xpander itu memang kill the game. entah berapa boncos si Mitsubishi corp buat jual mobil kaya gitu. :big_biglaugh:
tapi kalau dibilang sampe memaksa jadi FWD ga jugalah, ini banyak faktor lah entah itu di avanza ataupun zenix sekarang. faktor terpenting: netijen mendang mending ga akan beli tapi maha benar. :big_biglaugh:

zenix ada fitur voice command PBD itu gimmick dari vendor HU sepertinya. kalau bikin halo toyota buat buka sunroof, tar diledekin mirip2in halo wuling, nah dibikinlah benda ajaib gitu. padahal kalau baca user manual cara pakenya itu voice command PBD mestinya bisa dibikin ala2 hyundai: berdiri aja di belakang tar ada feedback buat buka sendiri, lebih hebat lagi ga perlu voice command, tapi mungkin gimmick ini buat pamer ke orang2 kali: ngomong ke mobil sendiri :big_biglaugh: misal pagi2 pamer ke tetangga pas mau keluar rumah :upss:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12873
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

XMTdeluxe wrote: 25 Nov 2022, 12:11
Nah... itu sudah Om. Dan yg beli harus orang yang pintar, karena kalau sampai boros yang "bodoh" itu drivernya, kakinya gak sekolah. Kalau sampai kopling nyeplos? Yang bodoh jg drivernya, dituduh tidak bisa dan tidak biasa nyetir manual, tdk ngerti cara injak dan lepas kopling. Repot deh pokoknya.
terus yang selalu bilang toyota atau honda itu orang dibodohi merek.... mungkin ngetiknya sambil nyeruput starbucks beli baju gak mau di distro pinggiran maunya uniqlo atau H&M :mky_03:
kendibocor wrote: 25 Nov 2022, 12:18
Sweet spot orng beli mobil kayaknya dari 10 thn lalu tetep stay di 200-400jt ya. Diatas itu uda susah untuk jadi volume maker. Tinggal kelasnya aja yg makin lama makin turun. Beberapa model yg walaupun uda lewat angka 400jt tp tetap laris manis (fortuner 2.8, crv FL, pajero) makin jarang liat yg baru, entah ane yg maen kurang jauh apa emang angka penjualannya ga sebanyak dulu.
Segmen yg bunuh2an ya emang di harga 300-400jt ini, semua pada all out maen disini.
level harga ini emang krn dari dulu titik ketemunya orang kaya dan orang pas-pasan (gak orang kismin krn orang kismin gak mungkin beli mobil baru).

misal : dulu orang kaya mobil operasional CR-V gen 3 jaman harga masih 200-300 juta-an. orang paspasan dulu pakenya avanza lama atau LCGC.

yang paspasan mulai pelan-pelan membaik ekonominya mulai nambah buntut, beli baru sekalian upgrade dapetnya mobil 300-400jutaan. belilah kalo nggak HRV ya expander.

yang kaya? kebagi ada yang ganti CR-V baru mostly karena emang males mikir aja udah nyaman sama CRV beli CRV lagi, uangnya ada ya udah upgrade aja. nyoba merek lain tuh persentasenya kecil mungkin ya banyakan orang jakarta aja.

ada yang karena dia cuma butuh beater car, gak merasa perlu ngeluarin uang 500-600 juta untuk mobil jadi belilah expander baru.

fenomena sejak keluar expander dan HRV banyak orang yang dulu daily car nya kelas SUV medium jadi pake expander, gak butuh 7seats ya HRV. krn buat sebagian orang kaya pun expander udah masuk standar mobil bagus, irit perawatan murah. ya mashokkk.

apalagi at a glance, expander itu sering dikira kelasnya innova (ya by size sih sekarang udah ngelewatin dimensi innova lama yah). nyokap pun dulu pertama bokap bilang mau beli expander udah ngomel "loe gila mau mobil segede innova siapa yang mau pake"
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1976
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kendibocor »

kunaskun wrote: 25 Nov 2022, 13:16
XMTdeluxe wrote: 25 Nov 2022, 12:11 Menurut saya biang kerok perkembangan mobil2 jadi spt sekarang itu Expander. Ini juga yg bikin Kijang disuntik mati diganti Innova FWD. Avanza FWD. Soon Rush jg FWD. Tapi saya akui, Xpandir ini elevate banget utk LMPV, yang akhirnya kelas Med MPV juga ikut harus elevate.
Kalau effort si JV terkait fitur (gimmick)... mungkin sedikit menyadarkan atoyot dan astra grup secara umum, bahwa ada pangsa pasar/tipe konsumen yg tergila2 gimmick tanpa peduli (atau kurang paham) yg namanya engineering yg berkualitas, dan itu coba digaet juga. Tapi rasanya gak all out jg kesitu, thanks God atoyot dkk masih pegang pakemnya. Buktinya Jinik 416 juta aja masih blm electric retract.
Eh, tapi ada jg ding gimmick aneh yg ketularan. Itu si Jinik ngapain kasih fitur buka pintu belakang pakai ngomong ya? Kalau sampek gagal, apa malah kita nggak disangka orang gila ngomong sendiri sama mobil :big_chicken:
xpander itu memang kill the game. entah berapa boncos si Mitsubishi corp buat jual mobil kaya gitu. :big_biglaugh:
tapi kalau dibilang sampe memaksa jadi FWD ga jugalah, ini banyak faktor lah entah itu di avanza ataupun zenix sekarang. faktor terpenting: netijen mendang mending ga akan beli tapi maha benar. :big_biglaugh:

zenix ada fitur voice command PBD itu gimmick dari vendor HU sepertinya. kalau bikin halo toyota buat buka sunroof, tar diledekin mirip2in halo wuling, nah dibikinlah benda ajaib gitu. padahal kalau baca user manual cara pakenya itu voice command PBD mestinya bisa dibikin ala2 hyundai: berdiri aja di belakang tar ada feedback buat buka sendiri, lebih hebat lagi ga perlu voice command, tapi mungkin gimmick ini buat pamer ke orang2 kali: ngomong ke mobil sendiri :big_biglaugh: misal pagi2 pamer ke tetangga pas mau keluar rumah :upss:
Ni fitur2 kayak gini tuh menurut ane cuman ngasal dimasukin doang tanpa berpikir berguna atau tidak. Kalo ditempat2 brisik mana jalan sih fitur kayak gini. Yg minim interupsi macem voice command di dalem mobil aja sering salah interpretasi. Pasti hit or miss. Ga bisa bayangin lagi parkir di basement mall, lg bawa barang banyak trus ngomong suruh open uda brp kali ga kebuka2, diliatin orng sebelahnya disangkain orng stress :big_biglaugh: Paling bener uda fitur kick to open macem kaya di bmw. Yg penting akurat, jd tiap mau digunakan pasti jalan fiturnya :big_bored:
ChZ wrote: 25 Nov 2022, 14:31
kendibocor wrote: 25 Nov 2022, 12:18
Sweet spot orng beli mobil kayaknya dari 10 thn lalu tetep stay di 200-400jt ya. Diatas itu uda susah untuk jadi volume maker. Tinggal kelasnya aja yg makin lama makin turun. Beberapa model yg walaupun uda lewat angka 400jt tp tetap laris manis (fortuner 2.8, crv FL, pajero) makin jarang liat yg baru, entah ane yg maen kurang jauh apa emang angka penjualannya ga sebanyak dulu.
Segmen yg bunuh2an ya emang di harga 300-400jt ini, semua pada all out maen disini.
level harga ini emang krn dari dulu titik ketemunya orang kaya dan orang pas-pasan (gak orang kismin krn orang kismin gak mungkin beli mobil baru).

misal : dulu orang kaya mobil operasional CR-V gen 3 jaman harga masih 200-300 juta-an. orang paspasan dulu pakenya avanza lama atau LCGC.

yang paspasan mulai pelan-pelan membaik ekonominya mulai nambah buntut, beli baru sekalian upgrade dapetnya mobil 300-400jutaan. belilah kalo nggak HRV ya expander.

yang kaya? kebagi ada yang ganti CR-V baru mostly karena emang males mikir aja udah nyaman sama CRV beli CRV lagi, uangnya ada ya udah upgrade aja. nyoba merek lain tuh persentasenya kecil mungkin ya banyakan orang jakarta aja.

ada yang karena dia cuma butuh beater car, gak merasa perlu ngeluarin uang 500-600 juta untuk mobil jadi belilah expander baru.

fenomena sejak keluar expander dan HRV banyak orang yang dulu daily car nya kelas SUV medium jadi pake expander, gak butuh 7seats ya HRV. krn buat sebagian orang kaya pun expander udah masuk standar mobil bagus, irit perawatan murah. ya mashokkk.

apalagi at a glance, expander itu sering dikira kelasnya innova (ya by size sih sekarang udah ngelewatin dimensi innova lama yah). nyokap pun dulu pertama bokap bilang mau beli expander udah ngomel "loe gila mau mobil segede innova siapa yang mau pake"
Penasaran 10 thn lagi kalo LCGC harganya sampe 300-400jt kualitasnya bakalan gmn. Saat harganya segitu, bakalan keluar lcgc versi lite kali ya atau keluar kei car macam di jepang. Sebenernya wulink EV sudah membuktikan loh mobil micro car bisa laris juga disini. Tinggal yg penting harga murah, mesin kecil jadi irit bbm aja.
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12873
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 25 Nov 2022, 14:52 Penasaran 10 thn lagi kalo LCGC harganya sampe 300-400jt kualitasnya bakalan gmn. Saat harganya segitu, bakalan keluar lcgc versi lite kali ya atau keluar kei car macam di jepang. Sebenernya wulink EV sudah membuktikan loh mobil micro car bisa laris juga disini. Tinggal yg penting harga murah, mesin kecil jadi irit bbm aja.
tinggal gimana UMR jaman 10 thn kedepan jangan2 LCGCnya jadi 300 juta, UMRnya DKI udah di level 6-7 juta :mky_03:

mungkin makin macet jalanan, makin gede jg demand buat mobil micro cars ya. apalagi milenial kan skrg dah lebih individual lifestyle nya macem di barat. ngga melulu jalan bareng sekampung diajak jd butuh mobil gede. anak jg skrg 3 udah banyak.

ya minim di kota besar pasti demand micro cars ini naik. 660cc turbo harusnya aman dengan bbm, raize turbo aja aman :mky_03:
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Gl4cier
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: 24 Jun 2011, 22:20

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Gl4cier »

Melihat spek fitur innova hycross india, mungkin itu nanti Zenix Venturer
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 335
Joined: 19 Nov 2012, 16:42

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Andhyka »

ChZ wrote: 25 Nov 2022, 15:14 tinggal gimana UMR jaman 10 thn kedepan jangan2 LCGCnya jadi 300 juta, UMRnya DKI udah di level 6-7 juta :mky_03:

mungkin makin macet jalanan, makin gede jg demand buat mobil micro cars ya. apalagi milenial kan skrg dah lebih individual lifestyle nya macem di barat. ngga melulu jalan bareng sekampung diajak jd butuh mobil gede. anak jg skrg 3 udah banyak.

ya minim di kota besar pasti demand micro cars ini naik. 660cc turbo harusnya aman dengan bbm, raize turbo aja aman :mky_03:
Betul juga jangan2 di masa depan sekitar 10 tahun lagi, BBM Vpower/Turbo naik pelan2 menjadi 25 ribuan dan mesin2 baru bakal kena downsizing dengan tujuan hemat BBM.

(Skrg) > (10 tahun ke depan)
300 juta: 1000cc turbo > 660cc turbo
600 juta: 1500cc turbo > 1000cc turbo
1-1.25 milyar: 2000cc turbo > 1500cc turbo
1.5-2 milyar: 2500-3000cc turbo (X5, GLE & Lexus RX launching Feb 2023) > 2000cc turbo
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2912
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

darrelund wrote: 24 Nov 2022, 14:14
ilhami wrote: 24 Nov 2022, 14:02 harga innova naik 5,6 persen setahun berarti wajar.
yang nggak wajar penghasilan kita :ngacir:
klo penghasilan kita naek 5,6% pertahun

apakah innova 600jt tetap dianggap overprice?
Tergantung base salary nya berapa sih. 5% per tahun itu standar di banyak perusahaan. Tp 5% dari UMR dan 5% dari 100jt udah pasti beda banget bunyi nya
:mky_01:

Sebenernya kalo mau bandingin itu sama emas sih. Harga Innova di tahun ini dikonversi ke emas, bandingin sama harga innova gen berikutnya yg dikonversi ke emas jg.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
vanosz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by vanosz »

darrelund wrote: 24 Nov 2022, 14:14
ilhami wrote: 24 Nov 2022, 14:02 harga innova naik 5,6 persen setahun berarti wajar.
yang nggak wajar penghasilan kita :ngacir:
klo penghasilan kita naek 5,6% pertahun

apakah innova 600jt tetap dianggap overprice?


ini aja gak over pris gans,

harga bannya aja lebih mahal dr inova gans,

fortuner 2.8,


buat mobil harian puter puter keliling ancol monas demi sepiring nasi semangkok sayur asem dan 2 potong perkedel tambah sambal gans,


modelnya itu jelas lebih macho,wibawa gans,parkiran bisa depan lobi gans,


ngasssss gans,pake polllll


beli fortuner 2.8 gans,

Screenshot_20221125_163035_Gallery.jpg
AbdulHakim
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

vanosz wrote: 25 Nov 2022, 16:38
darrelund wrote: 24 Nov 2022, 14:14
ilhami wrote: 24 Nov 2022, 14:02 harga innova naik 5,6 persen setahun berarti wajar.
yang nggak wajar penghasilan kita :ngacir:
klo penghasilan kita naek 5,6% pertahun

apakah innova 600jt tetap dianggap overprice?


ini aja gak over pris gans,

harga bannya aja lebih mahal dr inova gans,

fortuner 2.8,


buat mobil harian puter puter keliling ancol monas demi sepiring nasi semangkok sayur asem dan 2 potong perkedel tambah sambal gans,


modelnya itu jelas lebih macho,wibawa gans,parkiran bisa depan lobi gans,


ngasssss gans,pake polllll


beli fortuner 2.8 gans,


Screenshot_20221125_163035_Gallery.jpg
hehe.. mbah kompre nyari temen :big_biglaugh:
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by grimjow »

vanosz wrote: 25 Nov 2022, 16:38
darrelund wrote: 24 Nov 2022, 14:14
ilhami wrote: 24 Nov 2022, 14:02 harga innova naik 5,6 persen setahun berarti wajar.
yang nggak wajar penghasilan kita :ngacir:
klo penghasilan kita naek 5,6% pertahun

apakah innova 600jt tetap dianggap overprice?


ini aja gak over pris gans,

harga bannya aja lebih mahal dr inova gans,

fortuner 2.8,


buat mobil harian puter puter keliling ancol monas demi sepiring nasi semangkok sayur asem dan 2 potong perkedel tambah sambal gans,


modelnya itu jelas lebih macho,wibawa gans,parkiran bisa depan lobi gans,


ngasssss gans,pake polllll


beli fortuner 2.8 gans,


Screenshot_20221125_163035_Gallery.jpg
Wah bahaya ntar kalo pada beli Fortuner 2.8.
Langsung TAM gerak cepat, stok didikitin, diindent in 6 bulan, diskon dikecilin. Trus taon depan launch facelift atau malah generasi baru dikasih TSS, panoramic dan Modellista. Dan harga naik jadi 900 juta. :big_weee:
ExorT
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: 21 Dec 2021, 00:17

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ExorT »

Gl4cier wrote: 25 Nov 2022, 15:15 Melihat spek fitur innova hycross india, mungkin itu nanti Zenix Venturer
Wah, bedanya apa aja Om sekilas detailnya?
Kalau yang saya lihat ya:
1. Panel button di AC nya berbeda dan ada cooler seat di sisi kiri kanan (icon cooler seat juga muncul di display).
2. Suhu AC belakang juga muncul di display AC depan dan display AC belakang (entah kalo zenix Indonesia apa sama juga?)
3. Masi berkaitan dengan point 2, ada pengaturan suhu AC belakang di panel AC belakang.
3. Audio Headunit JBL dengan physical button dan 9 speakers.
4. Tombol "View Camera" diatas tombol parking brake yang mana disini diganti dummy.
5. Sandaran kaki Ottoman lebih elegan dan tipis (mirip2 kek alphard) dibanding versi sini yang tebal.

Dah liat unit sekilas, ada satu yang zonk, kursi penumpang dapan kalau direbahkan ke belakang (recline), tidak bisa secara otomatis kembali ke depan (ke posisi default) tanpa bantuan dengan di dorong dari belakang. Entah di unit ini saja yang pegasnya rusak..

Official figur akeselerasi 0-100 di presentasi India 9.5 detik.
Attachments
Suhu AC Belakang.png
Ottoman Seat.png
Akselerasi.png
JBL Tweeter Pilar.png
JBL Headunit.png
Cooler Seat.png
Cooler Seat, Tombol View Camera, Display AC.png
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6111
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ExorT wrote: 25 Nov 2022, 17:13
Gl4cier wrote: 25 Nov 2022, 15:15 Melihat spek fitur innova hycross india, mungkin itu nanti Zenix Venturer
Wah, bedanya apa aja Om sekilas detailnya?
Kalau yang saya lihat ya:
1. Panel button di AC nya berbeda dan ada cooler seat di sisi kiri kanan (icon cooler seat juga muncul di display).
2. Suhu AC belakang juga muncul di display AC depan dan display AC belakang (entah kalo zenix Indonesia apa sama juga?)
3. Masi berkaitan dengan point 2, ada pengaturan suhu AC belakang di panel AC belakang.
3. Audio Headunit JBL dengan physical button dan 9 speakers.
4. Tombol "View Camera" diatas tombol parking brake yang mana disini diganti dummy.
5. Sandaran kaki Ottoman lebih elegan dan tipis (mirip2 kek alphard) dibanding versi sini yang tebal.

Dah liat unit sekilas, ada satu yang zonk, kursi penumpang dapan kalau direbahkan ke belakang (recline), tidak bisa secara otomatis kembali ke depan (ke posisi default) tanpa bantuan dengan di dorong dari belakang. Entah di unit ini saja yang pegasnya rusak..

Official figur akeselerasi 0-100 di presentasi India 9.5 detik.
gak pake cumi" hitam dong

bisa ngasapin :ngacir:
*Colek me if I'm wrong
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by gadjahalphien »

newrubble wrote: 25 Nov 2022, 13:08 (per judul) pada ahirnya bikin body doang (diatas sasis hilux) akan semakin kemahalan buat market yg annual absorbent (sejak 45 thn lalu) tetep ga bisa konstan lewatin sejuta unit

apalagi sejak 1995 local coachbuilders ga bole lg ikutan bikin setengah kebelakang krn (di mata toyota) terliat tdk lbh aman, aneh n bikin malu
Welcome back om NR

Di tunggu clue-clue lainnya, serta petuah nya juga
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Gl4cier
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: 24 Jun 2011, 22:20

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Gl4cier »

hycross advantage:

- Ventilated Front seats
- 8 -Way Powered Driver Seat with Memory Function + slide return & away function (easy exit feature)
- Chestnut leather upholstery for the seats and soft-touch on the dashboard and door trims
- 9 speaker JBL sound system
- 3 Zone Climate Control system (Front & Rear)
- Rear sun shade
- Electrochromic IRVM
- Remote Vehicle Ignition Start/ Stop*, Lock/ Unlock*, Remote AC Control*, Remote Immobiliser (dengan smartphone / smartwatch)
- no modellista
- no modellista
- no modellista
black2345
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by black2345 »

Gl4cier wrote: 25 Nov 2022, 18:37 hycross advantage:

- Ventilated Front seats
- 8 -Way Powered Driver Seat with Memory Function + slide return & away function (easy exit feature)
- Chestnut leather upholstery for the seats and soft-touch on the dashboard and door trims
- 9 speaker JBL sound system
- 3 Zone Climate Control system (Front & Rear)
- Rear sun shade
- Electrochromic IRVM
- Remote Vehicle Ignition Start/ Stop*, Lock/ Unlock*, Remote AC Control*, Remote Immobiliser (dengan smartphone / smartwatch)
- no modellista
- no modellista
- no modellista
Mungkin ini disimpen astra buat dikeluarin th depan

‘Kijing Innivi Zinix GR’
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3760
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

kendibocor wrote: 25 Nov 2022, 14:52
Ni fitur2 kayak gini tuh menurut ane cuman ngasal dimasukin doang tanpa berpikir berguna atau tidak. Kalo ditempat2 brisik mana jalan sih fitur kayak gini. Yg minim interupsi macem voice command di dalem mobil aja sering salah interpretasi. Pasti hit or miss. Ga bisa bayangin lagi parkir di basement mall, lg bawa barang banyak trus ngomong suruh open uda brp kali ga kebuka2, diliatin orng sebelahnya disangkain orng stress :big_biglaugh: Paling bener uda fitur kick to open macem kaya di bmw. Yg penting akurat, jd tiap mau digunakan pasti jalan fiturnya :big_bored:
nah disini dibilang ngawur, bisa jadi riset TAM malah: selling point, karena ya itu: flexing :big_biglaugh:
Penasaran 10 thn lagi kalo LCGC harganya sampe 300-400jt kualitasnya bakalan gmn. Saat harganya segitu, bakalan keluar lcgc versi lite kali ya atau keluar kei car macam di jepang. Sebenernya wulink EV sudah membuktikan loh mobil micro car bisa laris juga disini. Tinggal yg penting harga murah, mesin kecil jadi irit bbm aja.
kayanya LCGC ini sebentar lagi suntik mati, gossipnya juga Kei Car ada yang udah uji laik jalan, entah buat iseng doang atau test market. makin terlalu mahal jual mobil untuk spesifik market.

Wuling Air lebih ke arah hype sepertinya ya, dan yang beli pasti jadi 3rd atau bahkan entah mobil ke berapa, apalagi pajak murah, anti ganjil genap, wara wiri dalkot cukup banget. ujiannya nanti setelah 2-3 tahun lagi apakah masih bisa jualan stabil.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3760
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

Gl4cier wrote: 25 Nov 2022, 18:37 hycross advantage:

- Ventilated Front seats
- 8 -Way Powered Driver Seat with Memory Function + slide return & away function (easy exit feature)
- Chestnut leather upholstery for the seats and soft-touch on the dashboard and door trims
- 9 speaker JBL sound system
- 3 Zone Climate Control system (Front & Rear)
- Rear sun shade
- Electrochromic IRVM
- Remote Vehicle Ignition Start/ Stop*, Lock/ Unlock*, Remote AC Control*, Remote Immobiliser (dengan smartphone / smartwatch)
- no modellista
- no modellista
- no modellista
ga penting semua, yg penting itu voice command PBD. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

inilah akibat market mobil driven by influencer socmed dan tentu saja dukungan netijen kaum mendang mending yang gak akan beli tapi maha benar :big_biglaugh:

masa iya TAM ga mampu sedain jaringan setara Hyundai Bluelink :big_think:
kendibocor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1976
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kendibocor »

kunaskun wrote: 25 Nov 2022, 21:42
kendibocor wrote: 25 Nov 2022, 14:52
Ni fitur2 kayak gini tuh menurut ane cuman ngasal dimasukin doang tanpa berpikir berguna atau tidak. Kalo ditempat2 brisik mana jalan sih fitur kayak gini. Yg minim interupsi macem voice command di dalem mobil aja sering salah interpretasi. Pasti hit or miss. Ga bisa bayangin lagi parkir di basement mall, lg bawa barang banyak trus ngomong suruh open uda brp kali ga kebuka2, diliatin orng sebelahnya disangkain orng stress :big_biglaugh: Paling bener uda fitur kick to open macem kaya di bmw. Yg penting akurat, jd tiap mau digunakan pasti jalan fiturnya :big_bored:
nah disini dibilang ngawur, bisa jadi riset TAM malah: selling point, karena ya itu: flexing :big_biglaugh:
Penasaran 10 thn lagi kalo LCGC harganya sampe 300-400jt kualitasnya bakalan gmn. Saat harganya segitu, bakalan keluar lcgc versi lite kali ya atau keluar kei car macam di jepang. Sebenernya wulink EV sudah membuktikan loh mobil micro car bisa laris juga disini. Tinggal yg penting harga murah, mesin kecil jadi irit bbm aja.
kayanya LCGC ini sebentar lagi suntik mati, gossipnya juga Kei Car ada yang udah uji laik jalan, entah buat iseng doang atau test market. makin terlalu mahal jual mobil untuk spesifik market.

Wuling Air lebih ke arah hype sepertinya ya, dan yang beli pasti jadi 3rd atau bahkan entah mobil ke berapa, apalagi pajak murah, anti ganjil genap, wara wiri dalkot cukup banget. ujiannya nanti setelah 2-3 tahun lagi apakah masih bisa jualan stabil.
Bener juga ya om, mungkin menurut survey mereka terhadap krom2an jg gitu ya. Makin banyak makin mevvah :big_biglaugh:
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by McLaren »

Klo toyota pindah pabrik ke Thai, ASII terjun bebas dong
Jenson
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Jenson »

ChZ wrote: 25 Nov 2022, 10:01
Jenson wrote: 24 Nov 2022, 23:24
XMTdeluxe wrote: 23 Nov 2022, 02:36

Hahahaha... ada juga yg sepemikiran dengan saya. Harusnya ini lebih pas disebut reborn. Yg kmrn innova gendut. Zenix seharusnya menanggalkan nama Kijang, karena melekat kesan durability dan simpel (sederhana). Zenix lebih pesolek hitech.
Zenix batch-1 kira2 akan ada "defect" apa ya Om2? GNKI non euro isu boros kalau tdk salah ya? ANKI putu jedug. Menarik sih, but wise man says: only fools rush in 😂
Wait and see dulu melihat isunya. Jangan2 ntar kayak merk pilihan org pintar: di bwh 10 ribu km kaki2 sdh gluduk2, gak sampai 1 tahun batre (aki) mati 🤣🤣, racksteer tiap tahun hrs ganti atau kudu diteplon :ngacir:
Secara mesin+transmisi sdh proven jg di voxy, harusnya gada isu di sektor itu
Merk pilihqn org pintar yg gluduk gluduk aki mati apaan om?? :big_think:
yang punya LMPV RWD koplingnya suka nyeplos dan punya SUV borosnya kayak 4000cc OHV tp larinya macem LCGC?

:ngacir:
Tapi IMO si batman merah ini lumayan laris ya dagangannya untuk kelas mobcin. Marketingnya juga jor2an, kemaren ane test drive bom2 car listrik dikasi voucher makan 50rb plus souvenir saklar yg d ace harganya 150rbuan
Bibieight
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bibieight »

McLaren wrote: 25 Nov 2022, 22:49 Klo toyota pindah pabrik ke Thai, ASII terjun bebas dong
Manufacturing signifikan ke ASII itu duluuuu sekali, jaman TAM jd pabrik+sales dgn sole distributornya A2K.
Tapi sejak restrukturisasi awal 2000 TAM pecah 2, TMMIN manufaktur, TAM sole distributor. Naah saham ASII di TMMIN cuma 5%, di TAM 50%. TMMIN manufaktur, ada export sikit2. Yang TAM cuma sole distributor Indonesia. Duit gedenya cuma di A2K yg 100% ASII, itupun cuma pegang 40-50% penjualan Toyota tahunan, sisanya dipegang dealer lain2...

Kondisi gini, kalo TMMIN minggat si gampang aja, secara duit juga duit mereka, di sisi ASII, cuman 5% juga ndak kerasa juga 🙃🙃🙃🙃🙃...

Sekarang aja kita dah dipaksa nelen TNGA-C biar TMC bisa balik modal ongkos R&Dnya, mesinnya aja dah impor glondongan dari Japan... Apa beda sama H miring ?, Creta+Gazer mesin dr prindapan, bodi bikin lokal.

Malah ya kayaknya niiii... kalo kampanye EV pemerintah kontinyu nyambung beyond 2024, siap2 aja yg suka2 menghoedjat H miring+merek orang pintar, mulailah menyukai 2 produk itu, 10 taun lagi yg harganya masuk akal (krn TKDN > 80% gara2 hilirisasi EV) ya tinggal mereka berdua.... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
User avatar
darrelund
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

Jenson wrote: 26 Nov 2022, 00:51
ChZ wrote: 25 Nov 2022, 10:01
Jenson wrote: 24 Nov 2022, 23:24
Merk pilihqn org pintar yg gluduk gluduk aki mati apaan om?? :big_think:
yang punya LMPV RWD koplingnya suka nyeplos dan punya SUV borosnya kayak 4000cc OHV tp larinya macem LCGC?

:ngacir:
Tapi IMO si batman merah ini lumayan laris ya dagangannya untuk kelas mobcin. Marketingnya juga jor2an, kemaren ane test drive bom2 car listrik dikasi voucher makan 50rb plus souvenir saklar yg d ace harganya 150rbuan
ya karena lebi murah um, poin utama jualannya kan disitu :big_biglaugh:

coba klo pricing ditempelin sama kyk nippon made, siapa yg mau beli

belom nih chery dateng n klo serius bisa aja tuh user batman merah pindah ke chery

dari enjin aja lebih menjanjikan chery

ud hibrid tapi 1:15 buat apa, ada yg cuma 1:13,5 malah :big_biglaugh:

MG HS aja gausa hibrid bisa 1:15 :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

Bibieight wrote: 26 Nov 2022, 07:40
McLaren wrote: 25 Nov 2022, 22:49 Klo toyota pindah pabrik ke Thai, ASII terjun bebas dong
Manufacturing signifikan ke ASII itu duluuuu sekali, jaman TAM jd pabrik+sales dgn sole distributornya A2K.
Tapi sejak restrukturisasi awal 2000 TAM pecah 2, TMMIN manufaktur, TAM sole distributor. Naah saham ASII di TMMIN cuma 5%, di TAM 50%. TMMIN manufaktur, ada export sikit2. Yang TAM cuma sole distributor Indonesia. Duit gedenya cuma di A2K yg 100% ASII, itupun cuma pegang 40-50% penjualan Toyota tahunan, sisanya dipegang dealer lain2...

Kondisi gini, kalo TMMIN minggat si gampang aja, secara duit juga duit mereka, di sisi ASII, cuman 5% juga ndak kerasa juga 🙃🙃🙃🙃🙃...

Sekarang aja kita dah dipaksa nelen TNGA-C biar TMC bisa balik modal ongkos R&Dnya, mesinnya aja dah impor glondongan dari Japan... Apa beda sama H miring ?, Creta+Gazer mesin dr prindapan, bodi bikin lokal.

Malah ya kayaknya niiii... kalo kampanye EV pemerintah kontinyu nyambung beyond 2024, siap2 aja yg suka2 menghoedjat H miring+merek orang pintar, mulailah menyukai 2 produk itu, 10 taun lagi yg harganya masuk akal (krn TKDN > 80% gara2 hilirisasi EV) ya tinggal mereka berdua.... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
pantes mahal yah jinik enjin impor utuh

kabarnya batt hibrid ud local made yah?

jd ud ga 50jt dong :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 661
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

kunaskun wrote: 25 Nov 2022, 21:52
Gl4cier wrote: 25 Nov 2022, 18:37 hycross advantage:

- Ventilated Front seats
- 8 -Way Powered Driver Seat with Memory Function + slide return & away function (easy exit feature)
- Chestnut leather upholstery for the seats and soft-touch on the dashboard and door trims
- 9 speaker JBL sound system
- 3 Zone Climate Control system (Front & Rear)
- Rear sun shade
- Electrochromic IRVM
- Remote Vehicle Ignition Start/ Stop*, Lock/ Unlock*, Remote AC Control*, Remote Immobiliser (dengan smartphone / smartwatch)
- no modellista
- no modellista
- no modellista
ga penting semua, yg penting itu voice command PBD. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

inilah akibat market mobil driven by influencer socmed dan tentu saja dukungan netijen kaum mendang mending yang gak akan beli tapi maha benar :big_biglaugh:

masa iya TAM ga mampu sedain jaringan setara Hyundai Bluelink :big_think:
jangan lupa, air gesture di HU ribon Q, venturer + portuner yg 8 inch :big_biglaugh:
Post Reply