Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Bibieight wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 0:40
Manufacturing signifikan ke ASII itu duluuuu sekali, jaman TAM jd pabrik+sales dgn sole distributornya A2K.
Tapi sejak restrukturisasi awal 2000 TAM pecah 2, TMMIN manufaktur, TAM sole distributor. Naah saham ASII di TMMIN cuma 5%, di TAM 50%. TMMIN manufaktur, ada export sikit2. Yang TAM cuma sole distributor Indonesia. Duit gedenya cuma di A2K yg 100% ASII, itupun cuma pegang 40-50% penjualan Toyota tahunan, sisanya dipegang dealer lain2...

Kondisi gini, kalo TMMIN minggat si gampang aja, secara duit juga duit mereka, di sisi ASII, cuman 5% juga ndak kerasa juga πŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒ...

Sekarang aja kita dah dipaksa nelen TNGA-C biar TMC bisa balik modal ongkos R&Dnya, mesinnya aja dah impor glondongan dari Japan... Apa beda sama H miring ?, Creta+Gazer mesin dr prindapan, bodi bikin lokal.

Malah ya kayaknya niiii... kalo kampanye EV pemerintah kontinyu nyambung beyond 2024, siap2 aja yg suka2 menghoedjat H miring+merek orang pintar, mulailah menyukai 2 produk itu, 10 taun lagi yg harganya masuk akal (krn TKDN > 80% gara2 hilirisasi EV) ya tinggal mereka berdua.... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
gile yah semua kebingungan kita tentang kenapa kok atpm ini gak keluarin produk a b c d e ternyata kejawab semua kalo udah ngerti mainan dapurnya atpm... gak semulus yang dikira :upss: even toyota astra. emang bisnis mobil d indo surem sih. penduduk sgini banyak annual sales tahunan cm di angka sejuta.

bandingin china 1 tipe mobil aja bisa 1 juta unit.
Jenson wrote: ↑Fri Nov 25, 2022 17:51
Tapi IMO si batman merah ini lumayan laris ya dagangannya untuk kelas mobcin. Marketingnya juga jor2an, kemaren ane test drive bom2 car listrik dikasi voucher makan 50rb plus souvenir saklar yg d ace harganya 150rbuan
jadi tim waniboros gpp yang penting gaya om :big_grin: even di kota ane yang msh konservatif soal pilihan mobil aja wuling alamak ini laku bgt.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by McLaren »

Bibieight wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 0:40
McLaren wrote: ↑Fri Nov 25, 2022 15:49 Klo toyota pindah pabrik ke Thai, ASII terjun bebas dong
Manufacturing signifikan ke ASII itu duluuuu sekali, jaman TAM jd pabrik+sales dgn sole distributornya A2K.
Tapi sejak restrukturisasi awal 2000 TAM pecah 2, TMMIN manufaktur, TAM sole distributor. Naah saham ASII di TMMIN cuma 5%, di TAM 50%. TMMIN manufaktur, ada export sikit2. Yang TAM cuma sole distributor Indonesia. Duit gedenya cuma di A2K yg 100% ASII, itupun cuma pegang 40-50% penjualan Toyota tahunan, sisanya dipegang dealer lain2...

Kondisi gini, kalo TMMIN minggat si gampang aja, secara duit juga duit mereka, di sisi ASII, cuman 5% juga ndak kerasa juga πŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒπŸ™ƒ...

Sekarang aja kita dah dipaksa nelen TNGA-C biar TMC bisa balik modal ongkos R&Dnya, mesinnya aja dah impor glondongan dari Japan... Apa beda sama H miring ?, Creta+Gazer mesin dr prindapan, bodi bikin lokal.

Malah ya kayaknya niiii... kalo kampanye EV pemerintah kontinyu nyambung beyond 2024, siap2 aja yg suka2 menghoedjat H miring+merek orang pintar, mulailah menyukai 2 produk itu, 10 taun lagi yg harganya masuk akal (krn TKDN > 80% gara2 hilirisasi EV) ya tinggal mereka berdua.... :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Semakin ndak make sense ASII klo gitu yak..
Heran harga jauh dr Indomobil
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by grimjow »

Kalau liat tabel ini, Indonesia sebetulnya masih no 1 jualan di Asean dan uda pasti jadi market penting d Asean Tapi ya maybe efesiensi dan insentif masih kalah misal dibanding Thailand. Hebat tuh Thailand, sales lokal 600ribu an tapi produksi tembus 1,5 juta, berarti ekspor nya jalan banget.
Uda makin banyak investasi masuk ke Thailand, terakhir Byd bikin pabrik kapasitas 150 ribu/ tahun.

Image
Image
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bibieight »

grimjow wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 6:37 Kalau liat tabel ini, Indonesia sebetulnya masih no 1 jualan di Asean dan uda pasti jadi market penting d Asean Tapi ya maybe efesiensi dan insentif masih kalah misal dibanding Thailand. Hebat tuh Thailand, sales lokal 600ribu an tapi produksi tembus 1,5 juta, berarti ekspor nya jalan banget.
Uda makin banyak investasi masuk ke Thailand, terakhir Byd bikin pabrik kapasitas 150 ribu/ tahun.

Image
Image
Ada 2 faktor, pertama : kalo export itu tergantung pabriknya bisa bikin apa, dan domestik market pabriknya mau beli barang apa. Naah kita maunya beli IMV sama LMPV, akhirnya Toyodai bikinnya dua itu. Masalahnya diluar kan ndak banyak yg beli IMV sama LMPV. Beda ama Thailand, mereka kan domestiknya mau makan global design (lengkap sama harganya), ya jadinya yg dikasih kue export Thailand.

Kedua, faktor dendam Toyota gara2 proyek mobnas, serentak Jepun kan pada pindah ke Thailand, komplit pabrik + R&Dnya, mereka akhirnya bikin dimari kan karena faktor ketiga.

Ketiga itu masalah economy of scale, kalo bisa loading pabrik > 200k keatas pasti economies of scale dapet, tambah gede produksi tambah kecil fixed cost dan tambah gede untungnya. Naah sblm reformasi ekonomi Nanmohan Singh kan prindapan cuma bole bikin Ambasador, bagitu reformasi, merek global bole masuk, langsung naik ke langit economies of scale-nya, itulah kenapa sekarang dimari banyak bener Jaipur Domestic Market.

Trus ntar tim mendang-mending bilang MARI KITA BIKIN SENDIRI !!!!!, liat aja tu nasibnya Proton :big_weee: :big_weee: :big_weee: . Teknologi, supply chain, desain semua ada dimereka ndak ada ceritanya bisa bikin sendiri dari nol (kecuali Korea Selatan :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent: )

Kedepan ?, selama masih ikut pemain ini2 aja ya cuma ada 2 pilihan, murah dapetnya Jaipur Domestic Market, bayar mahal ?, pasti dapet global design....
tomoe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sun Sep 23, 2018 0:33
Location: makassar

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by tomoe »

Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

tomoe wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 10:53 Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
Just personal opinion

V gasoline aja mbah
Dr G ke V (biasanya) improve di Noise Insulation nya juga, selqin aksesoris dan kelengkapan interior dan exterior.

Non hybrid, peminatnya second hand akan lbh banyak (bukan resale value yaa)

Klo body kit modelista gtu2 cuma nambahin gasrok ajah, dan setelah bbrp tahun pakai, klo nyenggol sesuatu di bagian bawah, bisa ada yg lepas lem dobel tape nya, jadi malah tu body kit bisa ngewer2 klo kena angin.

Nambah downforce atau nambah resing juga nggak :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Sat Nov 26, 2022 12:02, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by nyotsaeba »

tomoe wrote:Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
Kalo pakenya dikit, misal dibawah 20k setahun, jgn yg hybrid. Ga nutup penghematannya sm harga belinya.
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ExorT »

Suryaputra wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 11:51
tomoe wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 10:53 Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
Just personal opinion

V gasoline aja mbah
Dr G ke V (biasanya) improve di Noise Insulation nya juga, selqin aksesoris dan kelengkapan interior dan exterior.

Non hybrid, peminatnya second hand akan lbh banyak (bukan resale value yaa)

Klo body kit modelista gtu2 cuma nambahin gasrok ajah, dan setelah bbrp tahun pakai, klo nyenggol sesuatu di bagian bawah, bisa ada yg lepas lem dobel tape nya, jadi malah tu body kit bisa ngewer2 klo kena angin.

Nambah downforce atau nambah resing juga nggak :big_biglaugh:
Kalau ama Voxy gimana? Masi worth it ga Om voxy nya?
Ini ortu kok unimpressed abis liat Zenix Q
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by pendoli »

Udah pada di showroom belom si? Tadi lewatin toyota mampang kayanya belom ada
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9522
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ExorT wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 12:18
Suryaputra wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 11:51
tomoe wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 10:53 Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
Just personal opinion

V gasoline aja mbah
Dr G ke V (biasanya) improve di Noise Insulation nya juga, selqin aksesoris dan kelengkapan interior dan exterior.

Non hybrid, peminatnya second hand akan lbh banyak (bukan resale value yaa)

Klo body kit modelista gtu2 cuma nambahin gasrok ajah, dan setelah bbrp tahun pakai, klo nyenggol sesuatu di bagian bawah, bisa ada yg lepas lem dobel tape nya, jadi malah tu body kit bisa ngewer2 klo kena angin.

Nambah downforce atau nambah resing juga nggak :big_biglaugh:
Kalau ama Voxy gimana? Masi worth it ga Om voxy nya?
Ini ortu kok unimpressed abis liat Zenix Q
Subjektif mbah
Voxy GC pendek jg soalnya

Klo orang tua biasa suka mpv berbentuk boxy gtu
Krn naik turun nya gampang.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by XMTdeluxe »

tomoe wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 10:53 Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
Barusan tadi siang saya habis servis ibon V. Lihat di showroom blm ada display. Dibisikin ada 1 ekor di basement siap kirim ke customer. Turun deh ke bwh, ternyata Q. Beuh, gede emang. Kalo org yg ga tahu disangka saingan fortuner kali, cuma lbh ceper.
Dalemnya keren sih, apalagi ada panoramicnya Om. RSE belakang gak mengecewakan, top notch. Beda sama V ibon. Sdh jelek, kecil, harganya lebih mahal dr tv 42" di rmh.
Yg annoying lampu kabin msh temaram, ambeyen light cuma di baris 2 dan dipinggir, dan itu spt lampu neon TL ditemplokin. Posisi tuas transmisi mirip Calsig grenmek jg bkn favorit saya.
Kalau saya sih mending V gasoline Om, 470 juta beda di Panoramic sama corner sensor dpn aja. Lebih gampang jualnya. Gak mikirin batre. Saya ngebayangin hybrid kayak batre leptop. Pas baru gres bisa tahan 6 jam, 1 thn cuma tahan 4 jam, lama2 koit. Saya tanya, ini garansi batre gmn? Diganti itu kalo matot apa ngedrop apa begitu berkurang kapasitasnya kayak batre leptop tadi? Ak uk ak uk jawabnya. Ah males lah.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

XMTdeluxe wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 13:26 Kalau saya sih mending V gasoline Om, 470 juta beda di Panoramic sama corner sensor dpn aja. Lebih gampang jualnya. Gak mikirin batre. Saya ngebayangin hybrid kayak batre leptop. Pas baru gres bisa tahan 6 jam, 1 thn cuma tahan 4 jam, lama2 koit. Saya tanya, ini garansi batre gmn? Diganti itu kalo matot apa ngedrop apa begitu berkurang kapasitasnya kayak batre leptop tadi? Ak uk ak uk jawabnya. Ah males lah.
banyak yang ga ngeh, hybrid itu larinya kenceng, default di Jaidapur saja under 10 sec. duo gerobak sayur? kayanya jadi menang ngebul doang :big_biglaugh:
belum lagi handling TNGA :big_smoking:

soal batere ya percaya saja dengan Toyota, kalau ga yakin juga ya makanya ada type Gasoline only. dan banyak yang ga ngeh juga, akibat dengungan netijen maha benar, kalau type Gasoline itu transmisinya paling canggih toyota: Direct Shift-CVT. lexus aja baru pake :big_blushing:

kapan lagi bisa pake "lexus", jadi cuma separoh malu2in lah kalau de-badge ke LEXUS :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

pendoli wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 12:26 Udah pada di showroom belom si? Tadi lewatin toyota mampang kayanya belom ada
udah om, baru nyampe buat customer yg DP dari tahun lalu :big_think:
pantauan di pantura saja itu Carrier Truck belum kelihatan gendongannya.
grimjow wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 6:37 Kalau liat tabel ini, Indonesia sebetulnya masih no 1 jualan di Asean dan uda pasti jadi market penting d Asean Tapi ya maybe efesiensi dan insentif masih kalah misal dibanding Thailand. Hebat tuh Thailand, sales lokal 600ribu an tapi produksi tembus 1,5 juta, berarti ekspor nya jalan banget.
Uda makin banyak investasi masuk ke Thailand, terakhir Byd bikin pabrik kapasitas 150 ribu/ tahun.

Image
Image
Thailand menang banyak urusan ginian. udah jualan lokal kenceng, rakitan lokal otomatis kenceng, industri lokal juga ikutan kenceng, ketambahan export juga jadi kenceng. hebatnya lagi itu negara urusan pemerintahan kudeta sana sini tapi lancar2 aja :big_childish:
untungnya negara serumpun melayu jumlah penduduk belum 100 juta, kalau udah bisa jadi kesalip juga, yg coming from behind udah jelas Vietnam. duitnya Korea kenceng banget disitu.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kendibocor »

darrelund wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 3:15
pantes mahal yah jinik enjin impor utuh

kabarnya batt hibrid ud local made yah?

jd ud ga 50jt dong :big_biglaugh:
Local made? Harga sama om, cuan perusahaan yg nambah :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

Hybrid konsumsinya selisih 6km/ liter
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

tomoe wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 10:53 Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
5 thn jual rada bosenan berarti, beli V gasoline aja kalo ga fancy hybrid tech dan buat perang. Perang makin minim tech makin bagus less maintenance.

Kalo cm pengen ngerasain hybrid ya G hybrid aja Pasang velg agak gede kasi velg CRV apa mazda kalo pcdnya masuk :upss: krn bannya kekecilan pake banget. Rear sus torsion beam agak deal breaker imo utk mobil 500++. G kan masih under 500.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 576
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by timbermaniac123 »

ExorT wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 12:18
Kalau ama Voxy gimana? Masi worth it ga Om voxy nya?
Ini ortu kok unimpressed abis liat Zenix Q
Biasa kalau orang udah tua, ngeliat kijang harga udah 500++ pasti merasa ga worth. Kakak saya aja bilang kijang itu dari dulu udah overpriced untuk sebuah mobil model lokal. Tapi kalau dibanding voxy baru, menurut saya si pribadi lebih worth ke zenix q. Mesin hybrid, dapet ottoman, panoramic sunroof. Itu 3 kelebihan utama dibandingkan voxy baru. Dan voxy itu termasuk boros loh, 1:7 kalau macet2an di kota jakarta.
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by XMTdeluxe »

kunaskun wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 13:51
XMTdeluxe wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 13:26 Kalau saya sih mending V gasoline Om, 470 juta beda di Panoramic sama corner sensor dpn aja. Lebih gampang jualnya. Gak mikirin batre. Saya ngebayangin hybrid kayak batre leptop. Pas baru gres bisa tahan 6 jam, 1 thn cuma tahan 4 jam, lama2 koit. Saya tanya, ini garansi batre gmn? Diganti itu kalo matot apa ngedrop apa begitu berkurang kapasitasnya kayak batre leptop tadi? Ak uk ak uk jawabnya. Ah males lah.
banyak yang ga ngeh, hybrid itu larinya kenceng, default di Jaidapur saja under 10 sec. duo gerobak sayur? kayanya jadi menang ngebul doang :big_biglaugh:
belum lagi handling TNGA :big_smoking:

soal batere ya percaya saja dengan Toyota, kalau ga yakin juga ya makanya ada type Gasoline only. dan banyak yang ga ngeh juga, akibat dengungan netijen maha benar, kalau type Gasoline itu transmisinya paling canggih toyota: Direct Shift-CVT. lexus aja baru pake :big_blushing:

kapan lagi bisa pake "lexus", jadi cuma separoh malu2in lah kalau de-badge ke LEXUS :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Iya sih Om. Saya juga kalo hybrid mohon maap, baru toyota aja saya percayanya. Jepangan lain jg, saya msh pikir2. Apalagi merk org pintar itu, nggak dl deh.
Tapi ya kalau klausul blm jelas, bingung jg kan kita sbg konsumen. Pas mobil sehat, betul akselerasi 0-100 under 10 sec. Tapi pas ada apa2, bisa2 tensi saya yg over 100 under 10 sec 😁😁
Lagipula saya aja msh belum pernah nyicipin mesin GDI Toyota yg konon most thermal efficient dgn 2 injector. Biasanya cuma dobel klep. Dan kalau ngelawan duo gerobak sayur, rasanya mesin voxy ini aja udah lebih menjanjikan.

Anyway, bukannya hybrid cenderung gantian ya Om? Meskipun dia bisa paralel. Jadi peak power dan torsi itu nggak selalu bisa didpt? Saya butuh pencerahan beneran ini Om.
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ExorT »

Suryaputra wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 12:54
Subjektif mbah
Voxy GC pendek jg soalnya

Klo orang tua biasa suka mpv berbentuk boxy gtu
Krn naik turun nya gampang.
timbermaniac123 wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 14:51

Biasa kalau orang udah tua, ngeliat kijang harga udah 500++ pasti merasa ga worth. Kakak saya aja bilang kijang itu dari dulu udah overpriced untuk sebuah mobil model lokal. Tapi kalau dibanding voxy baru, menurut saya si pribadi lebih worth ke zenix q. Mesin hybrid, dapet ottoman, panoramic sunroof. Itu 3 kelebihan utama dibandingkan voxy baru. Dan voxy itu termasuk boros loh, 1:7 kalau macet2an di kota jakarta.
I see thank you masukannya.

Ortu ane udah liat lgsg dan test duduk. Katanya sih, "kasar" dan tidak "rapi" dalemnya. Padahal doi bukan pengguna mobil mewah juga.

Awalnya mau yg Q jadi maju mundur sambil cari opsi lain. Kepikirannya sih voxy untuk cari mobil nyaman budget sekitaran itu.
superkar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Fri Jan 03, 2020 18:28
Location: Malang

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by superkar »

XMTdeluxe wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 13:26 Barusan tadi siang saya habis servis ibon V. Lihat di showroom blm ada display. Dibisikin ada 1 ekor di basement siap kirim ke customer. Turun deh ke bwh, ternyata Q. Beuh, gede emang. Kalo org yg ga tahu disangka saingan fortuner kali, cuma lbh ceper.
Dalemnya keren sih, apalagi ada panoramicnya Om. RSE belakang gak mengecewakan, top notch. Beda sama V ibon. Sdh jelek, kecil, harganya lebih mahal dr tv 42" di rmh.
Yg annoying lampu kabin msh temaram, ambeyen light cuma di baris 2 dan dipinggir, dan itu spt lampu neon TL ditemplokin. Posisi tuas transmisi mirip Calsig grenmek jg bkn favorit saya.
Kalau saya sih mending V gasoline Om, 470 juta beda di Panoramic sama corner sensor dpn aja. Lebih gampang jualnya. Gak mikirin batre. Saya ngebayangin hybrid kayak batre leptop. Pas baru gres bisa tahan 6 jam, 1 thn cuma tahan 4 jam, lama2 koit. Saya tanya, ini garansi batre gmn? Diganti itu kalo matot apa ngedrop apa begitu berkurang kapasitasnya kayak batre leptop tadi? Ak uk ak uk jawabnya. Ah males lah.
tadi sore liat zenix di mall, niatan awal pingin spk zenix V HV, tapi pas liat build quality material plastiknya kok kayak gimana gitu, sambungannya kaya ga pas, materialnya kaya tutup remote universal yang bisa segala merk tv, sangat sangat tidak mencerminkan hasil produk tmmin :big_dunno:

ato kalo punya piala lomba anak tk/sd, bagian plastik hitamnya itu mirip feel megangnya :big_biglaugh:

khawatir bakal banyak rattle, ngga kayak toyota biasanya yang mantep BQ dashboardnya, mau foto nggak enak soalnya dipepet ama salesnya

tapi ya semoga itu plastik2 jelek cuma karena ngejar waktu buat bikin unit display, ngga sampai mass production unitnya :weekk:

niatan buat spk terpaksa diurungkan, nunggu kabar batch awal2 keluar, sekarang malah kegoda fortuner 1gd (yang BQ nya masih 'real' toyota) :big_love:
superkar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Fri Jan 03, 2020 18:28
Location: Malang

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by superkar »

ExorT wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 15:41 I see thank you masukannya.

Ortu ane udah liat lgsg dan test duduk. Katanya sih, "kasar" dan tidak "rapi" dalemnya. Padahal doi bukan pengguna mobil mewah juga.

Awalnya mau yg Q jadi maju mundur sambil cari opsi lain. Kepikirannya sih voxy untuk cari mobil nyaman budget sekitaran itu.
bener om, "kasar", "tidak rapi" dan itu ada yang sambungannya kayak keluar gitu...

kalau dibandingin sama mobil yang pernah saya pake dari hrv, crv turbo, civic turbo, innova reborn bahkan sampai grand innova dan hiace, ini kualitas plastiknya sungguh-sungguh mengecewakan :big_dunno:

rasanya kurang pantas ada di range 500-600 juta dengan BQ seperti itu

Oh iya 1 lagi, itu kursi otoman maju mundurnya masih manual, ringan sih tapi kirain udah full electric :big_peace:

kalau yang lain2 sih no komplain, selain bukaan konsol box yang ke samping :big_biglaugh:
tomoe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sun Sep 23, 2018 0:33
Location: makassar

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by tomoe »

Suryaputra wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 11:51 V gasoline aja mbah
Dr G ke V (biasanya) improve di Noise Insulation nya juga, selqin aksesoris dan kelengkapan interior dan exterior.
Noise insulation yg berbeda di G dan V biasanya dimana aja ya ? soalnya ada rencana pasang peredam juga sih untuk audio.kalau audio kan biasanya peredaman juga di tiap pintu aja kan. Yg jelas terlihat memang seri G peredam di kap mesin tidak ada.
tomoe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sun Sep 23, 2018 0:33
Location: makassar

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by tomoe »

ChZ wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 14:33
tomoe wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 10:53 Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
5 thn jual rada bosenan berarti, beli V gasoline aja kalo ga fancy hybrid tech dan buat perang. Perang makin minim tech makin bagus less maintenance.

Kalo cm pengen ngerasain hybrid ya G hybrid aja Pasang velg agak gede kasi velg CRV apa mazda kalo pcdnya masuk :upss: krn bannya kekecilan pake banget. Rear sus torsion beam agak deal breaker imo utk mobil 500++. G kan masih under 500.
Nah ini pikiran suhu chz persis sama dgn yg aku pertimbangkan sekarang. ambil G gasoline atau G hybrid ganti Velg besar . upgrade audio . Bisa hemat jauh dari V hybrid. minus panoramic aja. cuma klau versi G gasoline kompresi 13.1 minum pertalite ngelitik ga om ? Kan mesinnya sama persis ya dgn voxy terbaru. apa disni ada yg pnya voxy terbaru yg isi pertalite ?? tolong komen dong.
ExorT wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 12:18


Biasa kalau orang udah tua, ngeliat kijang harga udah 500++ pasti merasa ga worth. Kakak saya aja bilang kijang itu dari dulu udah overpriced untuk sebuah mobil model lokal. Tapi kalau dibanding voxy baru, menurut saya si pribadi lebih worth ke zenix q. Mesin hybrid, dapet ottoman, panoramic sunroof. Itu 3 kelebihan utama dibandingkan voxy baru. Dan voxy itu termasuk boros loh, 1:7 kalau macet2an di kota jakarta.



serem juga kalau fc nya 1:7 pake pertamax biarpun mampu utk beli pertamax kalau bisa hemat knp tidak. meskipun dari sales tam sndiri kan bilang FC zenix gasoline bisa 1:13 tp mulut sales sih susah dipegang. mesinnya kan sama persis dgn voxy terbaru.
tomoe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sun Sep 23, 2018 0:33
Location: makassar

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by tomoe »

nyotsaeba wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 12:02
tomoe wrote:Saya sudah inden Zenix V hybrid modelista. Tapi bisa juga berubah ke G hybrid atau seri G gasoline. Sebaiknya ambil yg seri apa ya menurut suhu2 SM ? pemakaian jg mgkn hanya utk 5 tahun jual lg.
Kalo pakenya dikit, misal dibawah 20k setahun, jgn yg hybrid. Ga nutup penghematannya sm harga belinya.
pemakaian kira2 10 000 pertahun om mentok juga di 15 rb .
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ExorT »

superkar wrote: ↑Sat Nov 26, 2022 16:24
bener om, "kasar", "tidak rapi" dan itu ada yang sambungannya kayak keluar gitu...

kalau dibandingin sama mobil yang pernah saya pake dari hrv, crv turbo, civic turbo, innova reborn bahkan sampai grand innova dan hiace, ini kualitas plastiknya sungguh-sungguh mengecewakan :big_dunno:

rasanya kurang pantas ada di range 500-600 juta dengan BQ seperti itu

Oh iya 1 lagi, itu kursi otoman maju mundurnya masih manual, ringan sih tapi kirain udah full electric :big_peace:

kalau yang lain2 sih no komplain, selain bukaan konsol box yang ke samping :big_biglaugh:
Nah, apa yang ortu ane maksud sama persis ama om.

Dari sekian banyak liat review first impression zenix di youtube, mungkin cuman Mike Moladin yang mewakili apa yg ortu ane pikirin. :big_biglaugh: