Honda B from my point of view
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Tue Sep 22, 2015 3:39
Honda B from my point of view
Sudah hampir 1 tahun sejak saya membuat thread disini viewtopic.php?t=31204.. Lalu saya jadi ambil apa?
BRV? Bukan.. Jawabannya adalah Honda Brio RS.. hehe.. lho koq?? Katanya strictly seven seater jadi 5 seater lagi?
Thread dibuat pada awal Januari dengan pemikiran, kami belum akan ambil rumah dulu,karena masih mencari cari yang cocok. Jadi kami rencana nya akan pergunakan COP untuk peremajaan unit. Agya kami sudah mulai memasuki tahun ke 7, apakah ada problem signifikan? Gak koq,baik2 aja, masi bisa lari sana sini dan konsumsi bbm yang wajar(1:9-11 karena jadi genset).
Pertengahan Februari ada tawaran dari sales rumah n kita rasanya sreg dgn lokasi,harga,dll. Dan setelah galau galau ria, kita putuskan untuk ampir KPR dulu. Untuk kendaraan, kita akan perpanjang aja usia pakai nya,paling tidak sampe 1-2 tahun kedepan, toh gak ada problem signifikan.
Akhirnya dimulai lah project refreshment parts buat Agya, hampir semua parts kaki kaki diganti, 3 buah Engine Mounting ikut diganti. Harapannya agar bisa nyaman 1-2 tahun kedepan.
Amankah? Ternyata gak. Suatu hari pada saat mau parkir di depan rumah, mesin mati mendadak. Feelnya mirip sekali sama kalau kita menggunakan manual,tapi lepas kopling dan injek gas nya kurang sinkron.
Lama kelamaan masalah makin bertambah,mulai susah cold start, lampu check engine nyala (problem di vehicle speed sensor menurut pembacaan via obd),gak bisa pindah ke gigi 2, lagi jalan anteng2,tau2 drop ke gigi 1 n engine brake (bahaya ini) sampe pada akhirnya gak bisa di start sama sekali dan harus di towing ke auto 2000.
Sebelum di towing, beberapa bulan sebelumnya dah pindah2 bengkel,mulai dari Bengkel langganan yang vonis ECU nya,udah beli ECU sendiri n udah pasang,malah masalah tetep masih ada. Ke Plaza Toyota udah, bilang nya no issue. Ke bengkel spesialis matic, langsung vonis matic masalah n minta 15 juta buat OH transmisi tanpa cek lebih lanjut. WTF??!! Situ dukun? Gak nyalain mesin mobil,gak tes drive,cm liat sekilas n lgsg vonis.
Singkat cerita, kami putuskan untuk ganti unit aja sekalian,daripada waktu di weekend + uang kebuang sia sia cuma untuk memperbaiki unit yang entah bisa normal lagi atau gak, kami dah agak hopeless sebenernya. Itung sana sini, budget 200 – 250 max akan digunakan untuk ganti unit. Nambah dikit dari hasil jual agya gpp, tapi less money spent on a car, lebih bagus.
Mulai lah hunting2, kriteria tetep sama, harus baru, nambah gak banyak n lbih nyaman dari Agya. 7 seater kalo budget masuk gpp,tapi gak ngoyo harus ambil 7 seater. Option nya apa?
1. Raize
Temen kantor istri di bulan agustus 2022 baru aja ambil ini,ambil GR Sports non TSS. Harga nya skitar 270an udah sama diskon. Pribadi gak terlalu suka raize, mesin nya kasar (3 silinder). Tetangga depan rumah saya adalah head sales Daihatsu Mampang, jadi mereka ada 1 unit rocky. Tiap pagi dengerin cold start n idle nya. Terlalu kasar menurut saya,n dah puas juga dengerin 3 silinder agya,pengen ganti yang 4 silinder aja. Nombok nya kebanyakan n ditambah kasus gak bisa nanjak raize/rocky, jadi mundur teratur.
2. Stargazer
Temen kantor istri nawarin Stargazer karena iklannya dari 240jutaan. Walah, ini mah dapet paling bawah,manual pula. Kalo buat bawa anter jemput gpp.
3. Daihatsu Sirion
Sirion masuk di radar,tapi begitu liat tampilan, istri gak suka. Secara mesin sih sama dengan xenia 1.3 dan body lebih kecil,jadi harusnya oke sparepart n keiritan nya. Harga juga 236jutaan belum diskon. Nambah nya gak terlalu banyak. Harusnya oke,tapi krn istri bilang gak sreg, mundur teratur.
4. Daihatsu Xenia
Bisa dapet yang 1.3 X CVT. Tapi less money spent on car, the better.
5. Ertiga
istri gak tertarik ama cap S dari dulu. Entah kenapa.. Dari produknya sendiri, diluar budget,281 jutaan buat GX Matic (belum diskon) n gak sreg sama mild hybrid nya. N mild hybrid nya koq gak berefek banyak ke kons bbm / performa.. jd mendingan gak lirik lebih lanjut
6. Brio
Mobil paling banyak yang dipake disekitar istri. 3 temen kantor istri pake brio Satya E CVT. Ade Ipar istri tahun lalu ambil brio RS. Mertua saya jg seneng naik itu,meskipun kecil tapi dalemnya lega. Jadi ya sudah, karena pengalaman sekitar istri saya pada puas pake nya, ambil lah Brio. Tipe apa? RS CVT aja. Kenapa gak Urbanite? Terlalu Ricer n nombok nya kebanyakan,toh barang sama aja kaya RS,beda body kit doang. Kenapa gak satya? Istri prefer dgn warna plafon nya RS yang warna item n dah kesengsem sama punya ipar nya istri.
Jadi, Brio RS warna abu nih? yuppie,bungkuss..
Lalu gimana dgn agya? Masalahnya dimana? Setelah di rawat inap di auto2000, ternyata baru ketemu masalahnya. Masalah utama nya adalah di kabel grounding yang dibaut ke salah satu bagian deket mesin gak di baut secara proper ke tempat nya,jadi si kabel bisa main naik-turun. Hal ini jadi buat arus listrik gak stabil n itu ngaruh ke semua system kelistrikan mobil. Bener aja setelah diganti baut yang lebih pas, si kabel balik secure n gak ada problem apapun. Gak ada check engine atau apapun,normal aja gitu.
Ya ampun.. kluar duit ganti sensor, beli ECU, sampe towing ke beres semua gara2 hal sepele. Kluar uang buat benerin agya kalau tau problem dari awal? 300ribuan aja. Di rumah sisa ECU n bbrp barang agya, kalau ada yang mau PM ya.. maap mod sedikit jualan..
Long story short, kejual lah agya n brio RS sampe dirumah. Impresi nya bagaimana?
Ini first impression selama kurleb 300km pertama dari pandangan user agya selama 7 tahun.
1. Driving position
Meski cuma bisa tilt steering, gak terlalu susah buat ngepasin sama badan ane (178cm/73kg). Yang paling bikin happy, posisi duduk nya itu enak. Kaki ane gak kena bagian bawah setir. Haha.. di agya, bagian plastik jadi alus gr2 sering kena dengkul ane.. wakakakak.. Dashnya agak low buat sy yang lumayan tinggi,jadi masih bisa liat kedepan, great views to the front n side. Visibilitas ke belakang gak terlalu, pilar C nya agak tebel n kaca belakang yg agak round,jadi buat pandangan lebih sempit. Plus ada side bolster yang lumayan tebel di kiri n kanan jok.
Simply put, I feel like I’m IN a car, not ON a car.
2. The Ride
Baru jalan pake brio ini sekitar 300km, n smua bagian kaki2 pasti masih baru jadi rasanya enak. Bantingan nya teredam dgn baik n gak ada bunyi2 aneh2.. moga2 aja begitu seterusnya.. haha.. Dibanding sama Jazz RS (GE) lebih enak ini.. Pas awal masuk kantor, selama hampir 1 tahun setiap hari ane ditebengin bos ane pake Jazz GE ini.. Bantingan Jazz GE lebih kesannya kaku n agak keras.
Klo Brio ini lebih mantep, gak ada kesan ngayun berlebih, agya ane juga dah ganti kaki2 n semua shock, tapi tetep gak bisa imbangin bantingan brio.
3. The Engine + Gearbox
Yang pasti lebih halus (3 cylinder vs 4 cylinder). Jelas lah ya. So far sih irit. Amaze juga liat angka kons bbm nya, H+1 ambil dari dealer, isi full tank di Shell n pake buat anter anak les n jadi sempet jadi genset. Awal drop ke 9.1 km/l. Tapi semakin lama di kendarai, angka kons bbm nya makin turun, jadi skitar 12.0 kpl. Beda sama agya yang kalau dah dapet 9an, ya good luck bisa balik ke angka 12an kpl,kecuali naik ke tol. Mungkin krn gearbox nya CVT kali ya, diliat2, gak pernah lebih dari 2000 rpm waktu jalan di komplek, skitar 1500an rpm aja mainnya.
Untuk power belum bisa explore,lum brani bejek2 n lari kenceng. Top speed bawa di tol dari Alam Sutera (Dealer) ke Kelapa Gading cuma berani 80kph. Tapi yang ane rasain, power delivery nya smooth. Cukup injek perlahan, speed creeping naik. Begitu dah sampe desired speed? Tahan aja gas nya. Lari 60kph? Rpm dibawah 2000 saja.
4. THe Sound Insulation
Honda berisik? agak sih IMO. Kemarin sempet ujan sebentar di kantor ane, suara nya koq ya bgini amat ya.. dibanding agya ane? Untuk atap ya mirip2 lah ya. Bagian lain kaya noise dari pintu,dll, belum bisa bedain terlalu jauh,mungkin karet2 pintu masi pada bagus, so belum bisa komen banyak soal ini. Tapi overall peredaman noise lebih mendingan ini dibanding agya.
Untuk Vibration? Mendingan Brio ini juga.. well mungkin krn agya 3 cyl vs brio ini 4 cyl,jadi gak ada getaran berlebih ala 3 cyl. Sebelum agya ane lepas, ane sempet ganti 3 Engine Mounting di beres, jadi bisa langsung bandingin seberapa geter nya 3cyl ane. Begitu ganti ke 4cyl? Getaran di tuas transmisi bener2 gak ada getaran sama skali..
5. Fitur
Hm.. fitur sih kalau dibanding agya ya jelas lebih lengkap brio ini. HU langsung dapet Kenwood 418BT,ada tweeter, ada audio steering switch, kaca di balik sunvisor penumpang depan (yang driver juga dapet).
Tapi come on honda, knapa masi ada fitur2 yang gak mahal tapi di sunat. Contoh, lampu di bagian transmisi, ini gak nyala waktu kita nyalain lampu kecil, agya aja dah nyala dari pabrik. Auto up di driver, ini juga gak ada. Console box juga gak ada. Kita dah terbiasa ada console box di agya (bagian tengah), bisa simpen barang2 kecil, eh ini gak ada. Untuk 3 fitur ini, terpaksa kita nambah sendiri.
Yang paling gak enak dilihat, banyak slot kosong di sebelah kanan. Itu sepertinya buat tombol start stop button, VSA, entah apa lagi. Padahal RS ini termasuk yang cukup mahal dikelasnya, tapi fitur gak maksimal,atau kelihatan seperti di tahan2,maybe buat ultimate edition sblum pindah gen?
6. The Mods
Modifikasi yang dilakukan hanya seputar fungsional aja, tambah karpet, console box, ganti klakson, modul auto up n nyalain lampu di gear shift indicator. Di eksterior cuma ganti shark fin aja. Sisanya standar. Next project? Ada rencana Coating, Jok Kulit (req istri), n Audio.
7. The Knick knacks
There’s no such thing as a perfect car. Jadi ya buat sy pribadi ada hal yang mengganggu
a. Ukuran radiator koq kecil n tipis amat ya. Kemarin waktu pasang klakson,sempet buka bemper depan sedikit n sy liat radiator nya tipis amat dibanding agya.
b. Waktu idle n nyalain AC, jeda antara fan AC nyala n mati koq cepet banget. N bunyi nya mayan annoying. Kalo dari dalem gak kedengeran,tapi dari luar kedengeran banget. Apa ada hubungannya sama yang diatas ya?
c. Coolant radiator type 2 mahal. Rp. 100.000 seliter, ini type 2 yang warna biru. mirip ama harga oli mesin. haha. Katanya sih ada bahan anti freeze. Baca2 di thread coolant, harus kuras habis radiator kalau mau ganti coolant. Tapi ini bisa dilakukan nanti. Punya ipar nya istri malah dapet nya yg type 1, warna ijo, seliter Cuma 35rb.
8. The verdict
Pada Thread awal tahun ,kami menginginkan mobil baru yang lebih lega (7 seater), lebih irit dan bertenaga (kons bbm seimbang), sparepart masuk akal n long term ownership gak bikin repot. Apakah terpenuhi? Lumayan terpenuhi, meskipun bukan 7 seater, dan poin long term ownership gak bikin repot harus dibuktikan dgn berjalannya waktu. Apakah so far puas pake Brio? Puas.
Untuk kami pribadi,mobil ini cukup untuk memenuhi kebutuhan mobil kami untuk daily drive. Mungkin ada yang bilang Brio terlalu keras,dsb, tapi buat kami yang berangkat dari Agya, bisa di katakan Brio RS ini lebih enak. Mengingat kelegaan kabin dan kehematan yang ditawarkan, rasanya cukup untuk mengantar kami aktivitas sehari hari.
Terima Kasih sudah membaca.
BRV? Bukan.. Jawabannya adalah Honda Brio RS.. hehe.. lho koq?? Katanya strictly seven seater jadi 5 seater lagi?
Thread dibuat pada awal Januari dengan pemikiran, kami belum akan ambil rumah dulu,karena masih mencari cari yang cocok. Jadi kami rencana nya akan pergunakan COP untuk peremajaan unit. Agya kami sudah mulai memasuki tahun ke 7, apakah ada problem signifikan? Gak koq,baik2 aja, masi bisa lari sana sini dan konsumsi bbm yang wajar(1:9-11 karena jadi genset).
Pertengahan Februari ada tawaran dari sales rumah n kita rasanya sreg dgn lokasi,harga,dll. Dan setelah galau galau ria, kita putuskan untuk ampir KPR dulu. Untuk kendaraan, kita akan perpanjang aja usia pakai nya,paling tidak sampe 1-2 tahun kedepan, toh gak ada problem signifikan.
Akhirnya dimulai lah project refreshment parts buat Agya, hampir semua parts kaki kaki diganti, 3 buah Engine Mounting ikut diganti. Harapannya agar bisa nyaman 1-2 tahun kedepan.
Amankah? Ternyata gak. Suatu hari pada saat mau parkir di depan rumah, mesin mati mendadak. Feelnya mirip sekali sama kalau kita menggunakan manual,tapi lepas kopling dan injek gas nya kurang sinkron.
Lama kelamaan masalah makin bertambah,mulai susah cold start, lampu check engine nyala (problem di vehicle speed sensor menurut pembacaan via obd),gak bisa pindah ke gigi 2, lagi jalan anteng2,tau2 drop ke gigi 1 n engine brake (bahaya ini) sampe pada akhirnya gak bisa di start sama sekali dan harus di towing ke auto 2000.
Sebelum di towing, beberapa bulan sebelumnya dah pindah2 bengkel,mulai dari Bengkel langganan yang vonis ECU nya,udah beli ECU sendiri n udah pasang,malah masalah tetep masih ada. Ke Plaza Toyota udah, bilang nya no issue. Ke bengkel spesialis matic, langsung vonis matic masalah n minta 15 juta buat OH transmisi tanpa cek lebih lanjut. WTF??!! Situ dukun? Gak nyalain mesin mobil,gak tes drive,cm liat sekilas n lgsg vonis.
Singkat cerita, kami putuskan untuk ganti unit aja sekalian,daripada waktu di weekend + uang kebuang sia sia cuma untuk memperbaiki unit yang entah bisa normal lagi atau gak, kami dah agak hopeless sebenernya. Itung sana sini, budget 200 – 250 max akan digunakan untuk ganti unit. Nambah dikit dari hasil jual agya gpp, tapi less money spent on a car, lebih bagus.
Mulai lah hunting2, kriteria tetep sama, harus baru, nambah gak banyak n lbih nyaman dari Agya. 7 seater kalo budget masuk gpp,tapi gak ngoyo harus ambil 7 seater. Option nya apa?
1. Raize
Temen kantor istri di bulan agustus 2022 baru aja ambil ini,ambil GR Sports non TSS. Harga nya skitar 270an udah sama diskon. Pribadi gak terlalu suka raize, mesin nya kasar (3 silinder). Tetangga depan rumah saya adalah head sales Daihatsu Mampang, jadi mereka ada 1 unit rocky. Tiap pagi dengerin cold start n idle nya. Terlalu kasar menurut saya,n dah puas juga dengerin 3 silinder agya,pengen ganti yang 4 silinder aja. Nombok nya kebanyakan n ditambah kasus gak bisa nanjak raize/rocky, jadi mundur teratur.
2. Stargazer
Temen kantor istri nawarin Stargazer karena iklannya dari 240jutaan. Walah, ini mah dapet paling bawah,manual pula. Kalo buat bawa anter jemput gpp.
3. Daihatsu Sirion
Sirion masuk di radar,tapi begitu liat tampilan, istri gak suka. Secara mesin sih sama dengan xenia 1.3 dan body lebih kecil,jadi harusnya oke sparepart n keiritan nya. Harga juga 236jutaan belum diskon. Nambah nya gak terlalu banyak. Harusnya oke,tapi krn istri bilang gak sreg, mundur teratur.
4. Daihatsu Xenia
Bisa dapet yang 1.3 X CVT. Tapi less money spent on car, the better.
5. Ertiga
istri gak tertarik ama cap S dari dulu. Entah kenapa.. Dari produknya sendiri, diluar budget,281 jutaan buat GX Matic (belum diskon) n gak sreg sama mild hybrid nya. N mild hybrid nya koq gak berefek banyak ke kons bbm / performa.. jd mendingan gak lirik lebih lanjut
6. Brio
Mobil paling banyak yang dipake disekitar istri. 3 temen kantor istri pake brio Satya E CVT. Ade Ipar istri tahun lalu ambil brio RS. Mertua saya jg seneng naik itu,meskipun kecil tapi dalemnya lega. Jadi ya sudah, karena pengalaman sekitar istri saya pada puas pake nya, ambil lah Brio. Tipe apa? RS CVT aja. Kenapa gak Urbanite? Terlalu Ricer n nombok nya kebanyakan,toh barang sama aja kaya RS,beda body kit doang. Kenapa gak satya? Istri prefer dgn warna plafon nya RS yang warna item n dah kesengsem sama punya ipar nya istri.
Jadi, Brio RS warna abu nih? yuppie,bungkuss..
Lalu gimana dgn agya? Masalahnya dimana? Setelah di rawat inap di auto2000, ternyata baru ketemu masalahnya. Masalah utama nya adalah di kabel grounding yang dibaut ke salah satu bagian deket mesin gak di baut secara proper ke tempat nya,jadi si kabel bisa main naik-turun. Hal ini jadi buat arus listrik gak stabil n itu ngaruh ke semua system kelistrikan mobil. Bener aja setelah diganti baut yang lebih pas, si kabel balik secure n gak ada problem apapun. Gak ada check engine atau apapun,normal aja gitu.
Ya ampun.. kluar duit ganti sensor, beli ECU, sampe towing ke beres semua gara2 hal sepele. Kluar uang buat benerin agya kalau tau problem dari awal? 300ribuan aja. Di rumah sisa ECU n bbrp barang agya, kalau ada yang mau PM ya.. maap mod sedikit jualan..
Long story short, kejual lah agya n brio RS sampe dirumah. Impresi nya bagaimana?
Ini first impression selama kurleb 300km pertama dari pandangan user agya selama 7 tahun.
1. Driving position
Meski cuma bisa tilt steering, gak terlalu susah buat ngepasin sama badan ane (178cm/73kg). Yang paling bikin happy, posisi duduk nya itu enak. Kaki ane gak kena bagian bawah setir. Haha.. di agya, bagian plastik jadi alus gr2 sering kena dengkul ane.. wakakakak.. Dashnya agak low buat sy yang lumayan tinggi,jadi masih bisa liat kedepan, great views to the front n side. Visibilitas ke belakang gak terlalu, pilar C nya agak tebel n kaca belakang yg agak round,jadi buat pandangan lebih sempit. Plus ada side bolster yang lumayan tebel di kiri n kanan jok.
Simply put, I feel like I’m IN a car, not ON a car.
2. The Ride
Baru jalan pake brio ini sekitar 300km, n smua bagian kaki2 pasti masih baru jadi rasanya enak. Bantingan nya teredam dgn baik n gak ada bunyi2 aneh2.. moga2 aja begitu seterusnya.. haha.. Dibanding sama Jazz RS (GE) lebih enak ini.. Pas awal masuk kantor, selama hampir 1 tahun setiap hari ane ditebengin bos ane pake Jazz GE ini.. Bantingan Jazz GE lebih kesannya kaku n agak keras.
Klo Brio ini lebih mantep, gak ada kesan ngayun berlebih, agya ane juga dah ganti kaki2 n semua shock, tapi tetep gak bisa imbangin bantingan brio.
3. The Engine + Gearbox
Yang pasti lebih halus (3 cylinder vs 4 cylinder). Jelas lah ya. So far sih irit. Amaze juga liat angka kons bbm nya, H+1 ambil dari dealer, isi full tank di Shell n pake buat anter anak les n jadi sempet jadi genset. Awal drop ke 9.1 km/l. Tapi semakin lama di kendarai, angka kons bbm nya makin turun, jadi skitar 12.0 kpl. Beda sama agya yang kalau dah dapet 9an, ya good luck bisa balik ke angka 12an kpl,kecuali naik ke tol. Mungkin krn gearbox nya CVT kali ya, diliat2, gak pernah lebih dari 2000 rpm waktu jalan di komplek, skitar 1500an rpm aja mainnya.
Untuk power belum bisa explore,lum brani bejek2 n lari kenceng. Top speed bawa di tol dari Alam Sutera (Dealer) ke Kelapa Gading cuma berani 80kph. Tapi yang ane rasain, power delivery nya smooth. Cukup injek perlahan, speed creeping naik. Begitu dah sampe desired speed? Tahan aja gas nya. Lari 60kph? Rpm dibawah 2000 saja.
4. THe Sound Insulation
Honda berisik? agak sih IMO. Kemarin sempet ujan sebentar di kantor ane, suara nya koq ya bgini amat ya.. dibanding agya ane? Untuk atap ya mirip2 lah ya. Bagian lain kaya noise dari pintu,dll, belum bisa bedain terlalu jauh,mungkin karet2 pintu masi pada bagus, so belum bisa komen banyak soal ini. Tapi overall peredaman noise lebih mendingan ini dibanding agya.
Untuk Vibration? Mendingan Brio ini juga.. well mungkin krn agya 3 cyl vs brio ini 4 cyl,jadi gak ada getaran berlebih ala 3 cyl. Sebelum agya ane lepas, ane sempet ganti 3 Engine Mounting di beres, jadi bisa langsung bandingin seberapa geter nya 3cyl ane. Begitu ganti ke 4cyl? Getaran di tuas transmisi bener2 gak ada getaran sama skali..
5. Fitur
Hm.. fitur sih kalau dibanding agya ya jelas lebih lengkap brio ini. HU langsung dapet Kenwood 418BT,ada tweeter, ada audio steering switch, kaca di balik sunvisor penumpang depan (yang driver juga dapet).
Tapi come on honda, knapa masi ada fitur2 yang gak mahal tapi di sunat. Contoh, lampu di bagian transmisi, ini gak nyala waktu kita nyalain lampu kecil, agya aja dah nyala dari pabrik. Auto up di driver, ini juga gak ada. Console box juga gak ada. Kita dah terbiasa ada console box di agya (bagian tengah), bisa simpen barang2 kecil, eh ini gak ada. Untuk 3 fitur ini, terpaksa kita nambah sendiri.
Yang paling gak enak dilihat, banyak slot kosong di sebelah kanan. Itu sepertinya buat tombol start stop button, VSA, entah apa lagi. Padahal RS ini termasuk yang cukup mahal dikelasnya, tapi fitur gak maksimal,atau kelihatan seperti di tahan2,maybe buat ultimate edition sblum pindah gen?
6. The Mods
Modifikasi yang dilakukan hanya seputar fungsional aja, tambah karpet, console box, ganti klakson, modul auto up n nyalain lampu di gear shift indicator. Di eksterior cuma ganti shark fin aja. Sisanya standar. Next project? Ada rencana Coating, Jok Kulit (req istri), n Audio.
7. The Knick knacks
There’s no such thing as a perfect car. Jadi ya buat sy pribadi ada hal yang mengganggu
a. Ukuran radiator koq kecil n tipis amat ya. Kemarin waktu pasang klakson,sempet buka bemper depan sedikit n sy liat radiator nya tipis amat dibanding agya.
b. Waktu idle n nyalain AC, jeda antara fan AC nyala n mati koq cepet banget. N bunyi nya mayan annoying. Kalo dari dalem gak kedengeran,tapi dari luar kedengeran banget. Apa ada hubungannya sama yang diatas ya?
c. Coolant radiator type 2 mahal. Rp. 100.000 seliter, ini type 2 yang warna biru. mirip ama harga oli mesin. haha. Katanya sih ada bahan anti freeze. Baca2 di thread coolant, harus kuras habis radiator kalau mau ganti coolant. Tapi ini bisa dilakukan nanti. Punya ipar nya istri malah dapet nya yg type 1, warna ijo, seliter Cuma 35rb.
8. The verdict
Pada Thread awal tahun ,kami menginginkan mobil baru yang lebih lega (7 seater), lebih irit dan bertenaga (kons bbm seimbang), sparepart masuk akal n long term ownership gak bikin repot. Apakah terpenuhi? Lumayan terpenuhi, meskipun bukan 7 seater, dan poin long term ownership gak bikin repot harus dibuktikan dgn berjalannya waktu. Apakah so far puas pake Brio? Puas.
Untuk kami pribadi,mobil ini cukup untuk memenuhi kebutuhan mobil kami untuk daily drive. Mungkin ada yang bilang Brio terlalu keras,dsb, tapi buat kami yang berangkat dari Agya, bisa di katakan Brio RS ini lebih enak. Mengingat kelegaan kabin dan kehematan yang ditawarkan, rasanya cukup untuk mengantar kami aktivitas sehari hari.
Terima Kasih sudah membaca.
Last edited by azure on Sat Dec 03, 2022 1:09, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9685
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Honda B from my point of view
Congratsazure wrote: ↑Fri Dec 02, 2022 23:32 Sudah hampir 1 tahun sejak saya membuat thread disini viewtopic.php?t=31204.. Lalu saya jadi ambil apa?
Terima Kasih sudah membaca.
Honda never fails, buat urusan driving position, handling and agility
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5707
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Honda B from my point of view
Nais ripiu om, ane jg lg penasaran sama Brio Buttlift ini.
Bilangnya naikannya lebih dibanding GE8 jg.
Kepengen beli 1 yg bekas buat sehari2 ke toko.
Kalau pake Pertalite bisa aja kan om?
Bilangnya naikannya lebih dibanding GE8 jg.
Kepengen beli 1 yg bekas buat sehari2 ke toko.
Kalau pake Pertalite bisa aja kan om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3414
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Honda B from my point of view
Dlu ane sempet beliin adek ane brio RS 2017 masih blm ada filter acnya. Gatau yg brio sekarang uda ada apa blm. Kalo blm ada bisa liat tutorial di yutub cara pasangnya, gampang kok. Ada yg jual paketan sekalian tutup covernya di marketplace online.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 631
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Honda B from my point of view
Nais repiu om
Brio salah satu mobil terlaris honda
Ga salah sih buat sruntulan/ mobil kedua ganjil genap
Kbetulan kmarin abis beresin brio satya manual punya temen
Enginemounting sisi driver kena
Busi tipe biasa bawaanya( ganti per 20k)
Oli mtf ganti abis 1.5ltr
Tutup pengisian oli atas retak
Filter ac dan tutup filternya dipasang
Yg belum beres lampu airbag ama lampu rem nyala.abis kena banjir
Moga ga kena modul abs nya,airbag jg ga tau knp nyala
Overall mobil yg enak,sayang gc rendah suka gasruk
Brio salah satu mobil terlaris honda
Ga salah sih buat sruntulan/ mobil kedua ganjil genap
Kbetulan kmarin abis beresin brio satya manual punya temen
Enginemounting sisi driver kena
Busi tipe biasa bawaanya( ganti per 20k)
Oli mtf ganti abis 1.5ltr
Tutup pengisian oli atas retak
Filter ac dan tutup filternya dipasang
Yg belum beres lampu airbag ama lampu rem nyala.abis kena banjir
Moga ga kena modul abs nya,airbag jg ga tau knp nyala
Overall mobil yg enak,sayang gc rendah suka gasruk
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11
Re: Honda B from my point of view
Nice sharing om terutama soal agya,
Awal baca sempet gak percaya oh agya bisa tiba2 rusak gitu ya, kaya cerita2 mobil eropa, eh ternyata masalah kabel (baru tau impact nya besar)
Selamat om brio nya, sirion baru juga worth sih ya,
Awal baca sempet gak percaya oh agya bisa tiba2 rusak gitu ya, kaya cerita2 mobil eropa, eh ternyata masalah kabel (baru tau impact nya besar)
Selamat om brio nya, sirion baru juga worth sih ya,
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Honda B from my point of view
Ikutan sharing Brio RS om. Tahun ini saya bantuin jual mobil kakak saya yang udah kepake 10 tahun. Mobilnya March 1.2 A/T 2012. Terjual di Agustus 2022 lalu trus langsung cari Brio Satya CVT. Keliling hampir ke seluruh Honda di Jakarta ga ada yang ready, semua inden 1-2 bulan (kata salesnya). Akhirnya ambil RS CVT karena butuh banget mobil.
September 2022 mobil diantar, yang pertama saya pasang filter AC dan tutupnya. Aneh juga hari gini jualan mobil ngga dikasih filter AC. Selain itu langsung ganti lampu depan sama lampu kabut pakai Osram Nightbreaker dan Fogbreaker.
Trus sempat saya pinjam sebentar, menurut saya mobil ini enak. Joknya nyaman, walau agak sedikit kerendahan menurut saya, kalau ada height adjuster akan lebih sip. Kabin lumayan senyap (belum tes kalau hujan), bantingan suspensi enak, padahal profil bannya lebih tipis dibanding Satya. Pokoknya kalau dibandingkan sama Avanza 2017 saya, Brio RS ini jauh lebih enak, posisi mengemudinya saya suka.
Nah sedikit soal Agya, minggu lalu saya nyetir kembarannya sebentar (Ayla), wah terasa kekecilan buat saya, bagian bawah jok cuma menyangga 2/3 paha dan itu jok tinggi banget, dasbornya jadi keliatan rendah (padahal TB saya hanya 170 cm).
Nah, lebih kurang seminggu lalu kunci si Brio hilang di parkiran apartemen dan ngga ketemu. Karena kuatir disalahgunakan, akhirnya bikin satu kunci baru plus setting ulang immobilizer di BeRes Honda, jadi kunci yang hilang tadi udah ngga bisa dipakai buat menyalakan mesin. Lumayan juga, kena 1,2 jt untuk kunci plus jasa.
September 2022 mobil diantar, yang pertama saya pasang filter AC dan tutupnya. Aneh juga hari gini jualan mobil ngga dikasih filter AC. Selain itu langsung ganti lampu depan sama lampu kabut pakai Osram Nightbreaker dan Fogbreaker.
Trus sempat saya pinjam sebentar, menurut saya mobil ini enak. Joknya nyaman, walau agak sedikit kerendahan menurut saya, kalau ada height adjuster akan lebih sip. Kabin lumayan senyap (belum tes kalau hujan), bantingan suspensi enak, padahal profil bannya lebih tipis dibanding Satya. Pokoknya kalau dibandingkan sama Avanza 2017 saya, Brio RS ini jauh lebih enak, posisi mengemudinya saya suka.
Nah sedikit soal Agya, minggu lalu saya nyetir kembarannya sebentar (Ayla), wah terasa kekecilan buat saya, bagian bawah jok cuma menyangga 2/3 paha dan itu jok tinggi banget, dasbornya jadi keliatan rendah (padahal TB saya hanya 170 cm).
Nah, lebih kurang seminggu lalu kunci si Brio hilang di parkiran apartemen dan ngga ketemu. Karena kuatir disalahgunakan, akhirnya bikin satu kunci baru plus setting ulang immobilizer di BeRes Honda, jadi kunci yang hilang tadi udah ngga bisa dipakai buat menyalakan mesin. Lumayan juga, kena 1,2 jt untuk kunci plus jasa.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Tue Sep 22, 2015 3:39
Re: Honda B from my point of view
@ suryaputra : driving position nya sih confirm enak. entah kalo yang tipe sedan (civic/accord),mungkin lebih enak lagi. Handling n agility belum bisa dites lebih lanjut,nanti tengah bulan baru mau jalan agak jauh. Tapi soal stability, thumbs up la buat kelas mobil kecil gini. Tes nya di rute tol dalam kota yang perpecahan ke airport (belok kiri) n ke arah pluit /ancol (belok kanan). Kalo di agya,belok kanan di kecepatan 40kph, kita di dalem dah berasa kelempar, sedangkan kemarin malam coba lahap tikungan di 60 kph, kita gak berasa kelempar sama skali. nice job Honda.
@sintoni : pertalite aman om. di bukman,ada info klo satya minimal ron 90, RS minimal ron 92. Tapi klo dari spec sheet,tenaga nya sama persis, jadi harusnya pertalite aman sih. CMIIW ya.
@kendilbocor : Nah ini yang ane kelewatan.. Filter AC belum ada sampe keluaran tahun 2022 ini.. haha.. Kalau Brio produksi tahun berapa gitu,di rumah filter nya udah ada semacam kaitan yang bisa di lepas untuk kita masukin filter AC. Jadi gak perlu potong2 pake cutter n pake cover nya.
@trebla88 : Soal GC setuju.. pendek bener.. apalagi ada bodykit di RS, bemper depan bagian bawah sempet gasruk poldur,padahal rute yang sama pake agya gak pernah gasruk..
@maydhi09 : Betul. tadinya malah saya mau ke bengkel dukun kabel A chien buat cek kelistrikan,eh dah diketemuin ama mekanik A2K.. haha.. ini grounding nya tambahan ya, bukan standar pabrik. Saya nambah waktu agya masih umur nya bbrp ratus km,jadi bisa dibilang dari baru udah ditambahin n baru sekarang failed. kalau ditanya kenapa bisa kaya gitu? entah.. bisa usia, bisa ada teknisi yang copot grounding tapi pasang gak bener, gak tau pasti sih.. Curiga ke human error sih,baut nya bisa sampe slek (ulir nya jadi makin tipis) bagian bawahnya.
@classicrock : Wuoh,foglamp nya masih bohlam biasa ya om? nembus kabut gak? Kalo LED meskipun kuning, agak susah tembus kabut. Gak pake LED om buat headlamp nya? hehe..
Mahal juga ya kunci blank nya.. haha.. di tokoijo, kunci nya 350rb aja.. Tp entah sh,klo knci immobilizer dari merek sebelah. Belum punya pengalaman beli kunci immobilizer sh, dulu sy beli remote agya cm 185rb, kunci? ke tukang kunci langganan,bisa bikin duplikat dgn 50rb saja..
@sintoni : pertalite aman om. di bukman,ada info klo satya minimal ron 90, RS minimal ron 92. Tapi klo dari spec sheet,tenaga nya sama persis, jadi harusnya pertalite aman sih. CMIIW ya.
@kendilbocor : Nah ini yang ane kelewatan.. Filter AC belum ada sampe keluaran tahun 2022 ini.. haha.. Kalau Brio produksi tahun berapa gitu,di rumah filter nya udah ada semacam kaitan yang bisa di lepas untuk kita masukin filter AC. Jadi gak perlu potong2 pake cutter n pake cover nya.
@trebla88 : Soal GC setuju.. pendek bener.. apalagi ada bodykit di RS, bemper depan bagian bawah sempet gasruk poldur,padahal rute yang sama pake agya gak pernah gasruk..
@maydhi09 : Betul. tadinya malah saya mau ke bengkel dukun kabel A chien buat cek kelistrikan,eh dah diketemuin ama mekanik A2K.. haha.. ini grounding nya tambahan ya, bukan standar pabrik. Saya nambah waktu agya masih umur nya bbrp ratus km,jadi bisa dibilang dari baru udah ditambahin n baru sekarang failed. kalau ditanya kenapa bisa kaya gitu? entah.. bisa usia, bisa ada teknisi yang copot grounding tapi pasang gak bener, gak tau pasti sih.. Curiga ke human error sih,baut nya bisa sampe slek (ulir nya jadi makin tipis) bagian bawahnya.
@classicrock : Wuoh,foglamp nya masih bohlam biasa ya om? nembus kabut gak? Kalo LED meskipun kuning, agak susah tembus kabut. Gak pake LED om buat headlamp nya? hehe..
Mahal juga ya kunci blank nya.. haha.. di tokoijo, kunci nya 350rb aja.. Tp entah sh,klo knci immobilizer dari merek sebelah. Belum punya pengalaman beli kunci immobilizer sh, dulu sy beli remote agya cm 185rb, kunci? ke tukang kunci langganan,bisa bikin duplikat dgn 50rb saja..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Honda B from my point of view
Masih bohlam biasa semua om sesuai spec mobil, lampu utama H4 60/55W untuk lampu kabut H8 35W. Hehe kami seneng yang standar standar aja.azure wrote:
@classicrock : Wuoh,foglamp nya masih bohlam biasa ya om? nembus kabut gak? Kalo LED meskipun kuning, agak susah tembus kabut. Gak pake LED om buat headlamp nya? hehe..
Mahal juga ya kunci blank nya.. haha.. di tokoijo, kunci nya 350rb aja.. Tp entah sh,klo knci immobilizer dari merek sebelah. Belum punya pengalaman beli kunci immobilizer sh, dulu sy beli remote agya cm 185rb, kunci? ke tukang kunci langganan,bisa bikin duplikat dgn 50rb saja..
Kalo tes kabut belum om, tapi kata kakak saya ngebantu banget pas hujan deras malam hari.
Iya om mayan juga itu kunci harganya, masih nunggu, belum datang barangnya.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Honda B from my point of view
Congrats om, brio rs memang pilihan tepat
Saya ambil seken dari temen ketika BU karena badai covid kemaren, jujur aja puas
Bantingan dan kekedapan kaki2 malah lebih baik dari CRV RE dan HRV RU, kocak sih mobil kelasnya jauh lebih murah tp berasa lebih senyap dan surprisingly lebih reliable ketimbang kakak2nya yg lebih mahal
Selama ini belom ada problem, cuma sekali aja bohlam rem belakang putus, lainnya ya cukup rutin ganti oli, cek coolant, sekali ganti cvtf, ganti wiper,
Satu lagi, ini mobil uiriit, CVTnya enak, malesnya klo mundur itu respon gas galak sama rasio mundurnya apa terlalu enteng ya, padahal sudah pelan2 injek gas tapi masi ngeloyor aja sampe hampir nabrak dinding belakang
Handling enak, mesin cukup powerrful, irit, reliable juga,, rasanya poin penting udah terpenuhi, yg minus ya bagasi (punya saya masi model setrika)
Minusnya ya peredaman atap, sama pintu samping yg masi masuk suara sekitar,
Klo peredaman roda lebih baik dari HRV sama CRV entah apa karena memang ada perbaikan atau type ban ya (brigestone potenza re030)
Klo ac iya sih, cepet banget engaged disengaged konpresornya, lebih cepat dr hrv dan crv
Unit saya dapet isi coolant honda type 1, saya tanya sama owner sebelumnya sih belom pernah ganti coolant, dari sononya udah warna ijo (saya beli dr owner sebelumnya di km 27ribuan)
Lalu mengenai radiator, saya kurang paham ya apa memang standarnya idealnya ukuran segini atau kekecilan, tapi memang klo sering dibuat genset, sering cek aja, saya sempat top up karena itu coolant di reservoir udah turun jauh dibawah batas low tahun lalu, tapi skrg saya cek masi aman sih, blom top up lagi
Sudah pernah nyoba top speed di tol ngawi, memang ada limiter di 150an, gak tau klo yg tipe 2018 keatas (non setrika) apa sudah ada perubahan ecu mapping yg ngelepas limiter apa tidak
Untuk brio rs setrika mengenai lampu tidak ada masalah sih, tipenya malah sudah projector dengan bohlam HiR2, yg facelift non setrika sebenernya malah downgrade kembali ke halogen multireflektor,
Overall, rasanya ini mobil laris, apalagi pas pandemi jadi bintang karena ada alasan kuat sih, memang enak mobilnya
Saya ambil seken dari temen ketika BU karena badai covid kemaren, jujur aja puas
Bantingan dan kekedapan kaki2 malah lebih baik dari CRV RE dan HRV RU, kocak sih mobil kelasnya jauh lebih murah tp berasa lebih senyap dan surprisingly lebih reliable ketimbang kakak2nya yg lebih mahal
Selama ini belom ada problem, cuma sekali aja bohlam rem belakang putus, lainnya ya cukup rutin ganti oli, cek coolant, sekali ganti cvtf, ganti wiper,
Satu lagi, ini mobil uiriit, CVTnya enak, malesnya klo mundur itu respon gas galak sama rasio mundurnya apa terlalu enteng ya, padahal sudah pelan2 injek gas tapi masi ngeloyor aja sampe hampir nabrak dinding belakang
Handling enak, mesin cukup powerrful, irit, reliable juga,, rasanya poin penting udah terpenuhi, yg minus ya bagasi (punya saya masi model setrika)
Minusnya ya peredaman atap, sama pintu samping yg masi masuk suara sekitar,
Klo peredaman roda lebih baik dari HRV sama CRV entah apa karena memang ada perbaikan atau type ban ya (brigestone potenza re030)
Klo ac iya sih, cepet banget engaged disengaged konpresornya, lebih cepat dr hrv dan crv
Unit saya dapet isi coolant honda type 1, saya tanya sama owner sebelumnya sih belom pernah ganti coolant, dari sononya udah warna ijo (saya beli dr owner sebelumnya di km 27ribuan)
Lalu mengenai radiator, saya kurang paham ya apa memang standarnya idealnya ukuran segini atau kekecilan, tapi memang klo sering dibuat genset, sering cek aja, saya sempat top up karena itu coolant di reservoir udah turun jauh dibawah batas low tahun lalu, tapi skrg saya cek masi aman sih, blom top up lagi
Sudah pernah nyoba top speed di tol ngawi, memang ada limiter di 150an, gak tau klo yg tipe 2018 keatas (non setrika) apa sudah ada perubahan ecu mapping yg ngelepas limiter apa tidak
Untuk brio rs setrika mengenai lampu tidak ada masalah sih, tipenya malah sudah projector dengan bohlam HiR2, yg facelift non setrika sebenernya malah downgrade kembali ke halogen multireflektor,
Overall, rasanya ini mobil laris, apalagi pas pandemi jadi bintang karena ada alasan kuat sih, memang enak mobilnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Honda B from my point of view
kasarannya cm benerin grounding uda kelar, ini saking ketar ketir sampe jd ganti bpkb sekalian ya omLalu gimana dgn agya? Masalahnya dimana? Setelah di rawat inap di auto2000, ternyata baru ketemu masalahnya. Masalah utama nya adalah di kabel grounding yang dibaut ke salah satu bagian deket mesin gak di baut secara proper ke tempat nya,jadi si kabel bisa main naik-turun. Hal ini jadi buat arus listrik gak stabil n itu ngaruh ke semua system kelistrikan mobil. Bener aja setelah diganti baut yang lebih pas, si kabel balik secure n gak ada problem apapun. Gak ada check engine atau apapun,normal aja gitu.
anyway....
pernah bawa satya E CVT baru dan rasanya udah proper sih, redaman suspensi lebih ok daripada older models macem HRV atau CRV gen 3. lucu juga pertimbangan beli RS karena suka warna plafon biasa istri kan rewel klo soal harga kemahalan ini nambah sekitar 30 juta padahal.
soal ukuran radiator imut, berarti belom dibenerin dari jaman satya gen 1 yah. kipasnya jadi sering nyala, akhirnya umur kipasnya pendek. masalahnya electric fan, kl kaput gak ngerti kapan nya. mantan bos mobilnya jg tau tau berasap di jalan mana lagi macet pula
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 252
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Honda B from my point of view
Loh, samaan berarti Om. Saya yg 1200 AT, yg 1000 cc jg gitu ya? Sempat bertakon-takon2, why ya?
Gampang banget negdrop kons BBM nya, tapi susah naik kecuali ya itu. Dibawa ke tol yg konturnya menurun terus.
Akhirnya kalau dibanding-bandingke sama All New Ertiga AT yg 1500cc kons BBM nya sama aja.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Tue Sep 22, 2015 3:39
Re: Honda B from my point of view
@ariswp : betul om.. irit nya keterlaluan.. haha.. wah,lebih bagus drpd CRV RE n HRV RU? Mungkin improvement karena gen lebih baru kali ya?
Liat liat forum sh,versi buttlift ini tetep ada limiternya,max 145kph atau 155kph ya.. cmiiw..
Versi buttlift malah turun ke multireflector aja..
Mau upgrade jadi projector mobilio? Bisa,tp ubah diagram wiring nya.. kalo gak salah mobilio 8 pin,brio ini 6 pin..
@chz : gitu deh om.. gara2 grounding,jadi ganti bpkb..
Istri sh pertimbangannya soal noda,dulu di agya headliner nya warna abu2 muda n gmpg kotor,maklum,anak masi balita n segala macem ya di pegang,termasuk atep. Plus karena bandingin sama punya ipar istri. Haha..
Hoalah,dr brio gen awal jg gt toh masalahnya.. wah,bener2 musti diperhatiin ya cooling systemnya..
@xmtdeluxe : sy curiga krn 4at nya sih om.. tuning nya gak pas,jadi ya boros jatuhnya.. tapi saya pikir dual vvti 1200cc akan irit..
Liat liat forum sh,versi buttlift ini tetep ada limiternya,max 145kph atau 155kph ya.. cmiiw..
Versi buttlift malah turun ke multireflector aja..
Mau upgrade jadi projector mobilio? Bisa,tp ubah diagram wiring nya.. kalo gak salah mobilio 8 pin,brio ini 6 pin..
@chz : gitu deh om.. gara2 grounding,jadi ganti bpkb..
Istri sh pertimbangannya soal noda,dulu di agya headliner nya warna abu2 muda n gmpg kotor,maklum,anak masi balita n segala macem ya di pegang,termasuk atep. Plus karena bandingin sama punya ipar istri. Haha..
Hoalah,dr brio gen awal jg gt toh masalahnya.. wah,bener2 musti diperhatiin ya cooling systemnya..
@xmtdeluxe : sy curiga krn 4at nya sih om.. tuning nya gak pas,jadi ya boros jatuhnya.. tapi saya pikir dual vvti 1200cc akan irit..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1297
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Honda B from my point of view
Beberapa kali pakai Brio RS, langsung amazed dgn refinement-nya terutama di suspensi. Pantas aja Honda Jazz distop penjualannya, fun to drive setara Jazz dgn harga yg lebih murah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Honda B from my point of view
nice review dan congrats buat mobil barunya. salken sesama brio user, kebetulan saya juga user brio tapi yg satya E CVT, dibeli karena butuh mobil kecil yg lincah buat dalkot, irit bbm tapi akomodasinya bagus dan fun to drive, walaupun perlu proses inden yg lumayan lama, saya SPK udh dari Mei lalu dan mobil baru mendarat di garasi saya bulan oktober lalu. untungnya proses plat aslinya semingguan langsung jadi. hehehe
back to topic, semua poin yg om bilang saya setuju. saya pernah ada di posisi yg sama kaya om juga waktu mau milih kandidat mobil city car yg dimensinya gak terlalu gede buat gangen pendamping reborn diesel matic saya sebagai mobil daily, kandidatnya waktu itu ada duo raize rocky, sirion , brio RS/ satya. alasan mengapa saya menjatuhkan pilihan ke brio satya ini akan saya bahas di thread terpisah (kebetulan emg saya nyari yg 5 seater karena untuk 7 seater udh ada crv turbo dan innova reborn ). selama pemakaian 2 bulan ini dan odometer 2rb km, saya cukup puas dengan mobil ini. karena lincah dan gesit buat dalkot, fun to drive, row 2 dan bagasi lega + handling dan tarikannya juga salah 1 yg terbaik dikelasnya menurut saya. kebetulan pernah pakai ge8 selama 9 tahun, HRV lama selama 1 tahun dan beberapa kali nyobain agya dan brio lama punya temen. brio ini menurut saya bakal upgrade dari segala sisi kalo dari agya, terutama disisi fitur, handling dan driving feel + tarikannya, selain itu, akomodasi + bantingan suspensi juga lebih baik dibanding brio gen sblmnya , dan dibanding GE8 dan HRV saya dulu entah knp bantingan suspensinya lebih empuk ini, walaupun dibanding HRV lama saya dulu bedanya gak terlalu jauh menurut saya walaupun minusnya ada di road noisenya yg menurut saya agak kurang + fitur console box ditengah dan auto up buat jendela driver gak ada di brio ini, padahal kalo di lengkapi bisa menambah nilai dari practicality dari mobil ini sendiri menurut saya
back to topic, semua poin yg om bilang saya setuju. saya pernah ada di posisi yg sama kaya om juga waktu mau milih kandidat mobil city car yg dimensinya gak terlalu gede buat gangen pendamping reborn diesel matic saya sebagai mobil daily, kandidatnya waktu itu ada duo raize rocky, sirion , brio RS/ satya. alasan mengapa saya menjatuhkan pilihan ke brio satya ini akan saya bahas di thread terpisah (kebetulan emg saya nyari yg 5 seater karena untuk 7 seater udh ada crv turbo dan innova reborn ). selama pemakaian 2 bulan ini dan odometer 2rb km, saya cukup puas dengan mobil ini. karena lincah dan gesit buat dalkot, fun to drive, row 2 dan bagasi lega + handling dan tarikannya juga salah 1 yg terbaik dikelasnya menurut saya. kebetulan pernah pakai ge8 selama 9 tahun, HRV lama selama 1 tahun dan beberapa kali nyobain agya dan brio lama punya temen. brio ini menurut saya bakal upgrade dari segala sisi kalo dari agya, terutama disisi fitur, handling dan driving feel + tarikannya, selain itu, akomodasi + bantingan suspensi juga lebih baik dibanding brio gen sblmnya , dan dibanding GE8 dan HRV saya dulu entah knp bantingan suspensinya lebih empuk ini, walaupun dibanding HRV lama saya dulu bedanya gak terlalu jauh menurut saya walaupun minusnya ada di road noisenya yg menurut saya agak kurang + fitur console box ditengah dan auto up buat jendela driver gak ada di brio ini, padahal kalo di lengkapi bisa menambah nilai dari practicality dari mobil ini sendiri menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Honda B from my point of view
setuju sama poin yg saya bold. brio satya E CVT emg inden. tapi at least udh mendingan lah dibanding bulan mei - juli lalu. kebetulan saya sendiri SPK brio satya E CVT dari Mei, tapi baru dateng mobilnya Oktober lalu , karena emg tipe terlaris brio ya satya e cvt ini menurut pengamatan sotoy saya heheheclassicrock wrote: ↑Sat Dec 03, 2022 2:05 Ikutan sharing Brio RS om. Tahun ini saya bantuin jual mobil kakak saya yang udah kepake 10 tahun. Mobilnya March 1.2 A/T 2012. Terjual di Agustus 2022 lalu trus langsung cari Brio Satya CVT. Keliling hampir ke seluruh Honda di Jakarta ga ada yang ready, semua inden 1-2 bulan (kata salesnya). Akhirnya ambil RS CVT karena butuh banget mobil.
September 2022 mobil diantar, yang pertama saya pasang filter AC dan tutupnya. Aneh juga hari gini jualan mobil ngga dikasih filter AC. Selain itu langsung ganti lampu depan sama lampu kabut pakai Osram Nightbreaker dan Fogbreaker.
Trus sempat saya pinjam sebentar, menurut saya mobil ini enak. Joknya nyaman, walau agak sedikit kerendahan menurut saya, kalau ada height adjuster akan lebih sip. Kabin lumayan senyap (belum tes kalau hujan), bantingan suspensi enak, padahal profil bannya lebih tipis dibanding Satya. Pokoknya kalau dibandingkan sama Avanza 2017 saya, Brio RS ini jauh lebih enak, posisi mengemudinya saya suka.
Nah sedikit soal Agya, minggu lalu saya nyetir kembarannya sebentar (Ayla), wah terasa kekecilan buat saya, bagian bawah jok cuma menyangga 2/3 paha dan itu jok tinggi banget, dasbornya jadi keliatan rendah (padahal TB saya hanya 170 cm).
Nah, lebih kurang seminggu lalu kunci si Brio hilang di parkiran apartemen dan ngga ketemu. Karena kuatir disalahgunakan, akhirnya bikin satu kunci baru plus setting ulang immobilizer di BeRes Honda, jadi kunci yang hilang tadi udah ngga bisa dipakai buat menyalakan mesin. Lumayan juga, kena 1,2 jt untuk kunci plus jasa.20220910_182855.jpgSmartSelect_20221203_084427_Office.jpg
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Thu Mar 28, 2019 16:12
- Location: Bandung
Re: Honda B from my point of view
Congrats atas mobil barunya om
Emang sih confirmed Brio kalo di LCGC itu the best nya, sempet bbrp kali jg punya.. dibandingin ke Agya, Brio itu rasanya seperti "satu kelas diatas" nya keluaran Astra
Emang sih confirmed Brio kalo di LCGC itu the best nya, sempet bbrp kali jg punya.. dibandingin ke Agya, Brio itu rasanya seperti "satu kelas diatas" nya keluaran Astra
2017 Pajero Sport Dakar
2017 X1 sDrive18i xLine
2017 C200 Avantgarde
2017 X1 sDrive18i xLine
2017 C200 Avantgarde
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Honda B from my point of view
Awalnya saya kira itu bisa bisanya trik sales aja, ngga taunya beneran susah unitnya. Ya udah deh pindah ke RS, plus kakak saya pas liat RS yang dipajang langsung suka.Pboyz97 wrote: setuju sama poin yg saya bold. brio satya E CVT emg inden. tapi at least udh mendingan lah dibanding bulan mei - juli lalu. kebetulan saya sendiri SPK brio satya E CVT dari Mei, tapi baru dateng mobilnya Oktober lalu , karena emg tipe terlaris brio ya satya e cvt ini menurut pengamatan sotoy saya hehehe
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Honda B from my point of view
lama juga ya inden nya brio d jkt
padahal klo liat stockyard honda keliatan tumpah ruah brbagai model
padahal klo liat stockyard honda keliatan tumpah ruah brbagai model
engine roaring!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 252
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Honda B from my point of view
Apa masih terjadi kelaangkaan chip ya Om? Tempo hari waktu saya pesan esegese jg sempat calsig mendadak inden sampai 2 bulan, termasuk aGay ini. Nggak tahu skrg. Mungkin chip nya dikonsentrasikan ke HRV yg kemarin sempat indennya gak karu2an, akhirnya brio yg kena dampaknya.classicrock wrote: ↑Sun Dec 04, 2022 2:04Awalnya saya kira itu bisa bisanya trik sales aja, ngga taunya beneran susah unitnya. Ya udah deh pindah ke RS, plus kakak saya pas liat RS yang dipajang langsung suka.Pboyz97 wrote: setuju sama poin yg saya bold. brio satya E CVT emg inden. tapi at least udh mendingan lah dibanding bulan mei - juli lalu. kebetulan saya sendiri SPK brio satya E CVT dari Mei, tapi baru dateng mobilnya Oktober lalu , karena emg tipe terlaris brio ya satya e cvt ini menurut pengamatan sotoy saya hehehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 372
- Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: GNA G 1300 AT
Re: Honda B from my point of view
Kayanya memang laku banget sih om mobilnya, karena pas kakak saya diinfo nomor rangka, di dalam daftar yang ditunjukkan juga banyak nama pembeli Brio lain.XMTdeluxe wrote:Apa masih terjadi kelaangkaan chip ya Om? Tempo hari waktu saya pesan esegese jg sempat calsig mendadak inden sampai 2 bulan, termasuk aGay ini. Nggak tahu skrg. Mungkin chip nya dikonsentrasikan ke HRV yg kemarin sempat indennya gak karu2an, akhirnya brio yg kena dampaknya.classicrock wrote: ↑Sun Dec 04, 2022 2:04Awalnya saya kira itu bisa bisanya trik sales aja, ngga taunya beneran susah unitnya. Ya udah deh pindah ke RS, plus kakak saya pas liat RS yang dipajang langsung suka.Pboyz97 wrote: setuju sama poin yg saya bold. brio satya E CVT emg inden. tapi at least udh mendingan lah dibanding bulan mei - juli lalu. kebetulan saya sendiri SPK brio satya E CVT dari Mei, tapi baru dateng mobilnya Oktober lalu , karena emg tipe terlaris brio ya satya e cvt ini menurut pengamatan sotoy saya hehehe
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Honda B from my point of view
Di sini satya berlimpah ruah om. Ada temen sales di smg story nya nawarin diskon akhir taun brio ready stock pm ane kalo minatXMTdeluxe wrote: ↑Sun Dec 04, 2022 6:51Apa masih terjadi kelaangkaan chip ya Om? Tempo hari waktu saya pesan esegese jg sempat calsig mendadak inden sampai 2 bulan, termasuk aGay ini. Nggak tahu skrg. Mungkin chip nya dikonsentrasikan ke HRV yg kemarin sempat indennya gak karu2an, akhirnya brio yg kena dampaknya.classicrock wrote: ↑Sun Dec 04, 2022 2:04Awalnya saya kira itu bisa bisanya trik sales aja, ngga taunya beneran susah unitnya. Ya udah deh pindah ke RS, plus kakak saya pas liat RS yang dipajang langsung suka.Pboyz97 wrote: setuju sama poin yg saya bold. brio satya E CVT emg inden. tapi at least udh mendingan lah dibanding bulan mei - juli lalu. kebetulan saya sendiri SPK brio satya E CVT dari Mei, tapi baru dateng mobilnya Oktober lalu , karena emg tipe terlaris brio ya satya e cvt ini menurut pengamatan sotoy saya hehehe
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Tue Sep 22, 2015 3:39
Re: Honda B from my point of view
Salken om pboyz
Brio satya e cvt memang spertinya best buy ya.. kalo cuma buat daily drive aja udah lebih dari cukup..
Ngomongin soal sales,sy malahan di upsell ke urbanite. n spertinya urbanite ready stock di skitar bulan oktober n november itu lagi berlimpah.. sy ganti dealer 2x,krn bilangnya ready,begitu di kejar lagi,kapan bisa turun nomor rangka nya,eh mlintir janjinya.. sy butuh cepet juga soalnya.. haha.. akhirnya dealer kenalan bos yg akhirnya bantuin.. 1 minggu langsung kluar nomor rangka nya..
Yg agak menggangu itu ground clearance nya brio.. kira kira bisa di trik in sperti apa ya? Ganti ban? Ganjel pake karet2an? Naikin tekanan angin? Jgn bilang ganti bpkb ya..
Brio satya e cvt memang spertinya best buy ya.. kalo cuma buat daily drive aja udah lebih dari cukup..
Ngomongin soal sales,sy malahan di upsell ke urbanite. n spertinya urbanite ready stock di skitar bulan oktober n november itu lagi berlimpah.. sy ganti dealer 2x,krn bilangnya ready,begitu di kejar lagi,kapan bisa turun nomor rangka nya,eh mlintir janjinya.. sy butuh cepet juga soalnya.. haha.. akhirnya dealer kenalan bos yg akhirnya bantuin.. 1 minggu langsung kluar nomor rangka nya..
Yg agak menggangu itu ground clearance nya brio.. kira kira bisa di trik in sperti apa ya? Ganti ban? Ganjel pake karet2an? Naikin tekanan angin? Jgn bilang ganti bpkb ya..
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Honda B from my point of view
Kasi ban agak tebelan aja om. Safest choice gak bikin kenyamanan berkurang malah nambah, cm berat aja paling tarikan awal.azure wrote: ↑Sun Dec 04, 2022 12:35 Salken om pboyz
Brio satya e cvt memang spertinya best buy ya.. kalo cuma buat daily drive aja udah lebih dari cukup..
Ngomongin soal sales,sy malahan di upsell ke urbanite. n spertinya urbanite ready stock di skitar bulan oktober n november itu lagi berlimpah.. sy ganti dealer 2x,krn bilangnya ready,begitu di kejar lagi,kapan bisa turun nomor rangka nya,eh mlintir janjinya.. sy butuh cepet juga soalnya.. haha.. akhirnya dealer kenalan bos yg akhirnya bantuin.. 1 minggu langsung kluar nomor rangka nya..
Yg agak menggangu itu ground clearance nya brio.. kira kira bisa di trik in sperti apa ya? Ganti ban? Ganjel pake karet2an? Naikin tekanan angin? Jgn bilang ganti bpkb ya..
Ganti per takutnya ga cocok. Naikin tekanan angin jadi keras dan ga dampak signifikan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23
Re: Honda B from my point of view
Gmn ceritanya bisa ganti dealer 2x om? Sblmnya om kasi uang tanda jadi dulu ga di dealer sampai nomor rangka keluar?azure wrote:Salken om pboyz
Brio satya e cvt memang spertinya best buy ya.. kalo cuma buat daily drive aja udah lebih dari cukup..
Ngomongin soal sales,sy malahan di upsell ke urbanite. n spertinya urbanite ready stock di skitar bulan oktober n november itu lagi berlimpah.. sy ganti dealer 2x,krn bilangnya ready,begitu di kejar lagi,kapan bisa turun nomor rangka nya,eh mlintir janjinya.. sy butuh cepet juga soalnya.. haha.. akhirnya dealer kenalan bos yg akhirnya bantuin.. 1 minggu langsung kluar nomor rangka nya..
Yg agak menggangu itu ground clearance nya brio.. kira kira bisa di trik in sperti apa ya? Ganti ban? Ganjel pake karet2an? Naikin tekanan angin? Jgn bilang ganti bpkb ya..
Kepikiran mo jokul gk5 ganti brio satya juga ne hehehe