Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dendeect
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jan 02, 2023 7:05
Location: Malang
Daily Vehicle: Nissan Livina 2019

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by dendeect »

josomba wrote: Wed Jan 04, 2023 4:03
dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 3:08
Ini engine surging, udah dicek yg lain2nya nda om?

Misalkan busi n injector.
Engine surging ya bahasa lainnya saja mesin/tarikan nyentak...
Kalau cek lain lain di BeRes Sudah Oom, infonya Busi dan lain lain tidak ada trouble....
dendeect
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jan 02, 2023 7:05
Location: Malang
Daily Vehicle: Nissan Livina 2019

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by dendeect »

josomba wrote: Wed Jan 04, 2023 4:03
dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 3:08 Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.

Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.
Ini engine surging, udah dicek yg lain2nya nda om?

Misalkan busi n injector.
Ya sudah cek juga lainnya oom, infonya dari BeRes normal semua,
ya Engine surging bahasa ingglisnya Mesin / tarikan Nyentak
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by josomba »

dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 4:20 Ya sudah cek juga lainnya oom, infonya dari BeRes normal semua,
ya Engine surging bahasa ingglisnya Mesin / tarikan Nyentak
Kalau boleh tahu busi bawaannya jenis apa (iridium atau bukan) dan terakhir ganti di KM berapa, om?
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 4:08
Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 3:30
dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 3:08 Beberapa hari ini, mobil Nissan Livina 2019 saya sering nyentak RPM nya, Kronologi sbb :
1. Service rutin 130rb km ( Sep'22 ) ganti olie matic sesuai saran BeRes ( Olie standard )
2. 22 Des service rutin 140rb km
3. Kamis 29Dec mobil terasa mulai nyentak RPM nya...tiba tiba tarikan jeduk jeduk saat jalan..RPM naik ke 4 / 5.
4. saran BeRes ganti olie matic, saya ikuti ganti olie matic. dan memang tarikan sempat normal kembali.
5. Hari ini tarikan terasa nyentak nyentak lagi, jalan normal speed 40km/h, RPM nyentak ke 4 dan 5, serasa matic selip.

Mohon saran masukan dari suhu sekalian yang pernah alami hal serupa
Terima Kasih yg berkenan mampir kasih masukan.
Bukan suhu, dan masih nubie sama2 belajar. :mky_03:

Sebelumnya udh pernah ganti oli matic nya?
Dari 0 - 130rb KM itu

Karena klo blm pernah ganti atf, itu pasti kotorr mbah, dan sampai nyentak.. perlu dicek:
- valve body
- AT selenoid
- filter matic nya udh pasti kudu ganti, klo gak pernah ganti atf
- multi plate clutch set
- ya pemeriksaan ideal nya, menyeluruh, bongkar girboks lah :big_peace:
Pernah ganti olie matic di KM70rb waktu itu, sesuai saran BeRes nya...
Aduhhhh banyak banget poin cek nya...bisa jebolll dompetttt
hoo panjang juga yaa sampai 70rb km
idealnya max di interval 40rb km / 2 tahun sekali.

Ok coba ceklist yg paling murah,
- Buang ATF lama dan Buka ATF pan
- Ganti filter matic nya
- Apply seal ATF pan baru
- Isi ATF baru nya
- dan Fine tuning ATF level nya: isi sampai kondisi full sesuai dipstick dalam kondisi mesin Cold dan Hot
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dendeect
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jan 02, 2023 7:05
Location: Malang
Daily Vehicle: Nissan Livina 2019

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by dendeect »

josomba wrote: Wed Jan 04, 2023 4:34
dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 4:20 Ya sudah cek juga lainnya oom, infonya dari BeRes normal semua,
ya Engine surging bahasa ingglisnya Mesin / tarikan Nyentak
Kalau boleh tahu busi bawaannya jenis apa (iridium atau bukan) dan terakhir ganti di KM berapa, om?
Hmm kalau ini, harus cek buku service nya dahulu, tempo hari saya ingat sudah pernah ganti busi, ya standard sesuai saran BeRes Nissan nya....
dendeect
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Jan 02, 2023 7:05
Location: Malang
Daily Vehicle: Nissan Livina 2019

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by dendeect »

Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 6:20
dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 4:08
Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 3:30

Bukan suhu, dan masih nubie sama2 belajar. :mky_03:

Sebelumnya udh pernah ganti oli matic nya?
Dari 0 - 130rb KM itu

Karena klo blm pernah ganti atf, itu pasti kotorr mbah, dan sampai nyentak.. perlu dicek:
- valve body
- AT selenoid
- filter matic nya udh pasti kudu ganti, klo gak pernah ganti atf
- multi plate clutch set
- ya pemeriksaan ideal nya, menyeluruh, bongkar girboks lah :big_peace:
Pernah ganti olie matic di KM70rb waktu itu, sesuai saran BeRes nya...
Aduhhhh banyak banget poin cek nya...bisa jebolll dompetttt
hoo panjang juga yaa sampai 70rb km
idealnya max di interval 40rb km / 2 tahun sekali.

Ok coba ceklist yg paling murah,
- Buang ATF lama dan Buka ATF pan
- Ganti filter matic nya
- Apply seal ATF pan baru
- Isi ATF baru nya
- dan Fine tuning ATF level nya: isi sampai kondisi full sesuai dipstick dalam kondisi mesin Cold dan Hot
Coba ceklist murahnya ini saya konsulkan ke temen bengkel specialist Nissan yg ada di Malang, bukan BeRes ( bengkel resmi ) sapa tahu bisa jadi solusi, termasuk ganti filter olie matic nya....

haturnuwun suhu....
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 7:51
Suryaputra wrote: Wed Jan 04, 2023 6:20
dendeect wrote: Wed Jan 04, 2023 4:08
Pernah ganti olie matic di KM70rb waktu itu, sesuai saran BeRes nya...
Aduhhhh banyak banget poin cek nya...bisa jebolll dompetttt
hoo panjang juga yaa sampai 70rb km
idealnya max di interval 40rb km / 2 tahun sekali.

Ok coba ceklist yg paling murah,
- Buang ATF lama dan Buka ATF pan
- Ganti filter matic nya
- Apply seal ATF pan baru
- Isi ATF baru nya
- dan Fine tuning ATF level nya: isi sampai kondisi full sesuai dipstick dalam kondisi mesin Cold dan Hot
Coba ceklist murahnya ini saya konsulkan ke temen bengkel specialist Nissan yg ada di Malang, bukan BeRes ( bengkel resmi ) sapa tahu bisa jadi solusi, termasuk ganti filter olie matic nya....

haturnuwun suhu....
iya mbah
klo per-matic an emg better ke bengkel spesialis.

klo di be-res ngikut SOP berdasarkan interval / manual book, yg sama sekali gak relevan dgn kondisi traffic dan iklim di indonesia :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by 12punch »

Suryaputra wrote: Wed Dec 28, 2022 13:31
josomba wrote: Wed Dec 28, 2022 12:48
DOHC wrote: Wed Dec 28, 2022 11:27
asinan dex enem, ama valvo merah dex enem, 2 2 nya bukannya visko 100 nya di 6an mbah

kl minta 5.8, berarti bsa icip toyota WS donk, 5.8 tuh dia
Mungkin bisa aja pake WS, tp masih penasaran si palpolin, mbah ..

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Rempong jg ya mazda klo mau nyamain encer ATF OEM nya :big_biglaugh:

Klo PDS Mazda ATF FZ ini V100 nya

Image

Yg mendekati V100 nya cuma :
- Ravenol ATF FZ
- Q8 Auto MV
itu angka V100 makin kecil makin bagus ato gmn mbah? ato beda2 kebutuhan tiap transmisi ?
kecil juga ya 5.5, Q8 auto MV di 5.8
jd prefer oli genuine mazda ATF FZ / ganti merk lain ya om ?
ganti merk jatohnya upgrade kualitas ato yg terbaik tetep si oli genuine ?
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

12punch wrote: Fri Jan 06, 2023 10:55
Suryaputra wrote: Wed Dec 28, 2022 13:31
josomba wrote: Wed Dec 28, 2022 12:48

Mungkin bisa aja pake WS, tp masih penasaran si palpolin, mbah ..

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Rempong jg ya mazda klo mau nyamain encer ATF OEM nya :big_biglaugh:

Klo PDS Mazda ATF FZ ini V100 nya

Image

Yg mendekati V100 nya cuma :
- Ravenol ATF FZ
- Q8 Auto MV
itu angka V100 makin kecil makin bagus ato gmn mbah? ato beda2 kebutuhan tiap transmisi ?
kecil juga ya 5.5, Q8 auto MV di 5.8
jd prefer oli genuine mazda ATF FZ / ganti merk lain ya om ?
ganti merk jatohnya upgrade kualitas ato yg terbaik tetep si oli genuine ?
ya tergantung kebutuhan dr masing2 produsen girboks nya mbah

klo mazda emang butuhnya oli seencer dgn V100 <6 ... ya pilihan after marketnya salah satunya Q8 MV itu
krn comply ke ATF FZ jg
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
TonyMagnifico
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Oct 07, 2020 12:57

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by TonyMagnifico »

Permisi suhu2 SM,
Mau tanya mobil saya almaz transmisi cvt. Rencana mau flush oli cvt, ganti pake aftermarket yg lebih bagus. Cuma pas cek kinematic viscosity (40 derajat) oli bawaan (shell) nilainya 26.3.. Pas cari2 yg aftermarket kebanyakan KV nya lebih tinggi Sekitar 32-35an. Kira2 ngaruh ke keawetan cvt nya ga ya klo diganti yg KV nya tinggi? Oh iya problem cvt di almaz itu gampang panas.
Thanks pencerahannya :thanks:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1767
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

TonyMagnifico wrote: Tue Jan 17, 2023 5:20 Permisi suhu2 SM,
Mau tanya mobil saya almaz transmisi cvt. Rencana mau flush oli cvt, ganti pake aftermarket yg lebih bagus. Cuma pas cek kinematic viscosity (40 derajat) oli bawaan (shell) nilainya 26.3.. Pas cari2 yg aftermarket kebanyakan KV nya lebih tinggi Sekitar 32-35an. Kira2 ngaruh ke keawetan cvt nya ga ya klo diganti yg KV nya tinggi? Oh iya problem cvt di almaz itu gampang panas.
Thanks pencerahannya :thanks:
Boleh coba Q8 CVT EVO om, pengalaman saya cukup tahan panas. Udah beberapa kali customer pake di Almaz jg, untuk V40 saya rasa gak masalah, shell Sl 2100 v100nya berapa ya?
redrover
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Sat Feb 09, 2019 4:40
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Nissan Livina

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by redrover »

Permisi para master di SM

sudah saatnya ganti oli metik lagi di ANL yg speknya ATF-MA1/ATF-PA (sama dengan Xpander).

Pilihan mengerucut ke Aisin ATF VI dan Repsol MV6.
Keduanya comply ke Dextron 6.
Aisin di spek juga tulis comply ATF-PA.
Nah yg Repsol MV6 meski comply dextron 6 tapi ga ada ditulis comply ATF-PA.

Sebaiknya gimana ya? ambil Repsol dengan harga lebih murah dan Aisin, atau tetep ambil Aisin?
Ada yg pernah nyoba Repsol?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
- B5-ME (2012~2014) | HR12DE (2014~2019) | 4A91 (2019~...)
TonyMagnifico
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Oct 07, 2020 12:57

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by TonyMagnifico »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 17, 2023 6:36
TonyMagnifico wrote: Tue Jan 17, 2023 5:20 Permisi suhu2 SM,
Mau tanya mobil saya almaz transmisi cvt. Rencana mau flush oli cvt, ganti pake aftermarket yg lebih bagus. Cuma pas cek kinematic viscosity (40 derajat) oli bawaan (shell) nilainya 26.3.. Pas cari2 yg aftermarket kebanyakan KV nya lebih tinggi Sekitar 32-35an. Kira2 ngaruh ke keawetan cvt nya ga ya klo diganti yg KV nya tinggi? Oh iya problem cvt di almaz itu gampang panas.
Thanks pencerahannya :thanks:
Boleh coba Q8 CVT EVO om, pengalaman saya cukup tahan panas. Udah beberapa kali customer pake di Almaz jg, untuk V40 saya rasa gak masalah, shell Sl 2100 v100nya berapa ya?
v100 nya 6.2.. Q8 7.0 ya?
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

redrover wrote: Tue Jan 17, 2023 6:42 Permisi para master di SM

sudah saatnya ganti oli metik lagi di ANL yg speknya ATF-MA1/ATF-PA (sama dengan Xpander).

Pilihan mengerucut ke Aisin ATF VI dan Repsol MV6.
Keduanya comply ke Dextron 6.
Aisin di spek juga tulis comply ATF-PA.
Nah yg Repsol MV6 meski comply dextron 6 tapi ga ada ditulis comply ATF-PA.

Sebaiknya gimana ya? ambil Repsol dengan harga lebih murah dan Aisin, atau tetep ambil Aisin?
Ada yg pernah nyoba Repsol?
Di grup fb sebelah, ada yang pakai repsol MV6 sih positif komennya, lebih enteng jauh di 5AT honda tapi
Sebelumnya doi pakai aisin afw+
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
redrover
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Sat Feb 09, 2019 4:40
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Nissan Livina

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by redrover »

ariswp wrote: Tue Jan 17, 2023 8:15
redrover wrote: Tue Jan 17, 2023 6:42 Permisi para master di SM

sudah saatnya ganti oli metik lagi di ANL yg speknya ATF-MA1/ATF-PA (sama dengan Xpander).

Pilihan mengerucut ke Aisin ATF VI dan Repsol MV6.
Keduanya comply ke Dextron 6.
Aisin di spek juga tulis comply ATF-PA.
Nah yg Repsol MV6 meski comply dextron 6 tapi ga ada ditulis comply ATF-PA.

Sebaiknya gimana ya? ambil Repsol dengan harga lebih murah dan Aisin, atau tetep ambil Aisin?
Ada yg pernah nyoba Repsol?
Di grup fb sebelah, ada yang pakai repsol MV6 sih positif komennya, lebih enteng jauh di 5AT honda tapi
Sebelumnya doi pakai aisin afw+
OK sip om, ntar akhir bulan check out yang Repsol aja klo gitu.

Btw, kapasitas oli metik berdasar bukman 4.9 L, untuk flushing perlu berapa liter ya? tanya ke bengkel dijawab cukup sediakan 8 liter, cukup segitu ga ya?
- B5-ME (2012~2014) | HR12DE (2014~2019) | 4A91 (2019~...)
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

redrover wrote: Wed Jan 18, 2023 5:44
ariswp wrote: Tue Jan 17, 2023 8:15
redrover wrote: Tue Jan 17, 2023 6:42 Permisi para master di SM

sudah saatnya ganti oli metik lagi di ANL yg speknya ATF-MA1/ATF-PA (sama dengan Xpander).

Pilihan mengerucut ke Aisin ATF VI dan Repsol MV6.
Keduanya comply ke Dextron 6.
Aisin di spek juga tulis comply ATF-PA.
Nah yg Repsol MV6 meski comply dextron 6 tapi ga ada ditulis comply ATF-PA.

Sebaiknya gimana ya? ambil Repsol dengan harga lebih murah dan Aisin, atau tetep ambil Aisin?
Ada yg pernah nyoba Repsol?
Di grup fb sebelah, ada yang pakai repsol MV6 sih positif komennya, lebih enteng jauh di 5AT honda tapi
Sebelumnya doi pakai aisin afw+
OK sip om, ntar akhir bulan check out yang Repsol aja klo gitu.

Btw, kapasitas oli metik berdasar bukman 4.9 L, untuk flushing perlu berapa liter ya? tanya ke bengkel dijawab cukup sediakan 8 liter, cukup segitu ga ya?
Flushing tergantung kondisi ATF nya om
Kalo masi belom terlalu keruh tentunya tidak sebanyak ketika ATFnya sudah keruh banget
8 liter rasanya cukup sih
Tinggal nanti setelah jernih, ditutup dengan fine tuning level ATFnya
Kurang paham bagaimana klo di ANL/Xpander, apakah masi memakai dipstik atau model baut check seperti matic2 baru
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by feri307 »

Izin bertanya, suhu2. Mobil Brio saya udah masuk tahun ke-8 (pemakaian akhir Des.2014), tp baru jalan 42.5xx km. Udah pernah ganti oli matic jelang tahun ke-5 (sekitar Juli/Agustus 2020 di 26.[cencored] km, kalo gak salah ingat).

Pertanyaannya:
1. Apakah kondisi pemakaian saya ini normal atau termasuk ekstrim bagi kerja transmisi?
2. Skrg ada rencana mau ganti lg. Apakah kali ini tetap ganti biasa atau sebaiknya dikuras?
3. Kalo pengen pake aftermarket, ada saran yg oke? Terakhir ganti masih pake oli pabrikan DW-1. Sementara ini, kandidat yg terpikirkan adalah Q8 Auto MV, PTT LV-1, sama Aisin AFW+.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

feri307 wrote: Mon Jan 23, 2023 10:27 Izin bertanya, suhu2. Mobil Brio saya udah masuk tahun ke-8 (pemakaian akhir Des.2014), tp baru jalan 42.5xx km. Udah pernah ganti oli matic jelang tahun ke-5 (sekitar Juli/Agustus 2020 di 26.[cencored] km, kalo gak salah ingat).

Pertanyaannya:
1. Apakah kondisi pemakaian saya ini normal atau termasuk ekstrim bagi kerja transmisi?
2. Skrg ada rencana mau ganti lg. Apakah kali ini tetap ganti biasa atau sebaiknya dikuras?
3. Kalo pengen pake aftermarket, ada saran yg oke? Terakhir ganti masih pake oli pabrikan DW-1. Sementara ini, kandidat yg terpikirkan adalah Q8 Auto MV, PTT LV-1, sama Aisin AFW+.
Pakai Honda DW1 is Ok

Berikutnya bisa Ganti per 20rb Km atau 2 tahun.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by feri307 »

Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 11:17
Pakai Honda DW1 is Ok

Berikutnya bisa Ganti per 20rb Km atau 2 tahun.
Makasih, om. Berarti tetap pake DW-1 Honda aja udah cukup ya? Baca2 ke belakang, banyak yg ganti pake aftermarket sepertinya. Oya, itu ntar diganti biasa aja apa mendingan sekalian dikuras ya, om?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

feri307 wrote: Mon Jan 23, 2023 13:20
Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 11:17
Pakai Honda DW1 is Ok

Berikutnya bisa Ganti per 20rb Km atau 2 tahun.
Makasih, om. Berarti tetap pake DW-1 Honda aja udah cukup ya? Baca2 ke belakang, banyak yg ganti pake aftermarket sepertinya. Oya, itu ntar diganti biasa aja apa mendingan sekalian dikuras ya, om?
Klo rutin dan satu merek
Ganti biasa ajah

Klo cukup lama, sistem drain and refill 2x

Aftermarket klo CVTF
Krn friksi belt baja dan puli lbh rentan :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by feri307 »

Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 13:26
Klo rutin dan satu merek
Ganti biasa ajah

Klo cukup lama, sistem drain and refill 2x

Aftermarket klo CVTF
Krn friksi belt baja dan puli lbh rentan :mky_03:
Kuras pake mesin gak recommended ya, om?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9655
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

feri307 wrote: Mon Jan 23, 2023 13:35
Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 13:26
Klo rutin dan satu merek
Ganti biasa ajah

Klo cukup lama, sistem drain and refill 2x

Aftermarket klo CVTF
Krn friksi belt baja dan puli lbh rentan :mky_03:
Kuras pake mesin gak recommended ya, om?
Ya itu pilihan masing2 mbah

Klo tanpa mesin, resiko lbh kecil dr terkontaminasi/ kecampur dll.
Krn lgs dr botol.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by feri307 »

Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 13:55 Ya itu pilihan masing2 mbah

Klo tanpa mesin, resiko lbh kecil dr terkontaminasi/ kecampur dll.
Krn lgs dr botol.
Siap, om. Makasih untuk saran2nya.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by ariswp »

feri307 wrote: Mon Jan 23, 2023 13:20
Suryaputra wrote: Mon Jan 23, 2023 11:17
Pakai Honda DW1 is Ok

Berikutnya bisa Ganti per 20rb Km atau 2 tahun.
Makasih, om. Berarti tetap pake DW-1 Honda aja udah cukup ya? Baca2 ke belakang, banyak yg ganti pake aftermarket sepertinya. Oya, itu ntar diganti biasa aja apa mendingan sekalian dikuras ya, om?
DW1 udah bagus om untuk proteksi dan reliability 5AT honda
Tidak ada yg salah dengan DW1, buat ngejar nyaman dan kehalusan perpindahan gigi udah oke

Kecuali klo mau coba2 trial ngejar karakteristik yg berbeda, bolehlah pake ATF aftermarket yg lebih encer buat ngejar tarikan enteng dan perpindahan lebih sigap (dan "kasar")
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Raynard22
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Mon Feb 22, 2016 7:57

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Raynard22 »

Halo Om2 semua, ijin bertanya, apakah sudah ada yang memecahkan misteri CVTF MA1 yang ada di buku service Xpander CVT? Sudah Tanya 3 Beres belum ada barangnya :big_childish: