All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by McLaren »

bryanowen26 wrote: Tue Jan 24, 2023 10:56

tolong pencerahannya rekan2 sekalian, mau tanya ini termasuk bunyi putu atau hanya bunyi kompresor ac ya ? saya coba cari sumber suaranya sepertinya berasal dari area turbo karena suara sangat jelas jika hp direkam didekat sana, agak bingung dan gak percaya karena saya pikir putu turbo hanya terjadi di 2gd 2016-2017 saja... mobil saya innova reborn facelift 2021

suara seperti itu muncul hanya saat ac dinyalakan dan rpm naik menjadi sekitar 900 rpm , kalau ac dimatikan rpm otomatis turun jadi sekitar 700 rpm sehingga tidak muncul suara2 tsb ,
Bukan putu om..
Itu antara kipas atau kompresor ac.
Turbo belum spooling kondisi idle.

Namanya juga produk massal.
Ngga bisa sama semua.

Yg 2GD ini masih mending sbnrnya dibanding 2KD.
Itu lebih beragam lg, suaranya ada yg halus, ada yg kasar.. sama sama kondisi baru.
Bahkan ada yg keluar asap dr lubang cek oli wkwk, kondisi baru loo ini.
bryanowen26
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Jan 24, 2023 10:38
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova 2021 diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by bryanowen26 »

Suryaputra wrote: Tue Jan 24, 2023 12:19
bryanowen26 wrote: Tue Jan 24, 2023 10:56

tolong pencerahannya rekan2 sekalian, mau tanya ini termasuk bunyi putu atau hanya bunyi kompresor ac ya ? saya coba cari sumber suaranya sepertinya berasal dari area turbo karena suara sangat jelas jika hp direkam didekat sana, agak bingung dan gak percaya karena saya pikir putu turbo hanya terjadi di 2gd 2016-2017 saja... mobil saya innova reborn facelift 2021

suara seperti itu muncul hanya saat ac dinyalakan dan rpm naik menjadi sekitar 900 rpm , kalau ac dimatikan rpm otomatis turun jadi sekitar 700 rpm sehingga tidak muncul suara2 tsb ,
Coba ketika AC On posisi dingin max (bukan fan speed ya)
Dan digas bunyinya makin kenceng gak?

Klo suaranya ngikutin posisi AC on atau off, itu biaa dr bearing kompresor ac nya.
Atau emg dah bawaan orok kompresor ac nya bunyi spt itu.

Krn ada beberapa mobil, kompresor ac nya dr pabrik udh bunyi spt itu.

Klo putu turbo, itu mau ac on off tetep bunyi terus di rpm tertentu.
sudah saya coba begini hasilnya :
1. kalau ac on digas stabil sekitar 1000 rpm biar mirip kayak idlenya innova / vrz pre facelift bunyi tambah kenceng tapi agak ketutup sama suara mesin
2. kalau ac off digas stabil 1000 rpm bunyi suling tambah kenceng juga dan pas lepas gas terasa siul putu banget , persis kayak yang di youtube kayaknya putu tipis sih ini om soalnya baru bisa di dengar kalau direkam pakai hp yang posisinya di area ban depan ,kalau dari dalam kabin jendela terbuka masih samar-samar
3. kalau ac off suara nya hilang tapi rpm hanya sekitar 700 an sedangkan innova / vrz pre facelift idle nya sekitar 900 an jadi saya rasa turbo berputar kurang kencang makanya ga bunyi di innova saya , makanya saya gas stabil dikit supaya sama
4. kalau ac on rpm naik ke 900 an suara muncul

jadi ini termasuk putu ga ya om ???

kalau putu enaknya langsung ke SA minta claim turbo aja om? apa dibiarkan aja karena masih tipis dan normal ??
bryanowen26
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Jan 24, 2023 10:38
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova 2021 diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by bryanowen26 »

zzzprince wrote: Tue Jan 24, 2023 12:59
bryanowen26 wrote:
zzzprince wrote: Tue Jan 24, 2023 11:04
Dulu awal saya komplaint ke auto2000 langganan dibilang bukan putu a2k, tapi pas pindah a2k lain, divonis putu dan diganti turbonya

itu om habis remap kah?

Saya kira improvement penggantian turbo menjadi wastegate manual di innova fl 2021, dan reposisi katalis ke front pipe thn 2018 bisa mengurangi kasus turbo
zzzprince wrote: Tue Jan 24, 2023 11:04
Dulu awal saya komplaint ke auto2000 langganan dibilang bukan putu a2k, tapi pas pindah a2k lain, divonis putu dan diganti turbonya

itu om habis remap kah?

Saya kira improvement penggantian turbo menjadi wastegate manual di innova fl 2021, dan reposisi katalis ke front pipe thn 2018 bisa mengurangi kasus turbo

ga diremap om full standar km 17 ribu an
unit innova om yg divonis putu itu tahun berapa om? yg facelift juga ?? habis turbo diganti ada trouble2 / dampaknya / human error saat pemasangan ga om ?
Pas itu saya vrz 2017 om
Saya minta pemasangan rapi, jadi mobil ditinggal pagi, lusa sore diambil biar kerjanya gak keburu2 dan final check baut di torsi semua

Kalo gak salah cuma air radiator aja yg berkurang terus selama 3harian pasca ganti turbo, sisanya positif om. Tarikan gak berasa ngeden kaya awal2 mulai putu
okee om terima kasih sharingnya 🙏
bryanowen26
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Jan 24, 2023 10:38
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova 2021 diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by bryanowen26 »

McLaren wrote: Tue Jan 24, 2023 14:08
bryanowen26 wrote: Tue Jan 24, 2023 10:56

tolong pencerahannya rekan2 sekalian, mau tanya ini termasuk bunyi putu atau hanya bunyi kompresor ac ya ? saya coba cari sumber suaranya sepertinya berasal dari area turbo karena suara sangat jelas jika hp direkam didekat sana, agak bingung dan gak percaya karena saya pikir putu turbo hanya terjadi di 2gd 2016-2017 saja... mobil saya innova reborn facelift 2021

suara seperti itu muncul hanya saat ac dinyalakan dan rpm naik menjadi sekitar 900 rpm , kalau ac dimatikan rpm otomatis turun jadi sekitar 700 rpm sehingga tidak muncul suara2 tsb ,
Bukan putu om..
Itu antara kipas atau kompresor ac.
Turbo belum spooling kondisi idle.

Namanya juga produk massal.
Ngga bisa sama semua.

Yg 2GD ini masih mending sbnrnya dibanding 2KD.
Itu lebih beragam lg, suaranya ada yg halus, ada yg kasar.. sama sama kondisi baru.
Bahkan ada yg keluar asap dr lubang cek oli wkwk, kondisi baru loo ini.
tapi innova/ vrz pre facelift nge tes putu nya dalam kondisi idle om gimana ya ?? 😅 cuman settingan bawaan dia idle ac on / off tetap di 900 an rpm , kalau innova / vrz facelift idle ac on rpm 900 , idle ac off rpm 700 , kalau ac off saya gas stabil di rpm 1000 keluar dia bunyi putu nya tapi tipis2 om
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Suryaputra »

bryanowen26 wrote: Thu Jan 26, 2023 0:28
Suryaputra wrote: Tue Jan 24, 2023 12:19
bryanowen26 wrote: Tue Jan 24, 2023 10:56

tolong pencerahannya rekan2 sekalian, mau tanya ini termasuk bunyi putu atau hanya bunyi kompresor ac ya ? saya coba cari sumber suaranya sepertinya berasal dari area turbo karena suara sangat jelas jika hp direkam didekat sana, agak bingung dan gak percaya karena saya pikir putu turbo hanya terjadi di 2gd 2016-2017 saja... mobil saya innova reborn facelift 2021

suara seperti itu muncul hanya saat ac dinyalakan dan rpm naik menjadi sekitar 900 rpm , kalau ac dimatikan rpm otomatis turun jadi sekitar 700 rpm sehingga tidak muncul suara2 tsb ,
Coba ketika AC On posisi dingin max (bukan fan speed ya)
Dan digas bunyinya makin kenceng gak?

Klo suaranya ngikutin posisi AC on atau off, itu biaa dr bearing kompresor ac nya.
Atau emg dah bawaan orok kompresor ac nya bunyi spt itu.

Krn ada beberapa mobil, kompresor ac nya dr pabrik udh bunyi spt itu.

Klo putu turbo, itu mau ac on off tetep bunyi terus di rpm tertentu.
sudah saya coba begini hasilnya :
1. kalau ac on digas stabil sekitar 1000 rpm biar mirip kayak idlenya innova / vrz pre facelift bunyi tambah kenceng tapi agak ketutup sama suara mesin
2. kalau ac off digas stabil 1000 rpm bunyi suling tambah kenceng juga dan pas lepas gas terasa siul putu banget , persis kayak yang di youtube kayaknya putu tipis sih ini om soalnya baru bisa di dengar kalau direkam pakai hp yang posisinya di area ban depan ,kalau dari dalam kabin jendela terbuka masih samar-samar
3. kalau ac off suara nya hilang tapi rpm hanya sekitar 700 an sedangkan innova / vrz pre facelift idle nya sekitar 900 an jadi saya rasa turbo berputar kurang kencang makanya ga bunyi di innova saya , makanya saya gas stabil dikit supaya sama
4. kalau ac on rpm naik ke 900 an suara muncul

jadi ini termasuk putu ga ya om ???

kalau putu enaknya langsung ke SA minta claim turbo aja om? apa dibiarkan aja karena masih tipis dan normal ??
suara turbo diesel 2GD emg gtu.
sy bbrp kali coba ipah reborn diesel rental, ya emg gtu, siulan turbo tipis pasti ada.
itu impeller turbonya muter tandanya, gak stuck/ nyangkut :upss:

klo sy pikir itu juga suara kompresor AC ya.... dan masih normal, krn belum ngorok suaranya (pertanda laher kompresor sudah oblak ketika on)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by McLaren »

bryanowen26 wrote: Thu Jan 26, 2023 0:37
McLaren wrote: Tue Jan 24, 2023 14:08
bryanowen26 wrote: Tue Jan 24, 2023 10:56

tolong pencerahannya rekan2 sekalian, mau tanya ini termasuk bunyi putu atau hanya bunyi kompresor ac ya ? saya coba cari sumber suaranya sepertinya berasal dari area turbo karena suara sangat jelas jika hp direkam didekat sana, agak bingung dan gak percaya karena saya pikir putu turbo hanya terjadi di 2gd 2016-2017 saja... mobil saya innova reborn facelift 2021

suara seperti itu muncul hanya saat ac dinyalakan dan rpm naik menjadi sekitar 900 rpm , kalau ac dimatikan rpm otomatis turun jadi sekitar 700 rpm sehingga tidak muncul suara2 tsb ,
Bukan putu om..
Itu antara kipas atau kompresor ac.
Turbo belum spooling kondisi idle.

Namanya juga produk massal.
Ngga bisa sama semua.

Yg 2GD ini masih mending sbnrnya dibanding 2KD.
Itu lebih beragam lg, suaranya ada yg halus, ada yg kasar.. sama sama kondisi baru.
Bahkan ada yg keluar asap dr lubang cek oli wkwk, kondisi baru loo ini.
tapi innova/ vrz pre facelift nge tes putu nya dalam kondisi idle om gimana ya ?? 😅 cuman settingan bawaan dia idle ac on / off tetap di 900 an rpm , kalau innova / vrz facelift idle ac on rpm 900 , idle ac off rpm 700 , kalau ac off saya gas stabil di rpm 1000 keluar dia bunyi putu nya tapi tipis2 om
Klo turbo spooling pasti bunyi om.. gmn yak..
Sy ada 2 innova di rumah, dan beberapa di kantor, itu suaranya beda2 turbonya.
Suara fan nya aja beda2..
Magnetic clutch acnya juga beda2 suaranya, ada yg cetak cetaknya keras, ada yg lembut.

Tp klo penasaran, boleh coba klaim om, nanti dapat turbo baru klo acc.
Saran si klo mau klaim, setahun sebelum garansi habis.

Oya, kesimpulan ane si, diesel ini semakin keras suaranya, entah kenapa tarikannya semakin yahud. Sesama standar yak..
Feeling aja... bukan dyno wkwk
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by well »

McLaren wrote: Tue Jan 24, 2023 14:08
bryanowen26 wrote: Tue Jan 24, 2023 10:56

tolong pencerahannya rekan2 sekalian, mau tanya ini termasuk bunyi putu atau hanya bunyi kompresor ac ya ? saya coba cari sumber suaranya sepertinya berasal dari area turbo karena suara sangat jelas jika hp direkam didekat sana, agak bingung dan gak percaya karena saya pikir putu turbo hanya terjadi di 2gd 2016-2017 saja... mobil saya innova reborn facelift 2021

suara seperti itu muncul hanya saat ac dinyalakan dan rpm naik menjadi sekitar 900 rpm , kalau ac dimatikan rpm otomatis turun jadi sekitar 700 rpm sehingga tidak muncul suara2 tsb ,
Bukan putu om..
Itu antara kipas atau kompresor ac.
Turbo belum spooling kondisi idle.

Namanya juga produk massal.
Ngga bisa sama semua.

Yg 2GD ini masih mending sbnrnya dibanding 2KD.
Itu lebih beragam lg, suaranya ada yg halus, ada yg kasar.. sama sama kondisi baru.
Bahkan ada yg keluar asap dr lubang cek oli wkwk, kondisi baru loo ini.
bener om, 2kd ada yg keluar asap dr dipstik oli ada yg tidak. apa pengaruh manual dan matic y?
bryanowen26
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Jan 24, 2023 10:38
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova 2021 diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by bryanowen26 »

Suryaputra wrote: Thu Jan 26, 2023 2:47
bryanowen26 wrote: Thu Jan 26, 2023 0:28
Suryaputra wrote: Tue Jan 24, 2023 12:19

Coba ketika AC On posisi dingin max (bukan fan speed ya)
Dan digas bunyinya makin kenceng gak?

Klo suaranya ngikutin posisi AC on atau off, itu biaa dr bearing kompresor ac nya.
Atau emg dah bawaan orok kompresor ac nya bunyi spt itu.

Krn ada beberapa mobil, kompresor ac nya dr pabrik udh bunyi spt itu.

Klo putu turbo, itu mau ac on off tetep bunyi terus di rpm tertentu.
sudah saya coba begini hasilnya :
1. kalau ac on digas stabil sekitar 1000 rpm biar mirip kayak idlenya innova / vrz pre facelift bunyi tambah kenceng tapi agak ketutup sama suara mesin
2. kalau ac off digas stabil 1000 rpm bunyi suling tambah kenceng juga dan pas lepas gas terasa siul putu banget , persis kayak yang di youtube kayaknya putu tipis sih ini om soalnya baru bisa di dengar kalau direkam pakai hp yang posisinya di area ban depan ,kalau dari dalam kabin jendela terbuka masih samar-samar
3. kalau ac off suara nya hilang tapi rpm hanya sekitar 700 an sedangkan innova / vrz pre facelift idle nya sekitar 900 an jadi saya rasa turbo berputar kurang kencang makanya ga bunyi di innova saya , makanya saya gas stabil dikit supaya sama
4. kalau ac on rpm naik ke 900 an suara muncul

jadi ini termasuk putu ga ya om ???

kalau putu enaknya langsung ke SA minta claim turbo aja om? apa dibiarkan aja karena masih tipis dan normal ??
suara turbo diesel 2GD emg gtu.
sy bbrp kali coba ipah reborn diesel rental, ya emg gtu, siulan turbo tipis pasti ada.
itu impeller turbonya muter tandanya, gak stuck/ nyangkut :upss:

klo sy pikir itu juga suara kompresor AC ya.... dan masih normal, krn belum ngorok suaranya (pertanda laher kompresor sudah oblak ketika on)
okee om hati tenang lah kalau normal , terima kasih banyak om atas waktunya 🙏
bryanowen26
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Jan 24, 2023 10:38
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova 2021 diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by bryanowen26 »

McLaren wrote: Thu Jan 26, 2023 3:12
bryanowen26 wrote: Thu Jan 26, 2023 0:37
McLaren wrote: Tue Jan 24, 2023 14:08

Bukan putu om..
Itu antara kipas atau kompresor ac.
Turbo belum spooling kondisi idle.

Namanya juga produk massal.
Ngga bisa sama semua.

Yg 2GD ini masih mending sbnrnya dibanding 2KD.
Itu lebih beragam lg, suaranya ada yg halus, ada yg kasar.. sama sama kondisi baru.
Bahkan ada yg keluar asap dr lubang cek oli wkwk, kondisi baru loo ini.
tapi innova/ vrz pre facelift nge tes putu nya dalam kondisi idle om gimana ya ?? 😅 cuman settingan bawaan dia idle ac on / off tetap di 900 an rpm , kalau innova / vrz facelift idle ac on rpm 900 , idle ac off rpm 700 , kalau ac off saya gas stabil di rpm 1000 keluar dia bunyi putu nya tapi tipis2 om
Klo turbo spooling pasti bunyi om.. gmn yak..
Sy ada 2 innova di rumah, dan beberapa di kantor, itu suaranya beda2 turbonya.
Suara fan nya aja beda2..
Magnetic clutch acnya juga beda2 suaranya, ada yg cetak cetaknya keras, ada yg lembut.

Tp klo penasaran, boleh coba klaim om, nanti dapat turbo baru klo acc.
Saran si klo mau klaim, setahun sebelum garansi habis.

Oya, kesimpulan ane si, diesel ini semakin keras suaranya, entah kenapa tarikannya semakin yahud. Sesama standar yak..
Feeling aja... bukan dyno wkwk
iya om saya mau cari bekal ilmu dulu disini biar nanti kalau ternyata rusak tapi SA nya bilang normal saya bisa debatin / keliling ke beres lain buat claim turbo :big_grin: , tapi kalo menurut om normal2 aja yaa bagus lah om hati agak tenang ga perlu debat2 ke SA kalo ternyata dia bilang gak rusak :big_peace:
btw makasih banyak om atas waktunya saya menjadi dapat pencerahan hati pun tenang 🙏🙏

iya om di 2gd facelift ini suara makin kasar, turbo bersiul2 kayak pajero tarikan jadi makin mantap :big_okay:
Last edited by bryanowen26 on Fri Jan 27, 2023 8:51, edited 1 time in total.
bryanowen26
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Jan 24, 2023 10:38
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova 2021 diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by bryanowen26 »

well wrote: Thu Jan 26, 2023 4:40
McLaren wrote: Tue Jan 24, 2023 14:08
bryanowen26 wrote: Tue Jan 24, 2023 10:56

tolong pencerahannya rekan2 sekalian, mau tanya ini termasuk bunyi putu atau hanya bunyi kompresor ac ya ? saya coba cari sumber suaranya sepertinya berasal dari area turbo karena suara sangat jelas jika hp direkam didekat sana, agak bingung dan gak percaya karena saya pikir putu turbo hanya terjadi di 2gd 2016-2017 saja... mobil saya innova reborn facelift 2021

suara seperti itu muncul hanya saat ac dinyalakan dan rpm naik menjadi sekitar 900 rpm , kalau ac dimatikan rpm otomatis turun jadi sekitar 700 rpm sehingga tidak muncul suara2 tsb ,
Bukan putu om..
Itu antara kipas atau kompresor ac.
Turbo belum spooling kondisi idle.

Namanya juga produk massal.
Ngga bisa sama semua.

Yg 2GD ini masih mending sbnrnya dibanding 2KD.
Itu lebih beragam lg, suaranya ada yg halus, ada yg kasar.. sama sama kondisi baru.
Bahkan ada yg keluar asap dr lubang cek oli wkwk, kondisi baru loo ini.
bener om, 2kd ada yg keluar asap dr dipstik oli ada yg tidak. apa pengaruh manual dan matic y?
manual matic ga ngaruh om , yg wajar itu kalau kondisi mesin dingin baru starter dia ga keluar asap kalau keluar asap artinya ngobos, kalau kondisi mesin panas wajar keluar asap karena mesin diesel sangat panas , sudah saya buktikan di innova reborn saya km baru 50 perak isi pertadex mesin panas keluar asap dari dipstik, mesin dingin tidak kluar sama sekali, sampai skrg km 17 ribu an selalu isi biosolar full kondisi masih sama seperti baru
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by well »

bryanowen26 wrote: Fri Jan 27, 2023 8:47
well wrote: Thu Jan 26, 2023 4:40
McLaren wrote: Tue Jan 24, 2023 14:08

Bukan putu om..
Itu antara kipas atau kompresor ac.
Turbo belum spooling kondisi idle.

Namanya juga produk massal.
Ngga bisa sama semua.

Yg 2GD ini masih mending sbnrnya dibanding 2KD.
Itu lebih beragam lg, suaranya ada yg halus, ada yg kasar.. sama sama kondisi baru.
Bahkan ada yg keluar asap dr lubang cek oli wkwk, kondisi baru loo ini.
bener om, 2kd ada yg keluar asap dr dipstik oli ada yg tidak. apa pengaruh manual dan matic y?
manual matic ga ngaruh om , yg wajar itu kalau kondisi mesin dingin baru starter dia ga keluar asap kalau keluar asap artinya ngobos, kalau kondisi mesin panas wajar keluar asap karena mesin diesel sangat panas , sudah saya buktikan di innova reborn saya km baru 50 perak isi pertadex mesin panas keluar asap dari dipstik, mesin dingin tidak kluar sama sekali, sampai skrg km 17 ribu an selalu isi biosolar full kondisi masih sama seperti baru
Ceknya dr tutup oli atau dr dipstik om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Turboman »

bryanowen26 wrote:
well wrote: Thu Jan 26, 2023 4:40
McLaren wrote: Tue Jan 24, 2023 14:08 Bukan putu om..
Itu antara kipas atau kompresor ac.
Turbo belum spooling kondisi idle.

Namanya juga produk massal.
Ngga bisa sama semua.

Yg 2GD ini masih mending sbnrnya dibanding 2KD.
Itu lebih beragam lg, suaranya ada yg halus, ada yg kasar.. sama sama kondisi baru.
Bahkan ada yg keluar asap dr lubang cek oli wkwk, kondisi baru loo ini.
bener om, 2kd ada yg keluar asap dr dipstik oli ada yg tidak. apa pengaruh manual dan matic y?
manual matic ga ngaruh om , yg wajar itu kalau kondisi mesin dingin baru starter dia ga keluar asap kalau keluar asap artinya ngobos, kalau kondisi mesin panas wajar keluar asap karena mesin diesel sangat panas , sudah saya buktikan di innova reborn saya km baru 50 perak isi pertadex mesin panas keluar asap dari dipstik, mesin dingin tidak kluar sama sekali, sampai skrg km 17 ribu an selalu isi biosolar full kondisi masih sama seperti baru
Sudah tutup saja kap mesin

gembok kalo perlu

yg penting gak ada asap kebiruan dari knalpot & ujung knalpot bersih

Wesssssss

McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by McLaren »

Turboman wrote: Mon Jan 30, 2023 6:09
bryanowen26 wrote:
well wrote: Thu Jan 26, 2023 4:40

bener om, 2kd ada yg keluar asap dr dipstik oli ada yg tidak. apa pengaruh manual dan matic y?
manual matic ga ngaruh om , yg wajar itu kalau kondisi mesin dingin baru starter dia ga keluar asap kalau keluar asap artinya ngobos, kalau kondisi mesin panas wajar keluar asap karena mesin diesel sangat panas , sudah saya buktikan di innova reborn saya km baru 50 perak isi pertadex mesin panas keluar asap dari dipstik, mesin dingin tidak kluar sama sekali, sampai skrg km 17 ribu an selalu isi biosolar full kondisi masih sama seperti baru
Sudah tutup saja kap mesin

gembok kalo perlu

yg penting gak ada asap kebiruan dari knalpot & ujung knalpot bersih

Wesssssss
Ujung knalpot bersih yaa ga dipake dong berarti om..
Wkwkwk

Setuju om, sy juga aliran "selama ndak ada masalah, mari kita nikmati saja"
amders
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Dec 28, 2016 17:06

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by amders »

siang om, mau nanya donk, ada yg pernah ngalamin rem bunyi gak yah? kaya bunyi krek krek... kmrn saya coba perhatiin bunyinya asalnya dr rem blkg... btw kalau mau upload audio bisa dimana yah?

bunyinya detik ke 7
https://recorder.google.com/share/c867c ... 7d087c8f7a
Last edited by amders on Tue Feb 07, 2023 6:55, edited 1 time in total.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Turboman »

Betul kan

mana mungkin toko nolak duit dateng

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... juga-boleh
Screenshot_2023-02-10-20-12-55-426_com.whatsapp.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Miracle9000
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Tue May 17, 2016 4:16

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Miracle9000 »

Turboman wrote: Fri Feb 10, 2023 13:16 Betul kan

mana mungkin toko nolak duit dateng

https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... atsapp.jpg
Mungkin sekalian abisin stok parts om. Sayang jg udah bikin moulding, tooling cuma beredar 7 thn doang. Innova lama aja nyampe 10 tahun
bryanowen26
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Jan 24, 2023 10:38
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova 2021 diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by bryanowen26 »

well wrote: Sun Jan 29, 2023 13:51
bryanowen26 wrote: Fri Jan 27, 2023 8:47
well wrote: Thu Jan 26, 2023 4:40

bener om, 2kd ada yg keluar asap dr dipstik oli ada yg tidak. apa pengaruh manual dan matic y?
manual matic ga ngaruh om , yg wajar itu kalau kondisi mesin dingin baru starter dia ga keluar asap kalau keluar asap artinya ngobos, kalau kondisi mesin panas wajar keluar asap karena mesin diesel sangat panas , sudah saya buktikan di innova reborn saya km baru 50 perak isi pertadex mesin panas keluar asap dari dipstik, mesin dingin tidak kluar sama sekali, sampai skrg km 17 ribu an selalu isi biosolar full kondisi masih sama seperti baru
Ceknya dr tutup oli atau dr dipstik om?
kalau saya dari dipstik , tapi harusnya dari dipstik / tutup oli sama aja
bryanowen26
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Jan 24, 2023 10:38
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova 2021 diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by bryanowen26 »

mau cerita om kemarin malam saat tiba di rumah saya matikan mesin dan cabut kunci kontak , eh headunit tidak mau mati, sudah saya coba nyalakan matikan mesin headunit tetap menyala , padahal tidak pernah modif variasi audio sama sekali, ada yang pernah mengalami hal serupa?? karna takut aki habis jika dibiarkan langsung bergegas ke auto 2000 terdekat yg jaraknya 10 km an untung masih ada mekaniknya walaupun sudah jam 7 malam , dengan rasa jengkel saya ceritakan masalahnya , untung tanggapan mereka cepat langsung ditangani tidak banyak prosedur dan free, headunit saya di akali agar mati dahulu sehingga sekarang headunit tetap keadaan mati walaupun mesin menyala , diminta kembali lagi besok pagi untuk diperbaiki.

kok bisa2nya ya kualitas toyota sekarang kyk gini padahal dulu punya innova 2013 gapernah ada masalah, punya honda city dipakai 5 tahun juga aman2 saja, lah ini innova baru beli 2021 bulan 8 km 18 ribu an sudah bermasalah kayak gini, untung ada garansi kalau gaada?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Venturtle »

bryanowen26 wrote: Wed Mar 01, 2023 12:25 mau cerita om kemarin malam saat tiba di rumah saya matikan mesin dan cabut kunci kontak , eh headunit tidak mau mati, sudah saya coba nyalakan matikan mesin headunit tetap menyala , padahal tidak pernah modif variasi audio sama sekali, ada yang pernah mengalami hal serupa?? karna takut aki habis jika dibiarkan langsung bergegas ke auto 2000 terdekat yg jaraknya 10 km an untung masih ada mekaniknya walaupun sudah jam 7 malam , dengan rasa jengkel saya ceritakan masalahnya , untung tanggapan mereka cepat langsung ditangani tidak banyak prosedur dan free, headunit saya di akali agar mati dahulu sehingga sekarang headunit tetap keadaan mati walaupun mesin menyala , diminta kembali lagi besok pagi untuk diperbaiki.

kok bisa2nya ya kualitas toyota sekarang kyk gini padahal dulu punya innova 2013 gapernah ada masalah, punya honda city dipakai 5 tahun juga aman2 saja, lah ini innova baru beli 2021 bulan 8 km 18 ribu an sudah bermasalah kayak gini, untung ada garansi kalau gaada?
Durabilitas dan build quality mobil zaman sekarang mau apapun mereknya memang mengenaskan, om.. makanya ane uda malas beli mobil baru yang harganya makin menggila, belum lagi harga barunya naik tiap berapa bulan sekali.. reborn facelift 2021 coba cek shockbreaker apa sudah mulai bocor? Cat reborn juga tipisnya minta ampun..

Prinsip ane sekarang kalo mobil lama gak bermasalah atau masalah minor maka selama mungkin saja dipertahankan.. beli mobil baru zaman sekarang itu untung untungan.. banyak QC yang amburadul.. masih untung tidak dijawab : “itu normal pak”.. “itu memang karakteristiknya pak”.. “itu memang bawaan orok pak” .. “tes mobil lain semua sama saja pak” ..

Xtrail juga sama .. versi T31 lebih awet dari T32
Fortuner juga sama.. versi gen 1 lebih awet dari gen 2 (ANF)
dan lain lain

Bedanya model baru “mungkin” lebih menggugah untuk dilihat.. yang terlihat kasat mata “biasanya” dipoles bagus bagus..
Yang tidak kasat mata didowngrade habis habisan.. Kualitas klip yang menjadi penyebab rattle, karet pintu, bushing, baut , kualitas plastik interior, kualitas cat mobil rata rata downgrade..
Indikator suhu mesin, indikator 4 pintu terbuka, lampu interior transmisi ada juga yang dihilangkan..

Begitulah memang mobil zaman sekarang.

Btw, itu konsumsi bbm 14,2 km/l kok irit amat ya, om? Dalam kota atau sering tol? Kecepatan rata rata berapa, om? Ane juga reborn 2021 mau dapat 10 km/l saja susah karena macet di kota ane.. kalo macet konsumsi bbmnya turun cepat juga biasanya :ungg:
bryanowen26
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Jan 24, 2023 10:38
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Innova 2021 diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by bryanowen26 »

Venturtle wrote: Wed Mar 01, 2023 14:01
bryanowen26 wrote: Wed Mar 01, 2023 12:25 mau cerita om kemarin malam saat tiba di rumah saya matikan mesin dan cabut kunci kontak , eh headunit tidak mau mati, sudah saya coba nyalakan matikan mesin headunit tetap menyala , padahal tidak pernah modif variasi audio sama sekali, ada yang pernah mengalami hal serupa?? karna takut aki habis jika dibiarkan langsung bergegas ke auto 2000 terdekat yg jaraknya 10 km an untung masih ada mekaniknya walaupun sudah jam 7 malam , dengan rasa jengkel saya ceritakan masalahnya , untung tanggapan mereka cepat langsung ditangani tidak banyak prosedur dan free, headunit saya di akali agar mati dahulu sehingga sekarang headunit tetap keadaan mati walaupun mesin menyala , diminta kembali lagi besok pagi untuk diperbaiki.

kok bisa2nya ya kualitas toyota sekarang kyk gini padahal dulu punya innova 2013 gapernah ada masalah, punya honda city dipakai 5 tahun juga aman2 saja, lah ini innova baru beli 2021 bulan 8 km 18 ribu an sudah bermasalah kayak gini, untung ada garansi kalau gaada?
Durabilitas dan build quality mobil zaman sekarang mau apapun mereknya memang mengenaskan, om.. makanya ane uda malas beli mobil baru yang harganya makin menggila, belum lagi harga barunya naik tiap berapa bulan sekali.. reborn facelift 2021 coba cek shockbreaker apa sudah mulai bocor? Cat reborn juga tipisnya minta ampun..

Prinsip ane sekarang kalo mobil lama gak bermasalah atau masalah minor maka selama mungkin saja dipertahankan.. beli mobil baru zaman sekarang itu untung untungan.. banyak QC yang amburadul.. masih untung tidak dijawab : “itu normal pak”.. “itu memang karakteristiknya pak”.. “itu memang bawaan orok pak” .. “tes mobil lain semua sama saja pak” ..

Xtrail juga sama .. versi T31 lebih awet dari T32
Fortuner juga sama.. versi gen 1 lebih awet dari gen 2 (ANF)
dan lain lain

Bedanya model baru “mungkin” lebih menggugah untuk dilihat.. yang terlihat kasat mata “biasanya” dipoles bagus bagus..
Yang tidak kasat mata didowngrade habis habisan.. Kualitas klip yang menjadi penyebab rattle, karet pintu, bushing, baut , kualitas plastik interior, kualitas cat mobil rata rata downgrade..
Indikator suhu mesin, indikator 4 pintu terbuka, lampu interior transmisi ada juga yang dihilangkan..

Begitulah memang mobil zaman sekarang.

Btw, itu konsumsi bbm 14,2 km/l kok irit amat ya, om? Dalam kota atau sering tol? Kecepatan rata rata berapa, om? Ane juga reborn 2021 mau dapat 10 km/l saja susah karena macet di kota ane.. kalo macet konsumsi bbmnya turun cepat juga biasanya :ungg:
saya cek shock beker belakang masih aman om gatau yang depan saya ga paham cara ceknya, dulu saya ga percaya loh om kalau mobil baru makin ke sini makin jelek build qualitynya , saya kira halah itu cuman omongan2 pedagang mobil bekas yg gamau harga dagangannya jatuh aja :big_peace: ehh sekarang kok saya alamin sendiri :big_biglaugh:

btw itu headunit juga bunyi2 om pas akselerasi awal dari pelan , sama om injektor penyemprot air yang buat bersihin kaca depan itu punya saya juga buntu, kata SA gara2 gak diisi cairan khusus air wiper alias pakai air pdam , langsung saya lawan bilang bahwa mekanikmu sendiri juga ngisi tabung air wiper mobil saya pakai air pdam yang diisi dari jerigen di kran sebelah sana , saya bantah begitu karna saya lihat sendiri dari ruang tunggu, SA pun terdiam dan tanpa basa basi diajukan klaim garansi dan disetujui jadi masalah tidak bertambah panjang. Padahal om dari dulu saya pelihara innova 2013-2018, city 2017-2022 semua saya isi air pdam semua dari baru tidak pernah buntu ini innova 2021 baru jalan 1 tahun sudah buntu wow hebat kualitas toyota sekarang mengalami kemunduran

itu 14,2 km/L soalnya tiap minggu surabaya - malang om , lewat tol surabaya - porong, porong- malang lewat bawah begitupun sebaliknya, gaya nyetir sering gas pol pas nyalip2 karna celah sempit + kondisi jalan nanjak btw transmisi manual ya om, hari senin - kamis dalam kota sehari 30 km, jalan 15 km dimalang bisa 40 menit karna relatif lancar, lampu merah berhenti cuman 1 kali langsung lolos. kalau di surabaya sehari 20 km, sangat macet karna antri jemput anak sekolah , jalan 10 km bisa sampai 1 jam , dapetnya 1:10-11 an juga kok om bbm full biosolar tanpa aditif tekanan angin 32 psi belakang, 31 depan diukur saat dingin pakai alat manual jadi lebih akurat (biasanya kalau dibuat jalan panas terik bisa naik 3-4 psi , jalan dingin 2 psi)
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Venturtle »

bryanowen26 wrote: Wed Mar 01, 2023 14:42
Venturtle wrote: Wed Mar 01, 2023 14:01
bryanowen26 wrote: Wed Mar 01, 2023 12:25 mau cerita om kemarin malam saat tiba di rumah saya matikan mesin dan cabut kunci kontak , eh headunit tidak mau mati, sudah saya coba nyalakan matikan mesin headunit tetap menyala , padahal tidak pernah modif variasi audio sama sekali, ada yang pernah mengalami hal serupa?? karna takut aki habis jika dibiarkan langsung bergegas ke auto 2000 terdekat yg jaraknya 10 km an untung masih ada mekaniknya walaupun sudah jam 7 malam , dengan rasa jengkel saya ceritakan masalahnya , untung tanggapan mereka cepat langsung ditangani tidak banyak prosedur dan free, headunit saya di akali agar mati dahulu sehingga sekarang headunit tetap keadaan mati walaupun mesin menyala , diminta kembali lagi besok pagi untuk diperbaiki.

kok bisa2nya ya kualitas toyota sekarang kyk gini padahal dulu punya innova 2013 gapernah ada masalah, punya honda city dipakai 5 tahun juga aman2 saja, lah ini innova baru beli 2021 bulan 8 km 18 ribu an sudah bermasalah kayak gini, untung ada garansi kalau gaada?
Durabilitas dan build quality mobil zaman sekarang mau apapun mereknya memang mengenaskan, om.. makanya ane uda malas beli mobil baru yang harganya makin menggila, belum lagi harga barunya naik tiap berapa bulan sekali.. reborn facelift 2021 coba cek shockbreaker apa sudah mulai bocor? Cat reborn juga tipisnya minta ampun..

Prinsip ane sekarang kalo mobil lama gak bermasalah atau masalah minor maka selama mungkin saja dipertahankan.. beli mobil baru zaman sekarang itu untung untungan.. banyak QC yang amburadul.. masih untung tidak dijawab : “itu normal pak”.. “itu memang karakteristiknya pak”.. “itu memang bawaan orok pak” .. “tes mobil lain semua sama saja pak” ..

Xtrail juga sama .. versi T31 lebih awet dari T32
Fortuner juga sama.. versi gen 1 lebih awet dari gen 2 (ANF)
dan lain lain

Bedanya model baru “mungkin” lebih menggugah untuk dilihat.. yang terlihat kasat mata “biasanya” dipoles bagus bagus..
Yang tidak kasat mata didowngrade habis habisan.. Kualitas klip yang menjadi penyebab rattle, karet pintu, bushing, baut , kualitas plastik interior, kualitas cat mobil rata rata downgrade..
Indikator suhu mesin, indikator 4 pintu terbuka, lampu interior transmisi ada juga yang dihilangkan..

Begitulah memang mobil zaman sekarang.

Btw, itu konsumsi bbm 14,2 km/l kok irit amat ya, om? Dalam kota atau sering tol? Kecepatan rata rata berapa, om? Ane juga reborn 2021 mau dapat 10 km/l saja susah karena macet di kota ane.. kalo macet konsumsi bbmnya turun cepat juga biasanya :ungg:
saya cek shock beker belakang masih aman om gatau yang depan saya ga paham cara ceknya, dulu saya ga percaya loh om kalau mobil baru makin ke sini makin jelek build qualitynya , saya kira halah itu cuman omongan2 pedagang mobil bekas yg gamau harga dagangannya jatuh aja :big_peace: ehh sekarang kok saya alamin sendiri :big_biglaugh:

btw itu headunit juga bunyi2 om pas akselerasi awal dari pelan , sama om injektor penyemprot air yang buat bersihin kaca depan itu punya saya juga buntu, kata SA gara2 gak diisi cairan khusus air wiper alias pakai air pdam , langsung saya lawan bilang bahwa mekanikmu sendiri juga ngisi tabung air wiper mobil saya pakai air pdam yang diisi dari jerigen di kran sebelah sana , saya bantah begitu karna saya lihat sendiri dari ruang tunggu, SA pun terdiam dan tanpa basa basi diajukan klaim garansi dan disetujui jadi masalah tidak bertambah panjang. Padahal om dari dulu saya pelihara innova 2013-2018, city 2017-2022 semua saya isi air pdam semua dari baru tidak pernah buntu ini innova 2021 baru jalan 1 tahun sudah buntu wow hebat kualitas toyota sekarang mengalami kemunduran

itu 14,2 km/L soalnya tiap minggu surabaya - malang om , lewat tol surabaya - porong, porong- malang lewat bawah begitupun sebaliknya, gaya nyetir sering gas pol pas nyalip2 karna celah sempit + kondisi jalan nanjak btw transmisi manual ya om, hari senin - kamis dalam kota sehari 30 km, jalan 15 km dimalang bisa 40 menit karna relatif lancar, lampu merah berhenti cuman 1 kali langsung lolos. kalau di surabaya sehari 20 km, sangat macet karna antri jemput anak sekolah , jalan 10 km bisa sampai 1 jam , dapetnya 1:10-11 an juga kok om bbm full biosolar tanpa aditif tekanan angin 32 psi belakang, 31 depan diukur saat dingin pakai alat manual jadi lebih akurat (biasanya kalau dibuat jalan panas terik bisa naik 3-4 psi , jalan dingin 2 psi)
Bahan baku kan naik harga om, sementara mereka mau margin keuntungannya sama atau malah makin besar.. jadinya ya mengorbankan build quality..

Btw, kalo menurut selera ane, Reborn diesel facelift ini enak rasa setirnya loh.. punya ane yg venturer.. rasa setirnya padat dan berbobot..zaman now nyaris ga ada lagi rasa setir seperti ini.. semuanya serba enteng..terakhir rasa setir seperti ini ane temukan di CRV RE (gen 3) dan ANF.. bedanya suspensi ANF ga enak banget.. masih lebih nyaman reborn..

Reborn biasa ane perbaiki konsumsi bbm dalam kotanya pakai metode pulse & glide pas agak sepi..kalo macet nyesek lihat jarum bbm dan angka konsumsi bbm yang turun terus.. mana ane pakai pertadex lagi karena jarang jalan juga mobilnya :big_childish:

Ane tekanan ban antara 31-31 atau 33-33.. lebih nyaman yang 31-31 sih.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Venturtle »

ANKI Reborn G Diesel Matic resmi dijual kembali (berstatus spot order) dengan harga 419,4 jt (OTR Jakarta) lebih mahal 400 ribu dari Zenix G Bensin 2.0 CVT yang harganya 419 jt (OTR Jakarta) :mky_03:
Vai0907
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Mar 12, 2023 16:00
Location: Palembang
Daily Vehicle: Innova reborn G diesel 2022

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Vai0907 »

Om2 dan suhu2..
Mobil saya innova reborn 2.4 AT 2022 lebih kurang 1 minggu ganti shock YSS DTG plus..saya pasang tambahan balance arm..yang saya rasakan sekarang jadi keras..
Ada saran dari om2 suhu2 disini apakah saya harus ganti per atau lepas balance arm nya atau ada masukan lain om?
Terima kasih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Turboman »

Vai0907 wrote:Om2 dan suhu2..
Mobil saya innova reborn 2.4 AT 2022 lebih kurang 1 minggu ganti shock YSS DTG plus..saya pasang tambahan balance arm..yang saya rasakan sekarang jadi keras..
Ada saran dari om2 suhu2 disini apakah saya harus ganti per atau lepas balance arm nya atau ada masukan lain om?
Terima kasih
Balance arm gak bikin keras

coba YSS nya setel ke posisi paling empuk dulu

Btw kalo mau bantingan comfot = Amada Xtreme abu2 yg ada setelan
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RezPrat »

bryanowen26 wrote: Wed Mar 01, 2023 12:25 mau cerita om kemarin malam saat tiba di rumah saya matikan mesin dan cabut kunci kontak , eh headunit tidak mau mati, sudah saya coba nyalakan matikan mesin headunit tetap menyala , padahal tidak pernah modif variasi audio sama sekali, ada yang pernah mengalami hal serupa?? karna takut aki habis jika dibiarkan langsung bergegas ke auto 2000 terdekat yg jaraknya 10 km an untung masih ada mekaniknya walaupun sudah jam 7 malam , dengan rasa jengkel saya ceritakan masalahnya , untung tanggapan mereka cepat langsung ditangani tidak banyak prosedur dan free, headunit saya di akali agar mati dahulu sehingga sekarang headunit tetap keadaan mati walaupun mesin menyala , diminta kembali lagi besok pagi untuk diperbaiki.

kok bisa2nya ya kualitas toyota sekarang kyk gini padahal dulu punya innova 2013 gapernah ada masalah, punya honda city dipakai 5 tahun juga aman2 saja, lah ini innova baru beli 2021 bulan 8 km 18 ribu an sudah bermasalah kayak gini, untung ada garansi kalau gaada?
Waduh bisa gitu ya Om, kalo ane reborn diesel V 2019, Jam d HU nya selalu mundur terus, gak bisa konsisten walaupun d udah d stel. Pernah complain, cuma d bilang, saya cek dulu ya pak, sampe warranty abis gak d perbaiki tuh, jam nya tiap hari mundur 5 menit teruS hahha lucu emang. Puyeng deh.

D Innova saya, shock belakang 2-2 nya rembes pas udah setaun, klaim garansi d bilang sama SA ntar bapak balik lagi kalo rembes nya dah lebih banyak ya, mumpung ane dah ilfil(sok belakang bawaan asli jelek, percuma juga klaim), ane beli sendiri upgrade ke kayaba excel-g made in Japan. Lebih proper.

Corner sensor mati d tahun ke 2, ini mereka gak ada alasan lagi ganti dgn garansi, tp nunggu part nya 4 bulan wakakakak....payah. d toko accessories aja bejibun jual corner sensor Toyota. Geblek emang.