Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by FR6 »

agathos wrote: Thu Apr 16, 2020 6:34
Elprimero wrote: Wed Apr 15, 2020 12:32 Halo bos2 dan sesepuh SM

Newbie mau tanya info karena ada rencana mau ambil LC Prado yang 3000cc Diesel estimasi tahun 2006-2007.

Tolong dibantu informasi dari suhu2
1. Maintenance di bengkel resmi
2. Informasi bengkel spesialis LC di daerah Bandung/Jkt
3. Pilihan bahan bakar apakah harus Dex?
4. Ketersediaan sparepart
5. Hal2 yg perlu diperhatikan

Kurang lebih begitu dan sukur2 ada yg bisa sharing pengalaman owning selama beberapa tahun bisa bantu menjawab ^_^
Coba bantu jawab yah om, kebetulan ada 1 prado diesel KDJ120 tahun 2004 saya di rumah:

1. maintenance di bengkel resmi A2K bisa, secara umum struktur mesin dia mirip sama fortuner VNT (turbo 1KD nya sudah VNT) hanya saja dia beberapa parts mesin lebih cangging (ada EGR elektronik).

2. kalau lokasi jakarta bisa service di autodyne ko iman juga, saya service di sana untuk semua LC saya. ko iman bisa service umum sampai rebuild - saya baru selesain 1 LC rebuild di dia kemaren.

3. karena dia sudah D4D dan kalau dapet tipe TZ yang japanese market mesinnya lumayan rewel soal jenis bahan bakar, jadi dex highly recommended. saya baru aja ganti pompa solar dan lagi proses ganti injector karena dulu nya sering di isi solar busuk sama pemilik sebelumnya.

4. spareparts fast moving lumayan banyak, yang non fast moving juga lumayan. saya baru overhaul mesin 1KD saya di ko iman kemarin, ganti ring piston, gasket2, pompa solar, dll semua nya ready gak ada yang inden lama (paling lama 3 hari).

5. saya coba list down yah

- Prado diesel penyakit nya banyak di EGR yang kesumbat, pompa solar dan injector yang disebabkan sama maintance yang buruk dan juga pemakaian bahan bakar yang gak sesuai. Ini parts paling mahal untuk di ganti dan lumayan ribed.

- turbo vnt nya juga harus di cek meler oli gak. jarang rusak tapi worth the check

- beberapa tipe prado diesel yang TZ pakai airsuspension di belakang dan ini biasa nya suka jebo karena umur - bisa di ganti pake per biasa dan disable airsus nya - ini gak repot

- CV boot depan sobek karena pemakaian - ini juga gak terlalu ribed dan parts nya ada yang asli atau thailand (pake punya hilux kalau gak salah);

- interior dashboard sama kayak camry dan harrier suka pecah-pecah ganti agak mahal sekitar 11-15jt tapi bisa di bungkus kulit, panel2 ac suka patah pelastik nya karena getas - parts juga available banyak

so far itu aja sih om. kebetulan saya prado ada 3 tipe di rumah RZJ120, GRJ120 dan KDJ120 dan uda piara lebih dari 5 tahun masing2 jadi lumayan familiar sama mobil nya hehehe

my 2 c :big_smile]
KEREN BANGET OM!!! :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
ijin reply buat referensi nantinya, saya demen juga sama LC prado, cuma belom kesampean punya hehe
Coolboy
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Jul 15, 2020 22:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by Coolboy »

Salam kenal om semua,

Saya ada prado 1kd 2007 JDM sebagai mobil harian. Kalau ada yg punya info om boleh dong berbagi:
- Adakah yg pernah remap mesin dan block EGR kah? Dimana om?
- mobil kalau dikickdown ngebul hitam, apakah karena saluran masuk kudu dibersihkan atau masalah dgn injector ya om? Kalau kompresi harusny normal, tidak ada kebocoran oli, tidak ada asap putih dari knalpot, lubang oli mesin kalau dibuka tidak terlihat asap berlebih. Bbm sih selalu dex tapi pernah coba pake solar biasa sekali.

Sekedar info, saya injector sdh diservis di sunter dan EGR sdh ganti 4 tahun lalu, mesin sdh turun mesin ganti ring piston dan sleeve sekitar 3 tahun lalu.
Coolboy
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Jul 15, 2020 22:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by Coolboy »

Video traveler menggunakan Prado kdj 120 keliling 5 benua, 50 negara.

https://youtu.be/1o2nVlOvyBI
flame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Fri Jan 23, 2009 11:21

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by flame »

Salam buat semua owner dan pecinta Prado 1KD.
Saya minang Prado 1kd 2007 sekitar stengah taun lalu.
Overall cukup puas, terutama kalo dipake keluar kota.
Service yg suda dilakukan selain ganti oli dan filter, yaitu servis/kalibrasi injector.
Awalnya buka injector, cuma mau ganti ring tembaga, karna bocor, mengakibatkan oli mesin masuk ke ruang bakar. Jadi sekalian kalibrasi.
Setelah dikalibrasi, tarikan makin halus dan makin josss.
Om Coolboy, iya, kalo di-kickdown, asap rada tebal tapi gak ngebul.
Nurut saya itulah ciri khas cumi" darat, barangkali sudah diremap dan ganti nozzle racing.
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by kevienwijaya »

flame wrote: Mon Jan 09, 2023 2:15 Salam buat semua owner dan pecinta Prado 1KD.
Saya minang Prado 1kd 2007 sekitar stengah taun lalu.
Overall cukup puas, terutama kalo dipake keluar kota.
Service yg suda dilakukan selain ganti oli dan filter, yaitu servis/kalibrasi injector.
Awalnya buka injector, cuma mau ganti ring tembaga, karna bocor, mengakibatkan oli mesin masuk ke ruang bakar. Jadi sekalian kalibrasi.
Setelah dikalibrasi, tarikan makin halus dan makin josss.
Om Coolboy, iya, kalo di-kickdown, asap rada tebal tapi gak ngebul.
Nurut saya itulah ciri khas cumi" darat, barangkali sudah diremap dan ganti nozzle racing.
Halo om ,mau tanya ganti ring injector dimana ya om? kebetulan saya tinggal di jawa tengah,adakah rekomendasi bengkel untuk injector? rencana mau cek injector dan kalibrasi.
Dan untuk bbm sendiri menggunakan apa ya om? dan testimoninya bagaimanakah om?
Terimakasih atas infonya
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by farizfsa »

kevienwijaya wrote: Sat Jan 28, 2023 13:41
flame wrote: Mon Jan 09, 2023 2:15 Salam buat semua owner dan pecinta Prado 1KD.
Saya minang Prado 1kd 2007 sekitar stengah taun lalu.
Overall cukup puas, terutama kalo dipake keluar kota.
Service yg suda dilakukan selain ganti oli dan filter, yaitu servis/kalibrasi injector.
Awalnya buka injector, cuma mau ganti ring tembaga, karna bocor, mengakibatkan oli mesin masuk ke ruang bakar. Jadi sekalian kalibrasi.
Setelah dikalibrasi, tarikan makin halus dan makin josss.
Om Coolboy, iya, kalo di-kickdown, asap rada tebal tapi gak ngebul.
Nurut saya itulah ciri khas cumi" darat, barangkali sudah diremap dan ganti nozzle racing.
Halo om ,mau tanya ganti ring injector dimana ya om? kebetulan saya tinggal di jawa tengah,adakah rekomendasi bengkel untuk injector? rencana mau cek injector dan kalibrasi.
Dan untuk bbm sendiri menggunakan apa ya om? dan testimoninya bagaimanakah om?
Terimakasih atas infonya
Cek Esa Diesel om kalo di jateng
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kevienwijaya
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
Location: Unkown
Daily Vehicle: Panther pasti bener

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by kevienwijaya »

farizfsa wrote: Sat Jan 28, 2023 13:52
kevienwijaya wrote: Sat Jan 28, 2023 13:41
flame wrote: Mon Jan 09, 2023 2:15 Salam buat semua owner dan pecinta Prado 1KD.
Saya minang Prado 1kd 2007 sekitar stengah taun lalu.
Overall cukup puas, terutama kalo dipake keluar kota.
Service yg suda dilakukan selain ganti oli dan filter, yaitu servis/kalibrasi injector.
Awalnya buka injector, cuma mau ganti ring tembaga, karna bocor, mengakibatkan oli mesin masuk ke ruang bakar. Jadi sekalian kalibrasi.
Setelah dikalibrasi, tarikan makin halus dan makin josss.
Om Coolboy, iya, kalo di-kickdown, asap rada tebal tapi gak ngebul.
Nurut saya itulah ciri khas cumi" darat, barangkali sudah diremap dan ganti nozzle racing.
Halo om ,mau tanya ganti ring injector dimana ya om? kebetulan saya tinggal di jawa tengah,adakah rekomendasi bengkel untuk injector? rencana mau cek injector dan kalibrasi.
Dan untuk bbm sendiri menggunakan apa ya om? dan testimoninya bagaimanakah om?
Terimakasih atas infonya
Cek Esa Diesel om kalo di jateng
Om udah pernah ke esa diesel om? testimoninya bagaimana ya om?
Terimakasih
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by farizfsa »

kevienwijaya wrote: Sat Jan 28, 2023 14:15
farizfsa wrote: Sat Jan 28, 2023 13:52
kevienwijaya wrote: Sat Jan 28, 2023 13:41

Halo om ,mau tanya ganti ring injector dimana ya om? kebetulan saya tinggal di jawa tengah,adakah rekomendasi bengkel untuk injector? rencana mau cek injector dan kalibrasi.
Dan untuk bbm sendiri menggunakan apa ya om? dan testimoninya bagaimanakah om?
Terimakasih atas infonya
Cek Esa Diesel om kalo di jateng
Om udah pernah ke esa diesel om? testimoninya bagaimana ya om?
Terimakasih
jujur belum, cm kalo liat dr testimoni google review, rating nya tinggi2 dan mobil yg dateng juga banyak diesel eropa maupun truk ya. jd dicoba aja
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
flame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Fri Jan 23, 2009 11:21

Re: Informasi Pelihara LC Prado Diesel

Post by flame »

kevienwijaya wrote: Sat Jan 28, 2023 13:41
flame wrote: Mon Jan 09, 2023 2:15 Salam buat semua owner dan pecinta Prado 1KD.
Saya minang Prado 1kd 2007 sekitar stengah taun lalu.
Overall cukup puas, terutama kalo dipake keluar kota.
Service yg suda dilakukan selain ganti oli dan filter, yaitu servis/kalibrasi injector.
Awalnya buka injector, cuma mau ganti ring tembaga, karna bocor, mengakibatkan oli mesin masuk ke ruang bakar. Jadi sekalian kalibrasi.
Setelah dikalibrasi, tarikan makin halus dan makin josss.
Om Coolboy, iya, kalo di-kickdown, asap rada tebal tapi gak ngebul.
Nurut saya itulah ciri khas cumi" darat, barangkali sudah diremap dan ganti nozzle racing.
Halo om ,mau tanya ganti ring injector dimana ya om? kebetulan saya tinggal di jawa tengah,adakah rekomendasi bengkel untuk injector? rencana mau cek injector dan kalibrasi.
Dan untuk bbm sendiri menggunakan apa ya om? dan testimoninya bagaimanakah om?
Terimakasih atas infonya
Maaf om kevienwijaya, telat balas
saya di sumut, ganti di bengkel teman