2 Wheeler for light off-road & long trip (~100 KM)

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Flox2011
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sun Jan 26, 2020 1:31

Re: 2 Wheeler for light off-road & long trip (~100 KM)

Post by Flox2011 »

semarnanjak wrote: Fri Mar 10, 2023 14:17
Flox2011 wrote: Fri Mar 10, 2023 13:29
semarnanjak wrote: Fri Mar 10, 2023 12:28 Ga kepikiran cb150f om? Tinggal ganti velg jari jari ama ban semi off road enak buat jarak jauh tuh, atau standaran aja udah oke.
Maksud om CB150X?, sdh om tp tetangga punya CB150R mesin-nya klotok2 parah blm jg setahun.

Bukan masalah model, tp kaya'nya platform mesin ada yg salah sistemis.
Eh iya cb150x maksudnya. Kalau masalah klotok-klotok ini kayaknya by case om, ada yang ngalamin ada yang aman aman aja. Gosipnya sih mesinnya sensitif sama visko olinya. Kalau mau aman rajin ganti oli dan pakai yang belakangnya w30 sesuai buku manual.
W30 pakai oli motor matic dong om.
semarnanjak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Wed Sep 22, 2021 6:08

Re: 2 Wheeler for light off-road & long trip (~100 KM)

Post by semarnanjak »

Flox2011 wrote: Sat Mar 11, 2023 4:50
semarnanjak wrote: Fri Mar 10, 2023 14:17
Flox2011 wrote: Fri Mar 10, 2023 13:29

Maksud om CB150X?, sdh om tp tetangga punya CB150R mesin-nya klotok2 parah blm jg setahun.

Bukan masalah model, tp kaya'nya platform mesin ada yg salah sistemis.
Eh iya cb150x maksudnya. Kalau masalah klotok-klotok ini kayaknya by case om, ada yang ngalamin ada yang aman aman aja. Gosipnya sih mesinnya sensitif sama visko olinya. Kalau mau aman rajin ganti oli dan pakai yang belakangnya w30 sesuai buku manual.
W30 pakai oli motor matic dong om.
Ada om, ahm spx 1 botol oren spek w30 buat motor kopling basah.
Selain itu kayak federal, castrol sama ravenol ada yang w30, tapi stoknya ga sebanyak oli w40 di pasaran. Buat harian spx sebenernya sudah oke, testimoni dari user cbr150 temen saya.
Creavasse
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Jul 13, 2016 12:06

Re: 2 Wheeler for light off-road & long trip (~100 KM)

Post by Creavasse »

Coba ngasih masukan atas pengalaman pribadi ya

1. Versys 250 : Pilihan paling ok menurut saya. Sampe 2 kali punya cuma beda warna. Konsumsi Bbm bisa 1:28 pakai pertamax. Saya pakai buat harian ngantor dikemacetan Jakarta masih ok (tanpa side box), sesekali cross country sampe warung Banten (dulu sebelum dibeton lho) maupun ngubek2 jonggol tanpa masalah. Pemakaian jarak sampe 250 km masih nyaman, nggak kerasa capek sih. (1st choice klo budget sampe)

2. KLX150/ Dtracker150 : Pake ini nggak pernah takut mau blusukan kemanapun, hampir semua bengkel bisa handle. Eh ada ding ketakutan : Rada boros (motor saya bore up size 63). Kira2 bensin 1:25. Turing sampe 200 km masih ok lah, diatas itu pegel

3. CRF150 : Irit, empuk, murah, part melimpah ruah. So far ini kaki saya harian saat ini, buat trabas, cross country, sampe ngantor juga hayu. Oh ya, standar lebih berat dari klx ya. Pernah cross country 225 km seharian masih kuat lah.

4. WR155 : Cuma pernah nyoba bentar. Impresi shock belakang empuk banget, tenaga gede sampe 6 speed, cuma : Berat buat sebuah motor trail trabas.

5. KLX230 : sama sih kayak WR, cuma shock emoukan WR, part susah (inpo temen yg punya)

6. KSR : Motor harian dulu sih, pernah pake turing sampe kilauan (puegellll) sampe naek ke cisadon juga hayuk. Rada boros (bore up juga sampe 150 cc) plus part susah dan mahal.
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: 2 Wheeler for light off-road & long trip (~100 KM)

Post by fl4b1e »

Momotaro wrote:Om.
Kalau saya pilih motor klx/ dtracker/ crf. Tp yg 150.
Pertimbangan:
1. 250 berat. Kalau di jalan tanah / lumpur lebih sulit dikendaliin kalau kenapa2.
2. Suspensi panjang bikin jalan jelek ngk kerasa.
3. Kalau mau ganti ban pacul atau ban aspal gampang.
4. Jok keras bisa diakalin pake celana sepeda yg ada busanya.
5. Stang bisa gampang dikasi raiser kalau posisi stang terlalu bungkuk.
wsg.. setuju neh Om..

jalau saya pikir, apalagiada kata dinas, kalau saya sih pilih ADV 160 aja..perswstsnnya gampang, tangki bensin gede.. tingga bannya aja ganyi dari ban tahu yg ada lebih ke offroad..
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: 2 Wheeler for light off-road & long trip (~100 KM)

Post by leogalih »

Kalau kondisi jalannya memang masih memungkinkan (mengingat masih ada pertimbagan honda matic ADV 160), saya coba nambahin List om.
Pakai Xmax 250, mungkin kalau OTR setempat masih masuk bujet bisa dapat yang connected.
tapi kalau mau pakai yang second pun masih banyak dapat kembalian..

sebelumnya saya pakai Vario 125 2019 motoran ke Tangerang-Bekasi 30km PP aja ngeluh pantat panas dan berasa pegel.
coba pakai XMax 100km PP ga terasa pantat panas dan pegel sama sekali..

*pegelnya pas mundurin di parkiran aja