Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 »

benzz89 wrote: Thu Feb 23, 2023 13:06
Profith83 wrote:
MSU wrote: Thu Feb 23, 2023 8:22

saya pengalaman yang sama om...tapi di kijang kapsul...
kl ga salah bendix-nya kebakar (atau istilahnya apa gitu...saya lupa)
awalnya sy biarin...lama2 tambah susah stater
Kalau boleh tahu apa saja sekalian yang barang habis pakai selain arang nya?
Maksudnya sekalian buka, sekalian ganti
Kalau mau sekalian kerja ganti juga pully alternator nya om... punya ane barusan ganti krn kl lg stationer bunyi "cetek2" terutama di pagi hari saat idle habis start mesin.

Awalnya kirain bunyi kompresor AC, bawa ke bengkel AC di bilang tensioner belt nya, akhirnya di cek ama mbah marmut baru ketahuan pully alternator sdh mulai aus. Ganti pullynya bunyinya hilang.
Siap om, dicheck dan dipersiapkan
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by well »

Profith83 wrote: Thu Feb 23, 2023 8:08
well wrote: Thu Feb 23, 2023 7:05
Profith83 wrote: Thu Feb 23, 2023 6:30

Ada apa yang diganti? atau cuma dibersihkan?
biasanya dinamo staternya, bendixnya sudah mulai kalah..
Kapan hari habis terabas banjir agak tinggi selutut orang dewasa, besoknya kejadian seperti ini.
Apakah bisa karena terabas banjir?
Bisa jd om krn habis kena banjir.
Bawa ke tukang dinamo aja, dibongkar bs ketahuan
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 »

well wrote: Sat Feb 25, 2023 7:36
Profith83 wrote: Thu Feb 23, 2023 8:08
well wrote: Thu Feb 23, 2023 7:05

biasanya dinamo staternya, bendixnya sudah mulai kalah..
Kapan hari habis terabas banjir agak tinggi selutut orang dewasa, besoknya kejadian seperti ini.
Apakah bisa karena terabas banjir?
Bisa jd om krn habis kena banjir.
Bawa ke tukang dinamo aja, dibongkar bs ketahuan
Sempat tanya ke shop and drive waktu check aki.
Kata S&D bisa juga karena banjir, tunggu saja 3 atau 4 hari.
Eh benar hari ke 3 tokcer kembali seperti biasanya
DJanto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Dec 05, 2017 17:34

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by DJanto »

suhu mohon info
ane ada angkut innova barong 2kd manual
rencana mau ganti2 cairan dan filter2
baiknya oli mesin dan transmisi pake merk dan tipe brp
ada rekomendasi toko online terpercaya?
trims
sijagung
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Apr 25, 2023 5:40
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Innovadiesel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by sijagung »

Om suhu sekalian mau tanya saya punya innova 2kd 2012.Kondis saat ini sudah pasang intercooler,turbo Rhf4,dastek.Trouble sekarang yang saya alami dari dipstick keluar asap dan dari tutup oli keluar asap?apakah ini ngobos atau kompresi bocor?apakah ini kerusakan dr seat seal injector?atau dari ring piston?

Terima kasih info nya 🙏🏻
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by well »

sijagung wrote: Tue Apr 25, 2023 6:28 Om suhu sekalian mau tanya saya punya innova 2kd 2012.Kondis saat ini sudah pasang intercooler,turbo Rhf4,dastek.Trouble sekarang yang saya alami dari dipstick keluar asap dan dari tutup oli keluar asap?apakah ini ngobos atau kompresi bocor?apakah ini kerusakan dr seat seal injector?atau dari ring piston?

Terima kasih info nya 🙏🏻
Tergantung om, kalau keluarnya banyak banget dan top up oli ckp bny bs jd tanda2. Tp klo asap dan topup oli dlm jmlh wajar ya bs dibilang hny blow by gas aja..
Innova 2gd keluar dr dealer jg keluar asapnya saat kondisi tempratur normal.
sijagung
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Apr 25, 2023 5:40
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Innovadiesel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by sijagung »

well wrote: Tue Apr 25, 2023 10:02
sijagung wrote: Tue Apr 25, 2023 6:28 Om suhu sekalian mau tanya saya punya innova 2kd 2012.Kondis saat ini sudah pasang intercooler,turbo Rhf4,dastek.Trouble sekarang yang saya alami dari dipstick keluar asap dan dari tutup oli keluar asap?apakah ini ngobos atau kompresi bocor?apakah ini kerusakan dr seat seal injector?atau dari ring piston?

Terima kasih info nya 🙏🏻
Tergantung om, kalau keluarnya banyak banget dan top up oli ckp bny bs jd tanda2. Tp klo asap dan topup oli dlm jmlh wajar ya bs dibilang hny blow by gas aja..
Innova 2gd keluar dr dealer jg keluar asapnya saat kondisi tempratur normal.
Saya cek keadaan mesin adem ga keluar langsung om.Biasa nya pas udah panas atau suhu normal baru keluar asap.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by well »

sijagung wrote: Sat Apr 29, 2023 16:06
well wrote: Tue Apr 25, 2023 10:02
sijagung wrote: Tue Apr 25, 2023 6:28 Om suhu sekalian mau tanya saya punya innova 2kd 2012.Kondis saat ini sudah pasang intercooler,turbo Rhf4,dastek.Trouble sekarang yang saya alami dari dipstick keluar asap dan dari tutup oli keluar asap?apakah ini ngobos atau kompresi bocor?apakah ini kerusakan dr seat seal injector?atau dari ring piston?

Terima kasih info nya 🙏🏻
Tergantung om, kalau keluarnya banyak banget dan top up oli ckp bny bs jd tanda2. Tp klo asap dan topup oli dlm jmlh wajar ya bs dibilang hny blow by gas aja..
Innova 2gd keluar dr dealer jg keluar asapnya saat kondisi tempratur normal.
Saya cek keadaan mesin adem ga keluar langsung om.Biasa nya pas udah panas atau suhu normal baru keluar asap.
Sepertinya normal, pengurangan olinya bgmn? Apa top up oli jg?
sijagung
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Apr 25, 2023 5:40
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Innovadiesel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by sijagung »

well wrote: Mon May 01, 2023 1:53
sijagung wrote: Sat Apr 29, 2023 16:06
well wrote: Tue Apr 25, 2023 10:02

Tergantung om, kalau keluarnya banyak banget dan top up oli ckp bny bs jd tanda2. Tp klo asap dan topup oli dlm jmlh wajar ya bs dibilang hny blow by gas aja..
Innova 2gd keluar dr dealer jg keluar asapnya saat kondisi tempratur normal.
Saya cek keadaan mesin adem ga keluar langsung om.Biasa nya pas udah panas atau suhu normal baru keluar asap.
Sepertinya normal, pengurangan olinya bgmn? Apa top up oli jg?
Untuk penguragan oli nanti saya info lagi om,belum cek pasti nya .Saya kawatir karena juga jarang ngebut banget sampe top speed terus.Cuma sesekali ngebut sampai 140kmh itu pun jarang sekali, kok jadi kayak ngobos 😅.Dan perbandingan nya saya punya Phanter udah jalan 350rb km dipstick dan dari tutup oli tidak keluar asap sama sekali,Jadi kawatir sm innova saya di situ om.

Oo ya om tambahan lagi.Di pipa intercooler dan throttle body juga ada oli,Normal juga ya?saya sudah kasih oil catch tank supaya meredam oli masuk banyak di intake.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by r1409 »

lebaran kemarin dapet pinjeman si D4D A/T milik sodara, taun 2013 tapi km baru 86rb karena cuma dipake PP rumah kantor, ga pernah dipake luar kota sama sekali. krn pemiliknya orang kaya, mobil rawatan rutin astra, service record lengkap. pas sy pinjem, baru selesai servis rutin 90rb km sehari sebelumnya.

sebelumnya sy ga pernah nyetir yg matic, pernahnya yg manual. ekspektasi saya krn spek yg matic torsinya lebih gede dan ini jadi mobil kesayangan SMers, pasti akselerasi ringan. tapi apa disangka, begitu starter dan transmisi masuk D, langsung.... JEDUG!. keras banget sentakannya. dan jedug ini parahnya saat mesin masih dingin. dulu nyetir mirage,calya,freed matic semua ga ada yg separah ini. lalu coba jalan, akselerasi gambot banget. ngeden keras dulu baru akselerasi. freed pun tidak separah ini. bbm biosol, tapi sapa sih yg isi D4D pake dex?

begitu sampe rumah langsung sy cek dalem bonnet, oli mesin oke, ketinggian oli normal. hanya oli maticnya posisi lumayan tinggi, kira2 5cm diatas batas atas dipstick?!?!
lalu cek buku servis, ternyata ganti oli mesin tidak nurut "maksimal 6 bulan", tapi murni berdasarkan km. jadinya krn usia 10th tapi km baru 86rb, maka setahun jalan ga sampe 10rb, dan ganti oli jaraknya setahun lebih. pantes mesin agak kasar terutama pas dingin. tapi diintip dari lubang pengisian oli, tdk terlihat kerak/jelaga. tapi yg aneh, di faktur servis yg ada di dalam buku (faktur yg paling lama sih di 50rb km), tidak ada satupun record penggantian oli matic? lalu di buku servis jg sy lihat checklistnya, apakah memang tidak ada prosedur ganti oli matic? yg ada hanya checkbox "periksa oli transmisi".

apa bener instruksi buku servis innova, oli maticnya hanya "periksa" saja, tidak ada "ganti"?
krn ownernya awam mobil, dan orgnya juga masih keluar negeri jadi masih belum bisa tanya soal ini.

terasa waktu di perjalanan lalu, kalo mau nyalip harus bejek dalem banget dan maen early kick, krn respon maticnya ngelag banget. mesin teriak ngeden dulu. apakah memang gitu, atau masalah di oli matic yg sepertinya ga pernah ganti dan overfill?
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by well »

sijagung wrote: Tue May 02, 2023 1:39
well wrote: Mon May 01, 2023 1:53
sijagung wrote: Sat Apr 29, 2023 16:06

Saya cek keadaan mesin adem ga keluar langsung om.Biasa nya pas udah panas atau suhu normal baru keluar asap.
Sepertinya normal, pengurangan olinya bgmn? Apa top up oli jg?
Untuk penguragan oli nanti saya info lagi om,belum cek pasti nya .Saya kawatir karena juga jarang ngebut banget sampe top speed terus.Cuma sesekali ngebut sampai 140kmh itu pun jarang sekali, kok jadi kayak ngobos 😅.Dan perbandingan nya saya punya Phanter udah jalan 350rb km dipstick dan dari tutup oli tidak keluar asap sama sekali,Jadi kawatir sm innova saya di situ om.

Oo ya om tambahan lagi.Di pipa intercooler dan throttle body juga ada oli,Normal juga ya?saya sudah kasih oil catch tank supaya meredam oli masuk banyak di intake.
normal saja..
yang penting tarikan masih ok, dari knalpot tidak basah oli, tidak ada asap putih atau biru, penguapan oli wajar.
mobil baru keluar dr dealer jg kalau panas ada keluar uap asap tipis dr lubang oli.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by well »

r1409 wrote: Tue May 02, 2023 3:33 lebaran kemarin dapet pinjeman si D4D A/T milik sodara, taun 2013 tapi km baru 86rb karena cuma dipake PP rumah kantor, ga pernah dipake luar kota sama sekali. krn pemiliknya orang kaya, mobil rawatan rutin astra, service record lengkap. pas sy pinjem, baru selesai servis rutin 90rb km sehari sebelumnya.

sebelumnya sy ga pernah nyetir yg matic, pernahnya yg manual. ekspektasi saya krn spek yg matic torsinya lebih gede dan ini jadi mobil kesayangan SMers, pasti akselerasi ringan. tapi apa disangka, begitu starter dan transmisi masuk D, langsung.... JEDUG!. keras banget sentakannya. dan jedug ini parahnya saat mesin masih dingin. dulu nyetir mirage,calya,freed matic semua ga ada yg separah ini. lalu coba jalan, akselerasi gambot banget. ngeden keras dulu baru akselerasi. freed pun tidak separah ini. bbm biosol, tapi sapa sih yg isi D4D pake dex?

begitu sampe rumah langsung sy cek dalem bonnet, oli mesin oke, ketinggian oli normal. hanya oli maticnya posisi lumayan tinggi, kira2 5cm diatas batas atas dipstick?!?!
lalu cek buku servis, ternyata ganti oli mesin tidak nurut "maksimal 6 bulan", tapi murni berdasarkan km. jadinya krn usia 10th tapi km baru 86rb, maka setahun jalan ga sampe 10rb, dan ganti oli jaraknya setahun lebih. pantes mesin agak kasar terutama pas dingin. tapi diintip dari lubang pengisian oli, tdk terlihat kerak/jelaga. tapi yg aneh, di faktur servis yg ada di dalam buku (faktur yg paling lama sih di 50rb km), tidak ada satupun record penggantian oli matic? lalu di buku servis jg sy lihat checklistnya, apakah memang tidak ada prosedur ganti oli matic? yg ada hanya checkbox "periksa oli transmisi".

apa bener instruksi buku servis innova, oli maticnya hanya "periksa" saja, tidak ada "ganti"?
krn ownernya awam mobil, dan orgnya juga masih keluar negeri jadi masih belum bisa tanya soal ini.

terasa waktu di perjalanan lalu, kalo mau nyalip harus bejek dalem banget dan maen early kick, krn respon maticnya ngelag banget. mesin teriak ngeden dulu. apakah memang gitu, atau masalah di oli matic yg sepertinya ga pernah ganti dan overfill?
menurut saya cb di flushing terlebih dahulu oli maticnya, kalau sudah sembuh berarti cuma kotor atau volumenya kebanyakan saja olinya.
mgkn suhu2 yg lain ada masukan
sijagung
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Apr 25, 2023 5:40
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Innovadiesel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by sijagung »

well wrote: Tue May 02, 2023 3:39
sijagung wrote: Tue May 02, 2023 1:39
well wrote: Mon May 01, 2023 1:53

Sepertinya normal, pengurangan olinya bgmn? Apa top up oli jg?
Untuk penguragan oli nanti saya info lagi om,belum cek pasti nya .Saya kawatir karena juga jarang ngebut banget sampe top speed terus.Cuma sesekali ngebut sampai 140kmh itu pun jarang sekali, kok jadi kayak ngobos 😅.Dan perbandingan nya saya punya Phanter udah jalan 350rb km dipstick dan dari tutup oli tidak keluar asap sama sekali,Jadi kawatir sm innova saya di situ om.

Oo ya om tambahan lagi.Di pipa intercooler dan throttle body juga ada oli,Normal juga ya?saya sudah kasih oil catch tank supaya meredam oli masuk banyak di intake.
normal saja..
yang penting tarikan masih ok, dari knalpot tidak basah oli, tidak ada asap putih atau biru, penguapan oli wajar.
mobil baru keluar dr dealer jg kalau panas ada keluar uap asap tipis dr lubang oli.

Innova diesel 2012 jalan 90rb an .apakah perlu gurah mesin dan turbo ya om?
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by well »

sijagung wrote: Thu May 04, 2023 15:01
well wrote: Tue May 02, 2023 3:39
sijagung wrote: Tue May 02, 2023 1:39

Untuk penguragan oli nanti saya info lagi om,belum cek pasti nya .Saya kawatir karena juga jarang ngebut banget sampe top speed terus.Cuma sesekali ngebut sampai 140kmh itu pun jarang sekali, kok jadi kayak ngobos 😅.Dan perbandingan nya saya punya Phanter udah jalan 350rb km dipstick dan dari tutup oli tidak keluar asap sama sekali,Jadi kawatir sm innova saya di situ om.

Oo ya om tambahan lagi.Di pipa intercooler dan throttle body juga ada oli,Normal juga ya?saya sudah kasih oil catch tank supaya meredam oli masuk banyak di intake.
normal saja..
yang penting tarikan masih ok, dari knalpot tidak basah oli, tidak ada asap putih atau biru, penguapan oli wajar.
mobil baru keluar dr dealer jg kalau panas ada keluar uap asap tipis dr lubang oli.

Innova diesel 2012 jalan 90rb an .apakah perlu gurah mesin dan turbo ya om?
setahu saya kalau diesel tidak ada gurah mesin. Istilah gurah mesin biasanya dipakai di mesin bensin, yaitu dimasukan cairan pada lubang busi terus di sedot.
biasanya kalau diesel perlu pembersihan EGR dan saluran intake jika EGR dan saluran blow by gas tidak di tutup.
sijagung
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Apr 25, 2023 5:40
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Innovadiesel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by sijagung »

well wrote: Fri May 05, 2023 1:01
sijagung wrote: Thu May 04, 2023 15:01
well wrote: Tue May 02, 2023 3:39

normal saja..
yang penting tarikan masih ok, dari knalpot tidak basah oli, tidak ada asap putih atau biru, penguapan oli wajar.
mobil baru keluar dr dealer jg kalau panas ada keluar uap asap tipis dr lubang oli.

Innova diesel 2012 jalan 90rb an .apakah perlu gurah mesin dan turbo ya om?
setahu saya kalau diesel tidak ada gurah mesin. Istilah gurah mesin biasanya dipakai di mesin bensin, yaitu dimasukan cairan pada lubang busi terus di sedot.
biasanya kalau diesel perlu pembersihan EGR dan saluran intake jika EGR dan saluran blow by gas tidak di tutup.
Soalnya saya liat di youtube ada gurah turbo dan cleaning di ruang bakar karena pakai biosolar pasti piston,klep, dan ruangbakar untuk mobil diesel kotor sekali
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 836
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by well »

sijagung wrote: Thu May 11, 2023 4:47
well wrote: Fri May 05, 2023 1:01
sijagung wrote: Thu May 04, 2023 15:01


Innova diesel 2012 jalan 90rb an .apakah perlu gurah mesin dan turbo ya om?
setahu saya kalau diesel tidak ada gurah mesin. Istilah gurah mesin biasanya dipakai di mesin bensin, yaitu dimasukan cairan pada lubang busi terus di sedot.
biasanya kalau diesel perlu pembersihan EGR dan saluran intake jika EGR dan saluran blow by gas tidak di tutup.
Soalnya saya liat di youtube ada gurah turbo dan cleaning di ruang bakar karena pakai biosolar pasti piston,klep, dan ruangbakar untuk mobil diesel kotor sekali
biasanya gurah turbo berbarengan dengan pembersihan EGR, masih masuk kategori intake.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by RezPrat »

sijagung wrote: Sat Apr 29, 2023 16:06
well wrote: Tue Apr 25, 2023 10:02
sijagung wrote: Tue Apr 25, 2023 6:28 Om suhu sekalian mau tanya saya punya innova 2kd 2012.Kondis saat ini sudah pasang intercooler,turbo Rhf4,dastek.Trouble sekarang yang saya alami dari dipstick keluar asap dan dari tutup oli keluar asap?apakah ini ngobos atau kompresi bocor?apakah ini kerusakan dr seat seal injector?atau dari ring piston?

Terima kasih info nya 🙏🏻
Tergantung om, kalau keluarnya banyak banget dan top up oli ckp bny bs jd tanda2. Tp klo asap dan topup oli dlm jmlh wajar ya bs dibilang hny blow by gas aja..
Innova 2gd keluar dr dealer jg keluar asapnya saat kondisi tempratur normal.
Saya cek keadaan mesin adem ga keluar langsung om.Biasa nya pas udah panas atau suhu normal baru keluar asap.
Ngobos Krn kompresi bocor d diesel itu kalo mesin dingin(baru idup) udah nyembur uap asap dan kalo mesin panas bisa nyiprat oli dari lubang stick oli. Kalo mesin panas trus keluar uapa dari stick oli dan oli berkurang normal 200-500ml/10k km ya Masi normal sepertinya. Kalo mau lebih pasti test kompresi om, bawa k bengkel, rata2 semua bengkel bisa.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by RezPrat »

sijagung wrote: Thu May 04, 2023 15:01
well wrote: Tue May 02, 2023 3:39
sijagung wrote: Tue May 02, 2023 1:39

Untuk penguragan oli nanti saya info lagi om,belum cek pasti nya .Saya kawatir karena juga jarang ngebut banget sampe top speed terus.Cuma sesekali ngebut sampai 140kmh itu pun jarang sekali, kok jadi kayak ngobos 😅.Dan perbandingan nya saya punya Phanter udah jalan 350rb km dipstick dan dari tutup oli tidak keluar asap sama sekali,Jadi kawatir sm innova saya di situ om.

Oo ya om tambahan lagi.Di pipa intercooler dan throttle body juga ada oli,Normal juga ya?saya sudah kasih oil catch tank supaya meredam oli masuk banyak di intake.
normal saja..
yang penting tarikan masih ok, dari knalpot tidak basah oli, tidak ada asap putih atau biru, penguapan oli wajar.
mobil baru keluar dr dealer jg kalau panas ada keluar uap asap tipis dr lubang oli.

Innova diesel 2012 jalan 90rb an .apakah perlu gurah mesin dan turbo ya om?
Bersih2 aja om, intake sama egr, kalo perlu turbo juga. Abis tu carbon cleaning injektor. Ganti filter solar juga (KLO belum)
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by Profith83 »

Ganti paking atas.

Tolong tanya bengkel di Surabaya yang bisa ganti paking paling atas Innova D4D
Posisi paking antara besi warna hitam paling atas dengan besi cor dibawahnya.

Mobil Innova diesel 2012 KM 98rb

Mau cari bengkel yang bagus dan sudah pengalaman melakukan ini. Atau lebih baik di BeRes?
Bagus mana yah kerjaannya
Kemudian sekalian ganti apa saja? misalnya seal injector? atau kalau bawaan pabrik seal injector lebih awet?
akio7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Aug 13, 2019 1:05

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by akio7 »

McLaren wrote: Sat Dec 10, 2022 2:03 Om, klo 2KD pake mobil 1 delvac 5-40 bisa setahun ngga yaa?
Mobil jarang pake, 8 th baru 50000 km..
Biosolar
sy kemarin ganti pas 12 bulan om, km baru dapet 8rb
2015 - Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 A/T
junaedieko
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Sep 28, 2023 8:34
Location: Cikarang
Daily Vehicle: 2kd

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by junaedieko »

Mohon ijin bertanya suhu...saya mau ambil turbo temen rhf4 hybrid,kondisi tidak terpasang ke engine setelah saya cek shaft nya kok agak goyang ya...tetapi fan turbonya nggak nyangkut body sih...yg saya tanyakan:
- apakah karakter turbo seperti itu jika belum dipasang ke engine(oli belum masuk ke jalur pelumasan turbo sehingga tidak mengìkat shaft nya)
- atau memang kondisi shaft turbo nya oblak
Mohon pencerahannya para suhu....
LeoNz86
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Jan 02, 2022 14:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2KD 2010

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by LeoNz86 »

Salam kenal suhu2 disini dr 2kd 2010 matic. Dah pake 2th lebih beli second, so far happy bnr pakenya, krn cukup irit 1:10-12an tergantung cara bawa, kebetulan jg taon lalu remap di tmpt om Satria di Auto Catrix, bikin fun to drive sih. Oli mesin so far pake amsoil diesel SAE 5-40. Belakangan kyknya klo di bejek mendadak agak slip sdikit, rencana mau ganti kampas kopling. Ada rekomendasi dr suhu2 disini kah? Dr suhu om Turboman ada recommend bengkel dan merk kampas kopling klo mau pake yg racing after market plus minus nya apa aja yah?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
xfraps
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by xfraps »

LeoNz86 wrote: Sat Sep 30, 2023 10:47 Salam kenal suhu2 disini dr 2kd 2010 matic. Dah pake 2th lebih beli second, so far happy bnr pakenya, krn cukup irit 1:10-12an tergantung cara bawa, kebetulan jg taon lalu remap di tmpt om Satria di Auto Catrix, bikin fun to drive sih. Oli mesin so far pake amsoil diesel SAE 5-40. Belakangan kyknya klo di bejek mendadak agak slip sdikit, rencana mau ganti kampas kopling. Ada rekomendasi dr suhu2 disini kah? Dr suhu om Turboman ada recommend bengkel dan merk kampas kopling klo mau pake yg racing after market plus minus nya apa aja yah?
itu matic kan om,
biasa nya pasang atf cooler dulu om,
dulu ane jg pasang disana

klo kampas kopling matic mngkin suhu2 yg laen bisa kasi usulan :big_deal:
junaedieko
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Sep 28, 2023 8:34
Location: Cikarang
Daily Vehicle: 2kd

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by junaedieko »

Coba pake go trans om...mudah mudahan bisa mengatasi selip nya....kalau power sudah besar sangat mungkin selip om...
Newby...
LeoNz86
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Jan 02, 2022 14:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2KD 2010

Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

Post by LeoNz86 »

xfraps wrote: Wed Oct 04, 2023 12:03
LeoNz86 wrote: Sat Sep 30, 2023 10:47 Salam kenal suhu2 disini dr 2kd 2010 matic. Dah pake 2th lebih beli second, so far happy bnr pakenya, krn cukup irit 1:10-12an tergantung cara bawa, kebetulan jg taon lalu remap di tmpt om Satria di Auto Catrix, bikin fun to drive sih. Oli mesin so far pake amsoil diesel SAE 5-40. Belakangan kyknya klo di bejek mendadak agak slip sdikit, rencana mau ganti kampas kopling. Ada rekomendasi dr suhu2 disini kah? Dr suhu om Turboman ada recommend bengkel dan merk kampas kopling klo mau pake yg racing after market plus minus nya apa aja yah?
itu matic kan om,
biasa nya pasang atf cooler dulu om,
dulu ane jg pasang disana

klo kampas kopling matic mngkin suhu2 yg laen bisa kasi usulan :big_deal:
iya Om, matic...hahaha....so far sih pake ini puas bnr walau agak jadul tp ga ada complainan yg aneh2 di banding merk2 yg sebelum nya ane pake. atf cooler ada referensi om pake merk apa yg ok?