Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by ChZ »

mobilover wrote: Thu Feb 23, 2023 4:51 Kayaknya cash cow nya wuling ada di air EV skrg. Itu modalnya murah tapi jualnya tinggi. Profit marginnya paling maksimal di antara produk wuling lainnya haha. Mungkin karena EV masih sedikit pemainnya yg main di pasar level gemuk 200 jutaan.

Semua brand ada cash cow nya. Yg profit margin bagus dan penjualan tinggi. Honda ada brio, toyota ada innova, suzuki ada ertiga, mitsubishi ada expander, hyundai ada creta. Asalkan strategi subsidi silang jalan, brand itu bisa survive dan tambah gede di sini. Gak bisa juga all out jualan semua produk bagus profit margin tipis. Pabrikan model gini gak bakal long lasting contoh subaru dulu yg jualan model awd harga murah pun tumbang walau faktor ngemplang pajak jg ngaruh besar.
Ada jg yang kebolak om, justru ane dengar dari "someone" beberapa type mobil elsigisi under nopek itu margin tipis bahkan ampe jual "rugi" buat volum maker demi ngejar kompetitif harganya.

Cuannya darimana?

Ya itu margin yg type tinggi (>500jt) digedein masih nutup :mky_03: makanya berasa aneh kan kenapa beberapa type mobil kok harganya ga masuk :mky_03: apalagi pickup gila tuh margin nya om. Kurang balmod apa cuma rangka ditumpuk body ga ganti model >30thn.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by nyotsaeba »

mobilover wrote:Kayaknya cash cow nya wuling ada di air EV skrg. Itu modalnya murah tapi jualnya tinggi. Profit marginnya paling maksimal di antara produk wuling lainnya haha. Mungkin karena EV masih sedikit pemainnya yg main di pasar level gemuk 200 jutaan.

Semua brand ada cash cow nya. Yg profit margin bagus dan penjualan tinggi. Honda ada brio, toyota ada innova, suzuki ada ertiga, mitsubishi ada expander, hyundai ada creta. Asalkan strategi subsidi silang jalan, brand itu bisa survive dan tambah gede di sini. Gak bisa juga all out jualan semua produk bagus profit margin tipis. Pabrikan model gini gak bakal long lasting contoh subaru dulu yg jualan model awd harga murah pun tumbang walau faktor ngemplang pajak jg ngaruh besar.
Ga semua yg cash cow itu profit om, ada kenalan akunting nya GM dulu. Tiap bulan dia posting loss dr penjualan chevy spin yg cash cow nya dia.
Makin laku, ya makin boncos krn hitungan modal lbh tinggi dr harga jual. modal iti termasuk depresiasi pabrik, rnd dll nya ya. Bukan cm material labor doang.

Produk yg Profit ya justru dari model high end cem captiva yang mana sales nya menyedihkan. Makanya dia stop jual spin trus tutup lah.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by b0ku »

nyotsaeba wrote: Thu Feb 23, 2023 5:48
mobilover wrote:Kayaknya cash cow nya wuling ada di air EV skrg. Itu modalnya murah tapi jualnya tinggi. Profit marginnya paling maksimal di antara produk wuling lainnya haha. Mungkin karena EV masih sedikit pemainnya yg main di pasar level gemuk 200 jutaan.

Semua brand ada cash cow nya. Yg profit margin bagus dan penjualan tinggi. Honda ada brio, toyota ada innova, suzuki ada ertiga, mitsubishi ada expander, hyundai ada creta. Asalkan strategi subsidi silang jalan, brand itu bisa survive dan tambah gede di sini. Gak bisa juga all out jualan semua produk bagus profit margin tipis. Pabrikan model gini gak bakal long lasting contoh subaru dulu yg jualan model awd harga murah pun tumbang walau faktor ngemplang pajak jg ngaruh besar.
Ga semua yg cash cow itu profit om, ada kenalan akunting nya GM dulu. Tiap bulan dia posting loss dr penjualan chevy spin yg cash cow nya dia.
Makin laku, ya makin boncos krn hitungan modal lbh tinggi dr harga jual. modal iti termasuk depresiasi pabrik, rnd dll nya ya. Bukan cm material labor doang.

Produk yg Profit ya justru dari model high end cem captiva yang mana sales nya menyedihkan. Makanya dia stop jual spin trus tutup lah.
padahal GM kalo maen kek CHRYSLER mereknya bisa di idup sini mereka terlalu fokus ngejar mass market pasar luxurynya gak dilirik sedikitpun

maen cadillac, GMC sama chevrolet asli amrik harusnya bisa jalan cuan gede karena yang beli kalangan beduit :big_bored:

JEEP Mini aja bisa idup tuh maen gituan doank masa GM kagak bisa bikin aja general motor cuma isinya sebenernya aneka merek cadilac, GMC, Chevrolet dijual kek audi spesialis maen V6-V8 OPEL/ASTRA dijual kek VW :big_biglaugh:

padahal pasarnya ada mereka aja yang aneh :big_biglaugh:
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by mobilover »

nyotsaeba wrote: Thu Feb 23, 2023 5:48
mobilover wrote:Kayaknya cash cow nya wuling ada di air EV skrg. Itu modalnya murah tapi jualnya tinggi. Profit marginnya paling maksimal di antara produk wuling lainnya haha. Mungkin karena EV masih sedikit pemainnya yg main di pasar level gemuk 200 jutaan.

Semua brand ada cash cow nya. Yg profit margin bagus dan penjualan tinggi. Honda ada brio, toyota ada innova, suzuki ada ertiga, mitsubishi ada expander, hyundai ada creta. Asalkan strategi subsidi silang jalan, brand itu bisa survive dan tambah gede di sini. Gak bisa juga all out jualan semua produk bagus profit margin tipis. Pabrikan model gini gak bakal long lasting contoh subaru dulu yg jualan model awd harga murah pun tumbang walau faktor ngemplang pajak jg ngaruh besar.
Ga semua yg cash cow itu profit om, ada kenalan akunting nya GM dulu. Tiap bulan dia posting loss dr penjualan chevy spin yg cash cow nya dia.
Makin laku, ya makin boncos krn hitungan modal lbh tinggi dr harga jual. modal iti termasuk depresiasi pabrik, rnd dll nya ya. Bukan cm material labor doang.

Produk yg Profit ya justru dari model high end cem captiva yang mana sales nya menyedihkan. Makanya dia stop jual spin trus tutup lah.
Model chevrolet spin itu contoh buruk om. Penjualan bagus profit margin minus. Gimana mau sustain haha. Margin harus tetap sehat kl mau perusahaan hidup.
ChZ wrote: Thu Feb 23, 2023 5:25
mobilover wrote: Thu Feb 23, 2023 4:51 Kayaknya cash cow nya wuling ada di air EV skrg. Itu modalnya murah tapi jualnya tinggi. Profit marginnya paling maksimal di antara produk wuling lainnya haha. Mungkin karena EV masih sedikit pemainnya yg main di pasar level gemuk 200 jutaan.

Semua brand ada cash cow nya. Yg profit margin bagus dan penjualan tinggi. Honda ada brio, toyota ada innova, suzuki ada ertiga, mitsubishi ada expander, hyundai ada creta. Asalkan strategi subsidi silang jalan, brand itu bisa survive dan tambah gede di sini. Gak bisa juga all out jualan semua produk bagus profit margin tipis. Pabrikan model gini gak bakal long lasting contoh subaru dulu yg jualan model awd harga murah pun tumbang walau faktor ngemplang pajak jg ngaruh besar.
Ada jg yang kebolak om, justru ane dengar dari "someone" beberapa type mobil elsigisi under nopek itu margin tipis bahkan ampe jual "rugi" buat volum maker demi ngejar kompetitif harganya.

Cuannya darimana?

Ya itu margin yg type tinggi (>500jt) digedein masih nutup :mky_03: makanya berasa aneh kan kenapa beberapa type mobil kok harganya ga masuk :mky_03: apalagi pickup gila tuh margin nya om. Kurang balmod apa cuma rangka ditumpuk body ga ganti model >30thn.
Iya yg high end pasti profit margin lbh besar tapi biasanya volume gak nutup. Makanya CRV dibalikin lagi ke CBU thailand karena profit margin x jumlah penjualan gak masuk hitungan utk di CKD in lagi. Produk CKD honda yg mnrt saya cashcow yah brio atau HRV. Kl utk brand komersial, yah itu L300 cashcow mitsubishi fuso. Bener2 cuan enak di sini gak perlu didevelop lagi tinggal fokus jualan aja haha
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by ChZ »

mobilover wrote: Thu Feb 23, 2023 6:13
Iya yg high end pasti profit margin lbh besar tapi biasanya volume gak nutup. Makanya CRV dibalikin lagi ke CBU thailand karena profit margin x jumlah penjualan gak masuk hitungan utk di CKD in lagi. Produk CKD honda yg mnrt saya cashcow yah brio atau HRV. Kl utk brand komersial, yah itu L300 cashcow mitsubishi fuso. Bener2 cuan enak di sini gak perlu didevelop lagi tinggal fokus jualan aja haha
wkwkwkw HRV kayaknya sekarang yang di gedein margin itu type RS. prediksi sih margin paling tipis di tipe SE krn emang beda dikit sama E biasa. ngejar deket sama harganya H miring creta.

yang rugi dah pasti BRV. mbl 300 juta diskon 50juta bisa dipastikan rugi :mky_03: dan sales biasa paling sedih kalo DO tipe gini krn komisinya tipisss setipis panel plastik nya :ungg:

kalo toyota sih innova itu kurang cash cow apa om :mky_03: apalagi innova venturer ane yakin si marginnya berlipet2. TAM ngerti aje ada penggemar kijang mahal :mky_07: kita yg orang daerah aja bingung kok di surabaya bejibun kijang venturer.

enaknya market leader si ga bingung krn produk mahal pasti ada yang beli :mky_03: itu analyst marketing dept TAM sama HPM tinggal bobok aja margin 10 biji brio atau calya udah nutup di sebiji innova atau CRV :upss: mobil yang mo pasang harga berapa jg ada aja marketnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by bensinsolar »

Bibieight wrote: Wed Feb 22, 2023 13:44
bensinsolar wrote: Wed Feb 22, 2023 10:19
sahabatq8 wrote: Wed Feb 22, 2023 3:03

Negatif sih , especially harganya gak murah murah banget. Mesinnya jg berasanya kok bolot bgt ya, padahal diatas kertas seharusnya not bad.
Sptnya brand W sama DFSK mirip2 drivetrainnya agak acakadut, sampe Almaz hybrid aja ditest Om Fitra juga masih kurang drivetrainnya. Jd mendingan BRV & Xpander Cross ya [emo-yesno]
Nah, perkara drivetrain, katanya kalo di negara asalnya sana kan pada hebat2 di urusan BEV, nah udah ada yg pakai BEV bikinan RRC agak lamaan ndak ya, jd bukan test drive ? (Wuling Air ndak diitung, kutu itu bukan mobil), macam MG4 EV atau BYD spt. punya Blue Bird ?. Itu enak ndak feel drivingnya dari segi drivetrain. Pengalaman pake I5, definisi drivetrain BEV enak itu yg penting cuma 2 : pertama torsi ngisinya alus tapi linier, jd ndak tau2 njambak, kerasa ada tenaga tapi nurut, yg kedua regen kuat tapi alus. Nah : I5 vs I Classic, Classic yg kalah di no 2, regennya lemes.

Kalo BEV RRC pada feelingnya minimal kayak I Classic apalagi I5 ya jangan2 strategi mereka lari estafet jarak jauh, pelari pertama ICE, gpp. kalah, yg penting ndak jauh2 banget, ntar pelari kedua dat. ngebut ngejarnya pake BEV. :big_think: :big_think: :big_think: Contoh kasus : Liat aja tu DFSK tau2 dah lokalisasi Gelora BEVnya, kalo dilawan Granmax bener mahal di 399 juta, tapi kalo dilawan Air EV yg 300 juta ya keliatan masuk akal…..
Statement Om menarik juga kalau memang mereka lgsg fokus di Drivetrain BEV, mesti nunggu dulu sampai ada anggota Serayamotor yg beli BEV merk China. Kalau dari saya utk saat ini BEV msh belum jd opsi. Mkgn Hybrid dulu baru setelah itu baru BEV..
steakikan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Wed Feb 26, 2014 3:43

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by steakikan »

bensinsolar wrote: Tue Feb 28, 2023 2:44
Bibieight wrote: Wed Feb 22, 2023 13:44
bensinsolar wrote: Wed Feb 22, 2023 10:19

Sptnya brand W sama DFSK mirip2 drivetrainnya agak acakadut, sampe Almaz hybrid aja ditest Om Fitra juga masih kurang drivetrainnya. Jd mendingan BRV & Xpander Cross ya [emo-yesno]
Nah, perkara drivetrain, katanya kalo di negara asalnya sana kan pada hebat2 di urusan BEV, nah udah ada yg pakai BEV bikinan RRC agak lamaan ndak ya, jd bukan test drive ? (Wuling Air ndak diitung, kutu itu bukan mobil), macam MG4 EV atau BYD spt. punya Blue Bird ?. Itu enak ndak feel drivingnya dari segi drivetrain. Pengalaman pake I5, definisi drivetrain BEV enak itu yg penting cuma 2 : pertama torsi ngisinya alus tapi linier, jd ndak tau2 njambak, kerasa ada tenaga tapi nurut, yg kedua regen kuat tapi alus. Nah : I5 vs I Classic, Classic yg kalah di no 2, regennya lemes.

Kalo BEV RRC pada feelingnya minimal kayak I Classic apalagi I5 ya jangan2 strategi mereka lari estafet jarak jauh, pelari pertama ICE, gpp. kalah, yg penting ndak jauh2 banget, ntar pelari kedua dat. ngebut ngejarnya pake BEV. :big_think: :big_think: :big_think: Contoh kasus : Liat aja tu DFSK tau2 dah lokalisasi Gelora BEVnya, kalo dilawan Granmax bener mahal di 399 juta, tapi kalo dilawan Air EV yg 300 juta ya keliatan masuk akal…..
Statement Om menarik juga kalau memang mereka lgsg fokus di Drivetrain BEV, mesti nunggu dulu sampai ada anggota Serayamotor yg beli BEV merk China. Kalau dari saya utk saat ini BEV msh belum jd opsi. Mkgn Hybrid dulu baru setelah itu baru BEV..
Lg ditunggu si Omoda EV om, moga2 gk tertunda aja launching di akhir tahun, soalnya ada yg blg di giias launch ada yg bilang 2024 bru launch. Klo telat tar kesalip MG4 EV atau BYD lgi wkkkkk, harusnya karena chasisnya mirip ama yg versi ICE gk terlalu lama untuk di retrofit pabrik di karawangnya sih.
yakubng
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Mar 17, 2023 5:38
Location: Tanjungpinang
Daily Vehicle: Honda City E GM2

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by yakubng »

kabarnya 1 April bakal handover first batch. ada yg udah SPK dan terima pemberitahuannya?
Ajobalonn3
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Thu Jun 07, 2018 4:03

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by Ajobalonn3 »

Ada yg sudah pake unitnya om? Bole share user reviewnya
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by AbdulHakim »

Ajobalonn3 wrote: Tue Jun 27, 2023 0:23 Ada yg sudah pake unitnya om? Bole share user reviewnya
Ga punya, tapi udah liat jalan Omoda 5 warna putih, pas malem hari jadi lampu-lampunya nyala, bagus stance nya, elegant.
Dalem hati saya bilang "wah berani juga nih ownernya, YOLO dalam beli mobil" :big_biglaugh:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by Salvanost »

teppey wrote: Wed Feb 22, 2023 23:35 Omoda keren juga trim atas pakai double glass
double glass buat apa om? lebih kedap?
yakubng
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Mar 17, 2023 5:38
Location: Tanjungpinang
Daily Vehicle: Honda City E GM2

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by yakubng »

Salvanost wrote: Mon Jul 24, 2023 6:28
teppey wrote: Wed Feb 22, 2023 23:35 Omoda keren juga trim atas pakai double glass
double glass buat apa om? lebih kedap?
yes. lebih kedap suara.
Scalettalv
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Mon May 01, 2017 17:06

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by Scalettalv »

warga sini udh ada yg minang blm ya?

nyonya tertarik tipe Z nya yg 330an dan masih ada disc lagi.
dah liat2 creta hrv xforce gamau, maunya si omoda :ungg:

populasinya udh banyak di jalan cuma masih trauma cherry jaman QQ :big_think:
2.0 B48 I4 G20
2.4 2GD-FTV AN150
2.5 2AR-FE I4 AH30
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by mobilover »

Bagus om. Omoda 5 value for moneynya bagus. Denger2 dari user tiggo 8 pro, aftersales servicenya jg jempolan. Sampai dibikinin grup wa sama pihak bengkel utk koordinasi servis rutin dan sparepart. ATPM nya jg lumayan serius garap pasar indonesia. Tahun depan pabrik chery ditargetkan mulai operasional. Aman lah utk ketersediaan sparepart dll
kanjengromo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Jan 11, 2022 14:35
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by kanjengromo »

Semoga after sales service ni brand berjalan excellent

Setelah harga-harga mobil Jepang naik kelas, saatnya mobil Cina mengisi pasar yang ditinggal Jepang

Kalo ASS oke, boleh lah ntar masuk radar
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2926
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by Salvanost »

rencana tahun depan mau beli
soalnya bengkel resminya ada dekat rumah

cuma masalah review aja, takut harga murah ada yg dikurang2in kualitasnya
steakikan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Wed Feb 26, 2014 3:43

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by steakikan »

Btw konon ada software update jdi bisa parkir parallel sekarang.
steakikan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Wed Feb 26, 2014 3:43

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by steakikan »

Test drive singkat Omoda E5

Exterior: Lebih konvensional dibanding Omoda 5 bensin, personally saya lebih suka yg Omoda 5 karena front grillnya unik dibanding mobil yang lain. Samping sampai belakang mirip dengan Omoda bensin tidak ada bedanya

Interior depan: Cenderung lebih sempit dibanding Omoda 5, space kaki lebih ngangkat sepertinya karena battere. Instrument lebih minimalis dibanding Omoda yang lama ditambah posisi gigi yang lebih aneh di samping setir. Posisi duduk tidak senyaman Omoda 5 yang lama, terasa lebih sempit. Jika dibanding posisi duduk Atto 3, posisi duduk Atto 3 lebih nyaman dan dengan instrument yang lebih gpg dipandang karena layar odonya lebih kecil dan informasi yang ditampilkan lebih compact. Untuk kemewahan lebih mewah Omoda E5 dibanding Atto 3, lebih setara BYD Seal untuk interiornya.
Oh ban yg di pakai berisik, jdi walau interiornya kedap tetapi suara ban tetap terdengar masuk. Kalau tidak salah bannya Giti sih.

Interior belakang: Cenderung sempit, dengan posisi driver mentok dengkul langsung menyentuh kursi depan. Posisi duduk BYD Atto 3 lebih lega dan sepertinya untuk kursi belakang lebih ada support buat kaki di BYD Atto 3 dibanding Omoda E5. Kisi acnya yang cuma 1 sisi agak disayangkan, dimana Omoda GT sudah diganti dengan versi 2 kisi. Surprisingly kisi ac belakangnya lumayan dingin jg, dikira bakal panas karena mobil test drivenya tidak ada kaca film sama sekali.

Headunit: Sistemnya cepat, tidak terasa lag seperti Tiggo 7 dan Tiggo 8. Sistemnya responsive dan tidak ada perbedaan antara BYD Seal, BYD Atto3 maupun Omoda E5. Suara cukup ok, tidak terlalu buruk buat mocin.

Performa: Karena hanya mutar sekitaran Pluit village, tidak bisa terlalu tarik menarik. Untuk response bawah terasa gahar dimana pas belokan BP bisa lsg menyentuh 60-80km/h dengan cukup mudah. Cukup menyeramkan sih akselerasinya tetapi saya memang biasanya bawa SUV jdi ketemu yg akselerasinya seperti itu cukup mengagetkan. Handling seperti bawa SUV berat, mobilnya tidak terasa terlalu lincah tetapi karena bobot itu jg tidak terasa terlalu limbung. Di test di poldur suspensinya tidak terlalu keras dan tidak terlalu mengayun.

Overall: Mobilnya cukup menarik, jika harganya sama atau lebih murah dibanding Atto 3 maka saya lebih tertarik ini. Sangat disayangkan ergonominya tidak sebaik Atto 3 dan posisi steering/speedonya kurang ergonomis plus baris kedua yang cenderung sempit dan kurang nyaman. Jika dibanding dengan MG EV maka Omoda E5 lebih menarik sepertinya (maklum testdrivenya pas IIMS tahun lalu jdi sedikit lupa2 feelnya). Jika dibandingkan dengan versi bensinya, maka versi bensinnya terasa lebih sporty dan lincah, yang sudah pernah pakai Omoda 5 driving feelnya lumayan berbeda jauh. Jika bisa dibawah 500 juta maka bisa menjadi mobil medium range yang cukup menarik.

Yang tidak disebutkan: Charging speed (infonya sih menurut sales mobil demo di fast charge di PIK2 hanya butuh dibawah 30 menit dri 16%-90%), garansi (moga2 bisa ky Bingo yg lifetime), rentang servis (apakah seperti mobil ICE yg tiap 10rb atau bisa lebih panjang 20-30rb km) dan harganya yg katanya bakal di release tanggal 5 february ini. Salesnya jg bnyk yg kelabakan dan sepertinya krg di training soal info2 penting, yg akhirnya pada nunjukin brosur2 internal deh which sayangnya blum boleh di share ke umum.

Note: tidak sempat test drive performa BYD karena antriannya penuh pas datang.
steakikan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Wed Feb 26, 2014 3:43

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by steakikan »



Ho, harganya ud keluar nih 499 jeti
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by rakyatwkwkland »

steakikan wrote: Sun Jan 28, 2024 10:57 Test drive singkat Omoda E5

Exterior: Lebih konvensional dibanding Omoda 5 bensin, personally saya lebih suka yg Omoda 5 karena front grillnya unik dibanding mobil yang lain. Samping sampai belakang mirip dengan Omoda bensin tidak ada bedanya

Interior depan: Cenderung lebih sempit dibanding Omoda 5, space kaki lebih ngangkat sepertinya karena battere. Instrument lebih minimalis dibanding Omoda yang lama ditambah posisi gigi yang lebih aneh di samping setir. Posisi duduk tidak senyaman Omoda 5 yang lama, terasa lebih sempit. Jika dibanding posisi duduk Atto 3, posisi duduk Atto 3 lebih nyaman dan dengan instrument yang lebih gpg dipandang karena layar odonya lebih kecil dan informasi yang ditampilkan lebih compact. Untuk kemewahan lebih mewah Omoda E5 dibanding Atto 3, lebih setara BYD Seal untuk interiornya.
Oh ban yg di pakai berisik, jdi walau interiornya kedap tetapi suara ban tetap terdengar masuk. Kalau tidak salah bannya Giti sih.

Interior belakang: Cenderung sempit, dengan posisi driver mentok dengkul langsung menyentuh kursi depan. Posisi duduk BYD Atto 3 lebih lega dan sepertinya untuk kursi belakang lebih ada support buat kaki di BYD Atto 3 dibanding Omoda E5. Kisi acnya yang cuma 1 sisi agak disayangkan, dimana Omoda GT sudah diganti dengan versi 2 kisi. Surprisingly kisi ac belakangnya lumayan dingin jg, dikira bakal panas karena mobil test drivenya tidak ada kaca film sama sekali.

Headunit: Sistemnya cepat, tidak terasa lag seperti Tiggo 7 dan Tiggo 8. Sistemnya responsive dan tidak ada perbedaan antara BYD Seal, BYD Atto3 maupun Omoda E5. Suara cukup ok, tidak terlalu buruk buat mocin.

Performa: Karena hanya mutar sekitaran Pluit village, tidak bisa terlalu tarik menarik. Untuk response bawah terasa gahar dimana pas belokan BP bisa lsg menyentuh 60-80km/h dengan cukup mudah. Cukup menyeramkan sih akselerasinya tetapi saya memang biasanya bawa SUV jdi ketemu yg akselerasinya seperti itu cukup mengagetkan. Handling seperti bawa SUV berat, mobilnya tidak terasa terlalu lincah tetapi karena bobot itu jg tidak terasa terlalu limbung. Di test di poldur suspensinya tidak terlalu keras dan tidak terlalu mengayun.

Overall: Mobilnya cukup menarik, jika harganya sama atau lebih murah dibanding Atto 3 maka saya lebih tertarik ini. Sangat disayangkan ergonominya tidak sebaik Atto 3 dan posisi steering/speedonya kurang ergonomis plus baris kedua yang cenderung sempit dan kurang nyaman. Jika dibanding dengan MG EV maka Omoda E5 lebih menarik sepertinya (maklum testdrivenya pas IIMS tahun lalu jdi sedikit lupa2 feelnya). Jika dibandingkan dengan versi bensinya, maka versi bensinnya terasa lebih sporty dan lincah, yang sudah pernah pakai Omoda 5 driving feelnya lumayan berbeda jauh. Jika bisa dibawah 500 juta maka bisa menjadi mobil medium range yang cukup menarik.

Yang tidak disebutkan: Charging speed (infonya sih menurut sales mobil demo di fast charge di PIK2 hanya butuh dibawah 30 menit dri 16%-90%), garansi (moga2 bisa ky Bingo yg lifetime), rentang servis (apakah seperti mobil ICE yg tiap 10rb atau bisa lebih panjang 20-30rb km) dan harganya yg katanya bakal di release tanggal 5 february ini. Salesnya jg bnyk yg kelabakan dan sepertinya krg di training soal info2 penting, yg akhirnya pada nunjukin brosur2 internal deh which sayangnya blum boleh di share ke umum.

Note: tidak sempat test drive performa BYD karena antriannya penuh pas datang.
Wah ada review ngumpet di sini. Nice review oom.

Iya buat eksterior ane jg prefer yg elektrik. Walau overall masih acceptable lah yg bengsin ga terlalu ganggu2 amat grill trapezoidnya buat ane.

Buat harga cuma gopek kurang dikit sih oke banget. Sebenernya juga kl gasalah platformnya omoda 5 ini katanya harusnya sekelas cocross gitu2 ya? Kalo iya cocross yg hybrid aja dah di atas gopek.

Harga 498 malah selisih tipis doang sm GT AWD yg kl gasalah di 493 ya? Curiga ane itu tipe GT FWD dan AWD diluncurkan mmg bukan buat fokus jualan banyak2, tp hanya sekadar pengisi gap biar yg elektrik ini kesannya ga beda jauh sm bensin. Kalo engga bedanya agak lumayan ama tipe RZ yg cmn 400 kecil.

Sama senapsaran ada garansi motor dan baterai lifetime bwt 1000 pembeli pertama juga, S&K nya apa aja ya...
steakikan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Wed Feb 26, 2014 3:43

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by steakikan »

rakyatwkwkland wrote: Mon Feb 05, 2024 16:55
Wah ada review ngumpet di sini. Nice review oom.

Iya buat eksterior ane jg prefer yg elektrik. Walau overall masih acceptable lah yg bengsin ga terlalu ganggu2 amat grill trapezoidnya buat ane.

Buat harga cuma gopek kurang dikit sih oke banget. Sebenernya juga kl gasalah platformnya omoda 5 ini katanya harusnya sekelas cocross gitu2 ya? Kalo iya cocross yg hybrid aja dah di atas gopek.

Harga 498 malah selisih tipis doang sm GT AWD yg kl gasalah di 493 ya? Curiga ane itu tipe GT FWD dan AWD diluncurkan mmg bukan buat fokus jualan banyak2, tp hanya sekadar pengisi gap biar yg elektrik ini kesannya ga beda jauh sm bensin. Kalo engga bedanya agak lumayan ama tipe RZ yg cmn 400 kecil.

Sama senapsaran ada garansi motor dan baterai lifetime bwt 1000 pembeli pertama juga, S&K nya apa aja ya...
ini quote dri sales ane, sepertinya persis ky Binguo termsnya, harganya jg jdi 489 buat 1000 pembeli pertama jg tuh. Jujur ini hrs thank you jg ama BYD, kynya klo BYD gk diem2 masuk indo harganya calon masih di 500-550 juta :big_biglaugh:


Worry Free - Ultimate Warranty

Lebih Tenang dengan Garansi yang Panjang

A. 1000 first costumer (Khusus 1000 costumer pertama)
1. Lifetime warranty untuk battery dan motor listrik
2. 1 tahun asuransi

B. Berlaku untuk semua costumer
1. Free Kabel V2L (vehicle to load)
2. Free Wall charger 7 Kw*
3. Free Portable charger 2,2 Kw
4. 8 tahun/180.000 Km garansi baterai*
5. 6 tahun/160.000 Km garansi kendaraan keseluruhan*
6. 5 tahun / 75.000 Km Free servis and sparepart*

Syarat dan Ketentuan Garansi Baterai Seumur Hidup Terbatas (Battery Limited Lifetime Warranty)
1. Hanya berlaku untuk pemilik pertama
2. Penggunaan kendaraan normal, tidak melebihi 30.000 Km dalam setahun dan tidak berlaku untuk pemakaian rental, taksi, patroli, modifikasi,dll.
3. Perawatan dan perbaikan hanya di dealer Chery menggunakan suku cadang asli dan tidak terlambat atau terlewat
4. Syarat dan ketentuan lainnya yang diatur dalam garansi kendaraan
edit: https://drive.google.com/drive/folders/ ... sp=sharing
link brosur kalau ada yg mau