REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150 (750KM TOURING TEST)

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150 (750KM TOURING TEST)

Post by leogalih »

Review Honda ADV 150 yang menemani saya touring 750km dari JLS Malang Hingga Pacitan. Touring saya bagi menjadi 3 Hari, hari pertama Touring JLS Malang, hari kedua Touring JLS Blitar dan offroad, Hari ketida Touring JLS Tulungagung hingga Pacitan.

Motor ini sebenarnya adalah motor rental dari sebuah penyewaan motor di depan stasiun Malang. Awalnya mencari unit motor yang Touringable (Misalnya Xmax, biar tidak perlu adaptasi lagi sama motor yang di rumah). Tapi berhubung musim liburan tidak ada pilihan motor lagi kecuali ADV 150 ini.

Loh bagaimana ini? Motor sendiri Yamaha Xmax Connected belum di review malah mereview motor lain, motor rentalan pula? hehehe

Oke lanjut di pokok review. Dari rentalan lansung tancap gas menuju JLS Malang ke arah Blitar. Hari kedua langsung di ajak offroad di kawasan perhutani di Kab.Blitar sebelum akhirnya saya lanjut Ke JLS Blitar.
Perjalanan paling menguras tenaga yaitu mencoba JLS Tulungagung-Trenggalek hingga Pacitan (lewat Munjangan).
Dari perjalanan tersebut, impresi kekurangan dan kelebihan yang saya rasakan adalah.

KEKURANGAN:
1. Build Quality kurang oke, motor seharga 30 juta lebih tapi body plastiknya terasa sangat tipis, ditekan terasa mleot. Lalu bahan joknya kurang berkesan mewah, mudah mengkerut ketika buat duduk lama.
Sayang sih, harusnya bisa lebih dipehatikan Build Qualitynya, mengingat harganya yang tidak bisa dibilang murah.

2. Gredek masih terap terasa, terutama di rpm bawah. Ya mungkin karena unit rentalan ya jadi kurang memerhatikan perawatan.

3. Mesin underpowered. Buat touring ketemu jalan lurus panjang maintain speed 80-90kpj sudah membuat mesin meraung raung, bahkan getarannya terasa merambat sampe ke setang.

4. Ban bawaan semi adventure bukan untuk yang doyan rebah, terasa licin dan tidak pede cornering pake ban bawaan. Tapi ketika dibawa adventure trabasan, ban ini sangat membantu.

5. Posisi duduk yang canggung, posisi duduk lebih memang ke arah adventure dibandingkan touring. Untuk penggunaan touring di atas 100km baru terasa kurang nyaman, karena posisi kokpit yang sempit. Posisi handlebar cenderung mepet ke arah badan. Selain itu posisi kaki juga kurang fleksibel, jika ingin posisi kaki maju masih tetap terasa kurang relaks.

KELEBIHAN
1. Motor ini cukup ringan, nurut dan tidak butuh penyesuaian seperti Xmax saya. Hari pertama mencoba langsung terasa unsur fun to ridenya.

2. Rem standar pakem. Serius!! Sebagai pembanding rem Xmax saya buat late braking harus disertai dengan doa.

3. Kombinasi suspensi depan dan belakang Showa tabung ini sudah klop buat adventure. Walaupun shocknya ga bisa disetel bahkan untuk preloadnya. Tapi ketika dibawa masuk ke jalanan makadam atau jalanan tanah setup suspensi standar ini sangat membantu handling. Bantingan dan reboundnya terasa pas. Empuk buat adventure tapi tidak pernah terasa bottoming (as shock mentok)
HONDA ADV.jpg
KESIMPULAN
Motor ini keluar fun to ride-nya ketika dibawa ke tempat yang "seharusnya". Kondisi standar bawaan sudah cukup buat adventure. tidak perlu upgrade sektor akselerasi, apalagi kalau sampe upgrade ke ban aspal.
Kalau sampai kepingin banget upgrade mungkin kita yang salah pilih motor?

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150 (750KM TOURING TEST)

Post by ariswp »

ADV ini berarti masi pake mesin 150cc di vario 150 ya?
Saya kira udah pake mesin 160cc yg baru
Ya jelas aja underpowered sih dengan body segitu gede + ban rada gede + tipe semi gitu
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150 (750KM TOURING TEST)

Post by leogalih »

ariswp wrote: Mon May 15, 2023 15:15 ADV ini berarti masi pake mesin 150cc di vario 150 ya?
Saya kira udah pake mesin 160cc yg baru
Ya jelas aja underpowered sih dengan body segitu gede + ban rada gede + tipe semi gitu
betul om, berbagi mesin dengan vario 150 dan PCX 150.

ini model awal yang masih pake 150cc, yang facelift sudah pakai 160cc, tapi saya rasa tidak signifikan bedanya.

underpowered sih, tapi versatile
cocok memang buat unit rental di kawasan wisata buat user yang pengen blusukan tapi ga mau naik motor trail :big_smoking:
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150 (750KM TOURING TEST)

Post by alexdonovan »

Nice review Om. ADV ini salah satu yang saya incar kalau balik jakarta nanti. Unfortunately setelah nyoba duduk di ADV160 punya ipar, harus sadar diri... 167 cm ga confident naik ADV160

*beberapa tahun sebelumnya juga hampir ngejatuhin XMax :D
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150 (750KM TOURING TEST)

Post by black2345 »

Motor yg look-nya adventure sekali, yg sy cm demen lihatnya.. wkwkwk
Keren sih, tp somehow agak gimana gitu paksain mesin vario ke motor dgn body segede itu..

Btw 750km dalam 3 hari? Sehari riding 200-an km berarti ya om
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150 (750KM TOURING TEST)

Post by zonepublic »

leogalih wrote: Mon May 15, 2023 15:00 Review Honda ADV 150 yang menemani saya touring 750km dari JLS Malang Hingga Pacitan. Touring saya bagi menjadi 3 Hari, hari pertama Touring JLS Malang, hari kedua Touring JLS Blitar dan offroad, Hari ketida Touring JLS Tulungagung hingga Pacitan.

Motor ini sebenarnya adalah motor rental dari sebuah penyewaan motor di depan stasiun Malang. Awalnya mencari unit motor yang Touringable (Misalnya Xmax, biar tidak perlu adaptasi lagi sama motor yang di rumah). Tapi berhubung musim liburan tidak ada pilihan motor lagi kecuali ADV 150 ini.

Loh bagaimana ini? Motor sendiri Yamaha Xmax Connected belum di review malah mereview motor lain, motor rentalan pula? hehehe

Oke lanjut di pokok review. Dari rentalan lansung tancap gas menuju JLS Malang ke arah Blitar. Hari kedua langsung di ajak offroad di kawasan perhutani di Kab.Blitar sebelum akhirnya saya lanjut Ke JLS Blitar.
Perjalanan paling menguras tenaga yaitu mencoba JLS Tulungagung-Trenggalek hingga Pacitan (lewat Munjangan).
Dari perjalanan tersebut, impresi kekurangan dan kelebihan yang saya rasakan adalah.

KEKURANGAN:
1. Build Quality kurang oke, motor seharga 30 juta lebih tapi body plastiknya terasa sangat tipis, ditekan terasa mleot. Lalu bahan joknya kurang berkesan mewah, mudah mengkerut ketika buat duduk lama.
Sayang sih, harusnya bisa lebih dipehatikan Build Qualitynya, mengingat harganya yang tidak bisa dibilang murah.

2. Gredek masih terap terasa, terutama di rpm bawah. Ya mungkin karena unit rentalan ya jadi kurang memerhatikan perawatan.

3. Mesin underpowered. Buat touring ketemu jalan lurus panjang maintain speed 80-90kpj sudah membuat mesin meraung raung, bahkan getarannya terasa merambat sampe ke setang.

4. Ban bawaan semi adventure bukan untuk yang doyan rebah, terasa licin dan tidak pede cornering pake ban bawaan. Tapi ketika dibawa adventure trabasan, ban ini sangat membantu.

5. Posisi duduk yang canggung, posisi duduk lebih memang ke arah adventure dibandingkan touring. Untuk penggunaan touring di atas 100km baru terasa kurang nyaman, karena posisi kokpit yang sempit. Posisi handlebar cenderung mepet ke arah badan. Selain itu posisi kaki juga kurang fleksibel, jika ingin posisi kaki maju masih tetap terasa kurang relaks.

KELEBIHAN
1. Motor ini cukup ringan, nurut dan tidak butuh penyesuaian seperti Xmax saya. Hari pertama mencoba langsung terasa unsur fun to ridenya.

2. Rem standar pakem. Serius!! Sebagai pembanding rem Xmax saya buat late braking harus disertai dengan doa.

3. Kombinasi suspensi depan dan belakang Showa tabung ini sudah klop buat adventure. Walaupun shocknya ga bisa disetel bahkan untuk preloadnya. Tapi ketika dibawa masuk ke jalanan makadam atau jalanan tanah setup suspensi standar ini sangat membantu handling. Bantingan dan reboundnya terasa pas. Empuk buat adventure tapi tidak pernah terasa bottoming (as shock mentok)

HONDA ADV.jpg

KESIMPULAN
Motor ini keluar fun to ride-nya ketika dibawa ke tempat yang "seharusnya". Kondisi standar bawaan sudah cukup buat adventure. tidak perlu upgrade sektor akselerasi, apalagi kalau sampe upgrade ke ban aspal.
Kalau sampai kepingin banget upgrade mungkin kita yang salah pilih motor?

Saya user adv 150
Dari kekurangan
No 1 bener,begitulah built quality honda sekarang,tapi adv 150 masih jauh lbh mending built qualitynya daripada adv 160/vario 160 parah banget itu makin baru
2 adv saya tidak ada gredeg,tp ya memang saya rutin servis sih,tiap 6ribu km pasti servis cvt malah jarang servis mesin krn selama oli bagus mesin ga masalah
3 betul tarikannya juga berat,itu karena adv 150 dikasih roller terberat dari seluruh motor matik di indonesia (20gram sebiji )
Makannya banyak yg modif kirian
4 betul ,solusinya ganti ban michelin city grip,jauh lebih mending daripada bawaan
Dari kelebihan
Untuk rem sebenernya remnya ga pakem2 amad lho meskipun dual disc,untung ketolong yg pake abs
Shocknya tergolong masih keras,belum termasuk empuk
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150 (750KM TOURING TEST)

Post by leogalih »

black2345 wrote: Mon Jun 05, 2023 2:49 Motor yg look-nya adventure sekali, yg sy cm demen lihatnya.. wkwkwk
Keren sih, tp somehow agak gimana gitu paksain mesin vario ke motor dgn body segede itu..

Btw 750km dalam 3 hari? Sehari riding 200-an km berarti ya om
makanya jadinya underpowered om, heheheh
betul om kurang lebih segitu...

kemarin saya baru aja Toring pake Xmax 820km (Bogor Blitar via Jogja Pacitan) dalam 2 hari 1 malam...
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150 (750KM TOURING TEST)

Post by leogalih »

zonepublic wrote: Mon Jun 05, 2023 4:46
leogalih wrote: Mon May 15, 2023 15:00 Review Honda ADV 150 yang menemani saya touring 750km dari JLS Malang Hingga Pacitan. Touring saya bagi menjadi 3 Hari, hari pertama Touring JLS Malang, hari kedua Touring JLS Blitar dan offroad, Hari ketida Touring JLS Tulungagung hingga Pacitan.

Motor ini sebenarnya adalah motor rental dari sebuah penyewaan motor di depan stasiun Malang. Awalnya mencari unit motor yang Touringable (Misalnya Xmax, biar tidak perlu adaptasi lagi sama motor yang di rumah). Tapi berhubung musim liburan tidak ada pilihan motor lagi kecuali ADV 150 ini.

Loh bagaimana ini? Motor sendiri Yamaha Xmax Connected belum di review malah mereview motor lain, motor rentalan pula? hehehe

Oke lanjut di pokok review. Dari rentalan lansung tancap gas menuju JLS Malang ke arah Blitar. Hari kedua langsung di ajak offroad di kawasan perhutani di Kab.Blitar sebelum akhirnya saya lanjut Ke JLS Blitar.
Perjalanan paling menguras tenaga yaitu mencoba JLS Tulungagung-Trenggalek hingga Pacitan (lewat Munjangan).
Dari perjalanan tersebut, impresi kekurangan dan kelebihan yang saya rasakan adalah.

KEKURANGAN:
1. Build Quality kurang oke, motor seharga 30 juta lebih tapi body plastiknya terasa sangat tipis, ditekan terasa mleot. Lalu bahan joknya kurang berkesan mewah, mudah mengkerut ketika buat duduk lama.
Sayang sih, harusnya bisa lebih dipehatikan Build Qualitynya, mengingat harganya yang tidak bisa dibilang murah.

2. Gredek masih terap terasa, terutama di rpm bawah. Ya mungkin karena unit rentalan ya jadi kurang memerhatikan perawatan.

3. Mesin underpowered. Buat touring ketemu jalan lurus panjang maintain speed 80-90kpj sudah membuat mesin meraung raung, bahkan getarannya terasa merambat sampe ke setang.

4. Ban bawaan semi adventure bukan untuk yang doyan rebah, terasa licin dan tidak pede cornering pake ban bawaan. Tapi ketika dibawa adventure trabasan, ban ini sangat membantu.

5. Posisi duduk yang canggung, posisi duduk lebih memang ke arah adventure dibandingkan touring. Untuk penggunaan touring di atas 100km baru terasa kurang nyaman, karena posisi kokpit yang sempit. Posisi handlebar cenderung mepet ke arah badan. Selain itu posisi kaki juga kurang fleksibel, jika ingin posisi kaki maju masih tetap terasa kurang relaks.

KELEBIHAN
1. Motor ini cukup ringan, nurut dan tidak butuh penyesuaian seperti Xmax saya. Hari pertama mencoba langsung terasa unsur fun to ridenya.

2. Rem standar pakem. Serius!! Sebagai pembanding rem Xmax saya buat late braking harus disertai dengan doa.

3. Kombinasi suspensi depan dan belakang Showa tabung ini sudah klop buat adventure. Walaupun shocknya ga bisa disetel bahkan untuk preloadnya. Tapi ketika dibawa masuk ke jalanan makadam atau jalanan tanah setup suspensi standar ini sangat membantu handling. Bantingan dan reboundnya terasa pas. Empuk buat adventure tapi tidak pernah terasa bottoming (as shock mentok)

HONDA ADV.jpg

KESIMPULAN
Motor ini keluar fun to ride-nya ketika dibawa ke tempat yang "seharusnya". Kondisi standar bawaan sudah cukup buat adventure. tidak perlu upgrade sektor akselerasi, apalagi kalau sampe upgrade ke ban aspal.
Kalau sampai kepingin banget upgrade mungkin kita yang salah pilih motor?

Saya user adv 150
Dari kekurangan
No 1 bener,begitulah built quality honda sekarang,tapi adv 150 masih jauh lbh mending built qualitynya daripada adv 160/vario 160 parah banget itu makin baru
2 adv saya tidak ada gredeg,tp ya memang saya rutin servis sih,tiap 6ribu km pasti servis cvt malah jarang servis mesin krn selama oli bagus mesin ga masalah
3 betul tarikannya juga berat,itu karena adv 150 dikasih roller terberat dari seluruh motor matik di indonesia (20gram sebiji )
Makannya banyak yg modif kirian
4 betul ,solusinya ganti ban michelin city grip,jauh lebih mending daripada bawaan
Dari kelebihan
Untuk rem sebenernya remnya ga pakem2 amad lho meskipun dual disc,untung ketolong yg pake abs
Shocknya tergolong masih keras,belum termasuk empuk
walah Adv160 yang harganya mendekati Xmax second malah build qualitynya lebih parah? :off_no:
di forum FB user motor Honda itu galak galak loh :big_biglaugh:
bahas minus dikit langsung kena filter adminnya atau dikomen bully
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150 (750KM TOURING TEST)

Post by zonepublic »

leogalih wrote: Thu Jun 29, 2023 14:32
zonepublic wrote: Mon Jun 05, 2023 4:46
leogalih wrote: Mon May 15, 2023 15:00 Review Honda ADV 150 yang menemani saya touring 750km dari JLS Malang Hingga Pacitan. Touring saya bagi menjadi 3 Hari, hari pertama Touring JLS Malang, hari kedua Touring JLS Blitar dan offroad, Hari ketida Touring JLS Tulungagung hingga Pacitan.

Motor ini sebenarnya adalah motor rental dari sebuah penyewaan motor di depan stasiun Malang. Awalnya mencari unit motor yang Touringable (Misalnya Xmax, biar tidak perlu adaptasi lagi sama motor yang di rumah). Tapi berhubung musim liburan tidak ada pilihan motor lagi kecuali ADV 150 ini.

Loh bagaimana ini? Motor sendiri Yamaha Xmax Connected belum di review malah mereview motor lain, motor rentalan pula? hehehe

Oke lanjut di pokok review. Dari rentalan lansung tancap gas menuju JLS Malang ke arah Blitar. Hari kedua langsung di ajak offroad di kawasan perhutani di Kab.Blitar sebelum akhirnya saya lanjut Ke JLS Blitar.
Perjalanan paling menguras tenaga yaitu mencoba JLS Tulungagung-Trenggalek hingga Pacitan (lewat Munjangan).
Dari perjalanan tersebut, impresi kekurangan dan kelebihan yang saya rasakan adalah.

KEKURANGAN:
1. Build Quality kurang oke, motor seharga 30 juta lebih tapi body plastiknya terasa sangat tipis, ditekan terasa mleot. Lalu bahan joknya kurang berkesan mewah, mudah mengkerut ketika buat duduk lama.
Sayang sih, harusnya bisa lebih dipehatikan Build Qualitynya, mengingat harganya yang tidak bisa dibilang murah.

2. Gredek masih terap terasa, terutama di rpm bawah. Ya mungkin karena unit rentalan ya jadi kurang memerhatikan perawatan.

3. Mesin underpowered. Buat touring ketemu jalan lurus panjang maintain speed 80-90kpj sudah membuat mesin meraung raung, bahkan getarannya terasa merambat sampe ke setang.

4. Ban bawaan semi adventure bukan untuk yang doyan rebah, terasa licin dan tidak pede cornering pake ban bawaan. Tapi ketika dibawa adventure trabasan, ban ini sangat membantu.

5. Posisi duduk yang canggung, posisi duduk lebih memang ke arah adventure dibandingkan touring. Untuk penggunaan touring di atas 100km baru terasa kurang nyaman, karena posisi kokpit yang sempit. Posisi handlebar cenderung mepet ke arah badan. Selain itu posisi kaki juga kurang fleksibel, jika ingin posisi kaki maju masih tetap terasa kurang relaks.

KELEBIHAN
1. Motor ini cukup ringan, nurut dan tidak butuh penyesuaian seperti Xmax saya. Hari pertama mencoba langsung terasa unsur fun to ridenya.

2. Rem standar pakem. Serius!! Sebagai pembanding rem Xmax saya buat late braking harus disertai dengan doa.

3. Kombinasi suspensi depan dan belakang Showa tabung ini sudah klop buat adventure. Walaupun shocknya ga bisa disetel bahkan untuk preloadnya. Tapi ketika dibawa masuk ke jalanan makadam atau jalanan tanah setup suspensi standar ini sangat membantu handling. Bantingan dan reboundnya terasa pas. Empuk buat adventure tapi tidak pernah terasa bottoming (as shock mentok)

HONDA ADV.jpg

KESIMPULAN
Motor ini keluar fun to ride-nya ketika dibawa ke tempat yang "seharusnya". Kondisi standar bawaan sudah cukup buat adventure. tidak perlu upgrade sektor akselerasi, apalagi kalau sampe upgrade ke ban aspal.
Kalau sampai kepingin banget upgrade mungkin kita yang salah pilih motor?

Saya user adv 150
Dari kekurangan
No 1 bener,begitulah built quality honda sekarang,tapi adv 150 masih jauh lbh mending built qualitynya daripada adv 160/vario 160 parah banget itu makin baru
2 adv saya tidak ada gredeg,tp ya memang saya rutin servis sih,tiap 6ribu km pasti servis cvt malah jarang servis mesin krn selama oli bagus mesin ga masalah
3 betul tarikannya juga berat,itu karena adv 150 dikasih roller terberat dari seluruh motor matik di indonesia (20gram sebiji )
Makannya banyak yg modif kirian
4 betul ,solusinya ganti ban michelin city grip,jauh lebih mending daripada bawaan
Dari kelebihan
Untuk rem sebenernya remnya ga pakem2 amad lho meskipun dual disc,untung ketolong yg pake abs
Shocknya tergolong masih keras,belum termasuk empuk
walah Adv160 yang harganya mendekati Xmax second malah build qualitynya lebih parah? :off_no:
di forum FB user motor Honda itu galak galak loh :big_biglaugh:
bahas minus dikit langsung kena filter adminnya atau dikomen bully
Ya begitulah,sekarang malah lg ngetren minta ganti shock di adv 160 krn udah karatan pdhl belum setahun
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: REVIEW KEKURANGAN DAN KELEBIHAN HONDA ADV 150 (750KM TOURING TEST)

Post by leogalih »

Dengan harga hampir mendekati 40an, sebenernya saya malah lebih nyaranin sekalian beli Xmax second aja.

Udah pasti dapat banyak kelebihannya
kecuali kalah tahun aja