Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 693
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by hackers11 »

R32GTR wrote:
hackers11 wrote:Nmax selama pake 5 tahunan ga didesain bwt jalan jelek sih. Idealnya bwt dalkot cruising.
Selama naik gojek Honda memang LBH ramah suspensinya.
Tp bener, agak rawan yg desain sekarang semuanya.

Kalo jalan jelek sih idealnya yg ringan aja motornya, kelas beat, Mio dll.

Nmax itu keliatan kecil tp 130an kg beratnya. Xmax berat di 180an
Beat dan mio akan kurang kuat untuk di tanjakan om, ini jalan jelek plus tanjakan panjang. Maksudnya Nmax ga di desain untuk jalan jelek lebih ke keras atau kaki cepet rusak? Kl mesin sy percaya kuat sih krn sempet punya aerox 155.
Kalo saya lebih ke kenyamanannya.
Yg kalah di jalan rusak bisa diganti kalo bermasalah(shock, bearing dll).

Tp kalo pantat beuh, kasian om
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

hotoriii wrote:ambil saja apapun yg om suka hehe, matic apapun yg penting kalau lewat jalan rusak jangan terlalu ngebut & in case ada lubang besar yg gak bisa dihindari jangan rem mendadak (impactnya ke badan & motor malah lebih parah kalau rem mendadak), selama cara ridingnya diperhatikan sy kira aman2 saja kok untuk long term

sy experience sehari2 pakai scoopy, medan campuran 1/3 aspal rusak, 1/3 makadam rusak, 1/3 aspal halus, medan mostly tanjakan, usia motor ~4 tahun dengan odo ~50k km, pemakaian mirip2 om campuran sendiri / kadang bonceng / yg agak abusive kalau pas bonceng ditambah sekalian bawa barang belanjaan sekitar 20 - 30 kg di dek
kemarin2 memang ganti shock tp saya ganti bukan karena rusak tp karena info mekanik langganan bagusnya diganti karena sudah usia
Terima kasih infonya om, iya kepengen sih yg sesuai selera cuma kasian motornya kl memang ternyata kurang tahan banting. Bagusnya memang motor trail ya om tapi apa daya belum lancar motor kopling, kenyamanan boncengers kurang dan tidak ada bagasi.
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

zonepublic wrote:
R32GTR wrote: Sun Nov 19, 2023 3:17
zonepublic wrote: Kalo dr pilihan motor matik diatas soal kaki ya tgl ganti shockbreker klo rusak
Screenshot_2023-11-15-23-45-16-055_org.mozilla.firefox.jpg
Adv 150 lebih tinggi 40mm drpd nmex
Screenshot_2023-11-15-23-45-02-915_org.mozilla.firefox.jpg
Takutnya lebih dari sekadar ganti shock om, kl dari pendapat om sepertinya lebih kr adv150 ya?
Ya klo bisa dpt unit adv 150 2nd bagus,yg pasti jangan mesin 160cc honda lah,salah desain itu
Ntar klo ambil adv 150 roller sama per centrinya diganti yg 14-18 gram punya vario 125/150 aja,biar buat tanjakan kuat,krn roller bawaan beratnya 20gram buat ngejar top speed tp berat di tarikan awal
Terima kasih sarannya om, dipertimbangkan.
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

vincewonk wrote:
R32GTR wrote: Sun Nov 19, 2023 1:14
vincewonk wrote: Saya punya kymco like noodoe. Jujur travel suspensinya sih pendek bgt pak. Ini jd masalah di jalan bumpy. Motornya luar biasa enak. Dan belum lagi sparepartnya yg agak susah. Kalau udah biasa sih, ga masalah. Saya udah maklum aj.

Yg jd issue motor matic ini travel suspensinya pendek2, ini dia yg bikin motornya ga enak di jalan rusak. Kalau mentok sih pinggang kita jd sokbrekernya. Disini enaknya adv, travelnya panjang.
Kymco tahun muda masih susah juga ya spareparts nya?
jujur kalo kymco ga bs expect kita spt punya honda yamaha, bahkan suzuki pun masih jauh lebih gampang drpd kymco.
suzuki ini bs pesan lsg dr indomobil, jd masih ketolong. yamaha honda bs cari di kebon jeruk.

kymco jujur saya stok sendiri fast movingnya. seburuk itu? ya begitulah. kalau kayak lampu body part? ya tutup mata aj, saya py agility EV lampu pecah sampai skrg nyari ga dapet2. kacau banget. saya handcarry dr luar negeri pas dinas akhirnya. belom lagi sakit hati di sundul emak2 lampu saya pecah dan bilangnya mocin mah murah, sini saya gantiin. ketika saya kasi liat harga satu set lampunya di tokopedia, komentarnya saya orang susah ga ada duit segitu. kalau gtu jgn main WA trus saya lagi berhenti lampu merah anda sundul.
Sayang banget ya om kl sparepartsnya susah, saya tau Kymco itu motor bagus. Saya sempet pelihara SYM GTS 250i, enak banget itu motor. Kymco pun pasti mirip2. Tadinya sempet kepikiran KXCT bekas tapi harus mundur kayaknya setelah tau dari om sparepartsnya susah.
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

Ryan Steele wrote:
R32GTR wrote: Wed Nov 15, 2023 12:51 Halo om,

sesuai judul saya sedang mencari motor matic yang kaki-kakinya paling kuat untuk dibawa melewati jalan aspal yg rusak (bukan offroad tp aspal rusak aja) dan banyak tanjakan, 125cc - 150cc. Bobot pengendara 80kg dan sekitar 150kg kl boncengan.

Mungkin akan banyak yg menyarankan ADV tapi saya blm tau jg walaupun temanya adventure tp apakah kaki2nya kuat?

Kandidat saya :
Freego 125 terbaru
ADV 160
PCX 160
NMAX terbaru
Aerox terbaru (ini agak skeptis krn jok penumpang belakang agak tipis)
Kymco Like

Sebelumnya sy pernah pake Aerox dan ADV tapi belum pernah pake jangka panjang di jalan jelek. Tenaga sy lebih cocok dengan Aerox, tapi kenyamanan suspensi ADV lebib empuk.

Terima kasih sebelumnya.
Banyak aspal rusak, saya saran bebek aja. Ground clearance lebih tinggi. Diameter velg juga lebih besar, imho lebih aman lindas lubang. Tanjakan & turunan gak masalah, terutama di turunan bisa pakai engine brake. Saya ketemu tutup drainase dari beton yang pecah, sebelum persimpangan dengan traffic light, saya lewatin aja lubangnya, gak nyangkut. Kalau pakai matic, saya lewat sampingnya, gak berani lindas [emoji28]

Saya ada 3 motor di garasi. New jupiter mx karbu non kopling, revo 110 (punya mertua), sama nmax new
Klo urusan ketemu jalan gak bagus, saya ngandelin mx. Ground clearance lebih tinggi. Kekurangannya: storage. Bagasi cuma muat kunci² doank. Jadi saya pasang box, awalnya ukuran 29 liter, untuk barang².

Hitung²an, lebih murah biaya ada 2 motor, 1 untuk wara-wiri rumah - stasiun, 1 untuk wara-wiri stasiun - kantor, revo mertua, yang dipakai setahun sekalipun belum tentu, saya bawa ke kantor, kemudian beli yang 39 liter untuk dipasang di revo.

Tapi ketika pandemi, saya akhirnya 'touring' ke kantor. Revo dibawa pulang, saya pakai mx terus. Box 39 nempel di mx, box 29 di revo. Tapi setelah ada nmax, ini yang lebih sering dipakai bwt 'touring' ke kantor. Tapi musim hujan begini prefer bawa mx, lebih handal lewat banjir dibanding motor matic. Dan nmax tetap pakai box meskipun bagasi muat helm.

Box 39 liter saya pasang ke motor yang saya pakai untuk 'touring', yang 29 ke motor yang lain. Klo ngantornya keretaan, biasanya pakai mx, ya box yang lagi terpasang gak masalah. Revo udah gak pakai box, tapi bracket masih terpasang. Behelnya lupa simpan di mana
Jupiter MX 150cc om? Saya kurang hafal soal motor bebek. Suspensinya lebih empuk mana dibandingkan dengan New Nmax? Krn sy jalurnya asli bikin sakit pinggang kl motor suspensinya keras.
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

hackers11 wrote:
R32GTR wrote:
hackers11 wrote:Nmax selama pake 5 tahunan ga didesain bwt jalan jelek sih. Idealnya bwt dalkot cruising.
Selama naik gojek Honda memang LBH ramah suspensinya.
Tp bener, agak rawan yg desain sekarang semuanya.

Kalo jalan jelek sih idealnya yg ringan aja motornya, kelas beat, Mio dll.

Nmax itu keliatan kecil tp 130an kg beratnya. Xmax berat di 180an
Beat dan mio akan kurang kuat untuk di tanjakan om, ini jalan jelek plus tanjakan panjang. Maksudnya Nmax ga di desain untuk jalan jelek lebih ke keras atau kaki cepet rusak? Kl mesin sy percaya kuat sih krn sempet punya aerox 155.
Kalo saya lebih ke kenyamanannya.
Yg kalah di jalan rusak bisa diganti kalo bermasalah(shock, bearing dll).

Tp kalo pantat beuh, kasian om
Siap om terima kasih untuk sarannya.
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Ibet »

Saya mau nyoba saranin Vespa modern yg second hand unit om,
saya pakai Vespa Sprint i-Get dari 2016, sampai sekarang ..

Unitnya sendiri sih ga nyusahin, penyakitnya ya cuman gredek dari housing clutch aja yg biasanya kalah duluan ..
Spareparts nya sendiri sekarang juga udah banyak, yg orisinil Vespa memang mahal, tapi ada Danmotor yg jauh lebih murah.

Ini travel suspensi belakang panjang, depan juga sama, depannya udah menganut coilover jg sama kaya belakang.
tapi velg kecil di 12", cuman bannya lebar.

Cobain aja om, cuman emang pasaran sekennya masih tinggi.

====
Misal harus baru,

dari list yg ada, menurut saya daripada FreeGo 125 (basic Mio series) apakah ga lebih baik Lexi aja om?
velg sama 14", tapi ada swing arm belakang, FreeGo setau saya belum ada tambahan swing arm di sisi knalpot nya.

Ini juga lumayan empuk setau saya .. mesin 125cc nya juga mantap buat naik gunung, power / torque figure nya mirip Vespa saya di 150cc haha.
Beberapa temen bahkan dengan mudahnya upgrade power pake piston / block set dari kakaknya Aerox, tangki nya juga ada versi nya yg 6 liter.

Not bad ini, dari FreeGo 125 juga nambahnya ga banyak.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by vincewonk »

R32GTR wrote: Mon Nov 20, 2023 0:57
vincewonk wrote:
R32GTR wrote: Sun Nov 19, 2023 1:14 Kymco tahun muda masih susah juga ya spareparts nya?
jujur kalo kymco ga bs expect kita spt punya honda yamaha, bahkan suzuki pun masih jauh lebih gampang drpd kymco.
suzuki ini bs pesan lsg dr indomobil, jd masih ketolong. yamaha honda bs cari di kebon jeruk.

kymco jujur saya stok sendiri fast movingnya. seburuk itu? ya begitulah. kalau kayak lampu body part? ya tutup mata aj, saya py agility EV lampu pecah sampai skrg nyari ga dapet2. kacau banget. saya handcarry dr luar negeri pas dinas akhirnya. belom lagi sakit hati di sundul emak2 lampu saya pecah dan bilangnya mocin mah murah, sini saya gantiin. ketika saya kasi liat harga satu set lampunya di tokopedia, komentarnya saya orang susah ga ada duit segitu. kalau gtu jgn main WA trus saya lagi berhenti lampu merah anda sundul.
Sayang banget ya om kl sparepartsnya susah, saya tau Kymco itu motor bagus. Saya sempet pelihara SYM GTS 250i, enak banget itu motor. Kymco pun pasti mirip2. Tadinya sempet kepikiran KXCT bekas tapi harus mundur kayaknya setelah tau dari om sparepartsnya susah.
Kayaknya kalo udah pernah piara sym 250, mirip2 deh. Go ahead aj om.
Saya masi ada joyride 200, tp baru jalan 3000km wkwkwk. Kymco lebih sporty feelnya om, mirip yamaha dia. Mesinnya lebih happy buat digas. Setup suspensinya jg kaku. Sym lebih comfy.
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by fl4b1e »

kalau mau yg menurut saya hindari matic 125 Cc deh Om.

malah sebenernya saya mau sarannya TVS Ronin 225 Cc. motor laki, bensin bisa 14 liter, konsumsi bbm kalau mnrt otomotifntv sih di 1:40, cuma kalau mnrt saya sih mungkin di 1:38 yaa.. harganya masuk akal soalnya di 37-38?juta..

motornya nyaman krn posisi berkendaranya serta jok cukup lebar tuk boncengan.
kalau mnrt saya sih, kalau motor India biasanya keuji dalam hal panas serta macet yaa.. asalkan di kota TS sda dealer TVzs ada dealer TVS, harusnya bisa dicoba tuh...
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by satriakarisma »

R32GTR wrote: Sun Nov 19, 2023 3:22
satriakarisma wrote:bebek aja om kl kopling belum lancar.

hehehe.
enak tinggal naik turunin gigi.
tanjakan turunan sih anteng ya, turunan apalagi ada engine break.
Bagasinya om ga ada, kl beli box duit lagi. Btw bebek 150cc rekomendasi apa?
suprax 125 itu bagasinya lumayan ada lah.
kalau bebek 150 cc sih udah pasti gk ada bagasinya om, pakai kopling pula.
supra gtr, sonic 150, satria FU, mx king
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Dogies »

fl4b1e wrote: Mon Nov 20, 2023 6:26 kalau mau yg menurut saya hindari matic 125 Cc deh Om.

malah sebenernya saya mau sarannya TVS Ronin 225 Cc. motor laki, bensin bisa 14 liter, konsumsi bbm kalau mnrt otomotifntv sih di 1:40, cuma kalau mnrt saya sih mungkin di 1:38 yaa.. harganya masuk akal soalnya di 37-38?juta..

motornya nyaman krn posisi berkendaranya serta jok cukup lebar tuk boncengan.
kalau mnrt saya sih, kalau motor India biasanya keuji dalam hal panas serta macet yaa.. asalkan di kota TS sda dealer TVzs ada dealer TVS, harusnya bisa dicoba tuh...
Namanye ngeri tuh TVS :-)
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Ryan Steele »

R32GTR wrote: Mon Nov 20, 2023 1:00
Jupiter MX 150cc om? Saya kurang hafal soal motor bebek. Suspensinya lebih empuk mana dibandingkan dengan New Nmax? Krn sy jalurnya asli bikin sakit pinggang kl motor suspensinya keras.
Punya saya yang 135 cc, om. Suspensi udah saya ganti pake kayaba zeto, dibikin lebih keras dari standarnya. Tapi tetap kalah keras sama nmax klo sendirian. 😁

Motor bebek 150cc koplingan semua.
Bebek gak koplingan baru cuma sisa honda (supra125, revo), yamaha (jupiter z1, vega), sym sport

Honda & yamaha masih ada bagasi, walaupun mini. Paling bwt jas hujan sama tool kit standar udah penuh.
Beli bracket & box gak sampe sejuta kok, tergantung kapasitas box ya
no signature
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Ryan Steele »

Ibet wrote: Mon Nov 20, 2023 1:33 Saya mau nyoba saranin Vespa modern yg second hand unit om,
saya pakai Vespa Sprint i-Get dari 2016, sampai sekarang ..

Unitnya sendiri sih ga nyusahin, penyakitnya ya cuman gredek dari housing clutch aja yg biasanya kalah duluan ..
Spareparts nya sendiri sekarang juga udah banyak, yg orisinil Vespa memang mahal, tapi ada Danmotor yg jauh lebih murah.

Ini travel suspensi belakang panjang, depan juga sama, depannya udah menganut coilover jg sama kaya belakang.
tapi velg kecil di 12", cuman bannya lebar.

Cobain aja om, cuman emang pasaran sekennya masih tinggi.

====
Misal harus baru,

dari list yg ada, menurut saya daripada FreeGo 125 (basic Mio series) apakah ga lebih baik Lexi aja om?
velg sama 14", tapi ada swing arm belakang, FreeGo setau saya belum ada tambahan swing arm di sisi knalpot nya.

Ini juga lumayan empuk setau saya .. mesin 125cc nya juga mantap buat naik gunung, power / torque figure nya mirip Vespa saya di 150cc haha.
Beberapa temen bahkan dengan mudahnya upgrade power pake piston / block set dari kakaknya Aerox, tangki nya juga ada versi nya yg 6 liter.

Not bad ini, dari FreeGo 125 juga nambahnya ga banyak.
Freego velg 12, om. Bukan 14
Dan ada yang jual modifan lexi jadi double shock
no signature
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by daimler »

Ryan Steele wrote: Sun Nov 19, 2023 16:44 Banyak aspal rusak, saya saran bebek aja. Ground clearance lebih tinggi. Diameter velg juga lebih besar, imho lebih aman lindas lubang. Tanjakan & turunan gak masalah, terutama di turunan bisa pakai engine brake. Saya ketemu tutup drainase dari beton yang pecah, sebelum persimpangan dengan traffic light, saya lewatin aja lubangnya, gak nyangkut. Kalau pakai matic, saya lewat sampingnya, gak berani lindas 😅

Saya ada 3 motor di garasi. New jupiter mx karbu non kopling, revo 110 (punya mertua), sama nmax new
Klo urusan ketemu jalan gak bagus, saya ngandelin mx. Ground clearance lebih tinggi. Kekurangannya: storage. Bagasi cuma muat kunci² doank. Jadi saya pasang box, awalnya ukuran 29 liter, untuk barang².

Hitung²an, lebih murah biaya ada 2 motor, 1 untuk wara-wiri rumah - stasiun, 1 untuk wara-wiri stasiun - kantor, revo mertua, yang dipakai setahun sekalipun belum tentu, saya bawa ke kantor, kemudian beli yang 39 liter untuk dipasang di revo.

Tapi ketika pandemi, saya akhirnya 'touring' ke kantor. Revo dibawa pulang, saya pakai mx terus. Box 39 nempel di mx, box 29 di revo. Tapi setelah ada nmax, ini yang lebih sering dipakai bwt 'touring' ke kantor. Tapi musim hujan begini prefer bawa mx, lebih handal lewat banjir dibanding motor matic. Dan nmax tetap pakai box meskipun bagasi muat helm.

Box 39 liter saya pasang ke motor yang saya pakai untuk 'touring', yang 29 ke motor yang lain. Klo ngantornya keretaan, biasanya pakai mx, ya box yang lagi terpasang gak masalah. Revo udah gak pakai box, tapi bracket masih terpasang. Behelnya lupa simpan di mana
ikut nimbrung gan, sekarang jg 'touring' ke kantor jarak tempuh +30km arah pabrik jadi tau yah jalannya muluuss bgt. kadang2 badan pegel2 perjalanan kurleb 1jam, pakai bebek supra x125. ada saran biar jok lebih empuk atau ganti motor yg friendy buat 'touring' ke kantor trs kalo weekend masih bisa buat grocery shopping gan?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Ryan Steele »

daimler wrote: Mon Dec 11, 2023 8:29
Ryan Steele wrote: Sun Nov 19, 2023 16:44 Banyak aspal rusak, saya saran bebek aja. Ground clearance lebih tinggi. Diameter velg juga lebih besar, imho lebih aman lindas lubang. Tanjakan & turunan gak masalah, terutama di turunan bisa pakai engine brake. Saya ketemu tutup drainase dari beton yang pecah, sebelum persimpangan dengan traffic light, saya lewatin aja lubangnya, gak nyangkut. Kalau pakai matic, saya lewat sampingnya, gak berani lindas 😅

Saya ada 3 motor di garasi. New jupiter mx karbu non kopling, revo 110 (punya mertua), sama nmax new
Klo urusan ketemu jalan gak bagus, saya ngandelin mx. Ground clearance lebih tinggi. Kekurangannya: storage. Bagasi cuma muat kunci² doank. Jadi saya pasang box, awalnya ukuran 29 liter, untuk barang².

Hitung²an, lebih murah biaya ada 2 motor, 1 untuk wara-wiri rumah - stasiun, 1 untuk wara-wiri stasiun - kantor, revo mertua, yang dipakai setahun sekalipun belum tentu, saya bawa ke kantor, kemudian beli yang 39 liter untuk dipasang di revo.

Tapi ketika pandemi, saya akhirnya 'touring' ke kantor. Revo dibawa pulang, saya pakai mx terus. Box 39 nempel di mx, box 29 di revo. Tapi setelah ada nmax, ini yang lebih sering dipakai bwt 'touring' ke kantor. Tapi musim hujan begini prefer bawa mx, lebih handal lewat banjir dibanding motor matic. Dan nmax tetap pakai box meskipun bagasi muat helm.

Box 39 liter saya pasang ke motor yang saya pakai untuk 'touring', yang 29 ke motor yang lain. Klo ngantornya keretaan, biasanya pakai mx, ya box yang lagi terpasang gak masalah. Revo udah gak pakai box, tapi bracket masih terpasang. Behelnya lupa simpan di mana
ikut nimbrung gan, sekarang jg 'touring' ke kantor jarak tempuh +30km arah pabrik jadi tau yah jalannya muluuss bgt. kadang2 badan pegel2 perjalanan kurleb 1jam, pakai bebek supra x125. ada saran biar jok lebih empuk atau ganti motor yg friendy buat 'touring' ke kantor trs kalo weekend masih bisa buat grocery shopping gan?
Kalau cari jok lebih empuk, Yamaha. Bwt saya, klo Honda sih kerasa keras pas didudukin, walaupun klo ditekan jari empuk.
Saran saya:
1. Pasang gel pad di jok
2. Ganti shock aftermarket yang punya setelan preload
no signature
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Mon Dec 11, 2023 8:29
Ryan Steele wrote: Sun Nov 19, 2023 16:44 Banyak aspal rusak, saya saran bebek aja. Ground clearance lebih tinggi. Diameter velg juga lebih besar, imho lebih aman lindas lubang. Tanjakan & turunan gak masalah, terutama di turunan bisa pakai engine brake. Saya ketemu tutup drainase dari beton yang pecah, sebelum persimpangan dengan traffic light, saya lewatin aja lubangnya, gak nyangkut. Kalau pakai matic, saya lewat sampingnya, gak berani lindas 😅

Saya ada 3 motor di garasi. New jupiter mx karbu non kopling, revo 110 (punya mertua), sama nmax new
Klo urusan ketemu jalan gak bagus, saya ngandelin mx. Ground clearance lebih tinggi. Kekurangannya: storage. Bagasi cuma muat kunci² doank. Jadi saya pasang box, awalnya ukuran 29 liter, untuk barang².

Hitung²an, lebih murah biaya ada 2 motor, 1 untuk wara-wiri rumah - stasiun, 1 untuk wara-wiri stasiun - kantor, revo mertua, yang dipakai setahun sekalipun belum tentu, saya bawa ke kantor, kemudian beli yang 39 liter untuk dipasang di revo.

Tapi ketika pandemi, saya akhirnya 'touring' ke kantor. Revo dibawa pulang, saya pakai mx terus. Box 39 nempel di mx, box 29 di revo. Tapi setelah ada nmax, ini yang lebih sering dipakai bwt 'touring' ke kantor. Tapi musim hujan begini prefer bawa mx, lebih handal lewat banjir dibanding motor matic. Dan nmax tetap pakai box meskipun bagasi muat helm.

Box 39 liter saya pasang ke motor yang saya pakai untuk 'touring', yang 29 ke motor yang lain. Klo ngantornya keretaan, biasanya pakai mx, ya box yang lagi terpasang gak masalah. Revo udah gak pakai box, tapi bracket masih terpasang. Behelnya lupa simpan di mana
ikut nimbrung gan, sekarang jg 'touring' ke kantor jarak tempuh +30km arah pabrik jadi tau yah jalannya muluuss bgt. kadang2 badan pegel2 perjalanan kurleb 1jam, pakai bebek supra x125. ada saran biar jok lebih empuk atau ganti motor yg friendy buat 'touring' ke kantor trs kalo weekend masih bisa buat grocery shopping gan?
Klo touring gini minimal enaknya pk mt15
Mt25 even better :big_biglaugh:

Kombinasi upside down depan dan belakang Monoshock, lbh mantep, durable, nyaman dan stabil.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Ryan Steele »

Suryaputra wrote: Sat Dec 16, 2023 8:17
daimler wrote: Mon Dec 11, 2023 8:29
Ryan Steele wrote: Sun Nov 19, 2023 16:44 Banyak aspal rusak, saya saran bebek aja. Ground clearance lebih tinggi. Diameter velg juga lebih besar, imho lebih aman lindas lubang. Tanjakan & turunan gak masalah, terutama di turunan bisa pakai engine brake. Saya ketemu tutup drainase dari beton yang pecah, sebelum persimpangan dengan traffic light, saya lewatin aja lubangnya, gak nyangkut. Kalau pakai matic, saya lewat sampingnya, gak berani lindas 😅

Saya ada 3 motor di garasi. New jupiter mx karbu non kopling, revo 110 (punya mertua), sama nmax new
Klo urusan ketemu jalan gak bagus, saya ngandelin mx. Ground clearance lebih tinggi. Kekurangannya: storage. Bagasi cuma muat kunci² doank. Jadi saya pasang box, awalnya ukuran 29 liter, untuk barang².

Hitung²an, lebih murah biaya ada 2 motor, 1 untuk wara-wiri rumah - stasiun, 1 untuk wara-wiri stasiun - kantor, revo mertua, yang dipakai setahun sekalipun belum tentu, saya bawa ke kantor, kemudian beli yang 39 liter untuk dipasang di revo.

Tapi ketika pandemi, saya akhirnya 'touring' ke kantor. Revo dibawa pulang, saya pakai mx terus. Box 39 nempel di mx, box 29 di revo. Tapi setelah ada nmax, ini yang lebih sering dipakai bwt 'touring' ke kantor. Tapi musim hujan begini prefer bawa mx, lebih handal lewat banjir dibanding motor matic. Dan nmax tetap pakai box meskipun bagasi muat helm.

Box 39 liter saya pasang ke motor yang saya pakai untuk 'touring', yang 29 ke motor yang lain. Klo ngantornya keretaan, biasanya pakai mx, ya box yang lagi terpasang gak masalah. Revo udah gak pakai box, tapi bracket masih terpasang. Behelnya lupa simpan di mana
ikut nimbrung gan, sekarang jg 'touring' ke kantor jarak tempuh +30km arah pabrik jadi tau yah jalannya muluuss bgt. kadang2 badan pegel2 perjalanan kurleb 1jam, pakai bebek supra x125. ada saran biar jok lebih empuk atau ganti motor yg friendy buat 'touring' ke kantor trs kalo weekend masih bisa buat grocery shopping gan?
Klo touring gini minimal enaknya pk mt15
Mt25 even better :big_biglaugh:

Kombinasi upside down depan dan belakang Monoshock, lbh mantep, durable, nyaman dan stabil.
Gak bisa belanja grocery donk :mky_01:
no signature
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Suryaputra »

Ryan Steele wrote: Sat Dec 16, 2023 8:31
Suryaputra wrote: Sat Dec 16, 2023 8:17
daimler wrote: Mon Dec 11, 2023 8:29
ikut nimbrung gan, sekarang jg 'touring' ke kantor jarak tempuh +30km arah pabrik jadi tau yah jalannya muluuss bgt. kadang2 badan pegel2 perjalanan kurleb 1jam, pakai bebek supra x125. ada saran biar jok lebih empuk atau ganti motor yg friendy buat 'touring' ke kantor trs kalo weekend masih bisa buat grocery shopping gan?
Klo touring gini minimal enaknya pk mt15
Mt25 even better :big_biglaugh:

Kombinasi upside down depan dan belakang Monoshock, lbh mantep, durable, nyaman dan stabil.
Gak bisa belanja grocery donk :mky_01:
Bisa
Tinggal beli paket side dan top box
+ wiu wiu wiu + stiker pulisi :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by daimler »

Ryan Steele wrote: Sat Dec 16, 2023 8:01
daimler wrote: Mon Dec 11, 2023 8:29
Ryan Steele wrote: Sun Nov 19, 2023 16:44 Banyak aspal rusak, saya saran bebek aja. Ground clearance lebih tinggi. Diameter velg juga lebih besar, imho lebih aman lindas lubang. Tanjakan & turunan gak masalah, terutama di turunan bisa pakai engine brake. Saya ketemu tutup drainase dari beton yang pecah, sebelum persimpangan dengan traffic light, saya lewatin aja lubangnya, gak nyangkut. Kalau pakai matic, saya lewat sampingnya, gak berani lindas 😅

Saya ada 3 motor di garasi. New jupiter mx karbu non kopling, revo 110 (punya mertua), sama nmax new
Klo urusan ketemu jalan gak bagus, saya ngandelin mx. Ground clearance lebih tinggi. Kekurangannya: storage. Bagasi cuma muat kunci² doank. Jadi saya pasang box, awalnya ukuran 29 liter, untuk barang².

Hitung²an, lebih murah biaya ada 2 motor, 1 untuk wara-wiri rumah - stasiun, 1 untuk wara-wiri stasiun - kantor, revo mertua, yang dipakai setahun sekalipun belum tentu, saya bawa ke kantor, kemudian beli yang 39 liter untuk dipasang di revo.

Tapi ketika pandemi, saya akhirnya 'touring' ke kantor. Revo dibawa pulang, saya pakai mx terus. Box 39 nempel di mx, box 29 di revo. Tapi setelah ada nmax, ini yang lebih sering dipakai bwt 'touring' ke kantor. Tapi musim hujan begini prefer bawa mx, lebih handal lewat banjir dibanding motor matic. Dan nmax tetap pakai box meskipun bagasi muat helm.

Box 39 liter saya pasang ke motor yang saya pakai untuk 'touring', yang 29 ke motor yang lain. Klo ngantornya keretaan, biasanya pakai mx, ya box yang lagi terpasang gak masalah. Revo udah gak pakai box, tapi bracket masih terpasang. Behelnya lupa simpan di mana
ikut nimbrung gan, sekarang jg 'touring' ke kantor jarak tempuh +30km arah pabrik jadi tau yah jalannya muluuss bgt. kadang2 badan pegel2 perjalanan kurleb 1jam, pakai bebek supra x125. ada saran biar jok lebih empuk atau ganti motor yg friendy buat 'touring' ke kantor trs kalo weekend masih bisa buat grocery shopping gan?
Kalau cari jok lebih empuk, Yamaha. Bwt saya, klo Honda sih kerasa keras pas didudukin, walaupun klo ditekan jari empuk.
Saran saya:
1. Pasang gel pad di jok
2. Ganti shock aftermarket yang punya setelan preload
:big_deal: makasi sarannya suhu, sementara ini joknya diganti pakai yg bahan latex, katanya bikin empuk tapi so far ga gitu siginifikan ternyata. kalo shock yg ada stelan preload macem k*b zeto atau y*s topup prime atau sc**lett ya yg cukup affordable?
soal yamaha, joknya emg empukan cm apakah rebound shocknya lebih firm dibanding honda?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Ryan Steele »

daimler wrote: Mon Dec 18, 2023 0:16
:big_deal: makasi sarannya suhu, sementara ini joknya diganti pakai yg bahan latex, katanya bikin empuk tapi so far ga gitu siginifikan ternyata. kalo shock yg ada stelan preload macem k*b zeto atau y*s topup prime atau sc**lett ya yg cukup affordable?
soal yamaha, joknya emg empukan cm apakah rebound shocknya lebih firm dibanding honda?
1. Harga tergantung. Saya pernah pakai kyb zeto untuk mx king di mx karbu saya, dua kali. Yang pertama cukup lama, yang kedua gak sampai setahun. Harga masih lebih murah daripada ori mx king. YSS lebih mahal
2. Shock menurut saya lebih ok, cuma shock belakang asli bwt saya terlalu empuk. Shock depan entah kenapa sering bottoming. Saya ganti shock belakang biar lebih firm & lebih tinggi juga. Shock depan setelah konsultasi dengan om jalu, ganti sulingan biar travel lebih banyak
no signature
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by daimler »

Ryan Steele wrote: Thu Dec 28, 2023 5:47

1. Harga tergantung. Saya pernah pakai kyb zeto untuk mx king di mx karbu saya, dua kali. Yang pertama cukup lama, yang kedua gak sampai setahun. Harga masih lebih murah daripada ori mx king. YSS lebih mahal
2. Shock menurut saya lebih ok, cuma shock belakang asli bwt saya terlalu empuk. Shock depan entah kenapa sering bottoming. Saya ganti shock belakang biar lebih firm & lebih tinggi juga. Shock depan setelah konsultasi dengan om jalu, ganti sulingan biar travel lebih banyak
sori nubie :mky_01: , ganti sulingan itu maksudnya fork oil diganti? atau per yg di dalem shocknya?. saya bb 63, shock belakang supra 125, kalo pas lewat poldur laknat atau jalanan ancur rasanya malah udh agak keras. lom pernah ganti dr 2005 :big_slap: buat jalan 80-100 malah stabil jdnya shock belakangnya, cm ga enaknya lewat jalanan banyak kerikil karena lobang
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by nugroho bagor »

Suzuki skywave /hayate, bagasi luas, belakang double shock, velg ring 16 , build quality ok, harga 2ndnya masih terjangkau
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Ryan Steele »

daimler wrote: Thu Dec 28, 2023 7:32
Ryan Steele wrote: Thu Dec 28, 2023 5:47

1. Harga tergantung. Saya pernah pakai kyb zeto untuk mx king di mx karbu saya, dua kali. Yang pertama cukup lama, yang kedua gak sampai setahun. Harga masih lebih murah daripada ori mx king. YSS lebih mahal
2. Shock menurut saya lebih ok, cuma shock belakang asli bwt saya terlalu empuk. Shock depan entah kenapa sering bottoming. Saya ganti shock belakang biar lebih firm & lebih tinggi juga. Shock depan setelah konsultasi dengan om jalu, ganti sulingan biar travel lebih banyak
sori nubie :mky_01: , ganti sulingan itu maksudnya fork oil diganti? atau per yg di dalem shocknya?. saya bb 63, shock belakang supra 125, kalo pas lewat poldur laknat atau jalanan ancur rasanya malah udh agak keras. lom pernah ganti dr 2005 :big_slap: buat jalan 80-100 malah stabil jdnya shock belakangnya, cm ga enaknya lewat jalanan banyak kerikil karena lobang
Jadi suspensi depan utamanya terdiri dari tube, as shock (kelihatan dari luar), per, dan front fork cylinder comp - yang sering disebut sulingan karena bentuknya yang berlubang mirip suling. Lokasinya di dalam outer tube (bagian bawah kalau shock telescopic, seperti motor² kecil pada umumnya)

Shock belakang boleh tuh ganti. Dulu supra 125 saya ganti pakai yss, cari yang lebih panjang karena pasang box, biar gak mendongak karena berat belakang
no signature