Saya setuju juga. Diesel santa Fe irit betul. Saya ada Santi, irit betul BBMnya jadi saya nggak masalah isi Pertamax/Shell. Cuma memang kalau bisa cari unit yg masih bagus Om, minimal soal BBM.
Happy hunting om
Apakah worth beli santa fe 2013 di 2023 ini?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Sat Nov 07, 2015 0:25
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Jan 10, 2024 4:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Santa Fe 2013
Re: Apakah worth beli santa fe 2013 di 2023 ini?
Izin jawab ya om. Beli Santa Fe 2013 di 2023? Worth it banget, Om. Saya baru beli Santa Fe 2013 di Agustus 2023 kemarin. Awalnya mau beli yang ladder frame yang seumuran, eeh pas banget di showrom lagi dijejerin bertiga, Santa Fe, Pajero, VNT. Pas nyoba Santa Fe, pilihannya jadi gampang banget haha. Kalau om suka nyetir, pilihannya Santa Fe banget om. Driving quality buat saya itu sentimental value sendiri, Om. Mesinnya smooth, kekedapan suara di dalem juga bagus banget. Feelnya eropa banget, build quality paten. Bawa mobil ini berasa dewasa banget, sweet spotnya diajak jalan santai. Kalau mau ngebut jangan ditanya, nyalip pajero2 baru doang mah tinggal toel gas aja. Dibawa ngebut pun juga ga pake limbung, monocoque soalnya, om.Overdrive wrote: ↑Sat Oct 21, 2023 19:50 Halo suhu2 SM, mohon nubie diberikan masukan dan saran nih suhu,
Apakah worth untuk membeli sebuah santa fe diesel th 2013 di tahun 2023 ini?
Harga yg ditawarkan pada saya di harga 200 jt, saat ini belum cek kondisi mobil.
mobil ini kalau jadi diangkut akan dijadikan kendaraan utama utk 5 tahun kedepan. Pemakaian tidak sering, paling hnya weekend dan sesekali jarak jauh.
Yg jd poin keraguan:
1. Resale value
Mengingat ini merk korea. Apakah resale valuenya 5 thn lg
akan sangat jatuh suhu?
2. Perawatan
Mobil ini apakah termasuk yg rewel bnyak jajan?
Dan penyakit2 apa saja yg perlu dicek saat beli mobil ini ya suhu?
Mohon masukan dan saran2 suhu sekalian, terima kasih
Kenapa spesifik pilih santafe 2013? Karena engine mountingnya lebih kuat dan harganya 200jutaan aja. Dulu Santa Fe barunya 500jutaan CMIW mungkin kurang worth karena minim fitur standard mobil 500jutaan. Tapi sekarang, 200 jutaan untuk mesin CRDI Hyundai dan dapet standard mobil flaghsip (Jok kulit, panoramic sunroff, etc) menurut saya sih worth it banget. Mesinnya sangar, kadang suka ga enak hati kalau lewat lobby kantor lagi buru-buru, ga sengaja keinjek gas dikit ban suka decit.
Untuk konsumsi bahan bakar, dibilang diesel irit sih sebtulnya enggak juga, tapi untuk mobil di atas 2000cc ini irit. the best i can do itu di 1:11 - 1:12 dalam kota. Kalau macet bisa 1:8 - 1:9. Kalau ke luar kota baru berasa, 1:18 - 1:19. Mobil cukup reliable ga rewel samsek, saya pakai daily rute ngantor Bintaro, Tangsel - S. Parman, Tj. Duren, Jakbar. Sekali isi bensin bisa buat 2 mingguan. Isi full tank kisaran 700rban pakai DEX (sekarang lagi di harga Rp 15.100).
Pajak masih 5 jutaan
Soal perawatan
Mobil ini adalah salah satu mobil flagship di masanya, jadi yang namanya mobil flagship sudah pasti harga spare partsnya sedikit extra. Tapi untuk santa fe ga mahal-mahal banget kok, om.
Masalah yang pernah saya alamin cuma 1, AC. Murahlah benerin AC ga sampai sejuta. Yang lumayan palingan peremajaan printilan seperti tensioner, vbelt, power steering dll. Di sisi lain, ada enaknya juga mobil ini minim fitur, jadi ga terlalu pusing ketika harus benerin. Contoh, power steering. Ini adalah parts yang pasti akan rusak. Kalau electric biayanya bisa lebih mahal dibanding power steering biasa.
Kejadian di saya sih pasca beli Santa Fe, hanya peremajaan parts yang sifatnya krusial seperti v belt, tensioner, AC dan power steering.
Sedikit saran, jika mobil km Anda sudah lebih dari 80k dan sudah tidak ada garansi, mungkin lebih bijak jika memilih bengkel alternatif yang om percaya. Percayalah mereka pasti akan lebih care sama mobil om dibanding sama yang resmi. Pun kalau om mau pilih yang resmi, usahakan pilih yang satu grup dengan HMI.
Untuk ban, profil ban dari mobil ini R19 235/55. Harganya mahal om. Saran saya pilih Continental karena harganya lebih murah dari saingannya. Kenapa lebih murah, mungkin karena Continental ada pabrik di Asia (Malaysia). Continental enak, empuk. Temen saya ada yang pakai Pirelli, lebih durable tapi keras, katanya.
Intinya, ngurus mobil ini ga susah kok, asal rutin ganti oli sama filter aja dan pastikan pakai bahan bakarnya Dex atau yang setara Euro 5 ya.
Untuk resell value: saya sih yakin mobil bermesin diesel harganya tetap di atas 200 jutaan 5 tahun ke depan.
Tips untuk beli Santa Fe
Interior: Perhatikan jok ada yang sobek atau pecah, pastikan buttons di stir berfungsi dengan baik, pasti kan interior tidak ada yang lengket.
Mesin: Cek tensioner v belt, cek vbelt, cek AC, cek engine mounting
Terakhir cek ban: perhatikan kondisi ban, umur ban.
Nah tips ini adalah patokan harga yang bisa om tawar nantinya ke seller ketika mau membeli Santa Fe.
Cari Hyundai Santa Fe 2013 yang seger susah nggak? Lumayan, karena yang seger masih dipake sama usernya di luar sana. hahaha
Mungkin sekian saja komentar sotoy saya, om hehe. Mudah-mudahan tulisan saya bisa membantu buat referensi temen-temen yang penasaran sama Santa Fe.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Apr 15, 2024 14:25
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Apakah worth beli santa fe 2013 di 2023 ini?
Keren om jawabannya, saya lagi tertarik nih nyaro santi 2013/14, dan sedang mempertimbangkan dengan vnt yang bisa nenggak solbus. Bengkel yang care di area jabodetabek boleh dispill om?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7594
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Apakah worth beli santa fe 2013 di 2023 ini?
15 atau 20 thn sejak pertama launching umumnya mobil korea yg dulu-dulu (kluar thn 90 ahir hingga 2010an udah ada di kampakan .... tapi ga tau yg tahun-tahun pembuatan 10 thn trahir . kalo ada yg bilang harga ga bakalan jauh-jauh dr skrg ya ga jaminan juga yg namanya mobil produksi masal pada umumnya makin tua akan makin mahal rawatnya (semntara harga parts akan makin mahal seiring dgn tetap merosotnya nilai rupiah) n harga unit besar kemungkinan akan makin turun ke bawah (jauh dari harga skrg) waktu yg akan membuktikan.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu May 02, 2024 5:21
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: NMAX
Re: Apakah worth beli santa fe 2013 di 2023 ini?
thanks om ulasannya, kebetulan saya lagi mau nyari dan mempertimbangkan dengan X-trial 2.5 .Ing wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 7:27Izin jawab ya om. Beli Santa Fe 2013 di 2023? Worth it banget, Om. Saya baru beli Santa Fe 2013 di Agustus 2023 kemarin. Awalnya mau beli yang ladder frame yang seumuran, eeh pas banget di showrom lagi dijejerin bertiga, Santa Fe, Pajero, VNT. Pas nyoba Santa Fe, pilihannya jadi gampang banget haha. Kalau om suka nyetir, pilihannya Santa Fe banget om. Driving quality buat saya itu sentimental value sendiri, Om. Mesinnya smooth, kekedapan suara di dalem juga bagus banget. Feelnya eropa banget, build quality paten. Bawa mobil ini berasa dewasa banget, sweet spotnya diajak jalan santai. Kalau mau ngebut jangan ditanya, nyalip pajero2 baru doang mah tinggal toel gas aja. Dibawa ngebut pun juga ga pake limbung, monocoque soalnya, om.Overdrive wrote: ↑Sat Oct 21, 2023 19:50 Halo suhu2 SM, mohon nubie diberikan masukan dan saran nih suhu,
Apakah worth untuk membeli sebuah santa fe diesel th 2013 di tahun 2023 ini?
Harga yg ditawarkan pada saya di harga 200 jt, saat ini belum cek kondisi mobil.
mobil ini kalau jadi diangkut akan dijadikan kendaraan utama utk 5 tahun kedepan. Pemakaian tidak sering, paling hnya weekend dan sesekali jarak jauh.
Yg jd poin keraguan:
1. Resale value
Mengingat ini merk korea. Apakah resale valuenya 5 thn lg
akan sangat jatuh suhu?
2. Perawatan
Mobil ini apakah termasuk yg rewel bnyak jajan?
Dan penyakit2 apa saja yg perlu dicek saat beli mobil ini ya suhu?
Mohon masukan dan saran2 suhu sekalian, terima kasih
Kenapa spesifik pilih santafe 2013? Karena engine mountingnya lebih kuat dan harganya 200jutaan aja. Dulu Santa Fe barunya 500jutaan CMIW mungkin kurang worth karena minim fitur standard mobil 500jutaan. Tapi sekarang, 200 jutaan untuk mesin CRDI Hyundai dan dapet standard mobil flaghsip (Jok kulit, panoramic sunroff, etc) menurut saya sih worth it banget. Mesinnya sangar, kadang suka ga enak hati kalau lewat lobby kantor lagi buru-buru, ga sengaja keinjek gas dikit ban suka decit.
Untuk konsumsi bahan bakar, dibilang diesel irit sih sebtulnya enggak juga, tapi untuk mobil di atas 2000cc ini irit. the best i can do itu di 1:11 - 1:12 dalam kota. Kalau macet bisa 1:8 - 1:9. Kalau ke luar kota baru berasa, 1:18 - 1:19. Mobil cukup reliable ga rewel samsek, saya pakai daily rute ngantor Bintaro, Tangsel - S. Parman, Tj. Duren, Jakbar. Sekali isi bensin bisa buat 2 mingguan. Isi full tank kisaran 700rban pakai DEX (sekarang lagi di harga Rp 15.100).
Pajak masih 5 jutaan
Soal perawatan
Mobil ini adalah salah satu mobil flagship di masanya, jadi yang namanya mobil flagship sudah pasti harga spare partsnya sedikit extra. Tapi untuk santa fe ga mahal-mahal banget kok, om.
Masalah yang pernah saya alamin cuma 1, AC. Murahlah benerin AC ga sampai sejuta. Yang lumayan palingan peremajaan printilan seperti tensioner, vbelt, power steering dll. Di sisi lain, ada enaknya juga mobil ini minim fitur, jadi ga terlalu pusing ketika harus benerin. Contoh, power steering. Ini adalah parts yang pasti akan rusak. Kalau electric biayanya bisa lebih mahal dibanding power steering biasa.
Kejadian di saya sih pasca beli Santa Fe, hanya peremajaan parts yang sifatnya krusial seperti v belt, tensioner, AC dan power steering.
Sedikit saran, jika mobil km Anda sudah lebih dari 80k dan sudah tidak ada garansi, mungkin lebih bijak jika memilih bengkel alternatif yang om percaya. Percayalah mereka pasti akan lebih care sama mobil om dibanding sama yang resmi. Pun kalau om mau pilih yang resmi, usahakan pilih yang satu grup dengan HMI.
Untuk ban, profil ban dari mobil ini R19 235/55. Harganya mahal om. Saran saya pilih Continental karena harganya lebih murah dari saingannya. Kenapa lebih murah, mungkin karena Continental ada pabrik di Asia (Malaysia). Continental enak, empuk. Temen saya ada yang pakai Pirelli, lebih durable tapi keras, katanya.
Intinya, ngurus mobil ini ga susah kok, asal rutin ganti oli sama filter aja dan pastikan pakai bahan bakarnya Dex atau yang setara Euro 5 ya.
Untuk resell value: saya sih yakin mobil bermesin diesel harganya tetap di atas 200 jutaan 5 tahun ke depan.
Tips untuk beli Santa Fe
Interior: Perhatikan jok ada yang sobek atau pecah, pastikan buttons di stir berfungsi dengan baik, pasti kan interior tidak ada yang lengket.
Mesin: Cek tensioner v belt, cek vbelt, cek AC, cek engine mounting
Terakhir cek ban: perhatikan kondisi ban, umur ban.
Nah tips ini adalah patokan harga yang bisa om tawar nantinya ke seller ketika mau membeli Santa Fe.
Cari Hyundai Santa Fe 2013 yang seger susah nggak? Lumayan, karena yang seger masih dipake sama usernya di luar sana. hahaha
Mungkin sekian saja komentar sotoy saya, om hehe. Mudah-mudahan tulisan saya bisa membantu buat referensi temen-temen yang penasaran sama Santa Fe.
kalo berkenan share no wa untuk tanya2 ya om ...
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri Dec 16, 2022 1:56
- Location: Pondok Gede
- Daily Vehicle: Freed 2014
Re: Apakah worth beli santa fe 2013 di 2023 ini?
kasembon wrote: ↑Thu May 02, 2024 5:24thanks om ulasannya, kebetulan saya lagi mau nyari dan mempertimbangkan dengan X-trial 2.5 .Ing wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 7:27Izin jawab ya om. Beli Santa Fe 2013 di 2023? Worth it banget, Om. Saya baru beli Santa Fe 2013 di Agustus 2023 kemarin. Awalnya mau beli yang ladder frame yang seumuran, eeh pas banget di showrom lagi dijejerin bertiga, Santa Fe, Pajero, VNT. Pas nyoba Santa Fe, pilihannya jadi gampang banget haha. Kalau om suka nyetir, pilihannya Santa Fe banget om. Driving quality buat saya itu sentimental value sendiri, Om. Mesinnya smooth, kekedapan suara di dalem juga bagus banget. Feelnya eropa banget, build quality paten. Bawa mobil ini berasa dewasa banget, sweet spotnya diajak jalan santai. Kalau mau ngebut jangan ditanya, nyalip pajero2 baru doang mah tinggal toel gas aja. Dibawa ngebut pun juga ga pake limbung, monocoque soalnya, om.Overdrive wrote: ↑Sat Oct 21, 2023 19:50 Halo suhu2 SM, mohon nubie diberikan masukan dan saran nih suhu,
Apakah worth untuk membeli sebuah santa fe diesel th 2013 di tahun 2023 ini?
Harga yg ditawarkan pada saya di harga 200 jt, saat ini belum cek kondisi mobil.
mobil ini kalau jadi diangkut akan dijadikan kendaraan utama utk 5 tahun kedepan. Pemakaian tidak sering, paling hnya weekend dan sesekali jarak jauh.
Yg jd poin keraguan:
1. Resale value
Mengingat ini merk korea. Apakah resale valuenya 5 thn lg
akan sangat jatuh suhu?
2. Perawatan
Mobil ini apakah termasuk yg rewel bnyak jajan?
Dan penyakit2 apa saja yg perlu dicek saat beli mobil ini ya suhu?
Mohon masukan dan saran2 suhu sekalian, terima kasih
Kenapa spesifik pilih santafe 2013? Karena engine mountingnya lebih kuat dan harganya 200jutaan aja. Dulu Santa Fe barunya 500jutaan CMIW mungkin kurang worth karena minim fitur standard mobil 500jutaan. Tapi sekarang, 200 jutaan untuk mesin CRDI Hyundai dan dapet standard mobil flaghsip (Jok kulit, panoramic sunroff, etc) menurut saya sih worth it banget. Mesinnya sangar, kadang suka ga enak hati kalau lewat lobby kantor lagi buru-buru, ga sengaja keinjek gas dikit ban suka decit.
Untuk konsumsi bahan bakar, dibilang diesel irit sih sebtulnya enggak juga, tapi untuk mobil di atas 2000cc ini irit. the best i can do itu di 1:11 - 1:12 dalam kota. Kalau macet bisa 1:8 - 1:9. Kalau ke luar kota baru berasa, 1:18 - 1:19. Mobil cukup reliable ga rewel samsek, saya pakai daily rute ngantor Bintaro, Tangsel - S. Parman, Tj. Duren, Jakbar. Sekali isi bensin bisa buat 2 mingguan. Isi full tank kisaran 700rban pakai DEX (sekarang lagi di harga Rp 15.100).
Pajak masih 5 jutaan
Soal perawatan
Mobil ini adalah salah satu mobil flagship di masanya, jadi yang namanya mobil flagship sudah pasti harga spare partsnya sedikit extra. Tapi untuk santa fe ga mahal-mahal banget kok, om.
Masalah yang pernah saya alamin cuma 1, AC. Murahlah benerin AC ga sampai sejuta. Yang lumayan palingan peremajaan printilan seperti tensioner, vbelt, power steering dll. Di sisi lain, ada enaknya juga mobil ini minim fitur, jadi ga terlalu pusing ketika harus benerin. Contoh, power steering. Ini adalah parts yang pasti akan rusak. Kalau electric biayanya bisa lebih mahal dibanding power steering biasa.
Kejadian di saya sih pasca beli Santa Fe, hanya peremajaan parts yang sifatnya krusial seperti v belt, tensioner, AC dan power steering.
Sedikit saran, jika mobil km Anda sudah lebih dari 80k dan sudah tidak ada garansi, mungkin lebih bijak jika memilih bengkel alternatif yang om percaya. Percayalah mereka pasti akan lebih care sama mobil om dibanding sama yang resmi. Pun kalau om mau pilih yang resmi, usahakan pilih yang satu grup dengan HMI.
Untuk ban, profil ban dari mobil ini R19 235/55. Harganya mahal om. Saran saya pilih Continental karena harganya lebih murah dari saingannya. Kenapa lebih murah, mungkin karena Continental ada pabrik di Asia (Malaysia). Continental enak, empuk. Temen saya ada yang pakai Pirelli, lebih durable tapi keras, katanya.
Intinya, ngurus mobil ini ga susah kok, asal rutin ganti oli sama filter aja dan pastikan pakai bahan bakarnya Dex atau yang setara Euro 5 ya.
Untuk resell value: saya sih yakin mobil bermesin diesel harganya tetap di atas 200 jutaan 5 tahun ke depan.
Tips untuk beli Santa Fe
Interior: Perhatikan jok ada yang sobek atau pecah, pastikan buttons di stir berfungsi dengan baik, pasti kan interior tidak ada yang lengket.
Mesin: Cek tensioner v belt, cek vbelt, cek AC, cek engine mounting
Terakhir cek ban: perhatikan kondisi ban, umur ban.
Nah tips ini adalah patokan harga yang bisa om tawar nantinya ke seller ketika mau membeli Santa Fe.
Cari Hyundai Santa Fe 2013 yang seger susah nggak? Lumayan, karena yang seger masih dipake sama usernya di luar sana. hahaha
Mungkin sekian saja komentar sotoy saya, om hehe. Mudah-mudahan tulisan saya bisa membantu buat referensi temen-temen yang penasaran sama Santa Fe.
kalo berkenan share no wa untuk tanya2 ya om ...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4349
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Apakah worth beli santa fe 2013 di 2023 ini?
Overdrive wrote: ↑Sat Oct 21, 2023 19:50 Halo suhu2 SM, mohon nubie diberikan masukan dan saran nih suhu,
Apakah worth untuk membeli sebuah santa fe diesel th 2013 di tahun 2023 ini?
Harga yg ditawarkan pada saya di harga 200 jt, saat ini belum cek kondisi mobil.
mobil ini kalau jadi diangkut akan dijadikan kendaraan utama utk 5 tahun kedepan. Pemakaian tidak sering, paling hnya weekend dan sesekali jarak jauh.
Yg jd poin keraguan:
1. Resale value
Mengingat ini merk korea. Apakah resale valuenya 5 thn lg
akan sangat jatuh suhu?
2. Perawatan
Mobil ini apakah termasuk yg rewel bnyak jajan?
Dan penyakit2 apa saja yg perlu dicek saat beli mobil ini ya suhu?
Mohon masukan dan saran2 suhu sekalian, terima kasih
Halo oom...menurut saya masih worth it.
apalagi kalau mau pakai konsep Frugal living, alias pake sampai hancur lebur.
kalau mau tau apa apa saja penyakit khasnya Santa Fe coba main ke bengkel PRM yg ada di Jalan Raya Ciater, deket bunderan / deket Lapo Roan.
bengkel itu sudah pindah dari lokasi awal yg di depan perum Panorama Serpong itu. lokasi yg baru itu deket rumah saya.
Hub ownernya KI Gentong Pamungkas alias Hikmat Ginanjar (bisa dilihat di FB dia juga).
di Yutub juga bisa dilihat channelnya dia.
secara umum saya lihat gada masalah spesifik ya.
masih jauh lebih rewel Captiva.