perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11329
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

t105erd wrote: Sat Jan 20, 2024 13:20
Omnibus wrote: Sat Jan 20, 2024 13:06
t105erd wrote: Sat Jan 20, 2024 12:56
saya yaris 2008 1nz om, dulu pas rectifier alternator rusak sampai baterai tewas indikator baterai di dashboard ga nyala soalnya
mobil jarang dipake atau pakenya jarak dekat terus utk tipe alt yg model variable bakal bikin aki cepet tekor krn aki ga pernah sampai fully charged udah hibernasi lg. hrs dibantu charger external.
pake aja tiap hari, kl ga pernah tekor berarti baik2 aja.
dipakai om sekalinya dipakai pasti diatas 60km kadang seminggu sekali atau 3x akhir pekan kadang antar kota antar provinsi. nah pas baterai mati itu saya lagi posisi luar kota, pasang baterai baru dan baru tau rectifier alternator rusak karena ada suara ndenging yg saya kira dari bearing. akhirnya ganti rectifier soalnya pengisian ga sampai 13v. Alhamdulillah sekarang aman saya pantau mulu lewat obd, trauma juga mobil ga bisa starter di sawah2 tengah kampung abis dari makam orang tua
memang idealnya 14V ke atas (di terminal aki). dan bukan cuma volt tp penting juga kemampuan alt dlm menghasilkan arus (ampere). cuma ini ga semua punya alatnya, hrs pakai tang ampere DC. ada lagi ripple test tp itu bahasan lain.
volt itu ibarat tekanan air dlm pipa.
ampere itu ibarat flow rate airnya.

utk menghindari kejadian spt itu biasakan aja cek periodik om. tiap ganti oli sekalian rutin cek. kl waktu itu ganti dgn parts ori pasti tahan lama.
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Supersedan »

Om ikut bertanya.
Saya ada mobil yg tiap hari digunakan, terakhir mobilnya 6 hari dipakai jalan 1.600km (untuk starter sangat normal). Setelah itu gak di hidupin 1 Minggu, karena gunaian mobil yg satu lagi.
Nah kemarin saya hidupin sekalian jalan cari makan malem, starter agak sedikit berat. Pagi ini saya cek melalui obd tegangan sebelum di starter 12,7. Saat saya starter turun jd 7,1 agak berat sedikit tapi mesin bisa nyala.
Saat mesin nyala saya liat tegangan di 14,5-14,7 (idle ac off)

Ini karena seminggu gak digunakan atau memang daya aki yg sudah menurun? Karena umur aki November bulan kemarin sudah 4 tahun :big_childish:
Rencananya 1 bulan kedepan mobil yg ini jarang digunakan, mau pakaj mobil yg satu lg.
Lebih baik terminal aki di lepas dulu atau ganti aki baru aja?
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by lemonadelovers »

kemarin ganti aki, beli incoe premium 95D31L 1,150jt spek CCA:653 harga potong aki lama 65 MF 80D26L dihargai 150rb

awalnya aki 65 ga ada setrum (remote kunci ga respon), dicek d indikator warna putih/ kurang setrum. iseng d charge semaleman pake charger mode repair tp ampere kecil 5A masih ga ngangkat, ganti lg charger murah 10A 5jam mulai ada tanda2 kehidupan, ganti lg charger kecil mode repair 5jam, trus ganti lg charger 10A 5jam dan akhirnya indikator warna hijau dan udah ada api di kutub terminal saaat d charge. belum coba d pasang mobil krna aki baru dah terlanjur dipasang
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ilhami »

car_battery_voltage_chart_3.jpg
kalau sudah di charge, tegangan dibawah 11 Volt berarti sudah tidak bisa menyimpan arus lagi
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by RezPrat »

Supersedan wrote: Mon Jan 22, 2024 2:37 Om ikut bertanya.
Saya ada mobil yg tiap hari digunakan, terakhir mobilnya 6 hari dipakai jalan 1.600km (untuk starter sangat normal). Setelah itu gak di hidupin 1 Minggu, karena gunaian mobil yg satu lagi.
Nah kemarin saya hidupin sekalian jalan cari makan malem, starter agak sedikit berat. Pagi ini saya cek melalui obd tegangan sebelum di starter 12,7. Saat saya starter turun jd 7,1 agak berat sedikit tapi mesin bisa nyala.
Saat mesin nyala saya liat tegangan di 14,5-14,7 (idle ac off)

Ini karena seminggu gak digunakan atau memang daya aki yg sudah menurun? Karena umur aki November bulan kemarin sudah 4 tahun :big_childish:
Rencananya 1 bulan kedepan mobil yg ini jarang digunakan, mau pakaj mobil yg satu lg.
Lebih baik terminal aki di lepas dulu atau ganti aki baru aja?
Saya rasa aki nya Masi baik, cuma next time buat d tinggal lama, lepas aja kutub Negatif nya.
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Supersedan »

RezPrat wrote: Mon Jan 22, 2024 7:25
Supersedan wrote: Mon Jan 22, 2024 2:37 Om ikut bertanya.
Saya ada mobil yg tiap hari digunakan, terakhir mobilnya 6 hari dipakai jalan 1.600km (untuk starter sangat normal). Setelah itu gak di hidupin 1 Minggu, karena gunaian mobil yg satu lagi.
Nah kemarin saya hidupin sekalian jalan cari makan malem, starter agak sedikit berat. Pagi ini saya cek melalui obd tegangan sebelum di starter 12,7. Saat saya starter turun jd 7,1 agak berat sedikit tapi mesin bisa nyala.
Saat mesin nyala saya liat tegangan di 14,5-14,7 (idle ac off)

Ini karena seminggu gak digunakan atau memang daya aki yg sudah menurun? Karena umur aki November bulan kemarin sudah 4 tahun :big_childish:
Rencananya 1 bulan kedepan mobil yg ini jarang digunakan, mau pakaj mobil yg satu lg.
Lebih baik terminal aki di lepas dulu atau ganti aki baru aja?
Saya rasa aki nya Masi baik, cuma next time buat d tinggal lama, lepas aja kutub Negatif nya.
Baik om terima kasih sarannya.
Hari ini mobilnya saya pake jalan kurang lebih 20km. Nanti pas dirumah saya lepas aja kutub negatifnya.