Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vankryie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by vankryie »

plus minus emang fitur ini,..

Minusnya
1. Jadi brisik .
2. Kl harus banting stir dadakan krn suatu hal di depan, dan kita dalam sepersekian milisecond reflek harus ambil kputusan, ga yakin kburu harus sein dl dan lbh serem lagi dia ngerem dadakan.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by pengendiesel »

papico wrote: Thu Jan 25, 2024 23:08
pengendiesel wrote: Thu Jan 25, 2024 11:44
Serem banget euy, kirain cuma rem otomatis aja yang potensi bikin celaka. Saya gak pernah kepikiran lane keeping assist bisa bahaya kayak gini.
Mobilnya apa bos?
Stargazer om
Terus kejadiannya waktu itu gimana sampai bisa terhindar dari adu banteng? Apakah mobil yang nyalip banting masuk arah jalurnya lagi?
Konyol sih ini, karena di real world jalanan indo kejadian kayak gini sudah jadi makanan sehari2. Apalagi kalo ketemu bus2 ugal. Bisa mati nganggur kalo kita bermaksud menepi buat kasih jalan bus nyalip, eh sama komputer pintarnya malah diumpan balik ke tengah :mky_04:

Di sisi satunya, berarti kita harus lebih hati2 saat nyalip di luar kota, jangan2 mobil dari arah depan ada fitur ini. Yang mestinya nyalip bisa aman, tapi karena intervensi komputer, malah jadi amburadul semua.
Saya sih yakin, banyak driver indo yang gak sempat nyalakan sein dalam kondisi yang om alami.
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by papico »

Sy yg menghindari, posisi mobil lawan sdh ditengah jalan, udah ga bisa belok lagi posisi udah sejajar dg mobil yg didahului. Sy msh bisa goyang kekiri lagi tp ya sy paksa steernya , rasanya seperti melindas gundukan polisi tidur kecil 🤣🤣 ...

Sy yg udah 23th nyetir, sejak zaman kijang kapsul, panther, inopah 2KD + dastek Q+, santa fe crdi, ada 3 kejadian yg bikin sy panik.
1. Torque steer pada sanfa fe crdi.
2. LKA seperti kejadian yg sy ceritakan diatas.
3. Rem 2KD yg gak mumpuni sampe gosong. Panik lah, udah gas polll posisi take over bbrp truk, tiba tiba ada mobil keluar dr pabrik.

Setelah kejadian itu, sy jadi terbiasa misal steer tiba tiba memberikan counter. Jadi misal mau potong jalur, ya paksa aja steernya nanti kan belok sendiri 🤣🤣.

Yess, kalo di tol, LKA memang membantu. Amit amit misal ngantuk, ya dia ada yg kasi alarm kalo sampe out jadi kita bisa segera koreksi.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by r1409 »

nah itu dia, fitur beginian ini yg sewaktu-waktu bakalan jadi bom waktu. mau di-disable tiap kali abis starter pun, pasti ada waktu dimana kita kelupaan disable. lha pengalaman saya dan member komunitas ertiga diesel yg fitur ISS nya selalu aktif lagi tiap abis starter, banyak yg terkadang lupa matikan. jadinya tau-tau pas berhenti, idle stop aktif, dan "loh, lupa disable..."
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by KielConstantine »

mkamil wrote: Fri Jan 26, 2024 4:51 Kesiapan infrastruktur dan kedisiplinan memang menjadi salah satu faktor yang membuat efektifitas ADAS masih dipertanyakan menurut saya.
Tuh yg gw bold bener banget


Selama kelakuan nyetir masih amburadul dijalan. Ya percuma punya mobil radar radar an. Malah bikin ciloko, kitanya udah bener tp pihak laen yg ngerugiin

Kalo nyetir di europe / us / oz & another developed country yg warganya sadar diri disiplin & respectful malah kepake kok fitur safety radar

Kek kmaren gw di europe (karena kebiasaan nyetir di indo) pas ada bunderan slonong aja. Pdhl ada tanda give way, artinya kita rem dulu sambil celinguk kiri klo ada yg lewat di bunderan ya kasih lewat dulu baru abis itu kita maju pas bunderannya udh clear.

Krn gw maen slonong bae & ada mobil didalem bunderan. Pas moncong maju tuh radar langsung ngestop mobil yg gw setir. Ya selamett. Klo kg trus crash ya bisa berabe soalnya emang gw yg salah.

Dan warga sana (eu) merasa itu hak mereka didalem bunderan ya lu jangan ganggu jalur gw sampe kluar bunderan. Jadi gw sangat yakin mereka kaga bakal rem dan trus maju sampe nabrakin kita klo kita tetep bandel slonong makan jalur mereka. Trus yg salah kita kan, ya kita yg di tuntut :big_grin:

Pas hari ke-3 ke-4 udah mulai biasa & bisa ikutin driving rules mereka

Image

Image

Image

Di indo ya mana bisa nerapin kek gini. Emang dasarnya third world
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by AbdulHakim »

KielConstantine wrote: Sat Jan 27, 2024 4:29
mkamil wrote: Fri Jan 26, 2024 4:51 Kesiapan infrastruktur dan kedisiplinan memang menjadi salah satu faktor yang membuat efektifitas ADAS masih dipertanyakan menurut saya.
Tuh yg gw bold bener banget


Selama kelakuan nyetir masih amburadul dijalan. Ya percuma punya mobil radar radar an. Malah bikin ciloko, kitanya udah bener tp pihak laen yg ngerugiin

Kalo nyetir di europe / us / oz & another developed country yg warganya sadar diri disiplin & respectful malah kepake kok fitur safety radar

Kek kmaren gw di europe (karena kebiasaan nyetir di indo) pas ada bunderan slonong aja. Pdhl ada tanda give way, artinya kita rem dulu sambil celinguk kiri klo ada yg lewat di bunderan ya kasih lewat dulu baru abis itu kita maju pas bunderannya udh clear.

Krn gw maen slonong bae & ada mobil didalem bunderan. Pas moncong maju tuh radar langsung ngestop mobil yg gw setir. Ya selamett. Klo kg trus crash ya bisa berabe soalnya emang gw yg salah.

Dan warga sana (eu) merasa itu hak mereka didalem bunderan ya lu jangan ganggu jalur gw sampe kluar bunderan. Jadi gw sangat yakin mereka kaga bakal rem dan trus maju sampe nabrakin kita klo kita tetep bandel slonong makan jalur mereka. Trus yg salah kita kan, ya kita yg di tuntut :big_grin:

Pas hari ke-3 ke-4 udah mulai biasa & bisa ikutin driving rules mereka

Image

Image

Image

Di indo ya mana bisa nerapin kek gini. Emang dasarnya third world
ada om, di suatu "Camp" peninggalan perusahaan minyak asal Amerika di pulau Sumatra, sangat disiplin menerapkan smith system dan defensive driving.
di bundaran menerapkan lampu sein yang benar, tidak menggunakan lampu hazard, berhenti di "STOP" sign minimal 3 detik, rambu segitiga pelan-pelan lihat kanan-kiri, patuh terhadap batas kecepatan 30/40/60/70 kpj.
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by kenop »

KielConstantine wrote: Sat Jan 27, 2024 4:29
Di indo ya mana bisa nerapin kek gini. Emang dasarnya third world
Di sini kita berenti di zebra cross yg ada lampu merah nya aja masih di klakson dong :mky_04:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by pengendiesel »

kenop wrote: Sat Jan 27, 2024 5:55
KielConstantine wrote: Sat Jan 27, 2024 4:29
Di indo ya mana bisa nerapin kek gini. Emang dasarnya third world
Di sini kita berenti di zebra cross yg ada lampu merah nya aja masih di klakson dong :mky_04:
Boro2 di pelican cross. Di kota saya, kalo lampu berubah dari hijau ke kuning dan anda memutuskan berhenti, anda perlu doa dulu supaya gak ditabrak belakang.
Saya sering naek motor, dari hijau ke kuning, saya sudah ancang2 berhenti. Sampai di titik berhentinya, lampu merah sudah nyala sekitar 2-3 detik, dari belakang kanan kiri wwuuusshhhh wuussshhhhh, motor2 pada ngelanggar lampu merah, dan biasanya malah ngegas
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya

Post by mkamil »

AbdulHakim wrote: Sat Jan 27, 2024 5:21
KielConstantine wrote: Sat Jan 27, 2024 4:29
mkamil wrote: Fri Jan 26, 2024 4:51 Kesiapan infrastruktur dan kedisiplinan memang menjadi salah satu faktor yang membuat efektifitas ADAS masih dipertanyakan menurut saya.
Tuh yg gw bold bener banget


Selama kelakuan nyetir masih amburadul dijalan. Ya percuma punya mobil radar radar an. Malah bikin ciloko, kitanya udah bener tp pihak laen yg ngerugiin

Kalo nyetir di europe / us / oz & another developed country yg warganya sadar diri disiplin & respectful malah kepake kok fitur safety radar

Kek kmaren gw di europe (karena kebiasaan nyetir di indo) pas ada bunderan slonong aja. Pdhl ada tanda give way, artinya kita rem dulu sambil celinguk kiri klo ada yg lewat di bunderan ya kasih lewat dulu baru abis itu kita maju pas bunderannya udh clear.

Krn gw maen slonong bae & ada mobil didalem bunderan. Pas moncong maju tuh radar langsung ngestop mobil yg gw setir. Ya selamett. Klo kg trus crash ya bisa berabe soalnya emang gw yg salah.

Dan warga sana (eu) merasa itu hak mereka didalem bunderan ya lu jangan ganggu jalur gw sampe kluar bunderan. Jadi gw sangat yakin mereka kaga bakal rem dan trus maju sampe nabrakin kita klo kita tetep bandel slonong makan jalur mereka. Trus yg salah kita kan, ya kita yg di tuntut :big_grin:

Pas hari ke-3 ke-4 udah mulai biasa & bisa ikutin driving rules mereka

Image

Image

Image

Di indo ya mana bisa nerapin kek gini. Emang dasarnya third world
ada om, di suatu "Camp" peninggalan perusahaan minyak asal Amerika di pulau Sumatra, sangat disiplin menerapkan smith system dan defensive driving.
di bundaran menerapkan lampu sein yang benar, tidak menggunakan lampu hazard, berhenti di "STOP" sign minimal 3 detik, rambu segitiga pelan-pelan lihat kanan-kiri, patuh terhadap batas kecepatan 30/40/60/70 kpj.
nice om, "camp" yg diujung timur juga. Kalau tidak berhenti di STOP sign, tidak memberikan prioritas pejalan/penyebrang orang, dan tidak memberi jalan pada rambu "GIVE WAY" bisa berabe.