Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jiwul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30

Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by jiwul »

Dear suhus,
Saya pengguna OPS dakar 2015 dan sampai sekarang mobil masih menemani dengan baik, dan bener2 trouble free, jd selama ini cuma service reguler
Kebetulan sudah 6 th lebih pemakaian dan pertimbangan mertua yg sudah nggak mungkin naik turun mobil tinggi, jd rencana pengen ganti SUV monokok 2nd
Minta masukan dari suhu2 untuk rencana penggantinya...

Dasar pertimbangannya adalah :
1. Driving experience (kebetulan saya dan keluarga hobby roadtrip jarak jauh dgn segala medan on-road)
2. Reliability dan availability sparepart (karena kadang dipake touring jarak jauh, perbandingan dgn OPS yg selama ini trouble free, sudah (atau baru?) 75.000 km pemakaian)
3. Maintenance cost atau biaya service reguler (perbandingan dengan service cost OPS dakar)
4. Konsumsi BBM (tidak masalah dg jenis BBM)
5. Jumlah seater bukan pertimbangan utama
6. Asumsi semua pilihan sudah habis masa garansi

Beberapa yg jd kandidat sementara :
1. Mazda CX-5 GT atau elite, prefacelift
(pros : driving experience dan performa mungkin paling baik, build quality, konsumsi BBM, red soulnya keren, cons : 'katanya' suspensi keras, maintenance cost??)
2. Peugeot 3008 GT line
(pros : built quality better allure plus, pug biasanya jaminan nyaman, exterior dan interior i-cockpit nya 'wow' , cons : reliability peugeot??)
3. Grand santa fe TM
(pros : performa diesel hyundai, konsumsi BBM, exterior keren, 7 seater, cons : ground clearance pendek, interior bukan selera saya, unit sedikit jd sulit nemu)
4. CRV turbo (non honda sensing...krn budget belum sampai)
(Pros : banyak yg pakai jd lebih peace of mind, 7 seater, cons : exterior paling kurang dr ke 4 pilihan yg ada, kenyamanan dr 4 pilihan yg ada??)

Atau ada kandidat lain dgn pertimbangan di atas??
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by farizfsa »

jiwul wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 1:44 Dear suhus,
Saya pengguna OPS dakar 2015 dan sampai sekarang mobil masih menemani dengan baik, dan bener2 trouble free, jd selama ini cuma service reguler
Kebetulan sudah 6 th lebih pemakaian dan pertimbangan mertua yg sudah nggak mungkin naik turun mobil tinggi, jd rencana pengen ganti SUV monokok 2nd
Minta masukan dari suhu2 untuk rencana penggantinya...

Dasar pertimbangannya adalah :
1. Driving experience (kebetulan saya dan keluarga hobby roadtrip jarak jauh dgn segala medan on-road)
2. Reliability dan availability sparepart (karena kadang dipake touring jarak jauh, perbandingan dgn OPS yg selama ini trouble free, sudah (atau baru?) 75.000 km pemakaian)
3. Maintenance cost atau biaya service reguler (perbandingan dengan service cost OPS dakar)
4. Konsumsi BBM (tidak masalah dg jenis BBM)
5. Jumlah seater bukan pertimbangan utama
6. Asumsi semua pilihan sudah habis masa garansi

Beberapa yg jd kandidat sementara :
1. Mazda CX-5 GT atau elite, prefacelift
(pros : driving experience dan performa mungkin paling baik, build quality, konsumsi BBM, red soulnya keren, cons : 'katanya' suspensi keras, maintenance cost??)
2. Peugeot 3008 GT line
(pros : built quality better allure plus, pug biasanya jaminan nyaman, exterior dan interior i-cockpit nya 'wow' , cons : reliability peugeot??)
3. Grand santa fe TM
(pros : performa diesel hyundai, konsumsi BBM, exterior keren, 7 seater, cons : ground clearance pendek, interior bukan selera saya, unit sedikit jd sulit nemu)
4. CRV turbo (non honda sensing...krn budget belum sampai)
(Pros : banyak yg pakai jd lebih peace of mind, 7 seater, cons : exterior paling kurang dr ke 4 pilihan yg ada, kenyamanan dr 4 pilihan yg ada??)

Atau ada kandidat lain dgn pertimbangan di atas??
semua mobil enak sebenernya, relatif ga rewel semua termasuk peugeot pun ga rewel dan jaminan astra

tinggal cocok2an aja sih. mau bensin irit ya cx5, mau nyeleneh tp interior luar dalem mewah ya peugeot, mau jambakan diesel dan irit bisa santa fe, mau peace of mind ya crv turbo.

kl diatas mungkin saya akan kerucutin ke santa fe atau pug 3008. dl sempet pake versi panjangnya si 5008, mobil beneran enak sih, interior nya agak next level
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
sugarpot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Wed Dec 03, 2014 7:35

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by sugarpot »

Kalo pilihannya diantara itu semua sih ane pilih peugeot 3008 gan, mobil ini di eropa banyak banget yang pake. Selain itu, model exterior dan interior kalo buat ane keren :big_exellent:. Tapi udah pasti cost servicenya standart eropaan gan, untuk aftersales kayaknya aman aja toh peugeot dipegang astra :big_think:.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by ChZ »

kalo aksesibilitas yang dicari CRV sih paling juara. CX5 itu kekurangannya selain sempit akses row 2nya juga kehalang banget sama wheel arch yang lebar makan row 2.

peugeot coba lihat warranty dan ketersediaan parts. msh dipegang grup astra dan mesin nggak berubah sama kayak mini cooper lama. tapi kalo sering touring jauh agak bikin was was jg kalo gak ada emergency road service. kecuali dpt yang emang odometer nya masih kecil.

GSF ini yang masih 8-speed auto yah belum yang new udah dual clutch? cuma mengingat banyak yg ngeluh inden parts lama agak sulit juga mau nyaranin. kalo yg 8-speed auto basisnya sama kayak palisade skrg.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by Pboyz97 »

jiwul wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 1:44 Dear suhus,
Saya pengguna OPS dakar 2015 dan sampai sekarang mobil masih menemani dengan baik, dan bener2 trouble free, jd selama ini cuma service reguler
Kebetulan sudah 6 th lebih pemakaian dan pertimbangan mertua yg sudah nggak mungkin naik turun mobil tinggi, jd rencana pengen ganti SUV monokok 2nd
Minta masukan dari suhu2 untuk rencana penggantinya...

Dasar pertimbangannya adalah :
1. Driving experience (kebetulan saya dan keluarga hobby roadtrip jarak jauh dgn segala medan on-road)
2. Reliability dan availability sparepart (karena kadang dipake touring jarak jauh, perbandingan dgn OPS yg selama ini trouble free, sudah (atau baru?) 75.000 km pemakaian)
3. Maintenance cost atau biaya service reguler (perbandingan dengan service cost OPS dakar)
4. Konsumsi BBM (tidak masalah dg jenis BBM)
5. Jumlah seater bukan pertimbangan utama
6. Asumsi semua pilihan sudah habis masa garansi

Beberapa yg jd kandidat sementara :
1. Mazda CX-5 GT atau elite, prefacelift
(pros : driving experience dan performa mungkin paling baik, build quality, konsumsi BBM, red soulnya keren, cons : 'katanya' suspensi keras, maintenance cost??)
2. Peugeot 3008 GT line
(pros : built quality better allure plus, pug biasanya jaminan nyaman, exterior dan interior i-cockpit nya 'wow' , cons : reliability peugeot??)
3. Grand santa fe TM
(pros : performa diesel hyundai, konsumsi BBM, exterior keren, 7 seater, cons : ground clearance pendek, interior bukan selera saya, unit sedikit jd sulit nemu)
4. CRV turbo (non honda sensing...krn budget belum sampai)
(Pros : banyak yg pakai jd lebih peace of mind, 7 seater, cons : exterior paling kurang dr ke 4 pilihan yg ada, kenyamanan dr 4 pilihan yg ada??)

Atau ada kandidat lain dgn pertimbangan di atas??
kebetulan ex user ANPS Dakar2018, CRV turbo pres 2019 & CX5 elite 2018 + cukup sering naik grand santa fe + OPS dakar

kalo dari semua kandidat, jelas upgrade dari OPS apalagi kl cari kenyamanan, cm kl bisa saya jabarin satu2
1. Driving experience (kebetulan saya dan keluarga hobby roadtrip jarak jauh dgn segala medan on-road)
jwban:
1. Grand santa Fe
2. CX5
2. Reliability dan availability sparepart (karena kadang dipake touring jarak jauh, perbandingan dgn OPS yg selama ini trouble free, sudah (atau baru?) 75.000 km pemakaian)
jwban:
1. CRV turbo, aftersales paling terjamin diantara kandidat lain, apalagi TS nya tinggal diluar jabodetabek , kl realibility, kandidat no 1&4 sama2 cukup reliable, kebetulan pernah miara keduanya barengan, kl no 2&3 saya kurang tau
3. Maintenance cost atau biaya service reguler (perbandingan dengan service cost OPS dakar)
jawaban:
1. CRV turbo, bengkel non resminya cukup banyak yg bs handle, kalo kandidat no 1, kebetulan pernah miara 3 tahunan apa2 kudu ke beres, dan bengkel spesialisnya ngga sebanyak ahond or mitsu
4. Konsumsi BBM (tidak masalah dg jenis BBM)
kandidat no 1,3,4. mirip2, kl no 2 saya kurang tau
5. Jumlah seater bukan pertimbangan utama
6. Asumsi semua pilihan sudah habis masa garansi


kandidat lain bisa consider xtrail T32 . atau kalo emg mau yg lebih nyaman tp enak buat roadtrip jarak jauh & akses masuk lebih gampang, bs pertimbangkan reborn diesel at, walaupun ngga senyaman monokok tp at least, kenyamanannya lebih baik dibanding OPS menurut saya (kebetulan udh pernah piara jg)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
jiwul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by jiwul »

sugarpot wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 3:30 Kalo pilihannya diantara itu semua sih ane pilih peugeot 3008 gan, mobil ini di eropa banyak banget yang pake. Selain itu, model exterior dan interior kalo buat ane keren :big_exellent:. Tapi udah pasti cost servicenya standart eropaan gan, untuk aftersales kayaknya aman aja toh peugeot dipegang astra :big_think:.
3008 paling cakep emang menurut saya luar dan dalam
Tapi reliability peugeot ini yg kadang bikin was was om
Saya dulu user peugeot beberapa tahun dan beberapa kali ganti seri
Ini mobil yg butuh bener2 'dipelihara'
Nah untuk yg 3008 ini saya belum banyak dapat informasi mengenai reliability nya, ini sudah tahun ke 6 sejak keluar
Apakah krn selama ini masih under waranty sampe th ke 5, jd masih santai semua usernya πŸ˜„
ChZ wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 3:48 kalo aksesibilitas yang dicari CRV sih paling juara. CX5 itu kekurangannya selain sempit akses row 2nya juga kehalang banget sama wheel arch yang lebar makan row 2.

peugeot coba lihat warranty dan ketersediaan parts. msh dipegang grup astra dan mesin nggak berubah sama kayak mini cooper lama. tapi kalo sering touring jauh agak bikin was was jg kalo gak ada emergency road service. kecuali dpt yang emang odometer nya masih kecil.

GSF ini yang masih 8-speed auto yah belum yang new udah dual clutch? cuma mengingat banyak yg ngeluh inden parts lama agak sulit juga mau nyaranin. kalo yg 8-speed auto basisnya sama kayak palisade skrg.
Iya, pertimbangan cons paling utama 3008 itu memang
Kalau masalah sparepart mungkin nggak akan ada masalah selama astra
Untuk CX5 betul juga, mazda ini pinter bikin mobil tapi nggak pinter bikin space akomodasi
Yg GSF belum dual clutch setau saya, mulai dual clutch yg TM FL

CRV memang paling peace of mine kayaknya...tapi for the long run, saya masih agak gimana gitu dgn mesin 1500 cc yg gendong body 1.7 ton
Pboyz97 wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 10:01 kebetulan ex user ANPS Dakar2018, CRV turbo pres 2019 & CX5 elite 2018 + cukup sering naik grand santa fe + OPS dakar

kalo dari semua kandidat, jelas upgrade dari OPS apalagi kl cari kenyamanan, cm kl bisa saya jabarin satu2
1. Driving experience (kebetulan saya dan keluarga hobby roadtrip jarak jauh dgn segala medan on-road)
jwban:
1. Grand santa Fe
2. CX5
2. Reliability dan availability sparepart (karena kadang dipake touring jarak jauh, perbandingan dgn OPS yg selama ini trouble free, sudah (atau baru?) 75.000 km pemakaian)
jwban:
1. CRV turbo, aftersales paling terjamin diantara kandidat lain, apalagi TS nya tinggal diluar jabodetabek , kl realibility, kandidat no 1&4 sama2 cukup reliable, kebetulan pernah miara keduanya barengan, kl no 2&3 saya kurang tau
3. Maintenance cost atau biaya service reguler (perbandingan dengan service cost OPS dakar)
jawaban:
1. CRV turbo, bengkel non resminya cukup banyak yg bs handle, kalo kandidat no 1, kebetulan pernah miara 3 tahunan apa2 kudu ke beres, dan bengkel spesialisnya ngga sebanyak ahond or mitsu
4. Konsumsi BBM (tidak masalah dg jenis BBM)
kandidat no 1,3,4. mirip2, kl no 2 saya kurang tau
5. Jumlah seater bukan pertimbangan utama
6. Asumsi semua pilihan sudah habis masa garansi


kandidat lain bisa consider xtrail T32 . atau kalo emg mau yg lebih nyaman tp enak buat roadtrip jarak jauh & akses masuk lebih gampang, bs pertimbangkan reborn diesel at, walaupun ngga senyaman monokok tp at least, kenyamanannya lebih baik dibanding OPS menurut saya (kebetulan udh pernah piara jg)
Mantab nih komplit masukannya dr user langsung
CX5 untuk maintenance costnya dibanding OPS atau ANPS gimana om?? Cukup reliable nggak overall?? Suspensinya level keras yg nggak nyaman sampai kebanting2 dijln gak bagus atau keras nyaman??

Xtrail T32 sebenernya tadinya saya masukkan pertimbangan, terutama yg facelift, harganya juga reasonable
Tapi nggak tau kenapa saya kurang tertarik dgn exterior dan interior xtrail sejak T32... menurut info lebih enak dan nyaman drpd crv turbo ya??
Reborn diesel pernah nyoba dan memang ok bgt, irit pula
Masih dipertimbangkan, krn kalo nyari 2nd innova mungkin harus lebih picky
farizfsa wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 2:53 semua mobil enak sebenernya, relatif ga rewel semua termasuk peugeot pun ga rewel dan jaminan astra

tinggal cocok2an aja sih. mau bensin irit ya cx5, mau nyeleneh tp interior luar dalem mewah ya peugeot, mau jambakan diesel dan irit bisa santa fe, mau peace of mind ya crv turbo.

kl diatas mungkin saya akan kerucutin ke santa fe atau pug 3008. dl sempet pake versi panjangnya si 5008, mobil beneran enak sih, interior nya agak next level
Siap makasih masukannya om
Saya user pug dulu beberapa tahun dan beberapa kali ganti seri, kebetulan juga aktif di komunitas pug sampai saat ini
Nah, untuk yg 3008 terbaru ini masih minim sekali informasi dr temen2 user terkait reliabilitynya...
Krn pug itu harus bener2 'dipelihara' πŸ˜„... apalagi ini yg akan sering pakai istri krn saya lebih banyak luar kota

Santa fe memang menarik bgt, apalagi saya terbiasa dgn bisikan diesel 😊
faizzz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by faizzz »

Vote untuk grand santafe...
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by farizfsa »

jiwul wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 11:46
sugarpot wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 3:30 Kalo pilihannya diantara itu semua sih ane pilih peugeot 3008 gan, mobil ini di eropa banyak banget yang pake. Selain itu, model exterior dan interior kalo buat ane keren :big_exellent:. Tapi udah pasti cost servicenya standart eropaan gan, untuk aftersales kayaknya aman aja toh peugeot dipegang astra :big_think:.
3008 paling cakep emang menurut saya luar dan dalam
Tapi reliability peugeot ini yg kadang bikin was was om
Saya dulu user peugeot beberapa tahun dan beberapa kali ganti seri
Ini mobil yg butuh bener2 'dipelihara'
Nah untuk yg 3008 ini saya belum banyak dapat informasi mengenai reliability nya, ini sudah tahun ke 6 sejak keluar
Apakah krn selama ini masih under waranty sampe th ke 5, jd masih santai semua usernya πŸ˜„
ChZ wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 3:48 kalo aksesibilitas yang dicari CRV sih paling juara. CX5 itu kekurangannya selain sempit akses row 2nya juga kehalang banget sama wheel arch yang lebar makan row 2.

peugeot coba lihat warranty dan ketersediaan parts. msh dipegang grup astra dan mesin nggak berubah sama kayak mini cooper lama. tapi kalo sering touring jauh agak bikin was was jg kalo gak ada emergency road service. kecuali dpt yang emang odometer nya masih kecil.

GSF ini yang masih 8-speed auto yah belum yang new udah dual clutch? cuma mengingat banyak yg ngeluh inden parts lama agak sulit juga mau nyaranin. kalo yg 8-speed auto basisnya sama kayak palisade skrg.
Iya, pertimbangan cons paling utama 3008 itu memang
Kalau masalah sparepart mungkin nggak akan ada masalah selama astra
Untuk CX5 betul juga, mazda ini pinter bikin mobil tapi nggak pinter bikin space akomodasi
Yg GSF belum dual clutch setau saya, mulai dual clutch yg TM FL

CRV memang paling peace of mine kayaknya...tapi for the long run, saya masih agak gimana gitu dgn mesin 1500 cc yg gendong body 1.7 ton
Pboyz97 wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 10:01 kebetulan ex user ANPS Dakar2018, CRV turbo pres 2019 & CX5 elite 2018 + cukup sering naik grand santa fe + OPS dakar

kalo dari semua kandidat, jelas upgrade dari OPS apalagi kl cari kenyamanan, cm kl bisa saya jabarin satu2
1. Driving experience (kebetulan saya dan keluarga hobby roadtrip jarak jauh dgn segala medan on-road)
jwban:
1. Grand santa Fe
2. CX5
2. Reliability dan availability sparepart (karena kadang dipake touring jarak jauh, perbandingan dgn OPS yg selama ini trouble free, sudah (atau baru?) 75.000 km pemakaian)
jwban:
1. CRV turbo, aftersales paling terjamin diantara kandidat lain, apalagi TS nya tinggal diluar jabodetabek , kl realibility, kandidat no 1&4 sama2 cukup reliable, kebetulan pernah miara keduanya barengan, kl no 2&3 saya kurang tau
3. Maintenance cost atau biaya service reguler (perbandingan dengan service cost OPS dakar)
jawaban:
1. CRV turbo, bengkel non resminya cukup banyak yg bs handle, kalo kandidat no 1, kebetulan pernah miara 3 tahunan apa2 kudu ke beres, dan bengkel spesialisnya ngga sebanyak ahond or mitsu
4. Konsumsi BBM (tidak masalah dg jenis BBM)
kandidat no 1,3,4. mirip2, kl no 2 saya kurang tau
5. Jumlah seater bukan pertimbangan utama
6. Asumsi semua pilihan sudah habis masa garansi


kandidat lain bisa consider xtrail T32 . atau kalo emg mau yg lebih nyaman tp enak buat roadtrip jarak jauh & akses masuk lebih gampang, bs pertimbangkan reborn diesel at, walaupun ngga senyaman monokok tp at least, kenyamanannya lebih baik dibanding OPS menurut saya (kebetulan udh pernah piara jg)
Mantab nih komplit masukannya dr user langsung
CX5 untuk maintenance costnya dibanding OPS atau ANPS gimana om?? Cukup reliable nggak overall?? Suspensinya level keras yg nggak nyaman sampai kebanting2 dijln gak bagus atau keras nyaman??

Xtrail T32 sebenernya tadinya saya masukkan pertimbangan, terutama yg facelift, harganya juga reasonable
Tapi nggak tau kenapa saya kurang tertarik dgn exterior dan interior xtrail sejak T32... menurut info lebih enak dan nyaman drpd crv turbo ya??
Reborn diesel pernah nyoba dan memang ok bgt, irit pula
Masih dipertimbangkan, krn kalo nyari 2nd innova mungkin harus lebih picky
farizfsa wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 2:53 semua mobil enak sebenernya, relatif ga rewel semua termasuk peugeot pun ga rewel dan jaminan astra

tinggal cocok2an aja sih. mau bensin irit ya cx5, mau nyeleneh tp interior luar dalem mewah ya peugeot, mau jambakan diesel dan irit bisa santa fe, mau peace of mind ya crv turbo.

kl diatas mungkin saya akan kerucutin ke santa fe atau pug 3008. dl sempet pake versi panjangnya si 5008, mobil beneran enak sih, interior nya agak next level
Siap makasih masukannya om
Saya user pug dulu beberapa tahun dan beberapa kali ganti seri, kebetulan juga aktif di komunitas pug sampai saat ini
Nah, untuk yg 3008 terbaru ini masih minim sekali informasi dr temen2 user terkait reliabilitynya...
Krn pug itu harus bener2 'dipelihara' πŸ˜„... apalagi ini yg akan sering pakai istri krn saya lebih banyak luar kota

Santa fe memang menarik bgt, apalagi saya terbiasa dgn bisikan diesel 😊
nah saya jg pemakai peugeot berbagai series, 505 405 306 406 307 206, jd keinginan untuk icip peugeot lg sih masih kenceng ya, tengah akhir tahun pgn ambil jg 3008 gt line nya semoga sih udah banyak yg 300 jt kecil lumayan buat wara wiri + anter anak sekolah

cm ya itu kl 3008 coba om duduk dl aja cocok ga posisi nyetir dan duduk soalnya ini agak deal breaker kl di pug 3008. pug 5008 yg saya coba sih lumayan empug ya tp bukan empuk nya kelas 505 405 gt. dibanding bmw x1 or vw tiguan masih enakan 3008/5008 ini sih buat pantat ane.

yg ane impress ya layout bahan dashboard dan passenger driver depan, beda bgt aja dr mbl kebanyakan, fresh + ada dedicated parfum ac, gimmick tp fitur yg oke sih
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by ChZ »

jiwul wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 11:46
CRV memang paling peace of mine kayaknya...tapi for the long run, saya masih agak gimana gitu dgn mesin 1500 cc yg gendong body 1.7 ton
sbenernya curb weight semuanya mirip2 om... CRV curb weight 1.6ton. agak kewalahan kalo di kota tp begitu luar kota salip salipan lawan ladder diesel sih berani om :big_grin: sy isi 5 orang full + barang aja berani sparing ama fortuner innova cumi cumi.

kalahnya cuma kalo alarm penumpang udah bunyi (read = bokap/nyokap) jd loss gas deh :mky_07: sama kalo full load itu biasa kalah ngerem jd harus bener bener jaga jarak :mky_07:

tp kalo cinta bejek pedal to the kampret ga salah pilih CRV. potensi tuning remapnya juga besar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
jiwul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by jiwul »

faizzz wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 13:53 Vote untuk grand santafe...
Makasih masukannya om
farizfsa wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 2:24 nah saya jg pemakai peugeot berbagai series, 505 405 306 406 307 206, jd keinginan untuk icip peugeot lg sih masih kenceng ya, tengah akhir tahun pgn ambil jg 3008 gt line nya semoga sih udah banyak yg 300 jt kecil lumayan buat wara wiri + anter anak sekolah

cm ya itu kl 3008 coba om duduk dl aja cocok ga posisi nyetir dan duduk soalnya ini agak deal breaker kl di pug 3008. pug 5008 yg saya coba sih lumayan empug ya tp bukan empuk nya kelas 505 405 gt. dibanding bmw x1 or vw tiguan masih enakan 3008/5008 ini sih buat pantat ane.

yg ane impress ya layout bahan dashboard dan passenger driver depan, beda bgt aja dr mbl kebanyakan, fresh + ada dedicated parfum ac, gimmick tp fitur yg oke sih
Ternyata pugger jg
Saya dulu pake 307SW bensin, 505 wadam matik, dan terakhir 206 CKD tiptronik
Nyonya besar agak trauma dg pug sebenernya karena beberapa kali kena masalah di jalan pas dia bawa (206).... tapi 3008 ini memang keren bgt luar dalam, sulit untuk diabaikan
Kalo 5008 menurut saya agak kurang proposional, dan dgn mesin dan mapping yg sama seharusnya lebih fun to drive 3008 ya

Kembali lg ke reliability, EP6CDT yg bertahun2 jd engine of the year tetap saja banyak issue reliability setelahnya (walaupun banyak jg issue bukan dr mesin)... nah gak tau yg EP6FDTM (kalo gak salah ini yg dipake sekarang ya?)
ChZ wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 2:44
jiwul wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 11:46
CRV memang paling peace of mine kayaknya...tapi for the long run, saya masih agak gimana gitu dgn mesin 1500 cc yg gendong body 1.7 ton
sbenernya curb weight semuanya mirip2 om... CRV curb weight 1.6ton. agak kewalahan kalo di kota tp begitu luar kota salip salipan lawan ladder diesel sih berani om :big_grin: sy isi 5 orang full + barang aja berani sparing ama fortuner innova cumi cumi.

kalahnya cuma kalo alarm penumpang udah bunyi (read = bokap/nyokap) jd loss gas deh :mky_07: sama kalo full load itu biasa kalah ngerem jd harus bener bener jaga jarak :mky_07:

tp kalo cinta bejek pedal to the kampret ga salah pilih CRV. potensi tuning remapnya juga besar.
Iya sih...maksud saya untuk ke jangka panjangnya om, sudah ada issue mesin belum ya??
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by ChZ »

jiwul wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 3:15
Iya sih...maksud saya untuk ke jangka panjangnya om, sudah ada issue mesin belum ya??
di marketplace si yang pake odometernya malah gondrong2 banyak om. ni mbl ane yakin orang pake gak terlalu disayang2 biasa memang dipake daily car buat perang :big_grin:

ane punya odo cuma 40k aja minder om liat yg gondrong2 wakkakaak
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by farizfsa »

jiwul wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 3:15
faizzz wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 13:53 Vote untuk grand santafe...
Makasih masukannya om
farizfsa wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 2:24 nah saya jg pemakai peugeot berbagai series, 505 405 306 406 307 206, jd keinginan untuk icip peugeot lg sih masih kenceng ya, tengah akhir tahun pgn ambil jg 3008 gt line nya semoga sih udah banyak yg 300 jt kecil lumayan buat wara wiri + anter anak sekolah

cm ya itu kl 3008 coba om duduk dl aja cocok ga posisi nyetir dan duduk soalnya ini agak deal breaker kl di pug 3008. pug 5008 yg saya coba sih lumayan empug ya tp bukan empuk nya kelas 505 405 gt. dibanding bmw x1 or vw tiguan masih enakan 3008/5008 ini sih buat pantat ane.

yg ane impress ya layout bahan dashboard dan passenger driver depan, beda bgt aja dr mbl kebanyakan, fresh + ada dedicated parfum ac, gimmick tp fitur yg oke sih
Ternyata pugger jg
Saya dulu pake 307SW bensin, 505 wadam matik, dan terakhir 206 CKD tiptronik
Nyonya besar agak trauma dg pug sebenernya karena beberapa kali kena masalah di jalan pas dia bawa (206).... tapi 3008 ini memang keren bgt luar dalam, sulit untuk diabaikan
Kalo 5008 menurut saya agak kurang proposional, dan dgn mesin dan mapping yg sama seharusnya lebih fun to drive 3008 ya

Kembali lg ke reliability, EP6CDT yg bertahun2 jd engine of the year tetap saja banyak issue reliability setelahnya (walaupun banyak jg issue bukan dr mesin)... nah gak tau yg EP6FDTM (kalo gak salah ini yg dipake sekarang ya?)
ChZ wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 2:44
jiwul wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 11:46
CRV memang paling peace of mine kayaknya...tapi for the long run, saya masih agak gimana gitu dgn mesin 1500 cc yg gendong body 1.7 ton
sbenernya curb weight semuanya mirip2 om... CRV curb weight 1.6ton. agak kewalahan kalo di kota tp begitu luar kota salip salipan lawan ladder diesel sih berani om :big_grin: sy isi 5 orang full + barang aja berani sparing ama fortuner innova cumi cumi.

kalahnya cuma kalo alarm penumpang udah bunyi (read = bokap/nyokap) jd loss gas deh :mky_07: sama kalo full load itu biasa kalah ngerem jd harus bener bener jaga jarak :mky_07:

tp kalo cinta bejek pedal to the kampret ga salah pilih CRV. potensi tuning remapnya juga besar.
Iya sih...maksud saya untuk ke jangka panjangnya om, sudah ada issue mesin belum ya??
ya sebenernya kalo memang mau yang mbl no brainer gausah takut ini itu ya mau ga mau ambil jepangan sih ya. sy sekarang pegang 2 mbl jepang ya itu mbl pasti nyala, pasti ga ada masalah apa2 wkwk

kl ttg best enjin, ah [cencored] lah menurut ane, itu mesin bmw B38 yg dpt best enjin award apa masih saya rawat tp lumayan rewel padahal. nah satu lg mesin bmw n47 diesel yg katanya rewel, di saya malah almost flawless ga ada rewel2 nya kaya rawat mbl jepang.

yes 5008 emh agak aneh di belakang, tp tenaga oke, di highway bangkok saya intilin bmw 730li sampai 170km per jam anteng mobilnya. emg 3008 plg proposional.

pug dulu sama pug sekarang kayanya beda ya apa lg sudah ada yg ckd malay, parts mudah cepet lah harusnya. kl mbl rewelan resale value nya ga mungkin msh lumayan kuat kaya sekarang sih
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by HaykelAdityawarman »

jiwul wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 1:44 Dear suhus,
Saya pengguna OPS dakar 2015 dan sampai sekarang mobil masih menemani dengan baik, dan bener2 trouble free, jd selama ini cuma service reguler
Kebetulan sudah 6 th lebih pemakaian dan pertimbangan mertua yg sudah nggak mungkin naik turun mobil tinggi, jd rencana pengen ganti SUV monokok 2nd
Minta masukan dari suhu2 untuk rencana penggantinya...
Klo lihat profile om yang udah lumayan lama pake diesel dan punya history sama pug, menurut saya pilih antara Santa Fe atau 3008 aja om. Sehari2 istri bakal pake juga ga om? Klo iya kayanya coba lirik 3008 dulu, Santa Fe ukurannya lumayan gede keliatannya ya, gatau feel dibawanya gimana.
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
User avatar
jiwul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by jiwul »

farizfsa wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 4:06
jiwul wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 3:15
faizzz wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 13:53 Vote untuk grand santafe...
Makasih masukannya om
farizfsa wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 2:24 nah saya jg pemakai peugeot berbagai series, 505 405 306 406 307 206, jd keinginan untuk icip peugeot lg sih masih kenceng ya, tengah akhir tahun pgn ambil jg 3008 gt line nya semoga sih udah banyak yg 300 jt kecil lumayan buat wara wiri + anter anak sekolah

cm ya itu kl 3008 coba om duduk dl aja cocok ga posisi nyetir dan duduk soalnya ini agak deal breaker kl di pug 3008. pug 5008 yg saya coba sih lumayan empug ya tp bukan empuk nya kelas 505 405 gt. dibanding bmw x1 or vw tiguan masih enakan 3008/5008 ini sih buat pantat ane.

yg ane impress ya layout bahan dashboard dan passenger driver depan, beda bgt aja dr mbl kebanyakan, fresh + ada dedicated parfum ac, gimmick tp fitur yg oke sih
Ternyata pugger jg
Saya dulu pake 307SW bensin, 505 wadam matik, dan terakhir 206 CKD tiptronik
Nyonya besar agak trauma dg pug sebenernya karena beberapa kali kena masalah di jalan pas dia bawa (206).... tapi 3008 ini memang keren bgt luar dalam, sulit untuk diabaikan
Kalo 5008 menurut saya agak kurang proposional, dan dgn mesin dan mapping yg sama seharusnya lebih fun to drive 3008 ya

Kembali lg ke reliability, EP6CDT yg bertahun2 jd engine of the year tetap saja banyak issue reliability setelahnya (walaupun banyak jg issue bukan dr mesin)... nah gak tau yg EP6FDTM (kalo gak salah ini yg dipake sekarang ya?)
ChZ wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 2:44

sbenernya curb weight semuanya mirip2 om... CRV curb weight 1.6ton. agak kewalahan kalo di kota tp begitu luar kota salip salipan lawan ladder diesel sih berani om :big_grin: sy isi 5 orang full + barang aja berani sparing ama fortuner innova cumi cumi.

kalahnya cuma kalo alarm penumpang udah bunyi (read = bokap/nyokap) jd loss gas deh :mky_07: sama kalo full load itu biasa kalah ngerem jd harus bener bener jaga jarak :mky_07:

tp kalo cinta bejek pedal to the kampret ga salah pilih CRV. potensi tuning remapnya juga besar.
Iya sih...maksud saya untuk ke jangka panjangnya om, sudah ada issue mesin belum ya??
ya sebenernya kalo memang mau yang mbl no brainer gausah takut ini itu ya mau ga mau ambil jepangan sih ya. sy sekarang pegang 2 mbl jepang ya itu mbl pasti nyala, pasti ga ada masalah apa2 wkwk

kl ttg best enjin, ah [cencored] lah menurut ane, itu mesin bmw B38 yg dpt best enjin award apa masih saya rawat tp lumayan rewel padahal. nah satu lg mesin bmw n47 diesel yg katanya rewel, di saya malah almost flawless ga ada rewel2 nya kaya rawat mbl jepang.

yes 5008 emh agak aneh di belakang, tp tenaga oke, di highway bangkok saya intilin bmw 730li sampai 170km per jam anteng mobilnya. emg 3008 plg proposional.

pug dulu sama pug sekarang kayanya beda ya apa lg sudah ada yg ckd malay, parts mudah cepet lah harusnya. kl mbl rewelan resale value nya ga mungkin msh lumayan kuat kaya sekarang sih
Hihi...jd nambah semangat saya ke pug ini, padahal sebelumnya semangatnya nyala redup πŸ˜„
Resale value saat ini mungkin jg ditolong garansi peace of mine 5 th itu huga kali ya...dan kalo gak salah bisa diextend lg garansinya

Kebetulan td pagi nyonya ngeliat 3008 lewat langsung heboh πŸ˜„, krn gak banyak popilasinya di jgj... nah ini juga salah satu pertimbangan, bengkel resmi pug gak ada di jgj... walaupun sudah tambah banyak bengkel swastanya, tapi dgn perkembangan teknologi yg pesat, saya agak kurang yakin bengkel swasta krn orang2 lama juga
HaykelAdityawarman wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 5:16 Klo lihat profile om yang udah lumayan lama pake diesel dan punya history sama pug, menurut saya pilih antara Santa Fe atau 3008 aja om. Sehari2 istri bakal pake juga ga om? Klo iya kayanya coba lirik 3008 dulu, Santa Fe ukurannya lumayan gede keliatannya ya, gatau feel dibawanya gimana.
Kebetulan saya emang dr dulu nungguin harga grand santa fe turun sampai pas di kantong om πŸ˜„
Kalau dr dimensinya lebih panjang pajero olah raga sih, lebarnya mungkin lebih lebar SF...satu yg agak kurang, SF ini GC nya terlalu pendek untuk ukuran SUV kayaknya.. dan saya lihan jadwal service dan ganti olinya (dr goup FB santa fe) itu per 4 bulan.. agak aneh menurut saya
Dan 3008 itu mobil yg sulit untuk diabaikan...
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by ExorT »

jiwul wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 11:39
Kebetulan td pagi nyonya ngeliat 3008 lewat langsung heboh πŸ˜„, krn gak banyak popilasinya di jgj... nah ini juga salah satu pertimbangan, bengkel resmi pug gak ada di jgj... walaupun sudah tambah banyak bengkel swastanya, tapi dgn perkembangan teknologi yg pesat, saya agak kurang yakin bengkel swasta krn orang2 lama juga
Setau saya service peugeot juga bekerja sama dengan BMW (Astra) di daerah yang tidak ada dealershipnya. Jadi sebelum servis nanti buat appointment dulu, dan spare parts nya akan dikirim ke bengkel BMW.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by Pboyz97 »

jiwul wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 11:46
Mantab nih komplit masukannya dr user langsung
CX5 untuk maintenance costnya dibanding OPS atau ANPS gimana om?? Cukup reliable nggak overall?? Suspensinya level keras yg nggak nyaman sampai kebanting2 dijln gak bagus atau keras nyaman??

Xtrail T32 sebenernya tadinya saya masukkan pertimbangan, terutama yg facelift, harganya juga reasonable
Tapi nggak tau kenapa saya kurang tertarik dgn exterior dan interior xtrail sejak T32... menurut info lebih enak dan nyaman drpd crv turbo ya??
Reborn diesel pernah nyoba dan memang ok bgt, irit pula
Masih dipertimbangkan, krn kalo nyari 2nd innova mungkin harus lebih picky
kalo maintenance costnya jelas lebih mahal daripada ops or anps, tp selisihnya nggak jauh beda kalo sama2 di beres, cx5 cm kalah di bengkel non resmi aja yg nggak sebanyak mitsu + part kw or aftermarketnya jg ngga sebanyak mitsu, tp overall cukup reliable . kalo dibanding ops ya jelas lebih nyaman om, keras sih keras dibanding CRV or xtrail, tp masih dalam tahap tolerable menurut saya

kalo xtrail yes, lebih nyaman dan lebih empuk, tp driving feel, tarikan sm handlingnya nggak sebagus crv . tp kalo dari kriteria saya vote reborn diesel aja deh, udh paling cocok, kenyamanan juga paling nyaman buat ukuran ladder frame, sebagai gambaran saya pernah pake ANF VRZ, ANPS dakar sm reborn diesel matic paling nyaman buat row 2 ya memang reborn , bakal upgrade dari ops menurut saya

ya pake inspektor aja om, jd udh tau diawal minus dan pr2nya apa
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
jiwul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by jiwul »

ExorT wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 13:20 Setau saya service peugeot juga bekerja sama dengan BMW (Astra) di daerah yang tidak ada dealershipnya. Jadi sebelum servis nanti buat appointment dulu, dan spare parts nya akan dikirim ke bengkel BMW.
Oya? Malah baru tau ini
Thanks infonya om
Pboyz97 wrote: ↑Wed Feb 07, 2024 2:18 kalo maintenance costnya jelas lebih mahal daripada ops or anps, tp selisihnya nggak jauh beda kalo sama2 di beres, cx5 cm kalah di bengkel non resmi aja yg nggak sebanyak mitsu + part kw or aftermarketnya jg ngga sebanyak mitsu, tp overall cukup reliable . kalo dibanding ops ya jelas lebih nyaman om, keras sih keras dibanding CRV or xtrail, tp masih dalam tahap tolerable menurut saya

kalo xtrail yes, lebih nyaman dan lebih empuk, tp driving feel, tarikan sm handlingnya nggak sebagus crv . tp kalo dari kriteria saya vote reborn diesel aja deh, udh paling cocok, kenyamanan juga paling nyaman buat ukuran ladder frame, sebagai gambaran saya pernah pake ANF VRZ, ANPS dakar sm reborn diesel matic paling nyaman buat row 2 ya memang reborn , bakal upgrade dari ops menurut saya

ya pake inspektor aja om, jd udh tau diawal minus dan pr2nya apa
Saya pernah dikasih lihat service regulernya memang so so aja sama OPS menurut saya
Spare part gimana om? Ini mungkin yg agak jauh beda harganya ya?
Reborn coba saya dipertimbangkan lagi, sebenernya mau cari ganti yg monokok..tapi framenya innova memang nyaman
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by Pboyz97 »

jiwul wrote: ↑Wed Feb 07, 2024 7:28
Saya pernah dikasih lihat service regulernya memang so so aja sama OPS menurut saya
Spare part gimana om? Ini mungkin yg agak jauh beda harganya ya?
Reborn coba saya dipertimbangkan lagi, sebenernya mau cari ganti yg monokok..tapi framenya innova memang nyaman
iya, kl sama2 di beres ya ngga jauh beda, tp bagusnya OPS, part non ori / bengkel non resminya masih banyak yg bisa handle dibanding mazda menurut saya, sepengalaman saya pake keduanya . kalo soal part, pertama, soal ketersediaan dulu, kalo tinggal di jabodetabek, masih banyak tersedia, secara beresnya banyak yg bs handle, saya domisili di jabodetabek, kebetulan pernah pake mazda 10 tahun (cx5 2013 & 2018) , untuk masalah spare part masih, aman2 aja, kl diluar jabodetabek kurang tau sy. buat harga ya kalo sama2 ori dan di beres , memang lebih mahal mazda, tp gasampe 2x lipet, kl non ori atau bengkel non resmi, mungkin bs beda lumayan harganya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by Bibieight »

ExorT wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 13:20 Setau saya service peugeot juga bekerja sama dengan BMW (Astra) di daerah yang tidak ada dealershipnya. Jadi sebelum servis nanti buat appointment dulu, dan spare parts nya akan dikirim ke bengkel BMW.
Kalo ndak salah, secara dealership Astra itu dibagi 3, Toyota, sepeda motor Honda, sama lain2. Nah lain2 ini isinya : Daihatsu, Isuzu, BMW ama Peugeot. Jadi sering2 kalo ada apa2 itu di tempat yg bengkelnya Pug ndak ada ya masuknya ke salah satu dr 4 ini. Pengalaman pernah punya 308, aki tekor pas di Cilacap, tilpun Astra World yg datang malah montir Isuzu :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Balik mesin, EP6 kan dah iterasi entah keberapa sejak 2000an awal, mestinya reliability-nya udah jauh lebih baik ya ?. Saya pake 308 tahun 2012 yg panoramic +/- 5 tahun godaannya cuma di sensor2 macam ABS aja sih, kalo mesin si aman jaya
User avatar
jiwul
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Wed Sep 27, 2017 6:30

Re: Cari pengganti OPS dakar, CX5 vs peugeot GTline 3008 vs crv turbo (<2021) vs grand santa fe

Post by jiwul »

Pboyz97 wrote: ↑Fri Feb 09, 2024 2:08
jiwul wrote: ↑Wed Feb 07, 2024 7:28
Saya pernah dikasih lihat service regulernya memang so so aja sama OPS menurut saya
Spare part gimana om? Ini mungkin yg agak jauh beda harganya ya?
Reborn coba saya dipertimbangkan lagi, sebenernya mau cari ganti yg monokok..tapi framenya innova memang nyaman
iya, kl sama2 di beres ya ngga jauh beda, tp bagusnya OPS, part non ori / bengkel non resminya masih banyak yg bisa handle dibanding mazda menurut saya, sepengalaman saya pake keduanya . kalo soal part, pertama, soal ketersediaan dulu, kalo tinggal di jabodetabek, masih banyak tersedia, secara beresnya banyak yg bs handle, saya domisili di jabodetabek, kebetulan pernah pake mazda 10 tahun (cx5 2013 & 2018) , untuk masalah spare part masih, aman2 aja, kl diluar jabodetabek kurang tau sy. buat harga ya kalo sama2 ori dan di beres , memang lebih mahal mazda, tp gasampe 2x lipet, kl non ori atau bengkel non resmi, mungkin bs beda lumayan harganya hehehe
Sip
Makasih banyak masukkannya om
Salah satu alasan kenapa cx5 saya masukkan ke list adalah harapannya punya reliability khas produk jepang di indonesia 😊
Bibieight wrote: ↑Fri Feb 09, 2024 2:43
ExorT wrote: ↑Tue Feb 06, 2024 13:20 Setau saya service peugeot juga bekerja sama dengan BMW (Astra) di daerah yang tidak ada dealershipnya. Jadi sebelum servis nanti buat appointment dulu, dan spare parts nya akan dikirim ke bengkel BMW.
Kalo ndak salah, secara dealership Astra itu dibagi 3, Toyota, sepeda motor Honda, sama lain2. Nah lain2 ini isinya : Daihatsu, Isuzu, BMW ama Peugeot. Jadi sering2 kalo ada apa2 itu di tempat yg bengkelnya Pug ndak ada ya masuknya ke salah satu dr 4 ini. Pengalaman pernah punya 308, aki tekor pas di Cilacap, tilpun Astra World yg datang malah montir Isuzu :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Balik mesin, EP6 kan dah iterasi entah keberapa sejak 2000an awal, mestinya reliability-nya udah jauh lebih baik ya ?. Saya pake 308 tahun 2012 yg panoramic +/- 5 tahun godaannya cuma di sensor2 macam ABS aja sih, kalo mesin si aman jaya
Iya om, saya tinggal di jogja, pertama pake 307SW 14 th yg lalu, service awal saya masukkan ke bengkel daihatsu... kebetulan mau ganti kampas rem, SA nya malah ngerujuk ke bengkel swasta πŸ˜„

308HB 2012 sudah EP6CDT ya?
Kebetulan kemaren saya ngobrol sama temen user 3008 GT line (dan kalo gak salah juga punya 5008), dia user 3008 EP6CDT juga dan termasuk peternak pug, testimoni dr dia, mesin EP6FDTM sudah jauh lebih reliable drpd EP6CDT, tapi astra seperti masih menganak tirikan pug, inden sparepartnya ampun katanya, yg akhirnya saking malesnya dia jual itu pug πŸ˜„