Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Aug 25, 2023 9:18
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Vario
Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
Misi agan agan dan suhu-suhu ane pengen berbagi cerita nih setelah ane selalu jadi silent reader di forum ini soal motor kesayangan ane, si Vira (si Vira nih jenisnya Honda Vario 110 gan )
Kenalin, ini Vira
Kemaren kan ane udah saatnya ganti oli si Vira, biasanya ane males banget ngulik oli motor, tapi mendadak ane terpaksa harus ngulik soalnya bengkel langganan ane lagi tutup pulang kampung yang punya jadinya mau ga mau cari bengkel lain. Cuma pas di bengkel lain pas ditanya mo pake apa, ane bingung soalnya kaga tau oli yg enak kan. Jadinya ane tanya dulu rekomendasi dr abangnya aja. Abis ngobrol sama abangnya, doi bilang suruh pake oli AHM alias oli ATPM bawaan Honda. Sempet tanya2 ke mekaniknya ini oli rekomen ga, doi bilang sih pelanggan dia yang make puas2 aja, ni oli katanya jarang nguap dan mesin motor jadi ngacir...
Akhirnya setelah banyak pertimbangan dan banyak nanya, akhirnya pilihan jatuh ke oli AHM MPX2
Sumber foto dari websitenya langsung Oli AHM MPX 2, ane lupa foto pas di bengkel wkwkwk
Ane yang awalnya skeptis sama oli bawaan pabrik ternyata tidak seburuk itu ferguso....Ternyata ni oli ahm performanya enak juga khususnya di putaran bawah, yang awalnya ngeden sekarang jadi langsung loss karena putaran bawah lebih enak otomatis bensin jadi lebih irit karena gaperlu ngegas dalem jujur ane gaada ekspektasi apa2 sama ni oli, eh ternyata di luar ekspetasi performanya di jalan. Sebenernya ane juga milih oli ini karna harganya bersaing juga sih gan, terutama buat ane yang dompetnya terbatas
Berawal dari coba2, ane dan vira jadi seneng! Jadi kalo agan2 atau sista2 pada lagi bingung juga kayak ane mau pake oli apa buat motor matic, oli AHM MPX 2 ini bisa jadi pertimbangan sih. Oiya tapi harus hati2 juga ya gan jgn sampe dapet oli palsu, pokoknya scan barcode dulu deh di bengkel manapun biar ga apes dapet oli palsu
Gitu aja sih sharing ane pake oli ahm, btw ane bukan sales ahm ya jadi tolong jangan dibully semoga cerita ane bermanfaat. kalo di sini ada yang punya pengalaman yang sama gak nih gan pernah pake oli ahm? yuk kita ngobrol dan sharing bareng di sini hehe
Kenalin, ini Vira
Kemaren kan ane udah saatnya ganti oli si Vira, biasanya ane males banget ngulik oli motor, tapi mendadak ane terpaksa harus ngulik soalnya bengkel langganan ane lagi tutup pulang kampung yang punya jadinya mau ga mau cari bengkel lain. Cuma pas di bengkel lain pas ditanya mo pake apa, ane bingung soalnya kaga tau oli yg enak kan. Jadinya ane tanya dulu rekomendasi dr abangnya aja. Abis ngobrol sama abangnya, doi bilang suruh pake oli AHM alias oli ATPM bawaan Honda. Sempet tanya2 ke mekaniknya ini oli rekomen ga, doi bilang sih pelanggan dia yang make puas2 aja, ni oli katanya jarang nguap dan mesin motor jadi ngacir...
Akhirnya setelah banyak pertimbangan dan banyak nanya, akhirnya pilihan jatuh ke oli AHM MPX2
Sumber foto dari websitenya langsung Oli AHM MPX 2, ane lupa foto pas di bengkel wkwkwk
Ane yang awalnya skeptis sama oli bawaan pabrik ternyata tidak seburuk itu ferguso....Ternyata ni oli ahm performanya enak juga khususnya di putaran bawah, yang awalnya ngeden sekarang jadi langsung loss karena putaran bawah lebih enak otomatis bensin jadi lebih irit karena gaperlu ngegas dalem jujur ane gaada ekspektasi apa2 sama ni oli, eh ternyata di luar ekspetasi performanya di jalan. Sebenernya ane juga milih oli ini karna harganya bersaing juga sih gan, terutama buat ane yang dompetnya terbatas
Berawal dari coba2, ane dan vira jadi seneng! Jadi kalo agan2 atau sista2 pada lagi bingung juga kayak ane mau pake oli apa buat motor matic, oli AHM MPX 2 ini bisa jadi pertimbangan sih. Oiya tapi harus hati2 juga ya gan jgn sampe dapet oli palsu, pokoknya scan barcode dulu deh di bengkel manapun biar ga apes dapet oli palsu
Gitu aja sih sharing ane pake oli ahm, btw ane bukan sales ahm ya jadi tolong jangan dibully semoga cerita ane bermanfaat. kalo di sini ada yang punya pengalaman yang sama gak nih gan pernah pake oli ahm? yuk kita ngobrol dan sharing bareng di sini hehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
Enak karena masih baru olinya dan filter udara abis dibersihin,kalo udah beberapa ribu km ya kerasa tuh perubahannya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1520
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
yang pasti mesti asli..krn makin laris oli makin banyak palsunya
udah gitu yang disalahin tar makernya dah
udah gitu yang disalahin tar makernya dah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
kalau saya karena motor cuma untuk antar jemput, pakai MPX atau oli pabrikan.
merek lain yang saya percara minimal pertamina dan shell
merek lain yang saya percara minimal pertamina dan shell
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 625
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
kalo oli baru emang enak om...
btw, itu MPX cepet kerasa ga enaknya. pemakaiannya cuma buat 2k kalo ga salah
jadinya sy selalu pake SPX kalo misalnya itu bengkel ada... kalo SPX bisa ampe 4k, tp sy tetep ganti di 2k-2.5k
btw, itu MPX cepet kerasa ga enaknya. pemakaiannya cuma buat 2k kalo ga salah
jadinya sy selalu pake SPX kalo misalnya itu bengkel ada... kalo SPX bisa ampe 4k, tp sy tetep ganti di 2k-2.5k
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1429
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
sama om, saya kalo kepepet ganti oli vario, pasti ganti oli SPX-2 di ahass.
tapi skrg dah nyetok repsol platinum, jadi ampe bbrp kali jadwal oci ke depan masih aman.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Aug 25, 2023 9:18
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Vario
Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
tapi ini first impression-nya udh positif om, kan ada tuh oli yg bahkan first impression-nya aja udh gaenakzonepublic wrote: βThu Oct 19, 2023 16:58 Enak karena masih baru olinya dan filter udara abis dibersihin,kalo udah beberapa ribu km ya kerasa tuh perubahannya
betul bgt om, apalagi skrng makin marak2nya oli palsu dgn kemasan yg sama persis. harus lebih teliti lagi biar ga apes di mesin motor dan kantong hehe
apapun olinya yang penting rutin ganti oli dan jangan sampe dapet oli palsu
sy sih selalu ganti oli tiap 2.000-2.500km atau 3 bulan om, krn sy prinsipnya mending pake oli biasa aja engga mahal tapi rajin ganti oli hehehe. kalo spx itu kan dia full sintesis kan yah om jd wajar seharusnya bisa lebih lama pakenya
mantap om yg penting jangan telat ganti oli, pake oli sesuai spek motor dan jgn sampe kena oli palsuAbdulHakim wrote: βFri Oct 20, 2023 10:07sama om, saya kalo kepepet ganti oli vario, pasti ganti oli SPX-2 di ahass.
tapi skrg dah nyetok repsol platinum, jadi ampe bbrp kali jadwal oci ke depan masih aman.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 414
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
saya juga kemarin demi ngejar uji emisi motor di planet ban kepaksa servuis. 140ribuan dapet ganti oli xten, oli gardan, servis cvt sama Throttle body. hasilnya lumayan kok. tarikan lumayan enteng. hitung-hitung kalau 3 bulan sekali sih lumayan juga yaa... Dan sebenernya rada deg2an juga pakai oli ga dikenal kayak xten ini.
sebelumnya saya suka gantian servis di yamaha, sama hanya ganti oli di shell tuk yamaha lexi saya.
sebelumnya saya suka gantian servis di yamaha, sama hanya ganti oli di shell tuk yamaha lexi saya.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Aug 25, 2023 9:18
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Vario
Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
Yupp om intinya oli apapun yang penting sesuaikan dengan kebutuhan kita, budget kita berapa, rutin ganti oli, dan jangan sampe dapet oli palsu. Mau oli atpm, oli merk a yang terkenal, oli merk b yang baru itu yang penting dilihat juga sertifikat API-nya, Insyaallah udah aman omfl4b1e wrote: βSat Oct 21, 2023 11:06 saya juga kemarin demi ngejar uji emisi motor di planet ban kepaksa servuis. 140ribuan dapet ganti oli xten, oli gardan, servis cvt sama Throttle body. hasilnya lumayan kok. tarikan lumayan enteng. hitung-hitung kalau 3 bulan sekali sih lumayan juga yaa... Dan sebenernya rada deg2an juga pakai oli ga dikenal kayak xten ini.
sebelumnya saya suka gantian servis di yamaha, sama hanya ganti oli di shell tuk yamaha lexi saya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 414
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
Yupp.. setuju Mbah.monzastradale wrote:Yupp om intinya oli apapun yang penting sesuaikan dengan kebutuhan kita, budget kita berapa, rutin ganti oli, dan jangan sampe dapet oli palsu. Mau oli atpm, oli merk a yang terkenal, oli merk b yang baru itu yang penting dilihat juga sertifikat API-nya, Insyaallah udah aman omfl4b1e wrote: βSat Oct 21, 2023 11:06 saya juga kemarin demi ngejar uji emisi motor di planet ban kepaksa servuis. 140ribuan dapet ganti oli xten, oli gardan, servis cvt sama Throttle body. hasilnya lumayan kok. tarikan lumayan enteng. hitung-hitung kalau 3 bulan sekali sih lumayan juga yaa... Dan sebenernya rada deg2an juga pakai oli ga dikenal kayak xten ini.
sebelumnya saya suka gantian servis di yamaha, sama hanya ganti oli di shell tuk yamaha lexi saya.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Tue Nov 28, 2023 7:15
Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
Mantaaap reviewnya om...
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Feb 01, 2024 10:37
- Location: yogya
- Daily Vehicle: Suzuki Bandit 150
Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...
Ane ada bbrp motor yg pernah bbrp kali pake oki Atpm.
Pertama Suprek Geter punya anak ane. Awal2 pakainya, pakai Spx untuk motor bergigi.
Awalnya doang enak cuman sampe 200-an km.
Abis itu yaa gitu deh, motor cepet panas sehingga tenaga ngempos, mesin bunyi klutuk klutuk, dan ga enak banget buat ditarik tarik.
Trus sempet juga bbrp kali cobain oli, dari LM, Ams. LM enak tapi lumayan mehong. Ams mahal, enaknya cuman di 1000km pertama tapi abis itu turun drastis performnya.
Akhirnya nyobain Ecstar R9000, kok ternyata enak dipakenya. Mesin engga klutuk klutuk lagi khasnya mesin K56, suhu ngga cepet panas. Malahan kemaren sempet kelupaan ganti oli, sejak agustus 2023-Januari 2024 belum ganti oli itu Ecstar. Ada kalik 5000 km karena agustus sampe oktober kmrn dia periode KKN.
Saat drained, volumenya udah berkurang dikit, tapi anak ane ga ngerasain bedanya. Masih juga betot betot gas.
Ini juga saya alamin di Bandit 150 saya. Awal2 punya, diisiin ecstar R7000. Trus servis berikutnya saya coba pakai LM, ternyata kok pindah persneleng nya ngga se smooth kalo pake ecstar. Nariknya juga malah tidak sengacir pake ectar.
Akhirnya saya balik lagi ke ecstar tapi upgrade ke R9000. Busedd.. larinya ngacirr, pindah persneleng juga uenteng banget. Perform baru mulai terasa turun saat 1800-2000km dipakai.
Estimasi saya R9000 ini bisa dipaksa sampai 3000km, karena pernah sampai 2700 km belum saya ganti ganti karena tanggung masih dipakai touring.
Disclaimer, Suprek Geter 2017 dibeli seken di KM on going 20ribuan km.. Untuk bandot 2018 juga beli seken di KM 10ribuan km.
Pertama Suprek Geter punya anak ane. Awal2 pakainya, pakai Spx untuk motor bergigi.
Awalnya doang enak cuman sampe 200-an km.
Abis itu yaa gitu deh, motor cepet panas sehingga tenaga ngempos, mesin bunyi klutuk klutuk, dan ga enak banget buat ditarik tarik.
Trus sempet juga bbrp kali cobain oli, dari LM, Ams. LM enak tapi lumayan mehong. Ams mahal, enaknya cuman di 1000km pertama tapi abis itu turun drastis performnya.
Akhirnya nyobain Ecstar R9000, kok ternyata enak dipakenya. Mesin engga klutuk klutuk lagi khasnya mesin K56, suhu ngga cepet panas. Malahan kemaren sempet kelupaan ganti oli, sejak agustus 2023-Januari 2024 belum ganti oli itu Ecstar. Ada kalik 5000 km karena agustus sampe oktober kmrn dia periode KKN.
Saat drained, volumenya udah berkurang dikit, tapi anak ane ga ngerasain bedanya. Masih juga betot betot gas.
Ini juga saya alamin di Bandit 150 saya. Awal2 punya, diisiin ecstar R7000. Trus servis berikutnya saya coba pakai LM, ternyata kok pindah persneleng nya ngga se smooth kalo pake ecstar. Nariknya juga malah tidak sengacir pake ectar.
Akhirnya saya balik lagi ke ecstar tapi upgrade ke R9000. Busedd.. larinya ngacirr, pindah persneleng juga uenteng banget. Perform baru mulai terasa turun saat 1800-2000km dipakai.
Estimasi saya R9000 ini bisa dipaksa sampai 3000km, karena pernah sampai 2700 km belum saya ganti ganti karena tanggung masih dipakai touring.
Disclaimer, Suprek Geter 2017 dibeli seken di KM on going 20ribuan km.. Untuk bandot 2018 juga beli seken di KM 10ribuan km.
Last edited by RBCrew on Mon Feb 12, 2024 0:30, edited 1 time in total.