Sehari dengan Polestar 2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 534
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Sehari dengan Polestar 2
Berhubung EV sedang hype dengan love and hate-nya di Indonesia, sharing sehari road trip dengan EV di Adelaide akhir tahun kemarin. Karena sehari di Adelaide, tujuannya ya akhirnya driving ke Barossa Valley. Baca2 Lonely Planet , disarankan jangan lewat freeway tapi lewat Adelaide Hills (Woodside, Birdwood, Mt Pleasant dan Springton), masukin ke google maps, liat ada yang lebih berkelok2, lewat Tanunda, modifikasi dikit, beginilah rute akhirnya, dengan total jarak +/- 300 km :
Sebelum masuk ke road trip-nya, benchmarknya Ioniq 5 versi Indonesia. Saya selalu cerita, ini mobil celeng, kombinasi suspensi belakang yang soft, chassis belakang yang kurang stiff sama berat batere yang bikin inersia-nya tinggi, bisa dipake mainan di hairpin tapi harus faham karakter mobilnya, nah, kali ini saya mau bandingin regen,one pedal drive dan feeling chassis si Polestar 2 kalo dibandingin Ioniq 5.
Sewa di Hertz Adelaide CBD, pas masuk ada 2 unit single motor, standard range (69 kWh, WLTP 546 km) dan long range (82 kWh, WLTP 655 km). Dengan rute ini saya yakin WLTP-nya bisa dipegang, soalnya kalo EV, jangan 100% percaya WLTP, pengalaman dengan I5, kalo main barbar nonstop 160 km/h ya dapet 300 km dah untung. Nah ini rute class B, dan max speed di Oz memang 100 km/h , jadi meskipun dapet yang standard range masih aman.
Nah, sebelum lanjut, saya mau cari beberapa foto dulu, hape saya bapuk (S9+) udah gitu nyetir pula, semoga bini banyak dokumentasinya (lagian dia pake 15 Pro )
Kenapa cari hairpin ?, salah satu hal nyaman menyenangkan dari EV adalah regen-nya, los gas = powered decelerate, jadi mau masuk hairpin enggak perlu injek rem, cukup los gas, begitu keluar hairpin tinggal gas, berhubung torsi-nya linear, pas gas keluar hairpin alus banget, enggak ada acara berburu RPM dan gigi , ini hal yang ada di EV ndak ada di ICE. Nah tinggal pinter2 si desainer buat setting kombinasi : chassis, battery tray dan suspensi.Sebelum masuk ke road trip-nya, benchmarknya Ioniq 5 versi Indonesia. Saya selalu cerita, ini mobil celeng, kombinasi suspensi belakang yang soft, chassis belakang yang kurang stiff sama berat batere yang bikin inersia-nya tinggi, bisa dipake mainan di hairpin tapi harus faham karakter mobilnya, nah, kali ini saya mau bandingin regen,one pedal drive dan feeling chassis si Polestar 2 kalo dibandingin Ioniq 5.
Sewa di Hertz Adelaide CBD, pas masuk ada 2 unit single motor, standard range (69 kWh, WLTP 546 km) dan long range (82 kWh, WLTP 655 km). Dengan rute ini saya yakin WLTP-nya bisa dipegang, soalnya kalo EV, jangan 100% percaya WLTP, pengalaman dengan I5, kalo main barbar nonstop 160 km/h ya dapet 300 km dah untung. Nah ini rute class B, dan max speed di Oz memang 100 km/h , jadi meskipun dapet yang standard range masih aman.
Nah, sebelum lanjut, saya mau cari beberapa foto dulu, hape saya bapuk (S9+) udah gitu nyetir pula, semoga bini banyak dokumentasinya (lagian dia pake 15 Pro )
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 661
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: Sehari dengan Polestar 2
om, hertz ini free charging gak ya?
kbetulan saya kmaren pas winter sempet coba tesla model 3 sama ix3 di sixt (melbourne and sydney) free charging di tempat2 tertentu (chargefox)
polestar 2 ini laris banget di korea. saking larisnya polestar 4 akan dirakit di busan (pabriknya renault samsung)
nanti coba saya share juga reviewnya yg model 3 dan ix3.
kbetulan saya kmaren pas winter sempet coba tesla model 3 sama ix3 di sixt (melbourne and sydney) free charging di tempat2 tertentu (chargefox)
polestar 2 ini laris banget di korea. saking larisnya polestar 4 akan dirakit di busan (pabriknya renault samsung)
nanti coba saya share juga reviewnya yg model 3 dan ix3.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 534
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Sehari dengan Polestar 2
Kagak oom, jadi ngecas di parkiran sebelah Pullman Adelaide, untung cuma AUD 0.19/kWhvincewonk wrote: ↑Thu Jan 04, 2024 11:29 om, hertz ini free charging gak ya?
kbetulan saya kmaren pas winter sempet coba tesla model 3 sama ix3 di sixt (melbourne and sydney) free charging di tempat2 tertentu (chargefox)
polestar 2 ini laris banget di korea. saking larisnya polestar 4 akan dirakit di busan (pabriknya renault samsung)
nanti coba saya share juga reviewnya yg model 3 dan ix3.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 534
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Sehari dengan Polestar 2
Lanjut, kita liat daleman si Polestar 2 ini.
Yang ajaib kuncinya : Cuma kotak kecil item kayak bungkus tic-tac, mungkin ini versi rental kali yak , yang resminya mestinya rada moderen dikit gitu lah.
Nah yang repot ini : Entah FOMO ke Tesla, entah memang lagi ngetrend, kontroller AC, kontroller Audio semua ditaruh di tablet ini, udah gitu louver AC-nya adanya di belakang si tablet, diarahkannya ke atas, untungnya ngarahin angin pake tangan, enggak pencet2 layar . Layout menu masuk akal lah, ikon gede2 bisa dikira2 (saya terus terang lebih sulit memahami menu-nya Tesla).
Buka kap depan masih manual, tuas-nya di sisi sopir, buka konsol juga masih manual tinggal tarik tuas-nya. Kap depan, standard EV, pake frunk, tapi yang ini rapih, ndak kayak I5, ditutup semua, kabel2 charger semua taruh depan.
Interior space, yang jelas lebih longgar dari G20, terutama yang belakang, jadi kurang lebih sama dengan Tesla 3, cuma jok belakang lebih nyender aja. Cuma ya jangan dibandingin sama Ioniq 5, kalo I5 memang living room dikasih roda.
Untuk regen ada di menu drive, logic-nya dijadiin satu sama one pedal drive, dengan setting : off - low - standard, yang low lepas gas regen nahan dikit, yang standard berarti one pedal drive, nah yang off kalo lepas gas gak direm nabrak . Equivalen-nya : low sama dengan I5 regen 2-3an terus standard sama dengan one-pedal.
Untuk creeping mode-nya sendiri cuma bisa on-off, cuma creepingnya Polestar galak, majunya kenceng (atau saya yg enggak biasa ), jadi saya akhirnya pake setting regen low + creeping mode off. Di menu regen ini ada juga menu buat atur beratnya setir, ligh-standard-firm, saya pake standard sedikit lebih berat dari I5 (malah enak tapi).
Untuk driver assist ada di menu assist, berhubung nyetir di negara orang, saya idupin semua, setting dibikin sekonservatif mungkin. Yang enak kalo dinegara tertib, road sign informationnya diidupin, pake kamera buat baca rambu2, penting banget buat negara yang ketat banget ama speeding. Yang di Polestar 2 membantu banget itu selain ACC ada juga fitur speed limiter, jadi dia otomatis baca rambu buat set limit speed, jadi hampir pasti enggak mungkin ngelewatin batas kecepatan. Driver display enggak rame (enggak butuh RPM juga kan ), kiri spedometer, driver assist menu, kanan SOC sama power-regen bar, tengah2 segede gaban peta navigasi. Buat kamera spion pas idupin sein keluarnya di center console, jadi enggak ketutupan setir kayak I5.
Stalk kiri sein+lampu, kanan wiper. Kontroller ADAS di steering wheel kiri, standar, LDA, LFA, speed. Steering wheel kanan untuk audio.
P-R-N-D ada di yoke tengah konsol, enggak ada tombol start stop, jadi nyalain mobil berdasarkan proximity kunci+pake sensor kursi, kalo mau jalan tinggal injek rem+oper N,D atau R.Yang ajaib kuncinya : Cuma kotak kecil item kayak bungkus tic-tac, mungkin ini versi rental kali yak , yang resminya mestinya rada moderen dikit gitu lah.
Nah yang repot ini : Entah FOMO ke Tesla, entah memang lagi ngetrend, kontroller AC, kontroller Audio semua ditaruh di tablet ini, udah gitu louver AC-nya adanya di belakang si tablet, diarahkannya ke atas, untungnya ngarahin angin pake tangan, enggak pencet2 layar . Layout menu masuk akal lah, ikon gede2 bisa dikira2 (saya terus terang lebih sulit memahami menu-nya Tesla).
Buka kap depan masih manual, tuas-nya di sisi sopir, buka konsol juga masih manual tinggal tarik tuas-nya. Kap depan, standard EV, pake frunk, tapi yang ini rapih, ndak kayak I5, ditutup semua, kabel2 charger semua taruh depan.
Interior space, yang jelas lebih longgar dari G20, terutama yang belakang, jadi kurang lebih sama dengan Tesla 3, cuma jok belakang lebih nyender aja. Cuma ya jangan dibandingin sama Ioniq 5, kalo I5 memang living room dikasih roda.
Untuk regen ada di menu drive, logic-nya dijadiin satu sama one pedal drive, dengan setting : off - low - standard, yang low lepas gas regen nahan dikit, yang standard berarti one pedal drive, nah yang off kalo lepas gas gak direm nabrak . Equivalen-nya : low sama dengan I5 regen 2-3an terus standard sama dengan one-pedal.
Untuk creeping mode-nya sendiri cuma bisa on-off, cuma creepingnya Polestar galak, majunya kenceng (atau saya yg enggak biasa ), jadi saya akhirnya pake setting regen low + creeping mode off. Di menu regen ini ada juga menu buat atur beratnya setir, ligh-standard-firm, saya pake standard sedikit lebih berat dari I5 (malah enak tapi).
Untuk driver assist ada di menu assist, berhubung nyetir di negara orang, saya idupin semua, setting dibikin sekonservatif mungkin. Yang enak kalo dinegara tertib, road sign informationnya diidupin, pake kamera buat baca rambu2, penting banget buat negara yang ketat banget ama speeding. Yang di Polestar 2 membantu banget itu selain ACC ada juga fitur speed limiter, jadi dia otomatis baca rambu buat set limit speed, jadi hampir pasti enggak mungkin ngelewatin batas kecepatan. Driver display enggak rame (enggak butuh RPM juga kan ), kiri spedometer, driver assist menu, kanan SOC sama power-regen bar, tengah2 segede gaban peta navigasi. Buat kamera spion pas idupin sein keluarnya di center console, jadi enggak ketutupan setir kayak I5.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2884
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Sehari dengan Polestar 2
Wihh aussie setir kanan ky kita jg ya
Disana penegakan peraturannya strict apa rada longgar om?
Misal kita coba colong2 lewat speed limit, langsung di tindak apa merem2 aja polisinya gitu?
Disana penegakan peraturannya strict apa rada longgar om?
Misal kita coba colong2 lewat speed limit, langsung di tindak apa merem2 aja polisinya gitu?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Sehari dengan Polestar 2
AU kan masih ada hubungan sama UK jadi sama2 setir kanan. Kmrn ini pernah mau sewa Polestar 2 juga, cuma liat destination 400 km sedangkan range nya ga sampe segitu, dah gitu mau daftar apps buat charge ga terima CC indo, ga jadi deh back to ICE.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 534
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Sehari dengan Polestar 2
Ndak berani oom, strict banget . Kalo tollway ama freeway pake kamera, kalo highway sama jalan biasa kelas B ada polisi jaga, jadi antar kota kecil max 100 km/h, mau masuk kotanya 60 km/h, nah di titik pergantian 100 ke 60 ini ada mobil polisi jaga, cuma well signed jadi kita ngerti kapan harus ngurangi kecepatan...KielConstantine wrote: ↑Fri Jan 05, 2024 13:54 Wihh aussie setir kanan ky kita jg ya
Disana penegakan peraturannya strict apa rada longgar om?
Misal kita coba colong2 lewat speed limit, langsung di tindak apa merem2 aja polisinya gitu?
Saya pas yg di Adelaide ngecas di parkiran masukin kartu indo selametnya bisa. Cuma emang enggak ngetes yg chargefox sama evie sih. Murah cas2annya, di-kurs ke IDR 2000an, kalo disini kan 3600an
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 534
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Sehari dengan Polestar 2
Lanjut yak, tampak luar, ini mobil panjangnya 4.6 meter, beda tipis sama I5, nah lebarnya yang masuk akal, cuma 1,6 meter, selisih 20 cm sama si I5. Wheelbase pendek, 2.7 meter, selisih 30 cm sama I5. Yang khas mobil listrik, itu overhang depan belakang pendek2, karena ndak perlu lagi repot2 mikirin mau taruh mana itu transmisi, intercooler, terus radiatornya kan juga ndak setebel ICE.
Grill depannya saya lebih seneng yg model ini, kalo yang facelift 2024 malah jadi mainstream EV, lempeng doang.
Ini tampak belakangnya, umum lah model begini, lampu 3D panjang2 macam Camry,Accord gitu
Sambil cari poto2 jalanannya, kalo di peta sengaja saya pilih jalan2 yang naik gunung banyak belokan, buat ngetes rasa bawa-nya gimana. Kenapa, soalnya karakteristik handling EV itu agak celeng, inersia-nya kerasa, beda ama ICE (1.5 tahun pake Ioniq 5, bahkan Tesla 3 sekalipun ada celeng-nya). Ini karena batere-nya semua ditaruh dibawah bentuk papan, kayaknya buat nguber interior space. Bener CG jadi negatif, tapi semua inersia si batere ngumpul dibawah semua diantara 2 roda. Nah pas saya bawa naik turun gunung, si Polestar 2 ini enak banget dibawa di jalanan begini, kagak berasa itu inersia batere, terus yang dibelakang juga ndak mabuk, padahal jendela belakang-nya kecil, kepala ketemu fastback. Cek2 di website, ternyata pasang baterenya begini :
Separuh battery module-nya ada diatas, jadi didalem itu tetep ada tunnel, tapi isinya bukan gardan tapi battery. Problemnya emang space-nya ndak efisien banget, soalnya masing2 modul harus ada cooling plate-nya. Terus ini mobil FWD, torsi gede padahal, tapi diimbangi sama pack di belakang itu, jadi efek oversteer-nya FWD ndak kerasa2 banget di handling, ndak macam bawa si Camry. Emang itu batere belakang bikin ruang bagasi agak kurang dikit. Kayaknya desainer ini mobil tukang balap jangan2 ....You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Sehari dengan Polestar 2
polestar kan memang dulunya tim balap & bengkel tuning um, terus di aquire volvo utk brandnya jadi in house tuner, skrg dijadiin brand listrik. team OG polestar skrg namanya cyan racing buat volvo & geely. emg rada balap sih itu brandBibieight wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 5:42 Sambil cari poto2 jalanannya, kalo di peta sengaja saya pilih jalan2 yang naik gunung banyak belokan, buat ngetes rasa bawa-nya gimana. Kenapa, soalnya karakteristik handling EV itu agak celeng, inersia-nya kerasa, beda ama ICE (1.5 tahun pake Ioniq 5, bahkan Tesla 3 sekalipun ada celeng-nya). Ini karena batere-nya semua ditaruh dibawah bentuk papan, kayaknya buat nguber interior space. Bener CG jadi negatif, tapi semua inersia si batere ngumpul dibawah semua diantara 2 roda. Nah pas saya bawa naik turun gunung, si Polestar 2 ini enak banget dibawa di jalanan begini, kagak berasa itu inersia batere, terus yang dibelakang juga ndak mabuk, padahal jendela belakang-nya kecil, kepala ketemu fastback. Cek2 di website, ternyata pasang baterenya begini :
Polestar Battery.jpg
Separuh battery module-nya ada diatas, jadi didalem itu tetep ada tunnel, tapi isinya bukan gardan tapi battery. Problemnya emang space-nya ndak efisien banget, soalnya masing2 modul harus ada cooling plate-nya. Terus ini mobil FWD, torsi gede padahal, tapi diimbangi sama pack di belakang itu, jadi efek oversteer-nya FWD ndak kerasa2 banget di handling, ndak macam bawa si Camry. Emang itu batere belakang bikin ruang bagasi agak kurang dikit. Kayaknya desainer ini mobil tukang balap jangan2 ....
itu yg standar aja udah enak ya um, aplg yg performance pack pke shock ohlins
polestar bakal masuk kemari gak ya. soalnya P2 di bbrp negara harganya beti sama C40
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Sehari dengan Polestar 2
lah kirain Polestar ini brand Geely, 2nd brand volvo khusus EV, ternyata beneran Tunerdarrelund wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 6:46 polestar kan memang dulunya tim balap & bengkel tuning um, terus di aquire volvo utk brandnya jadi in house tuner, skrg dijadiin brand listrik. team OG polestar skrg namanya cyan racing buat volvo & geely. emg rada balap sih itu brand
itu yg standar aja udah enak ya um, aplg yg performance pack pke shock ohlins
polestar bakal masuk kemari gak ya. soalnya P2 di bbrp negara harganya beti sama C40
Jadi benernya ini macem Lexus F-Sport ya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 534
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Sehari dengan Polestar 2
Pantes, beneran tuner balap toh si Polestar, jd kayak AMG gitu berarti yak ?, saya itu baru ngeh ini barang FWD pas balik ke Adelaide, awal2, bahkan sampe buka kap di Tengah jalan berasa kayak bawa RWD-nya F30/G20 gitu. Harga Oz 70.000an, kan EV CBU bebas segala pajak, taruh masuk sini harga sama kayak G20 bakal seru juga yakdarrelund wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 6:46
polestar kan memang dulunya tim balap & bengkel tuning um, terus di aquire volvo utk brandnya jadi in house tuner, skrg dijadiin brand listrik. team OG polestar skrg namanya cyan racing buat volvo & geely. emg rada balap sih itu brand
itu yg standar aja udah enak ya um, aplg yg performance pack pke shock ohlins
polestar bakal masuk kemari gak ya. soalnya P2 di bbrp negara harganya beti sama C40
Jadi penasaran, iX1 handlingnya kayak gini juga gak
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4366
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Sehari dengan Polestar 2
saya justru kaget..baru tahu ada merk Mobil Polestar.Bibieight wrote: ↑Sat Jan 13, 2024 3:32Pantes, beneran tuner balap toh si Polestar, jd kayak AMG gitu berarti yak ?, saya itu baru ngeh ini barang FWD pas balik ke Adelaide, awal2, bahkan sampe buka kap di Tengah jalan berasa kayak bawa RWD-nya F30/G20 gitu. Harga Oz 70.000an, kan EV CBU bebas segala pajak, taruh masuk sini harga sama kayak G20 bakal seru juga yakdarrelund wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 6:46
polestar kan memang dulunya tim balap & bengkel tuning um, terus di aquire volvo utk brandnya jadi in house tuner, skrg dijadiin brand listrik. team OG polestar skrg namanya cyan racing buat volvo & geely. emg rada balap sih itu brand
itu yg standar aja udah enak ya um, aplg yg performance pack pke shock ohlins
polestar bakal masuk kemari gak ya. soalnya P2 di bbrp negara harganya beti sama C40
Jadi penasaran, iX1 handlingnya kayak gini juga gak
selama ini saya tonton yutub channel otomotive Malaysia, sy lihat Polestar itu adalah varian Volvo trim mevvah-nya. (lebih mahal dr Volvo polos , ..what s trange words)..
Makanya dulu persepsi saya Volvo Polestar itu semacam BMW Alpina, Mercy AMG atau Mercy Brabus, Toyota Gazzoo Racing, gitu....
ternyata skrg sdh ada brand mandiri yg bernama Polestar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Sehari dengan Polestar 2
polestar secara brand memang dibawah naungan geely, kan itu joint project antara volvo 49% sisanya geely
cuma skrg volvo ud mau lepas sahamnya, kyknya grgr overlap sih produknya
jati diri original "tuner" polestar skrg namanya cyan racing, "polestar" brand fokus ke EV
yesss, polestar itu ceritanya kyk AMG. dari tuning house, trus di aquire utk performance division volvo. bedanya polestar lalu di spin off jadi brand EV
memang org lihatnya begini um, atau org umumnya liat polestar itu alter ego nya volvoginting wrote: ↑Mon Feb 05, 2024 7:42
saya justru kaget..baru tahu ada merk Mobil Polestar.
selama ini saya tonton yutub channel otomotive Malaysia, sy lihat Polestar itu adalah varian Volvo trim mevvah-nya. (lebih mahal dr Volvo polos , ..what s trange words)..
Makanya dulu persepsi saya Volvo Polestar itu semacam BMW Alpina, Mercy AMG atau Mercy Brabus, Toyota Gazzoo Racing, gitu....
ternyata skrg sdh ada brand mandiri yg bernama Polestar.
cuma disitu jd problem
bahasa desain volvo yg skrg kita kenal (2015+) itu di plot oleh thomas ingenlath, lalu belio di jadiin CEO polestar, yg mana style desainnya sama. jadinya kita lihat polestar itu ibarat volvo beda badge doank. gakda perbedaan signifikan utk beda brand
mana desain plek mirip, drivetrain & platform jg plek sama kyk volvo. akir nya ya rada flop sih tu polestar, makanya volvo mau lepas ownershipnya krn gakda untungnya. plus volvo skrg visinya sama kek polestar jadi overlap
polestar 1:
volvo s90: