Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 693
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by hackers11 »

Coba pasang breath deflector atau pasang pinlock antifog om kalo buat antisipasi pengembunan.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by VanzMatic »

Iya, masalahnya ga semua kaca helm itu pinlock ready.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by daimler »

hackers11 wrote: Fri Oct 27, 2023 16:17 Coba pasang breath deflector atau pasang pinlock antifog om kalo buat antisipasi pengembunan.
VanzMatic wrote: Sat Oct 28, 2023 22:34 Iya, masalahnya ga semua kaca helm itu pinlock ready.
Nah itu dia ga semua helm pinlock ready. So far yg belum dicoba ya pakai wax di bagian dlm helmnya atau rain-x yg anti-rain (cm mihil) dan gatau bikin mata pedih atau engga
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 693
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by hackers11 »

Bener, tp kalo helm Masi 2-3 tahun apalagi KYT/ngk ada visor replacement biasanya yg support pinlock atau pinlock kw.
Dan pinlock kw juga ada yg stiker doang kok om, jadi ga perlu visor yg support.
Contoh.

https://tokopedia.link/mVeXT4eThEb
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by daimler »

Karena nubie bingung mau post di mana, sori sbelumnya kalo salah trit :mky_01: belakangan hampir tiap hari ngantor pake motor, model ban masih blm tubeless kok tiap minggu berkurang 1~3 psi ya :big_think: ? apakah normal itu atau ada bocor halus dr ban dalamnya?? usia bannya 1.5tahun, udh jalan skitar 8000km. soalnya dlu pakai mobil tiap hari biasanya tekanan ban berkurang 1~3 psi kurun waktunya 1bulan walo usianya dah 4thn lbih pemakaian skitar 15rb km rutenya sama, kalo cm 1minggu dipakai atau engga tekanannya ga berkurang.
mohon pencerahannya suhu2 dimari
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9682
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Tue Dec 26, 2023 2:40 Karena nubie bingung mau post di mana, sori sbelumnya kalo salah trit :mky_01: belakangan hampir tiap hari ngantor pake motor, model ban masih blm tubeless kok tiap minggu berkurang 1~3 psi ya :big_think: ? apakah normal itu atau ada bocor halus dr ban dalamnya?? usia bannya 1.5tahun, udh jalan skitar 8000km. soalnya dlu pakai mobil tiap hari biasanya tekanan ban berkurang 1~3 psi kurun waktunya 1bulan walo usianya dah 4thn lbih pemakaian skitar 15rb km rutenya sama, kalo cm 1minggu dipakai atau engga tekanannya ga berkurang.
mohon pencerahannya suhu2 dimari
klo tiap minggu, bisa jadi bocor alus di bibir sidewall yg ketemu sama bibir velg.

coba cek bibir velg nya, ada peyang atau dent gak?

tekanan ban motor hindari di bawah 30 psi,
klo di bawah itu, rentan bocor klo sering hantam lubang (pengalaman pribadi as biker).
krn impactnya bisa lgs kena ke bibir velg dan velg motor itu bibir velgnya lebih gampang dent.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by rakyatwkwkland »

daimler wrote: Tue Dec 26, 2023 2:40 Karena nubie bingung mau post di mana, sori sbelumnya kalo salah trit :mky_01: belakangan hampir tiap hari ngantor pake motor, model ban masih blm tubeless kok tiap minggu berkurang 1~3 psi ya :big_think: ? apakah normal itu atau ada bocor halus dr ban dalamnya?? usia bannya 1.5tahun, udh jalan skitar 8000km. soalnya dlu pakai mobil tiap hari biasanya tekanan ban berkurang 1~3 psi kurun waktunya 1bulan walo usianya dah 4thn lbih pemakaian skitar 15rb km rutenya sama, kalo cm 1minggu dipakai atau engga tekanannya ga berkurang.
mohon pencerahannya suhu2 dimari
Nah motor nubi sama nih kaya gini. Senapsaran juga soalnya kalo dibilang bocor alus lha wong ban dalemnya baru ganti kok. Udah nyoba pake nitro juga ga ngaruh banyak. Akhirnya yauda rajin2 nambah angin aja, sekalian kalo di awal bulan ane isi bensin di SPBU kerang soalnya ane dapet cashback 20% sebulan sekali kalo pake octo mobile, sekalian isi angin di kerang kan gratis :big_grin:

FYI kalo ane ban dalemnya pake IRC
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: Tue Dec 26, 2023 4:25
daimler wrote: Tue Dec 26, 2023 2:40 Karena nubie bingung mau post di mana, sori sbelumnya kalo salah trit :mky_01: belakangan hampir tiap hari ngantor pake motor, model ban masih blm tubeless kok tiap minggu berkurang 1~3 psi ya :big_think: ? apakah normal itu atau ada bocor halus dr ban dalamnya?? usia bannya 1.5tahun, udh jalan skitar 8000km. soalnya dlu pakai mobil tiap hari biasanya tekanan ban berkurang 1~3 psi kurun waktunya 1bulan walo usianya dah 4thn lbih pemakaian skitar 15rb km rutenya sama, kalo cm 1minggu dipakai atau engga tekanannya ga berkurang.
mohon pencerahannya suhu2 dimari
klo tiap minggu, bisa jadi bocor alus di bibir sidewall yg ketemu sama bibir velg.

coba cek bibir velg nya, ada peyang atau dent gak?

tekanan ban motor hindari di bawah 30 psi,
klo di bawah itu, rentan bocor klo sering hantam lubang (pengalaman pribadi as biker).
krn impactnya bisa lgs kena ke bibir velg dan velg motor itu bibir velgnya lebih gampang dent.
Emangnya kalo pake ban dalem bibir sidewall ban luar dan bibir velg ngaruh? :big_think:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9682
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: Tue Dec 26, 2023 10:24
Suryaputra wrote: Tue Dec 26, 2023 4:25
daimler wrote: Tue Dec 26, 2023 2:40 Karena nubie bingung mau post di mana, sori sbelumnya kalo salah trit :mky_01: belakangan hampir tiap hari ngantor pake motor, model ban masih blm tubeless kok tiap minggu berkurang 1~3 psi ya :big_think: ? apakah normal itu atau ada bocor halus dr ban dalamnya?? usia bannya 1.5tahun, udh jalan skitar 8000km. soalnya dlu pakai mobil tiap hari biasanya tekanan ban berkurang 1~3 psi kurun waktunya 1bulan walo usianya dah 4thn lbih pemakaian skitar 15rb km rutenya sama, kalo cm 1minggu dipakai atau engga tekanannya ga berkurang.
mohon pencerahannya suhu2 dimari
klo tiap minggu, bisa jadi bocor alus di bibir sidewall yg ketemu sama bibir velg.

coba cek bibir velg nya, ada peyang atau dent gak?

tekanan ban motor hindari di bawah 30 psi,
klo di bawah itu, rentan bocor klo sering hantam lubang (pengalaman pribadi as biker).
krn impactnya bisa lgs kena ke bibir velg dan velg motor itu bibir velgnya lebih gampang dent.
Emangnya kalo pake ban dalem bibir sidewall ban luar dan bibir velg ngaruh? :big_think:
oh sorry, keskip.
ini konteksnya klo ban tubeless

klo ban dalem emg cepet.
tapi gak pernah itung rate deflate nya brp banyak per minggu.
makanya sy gak pernah pakai ban dalam.

Pernah beli motor, dapat ban dalam, lgs sy ganti ke ban tubeless.

klo pengalaman pribadi, ban tubeless kondisinya spt itu.
bocornya halus di bibir velg, dan ternyata peyang dikit. :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by daimler »

rakyatwkwkland wrote: Tue Dec 26, 2023 10:23 Nah motor nubi sama nih kaya gini. Senapsaran juga soalnya kalo dibilang bocor alus lha wong ban dalemnya baru ganti kok. Udah nyoba pake nitro juga ga ngaruh banyak. Akhirnya yauda rajin2 nambah angin aja, sekalian kalo di awal bulan ane isi bensin di SPBU kerang soalnya ane dapet cashback 20% sebulan sekali kalo pake octo mobile, sekalian isi angin di kerang kan gratis :big_grin:

FYI kalo ane ban dalemnya pake IRC
nah iya mikirnya apa ban dalemnya bocor alus ya? tapi karena ada yg senasib udh ganti ban dalem ga ngaruh, diisi pk nitro ga ngaruh yahsudah rajin2 mantau dan dipompa deh :big_biglaugh: :big_biglaugh:
mungkin karena volume udara ban dalem cm bs nampung dikit ya dibanding tubeless atau ban mobil :big_think: makanya deflate ratenya lbih cpt 1minggu berkurang 2~3psi meski diisi 35 psi sekalipun kondisi dingin motor blm dipake jalan, dibanding tubeless atau ban mobil.
ohya velgnya masih tipe ruji jd klo mau ganti tubeless mesti ganti velg tipe cw, yg rekomen aman no peyang2 apa ya suhu?
Suryaputra wrote: Tue Dec 26, 2023 10:30
rakyatwkwkland wrote: Tue Dec 26, 2023 10:24
Suryaputra wrote: Tue Dec 26, 2023 4:25

klo tiap minggu, bisa jadi bocor alus di bibir sidewall yg ketemu sama bibir velg.

coba cek bibir velg nya, ada peyang atau dent gak?

tekanan ban motor hindari di bawah 30 psi,
klo di bawah itu, rentan bocor klo sering hantam lubang (pengalaman pribadi as biker).
krn impactnya bisa lgs kena ke bibir velg dan velg motor itu bibir velgnya lebih gampang dent.
Emangnya kalo pake ban dalem bibir sidewall ban luar dan bibir velg ngaruh? :big_think:
oh sorry, keskip.
ini konteksnya klo ban tubeless

klo ban dalem emg cepet.
tapi gak pernah itung rate deflate nya brp banyak per minggu.
makanya sy gak pernah pakai ban dalam.

Pernah beli motor, dapat ban dalam, lgs sy ganti ke ban tubeless.

klo pengalaman pribadi, ban tubeless kondisinya spt itu.
bocornya halus di bibir velg, dan ternyata peyang dikit. :big_biglaugh:
nah iya mbah klo tubeless emg dlu sempet request ke bengkel mobil pas pasang ban baru bagian bibir velgnya diamplas, soalnya emg rawan bocor alus dr situ. cm kalo ban dalem ini kan harusnya engga ya, cm kok cepet amat deflatenya :upss: mau ganti tubeless, velgnya masih tipe ruji yg blm support ban tubeless.kudu ganti velgnya sekalian
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9682
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

daimler wrote: Wed Dec 27, 2023 1:40
nah iya mbah klo tubeless emg dlu sempet request ke bengkel mobil pas pasang ban baru bagian bibir velgnya diamplas, soalnya emg rawan bocor alus dr situ. cm kalo ban dalem ini kan harusnya engga ya, cm kok cepet amat deflatenya :upss: mau ganti tubeless, velgnya masih tipe ruji yg blm support ban tubeless.kudu ganti velgnya sekalian
ban dalam itu lbh tipis, hanya karet, dan Tidak ada konstruksi plyester, nylon dan steel belt.

jadi wajar lbh cepet kempes, karena pori2nya jg lbh banyak.
ditambah konstruksinya sendiri lemah, dan cocoknya buat dalam kota atau kecepatan rendah <50-60 kph
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: Wed Dec 27, 2023 2:39
daimler wrote: Wed Dec 27, 2023 1:40
nah iya mbah klo tubeless emg dlu sempet request ke bengkel mobil pas pasang ban baru bagian bibir velgnya diamplas, soalnya emg rawan bocor alus dr situ. cm kalo ban dalem ini kan harusnya engga ya, cm kok cepet amat deflatenya :upss: mau ganti tubeless, velgnya masih tipe ruji yg blm support ban tubeless.kudu ganti velgnya sekalian
ban dalam itu lbh tipis, hanya karet, dan Tidak ada konstruksi plyester, nylon dan steel belt.

jadi wajar lbh cepet kempes, karena pori2nya jg lbh banyak.
ditambah konstruksinya sendiri lemah, dan cocoknya buat dalam kota atau kecepatan rendah <50-60 kph
Naini alasan paling makesense. Kalo mau anginnya awet mungkin bener harus ganti velg kali ya? Cuma ane memang sengaja gamau ganti velg biar mempertahankan orisinalitas motornya :big_blushing:

Wah perkara kecepatan ane baru tahu itu. Selama ini kadang2 ini supra bappack ane geber sampe 80-90 kph juga, biasanya kalo lewat daerah yg kendaraannya memang cenderung kenceng2 kaya layang pasupati atau soetta :big_slap:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9682
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: Wed Dec 27, 2023 11:53
Suryaputra wrote: Wed Dec 27, 2023 2:39
daimler wrote: Wed Dec 27, 2023 1:40
nah iya mbah klo tubeless emg dlu sempet request ke bengkel mobil pas pasang ban baru bagian bibir velgnya diamplas, soalnya emg rawan bocor alus dr situ. cm kalo ban dalem ini kan harusnya engga ya, cm kok cepet amat deflatenya :upss: mau ganti tubeless, velgnya masih tipe ruji yg blm support ban tubeless.kudu ganti velgnya sekalian
ban dalam itu lbh tipis, hanya karet, dan Tidak ada konstruksi plyester, nylon dan steel belt.

jadi wajar lbh cepet kempes, karena pori2nya jg lbh banyak.
ditambah konstruksinya sendiri lemah, dan cocoknya buat dalam kota atau kecepatan rendah <50-60 kph
Naini alasan paling makesense. Kalo mau anginnya awet mungkin bener harus ganti velg kali ya? Cuma ane memang sengaja gamau ganti velg biar mempertahankan orisinalitas motornya :big_blushing:

Wah perkara kecepatan ane baru tahu itu. Selama ini kadang2 ini supra bappack ane geber sampe 80-90 kph juga, biasanya kalo lewat daerah yg kendaraannya memang cenderung kenceng2 kaya layang pasupati atau soetta :big_slap:
Ngeri
Amit2 klo meletus krn injek ranjau tu ban dalam ngerii.

Klo tubeless kan bertahap kempes nya :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: Wed Dec 27, 2023 12:32
rakyatwkwkland wrote: Wed Dec 27, 2023 11:53
Suryaputra wrote: Wed Dec 27, 2023 2:39

ban dalam itu lbh tipis, hanya karet, dan Tidak ada konstruksi plyester, nylon dan steel belt.

jadi wajar lbh cepet kempes, karena pori2nya jg lbh banyak.
ditambah konstruksinya sendiri lemah, dan cocoknya buat dalam kota atau kecepatan rendah <50-60 kph
Naini alasan paling makesense. Kalo mau anginnya awet mungkin bener harus ganti velg kali ya? Cuma ane memang sengaja gamau ganti velg biar mempertahankan orisinalitas motornya :big_blushing:

Wah perkara kecepatan ane baru tahu itu. Selama ini kadang2 ini supra bappack ane geber sampe 80-90 kph juga, biasanya kalo lewat daerah yg kendaraannya memang cenderung kenceng2 kaya layang pasupati atau soetta :big_slap:
Ngeri
Amit2 klo meletus krn injek ranjau tu ban dalam ngerii.

Klo tubeless kan bertahap kempes nya :mky_03:
Hahaha iya mbah tobat dah besok2
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by daimler »

rakyatwkwkland wrote: Wed Dec 27, 2023 11:53
Suryaputra wrote: Wed Dec 27, 2023 2:39
daimler wrote: Wed Dec 27, 2023 1:40
nah iya mbah klo tubeless emg dlu sempet request ke bengkel mobil pas pasang ban baru bagian bibir velgnya diamplas, soalnya emg rawan bocor alus dr situ. cm kalo ban dalem ini kan harusnya engga ya, cm kok cepet amat deflatenya :upss: mau ganti tubeless, velgnya masih tipe ruji yg blm support ban tubeless.kudu ganti velgnya sekalian
ban dalam itu lbh tipis, hanya karet, dan Tidak ada konstruksi plyester, nylon dan steel belt.

jadi wajar lbh cepet kempes, karena pori2nya jg lbh banyak.
ditambah konstruksinya sendiri lemah, dan cocoknya buat dalam kota atau kecepatan rendah <50-60 kph
Naini alasan paling makesense. Kalo mau anginnya awet mungkin bener harus ganti velg kali ya? Cuma ane memang sengaja gamau ganti velg biar mempertahankan orisinalitas motornya :big_blushing:

Wah perkara kecepatan ane baru tahu itu. Selama ini kadang2 ini supra bappack ane geber sampe 80-90 kph juga, biasanya kalo lewat daerah yg kendaraannya memang cenderung kenceng2 kaya layang pasupati atau soetta :big_slap:
wah sama gan, klo di daerah ane ungaran atau pantura jg suga geber sampe 80, bahkan kadang 100 di speedonya :big_slap: meskipun cek pake app di hp kaya waze atau ulysse speedometer 100 di speedo kebacanya 80an di app, 80 di speed cm kebaca 60an di app.
memang ga rekomen sih velg ruji ban dalem geber di speed sgitu, cm katanya buat ngelewatin jalan jelek lbih aman pake ruji denger2 :upss:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
solidgear
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Dec 20, 2017 16:15
Location: Bekasi

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by solidgear »

Nyobain oli lokal, yang infonya produksi di Indonesia dengan formulasi Kanada.
warananya merah, dan agak wangi mirip oli 2T, wangi strawberry
so far enak, akselerasi cukup oke, shifting mulus. Mau nyoba sampe 3000 km, kalo masih enak lanjut ke 5000.
basenya semi sintetik, per liter 80 ribuan, ada kemasan 0.8L, 1L
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by satriakarisma »

solidgear wrote: Mon Jan 08, 2024 6:33 Nyobain oli lokal, yang infonya produksi di Indonesia dengan formulasi Kanada.
warananya merah, dan agak wangi mirip oli 2T, wangi strawberry
so far enak, akselerasi cukup oke, shifting mulus. Mau nyoba sampe 3000 km, kalo masih enak lanjut ke 5000.
basenya semi sintetik, per liter 80 ribuan, ada kemasan 0.8L, 1L
c*tx y om?
solidgear
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Dec 20, 2017 16:15
Location: Bekasi

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by solidgear »

satriakarisma wrote: Mon Jan 08, 2024 7:32
solidgear wrote: Mon Jan 08, 2024 6:33 Nyobain oli lokal, yang infonya produksi di Indonesia dengan formulasi Kanada.
warananya merah, dan agak wangi mirip oli 2T, wangi strawberry
so far enak, akselerasi cukup oke, shifting mulus. Mau nyoba sampe 3000 km, kalo masih enak lanjut ke 5000.
basenya semi sintetik, per liter 80 ribuan, ada kemasan 0.8L, 1L
c*tx y om?
Abetull....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 361
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by daimler »

solidgear wrote: Mon Jan 08, 2024 6:33 Nyobain oli lokal, yang infonya produksi di Indonesia dengan formulasi Kanada.
warananya merah, dan agak wangi mirip oli 2T, wangi strawberry
so far enak, akselerasi cukup oke, shifting mulus. Mau nyoba sampe 3000 km, kalo masih enak lanjut ke 5000.
basenya semi sintetik, per liter 80 ribuan, ada kemasan 0.8L, 1L
sipp ditunggu updatenya gan, keren jg kalo bisa sampe 3000 km. di motor bebek ogut aja yg kapasitas oli cm 0.8ltr beraninya cm 2000 km, di 1500 km dah engga enak pakai oli ptt, castrol ultimate 4t, oli diesel macem rimula 4x, delvac mx
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sh00t »

@VanzMatic Om, bedanya enduro matic dengan matic-s apaan yah?
bloodwingg2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sun Jul 03, 2022 12:18
Location: Jkt
Daily Vehicle: Brio Satya 18

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by bloodwingg2 »

Halo om om semua

Untuk mesin yamaha 125 blue core (fazzio) apakah aman pakai 5w40? Karena secara buku manual patokan nya 10w40.
Kalau bawaan kemarin dapat yamalube matic 10w40, saya drain di 2000km lalu ganti ke shell advance scooter 5w40.

Sejauh ini udah jalan 100 km oli shell advance scooter ini enak, tarikan lebih halus dan lebih jambak
Current:
18 L12B 5MT - Motul H Tech 100+ 0w20
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1779
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sahabatq8 »

bloodwingg2 wrote: Mon Mar 11, 2024 9:28 Halo om om semua

Untuk mesin yamaha 125 blue core (fazzio) apakah aman pakai 5w40? Karena secara buku manual patokan nya 10w40.
Kalau bawaan kemarin dapat yamalube matic 10w40, saya drain di 2000km lalu ganti ke shell advance scooter 5w40.

Sejauh ini udah jalan 100 km oli shell advance scooter ini enak, tarikan lebih halus dan lebih jambak
Aman
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by chain90s »

Siangg om om semua,

Mau tanya kalau gonta ganti merek oli motor itu apakah bisa menyebabkan penumpukkan kerak atau endapan dimesin ya?
Motor saya Honda Scoopy 2013 biasa pakai oli shell ax7 10w40 (selama 2 tahun) aman2 aja, trus mulai coba2 merek lain spt:

1. Bardahl XTC Scooter 10W30 ini juga enak enteng tarikan
2. AGIP I ride 10W30 (disini motor terasa hilang performa, berat tarikan trs beberapa kali mati sendiri mesinnya saat dijalan)
3. PTT Chalanger Matic 10W30 (disini parah banget penurunannya, beberapa kali hilang kompresi sampai dipancing pakai oli biar hidup), padahal ini baru seminggu ganti oli
4. Terakhir Naik visco di Bardahl XTC Scooter 10W40 sekalian service, eh lagi ditest drive after service sama mekaniknya ngerasain noh hilang kompresi lagi katanya kemungkinan aus pistonnya padahal knalpot gak ngebul sama sekali.

Pertanyaannya:
1. Apakah solusinya hanya turun mesin dan skir klepndan ganti piston kit, atau bisa menggunakan treatment yg lain ya supaya kompresi membaik (misal penggunaan carb cleaner macam yamalube gtu atau redline).
2. Kalau mau gonta ganti merek apa harus ritual flushing dulu?

Mohon pencerahannya om2 semua
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1779
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sahabatq8 »

:big_blushing:
chain90s wrote: Sun Mar 24, 2024 7:07 Siangg om om semua,

Mau tanya kalau gonta ganti merek oli motor itu apakah bisa menyebabkan penumpukkan kerak atau endapan dimesin ya?
Motor saya Honda Scoopy 2013 biasa pakai oli shell ax7 10w40 (selama 2 tahun) aman2 aja, trus mulai coba2 merek lain spt:

1. Bardahl XTC Scooter 10W30 ini juga enak enteng tarikan
2. AGIP I ride 10W30 (disini motor terasa hilang performa, berat tarikan trs beberapa kali mati sendiri mesinnya saat dijalan)
3. PTT Chalanger Matic 10W30 (disini parah banget penurunannya, beberapa kali hilang kompresi sampai dipancing pakai oli biar hidup), padahal ini baru seminggu ganti oli
4. Terakhir Naik visco di Bardahl XTC Scooter 10W40 sekalian service, eh lagi ditest drive after service sama mekaniknya ngerasain noh hilang kompresi lagi katanya kemungkinan aus pistonnya padahal knalpot gak ngebul sama sekali.

Pertanyaannya:
1. Apakah solusinya hanya turun mesin dan skir klepndan ganti piston kit, atau bisa menggunakan treatment yg lain ya supaya kompresi membaik (misal penggunaan carb cleaner macam yamalube gtu atau redline).
2. Kalau mau gonta ganti merek apa harus ritual flushing dulu?

Mohon pencerahannya om2 semua
Ganti oli gak masalah, gak perlu flushing

1. Bisa aja, tapi kyk luka di plester cuma temporary fix aja gak jadi bagus seperti semula

Kalo piston aus, oli yang terakhir² dipake mungkin jelek pelumasannya. Dulu dulu kan fine aja?
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by chain90s »

sahabatq8 wrote: Sun Mar 24, 2024 7:32 :big_blushing:
chain90s wrote: Sun Mar 24, 2024 7:07 Siangg om om semua,

Mau tanya kalau gonta ganti merek oli motor itu apakah bisa menyebabkan penumpukkan kerak atau endapan dimesin ya?
Motor saya Honda Scoopy 2013 biasa pakai oli shell ax7 10w40 (selama 2 tahun) aman2 aja, trus mulai coba2 merek lain spt:

1. Bardahl XTC Scooter 10W30 ini juga enak enteng tarikan
2. AGIP I ride 10W30 (disini motor terasa hilang performa, berat tarikan trs beberapa kali mati sendiri mesinnya saat dijalan)
3. PTT Chalanger Matic 10W30 (disini parah banget penurunannya, beberapa kali hilang kompresi sampai dipancing pakai oli biar hidup), padahal ini baru seminggu ganti oli
4. Terakhir Naik visco di Bardahl XTC Scooter 10W40 sekalian service, eh lagi ditest drive after service sama mekaniknya ngerasain noh hilang kompresi lagi katanya kemungkinan aus pistonnya padahal knalpot gak ngebul sama sekali.

Pertanyaannya:
1. Apakah solusinya hanya turun mesin dan skir klepndan ganti piston kit, atau bisa menggunakan treatment yg lain ya supaya kompresi membaik (misal penggunaan carb cleaner macam yamalube gtu atau redline).
2. Kalau mau gonta ganti merek apa harus ritual flushing dulu?

Mohon pencerahannya om2 semua
Ganti oli gak masalah, gak perlu flushing

1. Bisa aja, tapi kyk luka di plester cuma temporary fix aja gak jadi bagus seperti semula

Kalo piston aus, oli yang terakhir² dipake mungkin jelek pelumasannya. Dulu dulu kan fine aja?
Hmm gitu ya om, ok deh tar THR klo ada sisa ane budgetin buat turun mesin (service berat) karena motor mungkin sudah capek hehe

Nah niatnya om klo mesin udh sehat lagi ane tertarik pakai oli mobil 5W30 yg full sintetis. Itu utk daily 1500km / 3 bulan cukupan om? (Asumsi dengan 70% lancar 30% macet)