Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by Pboyz97 »

swstiko wrote: ↑Sun Nov 26, 2023 13:26

Akhirnya jatuh ke B-RV E CVT dengan selisih cuma 25an juta dari Xenia 1.3X CVT berkat diskon akhir tahun, kayaknya lagi kebanyakan stock 🀭

Sudah lihat reviewnya om sama om Chz juga membuat semakin mantap. Sebenernya dr awal lirik nya B-RV, tapi karena takut kemahalan turun lah ke Terios lalu akhirnya ke LMPV, tapi rezeki emang gak kemana. Semoga lancar semuanya sampe dateng unitnya.

Terima kasih om
congrats om buat mobil barunya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kemalmakbar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by kemalmakbar »

swstiko wrote: ↑Sun Nov 26, 2023 13:26 Akhirnya jatuh ke B-RV E CVT dengan selisih cuma 25an juta dari Xenia 1.3X CVT berkat diskon akhir tahun, kayaknya lagi kebanyakan stock 🀭

Sudah lihat reviewnya om sama om Chz juga membuat semakin mantap. Sebenernya dr awal lirik nya B-RV, tapi karena takut kemahalan turun lah ke Terios lalu akhirnya ke LMPV, tapi rezeki emang gak kemana. Semoga lancar semuanya sampe dateng unitnya.

Terima kasih om
Selamat om atas mobil barunya. Mudah-mudahan ada manfaat dan kepuasan buat om swstiko
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

Congrats om. Beda 25 jt sih merem ambil BRV hehe.
Jaman saya ambil xenia, beda nya 90 juta soalnya (blom ada diskon2 secara br muncul)
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
swstiko
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Aug 16, 2016 4:24

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by swstiko »

Terima kasih om semua 😁

Fyi saya rencananya ambil tahun depan antara Januari/Februari tapi ini disuruh SPK dulu buat booking barang amankan diskon nya, jadi yaudah lumayan lah 🀭🀭
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

Akhirnya ikut recall pengencangan baut, sekaligus minta periksa lg soal getaran di kec 30-40 (curiga drive shaft krn di grup fb pada blg klaim drive shaft lsg sembuh).
Sengaja ga ke astra daihatsu sunter krn SA disana anggap mobil saya normal2 aja pas diklaim.. Jd pindah ke astra daihatsu pramuka.

Ktemu SA n laporan mau recall n ada getaran, minta dicek drive shaft. SA nya kali ini lbh attentive sih, krn lsg ajak "ayo pak di tes, saya mau lihat getarannya kaya gmn"... Di sunter mah boro2 diajak gitu, begitu di lg getar jwbnya cm satu "balancing aja pak pst sembuh".
Pas dites tnyata malah ga terasa getarannya / sangat subtle, jd susah buktiin getaran itu bnr2 ada.
SA nya pun blg " Gpp pak kita akan cek semua".

2 jam berlalu n akhirnya selesai. SA nya blg "pak sudah kita perbaiki yg masalah recall pengencangan baut, jg utk getaran sudah beres jg stelah ditukar ban nya dari depan ke belakang".. Ya sudah saya coba n tnyata bener getarannya hilang. N suara gedubrakan yg saya blg wkt review 1 tahun jg berkurang banyak.

So salut buat astra daihatsu pramuka buat servisnya.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by MSU »

the-mantal wrote: ↑Wed Mar 20, 2024 12:30 Akhirnya ikut recall pengencangan baut, sekaligus minta periksa lg soal getaran di kec 30-40 (curiga drive shaft krn di grup fb pada blg klaim drive shaft lsg sembuh).
Sengaja ga ke astra daihatsu sunter krn SA disana anggap mobil saya normal2 aja pas diklaim.. Jd pindah ke astra daihatsu pramuka.

Ktemu SA n laporan mau recall n ada getaran, minta dicek drive shaft. SA nya kali ini lbh attentive sih, krn lsg ajak "ayo pak di tes, saya mau lihat getarannya kaya gmn"... Di sunter mah boro2 diajak gitu, begitu di lg getar jwbnya cm satu "balancing aja pak pst sembuh".
Pas dites tnyata malah ga terasa getarannya / sangat subtle, jd susah buktiin getaran itu bnr2 ada.
SA nya pun blg " Gpp pak kita akan cek semua".

2 jam berlalu n akhirnya selesai. SA nya blg "pak sudah kita perbaiki yg masalah recall pengencangan baut, jg utk getaran sudah beres jg stelah ditukar ban nya dari depan ke belakang".. Ya sudah saya coba n tnyata bener getarannya hilang. N suara gedubrakan yg saya blg wkt review 1 tahun jg berkurang banyak.

So salut buat astra daihatsu pramuka buat servisnya.
Berarti mungkin getaran dr permukaan ban ya om..
Btw odo skrg udh brp km om....plus di MID fuel cons brp om...sy mau compare aja
Avanza 1.3 sy mentok di 14.3km/l utk rute lumayan lancar....cuma memang kalo di tol memang rada males jalan anteng sih...mesin & cvt-nya cukup enak utk narik
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

Saya dapet 1:12an di MID skrg om dengan rute sehari2 macet jkt n weekend lengang dalkot jkt.

Selalu reset pas isi bensin 2 minggu sekali 31 liter biasa dapet 370-400 km. Jd cukup akurat MID nya.

Om MSU rute mana?

Rahasia irit nya sih hrs sering2 narik n lepas gas / pulse n glide. Lbh irit drpd injek gas stabil. Kelihatan di parameter MID nya cepat naik km/l nya klo pulse n glide.

Klo di tol saya kmrn jkt bandung dpt 1:20 n balik dpt 1:27 dengan penumpang 3 dewasa + 2 anak n barang seabreg
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by MSU »

the-mantal wrote: ↑Wed Mar 20, 2024 14:58 Saya dapet 1:12an di MID skrg om dengan rute sehari2 macet jkt n weekend lengang dalkot jkt.

Selalu reset pas isi bensin 2 minggu sekali 31 liter biasa dapet 370-400 km. Jd cukup akurat MID nya.

Om MSU rute mana?

Rahasia irit nya sih hrs sering2 narik n lepas gas / pulse n glide. Lbh irit drpd injek gas stabil. Kelihatan di parameter MID nya cepat naik km/l nya klo pulse n glide.

Klo di tol saya kmrn jkt bandung dpt 1:20 n balik dpt 1:27 dengan penumpang 3 dewasa + 2 anak n barang seabreg
sy rute sekitar cikarang om...sering-nya dipake bini antar jemput anak sekolah, belanja2 sekitar kompleks aja, kadang jalan2 sampe cikampek
coba kapan2 sy reset mid-nya krn dari baru belum pernah di reset..
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by MSU »

Hari ini kesempatan test avanza 1.3 cvt jarak rada jauh...dari cikarang ke arah semarang..
Sejak pake mobil ini memang saya susah disuruh konstan cruising 100km/h...jujur ngantuk
Mobil diisi orang 5, so far tenaga cukup ok...cruising di 120kmh rpm nunjuk 3rb kurang dikit, fuel cons sekitar 1:15
Handling utk saya cukup ok...suspensi untuk saya pas ga keras ga kelembutan..cvt sigap cuma memang malah jeleknya pas ngerayap di kecepatan rendah rada ndut2 kayak kepingin ngebut
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by rakyatwkwkland »

MSU wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 12:16 Hari ini kesempatan test avanza 1.3 cvt jarak rada jauh...dari cikarang ke arah semarang..
Sejak pake mobil ini memang saya susah disuruh konstan cruising 100km/h...jujur ngantuk
Mobil diisi orang 5, so far tenaga cukup ok...cruising di 120kmh rpm nunjuk 3rb kurang dikit, fuel cons sekitar 1:15
Handling utk saya cukup ok...suspensi untuk saya pas ga keras ga kelembutan..cvt sigap cuma memang malah jeleknya pas ngerayap di kecepatan rendah rada ndut2 kayak kepingin ngebut
Itu full to full atau MID oom?

Dibanding dgn gerobak ane yg masih pake 4at purbakala kok agak lebih rendah ya angkanya. Ada kena macet kah selama di jalan? Ane kalo cruising di 120an rasanya 1:17an msh dapet. Kalo cruising di 130-140 nah baru tuh baru mulai turun ke 1:15 sampe 1:14an

Di trit lain ane inget pernah ada yg sharing jg kl gasalah bawa xenia cvt di tol bakauheni-lampung lari 130-140 fuel cons nya sampe 1:13 apa 1:12 gitu kl gasalah. Walau avxen baru ini pake cvt dan kalo cruising di tol rpm nya bisa rendah, gak seirit itu juga ya kalo di tol?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by MSU »

rakyatwkwkland wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 17:52
MSU wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 12:16 Hari ini kesempatan test avanza 1.3 cvt jarak rada jauh...dari cikarang ke arah semarang..
Sejak pake mobil ini memang saya susah disuruh konstan cruising 100km/h...jujur ngantuk
Mobil diisi orang 5, so far tenaga cukup ok...cruising di 120kmh rpm nunjuk 3rb kurang dikit, fuel cons sekitar 1:15
Handling utk saya cukup ok...suspensi untuk saya pas ga keras ga kelembutan..cvt sigap cuma memang malah jeleknya pas ngerayap di kecepatan rendah rada ndut2 kayak kepingin ngebut
Itu full to full atau MID oom?

Dibanding dgn gerobak ane yg masih pake 4at purbakala kok agak lebih rendah ya angkanya. Ada kena macet kah selama di jalan? Ane kalo cruising di 120an rasanya 1:17an msh dapet. Kalo cruising di 130-140 nah baru tuh baru mulai turun ke 1:15 sampe 1:14an

Di trit lain ane inget pernah ada yg sharing jg kl gasalah bawa xenia cvt di tol bakauheni-lampung lari 130-140 fuel cons nya sampe 1:13 apa 1:12 gitu kl gasalah. Walau avxen baru ini pake cvt dan kalo cruising di tol rpm nya bisa rendah, gak seirit itu juga ya kalo di tol?
Sy itung full to full om....tp mmg sempat ada kena macet cukup parah di bbrp hari sebelumnya..trip yg harusnya cm 40 menit jadi 2 jam
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

Pernah ngobrol sama sopir bb pas naik transmover baru, pengakuan sopirnya sih emg yg baru lbh boros dikit dibanding transmover lama kondisi sama2 manual. Pdhl mesin sama, pindah fwd pula jd aneh kl lbh boros. Tp dia jg akuin yg baru jauh lbh "narik" mesinnya. Entah faktor mobil baru atau settingannya lbh narik.

Om MSU lari 120 gitu dr cikarang ke semarang berapa jam? Ga takut kena kamera ETLE ya? Saya kl di tol msh was2 ma kamera makanya anteng 100 km/h aja pdhl emg bener sih kl lari segitu kesannya kaya masih pelan di dalam mobil.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by r1409 »

the-mantal wrote: ↑Fri Mar 29, 2024 1:03 Pernah ngobrol sama sopir bb pas naik transmover baru, pengakuan sopirnya sih emg yg baru lbh boros dikit dibanding transmover lama kondisi sama2 manual. Pdhl mesin sama, pindah fwd pula jd aneh kl lbh boros. Tp dia jg akuin yg baru jauh lbh "narik" mesinnya. Entah faktor mobil baru atau settingannya lbh narik.

Om MSU lari 120 gitu dr cikarang ke semarang berapa jam? Ga takut kena kamera ETLE ya? Saya kl di tol msh was2 ma kamera makanya anteng 100 km/h aja pdhl emg bener sih kl lari segitu kesannya kaya masih pelan di dalam mobil.
biarpun FWD tapi lebih boros dikit ya wajar, gedenya aja nambah segitu, beratnya pasti naik. kalau mesin lebih narik, ya mungkin itu juga yg bikin lebih boros.

btw, katanya di tol transjawa sudah boleh sampe 120kph kok. rambunya masih 100, tapi ada toleransi sampe 120.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by MSU »

the-mantal wrote: ↑Fri Mar 29, 2024 1:03 Pernah ngobrol sama sopir bb pas naik transmover baru, pengakuan sopirnya sih emg yg baru lbh boros dikit dibanding transmover lama kondisi sama2 manual. Pdhl mesin sama, pindah fwd pula jd aneh kl lbh boros. Tp dia jg akuin yg baru jauh lbh "narik" mesinnya. Entah faktor mobil baru atau settingannya lbh narik.

Om MSU lari 120 gitu dr cikarang ke semarang berapa jam? Ga takut kena kamera ETLE ya? Saya kl di tol msh was2 ma kamera makanya anteng 100 km/h aja pdhl emg bener sih kl lari segitu kesannya kaya masih pelan di dalam mobil.
Sy bbrp kali berenti di rest area tungguin sodara yg ketinggal om...jadi ga terlalu perhatikan jam juga
Aturan kec maksimal tu (bukannya sombong ya om)...cuma manteng 100kmh tu betulan ngantuk kalo saya, jadi perlu agak cepet dikit biar otak kayak mikir terus
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by rakyatwkwkland »

MSU wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 22:43
rakyatwkwkland wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 17:52
MSU wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 12:16 Hari ini kesempatan test avanza 1.3 cvt jarak rada jauh...dari cikarang ke arah semarang..
Sejak pake mobil ini memang saya susah disuruh konstan cruising 100km/h...jujur ngantuk
Mobil diisi orang 5, so far tenaga cukup ok...cruising di 120kmh rpm nunjuk 3rb kurang dikit, fuel cons sekitar 1:15
Handling utk saya cukup ok...suspensi untuk saya pas ga keras ga kelembutan..cvt sigap cuma memang malah jeleknya pas ngerayap di kecepatan rendah rada ndut2 kayak kepingin ngebut
Itu full to full atau MID oom?

Dibanding dgn gerobak ane yg masih pake 4at purbakala kok agak lebih rendah ya angkanya. Ada kena macet kah selama di jalan? Ane kalo cruising di 120an rasanya 1:17an msh dapet. Kalo cruising di 130-140 nah baru tuh baru mulai turun ke 1:15 sampe 1:14an

Di trit lain ane inget pernah ada yg sharing jg kl gasalah bawa xenia cvt di tol bakauheni-lampung lari 130-140 fuel cons nya sampe 1:13 apa 1:12 gitu kl gasalah. Walau avxen baru ini pake cvt dan kalo cruising di tol rpm nya bisa rendah, gak seirit itu juga ya kalo di tol?
Sy itung full to full om....tp mmg sempat ada kena macet cukup parah di bbrp hari sebelumnya..trip yg harusnya cm 40 menit jadi 2 jam
Oalahh pantes angkanya agak rendah
the-mantal wrote: ↑Fri Mar 29, 2024 1:03 Om MSU lari 120 gitu dr cikarang ke semarang berapa jam? Ga takut kena kamera ETLE ya? Saya kl di tol msh was2 ma kamera makanya anteng 100 km/h aja pdhl emg bener sih kl lari segitu kesannya kaya masih pelan di dalam mobil.
Sejauh rute ane bulak-balik jkt-bdg itu yg ada kamera e-tle itu cuma di cikampek atas di km 20an. Masing2 arah timur dan arah barat ada satu. Speed limit di cikampek atas itu 80 km/h. Biasanya ane lewat situ manteng di 90-100 km/h. Pernah juga sesekali di atas 100, sampe 120an atau pernah juga sampe 140an (yg ini jgn ditiru ya, itu MBZ ajrut2annya ampun2) lewat daerah yg ada cctv nya itu. Sampe sekarang gapernah dikirim surat tilang samsek. Jadi sejauh ini ane simpulkan kalo e-tle setidaknya di MBZ udah lewat 'musim'-nya atau 'season'-nya :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by MSU »

rakyatwkwkland wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 17:52
MSU wrote: ↑Thu Mar 28, 2024 12:16 Hari ini kesempatan test avanza 1.3 cvt jarak rada jauh...dari cikarang ke arah semarang..
Sejak pake mobil ini memang saya susah disuruh konstan cruising 100km/h...jujur ngantuk
Mobil diisi orang 5, so far tenaga cukup ok...cruising di 120kmh rpm nunjuk 3rb kurang dikit, fuel cons sekitar 1:15
Handling utk saya cukup ok...suspensi untuk saya pas ga keras ga kelembutan..cvt sigap cuma memang malah jeleknya pas ngerayap di kecepatan rendah rada ndut2 kayak kepingin ngebut
Itu full to full atau MID oom?

Dibanding dgn gerobak ane yg masih pake 4at purbakala kok agak lebih rendah ya angkanya. Ada kena macet kah selama di jalan? Ane kalo cruising di 120an rasanya 1:17an msh dapet. Kalo cruising di 130-140 nah baru tuh baru mulai turun ke 1:15 sampe 1:14an

Di trit lain ane inget pernah ada yg sharing jg kl gasalah bawa xenia cvt di tol bakauheni-lampung lari 130-140 fuel cons nya sampe 1:13 apa 1:12 gitu kl gasalah. Walau avxen baru ini pake cvt dan kalo cruising di tol rpm nya bisa rendah, gak seirit itu juga ya kalo di tol?
Update..mobil dipake jalan2 seputar semarang yg juga ga lancar amat, jalan2 ke ambarawa, tadi isi bensin lg di rest area arah cirebon...di dapat 1:13,7
Kayaknya gara2 kemaren ke ambarawa...tol banyak tanjakan & turunan...terpaksa main di S spy tenaga ttp ngisi...
Btw baru tau di S7 ternyata rasionya ttp agak kasar, dibandingkan dgn mode di normal & kecepatan yg sama..rpm bisa lebih rendah
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

Iya om MSU, utk high speed lbh baik tetap di D n mainin gas aja, rasio di S7 memang tinggi.
Patokan saya masuk gear akhir itu klo lari 100 harus di rpm 1800. Klo msh lebih dari itu, artinya blm masuk gear akhir n biasanya saya lepas gas nya pelan2 sampai ke rpm itu n akhirnya manteng disana baik kecepatan maupun rpm nya.
Patokan lain di current fuel consumption, gear akhir pasti dpt lbh dari 20km/l, kl msh dibawah itu artinya blm masuk gear akhir.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours