Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 307
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by akbarfit »

Ngapain ini nyari penyakit. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Ni mo dilanjut ga diskusinya.
Ini pertimbangannya berat sebelah ini.
Nissan minded ini jawabnya bakalan yang diterima πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€Ÿ
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
megachonkz
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Feb 07, 2025 2:23

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by megachonkz »

DFSK Glory 560 yg bekas juga harganya menarik juga nih. Dari T32 nambah sikit tapi dapat mobil tahun yang lebih tinggi. Galau juga mamen
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by speedfreak »

megachonkz wrote: ↑Wed Feb 12, 2025 2:15 DFSK Glory 560 yg bekas juga harganya menarik juga nih. Dari T32 nambah sikit tapi dapat mobil tahun yang lebih tinggi. Galau juga mamen
duh kalo yg itu meski harganya menarik, mending dicobain testdrive dulu deh.
bisa baca juga review mobil itu di SM sini.
menurut saya mobil itu belum laik disandingkan dengan SUV jejepangan macam xtrail atau crv.
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by fansdiesel »

ambil manual aja lebih peace of mind :big_sorry:
juraganresto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Nov 12, 2018 5:39
Location: tasikmalaya
Daily Vehicle: fortuner

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by juraganresto »

ChZ wrote: ↑Fri Feb 07, 2025 7:46 ambil aja om. kalau udah suka biasa enjoy juga miara dan rawatnya.

utk nissan angkatan ini sebenernya spare parts lumayan berlimpah krn dulu laku. ya nggak bisa dibilang murah tapi kalo nanya ada kawe berapa sampe kawe berapa, atau OEM grade tapi lebih murah dari beli ori ya ada juga pasti.

justru yang ngeri mulai angkatan sekarang2 ini.
Lucunya KW 2 kantong cekak di nissan itu masih bisa diandalkan dibandingkan KW2 kantong cekak di toyota
Contoh pengalaman , beli seal tutup klep t31 KW an 125rb an itu awet bertahun tahun , giliran beli seal tutup klep innova bensin KW 150rb setelah 3 hari meler meler lagi, bisa sembuh setelah dikasih ori yg 500rb hahaha
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by ChZ »

juraganresto wrote: ↑Wed Feb 12, 2025 8:03

Lucunya KW 2 kantong cekak di nissan itu masih bisa diandalkan dibandingkan KW2 kantong cekak di toyota
Contoh pengalaman , beli seal tutup klep t31 KW an 125rb an itu awet bertahun tahun , giliran beli seal tutup klep innova bensin KW 150rb setelah 3 hari meler meler lagi, bisa sembuh setelah dikasih ori yg 500rb hahaha
artinya either original parts nissan terlalu ampas atau toyota punya yang terlalu kuat.

ya hal umum di BMW juga gitu kadang kawe lebih bagus atau cuma selisih dikit ketahanannya sama ori :big_biglaugh:

sama tuh om b0ku bilang part mitsu juga bagusan kawe daripada ori.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
megachonkz
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Feb 07, 2025 2:23

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by megachonkz »

Baru iseng2 googling lagi, sepertinya Citrone C3 menarik juga ya om. Suspensinya banyak dipuji
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by PRBS »

kale fokusnya buat lebih safe hajar lobang or track yg berlubang, jangan nissan.. specially nissan T30..

better ya ladder frame Aja.. contoh innova jadul bensin, toh FC nya sama2 boros ini kan.. tapi kaki2 lebih kuat dibanding T30..
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 307
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by akbarfit »

megachonkz wrote: ↑Thu Feb 13, 2025 15:01 Baru iseng2 googling lagi, sepertinya Citrone C3 menarik juga ya om. Suspensinya banyak dipuji
kalau baru ya bagus ini mobil... funky banget buat orang muda.


tapi kalau milih xtrail, T30, saya sudah punya jawabannya, juga ada di forum ini. tapi frozen in time sampe kilometer berapa ya, sebelum 150.000an

kalau milih T31, ini lebih nyaman, lebih enak. jauh langit bumi vs T30. Tapi secara maintenance, sedikit lebih mahal dan kompleks terkait kaki2 yang lebih nyaman itu.
secara bodyparts, lebih murah krn banyak thai made vs T30 japan made.

ini link nya
Long Term Review T30 2007 Nissan X-Trail
viewtopic.php?t=23454

disitu sudah banyak terbahas terkait maintenance. pilih mana T30 vs T31? dari orang yang sudah pernah punya keduanya sih mereka bilang, buat gradakan dan kemudahan parts dan murahnya masih di T30. Untuk kenyamanan lebih ya ambil T31.

ya memang semua mobil itu punya purpose-builtnya. Mau kuat dan dipake di lapangan, ya ladderframe class jawabannya, pickup-based SUV. kuat itu. tapi kalo dengar overhaul kaki-kakinya, sekitar 1,5-2x lebih mahal dari kelas SUV monocoque. apalagi beli bekas, tinggal dapat waktunya overhaul aja itu.

monocoque itu enak, nyaman, gak terlalu tinggi naik turun untuk dalam kota. buat libas jalan jelek sudah lebih oke. masalahnya satu, mobil begini biasanya nyaman dan kedap. Kerusakannya klo kupingnya sensitif bisa langsung kerasa. beda dengan lmpv atau lcgc misalnya, atau merk toyota misalnya, seringkali yang saya temukan itu sehat dan separuh sehat gak beda2 banget... jadi ya gak kerasa rusak.

====
Kirim gambar nostalgia dulu aaaah... :mky_08:
WhatsApp Image 2025-02-14 at 15.52.26 (1).jpeg
WhatsApp Image 2025-02-14 at 15.52.26 (2).jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 307
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by akbarfit »

PRBS wrote: ↑Fri Feb 14, 2025 7:28 kale fokusnya buat lebih safe hajar lobang or track yg berlubang, jangan nissan.. specially nissan T30..

better ya ladder frame Aja.. contoh innova jadul bensin, toh FC nya sama2 boros ini kan.. tapi kaki2 lebih kuat dibanding T30..
ini enak, innova bensin... saya ya pernah pake, salahnya... habis pakai xtrail :mky_01:
sudah spek kaki2 keras, pemilik sebelumnya kasih bilstein depan, belakang old man emu... tetap kurang enak.. secara tenaga enak tapi ngepas, goyangannya enak ga enak... overall enak xtrail mnurut saya.
tapi memang Innova ini nyaman sekali untuk kelas mobil itu, mewah banget dan kedap banget kalo yang V.

Alasan ganti Innova, waktu itu plus minusnya 7-8 seater, dapat km 65ribuan mobil 10 tahun+ dapet mahal tapi full modif bapak2 tau nya beli barang bagus dipasang aja, AC auto, dapet tombol setir, speedo optitron, yaa banyak lah lebihnya. saya tambahi corner sensor, kamera depan belakang, banyak modifannya.

tapi setelah pakai, memang secara mekanikal dan elektrikal Innova ini kalah advanced dibanding x-trail T30 sekalipun. Dimana pada Nissan sudah integrated, atau pake sensor, di innova masih tali kabel, atau versi sederhana. Jadi pada kala itu ya pertimbangannya 50-50 dapatnya, you get some you lose some.

apakah saya kapok pake Toyota, khususnya Kijang series? enggak sih, purpose built, tapi seandainya ada uang lagi mungkin tidak milih itu lagi. Selain karena plain juga rasa berkendaranya, yaaa.. kalau hanya ingin merasakan Toyota pada umumnya tidak sulit, bisa pakai mobil kantor, rental, kendaraan umum, grab, gocar dsbnya umumnya bisa merasakan itu.

Ini gambar nostalgila mobil saya, udah dibawa touring bareng SM juga disini hehehe :mky_02:
WhatsApp Image 2025-02-14 at 16.05.02.jpeg
WhatsApp Image 2025-02-14 at 16.05.03 (1).jpeg
WhatsApp Image 2025-02-14 at 16.05.03.jpeg
WhatsApp Image 2025-02-14 at 16.05.02 (1).jpeg
WhatsApp Image 2025-02-14 at 16.05.03 (2).jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by zonepublic »

megachonkz wrote: ↑Thu Feb 13, 2025 15:01 Baru iseng2 googling lagi, sepertinya Citrone C3 menarik juga ya om. Suspensinya banyak dipuji
Saya pernah tes drive,kalo anda tahan lihat built quality interiornya ya silakan,jujur aja saya sih ga tahan,suspensinya :big_okay: tapi built qualitynya kaya mobil cina tahun 2000an awal
megachonkz
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Feb 07, 2025 2:23

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by megachonkz »

akbarfit wrote: ↑Fri Feb 14, 2025 9:00
megachonkz wrote: ↑Thu Feb 13, 2025 15:01 Baru iseng2 googling lagi, sepertinya Citrone C3 menarik juga ya om. Suspensinya banyak dipuji
kalau baru ya bagus ini mobil... funky banget buat orang muda.


tapi kalau milih xtrail, T30, saya sudah punya jawabannya, juga ada di forum ini. tapi frozen in time sampe kilometer berapa ya, sebelum 150.000an

kalau milih T31, ini lebih nyaman, lebih enak. jauh langit bumi vs T30. Tapi secara maintenance, sedikit lebih mahal dan kompleks terkait kaki2 yang lebih nyaman itu.
secara bodyparts, lebih murah krn banyak thai made vs T30 japan made.

ini link nya
Long Term Review T30 2007 Nissan X-Trail
viewtopic.php?t=23454

disitu sudah banyak terbahas terkait maintenance. pilih mana T30 vs T31? dari orang yang sudah pernah punya keduanya sih mereka bilang, buat gradakan dan kemudahan parts dan murahnya masih di T30. Untuk kenyamanan lebih ya ambil T31.

ya memang semua mobil itu punya purpose-builtnya. Mau kuat dan dipake di lapangan, ya ladderframe class jawabannya, pickup-based SUV. kuat itu. tapi kalo dengar overhaul kaki-kakinya, sekitar 1,5-2x lebih mahal dari kelas SUV monocoque. apalagi beli bekas, tinggal dapat waktunya overhaul aja itu.

monocoque itu enak, nyaman, gak terlalu tinggi naik turun untuk dalam kota. buat libas jalan jelek sudah lebih oke. masalahnya satu, mobil begini biasanya nyaman dan kedap. Kerusakannya klo kupingnya sensitif bisa langsung kerasa. beda dengan lmpv atau lcgc misalnya, atau merk toyota misalnya, seringkali yang saya temukan itu sehat dan separuh sehat gak beda2 banget... jadi ya gak kerasa rusak.

====
Kirim gambar nostalgia dulu aaaah... :mky_08:
WhatsApp Image 2025-02-14 at 15.52.26 (1).jpeg
WhatsApp Image 2025-02-14 at 15.52.26 (2).jpeg
Makasih infonya om!
Saya sih sebenarnya yah secara selera, tampilan exterior lebih suka T31, macho dan kekar. Tapi kalo interior sebenarnya lebih senang T30, saya adalah orang aneh yang suka driver console di tengah! Jatuh hati setelah dulu iseng test drive si kopi india (ngomong2 ini mobil oke juga sih tapi sepertinya bakalan ambyar buat road trip). Menurutku dengan kosongnya console di depan driver, sudut pandang lebih luas dan lebih sedikit distraction karena ane tipikal driver yang eyes-on-the road soalnya jadi senang aja kalau dari posisi duduk itu lempang ga ada apa2 selain steer. Kuat sekali racun Xtrail ini haha, btw T30 anda ganteng sekali om! Bumper depannya jangan diadu ya haha!
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1534
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by t105erd »

Ceritanya sama kaya saya, harian pakai Yaris 2008, kerasa banget repotnya kalo mau mudik/roadtrip/pergi jauh. Akhirnya coba cari2 mobil agak gedean, dan yang cocok sama profil jalan yg akan dilalui.

Pertama nawarin nyonya Xtrail T30 dan CRV gen3, tapi dicoret gara2 ga suka sama modelnya crv katanya pasaran dan saudara dah punya nissan, saya tawarkan subaru forester langsung di acc karena paling oke secara tampilan dan performance, tapi belum ada yg cocok secara unit dan harga. Malah jadinya ambil Mazda Tribute 2.0 yg ga sengaja liat.

Bismillah aja, semoga menjadi petualangan baru kami :big_biglaugh:
megachonkz
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Feb 07, 2025 2:23

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by megachonkz »

t105erd wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 10:36 Ceritanya sama kaya saya, harian pakai Yaris 2008, kerasa banget repotnya kalo mau mudik/roadtrip/pergi jauh. Akhirnya coba cari2 mobil agak gedean, dan yang cocok sama profil jalan yg akan dilalui.

Pertama nawarin nyonya Xtrail T30 dan CRV gen3, tapi dicoret gara2 ga suka sama modelnya crv katanya pasaran dan saudara dah punya nissan, saya tawarkan subaru forester langsung di acc karena paling oke secara tampilan dan performance, tapi belum ada yg cocok secara unit dan harga. Malah jadinya ambil Mazda Tribute 2.0 yg ga sengaja liat.

Bismillah aja, semoga menjadi petualangan baru kami :big_biglaugh:
waduh 3000cc. Ini mah bukan sahabat pertamina lagi tapi sudah jadi keluarga XD
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1534
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by t105erd »

megachonkz wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 13:15
t105erd wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 10:36 Ceritanya sama kaya saya, harian pakai Yaris 2008, kerasa banget repotnya kalo mau mudik/roadtrip/pergi jauh. Akhirnya coba cari2 mobil agak gedean, dan yang cocok sama profil jalan yg akan dilalui.

Pertama nawarin nyonya Xtrail T30 dan CRV gen3, tapi dicoret gara2 ga suka sama modelnya crv katanya pasaran dan saudara dah punya nissan, saya tawarkan subaru forester langsung di acc karena paling oke secara tampilan dan performance, tapi belum ada yg cocok secara unit dan harga. Malah jadinya ambil Mazda Tribute 2.0 yg ga sengaja liat.

Bismillah aja, semoga menjadi petualangan baru kami :big_biglaugh:
waduh 3000cc. Ini mah bukan sahabat pertamina lagi tapi sudah jadi keluarga XD
yg 2000cc om bukan yg V6
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by leogalih »

Pboyz97 wrote: ↑Tue Feb 11, 2025 16:07
megachonkz wrote: ↑Fri Feb 07, 2025 2:46 Halo suhu2 semua, setelah lama silent reader akhirnya ikut memberanikan diri bergabung.
I love cars, I love taking care of cars, kagum sama mobil2 mewah/sport tapi selera gw lebih ke older cars wkwk (mgkn karena gw kere juga sih)

Daily driver gw datsun cvt 2 baris, mgkn banyak yang kurang suka sama mobil ini tapi buat gw ini mobil tempur yang enak. Musuh pombensin, pajak murah, mesin bandel, tarikan maknyuss dan yang terpenting anti maling (sangkin ga lakunya di market maling kali ya haha, gw selalu worry free soalnya kalo markir di tempat yang agak sus).

Gw akhir2 ini asik kepikiran pengen punya SUV buat mobil weekend/lukot gara2, beberapa kali bawa datsun ke tol itu rasanya kaya naik sukhoi XD (I am still okay with it). Gw uda banyak baca2 juga review2 disini beserta sugesti2nya terutama long term review Xtrail. Secara selera, gw doyan banget sama Xtrail yang ngotak (T30/T31), harga sekennya menarik juga. Alasan nyari SUV sebagai mobil kedua juga karena jalanan dalkot sebenarnya jelek. Banyak yang bopeng dan bergelombang (ya, ini bahkan di pusat kota, dimanakah itu? Tentu saja di Gotham).

Pertanyaan:
Kira-kira T30/T31 untuk apakah cukup durable untuk dipelihara selamanya? Apakah ada sugesti yang lebih baik?
Maksud gw gini sih, kalo di reddit ada yang namanya "carsforlife", 1 mobil untuk selamanya dan ini biasanya sih yang megang titlenya itu si Hilux Double Cabin yang memang uda terbukti indestructible haha di Top Gear (sepupu gw juga make sampe bannya copot sendiri lol). Rencana usage untuk saat ini juga masih mobil weekend/lukot, biarlah daily driver tetap si ncun biar ga boncos.
kalo soal durability sy kurang tau, secara blm pernah miara. tp kalo udh biasa miara datsun, miara nissan hrsnya ga masalah. tp sepengalaman saya td t30 maupun t31. mobilnya cukup nyaman dan empuk. selain itu jg kekedapan kabinnya cukup baik dan fiturnya jg cukup lengkap walaupun driving feel, tarikan sm handlingnya biasa aja menurut saya. kalo msh tinggal di jabodetabek, hrsnya masih aman aftersalesnya, tp kalo tinggal di luar jabodetabek sy krg tau. kl alternatif, grand vitara 2.4 or crv 2.4 gen 3 bs jadi alternatif , sepertinya masuk kriteria & budget
Please jangan GV 2.4
Memang ini mobil enak, kenceng stabil pula, pernah nyoba 190kpj di tol ngawi (unrecorded) tapi tetap bisa membuat istri tidur pulas.
Tapi ketahanan kaki-kaki dan fast movingnya ampas.

1. Dapat di KM 45rb (ga tau puteran atau engga), pemakaian ga sampe 6 bulan bearing waterpump dan tensioner minta ganti. Gejalanya dari area belt terdengar bunyi krok krok krok, kalo didengar dari luar malah kayak mesin diesel jadul. Mana ga bisa ganti bearingnya aja, harus diganti segolondong waterpumpnya. Udah beberapa kali punya mobil bahkan sampe 85rb KM pemakaian, kayaknya ga pernah waterpump kena di KM 45rb.
2. Berjalan di posisi KM 75rb, overheat karena ga tahu kalo karet klep tutup radiator putus. Overheat menyebabkan silinder head melenting lumayan jauh sehingga harus ganti segelondong silinder head ex.singapore.
3. Sekalian ganti silinder head, sekalian ganti swing arm depan dan link stabliser karena sebelumnya memang sudah terasa bunyi glodakan di kaki-kaki depan. Ternyata setelah dilihat, karet bushing lower armnya sudah pecah.

Untuk mobil yg terjual di posisi KM 95rb, ga pernah sebanyak ini jajannya dibanding mobil yang dimiliki sebelumnya :big_cry:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1739
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Xtrail T30/T31 for long run. Worth it?

Post by AbdulHakim »

sepertinya case closed siy ini thread, mungkin judulnya aja yang perlu disesuaikan menjadi "Tips hunting Nissan Xtrail T30 yang sehat dan cara perawatannya".