mahandira wrote: Thu Jul 10, 2025 23:38
Salam Hormat suhu... Saya Mau tanya mengenai F30. rencana mau cari F30 yang N20 karena budgetnya baru sampe disitu. mengingat harus ada persiapan budget tambahan untuk maintenance ke depannya.
1. Berapa Biaya penggantian timing chain?
2. Berapa biaya penggantian suku cadang rutin seperti kampas rem plus sensornya, disc brake?
3. Berapa Biaya penggantian water pump, AC compressor, Timing Belt, Hose2 radiator jika diperlukan, apa merek aftermarketnya yang ramah di kantong?
3. Untuk EPS rack steer yang katanya sampai 40jtaan. Apakah cukup dengan menggunakan repair KIT eps? atau ada jalan lain agar tidak keluar 40jt
4. Untuk F30 2013- 2014 baik sportline dan luxury line apakah keduanya menggunakan shock breaker adaptive, yang mana harganya sangat mahal?
5. Adakah rekomendasi bengkel non resmi yang recommended area jabodetabek, bandung, cirebon?
6. Adakah saran merek2 aftermarket ramah kantong untuk part2 pengganti BMW?
7. Better luxury line atau sportline dari sisi perawatan?
Terima kasih banyak atas perhatiannya...
1-2 nanya ke bengkel spesialis aja om biar lebih pasti. Kadang harga antar bengkel spesialis aja beda. Tp kurleb timing chain mepet 20 jt. Timing belt, selang2 radiator hatusnya ga sampe sejuta/item. Waterpump ganti biasa barengan ma thermostat. Ni DCnya mayan jg tp harusnya ga nyampe 10 jt.
3. Ada repair kitnya bwat preLCI, bmw jual resmi. Denger2 dari mekanik bengkel spesialis yg LCI malah blm ada. Tp tergantung rusaknya apa, kalo rack n pinionnya yg rusak ya ga bs dibenerin.
4. 320i gak adaptive, 328i kayanya adaptive. 335i adptive
5. Jabodetabek banyak tergantung rusak n kebutuhannya. Anugrah, karunia, yg SOP2nya mirip2 beres dan harganya lumayan ada driven, werkstat. Kalo bwat coding2 elektrikal n sensor2 yg kadang beres aja ga bisa beresin je 88coding.
6. Merk aftermarket beragam jg mulai dari bosch, lemforder, dll. Paling gampang liat aja di tokoijo. Ramah dikantong apa kaga relatif. Kalo sebelumnya make lcgc atau mpv/suv low end ya ga bakalan semurah itu dan harus siap2. Harga mblnya boleh mirip lcgc, perawatannya ke bengkel spesialis sekalipun bisa 2-3x lipat dari miara lcgc. Kalo ganti oli dulu 500rb dah beres, bmw ya sekali ganti oli 1-1,2 jt an bwat pake oli yg proper. Contoh lain Accu jg kalo yg agm di bengkel spesialis 4jt an. Tp kalo miaranyanya raja tega asal jalan dicekokin mesran doang si ya mungkin bisa murah. Dlu sodara gw ada yg gini beli E46 bekas bokap, perawatan ganti oli doang ke bengkel pinggir jalan pake mesran, mobil selama ga mogok ya jalan trus bodo amat mo check engine nyala kek. Kayanya jarang mogok n aman2 aja dia pake ampe 200rb km.
Makanya beli eropa tua bwat apa dulu, kalo cuman tergiur harga murah gengsi tinggi tp ga bisa nikmatin miara bmw bakalan berasa berat, tp kalo emang hobi nyetir, ngebengkel n bisa nikmatin nih mbl yg proper itu kaya gmn ya bakalan puas2 aja. Di WAG membernya aja fetishnya pamer tagihan bengkel, makin mahal makin pada puas
7. Mirip2 ga ada beda fundamental antara kedua trim.
alexander96 wrote: Fri Jul 18, 2025 14:16
Malam suhu.. lagi minat f30 lci 320i taun taun akhir nih (2018 2019). baca baca di literatur luar negeri bagian terlemah yang bisa sampe bikin mogok dan harus towing dari mesin b48 ini adalah di cooling system nya (selang selang dan konektor konektor plastik, oil filter housing, thermostat).
bagaimana pengalaman suhu suhu disini mengenai cooling system f30 ini di indonesia? apakah se horror itu? soalnya selama ini ane riset di web web indo jarang yang mengeluh hal ini, tetapi di luar negeri banyak sekali yang mengeluh bahkan sampai ada bengkel yang jual kit refresh seluruh cooling system si f30 ini.
thanks
Cooling sistem b48 emang pd dari plastik. Plastik ya ada umurnya n gatau kapan bakalan fail. Dlu ane ga kepake mbl 2 minggu abis jalan2 tiba2 besoknya dipake kerja pecah n bleber kemana2 tuh coolant. Untungnya masi bisa sampe bengkel, tp kemaren tmn ada jg ya yg terpaksa towing. Harga sebenernya ga gitu mahal, selang radiator paling brp ratus rb. Thermostat, OFH segala jg masih dibawah 10 jt. Tp kalo fail ditengah jalan ya rada rempong