Suspensi Blkg Altis, Soluna, Vios setara Starlet 1987-97 ?

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Suspensi Blkg Altis, Soluna, Vios setara Starlet 1987-97 ?

Post by handling »

Seperti yang kita ketahui suspensi belakang Torsion Beam dipake starlet waktu tahun 1987 - 1997.
nah kalo yang di Altis, soluna, vios typenya ETA Beam.

Setau saya....CMIIW..... Kalo suspensi Torsion Beam Roda belakang kiri dan kanan saling berhubungan....jadi kalo roda kiri belakang miring sebesar x derajad, maka roda kanan juga bakal miring sebesar x derajad (tapi roda kanan tetap menginjak permukaaan tanah)....CMIIW
Maaf ya kalo pengamatan saya salah.....

Jadi kalo misalnya roda kiri belakang mobil kalo diganjal pake batu/balok setinggi 10-15cm, otomatis daya pijak roda kanan belakang jadi berkurang. Karena roda kanan belakang juga ikutan miring sebesar berapa derajad. ya memang sih roda kanan belakang masih menginjak tanah. Tapi kan berabe juga kalo daya pijak(luas pijakan) berkurang.

Kalo lagi berhenti sih gak masalah, Paling mobilnya jadi agak miring kelihatannya sebagai akibat dari reaksi rioda kiri dan kanan. (padahal yang diganjal cuma sebelah kiri). Nah kalo lagi jalan??? Yang jelas berpengaruh dgn kenyamanan penumpang yang duduk di belakang.

Nah saya terus terang tidak tahu pasti apakah teknologi suspensi ETA Beam = Torsion Beam. Kalo dilihat dari Fisik belakang mobil sekilas suspensi Altis, soluna, vios sama dgn starlet. Karena ada semacam 1 batang besi yang melintang menghubungkan roda kiri dan kanan belakang. Bahkan pada saat lagi jalan pun kelihatan (kalo kita lagi nyetir dan kita berada di belakang mobil altis, soluna, vios, dan starlet).

Apakah ini cuma permainan istilah dari Toyota supaya tidak dibilang teknologi uzur tapi dipasangin ke mobil zaman sekarang untuk menekan harga mobil.....toh gak ada yang tahu kan.....

Karena disaat orang berlomba udah menerapkan suspensi double wishbone, multi link, 5 link...dll ( tergantung istilah pabrikan, yang jelas prinsipnya gak beda jauh dari double wishbone)... eh altis, soluna, vios malah mundur kebelakang teknologinya.....

Dimana pada teknologi double wishbone dan macPherson strut, roda kiri dan kanan tidak saling mempengaruhi, karena suspensi masing2 roda berdiri sendiri. jadi kalo roda kiri belakang diganjal setinggi 10-15 cm pun roda kanan belakang nyaris tetap seperti semula menginjak permukaan tanah (luas pijakannya tetap sama).
Jadi ibaratnya walaupun mobil diganjal dgn 10cm pun mobil tidak kelihatan miring. (hebat kan......) mobilnya tetap nyaris sejajar dgn permukan tanah......

Ini cuma pengamatan saya aja... mungkin rekan2 yang ahli lebih tahu bisa mengoreksi kalo ada yang salah.......
Apakah ada segi positifnya buat yang suka modifikasi , atau malah susah untuk di modifikasikan?

Mungkin ada yang bisa kasih pendapat....

thanks
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Kayaknya sih sama.

INi dari toyota.com.my:
ETA Beams
The lightweight and space saving "H" (ETA) Beam offers the best features from both "Rigid Type Suspension" and "Independent Trailing Arm Type Suspension". This system is highly rigid yet flexible. The independent left and right trailing arms move to compensate road conditions and provide better stability.
Lalu, dari wikipedia mengenai Torsion Beam Suspension:
One end of a long metal bar is attached firmly to the vehicle chassis; the opposite end has a lever, perpendicular to the bar, that is attached to the axle of a wheel
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Kalo diliat secara kasat mata memang mirip sekali.

Mitsubishi dulu pernah menerapkan teknologi ini di Lancer DanGan 1988-1992, dan Eterna 1988 -1993, tapi sekarang udah gak pake teknologi suspensi ini lagi.....karena sudah uzur.

Kalo Daihatsu pernah pake setau saya yang terakhir di Charade XG th 1986 kebawah...CMIIW
Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Mungkin keduanya mirip, tapi ETA Beam sudah mengalami penyempurnaan. Jadi ngga mungkin sama persis dengan Torsion Beam pada Starlet dulu.

Pastinya ya harus tanya ke sang ahli, biasanya bung Takumi jagonya.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

DigitALL wrote:Pastinya ya harus tanya ke sang ahli, biasanya bung Takumi jagonya.
Mana nih orangnya, kagak keliatan..... :shock: :shock: :shock: :wink:

Mungkin juga udah disempurnakan, atau mungkin aja cuma diganti istilah.
Atau memang biaya pembuatannya memang murah, jadi bisa ditekan habis. Lagian udah kudu terkenal namanya.....jadi ya tetap aja laku.....

Kalo yang bener dirasakan konsumen diperbaharui, tapi kalo yang kasat mata gak keliatan bisa di akal2 in dikit lah.....heee....he..he.....
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo dibikin sama akan lebih enak.
biasanya mereka kalo bikin suspensi sama emang udah diakuin ke unggulan nya.bmw juga gitu kan yang lama e38 kalo ngak salah suspensi belakang nya di share sama e39
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Emang bmw type iti pake suspensi apa ya?
Kalo memang masih trend sih wajar lah kalo bmw pake suspensi yang sama pada keluaran mobil yang baru.
Rata2 sih berkutat di McPherson Strut, dan Double Wishbone (kalo double wihbone banyak istilahnya , tergantung dari pabrikan yang kasih istilah).
Kalo torsion beam sih udah kelewat lama teknologinya...he...he....he....
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo seri 5 e39 pake
Front
Independent, MacPherson struts, coil springs, angled castor-locating rod, lower alloy I-arm, alloy frame and ball joint mounted anti-roll bar
Rear
Independent, strut-type integrated coil spring/damper units, twin upper lateral links, lower arms and ball joint mounted anti-roll bar

kalo seri7 e66
Front
Lightweight Double-Joint Spring Strut Front Axle with AluminiumTrack Control Arms and Anti-Roll bars
Rear
Lightweight Chassis with Aluminium Integral Rear Axle and Anti-Roll Bars

kalo seri 3 ngak nemu hehehe tapi rasa nya seri 3 ini agak beda makanya mereka bisa dapatkan best handling terus hehehe
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Mana nih orangnya, kagak keliatan.....
Mungkin lagi urusin Lancer nya kali. Kan dia suka drag race n balap di sentul.

Tapi biarpun suspensi belakang ALTIS begitu, kenapa ya ALTIS masih lebih nyaman dibandingkan para rival dekatnya ?
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

soalnya sok toyota kan di buat comfort ngak keras gitu kayak honda.tapi klao di tol mobil nya melayang
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

mpoezz wrote:kalo seri 5 e39 pake
Front
Independent, MacPherson struts, coil springs, bla...bla.....
Rear
Independent, strut-type integrated coil spring/damper units, ...blllaa.blaaa...bla....
Nah kalo ini kan masih umum dipake........

mpoezz wrote:kalo seri7 e66
Front
Lightweight Double-Joint Spring Strut Front Axle with AluminiumTrack Control Arms and Anti-Roll bars
Rear
Lightweight Chassis with Aluminium Integral Rear Axle and Anti-Roll Bars



Wah kalo ini udah mumet banget bacanya... :lol: :lol: :lol: mungkin paling gak mirip dgn double wishbone prinsip kerjanya....CMIIW


Ya paling gak BMW saya yakin gak terapin teknologi lama di mobil yang lagi trend. Kan BMW prinsipal yang kuat, dan harga mobilnya juga gak murah.

Ada yang saya salut dari BMW, dgn handling yang hebat, karena mobil yang mereka buat mempunyai berat yang hampir sama antara badan depan dan badan belakang ( identik distribusi berat yang hampir sama pada ke 4 roda) . Susah kan bikin mobil kayak gitu... Alhasil handling nya hebat.....Bagaimana dgn mobil jepang???? :wink: :wink: :wink: (info itu pernah saya baca sudah lama sekali)
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

DigitALL wrote: kenapa ya ALTIS masih lebih nyaman dibandingkan para rival dekatnya ?
ya karena brand image, like kijang, mau dibuat apa juga tetap rame kacang goreng.... :lol: :lol: :lol:
coba kijang diganti jadi maz.., hasilnya pasti jadi lain. :lol: :lol: :lol:
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

tapi kalo mau yang hebat lagi untuk suspensi dan handling nya itu.SAAB tuh saya pernah baca dia kalo roda depan nya belok roda belakang nya ikut belok berapa derajat gitu bla bla bla lupa teknologi apa namanya kurang familiar sih.
mereka kan juga bikin pesawat tempurr
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Namanya 4WS (Four Whell Steering), teknologi ini pernah dipake di honda Maestro , peugeot 306 ......CMIIW.
saya lupa pelopor nya siapa......

TApi teknologi 4WS bukan teknologi suspensi. itu untuk mekanis roda. Yang terbaru yang saya dengar dari BMW seri 5 , semacam pengembangan dari 4WS. Saya lupa namanya apa teknologinya. Jadi untuk kecepatan tinggi dan rendah rotasi perputaran kemudi bisa lain. Kalo lagi parkir kita cukup memutar dari jam 10 ke jam 2 atau sebaliknya. Gila kan sedikit sekali.Jadi gak perlu capek2.
Tapi kalo lagi kecepatan tinggi bisa lain. Kita perlu memutar lebih jauh lagi setirnya.
Last edited by handling on Mon Oct 11, 2004 4:46, edited 1 time in total.
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

Active Steering om..... tapi ini juga bukan teknologi suspensi....
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

calvin99 wrote:Active Steering
Ya kalo gak salah....thanks bung Calvin
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

oooooo sory hehehe kemarin baca nya sepintas aja.