WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM berapa?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM berapa?

Post by vigoderoza »

As Subject,

Mau tanya ni Rekans,, Ane pake Ipah VVTi A/T 2010 udah jalan 12 ribu Km.... Awal2 sampe 5000 km si BBM pake Oplosan Premium sama Pertamax 92... Lewat 5000 Km sampai sekarang pakai Pertamax 92 Terus.... Kondisi mobil sudah pakai Piggyback Dastek Q... sekarang ini dirasakan kalau lg jalan siang2 panas2 disekitaran 2000 RPM suka terdengar bunyi ngelitik/knocking...

Kira2 sudah harus di Carbon Clean/Engine Conditioning ndak ya? atau cuma perlu di re-tune aja ya Dasteknya? pertimbangannya kalau di re-tune dasteknya timing pengapiannya harus dimundurin dong ya? Jd mengurangi performance tarikannya.....

Menurut RR lebih baik CC/EC atau re-tune dastek aja ya? Mohon petunjuk Suhu2 disini......


:thanks: in advance
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by asudarsono »

Kalau baru jalan 12 ribu km belum perlu dicarbon clean dong. Mau diCC sih gak apa2, cuma aja nggak bermanfaat.

Emang sekarang setelan timing pengapian berapa? Air radiator dan oli mesin suka berkurang nggak?
Ready to Race
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by scorpio »

bukannya si dasteknya biasa punya beberapa setingan pengapian yang disesuaikan ama bensin yg dipakai ya.
jadi misalkan pake premium tinggal pindahin ke settingan premium dsb

di mobil TS ada settingan seperti itukah??
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by AD74YA »

aku rasa settingan dasteknya yang buat ngelitik... dengan kondisi mobil standar dan dipaksa untuk kerja melebihi performanya, contohnya seperti throtte yang bukannya dipercepat, pumping fuel lebih cepat sambil dipaksa tetap
"hemat", dan pembakaran busi nya disuruh kerja keras...

makanya dastek/piggyback sangat nggak disarankan dipasang di mesin standar karena justru memperpendek umur komponen mesin. Okelah performa lebih tokcer.. tapi selain dari itu cuma iklan doang..

Coba cek/ganti busi, lepas dasteknya dulu lihat masih ngelitik nggak

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by vigoderoza »

asudarsono wrote:Kalau baru jalan 12 ribu km belum perlu dicarbon clean dong. Mau diCC sih gak apa2, cuma aja nggak bermanfaat.

Emang sekarang setelan timing pengapian berapa? Air radiator dan oli mesin suka berkurang nggak?

wah, kalau setelan timing nya berapa ane kurang paham tu om.. ntar ane coba tanyain deh...

Air radiator si sejauh ini ngga pernah berkurang... kalau oli sempet berkurang sedikit di 5000an Km... ane pake oli Full Synth 5W30

Emangnya semestinya CC itu di KM berapa ya om?
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by vigoderoza »

scorpio wrote:bukannya si dasteknya biasa punya beberapa setingan pengapian yang disesuaikan ama bensin yg dipakai ya.
jadi misalkan pake premium tinggal pindahin ke settingan premium dsb

di mobil TS ada settingan seperti itukah??

Ada Om... tapi kan ane pake BBM nya yg Ron 92 terus.... udh ga pernah pake Ron 88 lg..... MAP skrg yg dipake si udh sesuai dgn BBm yg dipake... dan ngelitiknya cuma disekitaran RPM 2000 aja.... justru di RPM 1000 - 2000 ga ngelitik....
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by vigoderoza »

AD74YA wrote:aku rasa settingan dasteknya yang buat ngelitik... dengan kondisi mobil standar dan dipaksa untuk kerja melebihi performanya, contohnya seperti throtte yang bukannya dipercepat, pumping fuel lebih cepat sambil dipaksa tetap
"hemat", dan pembakaran busi nya disuruh kerja keras...

makanya dastek/piggyback sangat nggak disarankan dipasang di mesin standar karena justru memperpendek umur komponen mesin. Okelah performa lebih tokcer.. tapi selain dari itu cuma iklan doang..

Coba cek/ganti busi, lepas dasteknya dulu lihat masih ngelitik nggak

CMIIW
Busi ane udah pake Denso Irridium om,, Air filter JFC,, sama CAI....
Oya? Jd ga disarankan dong pake piggyback untuk Long Life mesinnya ya?

Kalau Timing pengapian disekitaran 2000 RPM nya bisa dimundurin tapi kan ya?

sedangkan mengenai CC/EC berarti tidak disarankan ya untuk mileage 12000 km ini ya om?
:thanks:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by AD74YA »

vigoderoza wrote:
AD74YA wrote:aku rasa settingan dasteknya yang buat ngelitik... dengan kondisi mobil standar dan dipaksa untuk kerja melebihi performanya, contohnya seperti throtte yang bukannya dipercepat, pumping fuel lebih cepat sambil dipaksa tetap
"hemat", dan pembakaran busi nya disuruh kerja keras...

makanya dastek/piggyback sangat nggak disarankan dipasang di mesin standar karena justru memperpendek umur komponen mesin. Okelah performa lebih tokcer.. tapi selain dari itu cuma iklan doang..

Coba cek/ganti busi, lepas dasteknya dulu lihat masih ngelitik nggak

CMIIW
Busi ane udah pake Denso Irridium om,, Air filter JFC,, sama CAI....
Oya? Jd ga disarankan dong pake piggyback untuk Long Life mesinnya ya?

Kalau Timing pengapian disekitaran 2000 RPM nya bisa dimundurin tapi kan ya?

sedangkan mengenai CC/EC berarti tidak disarankan ya untuk mileage 12000 km ini ya om?
:thanks:
Tune up biasanya dilakukan kalo udah 30ribu keatas, dan Carbon clean biasanya lewat 50 ribu atau 5 tahun lebih..

Betul piggyback sebenrnya memperpendek komponen mesin standar karena pengapian dan segala macam sudah di set secara presisi..
Kalau sudah ganti businya coba bersihkan air filternya... Modelnya JFC open air atau replacement? :e-think:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by vigoderoza »

AD74YA wrote:
vigoderoza wrote:
AD74YA wrote:aku rasa settingan dasteknya yang buat ngelitik... dengan kondisi mobil standar dan dipaksa untuk kerja melebihi performanya, contohnya seperti throtte yang bukannya dipercepat, pumping fuel lebih cepat sambil dipaksa tetap
"hemat", dan pembakaran busi nya disuruh kerja keras...

makanya dastek/piggyback sangat nggak disarankan dipasang di mesin standar karena justru memperpendek umur komponen mesin. Okelah performa lebih tokcer.. tapi selain dari itu cuma iklan doang..

Coba cek/ganti busi, lepas dasteknya dulu lihat masih ngelitik nggak

CMIIW
Busi ane udah pake Denso Irridium om,, Air filter JFC,, sama CAI....
Oya? Jd ga disarankan dong pake piggyback untuk Long Life mesinnya ya?

Kalau Timing pengapian disekitaran 2000 RPM nya bisa dimundurin tapi kan ya?

sedangkan mengenai CC/EC berarti tidak disarankan ya untuk mileage 12000 km ini ya om?
:thanks:
Tune up biasanya dilakukan kalo udah 30ribu keatas, dan Carbon clean biasanya lewat 50 ribu atau 5 tahun lebih..

Betul piggyback sebenrnya memperpendek komponen mesin standar karena pengapian dan segala macam sudah di set secara presisi..
Kalau sudah ganti businya coba bersihkan air filternya... Modelnya JFC open air atau replacement? :e-think:
Replacement om... terakhir dicuci sekitar 5000 km yg lalu barengan ama ganti oli... pas di 4000 km udh ane puter si biar kotornya rata.. emang udh mulai kotor, tapi masih bisa tembus cahaya kok kalo dilihat... emang kalo filter kotor bisa jd penyebab ngelitik juga ya?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by AD74YA »

"Replacement om... terakhir dicuci sekitar 5000 km yg lalu barengan ama ganti oli... pas di 4000 km udh ane puter si biar kotornya rata.. emang udh mulai kotor, tapi masih bisa tembus cahaya kok kalo dilihat... emang kalo filter kotor bisa jd penyeba. ngelitik juga ya?"
Nah ini baru.. Semua optimal tapi ngelitik... Bbm bagus berarti fuel pump sehat.. Lagian masih 12 ribu..
Hmm.. Coba saya sercing2 dulu ya...

Airfilter kotor, busi aus, sulfur bbm tinggi, semua bisa bikin ngelitik..


n
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
vigoderoza
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Tue Aug 03, 2010 5:08
Location: Jakarta ooh Jakarta....

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by vigoderoza »

Ane coba pantau seminggu ini dulu deh.... kalau memang ternyata masi ngelitik ane mau coba re-tune dastek nya dulu aja kali yee,, minta dimundurin timing pengapian disekitar 2000 RPM nya...

Nanti ane report disini lg deh kelanjutannya...

Thanks Bro AD74YA untuk input2nya.... :thanks:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by asudarsono »

Coba dasteknya dicopot aja dulu barang seminggu. Kalau masih ngelitik berarti bukan dasteknya kali.
Ready to Race
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by DOHC »

ipah bengsin ane uda 96 rebu km aja blom perna skalipun ngerasain carbon clean.... gejala ngeglitik jg nyaris ga kdengeran... apa gara2 manual yahh.. :e-think: :e-think: :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by AD74YA »

vigoderoza wrote:Ane coba pantau seminggu ini dulu deh.... kalau memang ternyata masi ngelitik ane mau coba re-tune dastek nya dulu aja kali yee,, minta dimundurin timing pengapian disekitar 2000 RPM nya...

Nanti ane report disini lg deh kelanjutannya...

Thanks Bro AD74YA untuk input2nya.... :thanks:
Hoo sama2 oom sori blom bisa bantu banyak.. coba saya tanya sama temen2 di forum2 luar siapa tau bisa bantu ya.. :oops:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: WTA: Carbon Clean/Engine Conditioning bgusnya di KM bera

Post by AD74YA »

giamana kabarnya ini mobil setelah seminggu? :e-think:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...