Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by Jose »

Halo2..

Setelah bertahun2 join di SM (since 2008) akhirnya saya bikin review juga di corner. Saya mau mereview citycar penghuni baru garasi rumah saya yaitu Honda Brio E A/T. Sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan ke Brio saya sudah mencoba hampir semua mobil sekelasnya dan yg satu tingkat diatasnya seperti Mirage, Mazda2, Jazz, Yaris, Fiesta & Rio-Avega, karena price range-nya setelah diskon berdekatan. :mky_08:


Background
Latar belakang saya melego citycar adalah krn saat ini keadaan lalu lintas jakarta sudah tidak logis jika menggunakan mobil Accord CM5 ber cc besar dan berukuran gambot untuk aktivitas harian. Dalam menentukan pilihan saya tidak ada kriteria khusus, yg saya beli adalah yg memberikan penawaran terbaik secara general. Jujur saja awalnya pilihan saya adalah Mirage, kemudian pindah ke Mazda2 krn hitungan installment setelah diskonnya nya justru lebih ringan, disamping saya memang ga sreg dgn tampang belakang Mirage yg jadul & terlihat cungkring, saya sampai sudah sempat SPK Mazda2 krn diskonnya saat itu sangat besar, namun pada akhirnya saya dapat harga penawaran yg tidak bisa saya tolak dan membuat saya berpindah lagi ke Brio, siapa yg bisa nolak tawaran total diskon yg nyaris "kepala empat". Hahaha... :e-whistle:
Saya sendiri sudah sangat familiar dengan Honda, saya sempat suka dan respek dengan pabrikan ini. Sejak dulu, terutama thn 80-90an, honda dikenal sebagai pabrikan yg inovatif, idealis dan non-mainstreem. Disaat semua pabrikan jepang berlomba menciptakan sportcar2 dengan forced induction (turbo), honda tetap pada idealismenya dengan mesin Normally Aspirates (NA) berdisplacement kecil dan penggerak roda depan. Saya juga kagum karena honda banyak mengeluarkan mobil dengan konsep baru yaitu Compact Recreational Vehicle (CRV) dan Hi-rider Revolutionary Vehicle (HRV) yg pada saat itu merupakan konsep unik ditengah jajaran ladder frame SUV berdimensi bongsor, dan puncaknya adalah pada saat munculnya Accord generasi ketujuh bermesin K24 i-vtec, varian accord dengan lompatan teknologi paling signifikan. Itulah yg membuat saya mati2an membujuk ortu utk melego Accord CM5. Namun, mulai thn 2007 Honda mulai menjadi pabrikan yg mainstream, hal ini membuat produk honda diatas thn 2007 tidak ada greget, contohnya Full Size Accord 2008 yg seolah kehilangan jati diri krn bantingan suspensinya yg bahkan lebih empuk dari Camry, hal ini membuat saya tidak terlalu melirik Honda belakangan ini, sampai akhirnya tawaran diskon edan ini datang. :e-pray:


Eksterior
Kata Brio ternyata berasal dari bahasa Italia yg berarti "lincah", desainer brio menggunakan konsep "Double Triangle" dalam proses blueprint desain brio, intinya dua buah segitiga yg ditumpuk untuk menghasilkan desain yg agresif, aerodinamis namun tetap spacy. Jujur saja, pertama kali saya lihat brio tidak ada tertarik2nya sama sekali, karena bagian belakangnya yg , modelnya pun bukan selera semua orang, terutama bagian buritannya. Namun setelah benerapa lama, barulah terlihat uniknya konsep desain mobil ini. Bagian depan adalah bagian tercakep Brio, menurut saya jika dilihat dari depan Brio ini lebih cakep dari kakaknya,Jazz. Model bumper depan yg berwarna hitam dan dibalut oleh plat body terlihat sangat agresif dari kejauhan, seakan-akan Brio ini memiliki air dam yg besar layaknya sportcar, ditambah lagi tambahan lip spoiler berwarna hitam yg memanjang dibawah bumper depan makin membuat citycar ini kental aura sport. :off_good_job:
IMGP3545.JPG
Pindah kesamping, kesan agresif masih terasa dengan hadirnya dua buah garis tegas. Saya suka tarikan garisnya, dimulai dari ujung bumper membelah sampai ke ujung window belakang, seakan menegaskan konsep desain double triangle-nya. Saya juga appreciate dengan model handel pintu Brio yg sudah menggunakan model tarik, padahal kakaknya Jazz saja masih menggunakan model ungkit. Sayangnya kesan agresifnya rusak oleh frame kaca yg sewarna body, padahal biasanya mobil2 sekarang sudah dibalut fiber hitam, ini terlihat jelek sekali, seperti Anne Hathaway yg lupa memakai Bra sehingga "boobs"- nya terlihat "turun". :upss:
IMG-20130418-02008.jpg
Lanjut ke buritan, bagian ini memang bukan selera banyak orang, namun disisi lain konsep frameless ini merupakan poin tersendiri yg membuat brio tidak mainstream dibanding kompetitornya. Bagi yg meragukan kekuatan kaca belakangnya, Green Glass nya cukup kokoh kok, lebih tebal dari kaca samping. Sisi positif dari penggunaan fameless ini adalah pandangan ke belakang sangat baik, even bangku belakang diisi 2 orang. :e-think:
IMGP3546.JPG
Interior
Jujur saja saya sudah menurunkan ekspektasi saya serendah mungkin mengenai interior Brio. Masuk ke interior pertama kali cukup surprise karena ternyata cukup luas utk ukuran citycar. Driver dan penumpang depan diberi headroom yg sangat memadai, tinggi 174cm spt saya masih menyisakan space headroom yg luas. Namun headroom penumpang belakang terasa sempit, efek dari desain yg mirip setrika tadi, walau begitu penumpang belakang masih bisa menyiasatinya dengan memajukan posisi duduk lantaran legroom yg memadai, yg juga membuat saya surprise adalah ternyata masih ada space untuk bagasi, saya sudah mengira mobil ini sama sekali tidak ada space penyimpanan layaknya avanza lama, bagasi brio masih bisa dijejali koper ukuran kecil (walau secara space paling kecil dibanding rivalnya).
IMGP4117.JPG
Hal lain yg saya suka adalah melimpahnya konsol penyimpanan (yg sayangya hanya untuk driver dan penumpang depan), bayangkan kabin depan terdapat 4 cupholder dan 6 konsol penyimpanan. Bagaimana dgn kabin belakang? nope, cuma ada satu kantong di belakang jok penumpang (malah di Brio tipe S tidak ada), dan satu cup holder di tengah. Jika kita pertama kali masuk ke mobil ini yg terlihat adalah desain interior dash yg cukup baik dari segi design dan pemilihan warna. :mrgreen:
IMGP4109.JPG
IMGP4114.JPG
Namun jika didekati dan diperhatikan lebih detil, yg kita lihat hanyalah seonggok material murahan di hampir semua sisi interior. Fit & finish parah, banyak bagian2 yg kasat mata terlihat tidak tersambung dengan baik, contohnya door trim belakang yg klo saya pinjam kata Bang Oma "Terlalu"... :off_no:
Sampai disitu? Belum gan, masih banyak...kesan murahan terus berlanjut, switch power window belakang yg bermodel switch thn 80'an, switch AC meniru kakaknya yg seperti tutup jirigen dan switch kompor Rinnai, tidak ada foot rest, dan yg paling konyol adalah adanya kisi berongga tempat untuk speaker belakang yg ternyata...tidak ada speakernya...jujur ini adalah hal terkonyol yg pernah saya temui dalam spesifikasi suatu kendaraan. Head Unitnya walau menghasilkan sound quality yg lumayan serta sudah support USB & Ipod port masih terkesan murahan, dengan display alfanumerik besar layaknya kalkulator. :big_weee:
IMGP3504.JPG

Untunglah masih ada hal bagus lain yg bisa sedikit mengurangi kekonyolan ini, yaitu jok dan setirnya yg sangat baik. Jok depannya walaupun tipis tapi memberikan posisi duduk yg sangat ergonomis, feelnya tidak terlalu empuk tapi tidak terlalu keras, saya juga suka model bucketnya yg sangat sporty dan menyatu dgn headrest, ini menghindari tipikal driver kamseupay yg doyan mencopot headrest.
IMGP4110.JPG
Saya juga sangat suka setirnya, walau tidak leather stich, namun sangat mantap digenggam lantaran tebalnya pas, otomatis memberi rasa confidence saat bermanuver, menurut saya setir brio adalah yg salah satu yg ter-enak dari semua line up yg pernah dipasarkan HPM, karena setir CRV & Accord tidak setebal brio, sedangkan jazz & civic three spoke nya terlalu besar, tidak se-ergonomis brio. :mky_02:
IMGP4121.JPG
Drive/Ride
Ok, ini yg ditunggu2, jujur klo masalah interior saya sama sekali tidak ada ekspektasi apa2, namun untuk driving ekspektasi saya cukup tinggi karena bagian inilah yg merupakan gimmick promosi HPM. Buka pintu, masuk & duduk di joknya, seperti yg saya bilang, walau tipis front seat brio memberikan posisi mengemudi yg pas walau tanpa ada pengatur ketinggian dan konturnya tidak membungkus badan dengan baik. Putar kunci, terdengarlah suara mesin yg halus, dan tidak ada vibrasi saat idle, good point. Pindah tuas tranny ke D dan lets roll…
Jalanan kompleks yg bumpy dan banyak polisi tidur langsung bisa menunjukkan bahwa bantingan Brio keras, malah paling keras dari semua citycar 1.2l – 1.5l yg pernah saya coba. Keluar kompleks rumah tidak sengaja melintasi lubang dgn speed agak cepat dan draakkk… terdengar bunyi yg memilukan dari bagian depan kiri yg menginjak lubang. Alamak, keras sih keras tapi ga gini juga kalee… saya sudah biasa dgn suspensi keras pada Accord CM5 dan Odyssey, bantingan keras tapi redaman suspensinya (damper) menyerap dengan baik, sehingga klo injak lubang hanya “duk duk”, klo si Brio ini redamannya pun keras, jadilah mobil ini kayak gerobak yg klo injak lubang agak cepat langsung jedraaak..druukk”. Masalah kenyamanan bantingan brio kalah jauh dari Yaris & Mirage. Untungnya selepas itu kontur jalan membaik, dan sampai disitu pula hal negatif yg sangat mengganggu di Brio. Mobil ini sangat enak dipakai meliuk-liuk di kepadatan Jakarta, bodynya yg kecil bisa membuat kita berani mengikuti driving style supir angkot, asal ada celah sikatt.. ini juga didukung oleh setir yg enteng sekali, mempermudah utk manuver. Oh iya, sisi positif dari kaca belakang frameless adalah visibilitas yg luar biasa baik, kita bisa memantau hampir semua sudut di sekitar kita, blinspotnya pun minim, tidak seperti waktu saya TD Grand Avega yg rasanya seperti nyetir mobil box krn visibilitas belakangnya parah. :mky_03:
Brio menggunakan engine 1.3L i-vtec (100ps, 127nm) yg merupakan mesin Jazz GD3 JDM (Fit) yg membuat saya tersenyum adalah bobotnya yg hanya 920 kg yg membuat mobil ini memiliki power to weight ratio yg sangat baik. :off_good_job:
IMG-20130607-02121.jpg
Karakter mesinnya tidak seperti kakaknya ,Jazz yg Cuma galak di putaran atas, karena bobot Brio ini enteng jadilah tarikan bawahnya juga enteng. Pokoknya sensasi yg dirasakan enteng dan lincah, lebih lincah dari semua kompetitornya bahkan kelas 1.4l dan 1.5l, putaran bawahnya hanya kalah enak dari Mazda 2. Transmisinya 5-Speed A/T with Grade Logic Control, lebih baik dari semua kompetitornya yg matic konvensional, tapi yg namanya konvensional ya gitu deh, perpindahan gear sangat terasa, terutama gear 1 ke 2, plus rada2 telmi (telat mikir). Namun sekali lagi, walaupun transmisinya sama bodohnya seperti punya Jazz, karena bobotnya yg ringan jadi ga begitu terasa power lostnya. Grade logic control nya juga cukup sigap mendeteksi tanjakan dan turunan, sangat berguna di parkir gedung & basement, tidak perlu oper-oper tuas, cukup posisi D tanjakan curam pun bisa dilewati, dan sensornya tidak akan melakukan up-shift sebelum tanjakannya habis, guna menjaga power dan mengurangi shifting yg tidak perlu.
Ok, saatnya mengetahui performa sesungguhnya, saya arahkan ke tol Jorr. Setelah bayar langsung saya bejek pedal accel dan wow, cukup terasa tertarik kebelakang (walaupun sedikit doang). Disini saya benar2 merasakan power to weight ratio yg jadi kelebihan Brio, walaupun transmisinya dudul, tenaga tetap tersedia di hampir semua putaran :frm_tumbleft: . Saat itu tol Jorr cukup ramai sehingga beberapa kali harus brake & kick down, karena saya masih merasa ada jeda kickdown di posisi D, maka saya shift ke D3, kick down, baru shift ke D lagi..aaah ini baru nikmat, di posisi D3 ini respon throttle jauh lebih baik dan entah mengapa saya merasakan perpindahan gearnya lebih cepat & smooth dibanding posisi D. Sayangnya karena di posisi ini gear maksimal adalah 3, so di kecepatan 110kpj sudah mendekati redline,,huuh coba Brio dikasih paddle shift sama kang Jonpis pasti lebih mantap ketika ingin kickdown saat high speed (diatas 120kpj). Ketika ruas tol mulai lengang saya pacu terus dgn injakan flat to the floor, disinilah hal yg paling menyebalkan terjadi, speed limiter yg aktif di 145kpj. Aaaaggh sh*t… :frm_bang_head: padahal saya yakin sekali mobil ini masih sangat sanggup utk dipacu lebih dari ini, tidak sulit untuk mencapai 145 kpj di mobil ini, pada saat terpentok limiter di 145kpj power terasa masih banyak. Hal menyebalkan berlanjut dengan adanya inkator idiot bertuliskan E-C-O yg justru sangat mengganggu terutama ketika malam karena warnanya hijau dan bisa berkedap-kedip seperti turn sign (indicator lampu sein) , indicator geje yg bisa nyala walaupun lepas gas sehabis full throttle yg jelas2 sedang berkendara agresif, rasanya ingin saya tutup pakai lakban. :mky_04:

Handling
Seperti yg saya mention diatas, suspensi Brio yg terlalu keras dan ground clearance rendah membuat mobil ini stabil saat highspeed, pada saat top speed pun tidak ada gejala melayang. Brio juga sudah menggunakan bottom cover yg membuat bagian bawahnya flat sehingga meningkatkan aerodinamika :frm_tumbright: . Namun penggunaan ban Michelin Energy yg merupakan Ban ECO membuat handlingnya tidak maksimal, ban jenis ini gripnya jelek sekali plus berisik pula, sehingga walaupun stabil ketika masuk tikungan terasa canggung, saya merasa seperti ini entah karena memang masalah grip atau sudah terbiasa pakai Accord yg suspension systemnya sudah multi-link sementara Brio masih pakai Torsion Beam :shrug: . Walaupun demikian, saya suka steeringnya, EPS pada Brio masih terasa sedikit feedback, dan bobot setir makin terasa (sedikit) lebih berat seiring bertambahnya kecepatan :e-clap: . Yang jelas dari semua citycar yg saya coba, handling Brio hanya kalah dari Mazda 2 yg memang benar2 terasa balance. Kelebihan brio dari M2 justru pada rem-nya yg lebih baik dan reliable, even berkali-kali hard braking.

Safety
Untuk urusan safety, Brio superior telak dibanding kompetitornya, semua tipe Brio sudah dilengkapi :
- ABS + EBD
- Dual SRS Airbag (i-SRS for Driver Airbag)
- Pretensioner with load limiter
- G-Con Ace
- Side impact beam
- Pedestrian Safety
Thumbs up buat Honda saat ini makin concern terhadap safety, walaupun pada trim entry level :frm_tumbleft:

Other Gimmick / Feature
Fitur lainnya standar lah :
- Keyless Entry
- Immobilizer
- MID
- Power outlet
- Rear Spoiler for all models


Conclution

Pros :
- Power to Weight Ratio (PWR)
- Stabil
- Power to Weight Ratio (PWR)
- Driving Position
- Agile, lincah
- Power to Weight Ratio (PWR)
- Steering
- Fitur Safety
- Walaupun dimensi kecil, namun interior tidak sempit
- Banyak Consol penyimpanan & cup hoder (front section)

Cons :
- Interior Quality
- Bantingan Keras, redaman suspensi keras
- Bagasi Sempit
- Gasrot / mentok adalah hal lumrah (krn GC rendah)
- Jok Gampang kotor
- Atap Berisik (problem semua mobil Honda)

Trust me, this is a good small city car, tidak sejelek yg dikatakan banyak orang, memang banyak defect pada interior qualitynya (rata2 CBU thai jelek sih), namun pemilihan warna interior dan desainnya cukup enak dilihat. Memang pelit fitur pemanja penumpang, namun banyak fitur teknikal & safety yg justru jauh melebihi kompetitornya, Brio ini lebih banyak fitur yg tidak terlihat secara langsung, makanya berasa overpriced, namun dengan adanya diskon “edan” maka harga Brio jadi sangat-sangat worth to buy, malah menurut saya harga setelah diskon “edan” nya terlalu murah untuk mobil dgn spesifikasi ini. Itulah yg membuat saya akhirnya berpaling ke Brio. Dan yg pasti, performa mobil ini sangat baik untuk ukuran citycar, dikasih matic bodoh saja sudah enak, saya jadi pengen tau se-[cencored] apa trim S Manual yg lebih enteng dari tipe E A/T yg saya miliki. Ride & Handling nya ok lah, stabil & lincah, sayangnya damper terlalu keras. Yg jelas Brio sangat driver oriented, perbandingan kabin depan & belakang bagai langit & bumi, tapi ya this is citycar, not a family car. :frm_salut:

Demikian review saya, so far sih puas pakai mobil ini :mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Increase speed = increase Risk
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by y_anjasrana »

akhirnya ada juga repiuw brio..... :mrgreen:


klu ga salah limiter brio bisa dilepas om... coba tanya2 ma sales atau beresnya....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by maxx »

mantab reviewnya ... :mky_02:

Gile disc kepala empat??? ... 40jtan gitu???!!!!

mampus dah yg beli pertama kali dg harga 170 non disc :big_slap:

Ini sptnya sudah jadi pricing strategi/ permainan ATPM blkgan ini ... launch dg harga setinggi2nya ... jadi saat disc gede terasa "murah" dan tidak bisa di elakan logic otak kita dg angka discount yg WAH!!!... PADAHAL BISA JADI HARGA STLH DISC ITULAH HARGA NORMAL SEBENARNYA.
Suzuki sptnya yg belum pakai strategi harga gila ini ... tp ga tau sama swift sport yg mulai dg harga 315jt.

Beda dg periode sebelumnya .. lauch price harga murah.. trus naik beranjak untuk strategi Resale Value yg baik.
Sptnya skrg ATPM sptnya ga ambil pusing dg Resale Value ... yg penting jualan, soal harga 2nd jadi spt apa ga ada efek buat ATPM, alias ga ada untungya buat mereka.

Mustinya smart consumer nantinya bisa ambil sikap untuk hold beli saat launch ... lihat sikon stlh 6bln, tp tetep aja bakal banyak yg kejeblos ambil mobil model baru cepet2an krn prestige/ego ga bisa di bendung. :mky_01:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by walid_007 »

y_anjasrana wrote:akhirnya ada juga repiuw brio..... :mrgreen:


klu ga salah limiter brio bisa dilepas om... coba tanya2 ma sales atau beresnya....
ide brilian omm,,,, nnt masuk berita





































"brio bisa terbang"
:ngacir:
engine roaring!
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by Jose »

@om anjas :
sampai saai ini hal ini cuma sebatas isu, beberapa kali di forum sebelah ada yg bilang bisa remove limiter, tapi pas ditanya detil dealernya, yg bersangkutan menghilang :mky_04:

@Om maxx :
yup, kayaknya strategi seperti ini lebih menguntungkan si produsen. Karena sebetulnya tidak semua pembeli yg tau informasi diskon, biasanya diskon didapat dari hasil negosiasi, so klo si pembeli tidak menanyakan soal diskon ya ATPM yg untung menikmati margin yg besar :mky_03:
Increase speed = increase Risk
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by y_anjasrana »

ooww cuma isyu yaa.... klu gitu msh lama klu pgn liat brio terbang.....


baru merhatiin klu diskonnya kepala 4. edaaannnn...... kyknya ondah udah hopeless dipaksa jualan brio trus. pantes aja di jalan populasi brio makin byk aja. ga tauknya.....

ga kebayang deh harga sekennya......
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by Jose »

walid_007 wrote:
y_anjasrana wrote:akhirnya ada juga repiuw brio..... :mrgreen:


klu ga salah limiter brio bisa dilepas om... coba tanya2 ma sales atau beresnya....
ide brilian omm,,,, nnt masuk berita


"brio bisa terbang"
:ngacir:
y_anjasrana wrote:ooww cuma isyu yaa.... klu gitu msh lama klu pgn liat brio terbang.....


baru merhatiin klu diskonnya kepala 4. edaaannnn...... kyknya ondah udah hopeless dipaksa jualan brio trus. pantes aja di jalan populasi brio makin byk aja. ga tauknya.....

ga kebayang deh harga sekennya......

makanya beliin saya piggyback donk om, klo pake piggy bisa diakalin limiternya jd bisa lebih dari 145 kpj. Nanti saya review deh klo brio saya udah bisa take off :angel: :angel: :angel:

:mky_04:


masalah diskon, di depannya kan ada kata "nyaris", so belom sampe kepala 4 om :mky_08:

masalah harga seken, semenjak kebijakan diskon besar2an dilakukan dlm penjualan brio, yaris, fiesta & mazda2 pasar harga mobkas emang mulai rusak :upss:
Increase speed = increase Risk
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by madcat015 »

Nice ripiu om...

*save ke notepad, print...* :big_smoking:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by ricz »

Nice ripiu om :mky_02:

Mmg gila bgt brio skrg, diskonnya gede bgt...

Cuman yg parah koq gk ada speakernya????
2021 Fortuner VRZ
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by c_adhi_k »

madcat015 wrote:Nice ripiu om...

*save ke notepad, print...* :big_smoking:
Royalti hak cipta om :big_smoking:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by Jose »

ricz wrote:Nice ripiu om :mky_02:

Mmg gila bgt brio skrg, diskonnya gede bgt...

Cuman yg parah koq gk ada speakernya????
hehehe sepertinya besaran diskon yg saya dapat udah ga ada lagi. Saya SPK mobil ini bulan Maret disaat mereka lagi ngabisin stok 2012, tepatnya menjelang unitnya habis

Sebetulnya saya sudah deal di SPK utk unit 2012 dan entah dapat durian runtuh atau bagaimana, ternyata unit 2012 nya sudah habis, dan saya malah dapat nik 2013 :mky_02:
Increase speed = increase Risk
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by ricz »

Mmg kesepakatan honda gitu om, kalo misalnya unit 2012 udh habis, konsumen berhak dpt unit 2013...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by evolution21 »

Reviewnya bagus n detail um, banyak dikasih pembanding tentang bantingan dan power dengan mobil lainnya pula

Btw kebijakan bisnis honda hebat yah..
Ga kaya merk lain yg banyak gonjang ganjing masalah diskon yg tdk ditepati
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by madcat015 »

ricz wrote:Nice ripiu om :mky_02:

Mmg gila bgt brio skrg, diskonnya gede bgt...

Cuman yg parah koq gk ada speakernya????
Nahhhh, memang ga ada speakernya... Cuman disiapkan tempatnya doang padahal harga speaker sebiji cuman [censored]rb... :e-doh:
evolution21 wrote:Reviewnya bagus n detail um, banyak dikasih pembanding tentang bantingan dan power dengan mobil lainnya pula

Btw kebijakan bisnis honda hebat yah..
Ga kaya merk lain yg banyak gonjang ganjing masalah diskon yg tdk ditepati
Ummmm...., kayaknya diler yang gonjang ganjing masalah diskon segede gaban deh om... :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
P 13 QA
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Thu Dec 13, 2012 7:27
Location: Warehouse

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by P 13 QA »

wuihhh reviewnya sangat mendalam :mky_02:

nice repiu mas bro :mky_08:
Bonera: "Cassano? He said that above Inter there's only the sky, maybe at Parma he'll find the satellites." LOL !!!
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by solar_kerosen »

ulasan langsung dari pemilik beda sama media komersial .............. :mky_07:


bagus bro ulasannya :mky_02:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by grandscenic »

Buat TS , very good review, great job dude. Another good reviewer from SM.
Etme Bulma Dünyası
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by evolution21 »

madcat015 wrote:
Ummmm...., kayaknya diler yang gonjang ganjing masalah diskon segede gaban deh om... :ungg:
Maksudnya kalo merk lain kan ada tu yg udah deal disk berapa, tp belakangan tiba2 pihak dealer membatalkan dengan alasan sudah ga ada yg nik taun lama lah, ini itulah. Ini sepengamatan ane di merk usa yg lagi naik daun itu ya...
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by y_anjasrana »

Brio... mobilnya tak sebesar diskonnyaa..... :mrgreen: :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
CikidingTralala
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Tue Apr 01, 2008 8:38

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by CikidingTralala »

berapaan harga bekasnya brio ya bro? :mky_01:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by y_anjasrana »

klu barunya (setelah diskon) sekitar 120-130jt, sekennya mungkin sekitar 100-110jtan kali yaa....


tp klu rombongan lcgc kluar bisa jadi lebih jeblok lg....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by nugroho bagor »

y_anjasrana wrote:klu barunya (setelah diskon) sekitar 120-130jt, sekennya mungkin sekitar 100-110jtan kali yaa....


tp klu rombongan lcgc kluar bisa jadi lebih jeblok lg....
2nd rownya kurang di ulas ya om xixixixi
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by y_anjasrana »

klu 2nd row brio (seinget ane waktu nyoba dulu), head roomnya ampir mentok (tinggi 179cm). supaya enak posisi pantat hrs maju dikit, atau punggung bagian bawah ga nempel sandaran. tp posisi kaki ga terlalu sempit. cuma yaa.. yg jd korban bagasi belakang deh.... :mky_01:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by dream_theater »

nugroho bagor wrote:
y_anjasrana wrote:klu barunya (setelah diskon) sekitar 120-130jt, sekennya mungkin sekitar 100-110jtan kali yaa....


tp klu rombongan lcgc kluar bisa jadi lebih jeblok lg....
2nd rownya kurang di ulas ya om xixixixi
Kalo beli Brio jangan mikir 2nd row lah.... :off_no:
Anggap aja beli mini coupe... :big_smoking:
Plus bonus bagasi luaaasss....(buang aja 2nd rownya)
Daripada lihat rumput tetangga...
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Honda Brio 1.3 E A/T '2013

Post by amfibi »

Yang 5 speed M/T 0-100 nya main di 9 akhir- 10 awal detikan :mky_02:
Tapi tetep mentok di 145 km/h :big_slap: