Toyota Kijang - pegimane pendapat sampeyan-sampeyan ?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Toyota Kijang - pegimane pendapat sampeyan-sampeyan ?

Post by boplang »

Sekitar 2 minggu ini iklannya gencar sekali di media TIPI maupun cetak, bahkan momen produksi yg ke satu juta dijadikan even khusus di tipi sbg sponsor tunggal untuk acara musikal. Nggak kebayang tuh berapa M biaya untuk itu semua.

Ini opini saya, Toyota Kijang memang bagus untuk durability, capacity & flexibility, after sales service dan resale value. Yg terakhir menurut saya karena opini dan animo masyarakat ...... ya .. karena faktor-faktor sebelumnya. Cuma yg nggak bisa saya terima adalah harga barunya itu lho !? ....... mahal banget jika kita compare price yg ditawarkan vs option & features yg kita dapat. Dan juga jika di compare dg merk laen spt Mitsubishi Kuda, merk yg satu ini akan memberikan option & features yg lebih detail/ specnya lebih tinggi dan komplit dibanding Kijang. Kwalitas komponent dan materialnya juga lebih bagus ( dashboard, doortrim, plafon, jok, dll ) dibanding Kijang. Apalagi dibanding MPV yg laen .... Kia Carens, Trajet GL-8.

Pegimane menurut sampeyan-sampeyan mas !?
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

ya ,kebetulan di kantor ada kijang baru dan kuda baru..sering juga ikut panther milik teman........saya setuju satu hal:
harganya emang kemahalan...............
tambah mahal lagi juga karena ikut membeli rasa was-was saat memilikinya....maklum sasaran pencurian no:1
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

tul mas Is ....... untuk Kijang ... harga mahal = prinsipal untung besar, kayaknya keuntungannya yg besar banyak dialokasikan untuk iklan.

soal rawan pencurian ...... setelah dicuri trus dijual ketengan pun kijang tetap laku ..... marketnya? juragan angkot dan asem reges.
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

inilah ulah atpm, dimana mereka (yg punya hak atpm) bisa nentuin harga seenak jidatnya sendiri, dulu gue pernah denger kalo harga produksi kijang itu sekitar 40 jutaan, dimana kalo ditambah berbagai macam asesoris paling totalnya cuman 70 jutaan, dan bagi astra grup ini adalah ladang bagi mereka dibanding produk lain yg mereka jual (sori kalo ada orang astra).
Sebagai perbandingan, harga land cruiser vx TAM sekitar 1.2 sedangkan di IU "cuman" 800-an dengan spek yg sama, apakah itu bukan suatu "perampokan"thd konsumen.
padahal iu masukin mobil itu kena pajak yg berlipat dibanding dengan yg punya atpm,
SO, pilih kendaraan, pilihlah yg sesuai dengan kondisi yg ada, jgn terlalu terpikat oleh iklan dan janji, lagipula apasih enakya naek kijang dibanding sama naik angkot ...
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Masa sih biaya produksinya cuma rp70jt? Menurut saya kijang lumayan enak dan cukup reliable, tapi harga memang kemahalan.
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

KIJANG MEMANG ANOMALI PERMOBILAN DI INDO. HARGA MAHAL, SPEC NGGAK BAGUS-BAGUS AMAT ... BAHKAN CENDERUNG ALA KADARNYA, BERKONOTASI ANGKOT, SERING JADI SASARAN PENCURIAN, LOW PRESTISE KARENA BANYAK YG PAKE, .... TAPI ....... TETEP LAKU AJA KAYAK KACANG GORENG ! ......... HERMAN GUA !?
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Gak perlu heran mas Boplang, memang kijang specnya gak terlalu bagus, tapi menurut saya secara keseluruhan kijang lebih enak daripada kuda atau panther, meskipun kualitas material masih kalah. kalo dibanding kuda atau carens, interior kijang lebih lega. Dibanding panther, mesin dieselnya lebih responsif (padahal kalah 100cc). kalo dibanding trajet gl8 memang spec kijang gak ada apa2nya, tapi spt yg mas Boplang bilang, kijang masih menang dalam kepercayaan konsumen, kehandalan mesin dan perawatan, serta nilai jual kembali yg tinggi. Karena inilah kijang tetap laku meskipun mahal, tp nanti seiring dengan meningkatnya kepercayaan konsumen pada MPV Korea, lama2 konsumen akan beralih juga dari kijang.
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

Landie wrote:menurut saya secara keseluruhan kijang lebih enak daripada kuda atau panther
interior memang lebih lega, tapi soal kenyamanan ada yg bilang Kuda lebih empuk dan nyaman, dan juga panther lebih stabil buat kecepatan tinggi karena bodynya lebih tebal .... so ... lebih berat & stabil. Kalo gua compare ( di gethok-gethok ... gitu ) body panther kayaknya memang lebih tebal dibanding kijang, lebih kokoh, nggak mudah penyok juga.

Landie wrote:Dibanding panther, mesin dieselnya lebih responsif (padahal kalah 100cc)
Bukannya panther lebih jago tarikan & top speed !? .... seingat gua panther tuh mesinnya udah pake direct injection, suara dan getaran memang lebih kasar ... tapi tenaga lebih gede, sedangkan kijang masih in-direct .... makanya suaranya lebih halus. Bahkan para driver di kantor gua kerja ( kebanyakan pake panther ) sering cerita suka ngelibas kijang bensin saat keluar kota! ......... nah lho !?
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Panther memang bodynya lebih tebel, tapi gak beda jauh koq (panther model '97, saya gak tau kalo yg baru). Mesin panther sebenernya lebih powerful daripada kijang diesel, tapi sayang gear rationya kurang pas, sehingga tarikannya kurang responsif dibanding kijang diesel, apalagi di rpm rendah. Soal top speed saya gak tau (kalo bukan sedan gak berani kenceng2) :e-dance: . Panther lebih stabil untuk ngebut di jalan lurus, tapi lebih terasa limbung di tikungan. Berdasarkan pengalaman saya (dulu pernah pake panther royal 2.5 '97 dan kijang 1800 EFI, kalo kijang diesel cuma bentar aja berhubung minjem), secara umum kijang lebih enak daripada panther...ya paling ngak kijang lebih cocok dengan karakter mengemudi saya (lain pengemudi bisa lain pendapat) :D .
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

boplang wrote:
Landie wrote:menurut saya secara keseluruhan kijang lebih enak daripada kuda atau panther
interior memang lebih lega, tapi soal kenyamanan ada yg bilang Kuda lebih empuk dan nyaman, dan juga panther lebih stabil buat kecepatan tinggi karena bodynya lebih tebal .... so ... lebih berat & stabil. Kalo gua compare ( di gethok-gethok ... gitu ) body panther kayaknya memang lebih tebal dibanding kijang, lebih kokoh, nggak mudah penyok juga.
Dalam soal suspensi, kuda memang paling bagus dibanding minibus lokal lainnya, empuk dan cukup stabil. Joknya juga enak diduduki dibanding kijang yg terlalu keras dan panther yg terlalu empuk. Kelemahan kuda ada di mesinnya (yg 1.6 bensin dan 2.5 diesel) yg harus digeber ke rpm tinggi untuk mendapat akselerasi yg optimal, kalo yg 2.0 baru enak :D .
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kijang memang paling lega soal interior dan model paling mantep dikelasnya, yang tipe LGX. Kuda dan Panther tidak senyaman Kijang. Hampir dari berbagai segi Kijang lebih unggul, apalagi after sales dan harga jual balik yang bagus. Memang harus diakui spek dan kualitas material yang kurang bagus, serta teknologi yang ketinggalan. Entah, bagaimanapun secara keseluruhan Kijang hampir mengungguli lawan2 sekelasnya.

Kijang hanya kalah dari Hyundai Trajet GL8 dengan banderol yang tidak begitu mahal.
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Ummm .. baru aja ambil Kijang LGX merah maroon tapi lom nyoba trek-trekan jadi lom brani komentar 8)

Pernah saya baca di salah satu media cetak tentang Kijang, Boss Kijang bilang sebenernya semua pemilik mobil yang harganya dibawah Kijang itu pengennya punya Kijang, tapi berhubung mahal jadi gak bisa beli, pointnya .. sebenernya Kijang adalah modil idola masy Indonesia ..

*pede abis gak tuhh pernyataannya* :wink:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kijang "Memang Tiada Duanya!" -> Masih berlaku donk!
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

ya tapi saya senang pesaingnya tambah banyak walau belum bisa mengalahkanya sampai saat ini.........
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Semakin banyak pesaing, harga semakin bersaing juga. Nah ... gimana model dan fitur2 Kijang selanjutnya menghadapi para kompetitor ?
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Semoga kijang generasi selanjutnya mengusung fitur2 yg gak kalah dari para kompetitor dan harga tetap terjangkau sehingga tetap tiada duanya.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

However, KIJANG masih yang terbaik dalam hal akomodasi (hingga sekarang). Yang pada mau pindah ke new CR-V sebaiknya pikir 2 kali! Soalnya CR-V biar teknologi lebih canggih dan lebih mahal dari Kijang, tapi new CR-V di desain untuk 5 penumpang saja! Daya angkut terlalu dilebih2kan spt yang ada di iklan ( 7 bangku). 2 bangku paling belakang hanya untuk anak kecil dibawah 10 tahun ! Remember this guys!
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Toyota Kijang - pegimane pendapat sampeyan-sampeyan ?

Post by ricz »

Kijang ya...

Pros :
1. Tenaga lumayan, apalagi VVTi non euro
2. Jok nyaman
3. Mesin sgt cocok utk Indo, dikasi Premium ato Solar jelek ttp survive
4. Kaki2 kuat
5. Nyaman, minim getaran krn pake ladder frame

Cons:
1. Overprice (banget)
2. Kopong parah fiturnya
3. Build quality sampah
4. Peredaman gak ada (pas buka doortrim cuma selembar plastik tipis yg nempel)
5. Kopling, stir keras
6. Konsum BBM boros (yg bensin)
2021 Fortuner VRZ
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Toyota Kijang - pegimane pendapat sampeyan-sampeyan ?

Post by JESKONENG »

10 taun tidur, diidupin kembali .. paraaah...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Toyota Kijang - pegimane pendapat sampeyan-sampeyan ?

Post by htannis »

boplang mirip sapa yah?
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Toyota Kijang - pegimane pendapat sampeyan-sampeyan ?

Post by madcat015 »

Lepas pinguin! :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat: