Aditif buat bensin (PolyEtherAmine , dll...)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by mpvlover »

@white sportage

Coba buka www.broquet.com terus baca bagian WARNING yg ditulis MERAH di paling bawah

Itu jawabannya
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

JESKONENG wrote:pada mbahas produk luwar negri yg muahal2 ya ...
Om, norival bisa ilangin nglitik? yaris matic 2010...kalo bisa ane coba dah...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by JESKONENG »

ecco wrote:
JESKONENG wrote:pada mbahas produk luwar negri yg muahal2 ya ...
Om, norival bisa ilangin nglitik? yaris matic 2010...kalo bisa ane coba dah...
ngelitiknya saat pake Premium atau Pertamax atau Pertamax Plus ?

kompresi Yaris sekitar 10.4 : 1 cocoknya pake bbm oktan 95

Btw, bisa dicoba pake Norival Platinum + Premium dengan dosis awal 1 ml Norival Platinum utk setiap 15 liter Premium. Jika masih ada gejala ngelitik, dosis bisa ditingkatkan menjadi 1 ml Norival Platinum utk setiap 10 liter Premium.

Lokasi dimana om ? kalok di sekitar Jaksel/Tangsel kita bisa ketemuan aja ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2283
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ilhami »

Om turboman,
Apa mungkin kita impor polyetheramine murni saja. trus kita bisaproduksi aditif bbm yang murah meriah.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

ilhami wrote:Om turboman,
Apa mungkin kita impor polyetheramine murni saja. trus kita bisaproduksi aditif bbm yang murah meriah.
Hi hi hi

Tetap mesti hire orang yg jago utk formulasi-nya juga, khan additip gak cuman isi PEA aja, ada zat binder dan filler-nya juga
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2283
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ilhami »

http://www.alibaba.com/countrysearch/CN ... amine.html

Apa arti kode-kode itu ya.
Yang mana yang harus diimpor ya

*ngarep dot com
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

JESKONENG wrote:
ecco wrote:
JESKONENG wrote:pada mbahas produk luwar negri yg muahal2 ya ...
Om, norival bisa ilangin nglitik? yaris matic 2010...kalo bisa ane coba dah...
ngelitiknya saat pake Premium atau Pertamax atau Pertamax Plus ?

kompresi Yaris sekitar 10.4 : 1 cocoknya pake bbm oktan 95

Btw, bisa dicoba pake Norival Platinum + Premium dengan dosis awal 1 ml Norival Platinum utk setiap 15 liter Premium. Jika masih ada gejala ngelitik, dosis bisa ditingkatkan menjadi 1 ml Norival Platinum utk setiap 10 liter Premium.

Lokasi dimana om ? kalok di sekitar Jaksel/Tangsel kita bisa ketemuan aja ...
Pakai V-power aja ngelitik Om... :frm_bang_head:
Ribet nggak cara pakainya? ane pakai Redline itu tinggal tuang doang, gak pakai naker2...jadi perkiraan aja. fungsi beda sih si Redline cuman bersihin, bukan naikin oktan. Nah Norival kalo bisa gak pakai ribet, ane pasti pakai...lokasi tangsel :)
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

kalo pake V Power aja ngelitik berarti ada something wrong ama mobilnya

saringan udara bersih ?

Coba sehabis carbon clean nanti di evaluasi lagi

Btw boleh coba busi ganti dgn yg 1 tingkat lebih dingin, misal skg pake NGK kode kepala 5 then ganti yg kode kepala 6

Knock sensor-nya coba di check juga
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by JESKONENG »

ecco wrote:
JESKONENG wrote:
ecco wrote: Om, norival bisa ilangin nglitik? yaris matic 2010...kalo bisa ane coba dah...
ngelitiknya saat pake Premium atau Pertamax atau Pertamax Plus ?

kompresi Yaris sekitar 10.4 : 1 cocoknya pake bbm oktan 95

Btw, bisa dicoba pake Norival Platinum + Premium dengan dosis awal 1 ml Norival Platinum utk setiap 15 liter Premium. Jika masih ada gejala ngelitik, dosis bisa ditingkatkan menjadi 1 ml Norival Platinum utk setiap 10 liter Premium.

Lokasi dimana om ? kalok di sekitar Jaksel/Tangsel kita bisa ketemuan aja ...
Pakai V-power aja ngelitik Om... :frm_bang_head:
Ribet nggak cara pakainya? ane pakai Redline itu tinggal tuang doang, gak pakai naker2...jadi perkiraan aja. fungsi beda sih si Redline cuman bersihin, bukan naikin oktan. Nah Norival kalo bisa gak pakai ribet, ane pasti pakai...lokasi tangsel :)
kalok pake V-Power ngelitik, berarti bener om TM, ada yg salah .. bisa dicoba : minta beres (bengkel resmi) utk melakukan carbon cleaning pada ruang bakar, dan check knocking sensor dan sensor2 O2 sapatau ada yg kurang maksimal fungsinya.. barulah kemudian test lagi pake V-Power. Kalok sudah enggak ngelitik, bisa diganti dng Premium + Norival Platinum
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

@Om Turbo, filter udara bersih, pakai ferrox baru sebulan. Knocking sensor gak tau beres pernah periksa nggak, ane udah beberapa kali komplen soal nglitik ke beres, dah disemprot2 apa gitu...enak dikit trus datang lagi...ampe bosen. Awal beli mah nggak gitu, setaon lewat baru den berulah.

Ntar abis carbon clean ane apdet lagi dah...bikin kesel aja itu nglitik...dan gak selalu muncul...kadang cuman bunyi klik klik trus udah...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

ada juga metode carbon clean lain yg pakai obat sangat kuat

nama obatnya = Exorin

di bengkel Autodyne

CP : Iman - 0816905125

Saya sendiri kurang paham Exorin metode-nya gimana aja, tapi kalau mau tanya dulu ke sana sih nggak ada salahnya, lagian konon pak Iman itu orangnya benar2 sangat mengerti teknik mesin / tuning mesin.......salah 1 tuner yg benar2 menjiwai pekerjaannya
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

Turboman wrote:ada juga metode carbon clean lain yg pakai obat sangat kuat

nama obatnya = Exorin

di bengkel Autodyne

CP : Iman - 0816905125

Saya sendiri kurang paham Exorin metode-nya gimana aja, tapi kalau mau tanya dulu ke sana sih nggak ada salahnya, lagian konon pak Iman itu orangnya benar2 sangat mengerti teknik mesin / tuning mesin.......salah 1 tuner yg benar2 menjiwai pekerjaannya
Owh...ok Om Turbo, ane coba telp beliau...siapa tau deket..ane di serpong soalnya he he he
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by DOHC »

sdikit oot...

uda coba cabut kabel aki nya ??? siapa tau reset ECU bsa ngebantu... pengalaman di lipina ane dl kalo abis tune up agak beda antara kabel aki nya dicabut ama kaga...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

Ane udah cabut kabel aki atas saran om Turbo, kemarin sore eksekusinya. Blom brasa nglitik lagi karena blom sempet jln jauh...biasanya nglitik keluar waktu nyetir dah mayan jauh..jrk pendek jrg berasa. Dgn kata lain mesin lbh panas lbh nglitik, plg sering waktu lg di tol. Nanti ane apdet efeknya. Thanks Om
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2934
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Salvanost »

selain redline ada yg lebih murah /lebih bagus ga? :ungg:

siapa tau bisa hemat duid

sekarang redline saya pakenya 1/5 (sekitar 2cm dari tinggi di botol)
feeling atau sugesti pertamax jadi makin irit (nambah 0,5km/liter) :upss:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Jambangan »

ecco wrote:Ane udah cabut kabel aki atas saran om Turbo, kemarin sore eksekusinya. Blom brasa nglitik lagi karena blom sempet jln jauh...biasanya nglitik keluar waktu nyetir dah mayan jauh..jrk pendek jrg berasa. Dgn kata lain mesin lbh panas lbh nglitik, plg sering waktu lg di tol. Nanti ane apdet efeknya. Thanks Om
Om, mobil ane jg sering ngelitik2 ga jelas. Apalagi kalo abis macet pas panas terik waduh ngelitiknya parah bgt :e-doh:
Padahal dari baru ga pernah minum premium. Selalu pertamax/pertamax+/yg setara. Padahal odo baru 14rb KM umur mobik setaun
Iseng copot sekring EFI trus biarin kira2 setengah jam trus pasang lagi (dulu di mobil lama ane yg ngelitik parah hilang ngelitiknya dgn reset ECU pake cara ini) eh tetep aja ngelitik
Udh muak denger suara ngelitiknya akhirnya pas di tol lagi sepi ane iseng geber mesinnya ampe RPM 5000-6000. Tiap seminggu sekali ane coba geber mesinnya. Hilang lho ngelitiknya ampe sekarang
Sekarang mau macet panas terik abis itu digeber mesinnya ga ada ngelitik :mky_02:
Dicoba digeber aja mesinnya om siapa tau hilang ngelitiknya :D
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

Utk ITU aak Italian Tune Up sebetulnya gak perlu sampe Redline, misal Redline di 6000 maka berputar sampai 4500 aja cukup asal dia stabil selama bbrp menit dan berulang ulang....efektifnya kalau pas sambil keluar kota

akan lebih efektif lagi jika bensin kasih additive bahan PEA dgn dosis agak gede, misal utk Redline CFSC tuang 1/4 - 1/3 botol utk 1 tangki full, atau bisa juga pakai Gumout yg Injector Cleaner atau Amsoil Performance Improver atau Yamaha - Yamalub punya (konon ada PEA nya juga)

Bukan seles additip manapun
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Jambangan »

Turboman wrote:Utk ITU aak Italian Tune Up sebetulnya gak perlu sampe Redline, misal Redline di 6000 maka berputar sampai 4500 aja cukup asal dia stabil selama bbrp menit dan berulang ulang....efektifnya kalau pas sambil keluar kota

akan lebih efektif lagi jika bensin kasih additive bahan PEA dgn dosis agak gede, misal utk Redline CFSC tuang 1/4 - 1/3 botol utk 1 tangki full, atau bisa juga pakai Gumout yg Injector Cleaner atau Amsoil Performance Improver atau Yamaha - Yamalub punya (konon ada PEA nya juga)

Bukan seles additip manapun
Siap om turbo :frm_salut:
Mobil ane redline di 6500 RPM. Berarti RPM 5000 msh amanlah ya??
Oh iya ane ITU pake V-Power om. Sekarang udh balik ke super lagi udh ga ada ngelitik soalnya :mky_01:
Om, kalo mau ITU buat mobil matic gmn caranya?? Aman ga ya transmisi matic ditahan di gear 2 misalnya??
Ane biasa ITU di mobil manual. Belum pernah nyoba ITU di mobil matic
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

Om Jambangan & Om Turbo

Nah, ane juga sempet tuh mau hajar kayak gitu di tol, cuman sempet 3500rpm suara cukup kenceng di mesin jadi takut juga he..he...dan itu setelah 80% isi botol Redline ane yang tersisa ane masukin semuanya he..he..he..
per terakhir tes setelah cabut negatip aki 5 detik - ngelitik masih sama. Sabtu ini pengen ke GBT deh, bersih2. Mobil ane itu sering banget short trip selama 3 taon ini, ke sekolah anak paling juga 1KM, pp cuman 2KM, trus kalo bini bawa ke tempat belanja, paling juga 8-10Km per trip...seminggu sekali blom tentu jalan jauh. Ngaruh juga kali yah itu ke kerak2 di ruang bakar? gak pernah premium juga ini...kalo pakai V-power ngelitik tetep ada, tapi shell 92 ngelitik lebih sering...nasib2...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

ecco wrote:Om Jambangan & Om Turbo

Nah, ane juga sempet tuh mau hajar kayak gitu di tol, cuman sempet 3500rpm suara cukup kenceng di mesin jadi takut juga he..he...dan itu setelah 80% isi botol Redline ane yang tersisa ane masukin semuanya he..he..he..
kalo oli bagus mah gak pa pa.....tarik sampe deket redline trus oper....atau......cruising di Tol dgn RPM 4000 - 4500 spt yg ane tulis di atas.

cuman kalo geber2 sih sebaiknya posisi kompressor AC di Off, jadi yg jalan fan aja.......kalo mae2n RPM tinggi berisiko thd komp AC.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Turboman »

Jambangan wrote: Oh iya ane ITU pake V-Power om. Sekarang udh balik ke super lagi udh ga ada ngelitik soalnya :mky_01:
Om, kalo mau ITU buat mobil matic gmn caranya?? Aman ga ya transmisi matic ditahan di gear 2 misalnya??
Ane biasa ITU di mobil manual. Belum pernah nyoba ITU di mobil matic
nah mantep tuh ITU pakai V-Power....cocok dah.....additive nya bagus

pakai Matic ya O/D off aja, jadi dia gak bisa naek ke gigi paling tinggi.......atau kalau ke bandung ya pas nanjak Cipularang O/D Off atau mainkan kickdown-nya
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

Turboman wrote:
ecco wrote:Om Jambangan & Om Turbo

Nah, ane juga sempet tuh mau hajar kayak gitu di tol, cuman sempet 3500rpm suara cukup kenceng di mesin jadi takut juga he..he...dan itu setelah 80% isi botol Redline ane yang tersisa ane masukin semuanya he..he..he..
kalo oli bagus mah gak pa pa.....tarik sampe deket redline trus oper....atau......cruising di Tol dgn RPM 4000 - 4500 spt yg ane tulis di atas.

cuman kalo geber2 sih sebaiknya posisi kompressor AC di Off, jadi yg jalan fan aja.......kalo mae2n RPM tinggi berisiko thd komp AC.
Main di gigi 2 & 3 aja yah? soalnya kalo sampe 4 kan udah kenceng itu mobil di 4000 RPM, penumpang bisa ngamuk2 he..he..
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

Ane mau update nih hasil pemakaian Redline selama beberapa minggu dan udah pultenk 6x, ITU beberapa kali...hasilnya adalah...eng ing eng....nglitik tidak terdengar lagi sejauh ini :mky_02: ...
Waktu 2 minggu lalu ane geber sampai diatas 4000RPM, itu jangkrik sekampung keluar...ane sampe gak tega nginjek pedal...tapi karena udah super empet sama suara jangkrik, ane pertahankan itu sambil AC mati tentunya.
Nah, tadi baru kesempatan lewat tol lagi. AC matiin, bejek sampe tembus 4000RPM di gigi 3 dan...tidak ada jangkrik...yuhuuuuuu...gembira sekali dengan kondisi yaris ane sekarang ini. Entah kenapa belakangan ini mobil berasa bertenaga, tadi di tol perasaan cuman injek pedal santai, tau2 cepet bgt udah 100 dan suara mesin masih terdengar halus. Kondisi bbm sekarang, kerang 92 campur powermax115 dan redline secukupnya...
sebagai penutup, ane akan tetap rajin pakai itu PEA tiap kali isi bensin...berikutnya mau coba Amzoil PI...thanks yah para suhu :thanks:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2934
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by Salvanost »

kerang 92 emang bagus
cuma sayang banget
lupromax sama redline
klaim bisa nambah FC kayanya cuma gimmick

ini lagi ga make redline..
hasilnya pas ngebut bau gosong catalityc makin parah...
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Mengenal PolyEtherAmine, zat detergent penting untuk ben

Post by ecco »

Kalau penambahan FC ane juga tidak merasa ada peningkatan kok, bisa juga karena mobil udah enak, kaki kanan maunya bejek terus sehingga FC jadi boros, ini pengamatan pribadi sih...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi