mobil tersendat2 di rpm 3000

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bodmer
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 21, 2013 2:48

mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by bodmer »

ijin posting pertama dari id baru.. biasanya silent reader hehehe...

mobil suzuki karimun kotak f10a 2006 km baru mau 60rb (gak tiap hari pake)


awal cerita mobil dibawa lari rpm tinggi sampai 6500 beberapa kali coz biasanya hanya rpm 2000-3000 dalkot, niatnya buat bersihin kerak.
sebelumnya tidak ada rubahan setingan apa2

eh malemnya dipake lagi mobil tersendat-sendat (mbrebet)
pas jalan tersendat2 di rpm 2500an, kondisi idle di 3500an (mainin gas). mbrebet walopun jalan pelan
rpm gak stabil
sesekali mesin mati sendiri
knalpot nembak2 seringnya di pipa tengah/depan
pernah sekali pas jalan rpm nahan di 3000 walopun sudah injek gas pol. tapi dicoba lagi bisa naek lagi
kondisi busi masih ok, tapi dah item banget. biasanya merah bata

mohon masukannya masalah ada dimana ya? di karbu atau pengapian?


thanks masukannya suhu...
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by VanzMatic »

Busi nya jadi item? Banjir itu karbunya. Makanya di rpm 3000 an udah ngga ngangkat lagi, karena busi kebasahan, sehingga ada gejala mati/malah mati beneran karena kebasahan.

Nampaknya karbu ngga beres. Overhaul karbu dulu, karena cek pengapian ngga bakal beres kalau karbu masih banjir atau masih kebasahan. Cek pelampung, apakah setelannya berubah jadi kerendahan sehingga mengakibatkan bensin tumpeh tumpeh di mangkuk.
Cek juga jeroan karburator. PJ dan MJ bagaimana kondisinya?

Setelah itu, setel ulang karbu, coba bersihkan busi sampai sebersih mungkin (ngga perlu sampai sebersih seperti baru). Coba jalankan dengan kondisi kecepatan 60-80 km/jam. Kalau bisa jangan lewat jalur macet. Buka busi lagi. Lihat warna nya.
Kalau sudah ke arah merah bata, tanda karbu sudah sehat. Tapi kalau masih ada satu atau dua busi yang hitam, sementara busi lain bersih, berarti pengapian ada yang ngga sempurna atau pincang.

CMIIW, IMHO..


Mungkin suhu suhu SM yg lain bisa membantu..
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by marmut »

sudah periksa filter bensin? sebisa mungkin busi tidak disikat dengan sikat kawat/kuningan sewaktu membersihkan, apalagi di amplas, cukup disemprot dengan carb. cleaner lalu dikeringkan dengan menggunakan kain lap yang bersih. setelah itu diperiksa kerenggangannya menurut buku panduan mobil.
lain kali kalau mau bersihin kerak, bisa dengan cara water injection sesaat.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by walid_007 »

Di tune up dulu omm

Setel pengapian aka platinany
Setel timming nya
Ganti busi jika diperlukan, krn busi juga faktor mberebetnya
Setel katup jika sering meledak ledak karna bukaan katu terlalu lemot
Oh karbu
Cek kabel tegangan tinggi busi apakah ad kontinunitas
Cek koil

Udah itu dulu, yg penting omm ny bisa ngerti n sok ngerti sm mekanikny biar ga diboongin
engine roaring!
bodmer
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 21, 2013 2:48

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by bodmer »

thanks suhu... rencana besok mau beresin karbu dulu
ntar report lagi
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by andy1800 »

Pada dasarnya ckup byk kemungkinan.
Tp ane ikut dukung utk dimulai dr yg hal yg termudah dulu, yaitu cek pengapian, kestabilan api nya.

Earth, wind, n fire.
Jd klo ntar sdh yakin bhw apinya stabil, the fire is fine, barulah ntar beranjak ke masalah earth n wind, yg biasanya lbh tricky.




*cm yg ane jg msh tanda tanya, kira2 apa efek samping lsg dari italian tune up itu ya? Soalnya bagaimanapun problem ini muncul dipicu/persis stlh italian tune up. Jd sangat berpeluang itu ada hubungan eratnya.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by marmut »

yang terpenting, mulai pemeriksaan dari yang termurah, bukan yang termahal.
btw, ane bukan suhu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by marmut »

andy1800 wrote:cek pengapian, kestabilan api nya.
kalau masih menggunakan jasa platina dan kondensor, bisa jadi biang keladinya kondensor. tapi kalau sudah cdi, jarang terjadi cdi gagal beroperasi pada RPM tertentu. jadi di kasus ini kemungkinan terbesar dari suplai bensin.


andy1800 wrote:*cm yg ane jg msh tanda tanya, kira2 apa efek samping lsg dari italian tune up itu ya? Soalnya bagaimanapun problem ini muncul dipicu/persis stlh italian tune up. Jd sangat berpeluang itu ada hubungan eratnya.
kotoran yang tadinya mengendap jadi rontok semua dan menyumbat saluran bahan bakar (umumnya jalur-jalur yang kecil seperti nosel injektor, kalau pada karburator yang sering tersumbat idle jet).
kalau cuma merontokkan kerak karbon di ruang bakar, bisa dengan temporary water injection. nanti saya bikin thread-nya.
bodmer
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 21, 2013 2:48

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by bodmer »

andy1800 wrote: *cm yg ane jg msh tanda tanya, kira2 apa efek samping lsg dari italian tune up itu ya? Soalnya bagaimanapun problem ini muncul dipicu/persis stlh italian tune up. Jd sangat berpeluang itu ada hubungan eratnya.
yang jadi tambah penasaran.. temen saya juga kejadian yang sama persis gejalanya setelah italian tune up..
katanya.. sekalian dia geber sampe rpm 7000 trus dikandangin seminggu. eh tau2 pas dipake normal dulu (mobil sama)

saya coba geber juga malah tambah parah... setelah dimatiin jadi susah hidup
habis itu iseng saya coba carbon clean n hasilnya sama aja
bodmer
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 21, 2013 2:48

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by bodmer »

marmut wrote:
andy1800 wrote:cek pengapian, kestabilan api nya.
kalau masih menggunakan jasa platina dan kondensor, bisa jadi biang keladinya kondensor. tapi kalau sudah cdi, jarang terjadi cdi gagal beroperasi pada RPM tertentu. jadi di kasus ini kemungkinan terbesar dari suplai bensin.


andy1800 wrote:*cm yg ane jg msh tanda tanya, kira2 apa efek samping lsg dari italian tune up itu ya? Soalnya bagaimanapun problem ini muncul dipicu/persis stlh italian tune up. Jd sangat berpeluang itu ada hubungan eratnya.
kotoran yang tadinya mengendap jadi rontok semua dan menyumbat saluran bahan bakar (umumnya jalur-jalur yang kecil seperti nosel injektor, kalau pada karburator yang sering tersumbat idle jet).
kalau cuma merontokkan kerak karbon di ruang bakar, bisa dengan temporary water injection. nanti saya bikin thread-nya.
karimun kotak sudah cdi om
pas saya carbon clean and mainin gas sampe redline, kerasa mbrebetnya pindah rpm atas (5000 keatas)
tapi habis itu belum saya coba2 lagi n belum coba jalan lgi...
temprary water injection.. wah baru denger nih om... saya tunggu tritnya :mky_02:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by Turboman »

1. Cek kabel busi dan kondisi busi serta celah busi hrs sesuai spec
2. Cek distributor / mekanisme vacuum advancer dll
3. Bersihkan karburator

bodmer wrote:ijin posting pertama dari id baru.. biasanya silent reader hehehe...

mobil suzuki karimun kotak f10a 2006 km baru mau 60rb (gak tiap hari pake)


awal cerita mobil dibawa lari rpm tinggi sampai 6500 beberapa kali coz biasanya hanya rpm 2000-3000 dalkot, niatnya buat bersihin kerak.
sebelumnya tidak ada rubahan setingan apa2

eh malemnya dipake lagi mobil tersendat-sendat (mbrebet)
pas jalan tersendat2 di rpm 2500an, kondisi idle di 3500an (mainin gas). mbrebet walopun jalan pelan
rpm gak stabil
sesekali mesin mati sendiri
knalpot nembak2 seringnya di pipa tengah/depan
pernah sekali pas jalan rpm nahan di 3000 walopun sudah injek gas pol. tapi dicoba lagi bisa naek lagi
kondisi busi masih ok, tapi dah item banget. biasanya merah bata

mohon masukannya masalah ada dimana ya? di karbu atau pengapian?


thanks masukannya suhu...
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by POS VETT »

Sebelum karburatornya di-overhaul, coba cari silinder mana yang tidak nyala. Dari situ ditelusuri ke kabel busi dan distributor.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by jekael »

Nubie menyimak... Numpang belajar dari Suhu Suhu SMers...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by andy1800 »

Om bodmer, jgn lupa update nya ya.
Kami menunggu dg sangat nih.
klo perlu, segera tulis reportnya dulu malem ini disini...perkara ngecek2 mobil nya sih besok2 aja...
UwåЌåЌåЌΨåЌåЌ
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by Ryan Steele »

1. Cek busi
2. Cek kabel busi
3. Cek distributor
4. Cek koil
5. Bersihin karburator

Kalau sudah normal lagi, sebulan sekali italian tune up.
Mobil kalo dibiasain pelan, giliran diajak ngebut lemot bin mbrebet.
Klo diajak ngebut melulu, diajak pelan malah ngambek.
Jadi kudu seimbang.
no signature
bodmer
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 21, 2013 2:48

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by bodmer »

karbu sampe dibongkar 2 kali
pas idle digas rpm naeknya mulus sampe redline
tapi pas coba dibawa jalan masih nyendat2 :mky_05:

coba majuin timing sampe pol ternyata gak ngelitik
ternyata timing loncat kebanyaken :mky_01:

nih mobil sebenernya habis ganti timing belt :mky_01:
tapi habis itu gak saya utak-atik lagi timing delconya :big_blushing:
berhubung gak jalan tiap hari loncatnya timing gak kedetek :D cuman kerasa tarikannya agak kurang dari sebelumnya

tapi koq ya kerasa nyendat2 dan nembak2 setelah dibawa italian tune up ya??

berhubung kemaren dah sore lanjut besok senin aja buat bongkar beltnya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by Turboman »

Jadi sebelum ganti timing belt semua normal dan sehabis ganti Tim Belt jadi kacau ?

Berarti ada salah pemasangan dooonkkk

Waktu ganti timing belt tensioner T Belt-nya diganti juga gak ?
* Bukan ajakan Beli *
bodmer
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 21, 2013 2:48

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by bodmer »

Turboman wrote:Jadi sebelum ganti timing belt semua normal dan sehabis ganti Tim Belt jadi kacau ?

Berarti ada salah pemasangan dooonkkk

Waktu ganti timing belt tensioner T Belt-nya diganti juga gak ?
setelah ganti TB masih normal. tensioner juga ganti

sudah dipake harian n lukot gak ada gejala aneh2

baru muncul setelah italian tuneup

ada yg bilang TB karimun ada 2 harga, yang lebih lentur n lebih keras.
mungkin gak ya timing belt baru ini agak lentur trus pas redline jadi loncat gitu timingnya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by marmut »

hati-hati saat pemasangan tensioner. kalo terlalu kenceng, timing belt gampang putus. kalo kurang kenceng, akibatnya ya lompat sproketnya. dan setau saya nggak ada timing belt lentur/nggak lentur. baik yang asli maupun palsu cuma beda di kualitas bahan sama daya tahan aja.
bodmer
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 21, 2013 2:48

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by bodmer »

ternyata.........

koil sudah lemah
hehehe...
ganti koil std case closed

ada yang mau menghibahkan koil ps91 / mallory ga ya....
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by marmut »

wah, sampeyan telat. tempo hari mallory pro master udah saya hibahkan ke temen.
sekalian pindah lokasi tuh ignition coil ke dalem kabin, trus bikinin jalur dari ac buat niup udara dingin ke coil biar agak adem sedikit.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by VanzMatic »

Syukurlah, masalahnya sudah ketemu....
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: mobil tersendat2 di rpm 3000

Post by Turboman »

sip kalo gitu

Maka dgn ini thread akan saya Lock, utk menghemat bandwidth
* Bukan ajakan Beli *