Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by g4ndalf »

2012-Kawasaki-Ninja-650-main-features.JPG

Pada tahun 2012 kawasaki motor indonesia (KMI) membuat gebrakan dengan menjual motor 650cc, yg dimaksud gebrakan bukan cc nya yang besar, tapi harga OTR nya yang ternyata di bawah prediksi (alias murah). Sebelumnya, apa sih definisi moge? Kalo buat saya cukup simpel, semua motor roda 2 (atau 3) yang kapasitas mesinnya 500cc ke atas. Kembali lagi ke ninja650, sebelumnya diprediksi harga akan ada di kisaran 160 jutaan, mengingat rata2 moge harganya ada di atas angka 200jt. Ternyata ninja650 dijual di harga 105jt OTR, dan saudara kembarnya ada di harga 99jt OTR. Ini harga yang fantastis!! ...moge jepang kawasaki baru gress harganya di bawah 100jt, benar2 di luar dugaan. Tentunya, ada harga ada rupa... nanti akan saya jelaskan apa yang membuat moge ini harganya bisa murah dibandingkan moge2 lainnya:

Kesan pertama saya: bentuknya cukup radikal - futuristis. Posisi jok vs setang bisa dikatakan motor ini masuk kategori sport-touring. Riding position cukup nyaman untuk jarak jauh. Posisi knalpot underbody memberi kesan 'clean' pada buritan motor. Untuk speedometer kombinasi tachometer analog + digital speed indicator, design cukup bagus dengan angka2 speed indicator yg cukup besar. Nuansa backlight putih untuk speedometer memberi kesan eksklusif.

Untuk segi performa (power, handling, etc)... di atas kertas berat motor dengan bensin penuh ada di angka 210kg, sementara peak power yg dihasilkan ada di kisaran 72hp @ 8300rpm. Jadi secara rasio, dengan asumsi berat biker 80kg (saya), maka power to weight ratio yg didapat ada di kisaran angka 4kg / hp - secara teoritis bisa melesatkan motor dari 0-100 km/h dalam waktu 4 detik atau kurang sedikit (tapi ini hanya bisa diperoleh pembalap professional... kalau orang awam spt saya kemungkinan di angka 5-7 detik). Sayang sekali, meskipun performa motor ini cukup 'ngejambak' tapi suaranya benar2 mengecewakan. Dengan knalpot standard, suaranya kurang lebih sama dengan ninja250 knalpot standard, walaupun kalau sudah jalan dan dibejek gasnya suaranya cukup berbeda dibanding adiknya n250. Tapi, kalau sudah diganti knalpotnya dengan aftermarket, suaranya lain dengan n250. Kebetulan saya sempat pasang knalpot two brothers black series... dan hasilnya: saya nggak berani masuk kampung dengan motor ini nyala, suaranya 'meledak ledak' bisa ngebangunin sekampung... :mky_01:

Di sisi handling, motor ini walaupun moge, menurut saya nggak terasa 'moge' nya. Kok bisa? karena motor ini cukup mudah 'ditaklukkan', tidak perlu body positioning, tidak perlu counter steering - di kecepatan rendah rasanya mirip2 dengan motor2 laki lainnya. Taruhlah bermanuver di bawah 50kpj dalam kota, cukup lincah... memang lebih berat dibanding motor laki cc kecil, tapi secara teknis cukup mudah dikuasai. Hal ini dikarenakan profil tapak ban belakang 160 cukup ramping utk ukuran moge. Positifnya motor lebih mudah / lincah untuk menikung, negatifnya di kecepatan tinggi jadi kurang stabil / beresiko lowside bila terlalu rebah. Bukan sekedar tapak ban, tapi lengkung ban juga cukup 'bulat' artinya motor ini memang ditujukan untuk manuver yang mudah (low speed maneuver). Ini bukan berarti jelek, untuk pemakaian se hari2 motor ini cukup 'user friendly'.

Di atas saya tulis harga moge ini relatif murah, salah satu sebabnya karena menggunakan steel frame - di mana moge2 sport jepang lainnya menggunakan aluminium. Steel frame memiliki kelebihan lebih murah diproduksi, negatifnya bobot motor menjadi lebih berat. Karena jenis moge ini adalah sport - touring, maka dari sisi sport ini jelek karena bobot berat menghambat akselerasi, juga membuat motor lebih susah diajak 'menari' di jalan bertikungan dobel kanan-kiri karena bobotnya yang relatif berat. Tapi di sisi 'touring' nya ini tidak terlalu menjadi hambatan, malah menambah 'stabilitas' motor di jalan lurus.

Bagaimana dengan sisi negatif moge ini? Sebetulnya tidak ada satu poin negatif yang fatal... secara keseluruhan motor ini merupakan moge entry level yang ideal untuk newbie (seperti saya). Tapi untuk biker yang tidak terlalu newbie (seperti saya juga..) ada bbrp poin negatif. Yang pertama, remnya tidak terlalu pakem... Untuk pengendaraan normal cukup OK, tapi cukup mengganggu di kecepatan tinggi. Yang kedua, suspensi depan belum upside down. Bukan masalah kalo motor ini bukan moge, tapi untuk sebuah moge modern masih menggunakan telescopic shock... ini seperti memakai seragam celana pendek ke SMA. Masih seputar suspensi depan, di kecepatan tinggi di atas 90kmh ketika setang dilepas (meskipun saya tidak menganjurkan mencoba) cenderung akan bergetar, saya menduga ini karena suspensi depan masih telescopic itu... Walaupun kemungkinan ini bisa diatasi dengan pemasangan aftermarket steering damper... tapi 'cukup mengganggu'. Kebetulan saya pernah coba er6n / ninja650 yang lain2 + tanya ke mekanik kawasaki, juga sama seperti itu. Poin negatif lainnya, design knalpot one piece, artinya mulai dari manifold, catalyst, silencer semuanya tersambung, kita tidak bisa pasang knalpot slip on - sebetulnya bisa kalau rela memotong knalpot orisinil, tapi ini disayangkan. Kemungkinan ini karena cost savings juga, semakin sedikit partsnya semakin murah ongkos produksinya.

Kesimpulan: overall, ini adalah moge entry level yang sangat worth dari segi harga vs performa. Untuk performa tarikan 0-100kmh di bawah 5 detik, sepertinya tidak ada kendaraan lain yang lebih murah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by Nightster Guy »

Soal suara, keknya Two Brothers mmg the loudest, ngalahin Yoshimura, zard, Arrow dkk brand exhaust buat Jepangan. Imho sih. Kayak kl di Harley ya brand Thunderheader yg vibrasi frekuensinya udah lebih dr cukup bikin alarm mobil teriak heeeehehe..

:mky_03:
Das Beste oder nichts.
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by abrof »

thanks bro G4ndalf atas review mogenya....sangat berguna bagi calon pengguna moge entry level
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by maskopat »

nice review... jadi pengen moge... :e-pray:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by g4ndalf »

Sayangnya di indonesia moge dilarang masuk tol (dengan alasan menimbulkan kecemburuan sosial). Padahal secara teknis mocil dilarang masuk tol karena tidak dirancang utk kecepatan tinggi (100kpj +), kalau moge - no problem, mau jalan 120kmh juga gak kerasa2 banget, paling cuman anginnya doank yg kenceng.

Kalo boleh masuk tol, niscaya mengurangi kemacetan - mending pake moge drpd macet2 naik mobil.
User avatar
B808BY
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 335
Joined: Sun Jun 30, 2013 7:00
Location: Sin City

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by B808BY »

akhirnya ad yg review soal motor juga ni :mky_02: nyimak dulu
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by dream_theater »

Ini saudara kembar kawasaki ER6 kayak punya alm. Udje?
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by iamwewe »

set dah.. kayanya om gandalf msh berani nih nyalinya hehe.. pernah tarik sampe brp om ninin nya?

enw, utk suara knalpotnya ada dimasukkin di youtube gk om?
andyarif
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Apr 18, 2008 4:17

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by andyarif »

Baru aja kmrn sore nge-dp in N650, sy akhirnya dapat juga barangnya yg versi ABS,,,,mdh2an harapan saya, solusi utk pengeremannya bisa lbh baik.

Dan mdh2an nyaman dipakainya...review menyusul dari nubie moge
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by g4ndalf »

iamwewe wrote:set dah.. kayanya om gandalf msh berani nih nyalinya hehe.. pernah tarik sampe brp om ninin nya?

enw, utk suara knalpotnya ada dimasukkin di youtube gk om?

Kalo er6 cuma sampe 160 udah mentok, stabilitas gitu2 aja soalnya. Untuk suara knalpot mending dengerin langsung, yg di youtube sama aslinya beda. Merk yg sama aja bisa beda2 di youtube tergantung alat rekam nya.
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by g4ndalf »

andyarif wrote:Baru aja kmrn sore nge-dp in N650, sy akhirnya dapat juga barangnya yg versi ABS,,,,mdh2an harapan saya, solusi utk pengeremannya bisa lbh baik.

Dan mdh2an nyaman dipakainya...review menyusul dari nubie moge
Ditunggu review nya mas bro... =)

Kalo nyaman sih, n650 termasuk moge yg nyaman. Boleh dibilang all round, walopun versys sedikit lebih nyaman krn travel suspensi lebih besar, tapi di tikungan enakan n650.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by asudarsono »

Kawasaki 600 cc ada yg 2 silinder dan ada yg 4 silinder. Harganya sih jauh beda. Yg 4 silinder aku belum pernah naik, tapi kayaknya keren sih.

Kawasaki ER6 emang moge tapi menurut saya versi spec down. Kelihatannya N650 gak jauh beda. Gak apa2 sih, komponen after market bisa tempel belakangan. Apalagi teknologi berjalan terus, kalau terlalu canggih ntar sulit diupgrade sejalan teknologi.

Okay, moge murah tapi bukan murahan. Lumayanlah buat punya2. Tapi menurut saya sih, 4 silinder punya banyak kelebihan. Kalau sama2 2 silinder, saya lebihcondong ke N250. Murah, irit, kerennya sama dan top speed juga beda tipis.
Ready to Race
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Review moge: Kawasaki Ninja 650 - 2012

Post by g4ndalf »

N250 beda sama N650, dilihat dari speknya kelihatan, n250 power sekitar 32hp, n650 68hp atau 72hp cmiiw, agak2 lupa.

Bawaannya juga laen, n250 lebih kerasa sporty, karena riding position sedikit lebih menunduk, n650 lebih ke arah sport touring - posisi riding lebih tegak, tapi bisa diganti stang lebih pendek untuk handling yg lebih sporty.

Tapi anda betul... kalo sekedar penggunaan se hari2, mending pake n250 lebih ringan, manuver2 juga relatif lebih mudah. Dan tentunya bensin lebih irit... Asal yg FI ya, kalo n250 karbu, tergantung settingan, n650 FC nya bisa 1:22