Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by billyd1773dz »

g4ndalf wrote: -----------------------------------------------------

*disclaimer: saya bukan sales toyota, dan gak punya ipah

Sedikit off topic: banyak yg bilang kalo tenaga ipah diesel lebih gede, tapi yg saya rasakan di jalan, waktu mau nyalip / take over di jalan raya kecepatan di atas 60-70kmh, saya merasa ipah bensin 2.0 lebih susah disalip ketimbang diesel 2.5 (kondisi standard lho).
blm pernah pakai ipah bensin jauh, nyupirin bentar2 sih pernah...

tapi imho........ memang ipah 2.5d standar ting2...tu lemoottt....... terutama d low rev nya, masih lebih kuat torque tokidis 2L d bawah sih....

d rpm atas kondisi 2.5D MT std sih flat2 aja.....beda dgn vvt-i seharusnya d atasnya lebih narik..

2.5 pke DP + knn +intercooler tampa piggy... d atasnya jadi narik.. lumayan lah uda g flat.... meski di bawahnya tetep aja lemot.... mesti sering shift, dan sweet spotnya d atas 2300an sampai 3500an uda gtu nahan lagi

pke unichip............. sweet spot dari 1200 - 4300 d redline..... wkwkwkwkw d bawah dasyat, d atas makin narik aja :D jarang ngoper panteng aja highgear terus, enak bwat pemakai MT hehe :D jarang shift... puter2 TD dcab modern g nemu yg kurvanya kya gini uda narik as low as 1200rpm.......



klw AT g terlalu perlu lowrev bngt kli yah.. TCnya uda ngakalin ngail ke mid terus.



D4d standar enak di supirin........... halus... minim hentakan.. mw ngehentak juga susah amet, tergolong halus lagi getaran n suarany.. klw nyupir..... errrrr kudu sabar....

stelah pke piggy memang jadi lebih kasar mesinnya *gw pke bio trus* ada bunyi *kletak kelatak* hanya saat d piggy mode max. meski g sampe ganggu sih klw uda biasa.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:RCP dan Dastek Q / Q+ sama2 maen di sektor hulu (FRP), bedanya RCP baca dari sensor FRP kalo Dastek Q / Q+ bacanya dari Trotel dan engine speed

Pernah iseng coba tandem Dastek Q dgn PP selama 5 menit, alhasil muncul suara Krrrrr...Krrrrr...saat gas dilepas, akhirnya PP dilepas.

kecuali tandemnya RCP dgn dastek = si Dastek Q-nya maenin timing injeksi aja

Cuman ya harga vs resultnya jadi ga imbang......heheheheheheheh
wkwkwk siap om turbo... :D :big_exellent: :big_exellent:




btw RCP tu universal yah? unitnya di buat untuk mbl tertentu atau bisa langsung bwat semua mbl?atw perlu upgrade FW? jd hanya perlu cari kabelnya aja?



bwat mbl baru kadang2 lebih tenang klw pke yg plug n play................ hehehehe :D meski g worth it juga sih, klw ntarnya ke monsmax/dastek lg juga..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by Turboman »

Hmm.....

mesin mesin Ipah / 42ner baik yg TR-FE maupun KD-FTV didisain buat "tahan siksa" alias mesin jalan terus dengan perawatan ala kadarnya

Gak heran 2KD-FTV yg 2500 cc cuman di set 102 Hp / 260 Nm, juga dengan ukuran radiator extra besar..........inilah tujuannya

Ini ada cerita unik dr trit KFOC :
jujur ane baru tau kalo D4D ada jg di kebo karena selama ini
ane naek travel dari Palembang ke Pekanbaru, Jambi & lampung udah langganan sama travel R I Permata cm naek innova D4D.
pas ke Pekanbaru baru ditawarin pake kebo D4D 2008, kebetulan
ane ngobrol dengan supirnya kok ada kebo bukannya armadany innova D4D
, trs mereka jwb katanya mau buat terobosan dgn make kebo D4D dimana
travel lain belum pake kebo D4D tapi belakangan ada travel T Star pake
merek sebelah tipe exceed warna merah cm ada 2, sedangkan travel R I
Permata mereka punya kebo D4D ada 10 dari tahun 2007 ampe 2012
nah disini ane mulai tanya kenapa nggak ambil merek sebelah yang katanya lebih besar tenaganya, trs mereka jawab karena solar merek sebelah agak boros lagian uang jalan innova D4D dan kebo D4D sama, disamping itu masalah ketahanan mesin mereka mengakui bahwa baik D4D innova ato kebo sangat bendel.

ilustrasinya gini mobil dibawa dari Palembang ke Jambi PP kurang lebih 14 jam trs besok paginya dibawa lagi ke Lampung karena mobil harus terus jalan untuk nutupin kreditnya terlebih lagi kebo D4D pasti dapet rute paling awal yang artinya waktu istirahat mobil lebih sedikit,
jadi kami sering ngobrol sama sopirnya mungkin mobil ini ndak pernah dimati-in mesinnya hanya sopirnya yang ganti-ganti aja
ada pengalaman lucu juga pas naek travel kebo D4D yaitu pas solar kemarin langka yg mana ndak ada spbu sepanjang jalur Jambi-Palembang yang buka diatas jam 10 malem, pas 20 km lg mau masuk Palembang solar udah abis
jadi mobil mogok ndak bisa hidup lagi lalu sopirnya cari solar beli ketengan dari nyedot tangki mobil truk, anehnya begitu dimasukkan 10 liter solar langsung hidup lanjut jalan lagi.

adalagi perjalanan malam hari pasti ndak kelihatan mana lubang,
akhirnya jalan dibuat rata aja dan mobil tidak ada keluhan hanya palingan ban yang meledak karena ngehantam lubang sm kaki-kaki
yang buat extrim mobil jalan tiap hari mereka hanya pake olie standar BeRes
dibuat 5000 km malahan kadang sampe 7000 km, yang herannya mobil travel
itu belum ada yang turun mesin paling hanya masalah seputaran ban & kaki-kaki


http://www.kaskus.co.id/thread/516eb02c ... part-1/487

kebo = Fortuner

well......utk TS, dengan pemakaian spt itu mungkin lebih baik TS sewa mobil aja, dana-nya lebih baik investasikan di property kecil spt Kios / apartement, sayang kalo kemakan depresiasi mobil yg nganggur doank di garasi

Tapi dgn pemakaian yg sgt sedikit / repeated short trip, mau pake TR-FE / Diesel bebas aja tergantung selera, kalo buat setir sendiri prefer Diesel, kalo misal mau pake TR-FE better pilih yg manual krn TR-FE matic sekennya berisiko terjun bebas

IMO

*Bukan seles D4 D*
* Bukan ajakan Beli *
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by ongisnade »

htannis wrote:
ongisnade wrote:
billyd1773dz wrote:Diesel all the way.................. sisain budget bwat piggyback g akan nyesel irit ngacir...
Mumpung ada om Billy, kalau VNT sdh ada RCP2 trus dikasih lagi power extender bisa gak om, kalau bisa power naik ke berapa HP. :beer:
RCP? buang aja om :big_peace: torsinya beda jauh sama kalau pake monster max, gak usah dastek, ntar kebanyakan CEnat CEnut nya alis nyala lampu Check Engine nya, anyway yg saya rasakan, pake monster max, mesin bebannya sepertinya lebih gak dipaksa seperti memakai dastek :mky_01:
Gini om hentann, kebetulan ane nyari yg P&P ketemulah RCP2, awalnya sdh enak, lama-lama pengin ngerasain yg lebih gede tapi yg juga P&P bukan yg kupas kabel. Browsing ketemu blognya smartchip yg semuanya katanya P&P dan bisa tandem dg brand lain. Ane tertarik karena RCP2 ane kan masih kepake. Full set katanya sih setara dastek (250 HP). Ya ane baca-baca yg dastek sering kena CE, betul jadinya cenat-cenut. Ane sih targetnya gak 250, 230 HP sdh cukup he...he....Kira-kira recomended gak smartchip yg ginian. :beer:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by Turboman »

ongisnade wrote: Gini om hentann, kebetulan ane nyari yg P&P ketemulah RCP2, awalnya sdh enak, lama-lama pengin ngerasain yg lebih gede tapi yg juga P&P bukan yg kupas kabel. Browsing ketemu blognya smartchip yg semuanya katanya P&P dan bisa tandem dg brand lain. Ane tertarik karena RCP2 ane kan masih kepake. Full set katanya sih setara dastek (250 HP). Ya ane baca-baca yg dastek sering kena CE, betul jadinya cenat-cenut. Ane sih targetnya gak 250, 230 HP sdh cukup he...he....Kira-kira recomended gak smartchip yg ginian. :beer:
mending pake Dastek Q+ dgn iDrive dengan kabel U-Connect-nya, itu plug n play tanpa kupas kabel

Smartchip itu kerjanya hulu / hilir ? yg jualnya tuning di atas Dyno atau tune di jalan ?
* Bukan ajakan Beli *
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by ongisnade »

Turboman wrote:
ongisnade wrote: Gini om hentann, kebetulan ane nyari yg P&P ketemulah RCP2, awalnya sdh enak, lama-lama pengin ngerasain yg lebih gede tapi yg juga P&P bukan yg kupas kabel. Browsing ketemu blognya smartchip yg semuanya katanya P&P dan bisa tandem dg brand lain. Ane tertarik karena RCP2 ane kan masih kepake. Full set katanya sih setara dastek (250 HP). Ya ane baca-baca yg dastek sering kena CE, betul jadinya cenat-cenut. Ane sih targetnya gak 250, 230 HP sdh cukup he...he....Kira-kira recomended gak smartchip yg ginian. :beer:
mending pake Dastek Q+ dgn iDrive dengan kabel U-Connect-nya, itu plug n play tanpa kupas kabel

Smartchip itu kerjanya hulu / hilir ? yg jualnya tuning di atas Dyno atau tune di jalan ?
Om Turbo, ane sent PM tolong di cek ya.

thx
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by WongZo »

Waduh sorry neh gbisa bales satu"
ak4ng wrote:tunggu om billy bro, dia juga orang bdg, ane juga sih tapi gatau dimana,. salam kenal dari dago
Salam kenal juga di Rajawali Timur ( jauh heheheh).
@Om billy: Klw downpipe coba d bk-knalpot cimahi... bnyk yg rekomen d situ.....

Ok deh thx gan atas infonya
Turboman wrote:Ipah Diesel perawatan lebih mahal dari Ipah bensin ?

See below :
- Filter solar D4 D : 155 - 170 rb. (genuine)

- Filter bensin TR-FE : 285 rb. (genuine)

- Filter udara = sama

- Filter oli = sama

- Interval ganti oli = sama

- Volume oli mesin = D4 D lebih banyak 1 L-an

- Oli transmisi dan gardan = sama

- AC = sama aja

- V belt = mirip harganya, ganti tiap 100 rb Km / 5 tahun, mana duluan

Specific :
1TR-FE :
- Busi (perlu diganti dgn interval tertentu)
- Carbon Clean ruang bakar (35 - 40 rb Km sekali)
- Purging Injector (as above)

D4 D :
- Purging saja tiap 25 rb Km
- Bersihkan EGR tiap 20 rb Km (ditutup azaaa EGR nya)
- Setel klep dgn ganti benggol, tapi ini juga gak mutlak & baru setel selewat 100 rb Km. (paling ganti 2 - 4 biji aja)
- Ganti Timing Belt tiap 150 rb Km / 6 tahun mana duluan

Dimana lebih mahalnya perawatan D4 D ??

Kasus kerusakan D4 D karena over-tuned :
- Turbo jebol (ada tapi bbrp kasus aja)
- Gigi Gardan rontok (ada yg ngalamin, krn user sering burn out)
- Gigi transmisi ada yg rontok (ada yg ngalamin)

Dengan catatan itupun rata2 yg udah maen level 300 Hp++

Mesin KO ? Gak pernah dengar tuh.........

ada sih temen ngalamin mesin D4 D rusak gara2 waktu ganti oli tukangnya nutup baut karter ga rapet, olinya keluar sampe abis pas jalan.....heheheheeh

Well bisa komen krn punya D4 D dan temen2 ane banyak yg modif extreme D4 D nya en udah jalan bertahun2 fine2 aja

Demikian sharing
Makasih om turboman, memang kynya nih mbl msh bkal dipake min 5 taun sih hehehhe
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by htannis »

ongisnade wrote: Gini om hentann, kebetulan ane nyari yg P&P ketemulah RCP2, awalnya sdh enak, lama-lama pengin ngerasain yg lebih gede tapi yg juga P&P bukan yg kupas kabel. Browsing ketemu blognya smartchip yg semuanya katanya P&P dan bisa tandem dg brand lain. Ane tertarik karena RCP2 ane kan masih kepake. Full set katanya sih setara dastek (250 HP). Ya ane baca-baca yg dastek sering kena CE, betul jadinya cenat-cenut. Ane sih targetnya gak 250, 230 HP sdh cukup he...he....Kira-kira recomended gak smartchip yg ginian. :beer:
oh udah punya RCP2 yah,max kalau bisa ditandem apa kagak sih kurang tau, tapi katanya sih bisa ditandem pake dastek q+ yah, yg rcp2 buat gantiin fungsi i-drive/extender, atau jual aja om di kfoc atau kioc, dah banyak yg jualan disana karena keracunan dastek. kalau ane pribadi sih anjurannya untuk commonrail diesel bertehnology VGT/VNT lebih baik pake ecushop monster max, ane soalnya di ps dalkar dulu pernah pake dastek q+, pernah tandem monster max, skrg ane pake monster max doang, settingan diturunkan ke 260HP, mesin lebih halus, asep juga gak "item" lebih item dikit dibanding std lah :mky_01:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by AB1050 »

wahhh...seru nihhh :mky_02:

vote ipah diesel ahh :big_blushing:
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by Xous »

Um TS, soal bensin or diesel, tmn2 sini pd jago seh kudunya. Klo sy yg plg penting menemukan ipah kondisi plg normal krn neh mbl fav keluarga, walaupun ipah dgn kondisi normal kudunya relatif lbh mudal drpd avz.
Klo bensin ane rekomen manual saja krn ipah bensin AT tuh sgt susah d jual lg, bener2 kudu ketemu penggemar, sebaliknya d4d AT apalg varian V tuh sgt2 likuid walau mahal*punya ane uda tua n km byk msh ad aj yg iseng nawar
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by WongZo »

Xous wrote:Um TS, soal bensin or diesel, tmn2 sini pd jago seh kudunya. Klo sy yg plg penting menemukan ipah kondisi plg normal krn neh mbl fav keluarga, walaupun ipah dgn kondisi normal kudunya relatif lbh mudal drpd avz.
Klo bensin ane rekomen manual saja krn ipah bensin AT tuh sgt susah d jual lg, bener2 kudu ketemu penggemar, sebaliknya d4d AT apalg varian V tuh sgt2 likuid walau mahal*punya ane uda tua n km byk msh ad aj yg iseng nawar
Iya nih calon ipah V dieselnya jg dpt murah mudah" an aj belom laku pas ane mw beli. Soalnya ane msh 3-5 bln lgi belinya hehehehe.
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by AB1050 »

WongZo wrote: Iya nih calon ipah V dieselnya jg dpt murah mudah" an aj belom laku pas ane mw beli. Soalnya ane msh 3-5 bln lgi belinya hehehehe.
hmmm..kemungkinan besar udah laku :mky_02:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Ipah Bensin atau Diesel untuk jarang pemakaian

Post by aspsilver »

kalo jarang pake ngapain beli diesel???

mobilnya lebih mahal.

inti orang beli diesel kan karena irit. jadi ongkos beli yang lebih mahal akan ketutup sama iritnya.

tapi kalo pakenya jarang kan gak bakalan ketutup beda harganya.


kalo ceritanya karena mau torsi lebih baik lain.
karena itu kan gak dinilai uang.

emang sih innova 2.0 bensin emang rada lemot. tapi ya gak parah juga.

saya pake innova diesel g 2005 dari baru sampe 2012. sejak 2012 ganti innova diesel v 2011. semua matic.

isi bio solar biasa. gak pernah rusak mobilnya.
service injektor aja tiap 20rb/40rb km (300rb)

kenapa beli diesel? seneng aja mobil badan gede mesin diesel. garang.