TIPS MEMBELI KENDARAAN MINIBUS BARU

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: TIPS MEMBELI KENDARAAN MINIBUS BARU

Post by dogar »

DDR wrote:Wah bro Dogar beruntung tuh dapet first batch yg bagus... Dulu saudara ane sih pernah beli APV first batch kena masalah di fuel pump nya, pas dibawa ke bengkel sih mekanik nya ngaku banyak yg kena fuel pump, tp diganti gratis sih krn masih garansi. Untung nya ketersediaan sparepart Suzuki lmyn bagus, jadi waktu tunggu klaim ngga terlalu lama. APV kantor ane juga pernah kena masalah di suspensi nya, jadi bikin ban depan pada benjol semua, kita klaim, Suzuki mau ganti suspensi nya, tp ban nya harus beli sendiri alias ngga ke cover hehe.
Tapi kalau diperhatikan yah, unit first batch yg relatif lebih bermasalah itu unit yg kandungan lokal nya udah agak tinggi, entah karena memang vendor lokalnya pada saat itu blum berpengalaman atau mungkin SOP QC nya blm ketat.
Semoga sih produksi sekarang walaupun udh makin banyak pake vendor lokal tp mereka sudah punya pengalaman yg cukup dari tahun tahun dulu, jadi overall mobil nya akan handal.
Ane sih inget jaman dulu aja waktu keluarga ane beli Suzuki Carry 1.0 tahun 1985,selama 13 tahun melayani keluarga ane tanpa masalah, ada sih masalah kelistrikan tp itu krn kesalahan user juga yg pasang alarm non resmi hehe. Sekarang jadi pingin lagi punya mobil yg harga nya masuk akal tapi badak banget kehandalan nya.
Kalau masalah di fuelpump APV memang ada recall. Cuman kebetulan yang saya belum mengalami masalah di fuelpump,
tapi karena di-sms sama salesnya buat ganti fuelpump gratis ya saya bawa aja ke BereS buat diganti biarpun belum mengalami masalah.
Kata mekaniknya sih desain fuelpump nya terlalu "sensitif" (or whatever) sehingga kalau ada kotoran sedikit langsung mampet.
Kalau soal recall kelihatannya bisa terjadi pada mobil yg sudah lama beredar juga.
Honda Jazz/Fit keluaran 2007-2008 yg beredar di luar Indonesia pernah direcall karena potensi kebakaran pada power window nya.

Btw, baru inget kalau Honda BeAT saya juga ternyata first batch, dan sampai sekarang belum mengalami masalah apapun.
Tapi saya setuju bahwa membeli first batch product itu punya risiko relatif lebih besar daripada yg sudah beredar lama.
Hanya saja seberapa besar risiko itu (minor atau major) tidak bisa kita ketahui.
Dan membeli mobil di akhir-akhir tahun supaya dapet diskon gede itu juga benar, saya beli Yaris bulan Oktober '10 dapet diskon 20 jeti
dari published price :D.
mukhlis
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Sep 09, 2013 16:20

Re: TIPS MEMBELI KENDARAAN MINIBUS BARU

Post by mukhlis »

Kalau menurut saya perlu tambahan, seperti yang diiklankan duo maut, yang perlu diperhatikan sebelum membeli perlu diperhatikan Medan yang akan kita lalui (maklum ane tinggal di daerah yang jauh dari kota besar, penuh tanjakan dan lubang dimana-mana) jadi perlu lebih teliti tentang bbrp hal :
1. Ground clearance ;
2. Tenaga waktu tanjakan;
3. bisa minum bbm subsidi gak;

kalau saja pihak pabrikan mau memperhatikan hal ini sebelum launching productnya pasti saingan duo maut ada di tiap pelosok indonesia.