Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
D4D Newbie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Apr 13, 2013 10:05

Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by D4D Newbie »

Guys,

Kuda Merah Ane (Grandia Diesel 2012 MT) punya masalah kalau di gas serasa agak lemot tarikannya dibanding sebelumnya.
Dugaan awal sih mungkin koplingnya udah aus krn udah 4 tahun belum diganti (jalan sekitar 70rbkm).
Eh udah diganti kopling baru full set + tune up tetap aja digas sampe spedo 140 km / jam (4th gear 4000rpm) pun tapi serasa baru lari 80 an.
memang perpindahan gigi lebih smooth namun sama sekali ga terasa tarikan yg biasa di RPM 4000-5000 nya.
Apa yang salah ya ? Mohon pencerahan. :big_think:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by maskopat »

D4D Newbie wrote:Guys,

Kuda Merah Ane (Grandia Diesel 2012 MT) punya masalah kalau di gas serasa agak lemot tarikannya dibanding sebelumnya.
Dugaan awal sih mungkin koplingnya udah aus krn udah 4 tahun belum diganti (jalan sekitar 70rbkm).
Eh udah diganti kopling baru full set + tune up tetap aja digas sampe spedo 140 km / jam (4th gear 4000rpm) pun tapi serasa baru lari 80 an.
memang perpindahan gigi lebih smooth namun sama sekali ga terasa tarikan yg biasa di RPM 4000-5000 nya.
Apa yang salah ya ? Mohon pencerahan. :big_think:
Grandia Diesel 2012? 2002 kali maksudnya?

di gigi 4, RPM sudah nyentuh 4000, speedometer bergerak di 140 km/jam, tapi yang dirasa masih 80 km/jam?
sudah coba dicek dengan GPS untuk akurasi speedometer? atau dengan patok jarak di tol dibanding dengan waktu tempuh? kira2 aja sih. soalnya kalo dari 140 ke 80 sih terlalu jauh... :big_think:

btw kita tunggu aja mod VM pengguna kuda diesel ya... :frm_salut:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by billyd1773dz »

yg jdi masalah *tarikanya* di 4000-5000 atau speedometernya nunjuk 140 tp rasanya baru 80 ?

yep seperti kata suhu di atas, cek dgn GPS jika soal speedo...

klw tarikan. coba purging, bersihkan air filter, ganti fuel filter dan gunakan fuel aditif yang khusus untuk fuel system cleaner


kalau ciri kopling aus, rpm naik tapi kecepatan ga nambah sejalan rev naik

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by Turboman »

D4D Newbie wrote:Guys,

Kuda Merah Ane (Grandia Diesel 2012 MT) punya masalah kalau di gas serasa agak lemot tarikannya dibanding sebelumnya.
Dugaan awal sih mungkin koplingnya udah aus krn udah 4 tahun belum diganti (jalan sekitar 70rbkm).
Eh udah diganti kopling baru full set + tune up tetap aja digas sampe spedo 140 km / jam (4th gear 4000rpm) pun tapi serasa baru lari 80 an.
memang perpindahan gigi lebih smooth namun sama sekali ga terasa tarikan yg biasa di RPM 4000-5000 nya.
Apa yang salah ya ? Mohon pencerahan. :big_think:
Kapan terakhir purging ?

Filter solar ?

Timing belt masih bagus ?

filter udara bersih ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by Rakean »

D4D Newbie wrote:Guys,

Kuda Merah Ane (Grandia Diesel 2012 MT) punya masalah kalau di gas serasa agak lemot tarikannya dibanding sebelumnya.
Dugaan awal sih mungkin koplingnya udah aus krn udah 4 tahun belum diganti (jalan sekitar 70rbkm).
Eh udah diganti kopling baru full set + tune up tetap aja digas sampe spedo 140 km / jam (4th gear 4000rpm) pun tapi serasa baru lari 80 an.
memang perpindahan gigi lebih smooth namun sama sekali ga terasa tarikan yg biasa di RPM 4000-5000 nya.
Apa yang salah ya ? Mohon pencerahan. :big_think:

wew 5000rpm, udah redline tuh :mky_02:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
D4D Newbie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Apr 13, 2013 10:05

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by D4D Newbie »

maskopat wrote:
D4D Newbie wrote:Guys,

Kuda Merah Ane (Grandia Diesel 2012 MT) punya masalah kalau di gas serasa agak lemot tarikannya dibanding sebelumnya.
Dugaan awal sih mungkin koplingnya udah aus krn udah 4 tahun belum diganti (jalan sekitar 70rbkm).
Eh udah diganti kopling baru full set + tune up tetap aja digas sampe spedo 140 km / jam (4th gear 4000rpm) pun tapi serasa baru lari 80 an.
memang perpindahan gigi lebih smooth namun sama sekali ga terasa tarikan yg biasa di RPM 4000-5000 nya.
Apa yang salah ya ? Mohon pencerahan. :big_think:
Grandia Diesel 2012? 2002 kali maksudnya?

di gigi 4, RPM sudah nyentuh 4000, speedometer bergerak di 140 km/jam, tapi yang dirasa masih 80 km/jam?
sudah coba dicek dengan GPS untuk akurasi speedometer? atau dengan patok jarak di tol dibanding dengan waktu tempuh? kira2 aja sih. soalnya kalo dari 140 ke 80 sih terlalu jauh... :big_think:

btw kita tunggu aja mod VM pengguna kuda diesel ya... :frm_salut:
Haha iya bro 2002 maksud ane, dulu sih pernah cek selisih dengan GPS memang 10-15 km/jam an (lebih tinggi spido nya). belum sempat ngetest lagi.
Sebenarnya klo masalah speedo ngaco sih ga terlalu ane pikirin tapi tarikannya yang lemot itu :e-wall:
User avatar
D4D Newbie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Apr 13, 2013 10:05

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by D4D Newbie »

Turboman wrote:
D4D Newbie wrote:Guys,

Kuda Merah Ane (Grandia Diesel 2012 MT) punya masalah kalau di gas serasa agak lemot tarikannya dibanding sebelumnya.
Dugaan awal sih mungkin koplingnya udah aus krn udah 4 tahun belum diganti (jalan sekitar 70rbkm).
Eh udah diganti kopling baru full set + tune up tetap aja digas sampe spedo 140 km / jam (4th gear 4000rpm) pun tapi serasa baru lari 80 an.
memang perpindahan gigi lebih smooth namun sama sekali ga terasa tarikan yg biasa di RPM 4000-5000 nya.
Apa yang salah ya ? Mohon pencerahan. :big_think:
Kapan terakhir purging ?

Filter solar ?

Timing belt masih bagus ?

filter udara bersih ?
Purging belum pernah
Filter Solar sekitar 2 bln yll
Filter Udara baru
Kopling Set baru
Timing Belt mungkin sudah waktunya (hampir 70rb dari penggantian terakhir)

Kira2 apa penggantian timing belt dan purging bisa membuat tarikannya kembali ke normal om ?
:e-think:
Masih sayang ama kuda merah nih meskipun printilan udah mulai rewel, tapi masih mantab untuk kend operasional keluar kota. :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by VanzMatic »

Berarti masalah di akselerasi ya? Bukan speedo yang ngaco?
Sebaiknya lakukan apa yang om Turbo sarankan. Purging, sekalian seetel pompa solar.
Kebanyakan mekanik awam, menyetel solar berdasar banyak enggaknya jelaga yang keluar saat digas gas kondisi idle. Ini pernah terjadi di Kudies saya. Efeknya, tarikan boyo, asap doang yang kenceng.
Di-treatment pakai racun solar pun efeknya kurang maksimal..

Plus, coba Anda ingat ingat, kapan terakhir menguras tangki solar?
Sebuah kendaraan truk operasional, minimal sekali dalam 6 bulan kuras tangki solar.
Perhatikan berapa banyak lumpur yang mengendap di tangki solar.

Kemungkinan juga ada lumpur yang tersedot ke mesin.

Sebaiknya semua dicoba, masbro..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by Turboman »

D4D Newbie wrote: Purging belum pernah
Filter Solar sekitar 2 bln yll
Filter Udara baru
Kopling Set baru
Timing Belt mungkin sudah waktunya (hampir 70rb dari penggantian terakhir)

Kira2 apa penggantian timing belt dan purging bisa membuat tarikannya kembali ke normal om ?
:e-think:
Masih sayang ama kuda merah nih meskipun printilan udah mulai rewel, tapi masih mantab untuk kend operasional keluar kota. :mrgreen: :mrgreen:
Ya lakukan purging dah segera, dengan BBM Biosolar kalau mau enak itu mesin di purging tiap 30.000 Km sekali paling lambat

Juga cek bearing2 sekitar puli mesin
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
D4D Newbie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Apr 13, 2013 10:05

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by D4D Newbie »

Update :
Hari ini ganti Timing Belt 2 biji + Tensioner
Purging Diesel
Ganti Semua Vanbelt & Puli As Kruk, udah retak kata bengkel
DC 3 jt :big_slap: cost servis terbesar dalam sejarah Kuda Merah

Test Drive sore ini Gigi 2 & 3 tarikan mantap :big_exellent:
belum sempat coba lebih jauh sore2 jalan MERR Macet.

Makasi suhu2 SM buat sarannya. :mky_02:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by maskopat »

D4D Newbie wrote:Update :
Hari ini ganti Timing Belt 2 biji + Tensioner
Purging Diesel
Ganti Semua Vanbelt & Puli As Kruk, udah retak kata bengkel
DC 3 jt :big_slap: cost servis terbesar dalam sejarah Kuda Merah

Test Drive sore ini Gigi 2 & 3 tarikan mantap :big_exellent:
belum sempat coba lebih jauh sore2 jalan MERR Macet.

Makasi suhu2 SM buat sarannya. :mky_02:
syukurlah dah beres... :frm_tumbright:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
bowie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sun Jan 26, 2014 7:53

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by bowie »

D4D Newbie wrote:Update :
Hari ini ganti Timing Belt 2 biji + Tensioner
Purging Diesel
Ganti Semua Vanbelt & Puli As Kruk, udah retak kata bengkel
DC 3 jt :big_slap: cost servis terbesar dalam sejarah Kuda Merah

Test Drive sore ini Gigi 2 & 3 tarikan mantap :big_exellent:
belum sempat coba lebih jauh sore2 jalan MERR Macet.

Makasi suhu2 SM buat sarannya. :mky_02:
selamat ya om...
problemnya dah kelar... :big_grin:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mitsubishi Kuda Power Loss Problem

Post by VanzMatic »

D4D Newbie wrote:Update :
Hari ini ganti Timing Belt 2 biji + Tensioner
Purging Diesel
Ganti Semua Vanbelt & Puli As Kruk, udah retak kata bengkel
DC 3 jt :big_slap: cost servis terbesar dalam sejarah Kuda Merah

Test Drive sore ini Gigi 2 & 3 tarikan mantap :big_exellent:
belum sempat coba lebih jauh sore2 jalan MERR Macet.

Makasi suhu2 SM buat sarannya. :mky_02:
Alhamdulillah sudah beres ya...!

:big_exellent:

Kalo dulu Kudies saya pas ganti part part horror tersebut pas ane masi gabung klub Mitsu, jadi yang inventarisir parts yang harus dibeli dan yg nanganin mekanik anak klub. Beli di sentra onderdil. Jatuhnya lumayan lebih murah sejutaan...
:big_grin:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "