Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by ChZ »

selamat sore untuk admin, momOOT, member, piyikz, SR..... :mky_01:

ijinkan ane untuk me-ripiu sebuah mobil yang sedang hangat diperbincangkan dan ditunggu-tunggu setelah sekian lama *panjang amat :big_slap: *

jreng jreng jreng...................


Honda Odyssey 2.4L Prestige (RC1) 2014 :mky_02:

=====================================
Intro

semoga nggak bosen bacanya....

sebuah tugas besar dari momOOT kucing dalam program kaderisasi reviewer.... yang dengan penuh rasa hormat ane terima....

sekitar 2-3 minggu yang lalu proposal tugas besar ini sudah dihibahkan ke ane

Mod kucing : "Bro, kita mau TD Odyssey baru, ente yang nge-ripiuw..."

setelah cocok-cocokan jadwal dengan para pasukan KuSeM yang lain.... hari Rabu 2 minggu lalu, kami blitzkrieg ke dealer Ahond Jemursari.... ane, mod kucing, bro ola, bro fayenatics, dan bro yusaku.... memberikan first impression untuk mobil ini.... dengan harapan bisa TD, yang sayang sekali, batal :big_slap:

akhirnya kami cocok-cocokan jadwal lagi.... selasa minggu lalu... batal.... dan re-schedule, didapatlah hari Rabu tanggal 16 April ini, kebetulan ane udah selesai UTS.... bertiga : ane, mod kucing, bro sandwich....

ahh yes... selama masa penantian... ane udah di doktrinasi oleh pasukan KuSeM plus mod kucing,

utamanya bro Ola dan bro Faye "yang objektif ya...." sambil nepuk pundak :ungg:

dan pada hari ini, kesempatan terhormat itu datang juga..... ane janjian dengan mod kucing jam 11 siang... disambut hujan deras.... ane selesai ujian, balik kosan, ngopy track list AKB untuk test sound Odyss... dan meluncur ke Ahond Jemursari...

sesampai di diler, ane melihat mod kucing sedang duduk layaknya boss menunggu anak buah.... ane parkir di luar, cepet-cepetan keluarin payung dan masuk diler.... sambil menunggu bro sandwich dan menunggu RC1 unit kami datang...

hujan reda dikit.... datang sebuah RC1 hitam dan mod kucing mengeong "itu mobil TD kita...."

setelah kami ketemu salesperson, gerayangin Odyss display sambil dijelasin sales dan memberikan feedback - feedback.... mod kucing bersabda "kita TD duluan aja bro sandwich masih kejebak hujan"

err... okay... ane masuk ke Odyss RC hitam yang terparkir di luar.... mod kucing menikmati baris kedua...

A little story about Honda Odyssey....

Odyssey merupakan MPV Ahond yang diposisikan di kelas premium, berbagi platform dengan Honda Accord.... dari generasi 1 (RA6), generasi 2 (RB1, RB2, RB3, RB5), dan generasi 3 (RC1).

RA6 menggunakan enjin 2.3L (F23) dan 3.0L(J30? ane lupa kodenya)....

RB series hanya punya enjin 2.4L... TAPI...... dengan 2 jenis output : 160HP dan 200HP (Absolute).... di RB3 dan RB5 170HP (type-M yang dipasarkan HPM)

RC1 menggunakan 2.4L... K24W series EarthDreams... 174HP, sama dengan Accord CR2

RC1 adalah Odyssey yang sangat unik, dimana RA dan RB terkesan "tidak mau terlalu stand out".... RC justru terkesan "stand out" dengan size yang sudah masuk kelas big MPV setara Alphard/Elgrand.... banyak yang bilang M8, Grandis is out of league with this car.... padahal dulu, RB, Grandis, M8 itu sekelas....

sekarang dengan disuntik mati nya Elysion oleh Ahond, Odyss diberi tanggung jawab untuk menjadi contender Alphard dan Elgrand....

Publik cukup kaget dengan datangnya RC1 ini.... karena selama ini Odyss RB dikenal dengan bentuknya yang ikonik, low slung sporty MPV, a very fun MPV.... handles like sedan, practical like MPV.... sekarang jadi obesitas... i mean... naik kelas? dan harganya yang ikut-ikutan Obesitas.... 600jeteng untuk base trim, 700jeteng untuk fullspec... yang kita uji adalah tipe tertinggi....

dan err.... impresinya... mari kita ulas satu-persatu..... apa yang membuat mobil ini naik harga begitu tinggi dari RB5.... layak kah penambahan harga segitu dengan impresinya?

================================
1. Exterior

Basically, ane sebagai ababil yang terpesona dengan desain seksi Odyss RB1-5 sangat kaget liatnya.... what? this is Odyssey? Odyssey yang dulu low-slung dan [cencored] itu? sekarang jadi obesitas? :big_slap:

err.. pardon me.... okay... ini naik kelas, bukan Odyssey lama yang kita kenal itu.... ane akan menilai dari preferensi Big Luxury MPV.... benchmark tampilan tentu saja Alphard....

Image
Tampak depannya.... cukup cantik, dengan bahasa desain Ahond sekarang, tarikan garis di muncung serupa dengan CR-V RM dan Accord CR2, menegaskan kastanya udah beda dengan Odyss lama

Image
grill segede gaban.... dan... chromy! entah ane harus berkomentar apa, chrome di tampilan depan ini overkill.... :off_no: mengingatkan ane pada MPV merek sebelah yang tiada duanya itu :upss:

ane dari awal berusaha mencerna tampilan depannya, but no... this is overkill.... Alphard jauh lebih baik soal pendekatan tampilan depan... Ahond terlalu memaksakan "Exciting H Design!!!" untuk diterapkan di Odyssey... sampe harus memasukkan krom segede gaban itu....

Image
Tampak sampingnya better.... keliatan elegant, dengan pendekatan beberapa garis agresif yang bikin tampak sampingnya nggak bosenin.... plus velg 17" berdesain menarik.... kekacauan di desain samping ini adalah : krom tipis memanjang dari kap sampe belakang.... overkill sekali lagi....

Image
and the fatal thing : jalur sliding doors bertabrakan dengan garis body :big_slap: :off_no: jalur sliding doors terkesan didesain asal-asalan.... nggak nyambung... Alphard dan M8 jauh lebih rapi.... tanpa adanya tabrakan antara garis body dan rel PSD....

Image
Tampilan belakang.... stoplamp dengan desain tipis memanjang ala RB5...

Image
yes stoplamp ala RB5 memang cantik, tapi RB5 bodynya low-slung... sementara ini kotak, lagi-lagi kacau... dan chrome overkill!

kalo kita lihat stoplamp Alphard/Vellfire, stoplamp yang besar dan memanjang ke bawah itu menambah nilai elegant nya, iconic sekali lagi.... tapi di Odyss? untungnya sekali lagi, diselamatkan oleh LED pada stoplamp yang kalo nyala mirip BMW.... mungkin kalo malem akan sangat cantik.... ane membayangkan andaikan stoplamp ini cuma LED titik-titik biasa atau bahkan nggak LED, akan jadi sangat jelek! :off_no:

plus... no twin tailpipes! ane dan mod kucing ngolong untuk memeriksa, dan surprise! we found this....

Image
tailpipe samping kanan....

Image
dudukan untuk tailpipes samping kiri... :ungg:

ane berdiskusi cukup panjang soal ini dengan mod kucing... kami sepakat kalo mobil besar (MPV/SUV) mewah tanpa twin tailpipes itu garing... hambar.... kayak makan sate ayam tanpa sambel kacang....

Err... kalo mau dibilang, desain luar Odyss ini cukup cantik, ane suka, tapi ada beberapa kekacauan desain dan pernik-pernik nggak penting yang justru mengganggu.... kalo benchmark nya Alphard/Vellfire, jujur saja, Alphard/Vellfire masih lebih enak dilihat....

mbok ya dikasih black chrome aja biar lebih elegant.... :ungg:

Exterior : 7/10
Good thing : bentuk body proporsional, stoplamp LED cantik, tarikan garis agresif
Bad thing : Chrome Overkill, lampu belakang terlalu kecil dan terlalu sipit untuk body sebesar ini, no twin tailpipes, garis body bertabrakan dengan rel PSD.

================================
2. Interior

Ahond berusaha memberikan interior yang cukup modern dan penuh gimmick di Odyssey ini....

begitu masuk interior, ane merasa dejavu dengan Accord CR2 dan CR-V RM.... seperti hanya copy-paste-edit saja.... :big_slap:

Image
dash yang softpad hanya bagian tengah... bagian bawah ada piano finish yang elegant.... sedangkan dash atas dan bawah : plastik keras :off_no: setir cakep, seperti Accord CR2....

sayangnya tidak ada upper glove box... seriously Honda?? Jazz GE dan CR-V RE butut ane aja punya upper glove box :frm_bang_head:
glove box bawah pun menyedihkan... panel gap terlalu besar....

Image
cluster.... agak dejavu, niru CR-Z... untungnya Ahond pinter, desainnya sedikit diubah. tachometer dan fuel meter dibuat digital :off_good_job:

Image
kompartemen multifungsi, sangat berguna untuk meletakkan botol minum dan barang-barang lain :off_good_job: ane suka dengan kompartemen ini....

Image
tombol AC touchscreen yang sangat keren,

Image
Port USB dan HDMI... sangat praktis... dan mudah dioperasikan

Image
HU dengan multimedia... plus bird-eye view camera. seperti di Alphard. sesuai kodratnya sebagai MPV premium dimensi gambot :off_good_job:

Image
jok elektrik yang lumbar support nya disunat... lagi-lagi.... seriously??? lagi-lagi CR-V RE butut ane punya :frm_bang_head: :frm_bang_head:

Image
doortrim yang cukup cantik, plus... memory seat! :off_good_job: sayang menyakitkan begitu diketuk... plastik yang dibalut pake kulit... hellooo??

Image
beralih ke row 2.... jok nya udah bikin illfeel... kecil, armrest kecil,

Image
legroom nggak istimewa amat untuk kelas MPV premium, bahkan begitu ottoman seat engage! posisi duduk tetep nggak nyaman, dudukan jok kurang panjang untuk menopang paha raksasa ane, dan kaki ane nyangkut di bagian bawah jok depan.... :off_no:

untungnya jika nggak ada penumpang row 3, jok row 3 bisa dilipet rata lantai, dan row 2 bisa dimundurin sampe mentok, dan menghasilkan legroom sangat lega :off_good_job:

Image
Image
pengaturan jok serba manual dan IMHO, nggak elite untuk kelas MPV harga 700 juta.... lagi-lagi... seriously???

waktu PSD membuka, lagi-lagi seperti di freed, untuk menutup PSD kita harus ngarahin tangan agak jauh ke belakang, kalo di Mazda8 kita tinggal pencet tombol di pilar B yang membuat tangan kita nggak perlu banyak gerak.... so unpractical.... untungnya, ada tombol untuk membuka PSD di dash sebelah setir... sepertinya memang ditujukan untuk orang yang pake supir.... lebih mudah dicari dan dioperasikan dibanding Alphard yang ditempatkan di atas atap :frm_bang_head:

Image
PSD berisik waktu nutup.... dan voila! inget ini doortrim mobil apa?
you are not wrong... FREED! :big_slap: bagaikan doortrim freed yang dikasih aksen kayu gelap... :off_no:

jadi sensasi di row 2 tidak jauh berbeda dengan MPV Ahond yang harganya 270an juta itu.... :upss: padahal harganya ini 2,5kali lipatnya lho :upss:

Image
plus, ane melihat pemandangan memilukan : roof monitor yang nggak menunjukkan kelas.... i mean... di Alphard, roof monitor terpasang rapi, tapi di Odyssey? kayak roof monitor di Nissan GL dan Evalia..... :frm_bang_head: keliatan murahan.... kalo di GL/Evalia sih gapapa... nah ini Odyssey?

akses ke row 3 cukup sulit untuk badan bongsor seperti ane...

Image
untungnya di row 3... legroom cukup luas untuk ukuran ane... :off_good_job:

untuk headroom, baris 1-3 sangat besar...

beralih ke bagasi, melipat jok row 3 sulit, karena tidak dilengkapi magical 3rd seat seperti di Odyss RB.... tapi kabar baiknya ini bukan sunat, melainkan memang nggak dikasih.... kami nggak menemukan slot nya

Image
dan bagasinya... aduuuh... power lift gate disunat... keliatan banget.... :off_no: MPV 700juta tanpa power lift gate?

Interior 6.5/10
Good thing : err... tombol AC touch screen, HU multifungsi plus kamera bird-eye view, cluster cantik, kompartemen multifungsi di bagian bawah dashboard, kursi row 2 fleksibel, dan kualitas kulit jok nya cukup baik, intinya : banyak gimmick!
Bad thing : panelgap, tidak praktis, doortrim menyedihkan, plastik dash menyedihkan... kopong, no power lift gate, no magical 3rd row seat

===============================
3. Driving Impression

Image
Odyssey RC1 menggunakan unit yang sama dengan Accord CR2, K24W 174PS EarthDreams technology.... hanya saja di Odyssey dipadu transmisi CVT, sedangkan Accord 5-AT.

Sambil menunggu bro sandwich datang, ane melakukan TD duluan.... dengan mod kucing sebagai passenger....

atur posisi duduk, dan voila! posisi duduk driver rendah, nyaman jadinya, nggak kayak Alphard yang tinggi banget posisi duduknya... visibilitas baik :off_good_job:

keluar dealer ketemu poldur nggak sengaja ane hajar..... stiff! bantingannya keras.... kucing di belakang ane sampe protes :big_chicken:

di jalan ane coba sedikit flat-out.... err.... karakter CVT halus, enjin gampang dapet torsi, seperti di Accord CR2... nyaman untuk mid-speed cruising.... :off_good_job:

but, i'm not that impressed.... no.... there's something missing with this car... something wrong.... :big_chicken:

bentar... ini Honda kan? Odyssey kan? Mana raungan VTEC nyaaaaa???? :frm_bang_head: :frm_bang_head:

what i found on the road.... cempreng, seperti tercekik, yang bikin ane nggak tega hajar gas lebih dalam.... mana suara VTEC yang intimidating itu????

semakin diinjek gasnya, ane justru makin ketakutan, bukan makin tergoda untuk dengerin "bisikan setan" untuk nambah gas seperti di RB1.... even raungan M15A SX-4 ane masih jauh lebih intimidating..... :off_no: :frm_bang_head: :frm_bang_head: kuciwaaaaa.....

kekacauan nggak cuma di enjin.... setir ringan dan no feedback at all! membuat driving impression kacau.... nggak terasa kontak jalan sama sekali, seperti nyetir Nissan March meme ane.... bodyroll segambreng yang bikin serem, meskipun sedikit lebih baik dibanding Alphard... mod kucing yang duduk di belakang sampe berkali-kali ngingetin "woi ente nyetir kapal pesiar bukan hatch!!".... sambil kebanting-banting karena kerasnya suspensi......

seriously, i'm dead on this car... kayak orang mati nyetir mobil ini....

begitu ketemu kemacetan, baru berasa ada keanehan.... torsi bawah emang gampang dapetnya, tapi tranny agak gugup kalo stop and go... jerky.... :off_no: 5-AT di Accord masih terasa lebih halus waktu stop and go....

dan sound insulationnya buruk.... noise dari ban sangat berisik.... ane baru menyadari ini setelah nyetir RB1 bro sandwich dan M8 mod kucing.... road noise RC1 sangat berisik!

ane di tengah jalan iseng ngeluarin USB, dengan harapan sedikit mengobati kekecewaan ane...

masang flashdisk, and AKB time :big_grin: first song : Aitakatta! :mky_02:

surprisingly..... ane merasa ada yang kurang dengan lagu yang sangat enerjik ini.... bassnya kacau, vokal not-so-special....

next track : Give Me Five!.... lagi-lagi bener dugaan ane... kacau... bassnya berantakan.... sales mencoba ngatur dengan gedein bass, yang akhirnya membuat ane dan mod kucing tertawa : udah MAX! :big_slap: what?? :big_chicken:

Driving Impression 5/10....
Good thing : almost nothing kecuali CVT yang halus dan enjin yang gampang dapet torsi di putaran bawah.... ah ya! posisi duduk yang nyaman...
Bad thing : almost everything..... bantingan keras amit-amit untuk mobil MPV, sound insulation, no VTEC roarrrr...., setir kelewat ringan, body roll segambreng, sound system mengerikan....

Saran ane : saat SPK jangan lupa nyari supir..... carilah supir yang nyetirnya sopan, kasih gaji tinggi untuk nyetir Odyssey ini...

============================
4. Verdict

Honda Odyssey RC1... Odyssey yang berusaha naik kelas lebih tinggi....

sayang, banyak hal yang membuat Odyssey belum pantas untuk menapak kelas yang lebih tinggi....

spek down ampun-ampunan (pengakuan sales, bukan kata ane atau mod kucing atau pasukan KuSeM....), kualitas interior parah, not-so-practical, harga tinggi, bantingan keras, suara enjin yang tidak menggugah sama sekali....

menjadikan mobil ini "nanggung"....

mau dibilang driver oriented? ada pilihan yang lebih baik dan lebih murah 150juta : Mazda8....
mau dibilang passenger oriented? ya, secara fitur, tapi secara kenyamanan, no.....

untuk eksmud? Accord lebih cocok....

untuk orang dewasa yang sudah mapan dan disupirin? Alphard road presence nya lebih kuat... lebih prestisius naik Alphard.... biarpun harus diakui Alphard ATPM kalah gimmick dibanding Odyssey RC1 Prestige.... tapi sekali lagi, image Alphard udah melekat kuat sebagai mobilnya para boss besar dan mafioso....

sedangkan Odyssey dari dulu identik dengan anak muda atau family man yang hobi nyetir sendiri.... bukan mobil supir....

kalo ane boleh bilang, Odyssey RC1 ini lebih cocok disebut Freed with gimmick seharga 700juta....

Pros :
- Upper-class... naik kelas dibanding Odyssey RB, lebih prestisius :off_good_job:
- Banyak "mainan" di dalemnya....
- legroom dan headroom luas
- CVT halus
- Torsi mudah didapat di putaran bawah
- Banyak kompartemen penyimpanan
- Jok row 2 fleksibel
- Setir ringan, mudah manuver parkir
- Tombol AC Touch screen

Cons :
- Dull handling, zero steering feedback
- Bodyroll
- CVT jerky untuk stop and go....
- Ottoman yang malah bikin kaki nyangkut
- Sound system parah
- Jok row 2 ukurannya kelewat kecil... sepertinya ukuran standar orang-orang Jepang...
- Chrome overkill
- Plasticky interior
- No powerlift gate, no magical 3rd seat, no lumbar support....
- Overpriced
- Overpriced
- Overpriced
- Overpriced
- ......

Overall Score : 6.25/10... still need improvement....

Contender :
By price : Alphard X ATPM, Elgrand 2.5
By size and Spec : Alphard X ATPM, Elgrand, Mazda8, Grandis

=================================

Err... lanjut Part 2 biar ga kepanjangan....

Komparasi : Odyssey RC1 vs Odyssey RB1 vs Mazda8 vs Grandis vs Alphard.....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by jason28 »

Nice review kak chris :big_exellent:
Sebentar ane baca dulu :big_slap:


Setelah ane baca: Grill depan chrome ya banyak amat :big_chicken:
Dan sambutlah: Freed 700jt :mky_02:


:ngacir: :ngacir:
Last edited by jason28 on Wed Apr 16, 2014 10:44, edited 1 time in total.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by ricz »

Nice review kak ChZ... Emang beneren penerus tongkat estafetnya moot kucing... :off_good_job:

Yes, gw setuju ama ente, RC1 ini udh kehilangan ciri khas Odysseynya, MPV low slung yg bisa menjadi sebuah sedan tapi tdk kehilangan sisi MPVnya... RB1 bener2 mencuri hati gue.. Dannn... dual tail pipesnya manaaa???

Tujuannya sih emang buat ngalahin Alphie, but, sorry Honda, you need to learn more from Alphard...


Legroomnya keterlaluan banget... Ngalah2in GL aja tuh klo ottoman engaged... Terus, roof monitornya pake py SWAN ICE kek di GL? :big_chicken:

Udh gitu build qualitynya ga istimewa... Hard plastik utk mbl 700 juta... :big_chicken:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by madcat015 »

Pertamax... ane bikin constructive feedback dulu... :ngacir:

==============

Ini dia bro ChZ, penultimate MPV showdown di SM dan ente benar2 membuat sebuah ripiu worthy of 7-star...

A job wonderfully done bro ChZ... :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by ricz »

Ketigax ente mod... Bentar lagi kelinax... eh kelimax.. :ngacir:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by amfibi »

Nice review... :mky_03:

Ane cuma bisa tertawa dan meratapi... Ndak tau mau komen apa lagi :ungg:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by billyd1773dz »

uneg2 dikit
copas dri review mobilio om chris
ChZ wrote: yang menghancurkan ride nya cuma steering feedbacknya... tapi siapa peduli? orang beli LMPV buat dinikmati bareng keluarga, bukan buat cornering...
ane demen bngt kata2 bijak diatas nih :D

nah dgn RC1 ini :D
ChZ wrote:kekacauan nggak cuma di enjin.... setir ringan dan no feedback at all! membuat driving impression kacau.... nggak terasa kontak jalan sama sekali, seperti nyetir Nissan March meme ane.... bodyroll segambreng yang bikin serem
sebagai sama2 MPV apalagi uda naik kelas nih ke big MPV... apakah sebuah steering feedback jadi sgtu pentingnya jd masuk ke cons? *d mobilio g masuk cons*

soalnya klw jd driver mbl "normal".. mungkin yang diharepin isolasi kabin sebaik mungkin biar jalan jelek ga sampai kerasa di stir.. jd dampening di stir dibikin bagus biar lebih nyaman g cepet lelah.

mungkin klw critanya di mbl sport atw driver enthusiast car sih okelah memang hal yg sangat penting hehe :D

atw karna mobilio jauh lebih baik dri RC1?

imho aja sih... hehe :big_think:

seep good review kumplit as always mantep bro........
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
detektifkonan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Apr 12, 2014 11:37

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by detektifkonan »

Nice Ripiuw om ^_^

Satu pembuktian lagi bahwa autobild "berbohong"

IMHO nih Eksterior belakangnya krisis identitas sama Alphard wakakak

Roh VTEC belum kembali? Cmon Hando!!
Apa om beuek harus turun tangan?xixixi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by ChZ »

Komparasi

Honda Odyssey 2.4 Prestige CVT (RC1) 2014
Honda Odyssey 2.4 Absolute+ AT (RB1) 2004 - Review by sandwich http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=20660
Mazda8 2.3 AT 2011 - Review by AD74YA http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=15483
Mitsubishi Grandis 2.4 GLS AT 2005 - Review by madcat015 http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=20499
Toyota Alphard 2.4 G Full Spec non ATPM (ANH20) 2014 - Review by madcat015 http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=20642



Image
Image
Image
Image

1. Exterior
Odyssey RC1 : proporsional... but chrome overkill...
Odyssey RB1 : Low slung MPV.... like station wagon...
Mazda8 : nggak terlalu low slung, nggak terlalu tinggi juga... dan penampilan yang simpel.. R3 KW8 :upss:
Grandis : Outdated... tapi masih cakep... mirip space shuttle
Alphard : Prestigious, without chrome overkill... simply elegant
Score : Alphard/RC1/RB1/Grandis/Mazda8

2. Interior, Features, Gimmicks, Functionality
Odyssey RC1 : tombol AC touch screen, cool! kamera canggih, cluster cakep, tapi too much plastics... dan beberapa gimmick kurang functional... malah yang fungsional kebanyakan disunat....
Odyssey RB1 : kokpit pesawat ruang angkasa... canggih, cluster mirip GE8, magical 3rd row seat, sangat membantu untuk menyulap mobil ini seketika jadi station wagon
Mazda8 : simple, functional, dan 3D cluster cakep. finishing interior juga rapi. fitur praktis memudahkan penumpang dan driver...
Grandis : kualitas dash agak kurang.... tapi standar mobil taun 2005 lah... can't say... finishingnya cukup rapi anyway...
Alphard : top notch.... first class on the ground... semua fitur standar penunjang kebutuhan para maharajas lengkap...
Score : Alphard/Mazda8/RB1/RC1/Grandis

3. Engine
Odyssey RC1 : low-end torque.... karakter enjin EarthDreams Ahond.... but not intimidating... tanpa suara VTEC yang menggugah...
Odyssey RB1 : high-output engine, real VTEC Powahhhhhh!!!!
Mazda8 : torsi kuat di putaran bawah....
Grandis : tenaga putaran atas mantap... bawah agak lelet
Alphard : Boyoooooo.....
Score : RB1/M8/Grandis/RC1/Alphard

4. Transmission
Odyssey RC1 : CVT... a little bit jerky, perpindahan gigi halus... khas CVT
Odyssey RB1 : 5-AT... penyaluran tenaga menyenangkan, perpindahan gigi sangat cepat
Mazda8 : 6-AT... perpindahan gigi menyenangkan... halus
Grandis : 4-AT... respon kickdown parah.... tapi manual-mode nya cukup menyenangkan
Alphard : CVT.... respon kickdown cukup baik, agak lemot di putaran bawah...
Score : RB1/M8/Grandis/RC1/Alphard

5. Comfort
Odyssey RC1 : bantingan stiff, terlalu reaktif.... jok sempit tapi material baik... kurang nyaman akibat ukurannya...
Odyssey RB1 : karakter bantingan stiff, tapi rebound nya lembut, nggak se-reaktif RC1... material jok cukup nyaman diduduki
Mazda8 : agak stiff, tapi nggak se-stiff RC1, captain seat, jok lebar dan besar dengan armrest segede gaban, nyaman diduduki...
Grandis : lembut... bound maupun rebound lembut.... normal seat, jok empuk dan nyaman
Alphard : sangat lembut.... captain seat nyaman, serasa di first class airplane....
Score : Alphard/Grandis/Mazda8/RB1/RC1

6. Noise
Odyssey RC1 : road noise parah..... masuk semua
Odyssey RB1 : kedap....
Mazda8 : cukup kedap....
Grandis : kedap....
Alphard : sangat kedap...
Score : Alphard/Grandis/M8/RB1/RC1

7. Handling
Odyssey RC1 : dull, zero steering feedback, bodyroll parah
Odyssey RB1 : Handling natural, steering feedback mantap, low bodyroll, as expected from a wagon
Mazda8 : handling natural, steering feedback cukup baik, low bodyroll
Grandis : handling cukup baik, steering feedback baik, low bodyroll, better than M8
Alphard : dull, zero steering feedback, bodyroll lebih parah dari RC1, sulit dikontrol
Score : RB1/Grandis/M8/RC1/Alphard

8. Pricing
Odyssey RC1 : trondol 600jeteng, prestige 700jeteng
Odyssey RB1 : DISCONTINUED
Mazda8 : 547jeteng
Grandis : DISCONTINUED
Alphard : vary on type... trondol ATPM 745jeteng.... fullspec IU 950jeteng
Score : Mazda8/RC1/Alphard

=====================

Sekian ripiu dan komparasi singkat ane... ripiu ini dibuat dengan se-objektif mungkin berdasarkan point of view dari ane... tanpa ada campur tangan dari pihak manapun :mky_03:

mohon maaf apabila ada kucing yang tersungging... eh tersinggung.... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by htannis »

wuih ada birdeye view, mau pasang ah buat di innova, keren. kemarin ketemu 2 rc1, yg satu silver, satu lagi putih, dari depan keliatan buset tuh grill ksatria baja hitam chrom itu bikin ane gampang mengenali sebagai odessey, pas lewat sambil liat ke samping, yg langsung tertuju, yah bener itu rel sampingnya, bikin jelek banget keliatan banget rel nya bikin bodynya kepotong
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote:uneg2 dikit
copas dri review mobilio om chris
ChZ wrote: yang menghancurkan ride nya cuma steering feedbacknya... tapi siapa peduli? orang beli LMPV buat dinikmati bareng keluarga, bukan buat cornering...
ane demen bngt kata2 bijak diatas nih :D

nah dgn RC1 ini :D
ChZ wrote:kekacauan nggak cuma di enjin.... setir ringan dan no feedback at all! membuat driving impression kacau.... nggak terasa kontak jalan sama sekali, seperti nyetir Nissan March meme ane.... bodyroll segambreng yang bikin serem
sebagai sama2 MPV apalagi uda naik kelas nih ke big MPV... apakah sebuah steering feedback jadi sgtu pentingnya jd masuk ke cons? *d mobilio g masuk cons*

soalnya klw jd driver mbl "normal".. mungkin yang diharepin isolasi kabin sebaik mungkin biar jalan jelek ga sampai kerasa di stir.. jd dampening di stir dibikin bagus biar lebih nyaman g cepet lelah.

mungkin klw critanya di mbl sport atw driver enthusiast car sih okelah memang hal yg sangat penting hehe :D

atw karna mobilio jauh lebih baik dri RC1?

imho aja sih... hehe :big_think:

seep good review kumplit as always mantep bro........
:beer:
ah ya.. thank you bro billy... :mky_02:

okay... ane mau ngasih pendapat dari sisi ane boleh ya....

kenapa steering feedback ane masukkan ke cons? karena mobil ini menyandang nama Odyssey.... dari generasi RA, Odyssey terkenal akan handling yang superb dan steering feedback yang natural....

ane nyetir RA6 temen ane, RB1 bro sandwich, feedback setirnya semua natural.... RC? sangat sintetik....

poin lain yang bikin steering feedback jadi concern ane :
- mobil ini bantingannya keras, nggak salah dong ane berharap handlingnya baik? nyatanya.............
- mobil ini punya paddle shift, jelas mobil ini "ada sedikit kecenderungan" ke arah driver oriented... plus posisi duduk driver yang sangat ergonomis.... kalo Ahond ga niat manjain driver, dia ga akan pasang paddle, dia akan pasang tiptronic di tuas tranny seperti Alphard....

jadi mobil ini nanggung, mau dibilang driver oriented, feel nyetirnya hambar.... mau dibilang passenger oriented... bantingannya keras....

Ane nggak protes steering feedback di Monyong kenapa.... IMHO... Monyong belum punya catatan sejarah sebagai MPV yang fun to drive.... plus.... bantingan Monyong cukup reasonable untuk kelas LMPV... jadi ane buang jauh-jauh harapan ane...

IMHO lagi, betul bro, seburuk apa feedback setir di RC? sampai pada poin feedback setir Monyong dan Brio terasa lebih natural....

RC bener-bener no feedback... Harrier ane feedbacknya masih lebih baik...

dari ripiu ini ane menyimpulkan, RC telah gagal meneruskan trah Odyssey sebagai MPV yang fun to drive... kalo mobil ini menyandang nama Alphard atau Elysion, ane nggak akan protes soal steering.... tapi Odyssey...? no... ane sebagai big fan of Odyss RB merasa sangat dikecewakan....

Odyss boleh naik kelas, tapi please, pertahankan nilai-nilai Odyss terdahulu... handling superb dan steering yang natural... karena 2 hal itu yang jadi ciri khas Odyss selama ini.... sekarang kalo Odyss kehilangan ciri khas, apa bedanya sama Alphard dan Elgrand?

just IMHO bro, :mrgreen:
Last edited by ChZ on Wed Apr 16, 2014 11:35, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by WongZo »

Klw power ma fcnya bagus mna sma alphard?
Mobil ni ad sunroof ga bro? Ga dibhas soalnya hahahha :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by ChZ »

jason28 wrote:Nice review kak chris :big_exellent:
Sebentar ane baca dulu :big_slap:


Setelah ane baca: Grill depan chrome ya banyak amat :big_chicken:
Dan sambutlah: Freed 700jt :mky_02:


:ngacir: :ngacir:
thankyou bro :mky_01:

kromnya emang sinting, overkill :big_slap:

yes... if u noticed it.... Freed 700jeteng...
ricz wrote:Nice review kak ChZ... Emang beneren penerus tongkat estafetnya moot kucing... :off_good_job:

Yes, gw setuju ama ente, RC1 ini udh kehilangan ciri khas Odysseynya, MPV low slung yg bisa menjadi sebuah sedan tapi tdk kehilangan sisi MPVnya... RB1 bener2 mencuri hati gue.. Dannn... dual tail pipesnya manaaa???

Tujuannya sih emang buat ngalahin Alphie, but, sorry Honda, you need to learn more from Alphard...


Legroomnya keterlaluan banget... Ngalah2in GL aja tuh klo ottoman engaged... Terus, roof monitornya pake py SWAN ICE kek di GL? :big_chicken:

Udh gitu build qualitynya ga istimewa... Hard plastik utk mbl 700 juta... :big_chicken:
thank you bro :mky_02:

nah ini yang ane jelaskan ke bro billy.... Odyssey sudah kehilangan jati dirinya sebagai MPV yang mampu memuaskan penumpang dan driver....

plus... bantingan RC ga lebih baik dari RB... which makes me think.... RB yang driver oriented aja bantingannya lebih lembut... terus RC orientasi kemana dong?

itu dia.... roof monitor kaya di GL??? ane ngeliat di Alphard bro ola, jauhhhhh lebih rapi dan solid... yg ini keliatan murahan banget :frm_bang_head:

yes... ane meratapi build qualitnya yang menyedihkan untuk mobil 700jeteng....
amfibi wrote:Nice review... :mky_03:

Ane cuma bisa tertawa dan meratapi... Ndak tau mau komen apa lagi :ungg:
thank you fib :mky_02:

sama fib... ane cuma bisa meratapi juga :ungg:
htannis wrote:wuih ada birdeye view, mau pasang ah buat di innova, keren. kemarin ketemu 2 rc1, yg satu silver, satu lagi putih, dari depan keliatan buset tuh grill ksatria baja hitam chrom itu bikin ane gampang mengenali sebagai odessey, pas lewat sambil liat ke samping, yg langsung tertuju, yah bener itu rel sampingnya, bikin jelek banget keliatan banget rel nya bikin bodynya kepotong
err iya... kameranya cukup canggih kaya alphard bro ola yang 950jeteng :mky_02:

rel samping... yang ane baru ngeh waktu tadi di briefing sama mod kucing.... awful :off_no:
WongZo wrote:Klw power ma fcnya bagus mna sma alphard?
Mobil ni ad sunroof ga bro? Ga dibhas soalnya hahahha :big_grin:
FC dan powahhh... err... ane lebih pilih RC kalo ini... Alphard powernya agak kurang... plus enjin belum DI...

ada sunroof bro... ane lupa tulis :mky_01: saking bersemangatnya bahas driving impression :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by amfibi »

Yg jelas, kalo msh mau kasih premium, pilihlah alphard... :mky_03:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by axala »

Sunatnya keterlaluan :frm_bang_head: :frm_bang_head:

hard black plastic.... :mky_04: nilai minus untuk lulus standart axala....and you know what? Ini tak lulus standart axala :big_smoking:

kenapa gak ngasi lumbar dengan ngasi memory....pemikirannya bagus sih.....tp kenapa kentara banget hasil sunatmya :mky_04:

no power back door, hasil sunat kelihatan,overpriced,plastic hard black,woodpanel keliatan murah,desain Copas,dual tail pipes hilang.....ini tidak lulus standart axala



*itu ada modkitty n om ola lg duduk2 dirow2 :mky_03: kapal induknya juga kelihatan :big_chicken:
Pursuit of Perfection
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by amfibi »

axala wrote:Sunatnya keterlaluan :frm_bang_head: :frm_bang_head:

hard black plastic.... :mky_04: nilai minus untuk lulus standart axala....and you know what? Ini tak lulus standart axala :big_smoking:

kenapa gak ngasi lumbar dengan ngasi memory....pemikirannya bagus sih.....tp kenapa kentara banget hasil sunatmya :mky_04:

no power back door, hasil sunat kelihatan,overpriced,plastic hard black,woodpanel keliatan murah,desain Copas,dual tail pipes hilang.....ini tidak lulus standart axala



*itu ada modkitty n om ola lg duduk2 dirow2 :mky_03: kapal induknya juga kelihatan :big_chicken:
Udah gimmick ga lulus standart axala...

Driving impression ga lulus standart bro chris & mahakitteh...

Apa apaan ini... :upss:
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by jason28 »

axala wrote:Sunatnya keterlaluan :frm_bang_head: :frm_bang_head:

hard black plastic.... :mky_04: nilai minus untuk lulus standart axala....and you know what? Ini tak lulus standart axala :big_smoking:

kenapa gak ngasi lumbar dengan ngasi memory....pemikirannya bagus sih.....tp kenapa kentara banget hasil sunatmya :mky_04:

no power back door, hasil sunat kelihatan,overpriced,plastic hard black,woodpanel keliatan murah,desain Copas,dual tail pipes hilang.....ini tidak lulus standart axala



*itu ada modkitty n om ola lg duduk2 dirow2 :mky_03: kapal induknya juga kelihatan :big_chicken:
Sunatnya sampe habis ya? :upss:

:ngacir: :ngacir:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by madcat015 »

Bah... gagal pertamax... :frm_bang_head: keduluan piyikz hiperaktif :ngacir:

Perkenankan nubie menambahkan sepotek dua potek kata di ripiu yang sangat elusive ini... Meleset terus unit TD nya... :ungg:

===============================

Eksterior-interior ane ga bakal bahas... sudah dijelaskan dengan panjang, lebar, tinggi, dan bundar oleh bro ChZ...

===============================

Me as a mahakitteh... on a spaceship plumetting 50million kmph to nearby star...


Kenapa...?

Bro ChZ sinting bener nyetir nya...

Image



Image


Di saat ane lagi menikmati sempit dan ribetnya kursi baris kedua yang digadang2 Honda sebagai creme de la creme dari Odyssey RC1 ini, dia malah flat out ngehajar polisi tidur...

Dan... ane bengong. :big_chicken:

Busyet dah, keras banget pantulannya. Sangat reaktif, mirip Evoque dengan ban RFT nempel di velg 20inch dan suspensi kaput. Ane segera memberikan perintah ke bro ChZ...

"Cari lubang jalan terdekat dan hajar" :big_smoking:

Nah, berhubung lubang yang dituju belum ada, bro ChZ menjalankan mobil secara medium... road noise dari ban naujubileeeeeeeee... benar2 jelas terdengar. Padahal ane di row 2... :frm_bang_head:

Akhirnya dia mendapatkan lubang: "Fire in da friggin hole!" :big_smoking:

Bunyi yang ane takutkan terjadi "JedUAAAAK!" *meeeeAUUUUW!*, asyem... ini suspensi keras bener, apa di isi beton cair sama Honda ya... Belum lagi ane merasakan badan rontok... Kursi baris kedua kurang nyaman. Ane dengan panik mencari hand rail di atap. Nah, ada... Ternyata, ditempatkan di dekat pillar C... Sangat tidak ergonomis karena bahu akan tertarik ke belakang...

Good for bondage activities, not good for not-bondage-activities pun di dukung oleh rear curtain manual yang per nya bener2 kencang. :mky_03:

Image

Dan dengan segera, ane menggunakan PLAN B: Arm rest engaged... dan ane segera terharu dengan ukurannya... kecil sekali... punya M8 aja lebih gambot dan tebal... Honda, akhirnya ente bisa diet ketat di mobil juga...


Body roll mengerikan saat bro ChZ mengetes manuver mobil ini di jalan basah dengan DSC OFF, jadi di RC1 ane digoyang ke kanan-kiri dan dibanting ke atas bawah. Sebenarnya ane uda liat tiga biji RC1 melesat di jalan dan dari hentakan body yang memantul, ane uda curiga: Bakal tersiksa nih...

Tetapi ane dibungkam teman2 KuSeM atas dasar "Obyektivitas" :ungg:


==========================================

Me as a pilot... on a spaceship losing control and plumetting 50million kmph to nearby star.


Begitu bebeem dari bro sandwich tiba "Ane uda di TKP", ane segera bersabda ke bro ChZ...

"Jemput dia bro... dan setelah nya, ane yang nyetir" :big_smoking:

Setelah berhenti dan kekacauan PSD terjadi *sensor mabok*, plus suara mendengung PSD yang lebih merdu dari sekawanan lebah yang murka, akhirnya ane berada di kursi pengemudi...

Speedo meter sangat terinspirasi CRZ... tapi membosankan... Baru 5 detik dan ane uda malas melihat speedometer tersebut. :e-snooty:

Image

Touchsensitive AC console is good, tapi rasanya butuh waktu lebih untuk benar2 bisa mengoperasikan dengan baik. Ah, akhirnya ada yang bisa memberikan impresi bagus ke ane setelah 100 ton chrome bertebaran di eksterior mobil... :off_good_job:

Segera ane engage ke D, torsi mengalir ke transmisi dan menggerakkan mobil. Hmmm... cukup menjanjikan... hingga ane memutar setir...


Hambar. Tidak ada feedback... tidak ada bobot sama sekali, tidak ada resistensi setir untuk mengembalikan dirinya ke posisi normal, tidak ada komunikasi... ane benar2 diberangus di dalam mobil ini. :frm_bang_head:

Rem bagus, layaknya mobil CBU, tenaga diberikan secara gradual ke kaliper dan disc... meski dengan spek di atas M8, cukup menyedihkan melihat rem belakang yang kecil dan solid disc. Come on! M8 aja dikasi stopping power segede gaban.

Respon mesin cukup baik, tapi rintihan PiTeK Earth Dreamsnya benar2 lirih... jelek bener... Kayak mesin perasan tebu... Transmisi CVT nya cukup baik mengolah torsi tapi ya itu... Ada perbedaan besar antara CVT Odyss RC1 dan Suzuki Swift Sport dan Subaru Forester 4th gen: CVT RC1 benar2 membosankan. :off_no:

Untungnya, ane segera bermain dengan blindspot monitoring... berharap ada icon segede gaban muncul di ujung spion... dan ini yang ane dapatkan...

Image

Icon sebesar kutu obesitas. :big_slap: :big_slap: :big_slap:



Nah, ane mencoba menambah kecepatan secara gradual, sementara bro ChZ mengganggu konsentrasi ane dengan berdiri dan berpindah2 dari row 2 ke row 3... Setir terasa sedikit lebih berat, tetapi that's it! Hanya itu aja.

Tetap hambar sehambar air tawar murni dari kran ledeng PDAM. Owh, itu pun masih lebih baik, ada rasa tajam kaporit, mineral berbahaya, dan aroma racun penjernih air. :ngacir:

Dan saat ane mengerem di tengah kemacetan, transmisi jerky... bergetar hebat. Ane benar2 tersiksa sepanjang TD ini. Ini TD paling tidak menyenangkan yang ane lakukan karena ane harus menjaga mulut ane untuk tidak memberikan satu komentar pedas sepatah kata pun...

This is my meditation and my medication! :mky_05:

==========================================

Nah, pas balik ke TKP, ada suksuk yang sedang melototin ni unit TD... ahhhh... rupanya dia jg mw TD... :mky_03:

S: "Nyo, gimana Odyssey"
M: "Errr... cukup"
S: "Nyaman, nyo?"
M: "Cukup suk, cuman kursi baris kedua agak sempit dan ane pilih mobil itu untuk urusan nyaman"
*engaging powerlift gate kapal ane yang berada 8 meter jauhnya*
S: "Wuah, 7 seater mobil mu?"
M: "Yep, 7 seater suk"
S: "Odyss elektrik pintu bagasinya?"
M: "Nope... manual suk"
S: "Berapa cc itu Mazda?"
M: "2300cc, 5 AT geared"
S: "Kencang?"
M: "Powerful di putaran bawah, bagus untuk MPV"
S: "Irit?"
M: "Masih lebih irit Odyssey kayaknya suk, CVT dan EarthDreams enjin"
S: "Jadi?"
M: "Saya masih lebih pilih Mazda8. Jauh lebih fun dan praktis"

=========================================

.......................... *tarik nafas... minum air... lanjut ngetik Constructive Feedback*

Image

:ngacir:

=========================================

Nah, saking isengnya, ane membawa kapal induk ane ke tempat spooring favorit ane...

Buat cek suspensi belakang... :mky_03:

Image

Independent Multi Link System vs Torsion Beam Odyssey RC1... :big_chicken:

Image

Dan parts dari FoMoCo = Ford... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Image

==========================================

Final verdict...


Nope. Not a driver's car. Not a Honda freaks car. Not on my book and i will forget this car within one day.

Not even fit to carry Odyssey name on it's butt. This is not Odyssey as i know.

Untung nya, bro sandwich mengajak ane TD RB1 Absolute+ nya... what a dream comes true... A lot better car than RC1. :cupss:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by VanzMatic »

700 juta... bukan uang buat play play, offcourse.. Kalau saya ada duit segitu, lebih baik saya spend untuk beli rumah. Tapi, bagi orang yg duit segini banyak untuk beli mobil, tentunya properti dia yang lain semisal aktiva tetap, biasanya ada di angka 4-5M. Much zeros than I could expect.
Adalah wajar kalau yang punya duit segini, ingin beli kendaraan untuk keluarga, expect more, apalagi contender selama ini bertahta, bisa memberi lebih.

Tapi mengapa Odyssey seperti menganggap biasa aja duit 700 juta seorang pelanggan dengan memberi yang seperti ini..?

Sangat disayangkan...


Just...IMHO...
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
mbahgeyot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Wed Dec 19, 2012 5:11

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by mbahgeyot »

Makasih banyak review informatifnya...

btw oot (soalnya mazda8 ikut disebut2 juga) barusan liat mazda8 mantep di permai****...

Image

:big_exellent:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by amfibi »

*brb buang RC1 dari subfolder dream car dalem hdd* :ngacir:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by madcat015 »

mbahgeyot wrote:Makasih banyak review informatifnya...

btw oot (soalnya mazda8 ikut disebut2 juga) barusan liat mazda8 mantep di permai****...

Image

:big_exellent:
Gpp om... no problemo...

Sebenarnya, Mazda8 dan Grandis dan RB1 jadi control benchmark... ga bakal dibikin head to head vs RC1.

Yg layak adalah RC1 vs ANH20. Ternyata control benchmark malah memberikan impresi yg lebih baik dari benchmark utama RC1.

Ane cukup tersentak karena hal ini... :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by jason28 »

ChZ wrote: ane dari awal berusaha mencerna tampilan depannya, but no... this is overkill.... Alphard jauh lebih baik soal pendekatan tampilan depan... Ahond terlalu memaksakan "Exciting H Design!!!" untuk diterapkan di Odyssey... sampe harus memasukkan krom segede gaban itu....

Image
Tampak sampingnya better.... keliatan elegant, dengan pendekatan beberapa garis agresif yang bikin tampak sampingnya nggak bosenin.... plus velg 17" berdesain menarik.... kekacauan di desain samping ini adalah : krom tipis memanjang dari kap sampe belakang.... overkill sekali lagi....
Itu dua sepuh sm didalem lagi ngapain ya? :mky_03:

:ngacir: :ngacir:
Last edited by jason28 on Wed Apr 16, 2014 13:48, edited 1 time in total.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by amfibi »

madcat015 wrote:
mbahgeyot wrote:Makasih banyak review informatifnya...

btw oot (soalnya mazda8 ikut disebut2 juga) barusan liat mazda8 mantep di permai****...

Image

:big_exellent:
Gpp om... no problemo...

Sebenarnya, Mazda8 dan Grandis dan RB1 jadi control benchmark... ga bakal dibikin head to head vs RC1.

Yg layak adalah RC1 vs ANH20. Ternyata control benchmark malah memberikan impresi yg lebih baik dari benchmark utama RC1.

Ane cukup tersentak karena hal ini... :ungg:
M8 nya CAKEP GILAAAA :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Honda Odyssey 2.4L Prestige CVT (RC1) 2014

Post by HouseOfDetailing »

Akomodasi gw ngga yakin RC1 menang dari saudaranya sendiri,The StepWGN :ngacir: