(ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by walid_007 »

Oh iya mesin kijang kok ada 2 macam ya k series


Ada yang harus stel klep, ada yang ngak pake setel , itu apa bedanya dan istilahnya
engine roaring!
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by octafiantos »

walid_007 wrote:Oh iya mesin kijang kok ada 2 macam ya k series


Ada yang harus stel klep, ada yang ngak pake setel , itu apa bedanya dan istilahnya
5K dan 7K?
Udah pake Hydraulic Lift Adjuster? Itu bukan ya mksudnya.

Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by newrubble »

K dan F series dibuat dgn basic construction hurricane n flathead engines...technically low compression, low maintenance, low tech, built to last
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by lemonadelovers »

marmut wrote:
lemonadelovers wrote:ttg kijang kapsul, ada yg punya pengalaman ganti final gear dengan yg "lebih halus" gak perbandingannya, pengen ganti biar lebih nambah top speednya n irit bbm pas cruising coz mobil jg jarang dipake sampe full penumpang, butuh referensi bengkel yg bsa coz pemasangannya harus presisi (lokasi jabodetabek)

makasih
top speed sekarang berapa? trus mau dinaikin jadi berapa?
pengen top speed nambah bukan asal ganti final gear dengan yang lebih kecil, tapi harus diitung juga gear ratio yang di gearbox. memang gampangnya cuma ganti final gear, tapi kalo ternyata salah atau kekecilan, yang ada akselerasi jauh berkurang dan akhirnya bensin yang keluar jadi lebih banyak untuk mencapai top speed.
kalau mau nambah top speed dan irit bensin, ganti gearbox yang perbandingan 5th gear-nya lebih kecil. plus memaksimalkan pengapian dengan cara ganti kabel busi dengan yang tahanannya maksimal 1KΩ/ft atau sukur-sukur tanpa tahanan dan ignition coil ganti dengan yang high output.
top speed ga tau brp :big_peace: tujuannya jg pengen lbh nyaman aja, kayaknya baru bentar di gigi 1 ud minta ke gigi 2, napasnya kependekan krna rasio final gear dan klo jln kenceng mesin rasanya ud teriak klo diganti final gear harapannya kecepatan sama dengan rpm lebih rendah..

btw ada yg punya perbandingan gigi 1 - 5 kijang lgx efi 2001, mau pake simulasi d website ttg gear ratio thd perubahan final gear tp blm punya datanya nih..

makasih
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by marmut »

ga usah sok aksi ganti final gear atau gearbox, benerin sistem pengapian dulu. itu juga udah cukup bikin napas jadi agak panjang. trus ganti viscous fan jadi electric fan biar lebih enteng beban mesinnya dan saat RPM tinggi nggak teriak lagi.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by walid_007 »

Ganti 1rz-e makannya

:ngacir:
engine roaring!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by Turboman »

Kalo ganti FG dgn yg rasio lebih kecil / lebih deket ke 1, nanti saat stop n go ada resiko lebih berat nariknya.

Utk mesin Gasoline mesin std mending rasio gigi std aja lah

Lebih baik priroritaskan utk lakukan penyehatan mesin / ganti karet2 pintu dan jendela spy kekedapan spt baru kembali, mesin di Carbon Clean dll & gunakan oli mesin yg bagus.

Lain ceritanya kalo Ipah D4 D M/T yg dah masuk 170 Hp - 400 Nm / above trus ganti FG pakek yg Matic punya (closer to 1) gak akan masalah saat stop & go karena Torsi-nya sudah berlimpah
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: (ASK) Kijang kapsul 7K berisik dipagi hari

Post by newrubble »

tdk usah di ubah ubah

naikkan ke flatbed kenworth k100e yg banyak di tanjungpriok n truck itu bisa lari 150km