ASK (BIKERS): memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

ASK (BIKERS): memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by ALX7 »

Hallo rekan2 SMer's, para bikers khusus nya...

Saya mau nanya nih, biasa nya apa yg rekan2 lakukan klo misal ditengah jalan lg kecepatan sedang-tinggi dan sedang berada dijalur tengah ato kanan tiba2 motor mengalami masalah, misal ban tiba2 bocor, rantai putus ato pun mesin tiba2 mati... bagaimana memberitahukan pengendara di belakang kita kalo motor sedang mengalami masalah sehingga pengguna jalan dibelakang bisa tau dan mengambil jarak/menghindar...

Cerita kejadian yg barusan terjadi,
Abis jemput balita saya pulang sekolah pake motor, saya selalu ambil jalur kiri dengan kecepatan sedang. Nah ada rute dimana saya harus melintasi jalan protokol dan saya harus mengambil putar balik kanan, nah ketika menjelang putaran balik kanan dan memang saya sudah berada dijalur kanan dengan kecepatan sedang-tinggi dengan lampu sign kanan menyala, tiba2 ban bocor(yg setelah dicek ternyata sambungan pentil sobek). kondisi cukup ramai dgn mobil2, saya merasa kondisi tidak memungkinkan utk meneruskan putaran balik baru menepi, akhirnya saya memelankan motor dan berusaha utk kembali kejalur kiri... Pengendara mobil yg tepat dibelakang saya untung nya mengerti ketika saya memelankan kendaraan dan ketika saya berusaha utk pindah ke jalur tengah pun dia tidak memburu2i saya (thanks to the driver), namun yg sedikit sulit ketika sudah dijalur tengah dan kiri, mungkin penggguna jalan tidak tahu apa yg sedang saya alami, mereka enggan memberi jalan bahkan mengklakson seolah2 saya motong jalan tanpa aturan sehingga membuat balita saya kaget dan takut..
Tp akhir nya saya berhasil menepi kembali ke jalur kiri utk cari tambal ban...

So, balik ke pertanyaan...
Mohon masukannya...
Thanks sebelumnya :big_peace:
I am a Driver... not a Racer...
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by liep »

pengalaman klo ban bocor tiba2 sih motor ud oleng kiri kanan g karuan om klo kcepatan tinggi, ud g sempet mikir ngasih tanda, motor bisa stabil aj ud bagus ga jatuh, hehehe...
klo ane dulu biasae klo mau rem ndadak, ane tekan2 rem tangan klo motor laki, spy lampu merah belakang ketip2, kyk emergency lamp di mbl, ama klakson putus2 klo perlu spy mbl/mtr blakang jg awas

oh iya om, klo bw balita ap g mending ditali ake slendang ato smacam itu om, bahaya kelempar klo pas motor oleng, ksian dan bahaya

tambahin sirkuit modul lampu aj om klo mau model emergency, hehe...
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by newrubble »

sy seumur sampai skrg blm pernah naik motor n tdk bisa...meski dulu punya 1989 suzuki bandit gsf-400. yg ini dy ydk tau apa ada hazard switch?

tapi yg sy tau jaman th 1972-76 motor motor supir supir sy, honda c70 (with front basket); c90 ada hazard switch krn sering sy aktif kan saat main main n naik keatas motor
baruhut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Jun 05, 2012 5:49

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by baruhut »

IMHO, kasih sein kiri + lambaian tangan kiri sambil melipir sangat pelan2...
ada cerita unik waktu jam pulang kantor, sepanjang jalan bareng motor yg nyalain lampu hazard. kayanya banyak pengendara motor kesel juga karena bikin rancu karena jalannya juga selap selip. trs waktu jalan agak macet ada motor lain yg maksa minggir trs dimarahin dah tuh karena lampu hazardnya. kayanya sih yg berentiin member HTML.
sebetulnya bagus ada inisiatif modif bikin lampu hazard dimotor cuman jadi miris liat lampu hazard disalahgunakan. dan gak yakin juga pengendara lain akan aware ketika lihat ada kendaraan dengan lampu hazard.
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by liep »

imho, prasaan klo lg nyetir, ap lg kondisi agak basah, yg namanya ban bocor itu akan bikin motor g karuan jalannya, oleng kiri kanan, dipegang tgn 2 aj msh oleng, gmana bisa lepas tgn buat kasih lambaian??? bisa gubrak, malah diinjek dilindas motor mobil dr belakang....bahaya, ap lg bw balita yg g dislendang ato diikat ke badan kita, byk anak kecil ngantuk pas naik mtr, itu goyangan pertama pas ban meletus ud cukup buat nglempar balita tsb kemana mana, saya bisa 2x nulis oleng krn emang ngalami sendiri uda goyang2 ga karuan, kondisi saya lg dibonceng, saya yg dewasa aj ud hampir kelempar apalagi balita, untung saya bilang tmen saya, "tenang jgn panik, pegang stir kenceng arahkan lurus", jgn belokkan stir, bahayaaaaa brooooo, lha stir lurus aj ud goyang, kok malah tgn satu dilepas buat melambai2, hehehe, ap lg pake acara melambai dan melipir pelan2, nunggu motor stabil dan pelan dulu intinya, br mikir melambai ato belok dll

btw klo khasusnya sambungan pentil robek sih, motor msh geraknya stabil om, krn kempesnya pelan2, yg g bisa diatur itu biasanya klo meletus tiba2, nah yg bginian ini g bisa dtebak arah motor mau lari kemana, goyang dombret bgt

ane ud kira2 5thn lebih g naik motor, pernah naik motor laki nyoba punya tamu, eh tyt jalan di perum aj uda takut meski pelan hehe, brasa tinggi dan kena angin ud takut, ap lg as belok, kagok amat..1 lagi adl dr dulu ane doyan ngebut naik mtr jg g takut, tp klo dbonceng org ane malah tuakut banget hehe
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by Felixz_Yaris »

ane ga bs naek motor... tp kl bokap lg nyetir motor pake lambaian..

ga usa macem gt om.. wong lampu jelas jelas masi kuning, ane diklakson2..
kl uda gitu bikin emosi sekalian, pas uda ijo pelanin mobil. sampe mau merah lg tancep gas :big_biglaugh:
ato belakangan ini, ada klakson2 aneh macem gt dan motor2 ababil.. burnout ban :big_smoking: btw thx tutorialnya ricz and madcat

dont try at home.. di jalan kl bisa :ngacir:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by ALX7 »

liep wrote:pengalaman klo ban bocor tiba2 sih motor ud oleng kiri kanan g karuan om klo kcepatan tinggi, ud g sempet mikir ngasih tanda, motor bisa stabil aj ud bagus ga jatuh, hehehe...
klo ane dulu biasae klo mau rem ndadak, ane tekan2 rem tangan klo motor laki, spy lampu merah belakang ketip2, kyk emergency lamp di mbl, ama klakson putus2 klo perlu spy mbl/mtr blakang jg awas

oh iya om, klo bw balita ap g mending ditali ake slendang ato smacam itu om, bahaya kelempar klo pas motor oleng, ksian dan bahaya

tambahin sirkuit modul lampu aj om klo mau model emergency, hehe...
liep wrote:imho, prasaan klo lg nyetir, ap lg kondisi agak basah, yg namanya ban bocor itu akan bikin motor g karuan jalannya, oleng kiri kanan, dipegang tgn 2 aj msh oleng, gmana bisa lepas tgn buat kasih lambaian??? bisa gubrak, malah diinjek dilindas motor mobil dr belakang....bahaya, ap lg bw balita yg g dislendang ato diikat ke badan kita, byk anak kecil ngantuk pas naik mtr, itu goyangan pertama pas ban meletus ud cukup buat nglempar balita tsb kemana mana, saya bisa 2x nulis oleng krn emang ngalami sendiri uda goyang2 ga karuan, kondisi saya lg dibonceng, saya yg dewasa aj ud hampir kelempar apalagi balita, untung saya bilang tmen saya, "tenang jgn panik, pegang stir kenceng arahkan lurus", jgn belokkan stir, bahayaaaaa brooooo, lha stir lurus aj ud goyang, kok malah tgn satu dilepas buat melambai2, hehehe, ap lg pake acara melambai dan melipir pelan2, nunggu motor stabil dan pelan dulu intinya, br mikir melambai ato belok dll

btw klo khasusnya sambungan pentil robek sih, motor msh geraknya stabil om, krn kempesnya pelan2, yg g bisa diatur itu biasanya klo meletus tiba2, nah yg bginian ini g bisa dtebak arah motor mau lari kemana, goyang dombret bgt

ane ud kira2 5thn lebih g naik motor, pernah naik motor laki nyoba punya tamu, eh tyt jalan di perum aj uda takut meski pelan hehe, brasa tinggi dan kena angin ud takut, ap lg as belok, kagok amat..1 lagi adl dr dulu ane doyan ngebut naik mtr jg g takut, tp klo dbonceng org ane malah tuakut banget hehe
Saya pernah ngalami putus rantai trus rantainya nyangkut di gear belakang sampe2 roda belakang ga bisa bergerak, sblm2 nya udah tanda2 tiba2 ada sentakan dikit di rantai, jd nya jalan pelan2 sambil nyari bengkel eh tau2 udah putus duluan, untung nya lg sendiri dan untung nya mobil dibelakang ada jarak dan mungkin kaget juga liat/denger decitan ban motor :e-pray:

Trus pernah lagi, naik motor kurir yg ga dicek kesehatannya, kondisi nya mau ambil jalur kanan utk putar balik juga, kecepatan tinggi eh tau2 mogok, untung nya kondisi malam,ga terlalu ramai dan udah mau sampe rumah. besok nya pas dicek eh ternyata oli mesin cuma sisa segelas air mineral... :frm_bang_head:

Klo ban tiba2 kempes krn paku gede ato sambungan pentil sobek sih lumayan cepet juga kempes nya, klo ban depan yg kempes jgn pake rem depan, begitu pula sebaliknya, klo memungkinkan ya turunin kaki utk jaga keseimbangan... untung nya saya klo bawa motor apalagi lg boncengin orang(khususnya balita saya) ga pernah nama nya kebut selap selip ala ABG alay baru punya motor, jd msih bisa kendalikan kecepatan dan motor..
baruhut wrote:IMHO, kasih sein kiri + lambaian tangan kiri sambil melipir sangat pelan2...
ada cerita unik waktu jam pulang kantor, sepanjang jalan bareng motor yg nyalain lampu hazard. kayanya banyak pengendara motor kesel juga karena bikin rancu karena jalannya juga selap selip. trs waktu jalan agak macet ada motor lain yg maksa minggir trs dimarahin dah tuh karena lampu hazardnya. kayanya sih yg berentiin member HTML.
sebetulnya bagus ada inisiatif modif bikin lampu hazard dimotor cuman jadi miris liat lampu hazard disalahgunakan. dan gak yakin juga pengendara lain akan aware ketika lihat ada kendaraan dengan lampu hazard.
Eh bener juga, klo punya lampu hazard bisa2 disalah gunakan, sms/telp an sambil bawa motor dgn lampu hazard menyala, nyari/nunggu parkir, nunggu jemputan dll :big_biglaugh:
Td saya juga gitu, kasi sign kiri, melipir pelan2 sambil kasi lambaian tangan, ada pengguna jalan yg santun ngerti kode saya, lainnya macam angkot, supir box dan supir2 pribadi ga ada istilah santun.. :mky_06:
newrubble wrote:sy seumur sampai skrg blm pernah naik motor n tdk bisa...meski dulu punya 1989 suzuki bandit gsf-400. yg ini dy ydk tau apa ada hazard switch?

tapi yg sy tau jaman th 1972-76 motor motor supir supir sy, honda c70 (with front basket); c90 ada hazard switch krn sering sy aktif kan saat main main n naik keatas motor
Thn 1972 om NR umur berapa? anak2 saya klo mainin motor saya juga yg mainin lampu sign sambil belok2in setang, mungkin klo masih anak2 tertarik sama nama nya lampu kedap-kedip gitu yah... saya juga gitu waktu kecil :big_biglaugh:
I am a Driver... not a Racer...
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by djia »

meskipun mungkin jarang terjadi, tapi rumit juga ya case nya om alx, apalagi bawa balita.

kalo kejadiannya pas di jalanan semacam di bypass kota besar tentu cukup bingung & berbahaya dlm kondisi tsb. bahaya lebih besar justru bukan dari mobil2 yg di belakang karena biasanya mereka lebih aware & stabil dari jarak jauh, tpi justru dari para pengendara motor lain terutama kalo pengendaranya ababil yg suka ngebut n selap-selip.

kalo saya dlm posisi tsb mungkin bakal pasang sein kiri sambil aba2 tangan & jalan pelan2, atau sekalian turun dari motor & dituntun motornya. krn motor2 itu ga ada lampu hazardnya.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by newrubble »

th1972 sy umur 4th n pernah satu occurrence sy (ini th 73) masukan reverse gear WLA dinas satu supir sy n. ..motor spt loncat loncat ke arah blakang (sedang engine warm up) sebelum masuk sw.pool blakang rumah...tdk dalam cuma 1m tapi cukup bikin satu pool harus dia buang air nya n perlu satu gaz69 utk tow harley up...berat krn zijspan juga ikutan masuk (sy naik dr situ)
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by liep »

iya om alx7, sjak marid, ane ud g naik mtr lg, ap lg naik bw bayi, hehe, rante putus+paku+ban mletus, jatuh ujan/kering, nglindas org plus spedanya, tabrakan sd gletak di bwh mbl di depan ban depannya jg ane pernah, dipotong org lain sampe guling2 lawan arus jg nah, nendang mbl org sambil naik kencang krn dipepet pnah jg, nantangin org yg klakson2, susah duka naik motor ujan panas g tergantikan, skrg klo naik mbl, ane br sadar btapa dulu ugal2nya ane pas naik motor krn liat anak2 skrg nyetir bleyer ga dll, g ad apa2nya dg ane dulu, skrg ud tobat om, g brani naik mtr lg, hehe, jd pnakut
yg lg ane mau ilangin ini kbiasaan ngebut naik veloz,susah amat yaakkk ngilanginnya, tarikan dan suara geraman veloz ini mirip motor soalnya pas naik dan turun gigi+engine brake, hehe
om klo bawa balita, saran ane yg sangat prihatin, tlg anaknya pakein slendang iketin badan om, ksian pas ngantuk dll
ane sendiri krn ud pnah susah naik mtr, pas sengebut2nya ane, klo ad kluarga naik mtr bw balita ato anak, ane akan sabar nungguin mreka lewat cari celah utk tarik gas tanpa klakson, ane cuma ga mau anaknya kaget ato bapaknya kaget, sjauh ini prinsip ini g pnah ane langgar
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by ALX7 »

djia wrote:meskipun mungkin jarang terjadi, tapi rumit juga ya case nya om alx, apalagi bawa balita.

kalo kejadiannya pas di jalanan semacam di bypass kota besar tentu cukup bingung & berbahaya dlm kondisi tsb. bahaya lebih besar justru bukan dari mobil2 yg di belakang karena biasanya mereka lebih aware & stabil dari jarak jauh, tpi justru dari para pengendara motor lain terutama kalo pengendaranya ababil yg suka ngebut n selap-selip.

kalo saya dlm posisi tsb mungkin bakal pasang sein kiri sambil aba2 tangan & jalan pelan2, atau sekalian turun dari motor & dituntun motornya. krn motor2 itu ga ada lampu hazardnya.
Betul banget...
Kejadian sambil bawa balita sih baru kli ini terjadi, biasa nya pas apes klo lagi sendiri...
Klo kemarin saya turun dari motor spt nya agak sulit soalnya balita saya jd ga ada pegangan,dan klo dituntun kan otomatis posisi saya disebelah kiri motor sedangkan saya dijalur kanan, takut nya badan saya malah disambar mobil/motor belakang...
liep wrote:iya om alx7, sjak marid, ane ud g naik mtr lg, ap lg naik bw bayi, hehe, rante putus+paku+ban mletus, jatuh ujan/kering, nglindas org plus spedanya, tabrakan sd gletak di bwh mbl di depan ban depannya jg ane pernah, dipotong org lain sampe guling2 lawan arus jg nah, nendang mbl org sambil naik kencang krn dipepet pnah jg, nantangin org yg klakson2, susah duka naik motor ujan panas g tergantikan, skrg klo naik mbl, ane br sadar btapa dulu ugal2nya ane pas naik motor krn liat anak2 skrg nyetir bleyer ga dll, g ad apa2nya dg ane dulu, skrg ud tobat om, g brani naik mtr lg, hehe, jd pnakut
yg lg ane mau ilangin ini kbiasaan ngebut naik veloz,susah amat yaakkk ngilanginnya, tarikan dan suara geraman veloz ini mirip motor soalnya pas naik dan turun gigi+engine brake, hehe
om klo bawa balita, saran ane yg sangat prihatin, tlg anaknya pakein slendang iketin badan om, ksian pas ngantuk dll
Thanks buat perhatiannya om liep, saya pernah coba diselendangin tp spt nya balita ane ga nyaman, jadi ya paling bawa nya hati2 banget aja sih, paling klo mau putar arah kecepatan agak cepat biasa nya saya bilang jg ke balita utk pegangan/peluk erat dan ga bole main2, so far sih dia nurut, maka nya saya berani bawa balita saya itu naik motor krn lumayan nurut..
Klo balita ane sih sebenernya ga masalah mau naik motor ato mobil, cuma klo diantar jemput pake mobil itu kendala nya dilahan parkir sekolah aja yg terbatas dan macet didepan sekolahan, klo naik motor lebih efisien krn lebih cepat nyampe dan ada lahan parkir...
liep wrote: ane sendiri krn ud pnah susah naik mtr, pas sengebut2nya ane, klo ad kluarga naik mtr bw balita ato anak, ane akan sabar nungguin mreka lewat cari celah utk tarik gas tanpa klakson, ane cuma ga mau anaknya kaget ato bapaknya kaget, sjauh ini prinsip ini g pnah ane langgar
Nah yg spt ini perlu dicontoh, menghargai pengguna jalan... :big_exellent:
Semoga makin banyak pengendara yg spt om liep :e-pray:
Tp ironis nya saya sering banget lihat pengendara lg bawa anak kecil terobos lampu merah, lawan arus... mungkin yg bawa motor bukan bapaknya kli yah :mky_04:
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by marmut »

Jaman sekarang agak susah ngarepin pengemudi/pengendara yang ngerti tata tertib dan mau tenggang rasa.
Saya pernah berhenti di bahu jalan tol untuk memeriksa mesin yang tiba-tiba ngadat saat macet, sudah berhenti seminggir-minggirnya paling pinggir kiri dan nyalakan lampu hazard, tetep ada ada beberapa pengemudi yang klakson-klakson dari belakang (melewati bahu jalan) karena merasa jalannya terhalang oleh mobil saya.
Paling ampuh ya berdoa saja sama Yang Maha Kuasa sebelum keluar rumah dan selama di perjalanan....
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by marmut »

Bukannya ngarepin kejadian lagi, tapi andaikata SMers ngalamin kejadian persis seperti oom ALX, tetap di lajur kanan aja. Posisikan motor dengan standar berdiri dan SEGERA pindahkan diri sendiri beserta penumpang yang kita bawa ke tempat yang aman. Dalam kasus oom ALX tempat yang cukup aman dan paling dekat saat itu adalah pembatas jalan.
Setelah itu baru bertindak mencari pertolongan.
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by ALX7 »

marmut wrote:Bukannya ngarepin kejadian lagi, tapi andaikata SMers ngalamin kejadian persis seperti oom ALX, tetap di lajur kanan aja. Posisikan motor dengan standar berdiri dan SEGERA pindahkan diri sendiri beserta penumpang yang kita bawa ke tempat yang aman. Dalam kasus oom ALX tempat yang cukup aman dan paling dekat saat itu adalah pembatas jalan.
Setelah itu baru bertindak mencari pertolongan.
Kebetulan pas kemarin tpi paling kanan adalah separator busway... untung nya lgi ga ada yg lewat, lumayan juga kena hembusan anginnya klo lewat :mky_05:
marmut wrote:Jaman sekarang agak susah ngarepin pengemudi/pengendara yang ngerti tata tertib dan mau tenggang rasa.
Saya pernah berhenti di bahu jalan tol untuk memeriksa mesin yang tiba-tiba ngadat saat macet, sudah berhenti seminggir-minggirnya paling pinggir kiri dan nyalakan lampu hazard, tetep ada ada beberapa pengemudi yang klakson-klakson dari belakang (melewati bahu jalan) karena merasa jalannya terhalang oleh mobil saya.
Paling ampuh ya berdoa saja sama Yang Maha Kuasa sebelum keluar rumah dan selama di perjalanan....
Betul, maka dari itu kita harus menjadi pelopor pengguna jalan yg santun, spt pepatah mengatakan "masih ada orang baik di dunia ini, klo kita tidak menemukannya maka kita lah yg harus mjd orang baik itu.." :big_smile]
I am a Driver... not a Racer...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26924
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by DOHC »

kl lg ada masalah sperti ban bocor, mogok, dll... bener tuh kata master2 biker d atas... jgn skali2 lepasin tangan dari stang... apalagi motor bebek atau skutik... bubar blass dijamin lgs ngesot jatuh...

ane ud perna ngalamin sendiri beberapa bln lalu... bawa motor dinas revo, pas lg mau pulang, lewatin jalanan dgn kontur khas jalanan sulawesi, kelok2 macam jalur puncak tp ga naek2... pas lg turunan panjang yg menikung, mendadak rem depan ngeloss, lgs ane panik scara rem kaki agak kurang pakem... kondisi jg lg ramai sore2 banyak truk pengangkut batu lg wara wiri... tangan kiri lambai2 mau ngasi isyarat mau menepi... tp lgs stang geol2 dan gubrakk... sukses sobekin clana ama jaket ane... fender depan pecah, spion yg suda tinggal batang nya kali ini sukses patah... dan baret2 beserta retak parah di fairing nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by liep »

Rasanya kebanting ama mtr bebek ato mati itu sesuatu bgt ya om..hehehe...beda ama mtr laki yg lbih stabil dikit
syukur om slamet aj...beli jaket kulit ama sarung tgn kulit om buat jaga2 bginian
DOHC wrote:kl lg ada masalah sperti ban bocor, mogok, dll... bener tuh kata master2 biker d atas... jgn skali2 lepasin tangan dari stang... apalagi motor bebek atau skutik... bubar blass dijamin lgs ngesot jatuh...

ane ud perna ngalamin sendiri beberapa bln lalu... bawa motor dinas revo, pas lg mau pulang, lewatin jalanan dgn kontur khas jalanan sulawesi, kelok2 macam jalur puncak tp ga naek2... pas lg turunan panjang yg menikung, mendadak rem depan ngeloss, lgs ane panik scara rem kaki agak kurang pakem... kondisi jg lg ramai sore2 banyak truk pengangkut batu lg wara wiri... tangan kiri lambai2 mau ngasi isyarat mau menepi... tp lgs stang geol2 dan gubrakk... sukses sobekin clana ama jaket ane... fender depan pecah, spion yg suda tinggal batang nya kali ini sukses patah... dan baret2 beserta retak parah di fairing nya...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26924
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: ASK: memberi tanda darurat pengganti lampu hazard

Post by DOHC »

kl kbanting rasa2nya ane ud ga mungkin bsa buka forum ini lagi om liep... hehehehe... untung waktu itu reflek ane ngikutin gerak liar si motor aj shg akhirnya bsa jatuh nya posisi nyeret.... jujur aj, waktu itu feeling ane cuman satu... harep2 cemas jgn ampe ada kendaraan dari arah berlawanan....

skrg sehh ane pake nya motor skutik aj, honda beat... entah sugesti atau feeling doank, tp ane ngerasa lebi enak dan stabil kalo make motor2 beroda kecil dan berat gini kl utk cruising santai... kl bebek kayanya kelewat enteng dan kurang enak kl buat jalan2 pelan...

waktu itu ane ud pake nya jaket kulit lohh om (kulit2an sehh, beli d pasar baroe) tp tetep aj gradas... utk sarung tangan, untung ane make yg model nya kaya motoGP kw punya, biasa dijual di carrefour punya... lumayan kuat tuh diadu gesrotin ama aspal...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: