ferrrr....ane off lg yahhh.....nanti klo ada yg manggil2 ane lg, tlg kasi kabar aja yahhh.....doq wrote:Woooo ada oom wongcilik pakabar oom?
Waktu stater bunyi "keekkk.......keekkm" coba liat kap mesin deh, cucu nya lg ada deket situ ga manggil2 kakek nya?
perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Nick nya mesti diganti nih; sjamsul simatupang..........siang nalam tunggu panggilan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Kabar baik mas bro sjamsul, sedang dalam masa penantian nich, nunggu laku-nya jual rumah saya, and akan langsung melanglang buana - entah kemana.sjamsul wrote:allo mas bro...apa kabarnya nih.....wongcilik wrote:Mohon pencerahan, para senior/expert, mas bro sjamsul and mas bro poeticmind
Ini tentang kabel apa saja yg terhubung di kutub positif dan negatif aki mobil Katana SJ410.
Waktu mobilnya aku panas-kan di pagi hari, mobilnya batuk batuk, aku pikir businya mungkin perlu diganti (memang sudah lama belum diganti),
kabel-kabel akinya aku lepas, karena mengganggu proses penggantian busi lama ke baru,
setelah memasang 4 buah busi yg baru (NGK BP 5 ES), kabel kabelnya aku pasangkan kembali ke aki-nya, tapi mesinnya tidak mau di-hidup-kan.
sepertinya aku lupa posisi penempatan kabel kabelnya yg benar, waktu di-start mesinnya bunyi kek.... kekkk...keeeek (normal, seperti biasanya, akinya juga aki baru), tapi mesinnya tidak mau hidup.
Help, kabel apa saja yg terhubung di kutub positif dan negatif aki mobil Katana SJ410 ?
kalau bisa, tolong disertakan photo-nya.
TERIMA KASIH BANYAK
klo sebelumnya bisa idup ada kemungkinan terbalik pasang kabel akinya. Mas bro tinggal liat aja di penutup platina yg ada kabel businya, disitu tertulis urutan kabel busi....klo ga salah 1 4 3 2...Nah, angka2 ini menunjukkan posisi kabel tsb ke busi no brp aja gitu....
yg paling depan no 1....dst.....
Pada kabel positip aki....ada kabel yg disebut FLW (klo ga salah Fusible Link Wire)....coba periksa kabel ini apakah ada yg putus atau tidak...ciri2nya ada soket 1 lubang yg menghubungkan aki dg kabel tsb.....
Ada baiknya diliat2 dl masbro sebelum ane upload fotonya.....
Smoga bermanfaat.............(sambil kasi senyuman yg manis gituuuuu............)
Sudah aku urutkan satu persatu mas bro, tiap angka di tutup platina (1, 3, 4, 2) aku cocokkan dengan urutan plug socket busi-nya, tidak ada yg salah colok.
kalau urutan 1, 2 3 dan 4 plug socket busi-nya, aku mulai dari arah KIRI.
(atau mungkin karena Katana itu buatan Jepang, urutan angkanya harus dimulai dari KANAN?).
kabel -kabel listriknya gak ada yg putus.
Informasi, busi-nya ke-empat2-nya aku ganti, dari DENSO W16EX-U menjadi NGK BP 5 ES.
Ma'kasih banyak mas bro sjamsul
doq wrote:Woooo ada oom wongcilik pakabar oom?
Waktu stater bunyi "keekkk.......keekkm" coba liat kap mesin deh, cucu nya lg ada deket situ ga manggil2 kakek nya?
halo mas bro, belum punya cucu, lha wong aku-nya ini masih perjaka kok wkwkwkwk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
angka 1 dimulai dari depan atau paling deket ama radiatorwongcilik wrote:
Kabar baik mas bro sjamsul, sedang dalam masa penantian nich, nunggu laku-nya jual rumah saya, and akan langsung melanglang buana - entah kemana.
Sudah aku urutkan satu persatu mas bro, tiap angka di tutup platina (1, 3, 4, 2) aku cocokkan dengan urutan plug socket busi-nya, tidak ada yg salah colok.
kalau urutan 1, 2 3 dan 4 plug socket busi-nya, aku mulai dari arah KIRI.
(atau mungkin karena Katana itu buatan Jepang, urutan angkanya harus dimulai dari KANAN?).
kabel -kabel listriknya gak ada yg putus.
Informasi, busi-nya ke-empat2-nya aku ganti, dari DENSO W16EX-U menjadi NGK BP 5 ES.
Ma'kasih banyak mas bro sjamsul
smoga bermanfaat.........
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
problem's solved,
ternyata bi*ng korek-nya terletak di pen-distribusi-an bahan bakarnya, selang out-put bahan bakar dari tanki "rusak" di-makan usia, "kebocoran" tsb membuat tekanan udara turun dan tidak stabil, sehingga "pompa-bensin" tidak bisa bekerja dengan baik.
jadi, waktu mobil-nya "batuk-batuk" kemarin, itu bukan karena ada busi-nya yg "tewas", melainkan karena terhenti-nya pasokan bahan bakar dari tanki ke karburator.
TERIMA KASIH BANYAK mas bro sjamsul
ternyata bi*ng korek-nya terletak di pen-distribusi-an bahan bakarnya, selang out-put bahan bakar dari tanki "rusak" di-makan usia, "kebocoran" tsb membuat tekanan udara turun dan tidak stabil, sehingga "pompa-bensin" tidak bisa bekerja dengan baik.
jadi, waktu mobil-nya "batuk-batuk" kemarin, itu bukan karena ada busi-nya yg "tewas", melainkan karena terhenti-nya pasokan bahan bakar dari tanki ke karburator.
TERIMA KASIH BANYAK mas bro sjamsul
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
sama2 mas bro wongcilikwongcilik wrote:problem's solved,
ternyata bi*ng korek-nya terletak di pen-distribusi-an bahan bakarnya, selang out-put bahan bakar dari tanki "rusak" di-makan usia, "kebocoran" tsb membuat tekanan udara turun dan tidak stabil, sehingga "pompa-bensin" tidak bisa bekerja dengan baik.
jadi, waktu mobil-nya "batuk-batuk" kemarin, itu bukan karena ada busi-nya yg "tewas", melainkan karena terhenti-nya pasokan bahan bakar dari tanki ke karburator.
TERIMA KASIH BANYAK mas bro sjamsul
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu May 01, 2014 8:11
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
halo om sjamsul .. ane mau tanya info ttg vitamin aki power batt nya nih, belinya dimana yah??
krn kebetulan ane mau ganti aki baru, searching ketemu threat ini .. jd lsg join utk tanya2 deh ..
thanks ya om sebelumnya ...
krn kebetulan ane mau ganti aki baru, searching ketemu threat ini .. jd lsg join utk tanya2 deh ..
thanks ya om sebelumnya ...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
hallo juga bro oogway. beberapa waktu lalu sy liat di daerah kebayoran lama msh ada stok bro...oogway14 wrote:halo om sjamsul .. ane mau tanya info ttg vitamin aki power batt nya nih, belinya dimana yah??
krn kebetulan ane mau ganti aki baru, searching ketemu threat ini .. jd lsg join utk tanya2 deh ..
thanks ya om sebelumnya ...
no tlpnya via pm yahhh
u r welcome bro...
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu May 01, 2014 8:11
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
ok sip om sjam .. thanks banget
cm di satu tempat itu aja yah om yg jual ??
jaga2 om kalo misal kehabisan jd ada backup coba ditempat lain ... he he
cm di satu tempat itu aja yah om yg jual ??
jaga2 om kalo misal kehabisan jd ada backup coba ditempat lain ... he he
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Urw brooogway14 wrote:ok sip om sjam .. thanks banget
cm di satu tempat itu aja yah om yg jual ??
jaga2 om kalo misal kehabisan jd ada backup coba ditempat lain ... he he
ane ga ngarti di tempat lain msh ada apa kaga bro......
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Apr 11, 2013 22:46
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
om sjamsul, mau tanya, saya liat di forum ka**us ada yg jual vitamin aki "dr.accu", ini sama dgn power batt gak yah
rencananya mau beli aki trus ditambah vit. aki biar aki panjang umur, aki yg sekarang GS HYbrid soak di umur 2,5tahun di mobil APV
kemarin pas aki lama mulai susah starter saya coba pake bubuk EDTA, tapi gak pengaruh aki tetep soak
makasih ya om
rencananya mau beli aki trus ditambah vit. aki biar aki panjang umur, aki yg sekarang GS HYbrid soak di umur 2,5tahun di mobil APV
kemarin pas aki lama mulai susah starter saya coba pake bubuk EDTA, tapi gak pengaruh aki tetep soak
makasih ya om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1558
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
klo dari pengalaman saya pribadi biar accu awet caranya gini:
- pasang kabel grounding tambahan minimal ke sasis/body, transmisi dan mesin
- pake aki basah yg bermerek
- terakhir ini yg penting: habis mobil dipake jalan sampe garasi rumah kap mesin dibuka biar hawa panasnya terbuang, musuh cell baterai adalah panas, dimana klo mobil habis dipake panasnya akan berkumpul d kap mesin, sedangkan klo dipake jalan panas mesin terbuang lewat samping/bawah mesin
hasilnya: aki bsa 5tahun dan cat dan sticker petunjuk perawatan/peringatan yang ada di dalam kap mesin tetep awet
- pasang kabel grounding tambahan minimal ke sasis/body, transmisi dan mesin
- pake aki basah yg bermerek
- terakhir ini yg penting: habis mobil dipake jalan sampe garasi rumah kap mesin dibuka biar hawa panasnya terbuang, musuh cell baterai adalah panas, dimana klo mobil habis dipake panasnya akan berkumpul d kap mesin, sedangkan klo dipake jalan panas mesin terbuang lewat samping/bawah mesin
hasilnya: aki bsa 5tahun dan cat dan sticker petunjuk perawatan/peringatan yang ada di dalam kap mesin tetep awet
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Sun Apr 27, 2014 4:41
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Wah hebat banget om bisa 5 th ane pny paling lama 3,5 th uda tewas tuh accu.wkwkwkwklemonadelovers wrote:klo dari pengalaman saya pribadi biar accu awet caranya gini:
- pasang kabel grounding tambahan minimal ke sasis/body, transmisi dan mesin
- pake aki basah yg bermerek
- terakhir ini yg penting: habis mobil dipake jalan sampe garasi rumah kap mesin dibuka biar hawa panasnya terbuang, musuh cell baterai adalah panas, dimana klo mobil habis dipake panasnya akan berkumpul d kap mesin, sedangkan klo dipake jalan panas mesin terbuang lewat samping/bawah mesin
hasilnya: aki bsa 5tahun dan cat dan sticker petunjuk perawatan/peringatan yang ada di dalam kap mesin tetep awet
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
sy ga tau pastinya bro....tp yg paling penting adalah saat pertama kali beli aki, pastikan kondisi akinya full charge.....apalg dg jenis aki spt GS HYBRID....v-tec 125 wrote:om sjamsul, mau tanya, saya liat di forum ka**us ada yg jual vitamin aki "dr.accu", ini sama dgn power batt gak yah
rencananya mau beli aki trus ditambah vit. aki biar aki panjang umur, aki yg sekarang GS HYbrid soak di umur 2,5tahun di mobil APV
kemarin pas aki lama mulai susah starter saya coba pake bubuk EDTA, tapi gak pengaruh aki tetep soak
makasih ya om
Pada aki ini dr pabrikan emang sdh full charge, tp kita ga tau kapan aki sampai di tangan konsumen. Klo sdh beberapa bulan di toko penjual, ada baiknya aki disetroom ulang ampe full dan klo mau ditambahkan vitamin aki, ini saatnya sebelum aki keburu soak atau rusak......biasanya aki akan lbh panjang umurnya....
Smoga bermanfaat........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
hmmmm.... penampilan baru sm....msh pangling nihhh.... hehehe
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
pitamin aki tuh apa Prop?sjamsul wrote:sy ga tau pastinya bro....tp yg paling penting adalah saat pertama kali beli aki, pastikan kondisi akinya full charge.....apalg dg jenis aki spt GS HYBRID....v-tec 125 wrote:om sjamsul, mau tanya, saya liat di forum ka**us ada yg jual vitamin aki "dr.accu", ini sama dgn power batt gak yah
rencananya mau beli aki trus ditambah vit. aki biar aki panjang umur, aki yg sekarang GS HYbrid soak di umur 2,5tahun di mobil APV
kemarin pas aki lama mulai susah starter saya coba pake bubuk EDTA, tapi gak pengaruh aki tetep soak
makasih ya om
Pada aki ini dr pabrikan emang sdh full charge, tp kita ga tau kapan aki sampai di tangan konsumen. Klo sdh beberapa bulan di toko penjual, ada baiknya aki disetroom ulang ampe full dan klo mau ditambahkan vitamin aki, ini saatnya sebelum aki keburu soak atau rusak......biasanya aki akan lbh panjang umurnya....
Smoga bermanfaat........
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
yg namanya pitamin itu buat aki spy sehat bro....tp ane sdh jarang liat sekarang.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
prop, mau nanya donk, katanya mobil ber cc kecil lebih baik ditambahkan grounding ya?? biar lampu dll gk redup redup pas dapet beban tiba2 ( AC misalnya ).
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Selama disimpan / dipakai aki tidak boleh pernah tekor sampai kurang dari 11,5V. Bila aki disimpan dalam kondisi tekor, maka kapasitas akan berkurang. Jadi apabila aki mobil pernah tekor karena kelupaan mematikan lampu atau hal lain, besar kemungkinan aki akan mati mendadak dalam beberapa minggu. Sekali pernah tekor harus siap siap.
Dealer aki yang benar wajib mengecharge aki jualannya secara periodik.
Namun mengecharge juga sumber panas. Mengecharge dengan charger yang super cepat bisa mengurangi umur bila cellnya sampai panas. Jangan sampai overcharge juga, sebaiknya berhenti setelah 14.75V. Aki kering lebih rawan overcharge.
Bagi yang akinya sudah mulai soak, bisa dicoba radiant charger. Bisa google, atau coba karya saya:
http://freeenergyindonesia.proboards.co ... dalan-saya
Kalau aki sudah mulai soak, atau pakai komponen yang makan arus banyak, ada baiknya pasang alat pengecek voltase aki.
Dealer aki yang benar wajib mengecharge aki jualannya secara periodik.
Namun mengecharge juga sumber panas. Mengecharge dengan charger yang super cepat bisa mengurangi umur bila cellnya sampai panas. Jangan sampai overcharge juga, sebaiknya berhenti setelah 14.75V. Aki kering lebih rawan overcharge.
Bagi yang akinya sudah mulai soak, bisa dicoba radiant charger. Bisa google, atau coba karya saya:
http://freeenergyindonesia.proboards.co ... dalan-saya
Kalau aki sudah mulai soak, atau pakai komponen yang makan arus banyak, ada baiknya pasang alat pengecek voltase aki.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Kalau beban mendadak rasanya obatnya adalah voltage stabilizer atau kapasitor besar. Kalau masih standard grounding tidak terlalu perlu. Tapi grounding bisa mengurangi beban kelistrikan dengan mengurangi hambatan listrik. Masalahnya ruang mesin jadi banyak kabel. Kabel grounding daya hantarnya wajib lebih bagus dari bodi mobil. Idealnya tembaga atau kalau kabel mahal yang dilapisi perak atau emas.m4rio wrote:prop, mau nanya donk, katanya mobil ber cc kecil lebih baik ditambahkan grounding ya?? biar lampu dll gk redup redup pas dapet beban tiba2 ( AC misalnya ).
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Ikut nanya om...dari pengalaman seorang teman yg sdh pasang/tambah kabel ground di mobilnya setelah di cek di S*D ternyata faktor riple voltase DC jd sktr 0,5V dibanding riple honda Freed standar yg 0,8V,saya jg tdk tahu pasti apakah benar pengaruh ke faktor riple,ini hanya dari testimoni dia saja...nah yg ditanyakan apakah faktor riple ini jg berpengaruh thd daya tahan/umur aki sendiri ?sucahyo wrote:Kalau beban mendadak rasanya obatnya adalah voltage stabilizer atau kapasitor besar. Kalau masih standard grounding tidak terlalu perlu. Tapi grounding bisa mengurangi beban kelistrikan dengan mengurangi hambatan listrik. Masalahnya ruang mesin jadi banyak kabel. Kabel grounding daya hantarnya wajib lebih bagus dari bodi mobil. Idealnya tembaga atau kalau kabel mahal yang dilapisi perak atau emas.m4rio wrote:prop, mau nanya donk, katanya mobil ber cc kecil lebih baik ditambahkan grounding ya?? biar lampu dll gk redup redup pas dapet beban tiba2 ( AC misalnya ).
Dan bagaimana jg pengaruhnya ke ECU serta beban listrik sistim lainya?
thanks in advanced
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Ripple menurut saya lebih dibutuhkan untuk kestabilan kerja dari perangkat elektronik. Kalau dari umur aki, pengisian dengan metode pulse justru lebih memperpanjang umur aki daripada pengisian metode arus stabil.outlaw wrote:Ikut nanya om...dari pengalaman seorang teman yg sdh pasang/tambah kabel ground di mobilnya setelah di cek di S*D ternyata faktor riple voltase DC jd sktr 0,5V dibanding riple honda Freed standar yg 0,8V,saya jg tdk tahu pasti apakah benar pengaruh ke faktor riple,ini hanya dari testimoni dia saja...nah yg ditanyakan apakah faktor riple ini jg berpengaruh thd daya tahan/umur aki sendiri ?
Dan bagaimana jg pengaruhnya ke ECU serta beban listrik sistim lainya?
thanks in advanced
Bisa dilihat infonya di:
www.mpoweruk.com/chargers.htm
Dari penelitian, mengecharge dengan pulse charging bisa 5 kali lebih cepat dan tidak membebani batre. Link penelitian silahkan disimak di:
http://freeenergyindonesia.proboards.co ... mungkinkah
Untuk audio ripple dapat mempengaruhi kualitas suara, untuk ECU dapat mempengaruhi keakuratan. kalau untuk lampu, mestinya no problem kecuali kalau bikin sakit mata/mengganggu. Tapi menurut saya walau tanpa modifikasi juga kerja audio dan ECU juga tidak masalah, asal akinya sehat.
Harusnya grounding (nambah kabel ground) tidak mempengaruhi ripple, yang lebih pengaruh adalah kapasitor / voltage stabilizer.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
@bro sucahyo : Thanks sdh dibantu jawab...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
bro Sucahyo.....tanpa bermaksud yg negatip, cuma sekedar share aja ..... dg asumsi aki dlm keadaan baik, pernah tekor menurut hemat ane bukan penyebab aki mati. Pada kondisi spt ini tinggal dicharge aja aki akan normal kembali. Kata2 besar kemungkinan aki akan mati mendadak dlm beberapa minggu kurang tepat....istilah katanya adalah bisa bikin khawatir aja.....sucahyo wrote:Selama disimpan / dipakai aki tidak boleh pernah tekor sampai kurang dari 11,5V. Bila aki disimpan dalam kondisi tekor, maka kapasitas akan berkurang. Jadi apabila aki mobil pernah tekor karena kelupaan mematikan lampu atau hal lain, besar kemungkinan aki akan mati mendadak dalam beberapa minggu. Sekali pernah tekor harus siap siap.
smoga bermanfaat.....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....
Aki pernah tekor memang bukan penyebab utama aki mati, namun bila aki pernah tekor maka bisa dipastikan kapasitas akan berkurang, berlaku untuk aki basah namun lebih parah di aki kering. Ini sering di sharing di forum free energy, dimana eksperimen sangat bergantung pada penggunaan aki, mereka menggunakan aki tiap hari. Saya sendiri sudah pernah coba dan mengalami.sjamsul wrote:bro Sucahyo.....tanpa bermaksud yg negatip, cuma sekedar share aja ..... dg asumsi aki dlm keadaan baik, pernah tekor menurut hemat ane bukan penyebab aki mati. Pada kondisi spt ini tinggal dicharge aja aki akan normal kembali. Kata2 besar kemungkinan aki akan mati mendadak dlm beberapa minggu kurang tepat....istilah katanya adalah bisa bikin khawatir aja.....
smoga bermanfaat.....
Berkurangnya kapasitas bisa saja tidak terdeteksi pada pemakaian biasa. Untuk saya, lebih baik jaga - jaga. Bila sekali aki pernah drop sampai habis, harus waspada.
Untuk mengembalikan kapasitas, aki bisa di rejuvenate /dihidupkan kembali dengan radiant, namun hasil jarang bisa 100%.
Ini tentu berbeda dengan aki yang dijual tanpa elektrolyte.
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin