Kenapa Japs lebih reliable?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Kenapa Japs lebih reliable?
Faktanya, kalau bicara otomotif memang diakui produk Jepang lebih reliable & durable (awet).
Reliable disini, sesuai pengertian awam, dimulai dari Mesin dst... (penggerak/gearbox, elektronik, sasis dsb).
Sepanjang sering amatiran utak atik mesin/mobil bbrp pabrikan (japs/korea/euro/usa), masih tetap bikin penasaran dan jadi tergelitik, apa sih yang membuat eks japs rata rata lebih awet/kuat?
- material/metallurgy?
- desain konstruksi?
- kualitas dan kepresisian perakitan/pembuatan?
- ???
Reliable disini, sesuai pengertian awam, dimulai dari Mesin dst... (penggerak/gearbox, elektronik, sasis dsb).
Sepanjang sering amatiran utak atik mesin/mobil bbrp pabrikan (japs/korea/euro/usa), masih tetap bikin penasaran dan jadi tergelitik, apa sih yang membuat eks japs rata rata lebih awet/kuat?
- material/metallurgy?
- desain konstruksi?
- kualitas dan kepresisian perakitan/pembuatan?
- ???
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
utk material.. ane rasa europe punya lebi kuat meneer...
mungkin lebi ke arah design dan less gimmick plus less electrical [cencored] kl meneer... makanya minim perawatan...
dan kl rusak gampang bener troubleshooting nya...
makanya bkin stigma reliable d msyarakat...
tp kl mau blg adu kuat2an.... taksi mersi di german sana jg pd robust sehh... odo nya jg ngeri2 smua..
mungkin lebi ke arah design dan less gimmick plus less electrical [cencored] kl meneer... makanya minim perawatan...
dan kl rusak gampang bener troubleshooting nya...
makanya bkin stigma reliable d msyarakat...
tp kl mau blg adu kuat2an.... taksi mersi di german sana jg pd robust sehh... odo nya jg ngeri2 smua..
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
^^^
Nah itu kadang bikin penasaran...
Pernah skur block cyl head-nya xu10 dan f23, yg xu10 bener2 butuh effort lebih...
Anehnya yg blok xu10 (apalagi xu9) udh banyak karat, terpaksa banyak ditambal. Kalau f23 relatif lebih bersih
Nah itu kadang bikin penasaran...
Pernah skur block cyl head-nya xu10 dan f23, yg xu10 bener2 butuh effort lebih...
Anehnya yg blok xu10 (apalagi xu9) udh banyak karat, terpaksa banyak ditambal. Kalau f23 relatif lebih bersih
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
ini foto cover timing chain ipah vvt-i jadul ane meneer waktu awal taon ini ane bongkar...
dan yg ane anak panah oren... di situ skrg ad retak rambut tipisss banget... tiap beberapa lama pasti ad kotor endapan debu dan oli numpuk deket baut pulley tsb...
nanti kl sempet ane mau bongkar lg ini timing cover utk di ganti...
yg ane lingkari merah.. itu smua retak2 (bsa di kletekin kl mau)... entah retak2 coating nya atau apalah.. dan yg ane anak panah oren... di situ skrg ad retak rambut tipisss banget... tiap beberapa lama pasti ad kotor endapan debu dan oli numpuk deket baut pulley tsb...
nanti kl sempet ane mau bongkar lg ini timing cover utk di ganti...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
idem....pernah ngalamin jg jeep materialnya kuat dri body chassis sampai blok mesin... jauh dibanding taft.DOHC wrote:utk material.. ane rasa europe punya lebi kuat meneer...
mungkin lebi ke arah design dan less gimmick plus less electrical [cencored] kl meneer... makanya minim perawatan...
dan kl rusak gampang bener troubleshooting nya...
makanya bkin stigma reliable d msyarakat...
tp kl mau blg adu kuat2an.... taksi mersi di german sana jg pd robust sehh... odo nya jg ngeri2 smua..
meski ujung2nya penyakitan di elektrikalnya.
pernah ngobrol dengan teman yang memiliki jimny. jimny salah satu mbl yang dianggap bandel yang jadi andalan offroad. lucunya material jimny g bisa di bilang kuat,body kalengkerupuk, patah as roda gb rontok engin blown, sering terjadi.... tp penggemarnya tetap banyak ownernya tetap puas.. alasannya...... karna MUDAH dan MURAH diperbaiki, dia bilang selama angkot jalan jimny juga jalan sparepart ada dimana-mana ga perlu special tool untuk bongkar pasang. populasi banyak, yang familier dgn rancang bangun dan nyetok partnya juga banyak.
intinya bisa jadi reliable biasa aja, tp kemudahan dan ongkos memperbaiki yang jadi hitungan. well asal ga keseringan aja cape jg benerin terus.
itu sisi teknis.
kenyataannya di masyarakat perceived quality atau mindset yang paling berperan... jika di brand dicap rusakan dan menjadi viral sulit untuk membalik mindset tersebut, asosiasi brand tersebut akan menular ke produk turunannya meskipun belum terbukti.
cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
menurut ane lebih memang relibable (baca: gak gampang rewel) untuk masalah mesin, tapi untuk lainnya misal kaki - kaki, motor electric, dll ya bisa kalah sama yg lain (misal mobil eropa). Ya mungkin karena mobilnya juga memang sesuai dengan kondisi alam dan cuaca Indonesia. reliable menurut ane beda dengan durable.
orang banyak jadi anggap lebih reliabel dari oropa karena mesin adalah masalah krusial, mesin mati = gak bisa dijalanin, tapi kalo cuman kaki2 yg rusak banyak yang masih dipaksa jalan bahkan ada juga yg mengamnggap itu bukan kerusakan.
tapi semakin berkembangnya teknologi mesin mobil jepang nggak tau juga ke depan apakah tetap dianggap reliable
orang banyak jadi anggap lebih reliabel dari oropa karena mesin adalah masalah krusial, mesin mati = gak bisa dijalanin, tapi kalo cuman kaki2 yg rusak banyak yang masih dipaksa jalan bahkan ada juga yg mengamnggap itu bukan kerusakan.
tapi semakin berkembangnya teknologi mesin mobil jepang nggak tau juga ke depan apakah tetap dianggap reliable
Last edited by daftar on Wed Dec 09, 2015 10:54, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Sip...billyd1773dz wrote:idem....pernah ngalamin jg jeep materialnya kuat dri body chassis sampai blok mesin... jauh dibanding taft.DOHC wrote:utk material.. ane rasa europe punya lebi kuat meneer...
mungkin lebi ke arah design dan less gimmick plus less electrical [cencored] kl meneer... makanya minim perawatan...
dan kl rusak gampang bener troubleshooting nya...
makanya bkin stigma reliable d msyarakat...
tp kl mau blg adu kuat2an.... taksi mersi di german sana jg pd robust sehh... odo nya jg ngeri2 smua..
meski ujung2nya penyakitan di elektrikalnya.
pernah ngobrol dengan teman yang memiliki jimny. jimny salah satu mbl yang dianggap bandel yang jadi andalan offroad. lucunya material jimny g bisa di bilang kuat,body kalengkerupuk, patah as roda gb rontok engin blown, sering terjadi.... tp penggemarnya tetap banyak ownernya tetap puas.. alasannya...... karna MUDAH dan MURAH diperbaiki, dia bilang selama angkot jalan jimny juga jalan sparepart ada dimana-mana ga perlu special tool untuk bongkar pasang. populasi banyak, yang familier dgn rancang bangun dan nyetok partnya juga banyak.
intinya bisa jadi reliable biasa aja, tp kemudahan dan ongkos memperbaiki yang jadi hitungan. well asal ga keseringan aja cape jg benerin terus.
itu sisi teknis.
kenyataannya di masyarakat perceived quality atau mindset yang paling berperan... jika di brand dicap rusakan dan menjadi viral sulit untuk membalik mindset tersebut, asosiasi brand tersebut akan menular ke produk turunannya meskipun belum terbukti.
cmiiw
Faktor non-teknisnya berarti mindset dan mudah-murah buat diperbaiki
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Lebih reliable? Kalo yang disebut engine dan transmisi sih ngga deh. Engine sedan 328i/M3 itu odonya kalo di US gede gede bener tanpa pernah overhoul. Di sini juga banyak yang saya kenal pribadi odo reading gede blum pernah turun. Saya kadang masukin eks cluster dari sana, belum pernah dapet odo di bawah 100k. Banyak yang kepala 2xx miles. Itu aja dikampak karena remuk insiden biasanya.
Di sini aja pada disimpenin, 318i aja kadang disimpen. Engine blok M44 (US ngga kenal M43), M50/52 itu kuat 250k miles tanpa overhoul. Transmisi ZF juga sama, manual 100k miles paling baru ganti kopling, auto jauh di atas itu.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Di sini aja pada disimpenin, 318i aja kadang disimpen. Engine blok M44 (US ngga kenal M43), M50/52 itu kuat 250k miles tanpa overhoul. Transmisi ZF juga sama, manual 100k miles paling baru ganti kopling, auto jauh di atas itu.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Meninggalkan jejak di trit bergizi
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun Dec 06, 2015 9:55
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Pengalaman saya dengan beberapa mobil tua,
Ford cortina 79. Mobil nyaman, tenaga ada tapi boros. Spare part susah tapi awet. Reliable buat saya. Orang banyak yg nanya, "mobilnya apa gak rewel?"
Kijang super 87. Gak begitu nyaman, tenaga pas pasan. Spare part saking mudahnya, murah, tapi beberapa kurang awet. Banyak part yg perlu ganti dlm dua tahun pemakaian. Lumayan reliable karena kalo rusak gampang dibenerin. Orang bilang, "wah enak nih sekarang pake kijang. Gak rewel pasti."
Accord maestro 91. Mobil nyaman banget, spare part mudah tapi lumayan mahal. Kaki kaki sering jajan. Tapi tetep aja, dibanding biem sama pug tetangga yg saya tau sangat reliable dan durable, tetangga yg awam selalu bilang, "enakan piara sedan jepangan gini ya. Eropaan taun segitu pasti udah rewel kaya biem dan pug pak a dan b."
Kesimpulannya, imho semua karena image dan generalisasi eropaah dan murican less reliable dibanding jepangan. Padahal kenyataan sering berbanding terbalik.
Ford cortina 79. Mobil nyaman, tenaga ada tapi boros. Spare part susah tapi awet. Reliable buat saya. Orang banyak yg nanya, "mobilnya apa gak rewel?"
Kijang super 87. Gak begitu nyaman, tenaga pas pasan. Spare part saking mudahnya, murah, tapi beberapa kurang awet. Banyak part yg perlu ganti dlm dua tahun pemakaian. Lumayan reliable karena kalo rusak gampang dibenerin. Orang bilang, "wah enak nih sekarang pake kijang. Gak rewel pasti."
Accord maestro 91. Mobil nyaman banget, spare part mudah tapi lumayan mahal. Kaki kaki sering jajan. Tapi tetep aja, dibanding biem sama pug tetangga yg saya tau sangat reliable dan durable, tetangga yg awam selalu bilang, "enakan piara sedan jepangan gini ya. Eropaan taun segitu pasti udah rewel kaya biem dan pug pak a dan b."
Kesimpulannya, imho semua karena image dan generalisasi eropaah dan murican less reliable dibanding jepangan. Padahal kenyataan sering berbanding terbalik.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Hmmm... Ane pernah diskusi dengan mod NG tentang hal ini, meneer imsus...
Saat itu kami membandingkan reliability Gelandewagen vs LandCruiser (70 serie in particular)... Ternyata tidak semudah yang dipikirkan atau sebatas mitos...
Hasil konsensus setelah diskusi semalam suntuk: secara produk, tentu Gelande akan lebih kuat. Jerman kalo bikin mobil ga main2... Semua diperhitungkan... Enjin blok, chassis, plat, dan lain2 dibuat kuat... Tetapi masalahnya, gimmick elektrikal ini yang kalah duluan dan kalau rontok, troubleshooting nya bakal bikin pusing kepala.
Bertolak belakang dengan Japon yang bikin mobil simpel, sederhana, dan mungkin lebih ringan dibandingkan Jerman, use it 20 years then dump it. Elektronik seadanya. Tetapi bisa diperbaiki di bengkel pinggir jalan...
Jadi reliable ini tergantung sudut dipandang...
Di eropa sana, Gelandewagen tentu bisa membantai LandCruiser karena infrastruktur dan kemudahan servis... Sementara di Indonesia, let say, di Sulawesi, Gelande bakal ngejogrok karena ga ada yang sanggup baikin elektronik nya. Bahkan setelah elektronik di kesampingkan, mekanikal Gelandewagen tentu lebih rumit dan tidak awam. Berlainan dengan LandCruiser yang simply nuts n bolts and simple hammering here n there.
Demikian sedikit hasil cerita diskusi ane dengan mod NG yang begitu... intim
Cmiiiaaauuuww ya meneer
Saat itu kami membandingkan reliability Gelandewagen vs LandCruiser (70 serie in particular)... Ternyata tidak semudah yang dipikirkan atau sebatas mitos...
Hasil konsensus setelah diskusi semalam suntuk: secara produk, tentu Gelande akan lebih kuat. Jerman kalo bikin mobil ga main2... Semua diperhitungkan... Enjin blok, chassis, plat, dan lain2 dibuat kuat... Tetapi masalahnya, gimmick elektrikal ini yang kalah duluan dan kalau rontok, troubleshooting nya bakal bikin pusing kepala.
Bertolak belakang dengan Japon yang bikin mobil simpel, sederhana, dan mungkin lebih ringan dibandingkan Jerman, use it 20 years then dump it. Elektronik seadanya. Tetapi bisa diperbaiki di bengkel pinggir jalan...
Jadi reliable ini tergantung sudut dipandang...
Di eropa sana, Gelandewagen tentu bisa membantai LandCruiser karena infrastruktur dan kemudahan servis... Sementara di Indonesia, let say, di Sulawesi, Gelande bakal ngejogrok karena ga ada yang sanggup baikin elektronik nya. Bahkan setelah elektronik di kesampingkan, mekanikal Gelandewagen tentu lebih rumit dan tidak awam. Berlainan dengan LandCruiser yang simply nuts n bolts and simple hammering here n there.
Demikian sedikit hasil cerita diskusi ane dengan mod NG yang begitu... intim
Cmiiiaaauuuww ya meneer
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Sippmadcat015 wrote:Hmmm... Ane pernah diskusi dengan mod NG tentang hal ini, meneer imsus...
Saat itu kami membandingkan reliability Gelandewagen vs LandCruiser (70 serie in particular)... Ternyata tidak semudah yang dipikirkan atau sebatas mitos...
Hasil konsensus setelah diskusi semalam suntuk: secara produk, tentu Gelande akan lebih kuat. Jerman kalo bikin mobil ga main2... Semua diperhitungkan... Enjin blok, chassis, plat, dan lain2 dibuat kuat... Tetapi masalahnya, gimmick elektrikal ini yang kalah duluan dan kalau rontok, troubleshooting nya bakal bikin pusing kepala.
Bertolak belakang dengan Japon yang bikin mobil simpel, sederhana, dan mungkin lebih ringan dibandingkan Jerman, use it 20 years then dump it. Elektronik seadanya. Tetapi bisa diperbaiki di bengkel pinggir jalan...
Jadi reliable ini tergantung sudut dipandang...
Di eropa sana, Gelandewagen tentu bisa membantai LandCruiser karena infrastruktur dan kemudahan servis... Sementara di Indonesia, let say, di Sulawesi, Gelande bakal ngejogrok karena ga ada yang sanggup baikin elektronik nya. Bahkan setelah elektronik di kesampingkan, mekanikal Gelandewagen tentu lebih rumit dan tidak awam. Berlainan dengan LandCruiser yang simply nuts n bolts and simple hammering here n there.
Demikian sedikit hasil cerita diskusi ane dengan mod NG yang begitu... intim
Cmiiiaaauuuww ya meneer
Kurang lebih point-nya mirip sama post meneer billy
Kadang memang mau sophisticated di bebrapa point (misal elektronik canggih) justru jadi bumerang di point yg lain
Btw, mod NG kemana yah?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Yes om, kurang lebih sama point nya dengan meneer lumpurimsus2c wrote:Sippmadcat015 wrote:Hmmm... Ane pernah diskusi dengan mod NG tentang hal ini, meneer imsus...
Saat itu kami membandingkan reliability Gelandewagen vs LandCruiser (70 serie in particular)... Ternyata tidak semudah yang dipikirkan atau sebatas mitos...
Hasil konsensus setelah diskusi semalam suntuk: secara produk, tentu Gelande akan lebih kuat. Jerman kalo bikin mobil ga main2... Semua diperhitungkan... Enjin blok, chassis, plat, dan lain2 dibuat kuat... Tetapi masalahnya, gimmick elektrikal ini yang kalah duluan dan kalau rontok, troubleshooting nya bakal bikin pusing kepala.
Bertolak belakang dengan Japon yang bikin mobil simpel, sederhana, dan mungkin lebih ringan dibandingkan Jerman, use it 20 years then dump it. Elektronik seadanya. Tetapi bisa diperbaiki di bengkel pinggir jalan...
Jadi reliable ini tergantung sudut dipandang...
Di eropa sana, Gelandewagen tentu bisa membantai LandCruiser karena infrastruktur dan kemudahan servis... Sementara di Indonesia, let say, di Sulawesi, Gelande bakal ngejogrok karena ga ada yang sanggup baikin elektronik nya. Bahkan setelah elektronik di kesampingkan, mekanikal Gelandewagen tentu lebih rumit dan tidak awam. Berlainan dengan LandCruiser yang simply nuts n bolts and simple hammering here n there.
Demikian sedikit hasil cerita diskusi ane dengan mod NG yang begitu... intim
Cmiiiaaauuuww ya meneer
Kurang lebih point-nya mirip sama post meneer billy
Kadang memang mau sophisticated di bebrapa point (misal elektronik canggih) justru jadi bumerang di point yg lain
Btw, mod NG kemana yah?
Mod NG masih di Timor Leste om, melebarkan cakar dan pengaruh nya di sana
Seingat ane, Desember akhir dan Januari awal, beliau bakal balik ke Sby...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
octafiantos wrote:Lebih reliable? Kalo yang disebut engine dan transmisi sih ngga deh. Engine sedan 328i/M3 itu odonya kalo di US gede gede bener tanpa pernah overhoul. Di sini juga banyak yang saya kenal pribadi odo reading gede blum pernah turun. Saya kadang masukin eks cluster dari sana, belum pernah dapet odo di bawah 100k. Banyak yang kepala 2xx miles. Itu aja dikampak karena remuk insiden biasanya.
Di sini aja pada disimpenin, 318i aja kadang disimpen. Engine blok M44 (US ngga kenal M43), M50/52 itu kuat 250k miles tanpa overhoul. Transmisi ZF juga sama, manual 100k miles paling baru ganti kopling, auto jauh di atas itu.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Pengalaman waktu mau copot alternator 405, dari 7 bengkel yg didatangi, hanya 1 yang mau (sanggup)daftar wrote:menurut ane lebih memang relibable (baca: gak gampang rewel) untuk masalah mesin, tapi untuk lainnya misal kaki - kaki, motor electric, dll ya bisa kalah sama yg lain (misal mobil eropa). Ya mungkin karena mobilnya juga memang sesuai dengan kondisi alam dan cuaca Indonesia. reliable menurut ane beda dengan durable.
orang banyak jadi anggap lebih reliabel dari oropa karena mesin adalah masalah krusial, mesin mati = gak bisa dijalanin, tapi kalo cuman kaki2 yg rusak banyak yang masih dipaksa jalan bahkan ada juga yg mengamnggap itu bukan kerusakan.
tapi semakin berkembangnya teknologi mesin mobil jepang nggak tau juga ke depan apakah tetap dianggap reliable
Dan memang luar biasa effort-nya buat ngelepas ini barang, mesti bongkar sana sini
Dikomentari sama mekniknya, owalahh oom...mbok pakai mobil yg gampang saja servis-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
oyah ini pengalaman pribadi..
saya ada daihatsu rocky std yg berumur sama dengan adik saya... mbl ini mau di isi solar apapun oli apapun.. larinya sgtu-gtu aja.. .suspensi std shock mati dan baru sama-sama abruk abrukan.. anggapan saya karna memang segtu gtunya saja larinya. so saya bilang ni mbl ga rewel, g nuntut banyak.
rocky satu lagi sudah swap enjin dgn milik jdm, sesama solar antar spbu saja bisa kerasa bedanya, oli mesti yang bagus kurang bagus langsung kerasa bedanya, ditambah perawatan turbo dan jalur turbo yang rawan bocor. so rasanya dia nuntut lebih banyak.dalam case ini keduanya tidak sampai mogok. hanya di sisi psychologisnya saja lebih mudah membuat kepuasan saya turun.
imho.. jika menggunakan kendaraan basic, kita sudah puas asal basic neednya bisa dilakukan kita g berharap lebih..
semakin canggih mobilnya.. kita tidak puas dgn basic need... performa turun, bunyi2an bantingan jadi tidak nyaman, transmisi jadi kasar... keluar lah keluhan ini itu betulin ini itu.. meanwhile basic car most ofthem wellknown as reliable n durable.. ini dari sisi psychology
sisi technicalnya.. semakin mbl di buat presisi untuk jd lebih baik, room error semakin kecil small misalignment semakin berpengaruh ke overall performa. dri sini resiko untuk error geser dari "kepresisian" itu tadi semakin besar..
saya ada daihatsu rocky std yg berumur sama dengan adik saya... mbl ini mau di isi solar apapun oli apapun.. larinya sgtu-gtu aja.. .suspensi std shock mati dan baru sama-sama abruk abrukan.. anggapan saya karna memang segtu gtunya saja larinya. so saya bilang ni mbl ga rewel, g nuntut banyak.
rocky satu lagi sudah swap enjin dgn milik jdm, sesama solar antar spbu saja bisa kerasa bedanya, oli mesti yang bagus kurang bagus langsung kerasa bedanya, ditambah perawatan turbo dan jalur turbo yang rawan bocor. so rasanya dia nuntut lebih banyak.dalam case ini keduanya tidak sampai mogok. hanya di sisi psychologisnya saja lebih mudah membuat kepuasan saya turun.
imho.. jika menggunakan kendaraan basic, kita sudah puas asal basic neednya bisa dilakukan kita g berharap lebih..
semakin canggih mobilnya.. kita tidak puas dgn basic need... performa turun, bunyi2an bantingan jadi tidak nyaman, transmisi jadi kasar... keluar lah keluhan ini itu betulin ini itu.. meanwhile basic car most ofthem wellknown as reliable n durable.. ini dari sisi psychology
sisi technicalnya.. semakin mbl di buat presisi untuk jd lebih baik, room error semakin kecil small misalignment semakin berpengaruh ke overall performa. dri sini resiko untuk error geser dari "kepresisian" itu tadi semakin besar..
Last edited by billyd1773dz on Wed Dec 09, 2015 11:45, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Soal elektrik di luar mesin, secara umum saya lebih berpandangan mobil Jepang rata rata built over simplicity, sedangkan mobil Eropa built over performance. Performance di sini bukan artinya kenceng tapi presisi. Misalnya, Kijang era awal cukup dengan karbu kemudian injeksi dengan sensor sedehana di throttlenya. Begitu juga sedan Toyota era ini, kurang lebih serupa. Cuma injeksi dengan ECU seperlunya. Sedang rata rata mobil Jerman mengandalkan oxygen sensor, sudah ada air flow untuk cek volume dan air temperature, dan throttle sensor untuk dimasukkan ECU buat hitung timing injeksi. Masih ditambah knock sensor jenis bbm untuk hitung timing. Semua dikumpulkan modul untuk diagnosa. Level control freaknya menurut saya salah satunya kaya 323i. Coolant level sensor, lamp sensor saja dipasang.
Pendekatannya menurut saya memang beda. Eropa lebih bemain sebisa mungkin diagnosa lewat scanner. Tapi mobil Jepang juga berubah sejak era 2000 ke sini. Mereka mulai keranjingan OBD dipasang di mobil biasa.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Pendekatannya menurut saya memang beda. Eropa lebih bemain sebisa mungkin diagnosa lewat scanner. Tapi mobil Jepang juga berubah sejak era 2000 ke sini. Mereka mulai keranjingan OBD dipasang di mobil biasa.
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
@ meneer imsus :
jgn kan pug, ipah ane mau ganti tensioner serpentine belt aj jg rempong meneer... musti copot alternator sgala... blm lagi posisi baut2 nya yg beberapa rada nyelip... untung ad kunci soket lengkap ama flexible...
jgn kan pug, ipah ane mau ganti tensioner serpentine belt aj jg rempong meneer... musti copot alternator sgala... blm lagi posisi baut2 nya yg beberapa rada nyelip... untung ad kunci soket lengkap ama flexible...
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
oyah...
sapa bilang japs paling durable??
sumber: majalah legendaris 2015
sapa bilang japs paling durable??
sumber: majalah legendaris 2015
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
kayanya merek2 japs kepukul krn masalah2 recall mreka mods...billyd1773dz wrote:oyah...
sapa bilang japs paling durable??
- edited -
sumber: majalah legendaris 2015
atoyot yg masalah pedal gas nya yg legendaris...
takata airbag yg supply ke merek2 japs...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
kalau di indo, reliable itu = part kw 3. mau itu part kw 3 umur cuma awet sebulan juga asal murah meriah dibilang reliable. beda dengan part eropa/jepang non mainstream yang walau ada 3rd party tapi ga ada kw3-nya jadi ga murmer (tetep lebih murah dari ori si) walau awet tetep dibilang ga reliable.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Siapa bilang mobil jepang lebih reliable? Itu mah mitos yang akhirnya berkembang jadi keyakinan aja, awalnya krn biaya yg perlu dikeluarkan utk tiap kali maintenance/repair mobil jepang lbh rendah drpd mobil eropa. Padahal dalam satu waktu kepemilikan dan penggunaan jangka menengah-panjang sejak mobil dimiliki (misal 5-10th/more) total biaya yg harus dikeluarkan utk maintenance/repair lebih tinggi mobil jepang dibandingkan mobil eropa.
Klo dlm jangka pendek kepemilikan (dibawah 4th) mungkin mmg mobil jepang memiliki biaya maintenance/repair yg lbh kecil.
Kualitas material (metal cast, dsb) jauh lbh bagus mobil eropa. Kualitas pengerjaan (workmanship) jauh lbh bagus mobil eropa. Jadi dr mana bisa bilang mobil jepang lebih reliable?
Klo ada yg bilang mobil eropa banyak trouble, itu mah krn mmg fitur dan teknologinya jauuuhh lebih banyak drpd mobil jepang. Jadi kemungkinan ada masalah jg lbh banyak.
Masih ingat dulu jaman pake HP 3310? Pernah ada org mengeluh hp nya bermasalah kah? Paling cm low batt aja. Krn mmg fiturnya terbatas, teknologinya ya sebatas GSM phone aja. Hanya utk menghubungkan (komunikasi) satu org dgn org yg lain.. seperti kata Nokia.. connecting people.
Sekarang setelah pake smartphone.. dimana2 org mengeluh sm HP nya.. lelet lah.. baterai cpt bgt habis.. layar kurang responsif.. kamera.. suara.. game.. dll.. dll..
Trs apa itu artinya hp skrg gak se-reliable dulu?? Saya ada hp kerja Kyocera Brigadier, klo ada org yg asal ngomong Nokia 3310 lbh reliable bisa saya buktikan ditempat, tuh nokia 3310 saya pukul pake Brigadier bakal pecah berantakan.
Mkn seperti itu juga soal mobil.. dulu mobil jepang hanya sebuah alat utk mengantarkan org dr satu tempat ke tempat yg lain, gak usah ngomong kenyamanan, keamanan, fitur, dll.. Tp pada saat itu mobil2 eropa sdh datang dgn semua teknologi dan fitur2nya.
#justmy2riyal
Klo dlm jangka pendek kepemilikan (dibawah 4th) mungkin mmg mobil jepang memiliki biaya maintenance/repair yg lbh kecil.
Kualitas material (metal cast, dsb) jauh lbh bagus mobil eropa. Kualitas pengerjaan (workmanship) jauh lbh bagus mobil eropa. Jadi dr mana bisa bilang mobil jepang lebih reliable?
Klo ada yg bilang mobil eropa banyak trouble, itu mah krn mmg fitur dan teknologinya jauuuhh lebih banyak drpd mobil jepang. Jadi kemungkinan ada masalah jg lbh banyak.
Masih ingat dulu jaman pake HP 3310? Pernah ada org mengeluh hp nya bermasalah kah? Paling cm low batt aja. Krn mmg fiturnya terbatas, teknologinya ya sebatas GSM phone aja. Hanya utk menghubungkan (komunikasi) satu org dgn org yg lain.. seperti kata Nokia.. connecting people.
Sekarang setelah pake smartphone.. dimana2 org mengeluh sm HP nya.. lelet lah.. baterai cpt bgt habis.. layar kurang responsif.. kamera.. suara.. game.. dll.. dll..
Trs apa itu artinya hp skrg gak se-reliable dulu?? Saya ada hp kerja Kyocera Brigadier, klo ada org yg asal ngomong Nokia 3310 lbh reliable bisa saya buktikan ditempat, tuh nokia 3310 saya pukul pake Brigadier bakal pecah berantakan.
Mkn seperti itu juga soal mobil.. dulu mobil jepang hanya sebuah alat utk mengantarkan org dr satu tempat ke tempat yg lain, gak usah ngomong kenyamanan, keamanan, fitur, dll.. Tp pada saat itu mobil2 eropa sdh datang dgn semua teknologi dan fitur2nya.
#justmy2riyal
Improvise, Adapt and Overcome!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Good topic ini om imsus
Pertanyaan sama di kepala sy bbrp waktu lalu (as eurocar user).Pernah jg ditanyakan o/ bbrp ex momod dimari ke ane. Waktu itu ane jawab sekena nya aja xixixi......
"ya euro car khan purpose awal bikin mbl utk kalangan ningrat b'duit dimana factor kenyamanan dikendarai adl hal yg utama,lainnya (reliability) urusan belakangan , sementara jap's awal bikin purpose nya utk basic transport angkut brg yg berpijak bhw ini mbl hrs simple & n kuat angkut2 barang/org" .
See purpose yg berbeda tsb.
Makin kesini (frekwensi & cost k bengkel kerasa ama dompet ane). Pertanyaan diatas muncul lg di benak xixixi......
Imo, dr tlusuran ane jap's bs lbh reliable krn eurocar maker terjebak dg paradigma mrk sendiri as an inventor n leading technology (ngerasa lbh pinter n tau dr jap's) mrk bikin mbl Hrs one step ahead n hrs terasa luxurynya, nah dr sini lah akhir b'lomba2 tanam high tech stuff, electrical stuff(sensor/modul2), all automat operate agar meberikan kesan luxury & b'technology Tinggi, daya tahan pemakain jd terpinggirkan, lengkaplah sudah kesalahan mrk tsb. Klo reliability basic vs basic engine without hightech stuff, eurocar mnrt ane lbh durable.
Jap's pendekatanya lbh k fungsional n ketahanan prod.nya imo ya. Ex ktr lama ane, adl manufacturing yg produce semi finished plast prod hampir semua pabrikan otomotif r2atopun r4 dimari. Seleksi incoming material pra hingga post produksi termasuk aging test material klo ikutin full JIS spec std ya bagus pisan eui
Tapi.................
Klo itu jap's car mulai instal hightech electrical stuff di mbl nya yah......sebelas dua belas lah om durabilitynya dg eurocar sono.
additional info dr bbrp post diatas yg t'lwt bc
Suka tidak suka kita, dilihat dr index reliablity dr berbagai badan independent yg ukur ini point, top best rank reliability, hampir sebahagian besar/mayoritas adl jap's product.
itu fakta valid yg sdh diukur ya, klo punya jwbn/pengalaman yg b'beda hrs tanya & cari tahu sendiri knp khok bs b'beda.
(Betewe ane euro user yakk ampun jgn di hujat)
Pertanyaan sama di kepala sy bbrp waktu lalu (as eurocar user).Pernah jg ditanyakan o/ bbrp ex momod dimari ke ane. Waktu itu ane jawab sekena nya aja xixixi......
"ya euro car khan purpose awal bikin mbl utk kalangan ningrat b'duit dimana factor kenyamanan dikendarai adl hal yg utama,lainnya (reliability) urusan belakangan , sementara jap's awal bikin purpose nya utk basic transport angkut brg yg berpijak bhw ini mbl hrs simple & n kuat angkut2 barang/org" .
See purpose yg berbeda tsb.
Makin kesini (frekwensi & cost k bengkel kerasa ama dompet ane). Pertanyaan diatas muncul lg di benak xixixi......
Imo, dr tlusuran ane jap's bs lbh reliable krn eurocar maker terjebak dg paradigma mrk sendiri as an inventor n leading technology (ngerasa lbh pinter n tau dr jap's) mrk bikin mbl Hrs one step ahead n hrs terasa luxurynya, nah dr sini lah akhir b'lomba2 tanam high tech stuff, electrical stuff(sensor/modul2), all automat operate agar meberikan kesan luxury & b'technology Tinggi, daya tahan pemakain jd terpinggirkan, lengkaplah sudah kesalahan mrk tsb. Klo reliability basic vs basic engine without hightech stuff, eurocar mnrt ane lbh durable.
Jap's pendekatanya lbh k fungsional n ketahanan prod.nya imo ya. Ex ktr lama ane, adl manufacturing yg produce semi finished plast prod hampir semua pabrikan otomotif r2atopun r4 dimari. Seleksi incoming material pra hingga post produksi termasuk aging test material klo ikutin full JIS spec std ya bagus pisan eui
Tapi.................
Klo itu jap's car mulai instal hightech electrical stuff di mbl nya yah......sebelas dua belas lah om durabilitynya dg eurocar sono.
additional info dr bbrp post diatas yg t'lwt bc
Suka tidak suka kita, dilihat dr index reliablity dr berbagai badan independent yg ukur ini point, top best rank reliability, hampir sebahagian besar/mayoritas adl jap's product.
itu fakta valid yg sdh diukur ya, klo punya jwbn/pengalaman yg b'beda hrs tanya & cari tahu sendiri knp khok bs b'beda.
(Betewe ane euro user yakk ampun jgn di hujat)
Last edited by jivos on Wed Dec 09, 2015 13:38, edited 2 times in total.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Sat May 10, 2014 13:56
- Location: Surabaya
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Kadang banyaknya part kw membuat suatu merk dibilang tahan banting. Sebagai contoh utk truk hino dibanding colt diesel. Setau saya part sneil utk hino hanya ada ori 1.2jt sedangkan colt diesel 600rb dapat utk kwnya, tp ori utk mits 2jt lebih...kunaskun wrote:kalau di indo, reliable itu = part kw 3. mau itu part kw 3 umur cuma awet sebulan juga asal murah meriah dibilang reliable. beda dengan part eropa/jepang non mainstream yang walau ada 3rd party tapi ga ada kw3-nya jadi ga murmer (tetep lebih murah dari ori si) walau awet tetep dibilang ga reliable.
Dari sini orang menganggap merk coltdiesel lbh reliabel
Btw saya percaya merk jerman lbh reliabel kec elektroniknya. Tp kalau chevrolet dan ford kok rasanya kalah ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 15573
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Main problem di beberapa merek selain Jepangan menurut saya :
Kalau dibilang, sebetulnya Eropa itu mesinnya bandel kok, temen saya piara E280 2008, ML350 2009, dan S350 2009 juga semua kayaknya baik - baik aja, nggak pernah ngejogrok / rewel, by the way ML350 nya dipakai harian dan mileage nya mungkin sekarang udah 70ribuan. Transmisi DSG VW yang terkenal rusak-an juga nggak terjadi di beberapa user. Siapa sih yang ragu sama mesin buatan Jerman? Nggak cuma mesin mobil tapi mesin - mesin industri yang bagus juga selalu buatan Jerman. Tapiiii yang jadi masalah itu, biasanya saking canggihnya setiap bagian di mobil Eropa adalah sensor dan elektronik, jadi yang bikin kesel kadang part elektronik ini rusak dan merembet ke bagian lain, membuat stigma Euros = unreliable. Barang elektronik itu menurut saya lebih complicated dibanding mesin atau kaki - kaki. Elektronik itu susah di prediksi ketahanannya berapa lama karena variabelnya sangat banyak. Mobil jepang pun kalo sudah elektronik yang kena juga pusing kok, percayalah, saking elektroniknya dikit aja. Lagian beberapa problem elektronik di mobil Eropa itu sifatnya printilan aja... Mayoritas problem nggak membahayakan nyawa pemiliknya kayak kasus pedal gas Toyota
Dan kebanyakan rusak rusaknya mobil Eropa di Indonesia justru karena jarang dipake... Setau saya mobil Jepang kalau gak dipake juga rewel... Saking image nya mobil Eropa itu mewah jadi orang pada disayang - sayang dan jarang dipake.
Jepang in the other hand terkesan "reliable" karena nyaris semua orang bisa benerin, onderdil gampang, KW an banyak.
Lebih tough, ya nggak juga tuh.
Temen saya miara Camry 2008 kakinya bener bener payah... rusak an melulu, berapa kali itu servis kaki kaki sejak dia beli, terakhir tierodnya udah oblak. Dia sampe bilang "gw belom pernah beli mobil bekas se rewel ini".
Bahkan mobil sejuta umat kayak Avanza yang katanya reliable saja menurut saya nggak spesial reliabilitynya... odometer 40ribu sudah ganti link stabilizer... CR-V saya 40ribu belom ganti apa-apa. Padahal katanya CR-V kakinya rewel... Pemakaian sama kok, dalem kotaan aja. Saking orang kan cuek kalo kaki ya dipaksa jalan aja, mayoritas yang pake Avanza kan cuek, yang penting gak mogok, masa bodo itu sama ban gundul, sokbreker mati, tierod oblak, kampas rem tipis... Makanya terkesan reliable.
Kalau dibilang, sebetulnya Eropa itu mesinnya bandel kok, temen saya piara E280 2008, ML350 2009, dan S350 2009 juga semua kayaknya baik - baik aja, nggak pernah ngejogrok / rewel, by the way ML350 nya dipakai harian dan mileage nya mungkin sekarang udah 70ribuan. Transmisi DSG VW yang terkenal rusak-an juga nggak terjadi di beberapa user. Siapa sih yang ragu sama mesin buatan Jerman? Nggak cuma mesin mobil tapi mesin - mesin industri yang bagus juga selalu buatan Jerman. Tapiiii yang jadi masalah itu, biasanya saking canggihnya setiap bagian di mobil Eropa adalah sensor dan elektronik, jadi yang bikin kesel kadang part elektronik ini rusak dan merembet ke bagian lain, membuat stigma Euros = unreliable. Barang elektronik itu menurut saya lebih complicated dibanding mesin atau kaki - kaki. Elektronik itu susah di prediksi ketahanannya berapa lama karena variabelnya sangat banyak. Mobil jepang pun kalo sudah elektronik yang kena juga pusing kok, percayalah, saking elektroniknya dikit aja. Lagian beberapa problem elektronik di mobil Eropa itu sifatnya printilan aja... Mayoritas problem nggak membahayakan nyawa pemiliknya kayak kasus pedal gas Toyota
Dan kebanyakan rusak rusaknya mobil Eropa di Indonesia justru karena jarang dipake... Setau saya mobil Jepang kalau gak dipake juga rewel... Saking image nya mobil Eropa itu mewah jadi orang pada disayang - sayang dan jarang dipake.
Jepang in the other hand terkesan "reliable" karena nyaris semua orang bisa benerin, onderdil gampang, KW an banyak.
Lebih tough, ya nggak juga tuh.
Temen saya miara Camry 2008 kakinya bener bener payah... rusak an melulu, berapa kali itu servis kaki kaki sejak dia beli, terakhir tierodnya udah oblak. Dia sampe bilang "gw belom pernah beli mobil bekas se rewel ini".
Bahkan mobil sejuta umat kayak Avanza yang katanya reliable saja menurut saya nggak spesial reliabilitynya... odometer 40ribu sudah ganti link stabilizer... CR-V saya 40ribu belom ganti apa-apa. Padahal katanya CR-V kakinya rewel... Pemakaian sama kok, dalem kotaan aja. Saking orang kan cuek kalo kaki ya dipaksa jalan aja, mayoritas yang pake Avanza kan cuek, yang penting gak mogok, masa bodo itu sama ban gundul, sokbreker mati, tierod oblak, kampas rem tipis... Makanya terkesan reliable.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Kenapa Japs lebih reliable?
Kalau sy simpulkan (CMIIW) ada 3 aspek: reliability - maintainability - operability ; IMO japs dibilang lebih reliable bukan (hanya) karena reliabilitynya tp lebih ke maintainability. Mobil yg banyak gimmick akan memperbaiki operability, tp alat bantu cenderung menuntut trade off reliability, krn kebanyakan alat bantu berupa electronic yg begitu lifetimenya sampe langsung koit, begitu susah dpt part pengganti (delivery time/mahal) lalu ngejogrok maka pasar akan kasih cap ga reliable dan pasar nggak mudah lupa.