Kenapa Japs lebih reliable?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by b0ku »

pengalaman gw kebanyakan mobil jepang untuk toyota honda loe pake 5th/100rb KM baru mulai rewelnya 5th kebanyakan yg kena bagian karet di kaki2x karena masalah umur karetnya kebanyakan keras jadi getas, kalo nissan livina yach gw nemuin diatas 50rb ud mulai nyanyi jg tapi xtrail jadul seh stau gw super awet....honda jg ada model tertentu rewel turunan K24 rewel di rem sering geter sama Chasis GD maticnya rewel dan diatas 60rb kerap ada masalah di kaki2x, honda yang awet chasis GE ganti oli sama isi bensin aja sampe 5th/100rb km :ngacir:

kalo mobil amrik pengalaman gw 50000++ ud siapin dompet aja deh :ngacir:

kalo merek jerman selama masih BMW dan Merc asal rajin maintenace mustinya gak jauh beda sama jepang, jerman itu yang rewel produknya VW group masalahnya electrical sama geabox problem kadang jg ECU dan sensor sensitif :ngacir:

gw bilang seh tergantung merek kayaknya cuma mobil jerman interiornya lebih rentan rusak karena materialnya kebanyakan pake soft pad dan bahan kayak karet gitu biasanya gw suka nemuin banyak bekas goresan kuku di interior mobil jerman bekas, malah gw pernah nemuin kasus di ferarri maserati boss gw tombolnya banyak yg lumer lengket gitu katanya penyebabnya kebanyakan di taro di basement lembab :ngacir:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by jivos »

:big_grin:
bapakne_satya wrote:Kalau sy simpulkan (CMIIW) ada 3 aspek: reliability - maintainability - operability ; IMO japs dibilang lebih reliable bukan (hanya) karena reliabilitynya tp lebih ke maintainability. Mobil yg banyak gimmick akan memperbaiki operability, tp alat bantu cenderung menuntut trade off reliability, krn kebanyakan alat bantu berupa electronic yg begitu lifetimenya sampe langsung koit, begitu susah dpt part pengganti (delivery time/mahal) lalu ngejogrok maka pasar akan kasih cap ga reliable dan pasar nggak mudah lupa.
Yup tepat om :big_exellent:
Alat bantu yg banyak attached di eurocar itulah yg bikin dia jeblok di scoring reliability yg diadakan
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1964
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by alvin23 »

billyd1773dz wrote:oyah...

sapa bilang japs paling durable??

Image


sumber: majalah legendaris 2015

:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
sebagai user chevrolet dan user Toyota .... saya sampe sekarang masih mikir kenapa chevy bisa paling atas masalah "durability"
.
.
.
.
.
kalo mazda gapapa lah dibawah :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Rocky R ADS CVT 2021
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by octafiantos »

Saya punya hobi ngobrol sama sopir taksi kalo memungkinkan. Ini obrolan beberapa minggu yll, naik Blue Bird mobilnya Almeira.

Awalnya saya bilang mobilnya baru (yes, 100k kan di taksi cuma beberapa bulan saja, ngga sampe setahun). Saya puji mobilnya enak, keluar keluhannya. Daftar perbaikan dan keluhan yang sempat saya catat di bawah ini. Master kopling sudah 2x ganti. Aki sudah 2x ganti, hanya tahan 6 bulan disiksa gaya taksi setiap hari jalan 3xx km. Kondensor sudah pernah ganti. "Sarang tawon di dalem dasbor saja ganti Pak. Apa itu namanya, saya kurang paham. Saya bawa taksi selama ini baru pernah sekali ganti benda itu." Saya cuma terkekeh. Kaki kaki sudah ganti tapi nggak inget itemnya apa saja.

Saya balas, dapet unit jelek kali. Dia jawab mobil Almeira ada 200 sekian pak di pool ini (Tangerang), banyak yang sama. Terutama aki, hanya tahan 6 bulan. Sama master kopling jeblos, ngga bisa masuk gigi.

Saya agak ga percaya tapi apa untungnya juga dia bohong. Btw Almeira ini dihitung Jap apa France ya? Saya sering baca forum lain, thread rekomendasi beli mobil. Mostly anti Toyota, dan sering rekomen jenis aneh kaya 806, Caravelle. Saya beberapa kali baca rekomendasi beli Almeira. Nggak kebayang kalo case di atas beneran terjadi.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1964
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by alvin23 »

Hahaha.... kadang harus ngerasain sendiri oom baru kapok..

pasti mod Dohc senyum2 aja baca post nya om octa
Rocky R ADS CVT 2021
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by jivos »

Reliability itu Yg dilihat :big_peace:
1. Seberapa sering mbl breakdown
2. Seberapa besar ongkos perbaikannya

Mbl yg rusak ampe 5 kali dimana each time to fix mis hanya rp500rb, dilihat msh lbh baik hitungannya drpd mbl yg cm 1 kali rusak tp cost to fixnya kena 5jt
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by daftar »

ChZ wrote: Bahkan mobil sejuta umat kayak Avanza yang katanya reliable saja menurut saya nggak spesial reliabilitynya... odometer 40ribu sudah ganti link stabilizer... CR-V saya 40ribu belom ganti apa-apa. Padahal katanya CR-V kakinya rewel... Pemakaian sama kok, dalem kotaan aja. Saking orang kan cuek kalo kaki ya dipaksa jalan aja, mayoritas yang pake Avanza kan cuek, yang penting gak mogok, masa bodo itu sama ban gundul, sokbreker mati, tierod oblak, kampas rem tipis... Makanya terkesan reliable.
yang ini sangat setuju mod :big_exellent:





ada juga mobil sedan jepang tahun 90'an yg mesinnya kuat dan durable (mungkin seperti eropa) tapi part mahal dan dianggap tidak riliable sesama jepang, yaitu mitsubishi.
mungkin dianggap tidak riliable karena harga spare part nya mahal, sehingga kalo rusak dibiarin aja, di-akalin aja sama montir, atau dibelikan part KW, jadinya gampang rusak lagi dan merembet ke bagian lain, terus akhirnya dianggap gak reliable deh
:ngacir:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by newrubble »

sy komentar sisi awam sj ...technical bkn expertise sy

pertanyaan itu bisa sy samakan dg ... knp vw lbh reliable drpd brands lain?

kalo atlas ball sy putar ke brasil

jwp yg sama dg thread title ini:

krn investment commitment yg bgt kuat dlm bentuk manufacturing base dg massive local vendoring network dan specific design(s) for local(regional) market fit(s) for average local mindset**

(**lifespan n downtime)

lifespan: org indo mau mobilnya bisa jalan terus sampai kiamat (org jpn tau itu n bikin bgtu husus ina-dm) ...tdk ada org indo yg bawa mobil yg driveable ke suku tertentu u scrap

downtime: indo itu kalo sdh bener rusak n tdk bs jalan normal (ini minority opinion kalo sy bicara di forum ini krn isinya car enthusiasts smua tapi kalo diluar forum n di indo ya akan byk yg stuju) tapi org di negara maju itu downtime due saat ada part(s) expire(s) meski mobil masih bs jalan normal

krn itu servicebook di indo punya service interval yg beda dg disini (sy punya ada jatwal ganti airbag cartrige n seatbelt re-inspection serta ganti bumper absorber serta structural xray inspection) ...parts logistic disini oleh authorized workshop terbatas sampai 15th sj sejak first launch n 15th berikut oleh aftermarket (generic) part producer

metal component di indo pakai rustproof terkuat ... kalah EU krn disini ada aturan ecofriendliness ...hrs bisa decay (corrosion) spy mudah recycling ... smua antirust chemical dipakai di indo spy besi tdk.akan bolong kena karatan
swag7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by swag7 »

b0ku wrote:
kalo merek jerman selama masih BMW dan Merc asal rajin maintenace mustinya gak jauh beda sama jepang, jerman itu yang rewel produknya VW group masalahnya electrical sama geabox problem kadang jg ECU dan sensor sensitif :ngacir:
Pernah piara VW Om? Saya punya VW Golf sejak Mk5 smp Mk7, sepupu pake Scirocco juga.
Pak Dhe dulu punya Combi van.
Dan menurut kami VW adalah salah satu mobil paling reliable. Mau yg generasi air cooled ataupun water cooled semuanya mantab.

Isu DSG di VW? Brp persen kasusnya? Pernah mengalami sendiri atau cm katanya? Memangnya tranmisi otomatis merk lain gak ada masalah? Saya gak pernah mengalami masalah DSG dgn semua Golf saya. VW sangat membanggakan DSG nya dan saat pertama diperkenalkan nih transmisi mencuri perhatian dunia, jd hot topik. Makanya saat ada yg bermasalah jg jd hot topik krn expektasi user yg tll tinggi.
Gak bs dibandingkan sm transmisi otomatis jaman purba punya toyota atau bahkan dual-clutch nya Ford.

Soal sensor dan elektronik mah semua yg selevel dgn fitur/tech yg jg selevel sama aja resiko rusaknya. Namanya elektronik susah dipastikan durability dan lifetime nya
Improvise, Adapt and Overcome!
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by ChZ »

jivos wrote: Tapi.................
Klo itu jap's car mulai instal hightech electrical stuff di mbl nya yah......sebelas dua belas lah om durabilitynya dg eurocar sono. :big_peace:
Saya baru inget... Jepangan yang sekarang teknologinya mendekati Eropa, Mazda, durability nya juga nggak jauh beda dengan Mercedes dan BMW yang "katanya" rewel :big_peace:

Since Skyactiv generation terutama... electrical stuff nya banyak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by ChZ »

swag7 wrote: Pernah piara VW Om? Saya punya VW Golf sejak Mk5 smp Mk7, sepupu pake Scirocco juga.
Pak Dhe dulu punya Combi van.
Dan menurut kami VW adalah salah satu mobil paling reliable. Mau yg generasi air cooled ataupun water cooled semuanya mantab.

Isu DSG di VW? Brp persen kasusnya? Pernah mengalami sendiri atau cm katanya? Memangnya tranmisi otomatis merk lain gak ada masalah? Saya gak pernah mengalami masalah DSG dgn semua Golf saya. VW sangat membanggakan DSG nya dan saat pertama diperkenalkan nih transmisi mencuri perhatian dunia, jd hot topik. Makanya saat ada yg bermasalah jg jd hot topik krn expektasi user yg tll tinggi.
Gak bs dibandingkan sm transmisi otomatis jaman purba punya toyota atau bahkan dual-clutch nya Ford.

Soal sensor dan elektronik mah semua yg selevel dgn fitur/tech yg jg selevel sama aja resiko rusaknya. Namanya elektronik susah dipastikan durability dan lifetime nya
Setuju om... kayaknya beberapa kawan saya juga fine fine saja dengan Golf MK.6 TSI nya. Mechatronic problem itu juga faulty dari pabrikan, solved dengan diganti gratis tis.

DCT seems to be problematic because no one has ever used it... komponen bergerak di DCT jauh lebih banyak daripada 4-speed purba nya Toyota atau bahkan CVT.

Sama kayak bilang Motor sport lebih rewel daripada motor bebek... Ya iyalah motor bebek pake teknologi satu abad lalu... Ntar motor sport dikasih teknologi jadul juga protes gak bisa lari.

Electrical problems di VW setau saya juga solved in a glitch... colok scanner utak atik beres.

Banyak yang bilang electrical bikin ribet, menurut saya malah ngga. Electrical justru bikin lebih mudah. Electrical problems di mobil Eropa biasanya solved dengan colok scanner, masalah remeh temeh yang gak se-deadly pedal gas nyangkut atau power window korslet.

Coba nggak ada electrical, nggak ada ECU, wuidih ngedetect mobil ngelitik aja bisa butuh waktu berjam - jam karena ngga tau penyebabnya.

Kadang masalah remeh temeh dibikin heboh, itulah orang Indonesia...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by geofreyap »

Ehhmm ga jd deh.. Sy udh tulis banyak kalimat & setelah sy review lg, sy batalkan utk submit paragraf2 itu, krn bisa menyinggung bbrp pihak. Soalnya sy orang yg jujur dan gila kualitas. Jadi lidah saya tajam, dan kata2 saya bisa nampar orang kalo lg ngobrol, baik di dunia nyata, atau di forum.

Jadi kalo kebengkel, sy sering bongkar & pasang sendiri selama sy bisa, tp kalo sekiranya bakal mengotori pakaian, saya br biarkan mekaniknya kerja & saya pura2 ga ngerti atau ga bisa bongkar atau pasang. Nyampe rumah, sy double check smua. Kliatan aneh memang ya.

Dan sy sudah 2x mempermalukan team mekanik beserta sa di a2k krn mreka tdk bs troubleshoot masalah di mobil sy, dan sy bisa di saat itu.
3 orang mekanik di kemayoran pun sempat berhenti melakukan pekerjaannya dan menatap ke arah sy ketika mreka mendengar saya bertanya mengenai masalah kualitas kerja yg dijanjikan nantinya, karena saat mreka explain cara kerja yg akan mreka lakukan, saya menolak dgn alasan sy bisa melakukannya dgn hasil yg lebih baik dirumah sendiri.

Tp selalu ada papi sy yg menetralisir keadaan krn papi sy juga gila kualitas tp dia bisa basa-basi buat bercanda, sdngkan sy ga bisa. Dan selesai ngebengkel, selalu bokap bilang, "that's how people live their life. Kualitas buat mreka bukan yg utama. Yg penting dapet uang, that's all. Kita bukan levelnya lagi ngurusin hal itu. Blm tentu juga kita ketemu mereka setahun skali. Mulut kamu dirubah jg. Suatu hari ada saatnya kamu dihajar orang dan papi ga akan bantu kamu, biar kamu belajar sesuatu."

Jadi, selain niat & perilaku si pemilik mobil, kualitas kerja mekanik juga berperan di dalam masalah ketahanan & keawetan suatu brand. Soalnya mnurut saya mobil itu benda mati, dan kita manusia adalah makhluk hidup. Jd kita sendiri yg menentukan nasib & usia si mobil.
Niat & kualitas perawatan, itu dasarnya.

Jadi kalau kualitas kerja mekanik blm bisa menghasilkan angka 100% saat handle japs brand, apalagi handle non-japs yg mostly lbh advance mobilnya?

So.. Kalo ada yg bilang mekanik indonesia pintar-pintar, sy ga setuju. Tp kalo kreatif, ya..
Kalo orang pintar, saat ditanya 1+1= berapa, pasti jawabnya 2. Tp kalo org kreatif, jawabannya jendela.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by b0ku »

swag7 wrote:
b0ku wrote:
kalo merek jerman selama masih BMW dan Merc asal rajin maintenace mustinya gak jauh beda sama jepang, jerman itu yang rewel produknya VW group masalahnya electrical sama geabox problem kadang jg ECU dan sensor sensitif :ngacir:
Pernah piara VW Om? Saya punya VW Golf sejak Mk5 smp Mk7, sepupu pake Scirocco juga.
Pak Dhe dulu punya Combi van.
Dan menurut kami VW adalah salah satu mobil paling reliable. Mau yg generasi air cooled ataupun water cooled semuanya mantab.

Isu DSG di VW? Brp persen kasusnya? Pernah mengalami sendiri atau cm katanya? Memangnya tranmisi otomatis merk lain gak ada masalah? Saya gak pernah mengalami masalah DSG dgn semua Golf saya. VW sangat membanggakan DSG nya dan saat pertama diperkenalkan nih transmisi mencuri perhatian dunia, jd hot topik. Makanya saat ada yg bermasalah jg jd hot topik krn expektasi user yg tll tinggi.
Gak bs dibandingkan sm transmisi otomatis jaman purba punya toyota atau bahkan dual-clutch nya Ford.

Soal sensor dan elektronik mah semua yg selevel dgn fitur/tech yg jg selevel sama aja resiko rusaknya. Namanya elektronik susah dipastikan durability dan lifetime nya
sudah ngalamin sendiri kebetulan dulu mobil kantor saya audi v6 salah satu produk vw group ecunya ud kena sejak saya pake jd kalo mau pake idupinnya perjuangan kadang
suka mati sendiri di jalan kmnya baru 30rban waktu itu

ecunya kena karena akinya suka flat boss jarang pake tuh mobil dulunya jd dikasih ke saya pake

terus temen ada yg beli A6 bekas jg rewel gearboxnya kena mulu jebol abis 20jtan saya lupa apanya yg rusak temen saya jg bandel seh

yg baru2x seh temen pake q3 ganti pelek sensornya eror katanya lampu suka nyala2x

emang kata kepala motir pik vw masih recomended yg gak recomend tuh audinya, tapi dia wanti2x ke saya juga kalo beli TSI banyak yg kena masalah di dsg mecatroniknya tapi yg dryclutch 7 speed makannya saya jd ngeri kalo yg wet 6Speed saya mungkin masih berani

kebanyakan emang masalahnya di audi seh saya sendiri ngerasain ngerawat VW baru bettle 1600 aja itu jg karena boss beli dari baru jd belom ketauan rewelnya cuma rata2x mobil boss gw di garasi europe semua km dibawah 60rban semua masalahnya 1001 gw yg gak punya aja ikut pusing urusinnya :ngacir:
Last edited by b0ku on Wed Dec 09, 2015 22:55, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by DOHC »

octafiantos wrote:Saya punya hobi ngobrol sama sopir taksi kalo memungkinkan. Ini obrolan beberapa minggu yll, naik Blue Bird mobilnya Almeira.

Awalnya saya bilang mobilnya baru (yes, 100k kan di taksi cuma beberapa bulan saja, ngga sampe setahun). Saya puji mobilnya enak, keluar keluhannya. Daftar perbaikan dan keluhan yang sempat saya catat di bawah ini. Master kopling sudah 2x ganti. Aki sudah 2x ganti, hanya tahan 6 bulan disiksa gaya taksi setiap hari jalan 3xx km. Kondensor sudah pernah ganti. "Sarang tawon di dalem dasbor saja ganti Pak. Apa itu namanya, saya kurang paham. Saya bawa taksi selama ini baru pernah sekali ganti benda itu." Saya cuma terkekeh. Kaki kaki sudah ganti tapi nggak inget itemnya apa saja.

Saya balas, dapet unit jelek kali. Dia jawab mobil Almeira ada 200 sekian pak di pool ini (Tangerang), banyak yang sama. Terutama aki, hanya tahan 6 bulan. Sama master kopling jeblos, ngga bisa masuk gigi.

Saya agak ga percaya tapi apa untungnya juga dia bohong. Btw Almeira ini dihitung Jap apa France ya? Saya sering baca forum lain, thread rekomendasi beli mobil. Mostly anti Toyota, dan sering rekomen jenis aneh kaya 806, Caravelle. Saya beberapa kali baca rekomendasi beli Almeira. Nggak kebayang kalo case di atas beneran terjadi.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
alvin23 wrote:Hahaha.... kadang harus ngerasain sendiri oom baru kapok..

pasti mod Dohc senyum2 aja baca post nya om octa
tau aj nt... :mky_03: :mky_03:

tp kl ini ane ga bakal hujat2 tuh merek lg... pusing ntar inbox ane penuh ama complain2 fenboy2an denial nya..

tp mengenai kopling... ane ga heran koq... dl pas mau ganti kopling... ntuh part csc (pengganti dek laher, dan garpu yg buat nonjok matahari) pemasangan nya ga bsa serampangan... ga boleh ad udara ... dan bleeding nya musti bener.. kl ad yg ngawur, yah lama2 jebol tuh karet seal di CSC.. jgn kan bengkel biasa... wong dl batch awal2 aj ad beberapa kasus CSC jebol atau rembes koq... trus kl gt CSC ga awet donk ?? ga juga, ntuh part buatan valeo italy... parts yg sama konon dipake jg buat beberapa varian pug yg di france sana jd taksi... tau sendiri orang france nyetir kaya apa... awet2 aja koq... jd kl mnurut nubie ane, mungkin faktor human faktor pas assembling aj...

aki cepet tewas ?? ga heran jg... ane moderate user aj cuman tahan setaon doank... apalagi taksi... pengisian dll ane perna ukur normal koq... idle tanpa beban kisaran 14an... full beban drop dikit tp ga ampe bablas ke 13 kurang.. kayanya krn faktor penempatan aki aj ama suhu mesin yg kelewat panas... wong klip2 plastik yg megang fuel rail ane aj dl bsa patah kaya krupuk..

AC, ini faktor hoki2an kayanya... tp overall emg ga bsa dibilang awet ini calsonic... punya ane dl nyaris smua nya ud perna diganti, kcuali kompresor ama kondensor doank... ohh ama kenob ac nya... sisa nya ud either jebol, pecah atau retak...


overall, ane bsa blg... lipina ini contoh japs yg unreliable... terserah kl bagi para fanboy panas baca nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by sintoni »

b0ku wrote:pengalaman gw kebanyakan mobil jepang untuk toyota honda loe pake 5th/100rb KM baru mulai rewelnya 5th kebanyakan yg kena bagian karet di kaki2x karena masalah umur karetnya kebanyakan keras jadi getas, kalo nissan livina yach gw nemuin diatas 50rb ud mulai nyanyi jg tapi xtrail jadul seh stau gw super awet....honda jg ada model tertentu rewel turunan K24 rewel di rem sering geter sama Chasis GD maticnya rewel dan diatas 60rb kerap ada masalah di kaki2x, honda yang awet chasis GE ganti oli sama isi bensin aja sampe 5th/100rb km :ngacir:

kalo mobil amrik pengalaman gw 50000++ ud siapin dompet aja deh :ngacir:

kalo merek jerman selama masih BMW dan Merc asal rajin maintenace mustinya gak jauh beda sama jepang, jerman itu yang rewel produknya VW group masalahnya electrical sama geabox problem kadang jg ECU dan sensor sensitif :ngacir:

gw bilang seh tergantung merek kayaknya cuma mobil jerman interiornya lebih rentan rusak karena materialnya kebanyakan pake soft pad dan bahan kayak karet gitu biasanya gw suka nemuin banyak bekas goresan kuku di interior mobil jerman bekas, malah gw pernah nemuin kasus di ferarri maserati boss gw tombolnya banyak yg lumer lengket gitu katanya penyebabnya kebanyakan di taro di basement lembab :ngacir:
"Xtrail T30" sama "awet" itu sih ga dijodohkan untuk dijadikan dalam 1 kalimat om.

Current T30 user dari baru sampe skrg. :frm_bang_head:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by b0ku »

sintoni wrote:
b0ku wrote:pengalaman gw kebanyakan mobil jepang untuk toyota honda loe pake 5th/100rb KM baru mulai rewelnya 5th kebanyakan yg kena bagian karet di kaki2x karena masalah umur karetnya kebanyakan keras jadi getas, kalo nissan livina yach gw nemuin diatas 50rb ud mulai nyanyi jg tapi xtrail jadul seh stau gw super awet....honda jg ada model tertentu rewel turunan K24 rewel di rem sering geter sama Chasis GD maticnya rewel dan diatas 60rb kerap ada masalah di kaki2x, honda yang awet chasis GE ganti oli sama isi bensin aja sampe 5th/100rb km :ngacir:

kalo mobil amrik pengalaman gw 50000++ ud siapin dompet aja deh :ngacir:

kalo merek jerman selama masih BMW dan Merc asal rajin maintenace mustinya gak jauh beda sama jepang, jerman itu yang rewel produknya VW group masalahnya electrical sama geabox problem kadang jg ECU dan sensor sensitif :ngacir:

gw bilang seh tergantung merek kayaknya cuma mobil jerman interiornya lebih rentan rusak karena materialnya kebanyakan pake soft pad dan bahan kayak karet gitu biasanya gw suka nemuin banyak bekas goresan kuku di interior mobil jerman bekas, malah gw pernah nemuin kasus di ferarri maserati boss gw tombolnya banyak yg lumer lengket gitu katanya penyebabnya kebanyakan di taro di basement lembab :ngacir:
"Xtrail T30" sama "awet" itu sih ga dijodohkan untuk dijadikan dalam 1 kalimat om.

Current T30 user dari baru sampe skrg. :frm_bang_head:
sorry boss ngetik pake HP :mky_01:
ChZ wrote:
swag7 wrote: Pernah piara VW Om? Saya punya VW Golf sejak Mk5 smp Mk7, sepupu pake Scirocco juga.
Pak Dhe dulu punya Combi van.
Dan menurut kami VW adalah salah satu mobil paling reliable. Mau yg generasi air cooled ataupun water cooled semuanya mantab.

Isu DSG di VW? Brp persen kasusnya? Pernah mengalami sendiri atau cm katanya? Memangnya tranmisi otomatis merk lain gak ada masalah? Saya gak pernah mengalami masalah DSG dgn semua Golf saya. VW sangat membanggakan DSG nya dan saat pertama diperkenalkan nih transmisi mencuri perhatian dunia, jd hot topik. Makanya saat ada yg bermasalah jg jd hot topik krn expektasi user yg tll tinggi.
Gak bs dibandingkan sm transmisi otomatis jaman purba punya toyota atau bahkan dual-clutch nya Ford.

Soal sensor dan elektronik mah semua yg selevel dgn fitur/tech yg jg selevel sama aja resiko rusaknya. Namanya elektronik susah dipastikan durability dan lifetime nya
Setuju om... kayaknya beberapa kawan saya juga fine fine saja dengan Golf MK.6 TSI nya. Mechatronic problem itu juga faulty dari pabrikan, solved dengan diganti gratis tis.

DCT seems to be problematic because no one has ever used it... komponen bergerak di DCT jauh lebih banyak daripada 4-speed purba nya Toyota atau bahkan CVT.

Sama kayak bilang Motor sport lebih rewel daripada motor bebek... Ya iyalah motor bebek pake teknologi satu abad lalu... Ntar motor sport dikasih teknologi jadul juga protes gak bisa lari.

Electrical problems di VW setau saya juga solved in a glitch... colok scanner utak atik beres.

Banyak yang bilang electrical bikin ribet, menurut saya malah ngga. Electrical justru bikin lebih mudah. Electrical problems di mobil Eropa biasanya solved dengan colok scanner, masalah remeh temeh yang gak se-deadly pedal gas nyangkut atau power window korslet.

Coba nggak ada electrical, nggak ada ECU, wuidih ngedetect mobil ngelitik aja bisa butuh waktu berjam - jam karena ngga tau penyebabnya.

Kadang masalah remeh temeh dibikin heboh, itulah orang Indonesia...
gw baru inget yg bikin repot mobil europe sekalinya engine check nyala gw musti solved problem dan ambil OBD buat ilangin jejaknya sedangkan honda/toyota tinggal solved problem aja lsg ilang jejaknya judulnya musti ke beres lagi ending2xnya itu baru namanya masalah kecil jd ribet :ngacir:
swag7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by swag7 »

geofreyap wrote:Ehhmm ga jd deh.. Sy udh tulis banyak kalimat & setelah sy review lg, sy batalkan utk submit paragraf2 itu, krn bisa menyinggung bbrp pihak. Soalnya sy orang yg jujur dan gila kualitas. Jadi lidah saya tajam, dan kata2 saya bisa nampar orang kalo lg ngobrol, baik di dunia nyata, atau di forum.

Jadi kalo kebengkel, sy sering bongkar & pasang sendiri selama sy bisa, tp kalo sekiranya bakal mengotori pakaian, saya br biarkan mekaniknya kerja & saya pura2 ga ngerti atau ga bisa bongkar atau pasang. Nyampe rumah, sy double check smua. Kliatan aneh memang ya.

Dan sy sudah 2x mempermalukan team mekanik beserta sa di a2k krn mreka tdk bs troubleshoot masalah di mobil sy, dan sy bisa di saat itu.
3 orang mekanik di kemayoran pun sempat berhenti melakukan pekerjaannya dan menatap ke arah sy ketika mreka mendengar saya bertanya mengenai masalah kualitas kerja yg dijanjikan nantinya, karena saat mreka explain cara kerja yg akan mreka lakukan, saya menolak dgn alasan sy bisa melakukannya dgn hasil yg lebih baik dirumah sendiri.

Tp selalu ada papi sy yg menetralisir keadaan krn papi sy juga gila kualitas tp dia bisa basa-basi buat bercanda, sdngkan sy ga bisa. Dan selesai ngebengkel, selalu bokap bilang, "that's how people live their life. Kualitas buat mreka bukan yg utama. Yg penting dapet uang, that's all. Kita bukan levelnya lagi ngurusin hal itu. Blm tentu juga kita ketemu mereka setahun skali. Mulut kamu dirubah jg. Suatu hari ada saatnya kamu dihajar orang dan papi ga akan bantu kamu, biar kamu belajar sesuatu."

Jadi, selain niat & perilaku si pemilik mobil, kualitas kerja mekanik juga berperan di dalam masalah ketahanan & keawetan suatu brand. Soalnya mnurut saya mobil itu benda mati, dan kita manusia adalah makhluk hidup. Jd kita sendiri yg menentukan nasib & usia si mobil.
Niat & kualitas perawatan, itu dasarnya.

Jadi kalau kualitas kerja mekanik blm bisa menghasilkan angka 100% saat handle japs brand, apalagi handle non-japs yg mostly lbh advance mobilnya?

So.. Kalo ada yg bilang mekanik indonesia pintar-pintar, sy ga setuju. Tp kalo kreatif, ya..
Kalo orang pintar, saat ditanya 1+1= berapa, pasti jawabnya 2. Tp kalo org kreatif, jawabannya jendela.

Wahh.. ketemu org yg se-type dgn saya! Respect! Gak banyak org spt ini di Indonesia. :big_deal:
Saya pribadi punya 2 prinsip dlm mengerjakan semua hal :

Pertama;
Quality starts with me.
Kedua :
Do it right from the first time and every time.

Karena memegang teguh dua prinsip tadi alhamdulillah bisa jadi kuli professional di over seas sejak 12th lalu, pindah ke lebih dr 10 negara, dgn gaji yg gak malu2in. Padahal saya beneran hanya sekedar 'tukang servis keliling'.

Indonesia banyak orang pinter, seriously. Tapi hanya sedikit sekali yg mau dan bisa bekerja secara professional. Rata2 hanya asal.. asal cpt selesai.. asal cpt dapat uang.. asal aja.. That's so pity. Sama juga spt Om, klo saya ke bengkel pasti 'ribut' sama mekaniknya. Terutama bengkel2 mobil jepang di Surabaya, bener2 asal kerjanya. Saya respect sm mekanik di VW Surabaya (terutama chief mekanik-nya yg exs. VW Qatar), they're more professional than any other Japs brand mech. :frm_salut:

Semoga semakin banyak org2 Indonesia yg mau bekerja secara professional di bidangnya masing2, bekerja dgn 'hati' utk menghasilkan yg terbaik, bekerja dgn smart gak cuma kerja keras.

(Maaf ya klo OOT :ngacir: )
Improvise, Adapt and Overcome!
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by ecoy »

Setuju semua sih sama pendapat master2 disini krn saya memang awam mslh mobil, tp selama saya bc SM bukannya d SM menjunjung japs paling realible, durability bagus, mau d cekokin oli murah n bensin busuk tetep jalan, kaki2 kuat, ada nyamain hiperbola sampe sekuat tank. kenapa sekarang jd berpikir logis japs realible krn apa?uerokar gk realible krn apa?

Apalagi yg namanya innova juaranya d SM soal reability, durability. Sampe ngeri klo beli seken innova (untungnya istri gk suka) krn sangking kuatnya maintenance jd ngawur ada yg isi oli mesran, klo jln main hajar lobang aja (toh sekuat tank). Di suggestion corner aja semua nyaranin innova D4D klo ada yg tnya beli mobil. Kijang memang tiada duanya.

Bagi saya mobil itu mass produce. Semua barang klo d produksi banyak bisa aja dpt kualitas yg kurang bagus, dan ada masa pakai tiap bag part mobil yg memang pasti akan aus (jd gk mungkin klo gk akan gnt spare part. Tank aja tetep ganti spare part kok).

Menurut saya asal terawat dengan baik semua mobil realible. Klo wkt nya hrs gnt spare part ya hrs gnt jgn rekondisi.



Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by billyd1773dz »

^^
wkakakak as owner ipah... g sekuat itu kok...kaki dpn ada yg bunyi, kabin bunyi2 juga... jok 3rd row uda oblak, oli cepet abis... kopling jadi berat n uda beberapa kali ganti, pernah sampe g bisa masuk gigi 1..... pulley alternator pernah loss sampai g bisa ngisi accu nya. fuel filter warning pernah nyala karna solar busuk.....


:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2568
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by farizfsa »

Menurut saya,

reliablity itu relatif, setiap produk kemungkinan emg ada flaws nya. kadang flaws tersebut di recall agar hilang atau ga diapa2in ataupun diakal2in.

kalo blg japs reliable, menurut saya juga relatif om. di negara kita lebih banyak yg daily car nya pake japs car, daily car it means mobil harus jalan terus, mobil jalan terus dianggapnya reliable.

mobil eropa di indonesia itu kebanyakan tidak untuk daily drive, koleksi dan gengsi aja biasanya. ketika rusak di rasionalkan nya seperti ini "mobil kok jarang dipake malah rewel"

tp sepengalaman saya memang, mbl eropa jarang dipake gampang rusak. contohnya saya pernah punya mobil yg persis sama yaitu CLK230 kompressor tahun 2002 dan 2001, yg 2002 yg saya beli pas hanya 2000km aja saya pakai sampe 20rb aja, yg 2001 saya pake dr km 60rb sampe 120rb dalam waktu 4 tahun. yang lebih jarang rusak malah yg dipake, kenapa? karena saya pake terus jd harus sehat, yang km dikit saya simpen aja benerin nanti toh ga pernah dipake. yg km dikit speaker mati, ac ga dingin, dan agak brebet, tp setelah di benerin ringan semua beres. yg km banyak cuma ganti oli, kampas rem sama isi bensin aja dan filter2 oli bensin.

saya juga ada C200K 2008, beli dr baru, 3 tahun saya pake sampe 120rbkm, workhorse bgt, cuma ganti oli, filter dan kampas rem aja.

coba om pake mbl eropa, terutama jerman, pake tiap hari at least 5 hari seminggu, dijamin susah rusak. begitu pula pake jepangan, pake tiap hari juga serasa jarang dan susah rusak.
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by ecoy »

Berarti om billy dpt innovanya yg kualitasnya kurang bagus.

Banyak yg bil kuat, gk rewel, perawatan seadanya innovanya tetap jalan kok om di SM. Gk tau deh klo orgnya senseless sm mobilnya.

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1964
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by alvin23 »

ecoy wrote:Setuju semua sih sama pendapat master2 disini krn saya memang awam mslh mobil, tp selama saya bc SM bukannya d SM menjunjung japs paling realible, durability bagus, mau d cekokin oli murah n bensin busuk tetep jalan, kaki2 kuat, ada nyamain hiperbola sampe sekuat tank. kenapa sekarang jd berpikir logis japs realible krn apa?uerokar gk realible krn apa?

Apalagi yg namanya innova juaranya d SM soal reability, durability. Sampe ngeri klo beli seken innova (untungnya istri gk suka) krn sangking kuatnya maintenance jd ngawur ada yg isi oli mesran, klo jln main hajar lobang aja (toh sekuat tank). Di suggestion corner aja semua nyaranin innova D4D klo ada yg tnya beli mobil. Kijang memang tiada duanya.

Bagi saya mobil itu mass produce. Semua barang klo d produksi banyak bisa aja dpt kualitas yg kurang bagus, dan ada masa pakai tiap bag part mobil yg memang pasti akan aus (jd gk mungkin klo gk akan gnt spare part. Tank aja tetep ganti spare part kok).

Menurut saya asal terawat dengan baik semua mobil realible. Klo wkt nya hrs gnt spare part ya hrs gnt jgn rekondisi.



Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
yang saya bold om, gabisa digeneralisir begitu... perawatan mobil saya semuanya di beres dan part OEM... tapi dari situ aja, saya tau mana mobil2 yang capernya banyak mana yang gak caper...
tapi saya setuju satu hal, jangan pernah sekali2 rekondisi atau akal2an part deh... banyakan buruknya dibanding manfaat
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1964
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by alvin23 »

farizfsa wrote:Menurut saya,

tp sepengalaman saya memang, mbl eropa jarang dipake gampang rusak. contohnya saya pernah punya mobil yg persis sama yaitu CLK230 kompressor tahun 2002 dan 2001, yg 2002 yg saya beli pas hanya 2000km aja saya pakai sampe 20rb aja, yg 2001 saya pake dr km 60rb sampe 120rb dalam waktu 4 tahun. yang lebih jarang rusak malah yg dipake, kenapa? karena saya pake terus jd harus sehat, yang km dikit saya simpen aja benerin nanti toh ga pernah dipake. yg km dikit speaker mati, ac ga dingin, dan agak brebet, tp setelah di benerin ringan semua beres. yg km banyak cuma ganti oli, kampas rem sama isi bensin aja dan filter2 oli bensin.

saya juga ada C200K 2008, beli dr baru, 3 tahun saya pake sampe 120rbkm, workhorse bgt, cuma ganti oli, filter dan kampas rem aja.

coba om pake mbl eropa, terutama jerman, pake tiap hari at least 5 hari seminggu, dijamin susah rusak. begitu pula pake jepangan, pake tiap hari juga serasa jarang dan susah rusak.
setuju sih, barang dirawat dan dipake malah lebih awet biasanya...
pengalaman ane euro car ya cuma pug 206, sama sekarang Captiva (koreaan ini mah haha) , ga rewel kok...

tapi harga part ya masih lebih mahal dari jepangan rata2 (jepangan ada yang gak rata2 soalnya hahaha)
Rocky R ADS CVT 2021
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by ecoy »

Maksd saya om selama dpt mobil yg quality controlnya bagus n gk ada defectnya.

Saya percaya beli barang mass produce itu untung2an dpt yg bagus. Contoh perusahaan produksi 100 kan gk mngkn 100 itu 100% ok semua pst ada 1 or 2 yg kurang dr 100%.

Caper=cari perhatian? Maksdnya gmn om?gk mudeng



Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by billyd1773dz »

ecoy wrote:Berarti om billy dpt innovanya yg kualitasnya kurang bagus.

Banyak yg bil kuat, gk rewel, perawatan seadanya innovanya tetap jalan kok om di SM. Gk tau deh klo orgnya senseless sm mobilnya.

Sent from my GT-N7100 using Tapatalk

"banyak yang bilang bla bla bla bla" itu berka stigma positif atw brand assosiation ke kijang yg uda nempel dari jaman dulu.... stigma sudah positif demikian kuatnya hingga netralisir kenyataan negatif

jika dimana2 orng bilang bandel, mindset owner langsung ni pke mbl bandel lobang hajarr....minimal ada rasa yakin ga khawtir.. bgtu rusak2 dikit hrs beli part gpp deh dimaapin kan masih bisa jalan apalagi dikenal sparepartya murah harga sparepart juga langsung dianggep murah sekalipun sebenernya uda ga murah dan g akan repot compare dgn yg lain.

bgtu pke mbl yg stigmanya rewel part mahal....pakenya hati-hati.. was was n parno.. bunyi2an dikit juga uda langsung paranoid.....mw kebengkel takut2 dgn tagihanya, liat harga part nyesek dikit ngomel.. dan langsung compare dgn mbl lain............ wkwkkw

wkwkwk...ipah gw jalan sih jalan om.............. mogok cuma waktu akinya soak aja, sekali karna uda hrs lembiru, sekali lagi karna pulley altenatornya loss.. clutch n gb ga beres di hajar 450nm wkwkwk



namanya mbl pasti bisa rusak... ada umur pakenya mw dibilang sebandel apapun juga.. :mky_03:


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz