Kenapa Japs lebih reliable?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: 03 May 2015, 07:48

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by keong »

billyd1773dz wrote:^^
wkakakak as owner ipah... g sekuat itu kok...kaki dpn ada yg bunyi, kabin bunyi2 juga... jok 3rd row uda oblak, oli cepet abis... kopling jadi berat n uda beberapa kali ganti, pernah sampe g bisa masuk gigi 1..... pulley alternator pernah loss sampai g bisa ngisi accu nya. fuel filter warning pernah nyala karna solar busuk.....


:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Om bil, tapi kalo perlakuan yg sama dikenakan ke mobil yg berbeda dan itu bukan ipah gimana ? :big_biglaugh: :big_grin:

Yap bener, sekuat apapun, pasti ada ausnya
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by billyd1773dz »

keong wrote:
billyd1773dz wrote:^^
wkakakak as owner ipah... g sekuat itu kok...kaki dpn ada yg bunyi, kabin bunyi2 juga... jok 3rd row uda oblak, oli cepet abis... kopling jadi berat n uda beberapa kali ganti, pernah sampe g bisa masuk gigi 1..... pulley alternator pernah loss sampai g bisa ngisi accu nya. fuel filter warning pernah nyala karna solar busuk.....


:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Om bil, tapi kalo perlakuan yg sama dikenakan ke mobil yg berbeda dan itu bukan ipah gimana ? :big_biglaugh: :big_grin:

Yap bener, sekuat apapun, pasti ada ausnya
perlakuan apa om?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by alvin23 »

ecoy wrote:Maksd saya om selama dpt mobil yg quality controlnya bagus n gk ada defectnya.

Saya percaya beli barang mass produce itu untung2an dpt yg bagus. Contoh perusahaan produksi 100 kan gk mngkn 100 itu 100% ok semua pst ada 1 or 2 yg kurang dr 100%.

Caper=cari perhatian? Maksdnya gmn om?gk mudeng



Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
ini om, cari perhatian, minta diganti part lain-lain wkwk
Rocky R ADS CVT 2021
ecoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: 25 Jun 2013, 13:38

Re: RE: Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by ecoy »

farizfsa wrote:Menurut saya,

reliablity itu relatif, setiap produk kemungkinan emg ada flaws nya. kadang flaws tersebut di recall agar hilang atau ga diapa2in ataupun diakal2in.

kalo blg japs reliable, menurut saya juga relatif om. di negara kita lebih banyak yg daily car nya pake japs car, daily car it means mobil harus jalan terus, mobil jalan terus dianggapnya reliable.

mobil eropa di indonesia itu kebanyakan tidak untuk daily drive, koleksi dan gengsi aja biasanya. ketika rusak di rasionalkan nya seperti ini "mobil kok jarang dipake malah rewel"

tp sepengalaman saya memang, mbl eropa jarang dipake gampang rusak. contohnya saya pernah punya mobil yg persis sama yaitu CLK230 kompressor tahun 2002 dan 2001, yg 2002 yg saya beli pas hanya 2000km aja saya pakai sampe 20rb aja, yg 2001 saya pake dr km 60rb sampe 120rb dalam waktu 4 tahun. yang lebih jarang rusak malah yg dipake, kenapa? karena saya pake terus jd harus sehat, yang km dikit saya simpen aja benerin nanti toh ga pernah dipake. yg km dikit speaker mati, ac ga dingin, dan agak brebet, tp setelah di benerin ringan semua beres. yg km banyak cuma ganti oli, kampas rem sama isi bensin aja dan filter2 oli bensin.

saya juga ada C200K 2008, beli dr baru, 3 tahun saya pake sampe 120rbkm, workhorse bgt, cuma ganti oli, filter dan kampas rem aja.

coba om pake mbl eropa, terutama jerman, pake tiap hari at least 5 hari seminggu, dijamin susah rusak. begitu pula pake jepangan, pake tiap hari juga serasa jarang dan susah rusak.
Setuju nih. Mobil di beli buat d pake ngapain juga ngejogrok or jd garage queen. Kecuali punya bnyak mobil.

saat ini saya punya spin matik. Saat umur mobil br 25 hari (km lupa) gk bs d starter trus telp BeRes kemudian besoknya datang mekanik BeRes stelah d cek ternyata relaynya yg kotor. Setelah d bersihkan kembali normal. Pernah juga hu gk bs detek usb, tp stlh 2 hari bisa detek sndiri. Skrg gk ada keluhan apa2 n umur mobil hmpr 12 bln dgn km 18rb++. Apa itu termasuk rewel?

Kata siapa produk korea sbelum thn 2005 gk realible, contohnya santa fe om imsus tuh. Hehehehe



Sent from my GT-N7100 using Tapatalk
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by alvin23 »

saya pake chevy juga bbrp kalo gitu om... ada masalah yang cuma gara2 sensor kotor/mati...
tapi dalam 3 tahun ini sih cuma 2-3x kena masalah begitu, dan penyelesaiannya cukup klaim dan selesai sehari (mobil tidak nginap).

kalo bagi saya sih udah cukup bagus reliabilitynya
toh naikannya bueda jauh dibanding Innova yg dipake sebelumnya hehehe

*salam chevy yak om hehe
Rocky R ADS CVT 2021
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by Michaelktp »

Japs lebih reliable ? Kalau dibilang reliable di Indonesia mungkin karena penguasaan Japs atas pasar otomotif Indonesia sampai hampir 97%. Ini berarti sangat sangat DOMINAN, bukan sekadar mendominasi doang. Oleh karena itu pasti menimbulkan image positif di masyarakat dibanding produk mobil South Korea, Europe dan US. Akan tetapi tentu akan beda hasilnya jika ditanyakan di Europe, bahkan masyarakat di sana masih lebih memilih brand US semacam Ford dibanding Japan most popular macam Toyota Honda. Oleh karena itu Ford Fiesta bisa masuk sebagai mobil terlaris di Britania Raya. Bahkan Honda pun termasuk gagal di Eropa sana walau terkesan ironis karena mobil Honda sangat sukses di pasaran mobil US. Pasar Suzuki di Eropa masih lebih besar sedikit dari Honda....padahal Suzuki tidak berkutik di pasar mobil US bahkan sering dianggap produsen motor doang.
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: 03 May 2015, 07:48

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by keong »

billyd1773dz wrote:
keong wrote:
billyd1773dz wrote:^^
wkakakak as owner ipah... g sekuat itu kok...kaki dpn ada yg bunyi, kabin bunyi2 juga... jok 3rd row uda oblak, oli cepet abis... kopling jadi berat n uda beberapa kali ganti, pernah sampe g bisa masuk gigi 1..... pulley alternator pernah loss sampai g bisa ngisi accu nya. fuel filter warning pernah nyala karna solar busuk.....


:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Om bil, tapi kalo perlakuan yg sama dikenakan ke mobil yg berbeda dan itu bukan ipah gimana ? :big_biglaugh: :big_grin:

Yap bener, sekuat apapun, pasti ada ausnya
perlakuan apa om?
Misal perawatan yg diberikan n cara bawa mobilnya semua sama tapi itu bukan lah ipah kira2 masih bisa tahan gak om ?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by ChZ »

2 sedan toyota yang konon katanya toyota reliabel bla bla bla juga nggak sekuat itu :mky_03:

1 kasus camry temen ane... 1 lagi punya member sini good_boy86 yang jarang dipake.. Altis 2009 V AT. Masih low mileage, tapi support shock sudah kena. Onderdil gampang, ya nggak juga. Itu support shock Beres g ready :mky_03: MarkX nya good_boy86 juga si empunya sudah ngeluh bunyi bunyi :mky_03:

CR-V yang katanya honda kakinya rewel.. engine mountingnya rewel... punya saya masih gpp padahal udah 4 tahun... :e-whistle: padahal udah pernah dimasukin ring 20.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by DOHC »

ChZ wrote: CR-V yang katanya honda kakinya rewel.. engine mountingnya rewel... punya saya masih gpp padahal udah 4 tahun... :e-whistle: padahal udah pernah dimasukin ring 20.
crv termasuk robust mods utk urusan kaki2...

apalagi utk gen RE onwards... dr temen, klien ampe saudara ane yg make jenis2 crv ini rata2 ga ad kluhan soal kaki2... apart from bantingan super keras aj utk RE gen awal... ohh, plg enjin mounting yg doyan pecah... dan mihulll bener utk ukuran sbongkah karet... sisa nya sehh, pd blg ini mobil low maintenance...

apalagi ini salah satu jenis mobil yg ud proven as nonik2 choice.... tau sendiri mreka kl nyetir kaya apa...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
mangujo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: 16 Mar 2014, 02:21

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by mangujo »

farizfsa wrote:Menurut saya,

reliablity itu relatif, setiap produk kemungkinan emg ada flaws nya. kadang flaws tersebut di recall agar hilang atau ga diapa2in ataupun diakal2in.

kalo blg japs reliable, menurut saya juga relatif om. di negara kita lebih banyak yg daily car nya pake japs car, daily car it means mobil harus jalan terus, mobil jalan terus dianggapnya reliable.

mobil eropa di indonesia itu kebanyakan tidak untuk daily drive, koleksi dan gengsi aja biasanya. ketika rusak di rasionalkan nya seperti ini "mobil kok jarang dipake malah rewel"

tp sepengalaman saya memang, mbl eropa jarang dipake gampang rusak. contohnya saya pernah punya mobil yg persis sama yaitu CLK230 kompressor tahun 2002 dan 2001, yg 2002 yg saya beli pas hanya 2000km aja saya pakai sampe 20rb aja, yg 2001 saya pake dr km 60rb sampe 120rb dalam waktu 4 tahun. yang lebih jarang rusak malah yg dipake, kenapa? karena saya pake terus jd harus sehat, yang km dikit saya simpen aja benerin nanti toh ga pernah dipake. yg km dikit speaker mati, ac ga dingin, dan agak brebet, tp setelah di benerin ringan semua beres. yg km banyak cuma ganti oli, kampas rem sama isi bensin aja dan filter2 oli bensin.

saya juga ada C200K 2008, beli dr baru, 3 tahun saya pake sampe 120rbkm, workhorse bgt, cuma ganti oli, filter dan kampas rem aja.

coba om pake mbl eropa, terutama jerman, pake tiap hari at least 5 hari seminggu, dijamin susah rusak. begitu pula pake jepangan, pake tiap hari juga serasa jarang dan susah rusak.
Saya rasa ini benar
Berhubung dulu bpk saya pernah miara bmw e36
Belinya pas udh umur 12 tahun, tapi odometer cuma 40rb
Ini mobil kata pemilik sebelumnya cuma nongkrong di garasi dan dipanasin doang sih banyaknya.
Jarang dipake....
Tapi ternyata setelah dibeli banyak masalah euyy, jadi heran sama e36 yg punya temen saya. Odometer nya udh 120rb++ dipake daily tapi gak serewel e36 papa saya.
Akhirnya mobil jarang dipake, cuman ditutupin terus digarasi sampe akhirnya taun depannya dijual.
Makanya skrg minta e60 buat kuliah gak dikasi, kapok sama ngerawat bmw and mahal biaya perawatan. Padahal saya pecinta bmw dari masih tk.
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 634
Joined: 11 Feb 2014, 20:33
Location: Jakarta

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by piggypig77 »

ChZ wrote:2 sedan toyota yang konon katanya toyota reliabel bla bla bla juga nggak sekuat itu :mky_03:

1 kasus camry temen ane... 1 lagi punya member sini good_boy86 yang jarang dipake.. Altis 2009 V AT. Masih low mileage, tapi support shock sudah kena. Onderdil gampang, ya nggak juga. Itu support shock Beres g ready :mky_03: MarkX nya good_boy86 juga si empunya sudah ngeluh bunyi bunyi :mky_03:

CR-V yang katanya honda kakinya rewel.. engine mountingnya rewel... punya saya masih gpp padahal udah 4 tahun... :e-whistle: padahal udah pernah dimasukin ring 20.
Bro sorry ya OOT,mau numpang nanya pernah ga CRV nya ada bunyi gluduk2 gitu?
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by amfibi »

sintoni wrote:
b0ku wrote:pengalaman gw kebanyakan mobil jepang untuk toyota honda loe pake 5th/100rb KM baru mulai rewelnya 5th kebanyakan yg kena bagian karet di kaki2x karena masalah umur karetnya kebanyakan keras jadi getas, kalo nissan livina yach gw nemuin diatas 50rb ud mulai nyanyi jg tapi xtrail jadul seh stau gw super awet....honda jg ada model tertentu rewel turunan K24 rewel di rem sering geter sama Chasis GD maticnya rewel dan diatas 60rb kerap ada masalah di kaki2x, honda yang awet chasis GE ganti oli sama isi bensin aja sampe 5th/100rb km :ngacir:

kalo mobil amrik pengalaman gw 50000++ ud siapin dompet aja deh :ngacir:

kalo merek jerman selama masih BMW dan Merc asal rajin maintenace mustinya gak jauh beda sama jepang, jerman itu yang rewel produknya VW group masalahnya electrical sama geabox problem kadang jg ECU dan sensor sensitif :ngacir:

gw bilang seh tergantung merek kayaknya cuma mobil jerman interiornya lebih rentan rusak karena materialnya kebanyakan pake soft pad dan bahan kayak karet gitu biasanya gw suka nemuin banyak bekas goresan kuku di interior mobil jerman bekas, malah gw pernah nemuin kasus di ferarri maserati boss gw tombolnya banyak yg lumer lengket gitu katanya penyebabnya kebanyakan di taro di basement lembab :ngacir:
"Xtrail T30" sama "awet" itu sih ga dijodohkan untuk dijadikan dalam 1 kalimat om.

Current T30 user dari baru sampe skrg. :frm_bang_head:
:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Bener banget om wkwkwk...

Bulan kemaren T30 05 kelg ane ngulah tuh, dr mati mesin sendiri, terus RPM pas di N/P ampe 2000, terus brebet2, dsb dsb dsb (kasusnya bergantian, ga bersamaan) bikin pusing 7 keliling .... :big_dunno:
Masuk bengkel servis 6.5jt dr fanbelt crackshaft throttle body tuneup ganti oli2 dsb dsb dsb, skrg alhamdulillah lancar lg sih :big_smile]
Tinggal skrg bearing roda nya harus diganti ama AT belom kuras ...

Kayanya anggapan mobil jepang reliable mah kata ane cuma di type2 tertentu aja, wkwkwk...
Rusak2 di mobil jepang dianggap sama orang2 yg punya tuh biasa (termasuk ane) karna stigma nya nih mobil kuat lah ini jg rusak lagi paling karna xyz,

ehhh pas di mobil eropa sekali rusak lsg ngedumel ah nih mobil ga ada kuatnya padahal rusaknya sama aja kyk yg jepang :mky_07:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: 02 Sep 2008, 07:19
Location: Bandungers
Contact:

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by billyd1773dz »

keong wrote:
billyd1773dz wrote:
keong wrote:
Om bil, tapi kalo perlakuan yg sama dikenakan ke mobil yg berbeda dan itu bukan ipah gimana ? :big_biglaugh: :big_grin:

Yap bener, sekuat apapun, pasti ada ausnya
perlakuan apa om?
Misal perawatan yg diberikan n cara bawa mobilnya semua sama tapi itu bukan lah ipah kira2 masih bisa tahan gak om ?
my point is... event ipah bukan tank yang ga bisa rusak.....

sebelum ipah sya pke tokidis dari 1997-2011 odo sudah 500rb lebih. dipkenya jauh lebih jorok, overall tokidis lebih bandel dri ipah. meski bukan bearti g ada yg rusak ya.


pernah juga case jeep dan toyota sampe berbulan2 diam karna nyari sparepart atw sekedar nyari "rusaknya tu apa sie"

meski akhirnya yg toyota lebih duluan bisa hidup... dan mlh mekanik di kota kecil yg bisa hidupinnya. enjin toyota built up yg g pernah di jual apm indo.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: 31 Dec 2012, 12:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by amfibi »

billyd1773dz wrote:
keong wrote:
billyd1773dz wrote: perlakuan apa om?
Misal perawatan yg diberikan n cara bawa mobilnya semua sama tapi itu bukan lah ipah kira2 masih bisa tahan gak om ?
my point is... event ipah bukan tank yang ga bisa rusak.....

sebelum ipah sya pke tokidis dari 1997-2011 odo sudah 500rb lebih. dipkenya jauh lebih jorok, overall tokidis lebih bandel dri ipah. meski bukan bearti g ada yg rusak ya.


pernah juga case jeep dan toyota sampe berbulan2 diam karna nyari sparepart atw sekedar nyari "rusaknya tu apa sie"

meski akhirnya yg toyota lebih duluan bisa hidup... dan mlh mekanik di kota kecil yg bisa hidupinnya. enjin toyota built up yg g pernah di jual apm indo.

:beer:
Iyah kan emang bukannya ga bisa rusak, namanya benda dipake wkwk... innova ane juga begitu lah ada radiator bocor/rem los/kaki2 bunyi ... Tapi kalo ditilik lebih lanjut dgn usia odonya yg udah 200rb lebih dan pemakaiannya yg ajrug ujrug ga keruan, yaaa udah hebat banget lah bisa bertahan gitu mah dibanding mobil lain :big_love:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by ak4ng »

Btw emg jepangan lbh reliable, berdasarkan pengalaman sendiri, produk korea yg ane pelihara yaitu trajet dan carnival ga sampe 3 taun uda jebol sana sini :e-naughty: perlakuan yg kurleb sama kepada kijang malah tahan 10 tahun, dijual kijang karna terguling wkwkwk, perlakuan yg sama buat inova jg dari 2010 ampe 2015 jg g ad masalah signifikan selain fc nya yg ga nahan jd d tuker mobilio seken wkwkkw :upss: , jaman keluarga masi pelihara eropa yaitu w140 s320 sm e36 323 ane masi sd jd ngak gt inget dan ngerti :shrug: yg ane inget problem elektrikal yg sering bermasalah kalo eropa, e36 nya sempet koslet ampe urut kabel total, cmiiw imho :cupss:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by imsus2c »

Wah...ditinggal sehari udh ramai...

Makasih atas sundulannya di trid ini, saking banyaknya jadi maaf ngga bisa reply 1-1 :D

Jadi dari post2 di 3 halaman ini, rata-rata persepsinya Japs di sini lebih reliable karena simple, populasi banyak, banyak mekanik/bengkel familiar, parts melimpah dari yg ori sampai kw1001...dst...dst...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by imsus2c »

billyd1773dz wrote:
keong wrote:
billyd1773dz wrote: perlakuan apa om?
Misal perawatan yg diberikan n cara bawa mobilnya semua sama tapi itu bukan lah ipah kira2 masih bisa tahan gak om ?
my point is... event ipah bukan tank yang ga bisa rusak.....

sebelum ipah sya pke tokidis dari 1997-2011 odo sudah 500rb lebih. dipkenya jauh lebih jorok, overall tokidis lebih bandel dri ipah. meski bukan bearti g ada yg rusak ya.


pernah juga case jeep dan toyota sampe berbulan2 diam karna nyari sparepart atw sekedar nyari "rusaknya tu apa sie"

meski akhirnya yg toyota lebih duluan bisa hidup... dan mlh mekanik di kota kecil yg bisa hidupinnya. enjin toyota built up yg g pernah di jual apm indo.

:beer:
Bicara mesin

Saya juga pakai keluarga kijang dari tokisol (bensin) dan tokinov.
Yg tokisul, rata2 cuma tahan 150-200ribuan, biasanya ngebul

The mighty D4D, saya udh pengalaman 3 kali turunin mesin (keluaran 2008/2009), 1 punya sendiri, 2 lainnya bantuin di bengkel teman.
Semua retak rambut di blok mesin (liner), coolant masuk crankcase dan ruang bakar.
Ketiganya zuper ztandard alias ngga di modif. Odo kisaran 150-180ribuan (lupa tepatnya, tapi dibawah 200rb)

Yg punya 2 tadi (2 orang berbeda), ngga nyadari. Keluhannya waktu masuk bengkel, coolant-nya selalu nambah.

Japs lainnya yg saya pakai (odyssey) juga nyerah di km150ribuan, matic dan mesinnya. Mesti overhaul.

Santi nyerah di odo 230-240rb, mesti diremajakan metal metalnya dan ring piston. Gejalanya nambah oli, ngga banyak sebetulnya. Sekitar 1L per 2000-3000an km. Penasaran, soalnya ngga kelihatan ngebul di knalpot. Akhirnya saya bongkar mesinnya, ternyata clearance ring piston dah kurang rapet dan metal jalan+duduk ada goresan alus.

Pug405 xu10 nyerah di km150ribuan, mesti ganti ring piston dan cylinder head keropos. Matic-nya juga minta overhaul.

Pug 806 nyerah di km180ribuan, mesti ganti piston+ring piston, harus oversize boring.
Gearbox-nya juga harus diobok, gejala pindah gigi ngga enak dan bunyi. Ternyata synchromesh aus.

Yg saya akui... Panther :frm_salut:
KM sdh 400 atau 420ribuan, naikkan dah kayak gerobak tapi mesin masih perawan :mrgreen: belum pernah diobok obok bengkel/mekanik :mrgreen:
Tapi matic-nya (panther kapsul LS matic) dah pernah overhaul di km 300ribuan.
Harga parts matic-nya bisa bikin geleng-geleng. Lebih mahal dibanding parts matic pug (ZF) maupun honda.

Semua mobil diatas saya pakai dan pelihara sendiri (kecuali 2 d4d di bengkel teman)
Jadi judgment -nya mesti overhaul/turun mesin juga dari saya, bukan pengalaman orang.

Saking seringnya nurunin mesin dan gearbox (padahal bukan bengkel) bermacam mobil, jadi kalau ada kasus turun mesin, sudah ngga kaget dan bukan masalah besar lagi :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: 10 May 2014, 20:56
Location: Surabaya

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by sprint07 »

Pengalaman saya thd merk jepangan manual dari awal beli baru

kijang kapsul diesel 2004 odo 370rb km ongoing baru ganti kampas rem dan nozzle di km 340rb an. Gila ini mobil ga rusak2 tp mau saya jual krn dah tua bgt

innova odo 170rb mesin baik2 saja cuma kaki2nya aja, ganti oli 80 persen pakai meditran s40 (drum)

Kalau turun mesin pernah elsape (beli dr baru) panter seken dan taft seken

merk eropa tak pernah. Saya rasa japs lbh reliable dgn pemakaian berlebih/asal2an dan perawatan seadanya dibanding eropa
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by ChZ »

DOHC wrote: crv termasuk robust mods utk urusan kaki2...

apalagi utk gen RE onwards... dr temen, klien ampe saudara ane yg make jenis2 crv ini rata2 ga ad kluhan soal kaki2... apart from bantingan super keras aj utk RE gen awal... ohh, plg enjin mounting yg doyan pecah... dan mihulll bener utk ukuran sbongkah karet... sisa nya sehh, pd blg ini mobil low maintenance...

apalagi ini salah satu jenis mobil yg ud proven as nonik2 choice.... tau sendiri mreka kl nyetir kaya apa...
Low maintenance sekali, om klep. Padahal orang beli RE biasanya ditakut takutin kakinya gak kuat lah, mountingnya suka pecah lah. Gw rasa si CR-V itu mobil yang paling bandel yang pernah gw punya dari beli baru gak pernah ada masalah aneh aneh.

Keluhan user di komunitas.... Hanya sebagian itupun karena kurang terawat. Keluhan temen yang 3 tahun udah sampe 130k odo nya juga nyaris ngga ada di sektor kaki kaki. Padahal pakenya super ngawur... Hajar proyek melulu
piggypig77 wrote: Bro sorry ya OOT,mau numpang nanya pernah ga CRV nya ada bunyi gluduk2 gitu?
Dari beli sampe sekarang blom pernah om.... Sekarang dipake supir malah aman sentosa, supir gw bawanya alus. Itu mobil padahal udah mengalami ganti velg 2x upsize 18inch dan 20inch, replikaan semua yang "konon" berisiko ngerusak kaki.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: 19 May 2015, 11:08

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by egibaio »

mobil yang reliabilitynya noticably worse itu italian kalau berdasarkan pengalaman keluarga ane. pernah punya fiat uno II pas ane bocah, nah itu baru mobil rewel kerjanya rem ngunci mulu transmisi jg pernah ada issue yang ane lupa apa. selebihnya sih mau origin drmn pun mirip mirip, yang membedakan ya seperti kata om om diatas ketersediaan sparepart di luar beres, dll.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by ChZ »

egibaio wrote:mobil yang reliabilitynya noticably worse itu italian kalau berdasarkan pengalaman keluarga ane. pernah punya fiat uno II pas ane bocah, nah itu baru mobil rewel kerjanya rem ngunci mulu transmisi jg pernah ada issue yang ane lupa apa. selebihnya sih mau origin drmn pun mirip mirip, yang membedakan ya seperti kata om om diatas ketersediaan sparepart di luar beres, dll.
Hahahaha italians.... Selalu suffer di masalah reliability.

Ferrari dan Lamborghini juga reliability nya poor dibanding Porsche atau Mclaren. Kasus kuda dan banteng panggang di seluruh dunia mah udah kayak kita dengerin gosip artis kawin cerei.... lagu lamaaaa....

Mobil bikinan China gimana ya? Nggak ada member SM yang punya pengalaman dengan mobil China? :big_biglaugh: Saya liat kualitas interiornya mau ketawa, very poorly built dengan panel gap besar besar dan bahan interior yang lebih jelek dari plastic daur ulang. Pernah naik Chery QQ punya guru SMA saya... Beneran gak enak dan seisi interior rasanya kayak orkestra cempreng :big_biglaugh:

Mungkin saking jeleknya sampe nggak ada yang mau bahas mobil China :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Spoonful
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 14 Dec 2014, 16:06

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by Spoonful »

Ah... swedes juga reliable kok...
https://www.youtube.com/watch?v=6P89hI9yR54


:ngacir:
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 24 Jul 2006, 00:54
Location: Surabaya

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by Yusaku »

Spoonful wrote:Ah... swedes juga reliable kok...
https://www.youtube.com/watch?v=6P89hI9yR54


:ngacir:
Wowww Wulwu for live

Made by Vikin... Errr Sweden
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: RE: Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by VanzMatic »

DOHC wrote:
tau aj nt... :mky_03: :mky_03:

tp kl ini ane ga bakal hujat2 tuh merek lg... pusing ntar inbox ane penuh ama complain2 fenboy2an denial nya..

tp mengenai kopling... ane ga heran koq... dl pas mau ganti kopling... ntuh part csc (pengganti dek laher, dan garpu yg buat nonjok matahari) pemasangan nya ga bsa serampangan... ga boleh ad udara ... dan bleeding nya musti bener.. kl ad yg ngawur, yah lama2 jebol tuh karet seal di CSC.. jgn kan bengkel biasa... wong dl batch awal2 aj ad beberapa kasus CSC jebol atau rembes koq... trus kl gt CSC ga awet donk ?? ga juga, ntuh part buatan valeo italy... parts yg sama konon dipake jg buat beberapa varian pug yg di france sana jd taksi... tau sendiri orang france nyetir kaya apa... awet2 aja koq... jd kl mnurut nubie ane, mungkin faktor human faktor pas assembling aj...

aki cepet tewas ?? ga heran jg... ane moderate user aj cuman tahan setaon doank... apalagi taksi... pengisian dll ane perna ukur normal koq... idle tanpa beban kisaran 14an... full beban drop dikit tp ga ampe bablas ke 13 kurang.. kayanya krn faktor penempatan aki aj ama suhu mesin yg kelewat panas... wong klip2 plastik yg megang fuel rail ane aj dl bsa patah kaya krupuk..

AC, ini faktor hoki2an kayanya... tp overall emg ga bsa dibilang awet ini calsonic... punya ane dl nyaris smua nya ud perna diganti, kcuali kompresor ama kondensor doank... ohh ama kenob ac nya... sisa nya ud either jebol, pecah atau retak...


overall, ane bsa blg... lipina ini contoh japs yg unreliable... terserah kl bagi para fanboy panas baca nya...
Masih ada aja penboi merk satu itu yang panas baca testimoni ente??

BHWAAAAHAHAHAHAHABEHABEHABEHAAAA...

*eh*







Kemungkinannya hanya dua:
1. Kalau itu mobil sendiri, karena menyesal sedalam dalamnya pernah beli yang sama dengan ente punya, om...
2. Kalau itu bukan mobil sendiri, karena jatah mobdin kantor atau jatah dibeliin ortu... atau ... lungsuran/bekas pakai..


Itu aja..... :ngacir:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kenapa Japs lebih reliable?

Post by DOHC »

@ chz : kl dr enjin sehh, enjin K series dan R series, kl baca2 d forum luaran sana,rata2 awet mods... apalagi kya di US atau negara2 europe sana... 100K miles (bukan KM) mahh blm apa2... ga jarang ane baca ud ampe 200-300K miles masi jalan mulus... termasuk L series... kayanya utk urusan enjin lmayan jg ini ahond...
balik lg soal CRV... kl nanya2 spare parts di atrium, harga parts kaki2 crv emg mihull mods... bahkan utk beberapa parts, lebi afgan harganya ktimbang T3x series nya batu makam... tp oleh engko owner toko blg ga nyetok banyak parts kaki2 krn emg ga terlalu laku... macam arm aj plg mreka nyetok 4-5 set plg banyak, demikian jg utk parts kaki2 lain nya... entah krn ini faktor harga nya yg super mahal atau emg awet... justru mreka plg banyak nyetok enjin mounting, kampas rem ama shock... itu aj pas denger harga satu set shock depan RE aj, ud setara stok full set kayaba ultra ipah + apanja ane ...

@ VM : entahlah mods... mungkin jg takut mobil nya jd makin ancur RV nya pas dijual... lahh tp emg kenyataan nya koq... toh bukan ane doank yg blg... barang busuk mau di tutupin gmana pun jg tetep aja busuk...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post