Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz »

Halo semua…
Belakangan semakin banyak kendaraan dengan gerak semua roda bermunculan.. Mulai dari SUV tulen sampai supercar berpengerak all wheel drive. Lebih seru lagi setelah mereka muncul dengan nama suka-sukanya pabrikan merk tersebut, mulai dari super select, easy select, command trac, partime, quadra track,Super- All Wheel Control, ATTESA, 4Motion, All4,Xdrive dan lain – lain yg makin bikin bingung.. media-media pun seenaknya menulis cara kerja sistemnya. Tak jarang yang disalah artikan hingga jadi salah kaprah... Kemudian muncul istilah 4WD, 4x4 dan AWD yg digunakan manufactur.. mereka tidak menamainya dari kesepakatan tertentu.. makin bikin prihatin saja... intinya semuanya memang gerak 4 roda.. tp apa sih bedanya? Mana yang sesuai untuk kebutuhan saya? kenapa secara teknis ada yang lebih inferior dan superior? lets put marketing naming and term aside, dan mari kita bersama bedah cara kerja dari sisi teknisnya.. feel free untuk mengkoreksi berdiskusi atau bersama-sama melempar kucing :mky_03:

Image
All Wheel Drive mustang in action

Sebelum ke gerak 4 roda teman-teman harus pahami dulu cara kerja axle/gardan atau open differential:
Pelajari video dibawah ini



well saya tidak akan panjang lebar disini. Singkatnya, berkat differential kendaraan dapat berbelok dengan smooth. Berkat differential torsi dari mesin akan di salurkan ke sisi ban yang memiliki resistant(beban) paling rendah. Bagus untuk berbelok. Namun jelek jika 1 ban kehilangan resistant/beban atau hilang traksi dan spin. Semua torsi akan mengalir ke ban tersebut tampa menyisakan ke sisi yang memiliki resistant lebih dan tentu mbl akan stuck.

Image
isi dari carrier differential ber LSD unit rigid axle

Yep ada yang namanya Limited slip differential dan difflock.. more on this latter :D
Differential ini ada di setiap axle,dia menerima tenaga mesin dari gearbox. Jika itu RWD maka ada di belakang, jika itu FWD maka ada di depan. Jadi bahkan FWD sekalipun memiliki gardan/axle hanya bentuknya menyatu dengan gearbox.



Index:
1. Apasih differential itu?
2. Gerak 4 roda a.k.a 4x4/4WD
3. Transfercase
4. Off-Road 4x4
5. Low Range
6. On-Road 4x4
7. Limited Slip Differential and Differential Lock
8. AWD
9. Multiple Plate Clutch a.k.a HALDEX
10. Application based on manufacturer
11. Best 4x4 for cat hunting?

Gerak semua roda a.k.a all wheel drive

Nah sekarang baru masuk ke gerak semua roda :D kali ini mari kita sederhanakan untuk 4 wheel.. :D kendaraan 4 Wheel Drive pada awalnya digunakan untuk SUV atau GPV untuk medan berat dan tentunya untuk support vehicle saat perang. perkembanganya menjadi favorit untuk digunakan untuk menembus kondisi buruk seperti salju, pertanian hingga digunakan untuk kendaraan sport. sebelum membahas sistem gerak 4roda canggih di sport dan supercar, kita akan memulai dari rootnya dulu yaitu sebagai kendaran segala alam. :D

Image
Sistem 4x4 pada nissan GTR

Off-Road 4x4
Sebagai gerak 4 roda maka differential tentu ada di axle depan dan belakang. Untuk menggerakan kedua axle tersebut dibutuhkan pembagi daya yang di sebut TRANSFERCASE. Letaknya setelah gearbox/transmisi dan menggunakan driveshaft terhubungkan axle depan dan belakang. Transfercase ada yang menempel dengan transmisi, ada juga yang terpisah dan terhubung dengan driveshaft lagi seperti di suzuki jimny.
Image
Sistem 4x4 konvensional dengan transfercase terpisah

Tugas membagi daya ke semua roda selain transfercase ada yang disebut dgn HALDEX. Keduanya bekerja dengan cara yang berbeda dan memiliki peruntukan yang err… *almost* the same..… more on this latter lol..
Image
Sistem pembagi daya multiple plate clutch atau Haldex

TRANSFERCASE:
Pertama kita bicara transfercase. keberadaan transfercase paling mudah di lihat dari adanya tuas ke 2 di samping tuas gearbox.
Image
tuas Transfercase di sisi transmisi


jika ada yang memiliki lebih dari 2 tuas jangan kaget.... ada suv jadul yang memisahkan tuas low range dan tuas 4x4. ada juga digunakan untuk tuas Winch Power Take Out...
untuk oprasikan tuas ini, ga jarang benar2 perlu menggunakan otot untuk menarik shifternya.. terutama untuk yang jarang digunakan.

evolusinya tuas diganti switch electronic yang lebih mudah menggunakanya
Image
Switch 4x4 elektronik

mana yg lebih baik? ya tentu yg electronic lebih mudah di gunakan.......... *selama masih berkerja*
tapi jangan salah, ada yang diatasnya masih pakai tuas, tapi tuasnya digunakan untuk menggerakan switch electronic. jd tidak lagi mekanis.


Pada sistem konfensional paling umum setidaknya memiliki mode:
2H: system gerak 2 roda dimana transfercase langsung menyalurkan torsi ke axle default (most case axle belakang)
4H: Transfercase aktif, dan torsi di bagikan ke gardan depan dan belakang, more on this below.
N: Transfercase Netral.. just like netral in gearbox.. Recommended for towing a staled 4x4 car
4L: sama dengan 4H tapi menggunakan gigi reduksi untuk melipat gandakan torque. Sering disebut Low gear /Low range More on this below.
Jangan tertukar dengan mode 4H di kendaraan yg memiliki 4HLc or 4LLc… that’s how manufacture f*ckup 4x4 terms…………. Keep reading for this

Image


Untuk memahami cara kerja transfercase, bayangkan transfercase sebuah gardan/axle. Jika axle di roda membagi kanan dan kiri. Saat transfercase aktif (4H/4L) dia akan membagi ke depan dan belakang. Nah jika melihat video mengenai differential diatas, Transfercase konvensional bekerja seperti sebuah axle sebelum ditemukan differential. Sehingga kedua sisi saling terhubung (spool) dan tidak memungkin satu sisi bergerak lebih cepat atau lambat (LOCKED). Di kondisi ini di sebut system 4x4 PARTIME
Dimode ini torsi akan disalurkan ke roda depan dan belakang tepat 50:50 apapun yang terjadi. Jadi selama ada 1 gardan yang memiliki traksi, mobil akan terus jalan. Kedua Ban depan terjebak dilumpur hilang traksi, yang belakang bisa dorong.. bgtu juga sebaliknya. 1 ban depan hilang traksi juga masih bisa jalan.

Jika 1 roda di masing-masing axle hilang traksi… that’s it the end.. lw hrs dorong tu mobil.. Except jika anda memiliki Differential lock di gardan yang bermasalah, LSD atau clever traction control *more on this later*.

Image

What can I do and don’t?
- The based rule is Partime 4x4 strictly for offroad use on loose surface. Why? Ingat video pertama di atas? Kendaraan tampa differential sulit berbelok.. karna kedua sisi akan dipaksa bergerak dengan speed yang sama, padahal untuk berbelok masing2 harus bergerak dengan speed yang berbeda. What is the worst case? You can destroy your drive train. But most case anda aka kesulitan belok, terrible understeer (or emejing 4wheel drift if u had enuf torque and u are an emejing driver), di ikuti decitan ban yang saling beradu karna dipaksa bergerak bersama, di loose surface ban akan dgn mudah spin tampa memaksa satu sama lain.
- Ok..ok gimana klw saya pakai partime tapi ga belok patah misalnya di tol saat hujan gtu? most expert akan melarang ini karna di buku manual kebanyakan melarang lebih cepat dari 100kmh. yet i have done it, and no problem *yet*... so do it with ur own risk.
- Jadi kapan dipakainya? Saat oprut only… lol, system ini tidak disarankan digunakan di aspal atw permukaan bergrip baik. So buy a modern 4x4 that only have this system and expecting spectacular onroad grip is big mistake. *yes I’m watching at you all new fortuner*

Kendaraan yang memiliki mode atau berkerja selayaknya partime 4x4? Hampir semua 4x4 jadul ada dedicated mode ini. kendaraan 4x4 modern dan AWD yg tidak memiliki dedicated mode ini mostlikely dapat membagi daya hingga 50:50 layaknya partime namun tidak selalu tetap.

Image

Saat ini... penamaan PARTIME mulai di tinggalkan... manufacture hanya menulis "H4", "4H","4HLc" "lockable center diff" atau "center difflock" atau sekedar "50:50 torque split"...so.. mari kita lupakan perdebatan nama. lebih baik melihat bagaimana ia bisa berkerja.

Uppss.. JIKA kendaraan ada mode 4HLc, maka 4H/H4 nya adalah FULLTIME4x4.... 4H-LC atau 4H-LOCK ini adalah Partime.... fulltime 4x4? tunggu tanggal mainya
:mky_03:


Image

NEXT LOW GEAR RATIO
.
.
.
.
.
To be continued

kpn y :big_childish:
mohon dikoreksi ya :mky_01:

part 1 done... semoga berguna :mky_02:
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by daftar »

kayaknya double post om.

trit bergizi nih, pertamax dulu sebelum baca
:ngacir:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz »

iya nih... tadi error........ malah jd muncul 2.... mod mod punten di merge atw apus 1....
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
aufal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Mon Jul 07, 2014 9:05

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by aufal »

:big_exellent: Gelar tiker dulu
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by grandis_GT »

Nubie nyimak di tritnya master offroad , banyak ilmu yg haruss di sedott nehh :)

Pernah baca" di web luar , katanya teknologi AWD paling canggih Quattro nya punya Audi :e-think:
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Fiz »

ahh ada lagi trit bergizi stelah sekian lama..
iya nik masih bingung 4Hlc4lchsbndsbdjfh :shrug: yang kemaren sy baca di brosunya ANPJS,, ada ilustrasi gambarnya tapi cuma diwarna warnain doang ntah apa itu artinya..
di tunggu kelanjutannya om.. :weekk:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by alvin23 »

billyd1773dz wrote: - Jadi kapan dipakainya? Saat oprut only… lol, system ini tidak disarankan digunakan di aspal atw permukaan bergrip baik. So buy a modern 4x4 that only have this system and expecting spectacular onroad grip is big mistake. *yes I’m watching at you all new fortuner*
Wahaha, om bil pernah bilang di trit sebelah, berarti Fortuner baru penurunan dibanding yg lama ya 4x4 nya?
jadi kalo pengen beli mobil yg ada 4x4 dan bisa digunain onroad apa nih pilihannya? ANPJS? Captiva AWD?

perasaan saya banyak majalah2 yg salah kaprah juga ya, bilang "dengan adanya four wheel drive-membantu grip yg lebih baik dsb." padahal ternyata kalo parttime gabisa dipake di jalan biasa :big_think:
Rocky R ADS CVT 2021
Haagendasz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Haagendasz »

mudah2an bisa dibahas sampe G63 6x6 juga ...
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by FRD »

menyimak trid bergizi.. :ungg:
:big_smoking:
armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Feb 06, 2016 4:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho »

iya lho kadang suka bingung mau pakai yang mana
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by MitshuToyo »

Nanya pak Bill.. kalau yg konvensional (2H, 4H, 4L), kapan masing2 dipakainya untuk hari2 selain oprut ? Misal mana /Kpn untk banjir, tanjakan curam, tol atau towing ?
Lagi nginjek rem..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz »

NEXT LOW RANGE
Image

Some say this is the thing that divide offroad toys and real deal…. Well yes and no….
Sebelumnya tujuan low range itu apa sih?
Tujuannya adalah CRAWL RATIO…. Kemampuan untuk dapat merayap se-smooth mungkin. Untuk merayap dgn smooth dibutuhkan speed yang rendah sehingga anda dapat tetap mengontrol kendaraan baik saat menanjak super extreme atau err mendaki batu *rockcrawling* atau turun dengan smooth dan terkontrol. Tampa merusak kendaraan anda dan dapat memberi on wheel torque yang besar agar mbl dapat berjalan di rev yang sangat rendah.
Untuk nanjak dan mendaki? What if I just increase the torque and enjin powah… and forget the low gear?? Kondisi tertentu bisa dilakukan jika jalur *hanya* nanjak yg relative aman dan lebih mudah jika mbl anda bertransmisi Automatic. Jika manual….. jauh lebih sulit… anda akan mendaki terlalu cepat merusak mobil anda, burn your clutch karna terpaksa hrus setengah kopling, spin overpower atw malah loncat salto karna terlalu cepat.

Image
Mendaki batu seperti ini mutlak membutuhkan lowrange dan crawlratio mumpuni

How to get great CRAWL RATIO? Dengan menggunakan ratio yang rendah dari komponen yang dilewati torsi dari mesin hingga ban. Ada berapa komponen yang dilewati torsi?
1. Transmisi dalam hal ini first gear
2. Transfercase Low Range
3. Final gear
Optional yang tidak selalu ada
1. Under drive atau second transfercase
2. Portal Axle reduction gear
3. Torque converter multiplier *no fixed ratio*
Low range sendiri berkerja dengan menambahkan gigi reduksi khusus setelah transmisi. gigi reduksi ini memiliki ratio sendiri,mulai dari 1:1.5 hingga 1:4 atau lebih.
Semua ratio di kalikan dan akan di dapat crawl ratio… kemudian dikalikan dengan torsi mesin didapat on wheel torque maksimal.
Sebuah jeep wrangler rubicon memiliki lowgear ratio 1:4 yang bearti ratio transmisi di kali 4 lebih sebelum di teruskan ke gardan. Jadi gigi 1 mobil akan bergerak 4kali lebih lambat dgn 4 kali torsi yang dihasilkan. Crawl ratio Rubicon adalah 73:1 still best in class on stock car. Wrangler JK biasa memiliki ratio 1:2.7. Sedangkan pajero sport *lama* memiliki low range ratio 1:1.9 which is kurang dri setengahnya rubicon. Subaru impreza MT lama sempat memiliki lowgear dgn ratio 1:1.5 saja. 4x4 modern dengan low gear rata2 memiliki crawl ratio di 25-50:1

Jika torsi mesin 100nm @ 1000rpm dgn crawl ratio 73:1 maka onwheel torquenya adalah 7300nm... sehingga sangat kuat untuk narik beban hingga mendaki terjal.

Image
wrangler rubicon dengan best in class Crawl ratio

Final gear terletak di gardan depan atau belakang juga lazim diganti untuk mendapatkan ratio lebih baik.

JADI seberapa penting low gear? Common sense dan opini popular tentu *real 4x4 harus ada Low gear* 10 tahun lalu mungkin hal ini mutlak. sekarang Berkat transmisi yang kini mencapai 6 bahkan 10 speed. First gear bisa dibikin sangat rendah.. plus berkat torque converter *utk AT* mbl bisa merayap lebih mudah, lebih lambat, mudah dikontrol, sekaligus melipat gandakan torsi hal yang mustahil di MT kec siap bakar kopling…
Mari bandingkan kendaraan 10 thn lalu.. sebut saja fortuner dan jeep XJ dgn A340nya Gigi 1 hanya ber ratio 2,8 finalgear 3.7 jadi crawl ratio hanya 10.3:1 bahkan lebih buruk dri cuv macam hrv atau xv. sekarang dgn ratio 6speed ANF gigi 1 sudah di 3.7. bahkan ANPS 8speed 4.8 dgn finalgear 3.69 crawl ratio high range saja sudah 17.7:1 … ditambah torsi mesin yg kini lebih besar lagi. Tentu akan lebih jarang memerlukan low gear. VW amarok 8AT bahkan tidak memiliki lowgear sama sekali.

Dikubu manual Daihatsu rocky yang tak berubah dari 80an.. crawl ratio di highrange 1:14 di low 1:26. karna torquenya yg menyedihkan sedikit dibawah hatchback german 1.2 turbo dan di rpm lebih tinggi.. lowgear vital sekali, bahkan diaspal sekalipun jika terlalu nanjak sering perlu menggunakan lowgir, untung ada freewheel hub lock yang dapat menjadikan mbl jalan di mode Lowgear namun 4x2
Ford MUTT atau dikenal jeep Utility yang popular sebagai kendaraan eks perang Vietnam dan Renault duster tidak memiliki low gear, diganti oleh 1st gear yang lebih low.

Image
Ford MUTT Pioneer SUV ber suspensi full independent tampa low gear

suv banci atw softroader yang memiliki low range ada beberapa, yaitu old subaru mt, Grand Vitara dan Jeep Allnew Cherokee. ada juga yang menambah tombol "LOW" tapi sebenernya dia hanya ngunci di first gear, dan mencegah torqueconverter lockup.. contohnya Jeep Renegade trailhawk.. meski tampa proper lowgear pun crawlrationya sudah 20:1

Penggunaan low gear lain adalah saat turunan.. terutama jika tidak ada Hill decent control atau HDCnya tidak cukup baik untuk menurunkan speed dibawah 5kmh. yet proper braking technique with some help from abs should do the trick.
Tidak semua kondisi offroad membutuhkan low gear. dikondisi tertentu seperti LUMPUR atau permukaan licin sering kali lebih baik tidak menggunakan low gear karena dibutuhkan momentum untuk melewati rintangan tersebut.

Image
Dengan Lowrange kekuatan engine brake dapat meningkat dan dapat merayap turun lebih lambat, HDC juga dapat membantu dikondisi ini

So? Low gear or not? Kini di kendaran modern, ketergantungan kepada lowgear semakin berkurang. Meski begitu It is good to have terutama jika jalur yang akan dilalui banyak rockcrawling yang terlampau parah, berkontur sangat extreme yang membutuhkan kepresisian tinggi atau sering narik beban berat. Ingat Tujuanya adalah crawl ratio dan meningkatkan efektif on wheel torque. Jika sudah sufficient atau anda tidak berniat offroad extreme u can live without it. selama jalur yang anda lalui adalah jalan ancur,berlumpur,berbatu kecil-sedang atau asal *bekas jalan mobil* most likely anda tidak membutuh low range. meski bgtu kembali lagi ke spec mobil tersebut secara keseluruhan.

bagaimana jika digunakan di jalan raya? Low Range umumnya adalah Partime4x4 dengan gigi reduksi tambahan. semua rule Partime berlaku di low range. Tapi beberapa mobil ada yang bisa menggunakan Low range tampa harus mengaktifkan Partime 4x4. contohnya daihatsu Taft rugger (JDM), CJ7,Defender dan semua partime yang sudah di pasang Freewheel hub manual... dengan begtu bisa dibilang anda masuk ke 2L. fungsinya untuk mendaki jalur terjal di aspal sambil towing berat, tampa mengurangi kemampuan manuver di jalur berkelok.

Image
Freewheelhub ada di poros roda depan, bertujuan untuk memutus shaft dgn roda, sehingga kendaraan dapat berjalan di 2L

Next Limited Slip Differential dan Differetial Lock
.
.
.
.
.
:big_childish:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz »

grandis_GT wrote:Nubie nyimak di tritnya master offroad , banyak ilmu yg haruss di sedott nehh :)

Pernah baca" di web luar , katanya teknologi AWD paling canggih Quattro nya punya Audi :e-think:
Audi Quattro setau saya ada 2, ada yang torsen ada yang haldex hehehe....... imho technya tidak unik milik audi saja. nanti kita bahas ya.

jaman pertama keluar audi quattro memang sempat menjadi legenda karna salah satu yang pertama menggunakan AWD di ajang rally
Fiz wrote:ahh ada lagi trit bergizi stelah sekian lama..
iya nik masih bingung 4Hlc4lchsbndsbdjfh :shrug: yang kemaren sy baca di brosunya ANPJS,, ada ilustrasi gambarnya tapi cuma diwarna warnain doang ntah apa itu artinya..
di tunggu kelanjutannya om.. :weekk:
wkwkwk nanti ya di chapter onroad 4x4.... ANPS salah satu yang paling kumplit sistem 4x4nya...
alvin23 wrote:
billyd1773dz wrote: - Jadi kapan dipakainya? Saat oprut only… lol, system ini tidak disarankan digunakan di aspal atw permukaan bergrip baik. So buy a modern 4x4 that only have this system and expecting spectacular onroad grip is big mistake. *yes I’m watching at you all new fortuner*
Wahaha, om bil pernah bilang di trit sebelah, berarti Fortuner baru penurunan dibanding yg lama ya 4x4 nya?
jadi kalo pengen beli mobil yg ada 4x4 dan bisa digunain onroad apa nih pilihannya? ANPJS? Captiva AWD?

perasaan saya banyak majalah2 yg salah kaprah juga ya, bilang "dengan adanya four wheel drive-membantu grip yg lebih baik dsb." padahal ternyata kalo parttime gabisa dipake di jalan biasa :big_think:
hahahahahha nah itu yg suka bikin jengkel.......... tulisan di majalan ujung2nya pasti "membantu grip" dll........... padahal grip dimana dulu ni.. wkwk :D

nanti di bahas ya yg on road 4x4
Haagendasz wrote:mudah2an bisa dibahas sampe G63 6x6 juga ...
:big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:

mobil dewa ni hehehehe :D
Image
portal axle 6x6 wew.. :mky_02:
MitshuToyo wrote:Nanya pak Bill.. kalau yg konvensional (2H, 4H, 4L), kapan masing2 dipakainya untuk hari2 selain oprut ? Misal mana /Kpn untk banjir, tanjakan curam, tol atau towing ?
nah untuk yang konvensional sebaiknya tidak digunakan untuk permukaan asphalt/ bergrip baik.

saat berbelok patah pasti kerasa tertahan.. ini gardan depan belakang saling beradu tarik menarik karna partime tadi. nah jika sudah kerasa seperti ini jangan dipaksa, lurus kan stir... jika jalan lurus sih aman.

Low range sangat berguna untuk towing atau tanjakn extrime.. aturan saat berbelok berlaku juga disini. kecuali jika dapat masuk 2L baik memalui transfercase khusus, ada freewheel hub atau driveshaft depan di copot.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by daftar »

mau nanya om, apakah di transfercase terutama 4x4 jadul tidak ada diferential nya (dengan mekanisme yg sama dgn diferential depan & belakang)? kalau ada kan lumayan bisa dipakai partime 4x4 nya di jalan aspal buat belok2 mudah nggak selip? kalo lewat lumpur baru di lock differentialnya gitu :D
:ngacir:
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by brintanizer »

Nyimak .. btw mobil awd paling murah yg pernah dijual di indonesia subaru xv ya ? ....
- apple, banana, & grape -
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by teppey »

Om Bill saya tertarik sekali dengan thread ini, terutama 4x4 ANF sama ANPS. Sepengertian saya system 4x4 ANPS lebih bagus apakah benar? Lalu saya pernah baca part time 4H ANPS aman dipakai di aspal?
Haagendasz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 618
Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by Haagendasz »

billyd1773dz wrote:
:big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:

mobil dewa ni hehehehe :D

portal axle 6x6 wew.. :mky_02:
portal axle ? istilah apa lagi tuh om ?

saya justru tertarik soal mekanisme AWD 6 wheel nya, karena ban belakangnya ada 4 deketan itu, bagi tenaganya gimana tuh ...
GriffinMelet
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Thu Jun 11, 2015 5:26
Location: Semarang
Daily Vehicle: Venturer_HR-V_Vario 125

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by GriffinMelet »

nyimak trit berkualitas :big_exellent: :e-clap:





:ngacir:
Share the driving pleasure :ngacir:

'21 2GD A/T
'18 RU1
GriffinMelet
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Thu Jun 11, 2015 5:26
Location: Semarang
Daily Vehicle: Venturer_HR-V_Vario 125

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by GriffinMelet »

Haagendasz wrote:
billyd1773dz wrote:
:big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:

mobil dewa ni hehehehe :D

portal axle 6x6 wew.. :mky_02:
portal axle ? istilah apa lagi tuh om ?

saya justru tertarik soal mekanisme AWD 6 wheel nya, karena ban belakangnya ada 4 deketan itu, bagi tenaganya gimana tuh ...
Bagi tenaganya apakah seperti kebanyakan truck 6x4 yang pake double bogie ? :big_think:
Share the driving pleasure :ngacir:

'21 2GD A/T
'18 RU1
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by maskopat »

Mod Bil, ane tambahin index utk torque vectoring. Tolong jelasin ya. Trus AWD mobil hybrid. Yg katanya roda depan digerakin motor listrik roda belakang mesin biasa.
Thanks...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by g1ng2 »

wow asik nih bahasannya It's a Jeep thing...
tapi karena ada nyenggol dikit bahasan AWD, sebetulnya AWD pastinya lebih boros di banding FWD atau RWD, biasanya diperlukan buat negara-negara bersalju..
kayaknya hybrid tetep ke arah enginenya, transfer AWD nya teknologi sendiri..

armancho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Feb 06, 2016 4:04

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by armancho »

Om Mau tanya nih. Untuk ANPJS dan ANF, misalnya untuk 4x2 aktifkan, apakah kopel dan seluruh perangkat di gardan depan ikut berputar karena didorong roda belakang?


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by billyd1773dz »

daftar wrote:mau nanya om, apakah di transfercase terutama 4x4 jadul tidak ada diferential nya (dengan mekanisme yg sama dgn diferential depan & belakang)? kalau ada kan lumayan bisa dipakai partime 4x4 nya di jalan aspal buat belok2 mudah nggak selip? kalo lewat lumpur baru di lock differentialnya gitu :D
tidak ada.........yg ada istilahnya fulltime... atw simply stated *centerdifferential* dan bisa di pakai di aspal.

nanti ta lanjut bahasanya ya soal ini,

*lg sibuk uy*
brintanizer wrote:Nyimak .. btw mobil awd paling murah yg pernah dijual di indonesia subaru xv ya ? ....
renault duster om...
Haagendasz wrote:
billyd1773dz wrote:
:big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:

mobil dewa ni hehehehe :D

portal axle 6x6 wew.. :mky_02:
portal axle ? istilah apa lagi tuh om ?

saya justru tertarik soal mekanisme AWD 6 wheel nya, karena ban belakangnya ada 4 deketan itu, bagi tenaganya gimana tuh ...
gardanya ada gigi reduksinya om.. dan posisi flange as roda lebih tinggi dari poros ban, dapat ningkatin groundclearence signifikan.
g1ng2 wrote:wow asik nih bahasannya It's a Jeep thing...
tapi karena ada nyenggol dikit bahasan AWD, sebetulnya AWD pastinya lebih boros di banding FWD atau RWD, biasanya diperlukan buat negara-negara bersalju..
kayaknya hybrid tetep ke arah enginenya, transfer AWD nya teknologi sendiri..

nanti kita bahas AWD mendalam om.. *dan lebih panjang dri yg off road*...

sistem yang pakai haldex sih minim beda fcnya dengan 4x2, bobotnya juga beda dikit <50kg...
maskopat wrote:Mod Bil, ane tambahin index utk torque vectoring. Tolong jelasin ya. Trus AWD mobil hybrid. Yg katanya roda depan digerakin motor listrik roda belakang mesin biasa.
Thanks...
okss siapp o..

nanti sya coba pelajari y om.. :D
GriffinMelet wrote:nyimak trit berkualitas :big_exellent: :e-clap:





:ngacir:
monggo om... :D
armancho wrote:Om Mau tanya nih. Untuk ANPJS dan ANF, misalnya untuk 4x2 aktifkan, apakah kopel dan seluruh perangkat di gardan depan ikut berputar karena didorong roda belakang?


Sent from my iPhone using Tapatalk
biasanya ada semacam freewheel hub elektronik di axle depan untuk memutus axle depan saat di mode 4x2. di beberapa partime 4x4 ada. saya kurang tau untuk di ANF atau ANPS.

jika ada mode fulltime mostlikely tidak ada freewheelhub.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by ibar78 »

izin baca yo.... :big_okay:... :big_deal:
:popcorn:
sibleki
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue May 05, 2015 9:19

Re: Membedah Teknologi Gerak Semua Roda

Post by sibleki »

GriffinMelet wrote:
Haagendasz wrote:
billyd1773dz wrote:
:big_childish: :big_childish: :big_childish: :big_childish:

mobil dewa ni hehehehe :D

portal axle 6x6 wew.. :mky_02:
portal axle ? istilah apa lagi tuh om ?

saya justru tertarik soal mekanisme AWD 6 wheel nya, karena ban belakangnya ada 4 deketan itu, bagi tenaganya gimana tuh ...
Bagi tenaganya apakah seperti kebanyakan truck 6x4 yang pake double bogie ? :big_think:
setahu saya sih seperti itu om..
sama seperti truk tentara amerika jaman dulu..
cmiiw :ungg: