Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Thu Sep 01, 2016 16:16
Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Selamat malam untuk waktu indonesia barat saat review ini dibuat, maaf nih suhu semua ini review pertama sekaligus post pertama saya di SM, selama ini cuma jadi rider silet.. eh silent reader.. akhirnya kegoda bahas mobil lawas yang akhir - akhir ini perawatannya diserahkan kepada saya dan sepupu..
Toyota Kijang KF40 ini merupakan generasi ketiga dari seluruh dinasti Toyota Kijang, mobil yang mengambil nama dari akronim Kerjasama Indonesia – Jepang (Kijang) ini menggunakan mesin 5K, berpengabut karburator, OHV 1500cc 4 silinder yang sanggup menghasilkan power yang terbilang pas di masanya..63 Hp. Kecil memang untuk ukuran mobil 1500 cc, namun mesin konvensional ini bisa dibilang less maintenance.. saking badaknya semenjak beli hingga memasuki usia ke 22 tahun sekarang mobil ini belum pernah turun mesin. Hebatnya lagi bengkel mana saja bisa menerima ini mobil buat dibongkar pasang mesinnya.. awesome lah
Dashboard keseluruhan menggunakan hard plastic yang memang hard, ngga kek mobil sekarang yang mlenat-mlenut pas ditekan, kualitasnya bagus.. minim rattling walau sudah 20 tahun lebih. Namun karena agak sering terpapar sinar matahari dashboardnya kini pudar warnanya..
atapnya lumayan mulus, bila diperhatikan secara cermat tepat di pilar B, disana ada sambungan atap .. ya, aslinya memang semua kijang kotak / super yang beredar berbasis mobil pick up.. yang kemudian pengerjaan bodynya dikerjakan kembali oleh Karoseri.
Ada beberapa karoseri besar yang dilibatkan kala itu, mulai dari Rover, Nusa Cendana Harum, Superior Coach, Nasmoco Body Tech, Hobart, Roda Nada Karya, Kencana, Perkasa dan Montana serta lain – lain. Masing – masing membawa ciri khas tersendiri pada body buatannya.. dan tentu saja kualitas buatannya tidak serapih pekerjaan langsung oleh ATPM nya.
Biar kata body buatan karoseri, namun kualitasnya jempolan.. platnya tebal walau masih dibantu sedikit dempul untuk meratakannya, karena pada generasi kijang super setelah keluaran 1992, sudah mengadopsi Teknologi Full Pressed Body, yang dikenal juga Toyota Original body.
Sudut atap yang berfungsi juga sebagai talang air sudah termakan karat. sangat wajar mengingat usianya.. terpapar berbagai macam kondisi cuaca.. sepertinya jika ada dana lebih mau dibabat habis ini karat.. karena biasanya karat yang tampak hanya seukuran kuku.. begitu dibuka sudah malah menjalar kemana – mana
Rear lamp sedikit diisengi dengan menggunakan LED. Mayan lebih terang pokoknya kalo malam.. jauh dari kesan temaram yang memang lekat sama lampu – lampu mobil jadul.
Beranjak ke interior, suasananya agak unik, karena menerapkan desain dashboard yang terasa gado – gado, ya cluster speedometer hingga headunit berasa seperti sebuah sedan, sedangkan disebelahnya mulai glovebox dan kisi ac terkesan seperti semestinya mobil pick up. Sisi ini jugalah yang tidak berubah semenjak kemunculan Kijang Generasi 3 di tahun 1986 (hanya warnanya saja dari coklat ke abu – abu gelap). Bentuk setir 2 spoke yang khas, tuas persneling yang panjang dan satu ciri khas lagi yaitu rem tangan yang belakangan ini mulai dikenal lagi melalu varian mobil LCGC datsun GO. Cluster speedometer sendiri begitu sederhana dengan absennya takometer. Oya, doortrimnya dari depan hingga belakang pakai lapisan empuk alias softpad.. walau ala kadarnya.
Walau dari luar sepertinya ukuran mobil ini tidak seberapa.. tapi begitu masuk interiornya akan sedikit heran.. lah lega benar.. baik itu headroom atau legroom. naik ke dalam mobil ini benar – benar mudah, dan tidak berasa susah ketika bergeser dari kiri ke kanan. seat row keduanya tidak bisa diadjust recliningnya seperti seat depan. namun sudut yang diberikan dirasa sudah cukup, dalam artian tidak bikin pegal – pegal amat namun tidak terlalu nyaman juga. Jendela tengah model slide, namun ada beberapa fitur yang belum tampak di seluruh bagian mobil ini yaitu cup holder dan console box, padahal banyak ruang tersisa. Satu poin plus lagi, walau mobil ini berpenggerak belakang (RWD), kita tidak akan menemukan gundukan / kuburan tranfer case di lantainya, seluruhnya rata kecuali bagian depan dekat tuas transmisi. Terimakasih untuk ladder frame dan bodynya yang tinggi.
Bangku tengah ngga bisa dilipat sampe jungkir kek mobil sekarang yak.
untuk bangku paling belakang masih dalam mode face to face. konfigurasi bangku ini dapat memuat 4 orang dengan postur sedang.. lebih nyaman bila di varian long chassis karena lebih lega lagi.
Impresi berkendara
Karena ini mobil minibus, maka penggunaannya pun sewajarnya saja. Akselerasi dari mesin OHV 5K ini bisa dibilang enteng dari putaran bawah. Torsi yang dimiliki si Kijang Super ini termasuk bagus, Sehingga body berat yang dihela mobil ini tidak begitu terasa walau diisi penuh oleh penumpang. Setirnya sendiri sudah menganut tipe rack & pinion yang lumayan membantu meringankan putaran walau belum mengaplikasi power steering. Feedback dari setir terasa baik. Kemampuan menikung di kecepatan sedang juga terbilang baik, body rollnya tidak berlebihan untuk ukuran minibus.. jadul. wajar saja banyak yang senang naik ini mobil karena ngga bikin cepat mual, bahkan di perjalanan jauh.
RWD, dengan adopsi per daun. Aplikasi penggerak belakang di mobil ini membuat mobil ini tangguh dalam menghadapi medan jalan berbukit.. walau konsekuensinya kalah di akselerasi dan lebih boros bbm
Performa maksimal yang pernah dijajal dari mobil ini sendiri di tol cipularang belum lama ini sanggup meraih angka 140 km/h.. mesin sudah teriak karena rasio gigi yang pendek, dengan konsekuensi besar dan butuh nyali tinggi karena remnya ngga pakem – pakem amat. Kecepatan tinggi tersebut juga sebanding dengan bensin yang disedot. Lupakan eco driving dengan mobil ini, karena dalam penggunaan waras saja.. alias jarang geber.. ketemu 1 : 10 km untuk konsumsi bensin sudah bersyukur.
Wajar saja, walau usianya kini sudah tidak lagi muda.. mobil ini masih banyak pencintanya. Tidak cuma kaum babeh – babeh saja, anak mudapun kini sudah banyak yang mulai menggemari mobil ini. Desain yang menurut penulis lumayan tidak termakan zaman, dan kemudahan dalam merawatnya menjadi alasan utama.. mobil ini juga memiliki pasaran yang lumayan stabil, malah masih mahal. Kini bila masbro sekalian berminat ingin piara Kijang Super baik itu generasi 5K atau 7K, siapkan saja dana mulai 40-70 juta rupiah tergantung kondisi. PR yang ditemui tentu saja berkisar pada body yang sudah termakan karat di beberapa sisi, kaki – kaki.. dan sedikit di interior. Ngga akan memakan biaya terlalu besar untuk merestorasinya.. dijamin puas lah piara ini mobil.
Pro :
- Toyota
- Mesin Bandel
- Chassis Bandel
- Body Kokoh
- Ngga bikin mual jalan jauh
Cons :
- Mesin Boyo
- Buoroosss
- Limbung (tapi ngga bikin mual)
- Harganya tinggi walau tahun jebot
- korosi, wajar mobil tua
- setir bikin berotot
Semoga berkenan review singkat dan ngga begitu padat informasi dari saya, maklum baru pertama buat review disini..
salam seduluran
Toyota Kijang KF40 ini merupakan generasi ketiga dari seluruh dinasti Toyota Kijang, mobil yang mengambil nama dari akronim Kerjasama Indonesia – Jepang (Kijang) ini menggunakan mesin 5K, berpengabut karburator, OHV 1500cc 4 silinder yang sanggup menghasilkan power yang terbilang pas di masanya..63 Hp. Kecil memang untuk ukuran mobil 1500 cc, namun mesin konvensional ini bisa dibilang less maintenance.. saking badaknya semenjak beli hingga memasuki usia ke 22 tahun sekarang mobil ini belum pernah turun mesin. Hebatnya lagi bengkel mana saja bisa menerima ini mobil buat dibongkar pasang mesinnya.. awesome lah
Dashboard keseluruhan menggunakan hard plastic yang memang hard, ngga kek mobil sekarang yang mlenat-mlenut pas ditekan, kualitasnya bagus.. minim rattling walau sudah 20 tahun lebih. Namun karena agak sering terpapar sinar matahari dashboardnya kini pudar warnanya..
atapnya lumayan mulus, bila diperhatikan secara cermat tepat di pilar B, disana ada sambungan atap .. ya, aslinya memang semua kijang kotak / super yang beredar berbasis mobil pick up.. yang kemudian pengerjaan bodynya dikerjakan kembali oleh Karoseri.
Ada beberapa karoseri besar yang dilibatkan kala itu, mulai dari Rover, Nusa Cendana Harum, Superior Coach, Nasmoco Body Tech, Hobart, Roda Nada Karya, Kencana, Perkasa dan Montana serta lain – lain. Masing – masing membawa ciri khas tersendiri pada body buatannya.. dan tentu saja kualitas buatannya tidak serapih pekerjaan langsung oleh ATPM nya.
Biar kata body buatan karoseri, namun kualitasnya jempolan.. platnya tebal walau masih dibantu sedikit dempul untuk meratakannya, karena pada generasi kijang super setelah keluaran 1992, sudah mengadopsi Teknologi Full Pressed Body, yang dikenal juga Toyota Original body.
Sudut atap yang berfungsi juga sebagai talang air sudah termakan karat. sangat wajar mengingat usianya.. terpapar berbagai macam kondisi cuaca.. sepertinya jika ada dana lebih mau dibabat habis ini karat.. karena biasanya karat yang tampak hanya seukuran kuku.. begitu dibuka sudah malah menjalar kemana – mana
Rear lamp sedikit diisengi dengan menggunakan LED. Mayan lebih terang pokoknya kalo malam.. jauh dari kesan temaram yang memang lekat sama lampu – lampu mobil jadul.
Beranjak ke interior, suasananya agak unik, karena menerapkan desain dashboard yang terasa gado – gado, ya cluster speedometer hingga headunit berasa seperti sebuah sedan, sedangkan disebelahnya mulai glovebox dan kisi ac terkesan seperti semestinya mobil pick up. Sisi ini jugalah yang tidak berubah semenjak kemunculan Kijang Generasi 3 di tahun 1986 (hanya warnanya saja dari coklat ke abu – abu gelap). Bentuk setir 2 spoke yang khas, tuas persneling yang panjang dan satu ciri khas lagi yaitu rem tangan yang belakangan ini mulai dikenal lagi melalu varian mobil LCGC datsun GO. Cluster speedometer sendiri begitu sederhana dengan absennya takometer. Oya, doortrimnya dari depan hingga belakang pakai lapisan empuk alias softpad.. walau ala kadarnya.
Walau dari luar sepertinya ukuran mobil ini tidak seberapa.. tapi begitu masuk interiornya akan sedikit heran.. lah lega benar.. baik itu headroom atau legroom. naik ke dalam mobil ini benar – benar mudah, dan tidak berasa susah ketika bergeser dari kiri ke kanan. seat row keduanya tidak bisa diadjust recliningnya seperti seat depan. namun sudut yang diberikan dirasa sudah cukup, dalam artian tidak bikin pegal – pegal amat namun tidak terlalu nyaman juga. Jendela tengah model slide, namun ada beberapa fitur yang belum tampak di seluruh bagian mobil ini yaitu cup holder dan console box, padahal banyak ruang tersisa. Satu poin plus lagi, walau mobil ini berpenggerak belakang (RWD), kita tidak akan menemukan gundukan / kuburan tranfer case di lantainya, seluruhnya rata kecuali bagian depan dekat tuas transmisi. Terimakasih untuk ladder frame dan bodynya yang tinggi.
Bangku tengah ngga bisa dilipat sampe jungkir kek mobil sekarang yak.
untuk bangku paling belakang masih dalam mode face to face. konfigurasi bangku ini dapat memuat 4 orang dengan postur sedang.. lebih nyaman bila di varian long chassis karena lebih lega lagi.
Impresi berkendara
Karena ini mobil minibus, maka penggunaannya pun sewajarnya saja. Akselerasi dari mesin OHV 5K ini bisa dibilang enteng dari putaran bawah. Torsi yang dimiliki si Kijang Super ini termasuk bagus, Sehingga body berat yang dihela mobil ini tidak begitu terasa walau diisi penuh oleh penumpang. Setirnya sendiri sudah menganut tipe rack & pinion yang lumayan membantu meringankan putaran walau belum mengaplikasi power steering. Feedback dari setir terasa baik. Kemampuan menikung di kecepatan sedang juga terbilang baik, body rollnya tidak berlebihan untuk ukuran minibus.. jadul. wajar saja banyak yang senang naik ini mobil karena ngga bikin cepat mual, bahkan di perjalanan jauh.
RWD, dengan adopsi per daun. Aplikasi penggerak belakang di mobil ini membuat mobil ini tangguh dalam menghadapi medan jalan berbukit.. walau konsekuensinya kalah di akselerasi dan lebih boros bbm
Performa maksimal yang pernah dijajal dari mobil ini sendiri di tol cipularang belum lama ini sanggup meraih angka 140 km/h.. mesin sudah teriak karena rasio gigi yang pendek, dengan konsekuensi besar dan butuh nyali tinggi karena remnya ngga pakem – pakem amat. Kecepatan tinggi tersebut juga sebanding dengan bensin yang disedot. Lupakan eco driving dengan mobil ini, karena dalam penggunaan waras saja.. alias jarang geber.. ketemu 1 : 10 km untuk konsumsi bensin sudah bersyukur.
Wajar saja, walau usianya kini sudah tidak lagi muda.. mobil ini masih banyak pencintanya. Tidak cuma kaum babeh – babeh saja, anak mudapun kini sudah banyak yang mulai menggemari mobil ini. Desain yang menurut penulis lumayan tidak termakan zaman, dan kemudahan dalam merawatnya menjadi alasan utama.. mobil ini juga memiliki pasaran yang lumayan stabil, malah masih mahal. Kini bila masbro sekalian berminat ingin piara Kijang Super baik itu generasi 5K atau 7K, siapkan saja dana mulai 40-70 juta rupiah tergantung kondisi. PR yang ditemui tentu saja berkisar pada body yang sudah termakan karat di beberapa sisi, kaki – kaki.. dan sedikit di interior. Ngga akan memakan biaya terlalu besar untuk merestorasinya.. dijamin puas lah piara ini mobil.
Pro :
- Toyota
- Mesin Bandel
- Chassis Bandel
- Body Kokoh
- Ngga bikin mual jalan jauh
Cons :
- Mesin Boyo
- Buoroosss
- Limbung (tapi ngga bikin mual)
- Harganya tinggi walau tahun jebot
- korosi, wajar mobil tua
- setir bikin berotot
Semoga berkenan review singkat dan ngga begitu padat informasi dari saya, maklum baru pertama buat review disini..
salam seduluran
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
btw lampu depan yg asli nya kenapa d ganti pakai super grand om? yg 1.5L kan kl g salah masi lampu kotak H4,. cmiiw.....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
nice review om , jadi ingat mobil bapak ane dulu , less maintenence
btw , sekali'' bahas bus donk om , ane sering baca'' di imotorium.com
btw , sekali'' bahas bus donk om , ane sering baca'' di imotorium.com
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Nice review, saya jadi teringat Kijang saya dulu.. Ini seri Kijang yang tidak pernah saya jajal dan masuk yaitu seri Super karena setelah dari Kijang gen 2 (masih kotak setelah seri buaya) langsung pakai seri Grand dengan mesin 1.8L.. Seri 1.5L nya kalau tidak salah sudah bertenaga sekitar 70an HP di seri Grand.. Versi ini persis dibawah Kijang saya dulu, lucunya body hampir tidak berubah yang berubah adalah penggunaan fullpress body yang hanya digunakan sedan dimasa itu cukup menarik mengingat ini adalah kendaraan niaga pada awalnya.. Di era ini, Kijang memiliki 2 warna andalan yang bakal anda temui tiap hari, biru tua dan merah yang menurut saya sangat cocok dan manis..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
- Location: Malang city
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Nice review om
Jadi inget piaraan bapak ane di kampung sampe skrg, kijang rover tahun 94. Kyknya sih yg short jg, kursi belakangnya yg hadap2an.
Kmrn beliau cerita, katanya cylinder head nya melenting sedikit gara2 masalah radiator. Dibenerin (bubut, dll.) katanya habis 1,5jt saja di bengkel kampung. Kata beliau habis diservis itu jd berasa seperti mobil baru tarikannya..hehe
btw, ane kalo naik itu rover rasanya tinggi bener posisi duduknya. apa emang gitu ya?
Jadi inget piaraan bapak ane di kampung sampe skrg, kijang rover tahun 94. Kyknya sih yg short jg, kursi belakangnya yg hadap2an.
Kmrn beliau cerita, katanya cylinder head nya melenting sedikit gara2 masalah radiator. Dibenerin (bubut, dll.) katanya habis 1,5jt saja di bengkel kampung. Kata beliau habis diservis itu jd berasa seperti mobil baru tarikannya..hehe
btw, ane kalo naik itu rover rasanya tinggi bener posisi duduknya. apa emang gitu ya?
4A91 4at - Slow Driver
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Kalau tidak salah Rover itu seri istilahnya seri crossovernya ya, dulu ada yang punya dan memang tersedia hanya short wb di Rover dan Jantan yang panjang.. Kalau nengok kedalamnya rasanya gak berubah sih tetep posisi sama..jar-jit-no wrote:Nice review om
Jadi inget piaraan bapak ane di kampung sampe skrg, kijang rover tahun 94. Kyknya sih yg short jg, kursi belakangnya yg hadap2an.
Kmrn beliau cerita, katanya cylinder head nya melenting sedikit gara2 masalah radiator. Dibenerin (bubut, dll.) katanya habis 1,5jt saja di bengkel kampung. Kata beliau habis diservis itu jd berasa seperti mobil baru tarikannya..hehe
btw, ane kalo naik itu rover rasanya tinggi bener posisi duduknya. apa emang gitu ya?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
enak baca reviewnya salut.....
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
- Location: Bandung
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Jd inget jaman lulus sma ampe kuliah. Pernah pake yg LSX tahun 94 & 95. 2 2 ny dl warna abu monyet. Mesin lmyn bandel, cm y itu bensin lmyn boros. Tp dl ketolong bensin ny murah kl ngg salah jaman bensin harga 1rb/L. Sama karena stirny masih power sepiring, lmyn bikin ber otot kl parkir d tempat sempit...
Sempet kena virus ceper, ampe kl naek rasanya glodakan. Ampe orangtua pernah bilang ini mobil ap beca. Tp dl mikirnya yg penting GAYA
Utk harga jual lmyn tinggi utk mobil seusianya, dijual tahun 2005 laku 70 jt. D beli ama teman deket. Beli avanza G baru kl ngg salah cm 97 jt. Lmyn nomboknya ngg banyak...
Suatu saat pengen punya lg, d resrorasi 100% std pabrik. Kl ngg salah pernah bc jg om NR pernah crita soal restorasi kijang ini, tp lupa dmn..
Maap om ts jd curhat...
Sempet kena virus ceper, ampe kl naek rasanya glodakan. Ampe orangtua pernah bilang ini mobil ap beca. Tp dl mikirnya yg penting GAYA
Utk harga jual lmyn tinggi utk mobil seusianya, dijual tahun 2005 laku 70 jt. D beli ama teman deket. Beli avanza G baru kl ngg salah cm 97 jt. Lmyn nomboknya ngg banyak...
Suatu saat pengen punya lg, d resrorasi 100% std pabrik. Kl ngg salah pernah bc jg om NR pernah crita soal restorasi kijang ini, tp lupa dmn..
Maap om ts jd curhat...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
mobil legend.....di zamannya pasti impian semua punya mobil kijang....
yg mau nostalgia :
https://www.youtube.com/watch?v=J8pn22DpzT0
yg mau nostalgia :
https://www.youtube.com/watch?v=J8pn22DpzT0
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Asyiiik ada review Kijang lagi
Ini karoseri resmi astra ya? Taun brp om?
Odometer udh brp om? Knalpot udh berasap blm??
Konsumsi bensin klo sehat sih 1 liter bisa 8-9 kilometer. Itu lumayan murah sih, soalnya minumnya puremium
@akang
Kyknya ini grill & lampunya asli kok. Emg yg ssdh facelift taun 1992 grill & lampunya begini. Yg 5k & 7k beda di garis grillnya. Yg 5k horizontal, 7k vertikal....
Ini karoseri resmi astra ya? Taun brp om?
Odometer udh brp om? Knalpot udh berasap blm??
Konsumsi bensin klo sehat sih 1 liter bisa 8-9 kilometer. Itu lumayan murah sih, soalnya minumnya puremium
@akang
Kyknya ini grill & lampunya asli kok. Emg yg ssdh facelift taun 1992 grill & lampunya begini. Yg 5k & 7k beda di garis grillnya. Yg 5k horizontal, 7k vertikal....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
- Location: Bogor
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Ini kijang ssx sebelum keluar kijang g yg ada pwr sterringnya, grill dan lampunya asli kok, yg model colok tipe sx
Jadi inget grandextra sgx 92 saya jaman sma
Jadi inget grandextra sgx 92 saya jaman sma
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7367
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
kalo ada wang lebih ...... saran sy ..... belikan n tempelkan original side sticker set dan rear chromed emblem set serta (bikin kalo tdk ada tapi sampai thn 2013 masih di jual di a2k) 'tyt original body' yg dulu nya nempel di kaca blakang
tampil original spt saat baru dgn minimum funding
tampil original spt saat baru dgn minimum funding
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Thanks to TS, sukses membuat ane nostalgila dgn mobil pertama ane......sgx1.8 '96.....wkt itu masih jaman kuliah sambil nyari2 sabetan kanan-kiri buat ngasih makan bensin mbl ini.....ini mobil memang kurang ajaaarrr.....
Gara2 minumnya rakus, ane sampe puasa2 krn budget mkn kesedot sama dia.....
Sampe akhirnya ane jual krn kerakusannya......
Ibarat si kijang makan steak, ane sbg tuannya smp mkn nasi aking.....
Anyway, Indahnya memori jaman itu.....
Gara2 minumnya rakus, ane sampe puasa2 krn budget mkn kesedot sama dia.....
Sampe akhirnya ane jual krn kerakusannya......
Ibarat si kijang makan steak, ane sbg tuannya smp mkn nasi aking.....
Anyway, Indahnya memori jaman itu.....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Setuju sama om newrubble...
Dan (kalo msh ada yg jual) pake cover setir yg bahannya kayu, yg begini loh
Dan (kalo msh ada yg jual) pake cover setir yg bahannya kayu, yg begini loh
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Fri Nov 20, 2015 7:26
- Location: pekanbaru riau
- Daily Vehicle: Ertiga
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Kalo Kijang (Kerja sama Indonesia Jepang)
Kenapa kemudian ada Panther lalu Kuda..
Ada yg tau kepanjangan nya..
By the way..
Nice review Om..
Kenapa kemudian ada Panther lalu Kuda..
Ada yg tau kepanjangan nya..
By the way..
Nice review Om..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Review om TS bikin keinget mobil bapak si kijang yang dijual 2012 lalu. Dipake sekeluarga selama 9 tahun Warna abu abu tua metalik, ssx, tahun rakitan 95, mirip kaya punya om ts. Banyak banget memorinya di mobil ini. Sampe pas mau dijual pun gk tega sekeluarga karena udh menemani dalam waktu yg cukup lama Mesin masih kinyis kinyis, mobil nyaman, muluss. Terpaksa dijual karena cat yg mulai memudar sama lantai di bawah dashboard keropos karena air ngegenang Dan untungnya mobil ini dibeli oleh orang yg tepat. Tahun lalu sering ketemu di jalan masih seperti aslinya sebelum dijual. Rasanya saya gk pengen cepet" pisah kalo ketemu mobil itu Namun ada bbrp yg berubah karena sama pemilik barunya direstorasi ke bentuk kijang aslinya. Sekarang keluarga tetep pake kijang tapi ada tambahan innovanya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7367
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
kuda sy pernah crita knapa pake naming itu...... alasan simple n.tdk masuk akal sehat avg.indo yg biasa apa apa serba rumitdeddytok wrote:Kalo Kijang (Kerja sama Indonesia Jepang)
Kenapa kemudian ada Panther lalu Kuda..
Ada yg tau kepanjangan nya..
By the way..
Nice review Om..
cari sj
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
jadi inget pertama kali belajar mobil pake kijang..
dulu bokap beli kijang rover ace tahun 1996 kalo ga salah harganya 36jutaan..
rover ace warna two tone ini lumayan lengkap loh fiturnya :
- basenya short version
- mesin 7k, 1.800cc
- foglamp
- warna two tone
- over fender wannabe
- lampu senja di samping bemper belakang
- velg racing 14"
- footstep bemper belakang
- dashboard ala ala kayu
- setir racing
- cd player
- 4 power window
- double blower
- konsol box
- head seat adjustable
- kursi 2 row bisa diatur rebahnya
- speaker 4 buah
- jok belakang hadap hadapan
impresi singkat saya :
bantingan keras..
mesin borosnya ampun, dalkot 1:6-7 cuy..
torsi badak..
top speed lumayan lah bisa 140km/jam, kalo direm bergetar semua..
akselarasi amit amit..
rover ace ga ada tachometer, pindah gigi pake feeling meter..
tahun 2000 dijual laku 70juta, trus ambil kijang lgx efi 7k-e fresh from pabrik 126,xx juta, tahun 2004 dijual lagu 135 juta.. hahaha
dulu bokap beli kijang rover ace tahun 1996 kalo ga salah harganya 36jutaan..
rover ace warna two tone ini lumayan lengkap loh fiturnya :
- basenya short version
- mesin 7k, 1.800cc
- foglamp
- warna two tone
- over fender wannabe
- lampu senja di samping bemper belakang
- velg racing 14"
- footstep bemper belakang
- dashboard ala ala kayu
- setir racing
- cd player
- 4 power window
- double blower
- konsol box
- head seat adjustable
- kursi 2 row bisa diatur rebahnya
- speaker 4 buah
- jok belakang hadap hadapan
impresi singkat saya :
bantingan keras..
mesin borosnya ampun, dalkot 1:6-7 cuy..
torsi badak..
top speed lumayan lah bisa 140km/jam, kalo direm bergetar semua..
akselarasi amit amit..
rover ace ga ada tachometer, pindah gigi pake feeling meter..
tahun 2000 dijual laku 70juta, trus ambil kijang lgx efi 7k-e fresh from pabrik 126,xx juta, tahun 2004 dijual lagu 135 juta.. hahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Saya bantuin jawab ya...newrubble wrote:kuda sy pernah crita knapa pake naming itu...... alasan simple n.tdk masuk akal sehat avg.indo yg biasa apa apa serba rumitdeddytok wrote:Kalo Kijang (Kerja sama Indonesia Jepang)
Kenapa kemudian ada Panther lalu Kuda..
Ada yg tau kepanjangan nya..
By the way..
Nice review Om..
cari sj
Nama M. Kuda asalnya dari shio Gunaevy Djajasasmita, salahsatu orang penting di KTB
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Wed May 06, 2015 6:32
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Pakde saya masih piara LSX 96 awal (7K), jadi keingetan lagi nih wkwk. Btw kalau velg gini bawaannya atau aftermarket?
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7367
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
itu velgen bukan OEM krn yg OEM ada centered kijang logo .... bikinan enkei (pt meshindo yg skrg jadi underownership gajah tunggal group / samsul n itjih nursalim)
harga brandnew (2013) di a2k manapun di jkt rp. 1.3 jutaan per piece plus tax
harga brandnew (2013) di a2k manapun di jkt rp. 1.3 jutaan per piece plus tax
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Fri May 06, 2016 12:34
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
Saya malah jadi ingat kijang rover 1991 bapak saya yg memang bandel tapi agak boros.
Mobilnya masih ada sampe skrg, cuma udah berubah orientasi dari mobil untuk penumpang ke mobil angkut batuan utk bisnis bapak saya.
Mobilnya masih ada sampe skrg, cuma udah berubah orientasi dari mobil untuk penumpang ke mobil angkut batuan utk bisnis bapak saya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
coklatMetalik wrote:Saya bantuin jawab ya...newrubble wrote:kuda sy pernah crita knapa pake naming itu...... alasan simple n.tdk masuk akal sehat avg.indo yg biasa apa apa serba rumitdeddytok wrote:Kalo Kijang (Kerja sama Indonesia Jepang)
Kenapa kemudian ada Panther lalu Kuda..
Ada yg tau kepanjangan nya..
By the way..
Nice review Om..
cari sj
Nama M. Kuda asalnya dari shio Gunaevy Djajasasmita, salahsatu orang penting di KTB
======
Baru tahu, ternyata itu dari Shio pak Gunaevy...
Untung gak dibuat namanya Elang/Rajawali secara di ruangan kantornya di lantai 3 di Jalan Bangka, dan dipucuk rumah dia, masih di Jalan Bangka, sebelah kanan jalan kelau mau ke arah Tendean, juga ada patung elangnya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11025
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
boyo dan boros ngakalinnya cuma bubut cylinder head sampe batas maksimum dan perbaiki sistem pengapian (ganti cdi, ganti ignition coil dan kabel busi).
1 hal yang saya benci dari mesin seri K, inlet valve dari stainless steel. skir klep susah dan lamaaaaaaa.......
nice review oom. acung jempol.
1 hal yang saya benci dari mesin seri K, inlet valve dari stainless steel. skir klep susah dan lamaaaaaaa.......
nice review oom. acung jempol.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7367
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Review Motuba Toyota Kijang Super G KF40 (Short Chassis)
GDj lbh byk di gedung prabu motors krn mmg itu prabu motor punya dia (selain sadaco di saigon/ho chi minh city, vietnam dan metro tiga berlian motors)
mmg dia type self promote sampai door handle byk berbentuk huruf G
mmg dia type self promote sampai door handle byk berbentuk huruf G